5 Mata Pencaharian Di Dataran Tinggi

Fatih.co.id

5 Mata Pencaharian Di Dataran Tinggi
5 Mata Pencaharian Di Dataran Tinggi

5 mata pencaharian dataran tinggi

1. 5 mata pencaharian dataran tinggi

cuma 4 yang kutahu berkebun,bertani,petani hortikurtula,dan peternak hewan

2. 5 mata pencaharian penduduk dataran tinggi

petani teh
penyewa villa
petani sayur
pedagang
pemsndu wisata1)kebun teh
2)pertanian mawar
3)tempat wisata

3. sebutkan 5 mata pencaharian di dataran tinggi

Jawaban:

1.pertanian sayur

2.perkebunan teh

3.pertenakan

4.pengelola pariwisata

5.pengelola kehutanan

4. mata pencaharian dataran tinggi adalah​

Jawaban:

Penduduk di daerah dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, misalnya teh, kopi, dan cengkeh.

5. Mata pencaharian dataran tinggi

umumnya di dataran tinggi banyak yg bermata pencaharian sbg Petani karena kondisi tanah yg subur memungkinkan berbagain sayur dan buah di tanam di sana. Bidang Pertanian
maaf kl gk salah^_^

6. mata pencaharian di dataran tinggi​

Mata pencaharian masyarakat di dataran tinggi/pegunungan : 

a. Peternak 

Daerah dataran tinggi mempunyai iklim yang cukup dingin. Kondisi demikian cocok untuk memelihara ternak. misalnya sapi perah, kambing, kelinci, ayam pedaging dan ayam petelur. 

b. Petani 

Banyak juga penduduk dataran tinggi yang menjadi petani, namun jenis tanamannya berbeda dengan dataran rendah. Petani di dataran tinggi biasanya menanam palawija, sayur-mayur dan bunga. selain itu, ada juga petani yang bertanana berupa perkebunan, misalnya teh, kopi, cengkeh, pala dan buah-buahan. 

c. Peker
ja/buruh perkebunan 

Didaerah dataran tinggi biasanya terdapat perkebunan besar. Banyak penduduk dataran tinggi yang bekerja sebagai buruh perkebunan. Misalnya buruh di perkebunan teh, kopi dan cengkeh. 

d. Pekerja pertukangan 

Pekerja pertukangan ialah orang-orang yang bekerja membuat rumah. Ada dua macam tukang yaitu tukang batu dan tukang kayu. peerjaan tukang batu anatara lain membuat tembok, pendasi, dan memasang tekel. tukang kayu membuat pintu dan jendela. 

e. Pedagang 

Pedagang dataran tinggi membeli hasil daerah dataran tinggi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kopi, cengkeh dan pala. Selain itu mereka menyediakan beras dan barang-barang kebutuhan yang tidak dihasilkan daerah dataran tinggi. 

bidang peternakan

hasil:sapi,kuda,dan kambing

bidang perkebunan

hasil:teh,kopi,dan stroowberry .

bidang pertanian

hasil:padi,jagung,dan palawija .

bidang kehutanan

hasil:kayu jati,kayu mahoni,dan kayu meranti.

semoga bermanfaat ya

7. Apa Mata Pencaharian Dataran Tinggi sebagai….

Jawaban:

petani yang membuka lahan perkebunan, karna tanah yang subur

8. apa mata pencaharian dataran tinggi

Jawaban:

rata rata mata pencaharian di dataran tinggi yaitu:

perkebunan,ladang,peternakan,pertanian

Jawaban:

1. Peternak

2. Pengelola kebun

3. Petani

Penjelasan:

1. Peternak

Dengan udara yang sejuk dan dingin, penduduk di dataran tinggi dapat mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak sebagai mata pencahariannya. Misal hewan seperti kambing dan sapi.

2. Pengelola perkebunan

Tumbuhan yang bisa ditanam di dataran tinggi meliputi sayur-sayuran dan buah-buahan. Banyak jenis tumbuhan yang bisa ditanam oleh penduduk untuk dijadikan mata pencaharian. Aneka tanaman bisa dibudidayakan di perkebunan, misal teh, kopi, dan stroberi.

