Kunci Sukses Bisnis Online – Part 5

Pada kesempatan yang lalu kita sudah sampai pada pembahasan “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 4” yang berisi tentang apa yang terlebih dahulu disiapkan untuk Memulai Bisnis Online. Secara umum saya telah menjelaskan bahwa yang dibuat pertama adalah toko online atau galeri produk sendiri lalu kemudian membuat sosial media sebagai sarana promosi galeri produk atau toko online kita tersebut.

Pada kesempatan yang akan datang, saya akan mencoba memperdalam pembahasan di atas untuk menjelaskan jawaban atas pertanyaan umum yang sering ditanyakan, “apa pentingnya membuat website toko online sendiri?”. Namun, pentingnya membuat toko online sendiri dapat dipahami dengan baik jika kita telah memahami apa sih sebenarnya bisnis online itu dan apa saja jenis-jenis bisnis online yang selama ini dijalankan oleh orang lain.

Pada kesempatan ini, saya akan mejelaskan pengertian bisnis online itu dan jenis-jenis bisnis online. Ini sesuai janji saya sebelumnya pada postingan “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 2” di mana saya menjelaskan pentingnya mempelajari jenis-jenis bisnis online yang dijalankan oleh orang lain. Untuk menjelaskan jenis-jenis bisnis online, saya akan membahasnya dengan sub pembahasan sebagai berikut:
  • Pengertian Bisnis Online
  • Jenis-jenis Bisnis Online

Pengertian Bisnis Online

Dalam Ilmu Ekonomi, bisnis dapat diartikan sebagai suatu tindakan perorangan atau organisasi yang menjual barang atau jasa kepada orang lain untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu “business”. Business sendiri berasal dari kata dasar “busy” yang berarti sibuk. Sibuk di sini diartikan dalam hal mencari keuntungan.

Dari pengertian umum konsep bisnis diatas dapat kita pahami bahwa bisnis ada yang dimiliki secara perseorangan dan yang dimiliki oleh organisasi atau beberapa orang yang bekerjasama. Berdasarkan tuuannya, ada bisnis yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan pemiliknya dan ada juga bisnis yang bertujuan untuk memberika keuntungan kepada semua anggota. Model bisnis yang disebutkan terakhir misalnya institusi pemerintah yang menjalankan bisnis untuk memberikan keuntungan atau kesejahteraan bagi rakyatnya. Untuk pengertian bisnis yang lebih spesifik, anda dapat melakukan pencarian di Google.com.

Ada pun pengertian kata online berasal dari bahasa Inggris yang berarti terhubung atau adanya koneksi. Makna ini kemudian menjadi istilah saat kita sedang terhubung dengan internet atau dunia maya, baik itu terhubung dengan akun media sosial kita, email dan berbagai jenis akun lainnya yang kita pakai atau gunakan lewat internet. Jadi kata online dapat kita artikan bahwa keadaan di mana kita terhubung dengan orang lain melalui jaringan internet.

Dengan makna kata perkata di atas, maka bisnis online diartikan sebagai kegiatan seseorang atau suatu organisasi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang menggunakan media internet untuk terhung dengan calon pelanggan atau pembeli. Dengan demikian, bisnis online itu sangat banyak jenisnya, tergantung kreativitas dan kemampuan seseorang.

Pengertian dan Jenis Bisnis Online - Kunci Sukses Bisnis Online – Part 5
Bisnis Online
Sumber Gambar : simcardjepang.com

Jenis-Jenis Bisnis Online

Seperti yang dijelaskan secara singkat tentang pengertian bisnis online, maka bisnis online itu sangat banyak jenis dan bentuknya. Pada kesempatan ini kami akan menguraikan secara singkat 10 jenis bisnis online. Ke-10 jenis bisnis online ini kemudian sangat banyak bentuknya karena masing-masing dimodifikasi oleh orang-orang kreatif.

1. Affiliate Marketing
Affiliate marketing lebih dikenal dengan istilah reseller. Reseller sendiri adalah suatu tindakan menjual barang orang lain melalui internet lalu mendapatkan keuntungan atau komisi dari hasil penjualan tersebut. Jadi, barang yang dijual tidak dimodali atau dibelinya terlebih dahulu. Reseller hanya bermodalkan katalog yang berisi foto atau gambar, keterangan produk dan daftar harga reseller dan harga eceran. Biasanya ada aturan-aturan untuk menjadi reseller, tergantung masing-masing pemilik barang. Aturan itu tentu ada aturan pembagian hasil penjualan dan aturan cara-cara menjual, termasuk menentukan harga. Semuanya tergantung dari pemilik barang yang harus disepakati oleh calon reseller.

2. PPC (Pay Per Click)
Bisnis ini tergolong bisnis yang sangat mudah karena pelakunya juga tidak harus membeli produknya. PPC atau Pay per Click adalah bisnis yang penjualnya dibayar jika ada orang lain atau pengunjung yang mengklik iklan yang dipasangnya di blog atau websitenya. Tentu komisinya tidak sebesar menjadi reseller karena PPC ini tidak mengharusnya pengunjung untuk membeli produk sebelum pemilik blok mendapat komisi, melainkan cukup dengan mengklik iklan saja.

