Kunci Sukses Bisnis Online – Part 1

Pembahasan ini telah saya awali dari postingan sebelumnya tentang “Cerita Sukses Sarjana Pengangguran karena Hobi Online”. Postingan kali ini bermaksud melanjutkan kisah singkat tersebut. Tentu sebagian atau bahkan seluruh kawan pembaca bertanya-tanya, apa sih yang dilakukan sarjana pengangguran tersebut sehingga berhasil berpenghasilan puluhan juta, bahkan punya karyawan dan punya mobil? Setelah diberi label sebagai sarjana pengangguran, setiap hari “bersemedi” di kamar dan tiba-tiba keluar rumah sebagai seorang jutawan. Catatan penting, ini bukan fiktif, ini bukan sihir, atau bukan pengikut Kanjeng Taat Pribadi.
Kunci Sukses Bisnis Online – Part 1
Sumber: plugin-wordpress.com
Pada kesempatan ini, postingannya saya beri judul “Kunci Sukses Bisnis Online - Part 1”. Ini part 1 karena cerita tentang kisah ini sungguh sangat kompleks dan jika diceritakan secara lisan tidak bakalan cukup 1 hari, karena prosesnya saja butuh waktu tahunan. Membahas tentang “Kunci Sukses Bisnis Online” sebenarnya cukup luas, makanya harus dibagi pada beberapa sub pembahasan (maaf, mungkin terlalu ilmiah ya?), yang sedapat mungkin akan dibahas secara sistematis. Mari kita mulai sub pembahasan yang pertama berikut:

Online harus menjadi kebutuhan

Tidak perlu saya mendefinisikan istilah kebutuhan secara ilmiah. Waktu sekolah di tingkat dasar kita sudah mempelajari tingkatan kebutuhan, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan tersier. Pada waktu kita sekolah, dipahami bahwa kebutuhan primer atau kebutuhan pokok dipahami sebagai kebutuhan biologis, yaitu makanan dan minuman, yang jika tidak dipenuhi dapat menyebabkan hidup berakhir :). Sedangkan 2 kebutuhan berikutnya dianggap tidk lebih penting dari kebutuhan primer.

Fakta tentang tingkatan kebutuhan pun bergeser seiring perkembangan zaman. Hampir-hampir kebutuhan sekunder dijadikan kebutuhan pokok. Orang lebih baik menahan lapar dari pada tampil memalukan, maaf :) . Ini tidak salah, karena memang rumit masalahnya, fakta menunjukkan bahwa tidak sedikit orang mati karena persoalan penampilan (malu).

Saya tidak ingin membahas soal kebutuhan lebih jauh. Kaitannya dengan topik ini adalah jika anda ingin sukses di bidang online, maka kita harus menempatkannya sebagai sebuah kebutuhan. Pada celoteh saya di atas, saya mengatakan ada orang yang lebih baik menahan lapar dibanding berpenampilan jelek. Berpenampilan baik di depan orang ramai sudah menjadi kebutuhannya yang dianggap sangat penting melebihi kebutuhan akan makan. Padahal makan adalah kebutuhan primer sebagaimana yang pernah dipelajari di bangku SD. Nah, jika seorang yang hobi online menempatkan online sebagai sebuah kebutuhan pokok seperti itu, dapat berarti bahwa online atau mengakses internet akan didahulukan sebelum makan.

Fakta tentang netizen memang hampir sama dengan apa yang saya maksud di atas. Sangat banyak orang pada zaman sekarang yang berjam-jam mengakses internet tanpa makan karena keasyikan. Tapi, bukan itu yang saya inginkan dari tulisan ini. Modelnya harus sama, tetapi pada part berikutnya ini akan bertentangan dengan masalah manajemen, termasuk di dalamnya manajemen waktu. Yang saya maksud dari tulisan di atas adalah anda harus terus terpanggil untuk mengakses internet, jika sudah sampai pada tahap itu, berati anda sudah memasuki gerbang bisnis online.

Mengarahkan Kebutuhan Online ke hal positif

Nah, jika sudah paham judulnya, berati kita sudah sepakat bahwa jika ingin sukses berbisnis online, maka anda harus bijaksana dalam mengakses internet. Hindari hal-hal negatif dan berlebihan. Misalnya bermain game online sampai lupa makan, sampai lupa belajar, sampai lupa keluarga dan sebagainya. Bacalah banyak artikel yang memberi inspirasi dan harus pandai memilih dan memilah smber informasinya. Sekarang tidak sedikit kawan blogger yang menulis berita hoaks dengan maksud mendapat banyak klik dari pengunjung atau pembaca lugu :) , maaf.

Jadikan ini kebiasaan, selalu ingin membaca dan mencari informasi yang positif, bukan informasi yang berisi hujatan dan fitnah. Semakin anda serius melaukan ini, semakin banyak informasi yang terkumpul di otak anda, dan suatu saat tanpa anda sadari akan memberi manfaat yang luar biasa. Akan lebih bagus jika anda melakukannya dengan niat ibadah :), baca doa sebelum online, iya kan? Hehehe.

Jika anda sudah menjadi netizen yang bijaksana dan haus akan informasi yang baik, maka saatnya anda naik tingkatan, yaitu merancang bisnis online anda. Mohon sabar ya, mohon beri kesempatan kepada saya untuk beristirahat :)

Pembahasan berikutnya tentang “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 2

Kunci Sukses Bisnis Online – Part 1 berisi tentang langkah awal untuk memulai bisnis online agar dapat menjadi sukses sebagaimana kisah sebelumnya