Kunci Sukses Bisnis Online – Part 7

Setelah kita memahami tentang keuntungan memiliki webiste atau blog sendiri (baca; Kunci Sukses Bisnis Online – Part 6), maka pada kesempatan ini kita akan membahas tentang menjalankan bisnis online dengan toko online sendiri menggunakan fasilitas gratis. Tentu ada perbedaan yang cukup signifikan antara fasilitas gratis dengan fasilitas yang berbayar. Namun, sebagai pemula, kita harus bertimbang setidaknya tentang 2 hal, yaitu :
  1. kemampuan modal kita
  2. kemampuan mengelola website/blog
Jika kedua hal di atas belum memadai, maka sebaiknya jangan terburu-buru membeli website yang berbayar, karena website berbayar membutuhkan kedua hal tersebut, yaitu modal dan keterampilan website. Jika terburu-buru, bisa saja kita kehilangan uang secara percuma sebab website yang telah dibiayai tidak menghasilkan apa-apa. Jadi, alangkah lebih baiknya jika kita memulai membuat toko online menggunakan fasilitas gratis. Mari kita memulai dengan pembahasan berikut.

MEMBUAT BLOG GRATIS
Tahap awal untuk membuat toko online gratis adalah dengan membuat blog gratisan. Meskipun gratisan, tapi ada banyak hal yang bisa kita lakukan di dalamnya sehingga blog kita nantinya akan terlihat seperti toko online yang berbayar. Berikut ini ada beberapa platform yang menawarkan falitas blog gratis:
  • Blogger.com
  • Wordpress.com
  • Contentful.com
  • Jekyllrb.com
  • Tumblr.com
  • Medium.com
  • Svbtle.com
  • Livejournal.com
  • Dll.
Mungkin di antara kita ada yang bingung mana yang terbaik dari sekian banyak platform yang menyediakan blog gratis. Di Indonesia, platform gratis yang banyak digunakan adalah blogger.com (baca: Blogger) wordpress.com (Wordpress). Sekedar catatan, Wordpress terdiri dari 2 jenis, ada yang blog gratis dan ada yang harus beli hosting dulu. Yang gratis menggunakan alamat wordpress.com sedangkan yang menggunakan hosting sendiri adalah wordpress.org.

Dalam konteks blog gratis (biaya minim), yang terbaik untuk digunakan adalah Blogger karena beberapa alasan yang akan saya bahas di bawah. Sedangkan wordpress.com memberikan akses yang sangat terbatas sehingga kurang baik untuk toko online. Kita baru dapat merasakan fasilitas terbaik untuk blogging dari Wordpress jika menggunakan hosting sendiri, yang mana aplikasinya dapat kita instal sendiri (Anda dapat mencari di Google jika bingung membedakan Wordpress.com dengan Wordpress.org).

Kelebihan & Kekurangan Menggunakan Blogger.com untuk Bisnis Online

Pada bagian ini kita akan membahas tentang keuntungan menggunakan Blogger.com sebagai toko online kita. Tentu kita tidak melupakan bahwa banyak platform lain yang jauh lebih baik, namun sayangnya membutuhkan modal yang relatif mahal. Tapi jangan khawatir, meskipun toko online Blogger kesannya gratisan, namun kita dapat melakukan pengaturan agar fungsi dan tampilannya sulit dibedakan oleh calon pelanggan dengan toko online lainnya. Baik, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan Blogger sebagai toko online dalam rangka menjalankan bisnis online kita.
Kunci Sukses Bisnis Online - Part 7
Membuat Toko Online Gratis dengan Blogger