Tanaman yang hidup di wilayah ini juga dapat memiliki karakteristik khusus yang tidak dimiliki oleh tanaman di dataran rendah. Bahkan banyak yang memiliki harga jual lebih tinggi.

3. Petani

Pekerjaan pertanian di dataran tinggi dapat diterapkan dengan menanam tanaman yang memiliki daya tahan untuk suhu dingin. Misal penduduk dapat menanam palawijaya.

Lahan pertanian di wilayah ini biasanya dengan kontur tanah berundak dan miring, lalu cenderung kering dan tidak membutuhkan banyak air.

Maaf jika salah tulis

Terima kasih

9. Mata pencaharian dataran rendah dan dataran tinggi

dataran rendah= nelayan.
dataran tinggi= petani perkebunan. Kalo dataran tinggi : bertani dan berkebun
Kalo dataran rendah : nelayan

10. mata pencaharian dataran rendah ???? sebutkan 6 !!!.mata pencaharian dataran tinggi ??? sebutkan 6!!​

Mata pencaharian dataran rendah:

NelayanBuruh pabrikDokterPNSPetani padi,ketela dllTukang ojek

Mata pencaharian dataran tinggi:

Jasa sewa villa dan hotelPetani sayur sayuranPeternak sapiPemandu wisataPedagang SDA(buah,sayur,kayu,batu dll)Pedagang asongan

mata pencaharian DATARAN TINGGI

PETANI

PANGELOLA PERKEBUNAN

PETERNAKAN

PENYEDIA JASA

PEDAGAG OLEH OLEH

PENGELOLA PARIWISATA

penjelasan:Petani

Pekerjaan pertanian di dataran tinggi dapat diterapkan dengan menanam tanaman yang memiliki daya tahan untuk suhu dingin. Misal penduduk dapat menanam palawijaya.

Lahan pertanian di wilayah ini biasanya dengan kontur tanah berundak dan miring, lalu cenderung kering dan tidak membutuhkan banyak air.

Pengelola perkebunanTumbuhan yang bisa ditanam di dataran tinggi meliputi sayur-sayuran dan buah-buahan. Banyak jenis tumbuhan yang bisa ditanam oleh penduduk untuk dijadikan mata pencaharian. Aneka tanaman bisa dibudidayakan di perkebunan, misal teh, kopi, dan stroberi.Tanaman yang hidup di wilayah ini juga dapat memiliki karakteristik khusus yang tidak dimiliki oleh tanaman di dataran rendah. Bahkan banyak yang memiliki harga jual lebih tinggi.PeternakDengan udara yang sejuk dan dingin, penduduk di dataran tinggi dapat mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak sebagai mata pencahariannya. Misal hewan seperti kambing dan sapi.Penyedia jasaDataran tinggi biasanya dikunjungi oleh penduduk luar untuk liburan dan akhir pekan. Lalu dengan begitu, banyak penduduk yang bisa menyediakan jasa untuk kendaraan dan jasa sewa vila.Pedagang oleh-olehBagi para wisatawan, oleh-oleh khas daerah sekitar biasanya menjadi tujuan kedua bagi mereka. Dengan begitu, penduduk di dataran tinggi bisa membuka toko atau kedai oleh-oleh sebagai mata pencaharian.Pengelola pariwisataBanyak kawasan dataran tinggi yang memiliki daerah wisata, bisa berupa pegunungan, air terjun, dan sebagainya. Banyak orang datang untuk menikmati beberapa titik wisata. Dengan begitu, penduduk dapat menjadi pengelola pariwisata.para pencaharian dataran rendah

1. Petani

Pekerjaan pertanian di dataran rendah dapat diterapkan dengan menanam tanaman yang memiliki daya tahan untuk suhu tinggi. Misal padi, singkong, dan jagung. Lahan pertanian di wilayah ini biasanya dengan kontur datar, lalu cenderung basah dan perlu dibajak terlebih dahulu untuk hasil yang optimal.

2. Buruh

Pada dasarnya, buruh, tenaga kerja, karyawan, dan pegawai adalah sama. Namun kadang-kadang kata buruh berkonotasi sebagai pekerja kasar, misal buruh tani dan buruh pabrik. Lalu untuk karyawan mengacu ke pegawai kantor. Tetapi pada intinya semua serupa memiliki satu arti yaitu pekerja.