Jenis bisnis ini sangat banyak dijalankan oleh orang, baik itu perseorangan yang memiliki blok atau website pribadi maupun organisasi yang memiliki website besar. Contoh penyedia bisnis atau broker yang terkenal untuk PPC ini adalah Google Adsense, AdBrite, AdEngage, ADster, AdToll, BidVertiser, Etology, ExoClick, Kontera, Miva, Oxado, WidgetBucks dll. Untuk PPC local diantaranya adalah kliksaya, kumpulblogger, ppcindo, adspeedy, adsensecamp.

3. PTR (Paid To Review)
Jika anda adalah seorang yang pandai menulis, tidak perlu tulisan ilmiah, maka jenis bisnis ini dapat mendatangkan uang bagi anda. Paid to Review adalah bisnis yang memberikan komisi kepada penulis yang menulis review tentang produk tertentu. Setelah review anda diterima, maka anda akan menerima pembayaran ke rekening anda. Penyedia Pad to Review ini misalnya SponsoredReviews, Smorty, Buyblogreviews, Linkworth, Blogvertise, dll.. Adapun untunk Indonesia, misalnya reviewmu.com dan AdReviewCamp.com

4. Membuat Produk Sendiri
Hal yang satu ini menurutku sangat bagus jika anda mampu melakukannya. Membuat produk sendiri akan memberi keuntungan yang lebih besar, karena selain sebagai penjual anda juga berperan sebagai produsen. Keuntungan anda berlipat ganda dengan memiliki lalu menjual produk sendiri melalui toko online sendiri.

5. Sistem Keanggotaan Berbayar
Maksud dari sistem keanggotaan berbayar adalah sistem website yang mengharuskan user atau pengguna untuk melakukan pembayaran sebelum mendapatkan fasilitas atau layanan tertentu yang ditawarkan pada website tersebut. Sangat banyak contoh bisnis seperti ini, misalnya anda ingin menerbitkan iklan di blog atau website tertentu, maka anda harus membayar untuk mendapatkan fasilitas iklan itu. Atau misalnya OLX yang mengharusnya usernya untuk melakukan pembayaran jika ingin iklannya ditampilkan pada bagian atas. Adapula yang membuat bisnis kursus online atau pelatihan online yang mana user harus membayar sebelum dapat mengikuti materi pelatihan dalam website tersebut.

Jika anda memiliki kemampuan atau kelebihan khusus yang layak dibayar oleh orang lain, maka anda pun dapat membuat website untuk kemampuan anda tersebut.

6. Domain Parking
Domain parking sama halnya dengan mobil parkir dimana sebuah mobil akan membayar untuk parkir. Contoh domain: namaanda.com, tokobagus.com dll. Jika anda meiliki domain yang tidka dipakai atau domain kosong, bisa kita isi dengan iklan atau menyewa tempat lain untuk parkir. Anda bisa berpenghasilan dari domain kosong ini.

7. Toko Online / Online Store
Toko online, ada juga yang menyebutnya galeri online atau katalog online, bisa anda buat untuk mendapatkan penghasilan. Idealnya, anda punya usaha offline lalu membuat toko online sebagai sarana promosi dan orang lain bisa memesan langsung melalui too online tersebut. Jika anda tidak punya usaha offline, bisa juga bekerjasama dengna orang lain dengan meminta barangnya untuk dijualkan melalui internet dengan perjanjian komis tertentu.

8. Services / Layanan
Jenis ini barangkali lebih tepat menjual jasa. Jika memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu, anda bisa membantu orang lain dalam mengatasi masalahnya terkait dengan keahlian anda. Manfaatkan internet sebagai sarana untuk mempromosikan keahlian anda tersebut. Misalnya anda memiliki keahlian memperbaiki alat elektronik, bukalah sebuah website atau blo untuk mempromosikan keahlian tersebut. Ini sama halnya dengan iklan baris di koran, di mana banyak iklan service panggil, elektronik dikerjakan di tempat pelanggan.

9. Forex Online Trading
Banyak orang yang kaya mendadak dengan bisnis ini, namun sebaliknya banyak pula yang miskin mendadak karenanya. Tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa jenis bisnis ini adalah judi. Saya sendiri tidak memahami betul bisnis ini dan juga tidak memiliki modal yang memadai. Jadi saya putuskan untuk tidak mempelajarinya. Jika anda ingin mengetahuinya, bisa anda mencari artikelnya di Google.com

10. Layanan Domain dan Hosting
Bisnis domain dan hosting adalah menjual domain (misalnya namaanda.com) kepada orang lain yang ingin membangun sebuah website. Begitu juga halnya dengan hosting. Hosting adalah tempat di mana data-data website disimpan, jadi meskipun tidak selalu, tetapi bisnis domain dan hosting biasanya dipaketkan, namun bisa juga dijual terpisah.

Itulah 10 jenis bisnis online yang sempat kami paparkan. Masih banyak bisnis online lain yang bisa anda pelajari melalui pencarian Google. Ke-10 jenis bisnis online di atas adalah yang umum dijumpai saat ini. Sebagai saran yang pernah juga saya sampaikan pada artikel sebelumnya, sebaiknya pahami dengan baik jenis bisnis online, lalu pilih sesuai hobi dan kemampuan anda.

Pada kesempatan berikutnya, saya akan membahas tentang “pentingnya membuat blog atau website toko online sendiri”. Jangan lupa ikuti artikel terbaru di website ini. Semoga bermanfaat

Pada artikel "Kunci Sukses Bisnis Online – Part 5" ini, saya akan mejelaskan lebih rinci pengertian bisnis online dan jenis-jenis bisnis online