Kunci Sukses Bisnis Online – Part 6

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas topik tentang keuntungan menjalankan bisnis online dengan website atau weblog sendiri dengan judul “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 6”. Ini untuk menjawab pernyataan sebagian kawan kita yang mengatakan bahwa “banyak orang yang sukses menjual online tanpa memiliki weblog atau website sendiri, melainkan hanya memanfaatkan media sosial saja sebagai sarana promosi”. Tentu pernyataan tersebut sama sekali tidak salah, apalagi jika kita mengatakan “rejeki Tuhan yang atur”. Akan tetapi jangan lupa bahwa kita diperintahkan oleh Tuhan untuk berusaha semaksimal mungkin agar “Tuhan punya alasan yang tepat” untuk memberikan rejeki yang melimpah kepada kita. Sebagai bentuk usaha yang maksimal, tentu berusaha untuk memilii website atau blog sendiri memiliki poin yang lebih tinggi dan tentu memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan penghasilan yang melimpah melalui media internet.

Keuntungan Binis Online dengan Website/Blog Gratis
Keuntungan Bisnis Online dengan Website/Blog Gratis
Sumber gambar: rokaonline.com

Pembahasan ini tentu terkait dengan artikel sebelumnya, yaitu “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 5” yang menjelaskan tentang pengertian dan jenis-jenis bisnis online yang umumnya dilakukan oleh orang lain. Pada artikel tersebut, saya hanya sempat menyebutkan 10 jenis bisnis online yang umum dilakukan namun kesepuluh jenis tersebut rasanya sudah mewakili bisnis lain yang menyerupai dengan salah satunya, bahkan mungkin merupakan hasil pengembangan terbaru dari pelaku bisnis online yang kreatif. Baik, mari kita lanjutkan membahas tentang keuntungan menjalankan bisnis online dengan website sendiri.

KEUNTUNGAN MEMILIKI WEBSITE / BLOG SENDIRI
(Membuat blog/website atau cukup sosial media saja?)
Di antara 10 jenis bisnis online yang telah disebutkan, manakah yang paling menjanjikan? Semuanya tergantung kemampuan kita. Tapi kami akan mencoba membantu agar anda tidak bingung dengan pilihan bisnis yang tepat. 

Mari kita mempertimbangkan pilihan yang tepat. Kami berasumsi bahwa (mohon maaf) anda adalah orang yang baru berencana terjun ke bisnis online dan tidak memiliki modal yang besar. Oleh karena itu, seharusnya kita memulai dari hal yang paling mendasar.

Pertanyaan mendasar adalah, bagaimana kita bisa berinteraksi atau dikenal oleh orang lain melalui internet? Meskipun tidak semua, tapi hampir semua orang saling mengenal dan terhubung satu dengan yang lain melalui internet karena adanya fasilitas website.

Untuk keperluan terhubung dengan orang lain, ada yang memanfaatkan fasilitas website milik orang lain dan ada juga yang menggunakan website milik sendiri (jika diperlukan, silahkan cari referensi tembahan tentang jenis-jenis webiste). Contoh yang menggunakan website orang lain, misalnya menggunakan fasilitas Facebook, Twitter, Google, Yahoo, OLX, TokoPedia, BukaLapak dan sebagainya.

Selain itu, ada juga yang menggunakan website setengah milik sendiri (ini bahasa saya), yaitu numpang dengan website gratis yang bisa diatur sendiri. Contoh web gratis seperti blogspot.com, wordpress.com, webs.com, dll. Walaupun numpang tapi kita bisa mengaturnya sesuai keinginan dalam batasan tertentu.

Mengapa kita harus membuat website/blog sendiri walaupun kesannya gratisan? Karena kita dapat berkreasi sedemikian rupa di dalamnya. Sangat banyak potensi penghasilan yang dapat kita peroleh jika memiliki website atau blog sendiri (baik berbayar maupun gratisan). Contoh bisnis online yang paling simple adalah PTR atau Paid to Review. Kita menulis review tentang produk tertentu lalu kita menerima pembayaran. Apakah bisnis review tidak bisa dijalankan hanya dengan Facebook misalnya? Mungkin bisa dilakukan, tergantung kebijakan sponsor yang ingin membayar review kita. Akan tetapi dengan catatan Facebook semata, anda tidak dapat memasang iklan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan (PPC – Pay per Click)

Berbeda halnya jika kita memiliki blog atau website sendiri. Kita dapat menulis artikel review produk yang bersponsor, kita juga bisa memasang iklan yang dibayar per klik (PPC). Kita juga menerima jasa penerbitan iklan yang dibayar per-bulan. Bahkan kita dapat membuat katalog atau toko online produk sendiri. Jadi satu blog/website bisa memberikan banyak penghasilan (dengan catatan kita betul-betul bekerja dengan profesional, bukan asal-asalan).

