14.51.00
A+ A-

Beberapa Kendala Bisnis Sablon Baju Kaos Makassar

Setiap bisnis pasti memiliki tantangan tersendiri, tidak terkecuali bisnis sablon baju kaos. Jika anda berencana untuk memulai bisnis sablon baju kaos, maka beberapa hal berikut mungkin bisa jadi bahan pertimbangan agar dapat menyusun rencana bisnis yang lebih baik dalam menjalankan sablon baju. Artikel ini dimaksudkan untuk mengulas beberapa kendala yang dihadapi oleh pelaku bisnis sablon baju di Makassar.

Beberapa Kendala Bisnis Sablon Baju Kaos di Makassar

Perkembangan bisnis sablon baju di Makassar cukup pesat sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini dipicu oleh tren baju kaos yang dirajai oleh salah satu brand besar yang berasal dari Bandung. Melihat trend tersebut, anak-anak muda Makassar yang senang menggunakan baju kaos dan memiliki bakat seni yang tinggi mencoba mengeksplorasi dan membuat karya serupa dengan brand besar tersebut. Sebelum trendy tersebut ada, sudah banyak anak Makassar yang bisa menyablon baju meskipun hanya sebatas untuk keperluan komunitas mereka sendiri. Potensi yang sudah ada tersebut dikembangkan dan akhirnya mereka menghasilkan karya tidak sebatas untuk keperluan komunitas sendiri, tetapi untuk ditawarkan kepada komunitas lain yang juga senang dengan baju kaos namun tidak dapat menyablon baju mereke sendiri. Maka berkembanglah sablon baju di Makassar menjadi bisnis, yang rupa-rupanya sangat diminati oleh banyak orang, terutama anak muda.

Meskipun bisnis sablon baju kaos Makassar sudah berkembang dengan pesat, namun rupanya masih ditemukan beberapa kendala. Kendala ini terutama dirasakan oleh para pemula bisnis sablon baju. Ada pun penyedia jasa sablon yang lama dan telah memiliki modal yang memadai tidak begitu merasakan kendala tersebut. Beberapa kendala yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  • Konveksi Baju Kaos Makassar yang masih minim. Berbeda halnya di Bandung, di Makassar masih sangat sedikit pengusaha konveksi baju kaos. Tentu hal ini menjadi kendala yang sangat berarti bagi pemula yang memiliki modal minim. Untuk mendapatkan baju kaos dengan kualitas yang sama dengan baju kaos Distro, mereka harus membelinya dengan harga yang lebih mahal dengan harga di Bandung. Konveksi baju kaos mekassar sudah menggunakan jenis kain yang kualitasnya sama, namun terkadang pola jahitan masih butuh pengembangan termasuk dalam kerapihan jahitannya. Tapi tentu hal ini tidak berarti bahwa tidak ada konveksi baju kaos yang kualitas kain dan jahitan bisa bersaing, hanya saja jumlahnya masih terbatas
  • Kain katun Berkualitas masih harus dipesan dari Bandung. Nah ini dia yang sulit diatasi karena kain kaos yang berkualitas hanya diproduksi di Bandung. Penjahit-penjahit baju kaos Makassar sudah banyak yang memiliki skil yang mumpuni, akan tetapi kain yang dibutuhkan untuk menjahit baju kaos berkualitas harus dibeli di Bandung, jika ada di Makassar harganya pasti lebih mahal. Hanya konveksi yang memiliki modal besar yang bisa menghasilkan baju kaos berkualitas dengan harga jual baju yang terjangkau.
  • Bahan-bahan sablon juga masih terbatas. Yah, lagi-lagi kita menemukan kendala karena bahan sablon seperti tinta yang berkualitas juga harganya masih mahal, mungkin ini disebabkan karena produksi tinta juga masih harus berkiblat ke pulau Jawa, katakanlah Bandung dan Surabaya.
Beberapa hal tersebut di atas adalah kendala yang menyebabkan bisnis sablon baju kaos di Makassar masih berada di bawah Kota Bandung. Bukan karena penyablon Makassar yang tidak mampu menyablon tapi karena ketersedian bahan yang mahal sehingga untuk menghasilkan kualitas sablon yang baik harus mengeluarkan biaya yang relative lebih tinggi. Padahal, kebutuhan akan sablon baju kaos sangat diminati oleh banyak kalangan di Kota Makassar. Mungkin ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi mereka pemberi modal seperti Bank untuk memasukkan pengusaha sablon kecil sebagai prioritas yang akan diberikan modal agar roda bisnis di Makassar semakin meningkat. Kita tidak boleh terus terpaku akan keunggulan daerah lain sebab kendalanya bukan pada sumber daya manusia, tapi kendala ada pada masalah ketersedian bahan dan modal yang tidak mendukung. Hal ini juga perlu diperhatikan oleh pemerintah setempat. Mungkin sejauh ini pemerintah belum melihat dengan baik potensi bisnis sablon di Makassar. Padahal, jika ini diperhatikan dan diberi dukungan dengan maksimal, dapat meningkatkan taraf hidup warga Makassar, terutama mengurangi anak muda pengangguran, karena faktanya bisnis ini sangat digemari oleh anak muda.

Mari kita lihat salah satu video singkat sablon baju kaos Makassar. Video ini diposting di Youtube oleh Gellori.
[youtube src="QIw4z7_rLX8"/]

Jika anda berencana untuk memulai bisnis sablon baju kaos, maka beberapa hal berikut mungkin bisa jadi bahan pertimbangan agar dapat menyusun rencana bisnis yang lebih baik dalam menjalankan sablon baju