Kunci Sukses Bisnis Online – Part 2

Sebelum kita masuk kepada inti pembicaraan, mari kita mengingat kembali pembahasan sebelumnya, yaitu “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 1”. Ada dua hal mendasar yang harus anda miliki sebelum berbisnis online, yaitu menjadikan online sebagai sebuah kebutuhan dan mengarahkan aktifitas online kepada hal yang positif. Kedua hal tersebut dianggap sepele dan bahkan seharusnya tidak dijadikan sebagai prasyarat dalam berbisnis online.

Perlu anda ketahui bahwa bisnis online tidaklah semudah yang dipikirkan sebagian besar orang, yaitu sekedar online dan menjual. Buang jauh-jauh pikiran tersebut jika itu ada dalam pikiran anda. Bisnis, baik itu online maupun offline tidak ada yang mudah, selama bisnis tersebut berusaha untuk jujur atau tidak merugikan siapa pun. Bisnis yang mudah mendapatkan untung besar tanpa usaha yang maksimal, meskipun tidak semuanya, namun cenderung mengandung unsur-unsur yang tidak benar, biasanya mengandung hal yang merugikan orang lain, entah itu pihak kedua atau pihak ketiga. Semuanya butuh perjuangan.

Membiasakan diri untuk melakukan aktifitas online yang positif, misalnya mencari informasi yang berguna, misalnya membaca artikel online, berita positif, update status yang bermanfaat, bukan menghujat atau memperlihatkan kelemahan pada orang lain (curhat kepada publik) dsb. Apa dampak dari kebiasaan online yang positif? Tentu sangat signifikan! Jika anda ingin berbisnis online yang sukses, anda harus memberikan hal positif kepada orang lain karena hanya itu yang dapat membuat orang lain terdorong untuk bekerjasama atau membeli barang atau jasa yang nantinya anda tawarkan. Jika anda tidak mampu melakukan aktifitas online yang positif, bagaimana bisa anda memberikan hal yang positif bagi orang lain? Semoga penjelasan singkat ini memberi pemahaman kepada anda tentang pembahasan Kunci Sukses Bisnis Online – Part 1 tersebut.

Kunci Sukses Bisnis Online – Part 2
Sumber: katamotivasionline.blogspot.com
Oke, mari kita melangkah kepada pembahasan selanjutnya, yaitu “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 2”. Saya asumsikan bahwa anda sudah paham dan sudah memiliki dua prasyarat yang mendasar seperti yang saya jelaskan diatas. Berikut hal yang sebaiknya juga anda lakukan sebelum menjalankan bisnis online.

Pelajari jenis-jenis bisnis online yang telah dilakukan orang lain

Istilah bisnis secara umum adalah aktifitas yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Anda bisa mencari pengertian bisnis yang lebih baik dan lebih rinci. Pada intinya bisnis online adalah melakukan aktifitas online menggunakan jaringan internet untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan dalam hal ini kita artikan adalah uang. Jadi, kita online untuk mendapatkan uang.

Ada banyak jenis atau cara untuk berbisnis online atau untuk mendapatkan uang dari internet (Baca: Jenis-Jenis Bisnis Online). Mulai dari cara yang buruk maupun cara yang baik. Tapi saya tidak akan menjelaskan tentang cara yang buruk, karena hampir bisa dipastikan bahwa cara buruk untuk mendapatkan uang tidak ada yang mampu bertahan lama. Hanya cara yang baik yang disenangi orang lain dan cenderung bertahan lebih lama.

Jangan terburu-buru memilih jenis bisnis online tertentu, sebaiknya anda pelajari jenis-jenis bisnis online tersebut. Jika tidak mampu mempelajari semuanya, cukup intinya saja yang ada pahami. Hal ini bertujuan agar anda mudah menentukan bisnis mana yang sesuai dengan kemampuan anda. Tidak satu pun bisnis yang mudah dijalankan, namun jika itu sesuai dengan kemampuan dan hobi anda, maka semuanya terasa sangat mudah karena kita mencintai bisnis tersebut. Bisa jadi di antara berbagai jenis bisnis online, ada beberapa yang sangat menarik dan potensial bagi anda.

