01.59.00
A+ A-

Kunci Sukses Bisnis Online – Part 8

Pada artikel “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 7”, kita sudah membahas tentang kelebihan dan kekurangan Blogger sebagai platform toko online kita. Meskipun kita paham bahwa Blogger memiliki sujumlah kekurangan, akan tetapi dalam konteks sebagai pemula dan berangkat dari modal yang terbatas, maka Blogger adalah platform yang saya rekomendasikan. Tentu tidak masalah jika anda memiliki modal lebih dan ingin membuat toko online atau website menggunakan CMS (Content Managemen System) sendiri.

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang persiapan membuat website toko online gratis menggunakan blogger. Artikel ini saya beri judul “Kunci Sukses Bisnis Online – Part 8” agar teman-teman sekalian dapat membaca dengan sistematis artikel dalam web ini. Sebenarnya, sudah sangat banyak penulis artikel yang membahas tentang topik ini, akan tetapi saya khawatir teman-teman sekalian akan bingung jika saya tidak mambahas topik ini sebagai kelanjutan dari artikel sebelumnya.

Baik, beberapa hal yang perlu kita persiapkan untuk membuat blog di blogger adalah sebagai berikut:
  1. Membuat email Google atau Gmail. Sejak beberapa tahun yang lalu, blogger sudah sepenuhnya menjadi milik Google dan untuk menggunakannya diharuskan untuk membuat email Google (Gmail). Cara membuat email Google ini adalah sebagai berikut:
    • Kunjungi www.gmail.com 
    • Cari dan klik tombol / link daftar 
    • Isikan Nama depan dan nama balakang dan form lain yang diminta 
    • Terakhir klik daftar, akun Gmail anda telah jadi dengan terbukanya email baru yang berisi ucapan selamat dating dari tim Gmail.
  2. Setelah email sudah jadi, buka www.blogger.com
  3. Buat Blog Baru
    • Tuliskan Judul Blog yang anda inginkan. Sebaiknya sesuaikan dengan topik yang ingin anda bahas di dalamnya. Misalnya anda punya usaha jual beli handphone, maka masukkanlah nama sesuai dengan nama usaha anda tersebut 
    • Tuliskan alamat blog. Alamat blog tidak boleh sama dengan alamat blog orang lain. Jadi, tuliskan alamat blog anda (semuanya huruf kecil), jika itu tersedia maka akan muncul tanda “ceklist” dan bertuliskan bahwa alamat URI tersebut tersedia. 
    • Pilih tampilan standar yang tersedia. Meskpin ini masih standar, pilihlah terlebih dahulu salah satu dari pilihan yang tersedia. Nanti jika blognya sudah jadi, bisa diganti sesuai selera kita. 
    • Klik “buat blog”. 
    • Selesai, blog anda sudah jadi
Simpan alamat blog anda yang tadi telah dibuat. Tidak sedikit sahabat kita yang telah membuat blog tapi lupa alamat blognya apa. Contoh alamat blog istri saya “dwisurtijunida.blogspot.com”. Alamat blog berbeda dengan alamat dasbor blogger. Dasbor blogger beralamat di www.blogger.com, yaitu untuk melakukan perubahan pada blog anda, baik tampilan maupun isi blog anda. Jadi, jika untuk promosi, yang harus anda perkenalkan adalah alamat blog anda yang berakhiran ”blogspot .com”, misalnya “namasaya.blogspot. com”.

Pada kesempatan berikutnya, InsyaAllah kita akan belajar tentang fitur-fitur blogger, cara mengganti tampilan blogger dan merubah alamat blog anda menjadi .com atau .co.id atau .net, dsb.

Bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk mempelajari dari awal dan ingin segera memiliki toko online, silahkan baca pemaparan kami tentang “Jasa Pembuatan Website Toko Online Termurah”. Semoga bermanfaat!