Kelebihan

  • Gratis. Tentu kelebihan yang satu ini adalah harapan sebagian besar orang, yaitu gratis dan bagus, hehehe. Selama beberapa tahun menggunakan Blogger, belum pernah Blogger meminta pembayaran sepersen pun sebagaimana yang biasa kita temukan pada platform lain yang gratis. Pada platform lain yang juga menawarkan fitur blog gratis, biasanya harus diupgrade ke persi premium agar dapat mendapatkan fitur tambahan atau ingin melakukan pengaturan khusus. Tentu bukan ini yang kita harapkan karena kita memulai bisnis online dengan modal minim.
  • Dapat diatur untuk tampilan galeri produk. Nah, jika anda tidak ingin mengeluarkan modal untuk membuat tampilan toko online, maka Blogger adalah pilihan yang tepat. Sangat banyak tampilan atau template blogger (istilah untuk tampilan blogger yang saya maksud disebut Template) yang dapat didownload secara gratis. Tentu tampilan blog juga berpengaruh terhadap minat calon pelanggan untuk membeli produk yang kita tawarkan.
  • Tidak membutuhkan keterampilan khusus sebagai webmaster. Blogger sangat mudah untuk dibuat, bahkan hanya butuh beberapa menit untuk membuatnya. Jika dalam prosesnya anda mengalamai masalah, sangat banyak forum atau blog yang menyediakan tutorial Blogger. Kendala yang dihadapi nantinya dipastikan tidak akan menjadi masalah jika anda ingin berusaha sebab hampir kita tidak dapat lagi menghitung berapa Blogger Indonesia yang menulis tutorial tentang Blogger. Jadi, kita cukup punya keinginan untuk membaca.
  • Kecepatan dan kapasitas tidak terbatas. Nah, tentu hal ini juga adalah suatu kelebihan yang tidak ditawarkan oleh platform gratis lainnya. Hal yang saya maksud di sini adalah misalnya, jika pengunjung blog anda sudah mencapai ribuan bahkan puluhan ribu orang, maka blogger tidak akan mengalami masalah seperti berkurangnya kecepatan loading. Hal yang membuat blog menjadi lambat biasanya karena penggunaan fitur-fitur tambahan yang sebetulnya tidak diperlukan, misalnya gambar bergerak yang sangat berlebihan, atau penambahan musik saat blog dibuka atau adanya aplikasi latarbelakang yang berjalan secaraotomatis yang tidak dibutuhkan untuk menjalankan blog bisnis online kita.
  • Dapat dioptimasi untuk bersaing di mesin pencari seperti Google. Tentu bersaing di mesin pencari adalah hal yang penting. Untuk soal ini (disebut dengan SEO; Search Engine Optimation), tentu blogger tidak ketinggalan dan sangat memungkinkan untuk dilakukan. Tentu optimasi harus dilakukan dengan sabar. Bahkan website berbayar pun melakukan optimasi SEO dengan sabar. SEO tentu sangat diperlukan dalam bisnis online. Tidak ada yang instan, baik itu yang berbayar maupun yang gratisan semua harus melakukan optimasi mesin pencari. Sebagaimana halnya bisnis lain selain online, bersaing untuk mendapatkan pelanggan adalah hal yang biasa, jadi anda harus melakukannya.
  • Dapat dihubungkan langsung dengan Sosial Media. Nah, hal satu ini tentu juga penting agar para pengguna sosial media dapat melihat penawaran kita. Beberapa platform sosial media yang besar seperti Facebook, Twitter dan Google+ dapat dihuungkan langsung dengan blog kita tanpa harus mengusai teknik coding atau mengedit kode PHP, HTML dan script lainnya.
  • Dapat memasang iklan pihak ketiga untuk PPC. Jika anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain produk yang ditawarkan langsung. Anda dapat memasang iklan pihak lain yang dibayar per klik (PPC). Tentu ini dapat anda lakukan dengan mengisi blog anda dengan tulisan yang bermanfaat agar dapat diterima oleh penyedia PPC.
  • Dapat dijadikan sebagai blog review. Selain PPC, anda juga mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat review tentang produk lain yang menyediakan biaya untuk para reviewer.
  • Dapat menyediakan slot iklan berbayar. Jika anda mendapatkan pengunjung blog yang banyak, ribuan sampai puluhan ribu, anda dapat membuat slot iklan berbayar kepada pihak lain. Tidak sedikit pengguna blogger dengan blog gratis yang mendapat uang dari perusahaan besar dengan memasang banner diblognya.

Kekurangan

  • Data Base tidak dapat dikendalikan sesuai keinginan. Berbeda halnya dengan website berbayar yang menggunakan hosting sendiri, blogger tidak memberikan akses kepada penggunanya untuk melakukan pengaturan tambahan pada database. Jika kita dapat mengakses database, kita bisa melakukan perubahan yang cepat pada blog kita tanpa harus melakukan perubahan satu-persatu atau secara manual. Tentu hal ini hanya dapat dilakukan oleh orang yang sudah terlatih dan berpengalaman.
  • Tidak dapat menerima pendaftaran member. Karena tidak akses pada database, kita tidak dapat membuat fitur registrasi seperti halnya forum atau komunitas atau sosial media. Jika fitur pendaftaran dapat dilakukan, tentu kita dapat membuat bisnis yang memanfaatkan fitur registrasi ini. User berbayar dapat mendapatkan hal yang lebih dibanding dengan user biasa anonim. Misalnya kursus online yang hanya dapat dibuka atau dinikmati oleh para user yang telah melakukan pembayara.
  • Sebagian fitur harus dibuat secara manual atau menggunakan pihak ketiga. Blogger hanya menyediakan fasilitas blog standar sehingga diperlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Misalnya menampilkan slide produk pada halaman item atau artikel. Untungnya, Blogger tidak melarang untuk melakukan pemasangan aplikasi pihak ketiga namun, semuanya harus dilakukan sendiri secara manual (jangan khawatir soal ini, banyak tutorial yang telah tersedia).
  • Harus tunduk pada aturan Google. Blogger adalah milik Google sehingga kita harus tunduk pada aturan Google agar blog kita tidak dihapus. Salah satu hal yang tidak disenangi oleh blogger adalah pelanggaran hak cipta. Jika anda melanggar hak cipta orang lain, maka anda harus waspada blog anda tidak muncul di mesin pencari atau bahkan dihapus oleh Google. Jika anda adalah orang jujur dan ingin menjalankan bisnis online dengan jujur, tentu hal ini tidaklah menjadi masalah bagi anda.

Saya rasa pertanyaan tentang “platform blog apa yang sebaiknya digunakan untuk toko online gratis?” sudah terjawab dengan artikel “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 7” ini. Saya berharap sampai di sini anda sudah menentukan pilihan untuk memulai bisnis online tanpa adanya kendala modal. Kita hanya butuh kemauan, kerja keras dan sabar.

Artikel Kunci Sukses Bisnis Online – Part 7 ini membahas tentang keuntungan blogger untuk membuat toko online gratis & menjalankan bisnis online tanpa modal