Kunci Sukses Bisnis Online – Part 4

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 4” yang berisi tentang “memulai bisnis online”. Saya asumsikan bahwa sobat Fatih.co.id telah membaca artikel sebelumnya yaitu “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 3” yang membahas tentang perencanaan bisnis atau business plan. Jika anda belum membacanya, meskipun tidak harus tapi sebaiknya membacanya karena artikel ini berangkai (Part 1, part 2, part 3, part 4, dst.).

Menurut saya, sebagaimana telah dijelaskan pada artikel sebelumnya di atas, ada tingkatan-tingkatan yang sebaiknya kita miliki agar dapat sukses dalam menjalankan bisnis online. Mulai dari mental kita yang dari awal telah siap memberikan hal positif kepada orang lain, lalu mencari ide bisnis online, kemudian merencanakannya. Kesemua itu seharusnya sudah dipahami sebelum kita masuk pada pembahasan inti artikel ini, yaitu “mengerjakan bisnis online”.

Di antara beberapa hal yang saya sebutkan di atas, hal yang mungkin paling dianggap sepele adalah mental positif. Saya kembali pertegas bahwa salah satu pengertian mendasar bisnis adalah saling bertukar hal yang menguntungkan kedua belah pihak dan tidak ada satu pun pihak yang dirugikan, baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan bisnis tersebut. Lalu, bagaimana dengan bisnis narkoba misalnya, kedua belah pihak merasa diuntungkan, baik penjual maupun pembelinya? Padahal narkoba bukanlah hal yang dianggap positif? Apakah bisnis narkoba boleh? Jawabannya tidak, kedua belah pihak mungkin merasa diuntungkan, tapi yakinlah bahwa ada pihak lain yang bisa dirugikan, bisa orang tua pembeli, bahkan pembeli sendiri sebenarnya rugi karena akan mengalami kondisi fisik dan kejiwaan yang tidak normal. Nah, itulah sebabnya saya selalu menekankan bahwa memulai bisnis yang baik harus diawali dengan mental yang positif agar nantinya kita tidak terdorong untuk melakukan bisnis yang negatif.

Baik, saatnya kita melakukan atau menjalankan bisnis online yang telah kita rencanakan tersebut. Karena bisnis online sangat banyak jenisnya, maka pada kesempatan ini kita akan membahasnya secara umum saja. Insyallah pada kesempatan yang lain saya akan berusaha membahas satu persatu bisnis online yang telah dijalankan selama ini.

Hal yang paling sering ditanyakan terkait bisnis online adalah bagaimana memulai bisnis online? Mari kita coba membahasnya di bawah ini

Bagaimana Menjalankan atau Memulai Bisnis Online?

Saya asumsikan bahwa pembaca adalah pemula, jadi mungkin pertanyaan yang lebih tepat adalah “apa yang pertama kali dibuat untuk menjalankan bisnis online?”. Hal yang harus dibuat pertama adalah katalog produk kita. Dari mana dan bagaimana orang lain atau calon pelanggan mengetahui produk yang anda tawarkan. Karena kita berbisnis online, ya tentu menyebarkan informasi melalui internet. Tapi banyak pilihan kan, ada sosial media ada pula berupa blog atau website. Mana yang paling tepat kita pilih sebagai sumber informasi produk kita, sosial media saja atau memiliki website atau blog sendiri?

Memulai Bisnis Online
Memulai Bisnis Online
Sumber: lihat.co.id

Menawarkan produk dapat diartikan memberikan informasi produk kepada calon pembeli. Jika kita bertindak sebagai sales atau penjual pada suatu perusahaan yang dijalankan secara offline, biasanya kita bertemu langsung dengan calon pembeli lalu menawarkan produk yang kita jual. Sedangkan bisnis online, kita tidak bertemu langsung dengan calon pembeli, kecuali kita berada pada lokasi yang sama. Pertemuan itupun terjadi setelah dia (calon pelanggan) mendapatkan informasi awal dan mulai tertarik untuk membeli.

Sangat banyak fasilitas online yang dapat digunakan sebagai sumber informasi produk kita. Ada berbagai maca sosial media, misalnya Facebook, Twitter, Instagram dll.. Ada pula market place misalnya OLX, BukaLapak, dll.. Dan yang terakhir ada juga fasilitas weblog atau website mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.

Kembali ke pertanyaan awal, untuk menjalankan atau memulai bisnis online, mana yang lebih tepat digunakan? Sekali lagi sesuaikan dengan kemampuan Anda. Bisa menggunakan semuanya, atau beberapa saja atau hanya satu saja.

Sebelum kita memilih, alangkah lebih baik jika kita klasifikasi fasilitas tersebut berdasarkan fungsinya agar lebih mudah dijelaskan. Berdasarkan fungsingnya, fasilitas online yang disebutkan di atas dapat di bagi menjadi 2 (ini berdasarkan pendapat saya, belum membaca referensi lain), yaitu:
1. Galeri Produk
Galeri Produk bisa disebut juga list produk bisa juga disebut toko online. Di sini, kita bisa mengupload foto semua produk kita berdasarkan kategori tertentu, misalnya kosmetik, elektronik, properti dan sebagainya. Banyak fasilitas yang dapat digunakan sebagai galeri produk kita, mulai yang gratisan sampai berbayar. Fasilitas yang gratis misalnya OLX, BukaLapak dan sebagainya, dan bisa juga kita menggunakan blog gratis. Jika punya modal lebih, bisa membeli atau membuat website sendiri (domain dan hosting).

2. Sosial Media
Sosial Media, meskipun dapat juga dijadikan sebagai galeri produk, tetapi fungsi yang lebih tepat untuk kategori ini adalah untuk terhubung langsung dengan calon pelanggan kita. Sosial media sebagaimana namanya dibuat untuk terhubung dengan orang lain, bukan untuk membuat suatu galeri produk. Oleh karena itu, Sosial media tidak dapat dikontrol secara penuh karena perusahaan sosmed tertentu membatasi aktifitas yang berlebihan, mereka memiliki aturan yang super ketat.

Nah, setelah kita klasifikasi fasilitas bisnis online yang dapat digunakan, mana yang lebih tepat? Jawabannya adalah gunakan kedua jenis tersebut, tapi sebaiknya jangan terlalu banyak. Buat satu galeri produk dan satu sosial media. Kenapa hanya satu, bukankah lebih banyak lebih baik? Hal ini agar kita lebih fokus dalam pengelolaannya. Jika kita merasa mampu untuk mengelola banyak galeri dan sosial media, tidak masalah membuatnya lebih dari satu.

Untuk galeri produk, sebaiknya disarankan untuk membuat blog atau website sendiri karena jangka panjangnya lebih baik. Jika anda menggunakan fasilitas market place gratis, sewaktu-waktu produk anda bisa hilang dari daftar. Hal lainnya, kita bisa membangun nama atau merk atau brand kita. Awalnya memang agak sulit, tapi jika anda memberikan yang terbaik dan menjaga kepercayaan pelanggan anda, maka nama atau brand anda akan terus diingat oleh pelanggan dan kemungkin akan tersebar dengan sendirinya.

Untuk sosial media, gunakanlah sosial media yang lebih banyak digunakan oleh calon pelanggan anda. Di sini anda harus mampu memperkirakan akun sosmed yang cenderung digunakan oleh calon pelanggan anda. Tergantung jenis produk yang akan anda tawarkan. Jika produk anda adalah busana muslim untuk remaja, maka anda harus mampu membaca kecenderungan mereka dalam sosial media, apakah banyak yang menggunakan Facebook, Twitter atau Instagram dll.. Hal lain yang perlu anda pertimbangkan adalah mengenai fungsi sosial media tersebut, ada yang bisa video, ada yang bisa update status saja, ada yang bisa chating, ada yang bisa beriklan langsung, ada yang bisa semuanya.

Berdasarkan penjelasan diatas, kita dapat simpulkan bahwa untuk memulai bisnis online sebaiknya terlebih dahulu membuat galeri produk atau lazim disebut toko online. Disarankan menggunakan toko online sendiri agar anda dapat membangun nama atau brand bisnis yang akan sangat bermanfaat pada jangka panjang. Setelah toko online telah terbentuk, maka barulah kita menggunakan sosial media untuk memberi informasi tentang toko online dan produk kita. Sebaiknya arahkan calon pembeli ke blog atau website toko online kita.

Dengan memiliki toko online sendiri dan memanfaatkan media sosial sebagai promosi ini akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Kombinasi keduanya jauh lebih baik dibanding hanya menggunakan sosial media saja sebagai sarana bisnis online kita. Sangat banyak keuntungan dari toko online jika kita memilikinya sendiri. Hal ini akan kita akan bahas pada kesempatan berikutnya, namun sebelumnya, kita terlebih dahuhlu sebaiknya memahami jenis-jenis bisnis online (klik untuk membacanya). Semoga bermanfaat.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 4” yang berisi tentang “bagaimana memulai bisnis online”