Agar lebih simpel penjelasannya, mari kita bandingkan antara sosial media dengan website pribadi. Apa yang saya tulis pada perbandingan di bawah adalah hasil dari kesimpulan dari apa yang selama ini saya rasakan dan alami

Sosial Media
Keuntungan:
- Lebih mudah digunakan
- Gratis
- Mudah disebarkan ke teman

Kelemahan:
- Iklan cepat hilang bila ada isu yang hangat yang lebih populer
- Fitur terbatas tergantung apa yang disediakan oleh pemilik sosial media tersebut

Website/Blog
Keuntungan
- Dapat diatur sedemikian rupa sesuai keinginan
- Iklan atau artikel kita tidak cepat hilang, meskipun banyak pesaing tapi dapat dimenangkan dengan usaha tertentu
- Sumber penghasilan bisa beragam
- Dapat dihubungkan langsung dengan akun sosial media untuk mengirim otomatis pembaharuan dari web

Kelemahan
- Memerlukan kerja keras kesabaran

Mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber
Secara singkat sudah kita bahas di atas bahwa keuntungan membuat website sendiri salah satunya adalah kita dapat mendapatkan penghasilan dari beberapa sumber dalam satu website. Dari ke-10 bisnis yang disebutkan sebelumnya, kita dapat menjalankan minimal 7 bisnis sekaligus, yaitu :
  1. Affiliate Marketing
  2. PPC (Pay Per Click)
  3. PTR (Paid To Review)
  4. Membuat Produk Sendiri
  5. Sistem Keanggotaan Berbayar
  6. Toko Online / Online Store
  7. Services / Layanan atau Jasa
Coba bayangkan, 1 website dapat digunakan untuk mencari penghasilan setidaknya dengan 7 jenis bisnis online. Dengan website sendiri, kita dapat mempromosikan produk sendiri (point 4 di atas), kita dapat menjual produk orang lain (Affiliate Marketing), kita dapat memasang iklan PPC (point 2 di atas), kita dapat mereview produk orang lain (PTR / Paid To Review, point 3 di atas), kita dapat “menjual” keanggotaan, kita dapat mempromosikan produk jasa yang kita miliki. Intinya tergantung kreativitas kita.

Akan jauh lebih baik jika kita membuat toko online gratis, yang mana toko online tersebut kita sajikan dan modifikasi sedemikian rupa untuk mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber. Baik yang bersumber dari produk orang lain maupun bersumber dari produk kita sendiri. Sangat banyak toko online gratis yang sedang dijalankan oleh teman-teman kita. Bahkan banyak yang tidak percaya jika seorang pelajar sekalipun ada yang berpenghasilan jutaan bahkan puluhan juta dari website gratis yang dimodifikasi menyerupai toko online besar. Jika anda benar-benar tertarik dan hendak menekuninya, maka saatnya kita untuk memulai bisnis online kita.

Bagi pemula dan miliki modal yang minim namun berkeinginan untuk mandiri, maka kami sarankan untuk membuat website toko online gratis. Walaupun pada akhirnya kita tidak mengabaikan fasilitas orang lain seperti OLX, Facebook dll. Karena nanti kita akan memadukan website kita sendiri dengan website Sosial Media dan Toko Online Gratis. Kesimpulannya kita harus menggunakan semua fasilitas gratis. Pada kesempatan yang akan datang, saya akan mencoba untuk membahas tentang membangun bisnis online dengan fasilitas gratis. Jangan lupa membaca artikel selanjutnya yang berjudul “Kunci Sukses Binis Online – Part 7”.

Kunci Sukses Bisnis Online – Part 6 ini menjelaskan tentang keuntungan menjalankan bisnis online dengan website sendiri