Menentukan jenis bisnis online yang akan dijalankan

Setelah anda mempelajari berbagai jenis bisnis online yang dijalankan orang lain, maka tentu sangat mudah menentukan bisnis online mana yang akan anda jalankan. Terkadang kita bingung menentukan jenis bisnis yang akan dilakukan karena setelah mempelajari berbagai jenisnya, ternyata semuanya menarik dan menggiurkan untuk dilakukan. Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih jenis bisnis online.
  1. Sesuaikan dengan hobi anda. Online sebagai sebuah aktifitas memang sudah menjadi hobi bagi sebagian orang. Tapi terkadang hobi itu hanya menghabiskan kuota internet dan waktu saja. Bukan hobi itu yang saya maksud.

    Sebagai contoh, anda hobi dengan sepak bola, maka pilihlah bisnis online yang dapat mendukung hobi anda tersebut. Tentu sangat banyak bisnis online yang berkaitan dengan hobi bola. Bisa berupa informasi jadwal bola, informasi pakaian atau perlengkapan sepak bola, atau bahkan menjual perlengkapan sepak bola. Iya kan?

    Misalnya lagi, anda hobi memasak, apakah tidak ada bisnis online yang berhubungan dengan hobi masak tersebut? Tentu sangat banyak bukan? Ada yang memberi informasi soal masakan, bahkan ada yang menjual makanan yang diolahnya sendiri. Jika anda memilih bisnis online yang sesuai dengan hobi tentu beban yang dirasakan saat menjalankannya terasa tidak begitu berat. Yakinlah bahwa sesuatu yang tidak dicintai akan menjadi beban yang sangat menyulitkan.
  2. Sesuaikan dengan kemampuan anda. Tentu hal ini juga penting. Terkadang seseorang memilih bisnis tertentu tidak disesuaikan dengan kemampuannya, melainkan karena hal tersebut sangat menggiurkan karena menawarkan keuntungan yang sangat besar. Kita harus mampu memahami kemampuan kita sendiri. Contoh, seseorang yang berpikir bahwa portal berita online adalah bisnis online yang sangat menggiurkan karena banyak calon sponsor yang ingin bekerjasama untuk menampilkan iklannya di situs-situs berita. Memang bisnis tersebut sangat menggiurkan karena anda dapat menghasilkan uang puluhan bahkan ratusan juta perbulan. Tapi, apakah anda mampu menulis berita yang hangat, menarik, bukan hoax dan bukan hasil copy paste? Apakah anda punya bakat jurnalis? Jika tidak ada, sebaiknya pilih bisnis lain. Masih sangat banyak bisnis yang sesuai dengan kemampuan anda.

    Apa sih kemampuan yang dimaksud di sini? Kemampuan di sini dapat bermakna luas, beberapa di antaranya, kemampuan keterampilan terkait bisnis yang dipilih, kemampuan modal, kemampuan mengatur waktu karena bisa saja kita punya kesibukan lain, kemampuan sarana dan prasarana (terkait dengan modal), dan sebagainya. Jika anda merasa tidak punya kemampuan tersebut, cari alternatif lain yang lebih mudah dijangkau.

    Jangan takut memilih bisnis yang kecil, karena bisnis kecil yang dijalankan dengan serius, fokus, penuh dengan inovatif, dicintai, pasti memberikan keuntungan yang besar. Bahkan sangat banyak jutawan bahkan milyarder yang lahir dari sebuah bisnis kecil.
Oke, sampai di sini pembahasan “Kunci Sukses Bisnis Online – part 2” ini. Sebaiknya renungkan baik-baik penjelasan di atas sebelum kita membahas “Kunci Sukses Bisnis Online – part 3”. Jika anda memperhatikan dengan baik, Insyallah anda sudah menjadi calon pengusaha online yang sukses. Semoga bermanfaat, terutama buat saya sendiri.

Jangan lupa untuk membaca artikel berikutnya ya tentang “Kunci Sukses Bisnis Online – part 3”.

Kunci Sukses Bisnis Online – Part 2. Bagaimana menentukan jenis bisnis online yang baik? Silahkan dibaca