3. Pengrajin

Pengrajin adalah pekerja yang melibatkan keterampilan untuk menghasilkan aneka jenis barang dengan tangan, baik barang untuk dekoratif maupun fungsional. Misalnya seni dekorasi dan mebel. Namun untuk penduduk di dataran rendah, kebanyakan mata pencaharian untuk pengrajin adalah alat pertanian dan alat perabot.

4. Peternak

Sebagian penduduk di dataran rendah mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak. Baik hewan besar seperti sapi dan kerbau, maupun hewan kecil seperti ayam dan kelinci. Namun tentu peternakan ini tidak sebanyak di dataran tinggi yang mana lebih sejuk dan dingin.

5. Pedagang

Tentu ekonomi di dataran rendah juga sangat bergantung pada perdagangan. Banyak penduduk di dataran rendah yang memiliki mata pencaharian sebagai pedagang. Mereka tidak memproduksi sendiri, namun memperjualbelikan barang untuk memperoleh keuntungan. Barang yang diperdagangkan bisa berupa hasil pertanian, kerajinan, dan peternakan.

6. Pekerja jasa

Pekerja jasa adalah pekerjaan yang tidak menghasilkan barang, namun hasil pekerjaannya dapat dinikmati oleh orang lain. Di dataran rendah pekerjaan jasa yang biasa ditemukan adalah jasa ojek, sopir, penjahit, montir, dan banyak lagi. Lalu yang lain adalah guru, polisi, dan dokter, bagi mereka yang memiliki salah satu gelar di bidang ini.

itu beserta penjelasan nya,dan semoga bermanfaat

11. mata pencaharian dataran tinggi

petani. karena tanahnya subur suburmata pencaharian di dataran tinggi biasanya petani atau peternak 

12. mata pencaharian di dataran tinggi

petani teh atau kopi, penambang

biasanya lebih ke pertanian

13. mata pencaharian di dataran tinggi

Perkebunan, peternakan dan pertanian..pertanian dan perkebunan (ma
af kalau salah)

14. 5 mata pencaharian daerah dataran tinggi

tukang kebun, juragan, petani, pengelola tanah,
-Perkebunan Teh
-Perkebunan Buah-buah dan Sayuran
-Sawah
-Peternakkan Sapi
-Peternakkan Kambing

*semoga membantu

15. mata pencaharian penduduk dataran tinggi mata pencaharian penduduk dataran rendah mata pencaharian penduduk perbukitan mata pencaharian penduduk pegunungan mata pencaharian penduduk gunung

Dataran rendah: pekerja kantor,petani,nelayan,dll
Dataran tinggi: berkebun,dll

16. apa mata pencaharian di dataran tinggi

berladang, berkebun, dll.bercocok tanam atau petani.
contohnya petani teh

17. Sebutkan 5 mata pencaharian di daerah dataran tinggi

Petani, bercocok tanam, membuka wisata alam, peternak, pedagang sayuran1.Bertani
2.Berkebun
3.Bercocok tanam
4.pemandu wisata
5.penjual makanan
6.Menyewakan tempat tidur
7.Fotografer
maaf kl salah …

18. Daerah dataran rendah mata pencahariannya? Daerah dataran tinggi mata pencahariannya? Daerah sekitar pantai mata pencahariannya?

Jawaban:

Penjelasan:

Daerah dataran rendah mata pencahariannya?

Jawab : buruh, pedagang dan peternak.

Daerah dataran tinggi mata pencahariannya?

Jawab : pekebun aneka buah-buahan dan sayuran, penjual aneka buah-buahan dan sayuran, pengelola pariwisata.

Daerah sekitar pantai mata pencahariannya?

Jawab : nelayan, petani rumput laut, dan penjual ikan laut.

MAAF KLO SALAH

19. mata pencaharian dataran tinggi​

Jawaban:

penanam teh dan lain lain

Penjelasan:

maaf kalau salah

Jawaban:

petani, peternak, pedagang dan pekerja perkebunan

20. apa saja mata pencaharian di dataran tinggi

Jawaban:

dalam bidang pertanian

bercocok tanam, seperti menanam jagung, cabai dll

Video Terkait

Bagikan: