Al Ahzab Ayat 70 Menjelaskan Tentang

Fatih.co.id

Al Ahzab Ayat 70 Menjelaskan Tentang
Al Ahzab Ayat 70 Menjelaskan Tentang

jelaskan apa maksud Al Qur'an surah Al ahzab ayat 70​

1. jelaskan apa maksud Al Qur’an surah Al ahzab ayat 70​

Jawaban:

Makna yang terkandung dalam surat Al-Ahzab ayat 70-71 menurut para mufassirin yaitu: kesepakatan tentang keutamaan berbicara dengan perkataan yang baik dan benar serta jujur. … Bertutur kata baik merupakan sopan santun Page 2 ii tertinggi dalam pergaulan, dan keharusan menerapkannya terutama bagi ummat muslim.

2. surah al ahzab ayat 70 tentang?

Perintah Allah kepada orang-orang yang beriman untuk bertakwa kepada Allah dan berkata yg benar/perkataan yg tidak menyalahi

3. surah al-ahzab ayat 70 ​

Jawaban:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

Arti: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar.

Penjelasan:

Tafsir ayat

Wahai orang-orang yang membenarkan Allah dan RasulNya serta melaksanakan SyariatNya, taatilah Allah dan jauhilah kemaksiatan kepadaNya, agar kalian tidak ditimpa hukumanNya, dan ucapkanlah dalam segala urusan kalian dan keadaan kalian kata-kata yang lurus sesuai dengan kebenaran, bersih dari kedustaan dan kebatilan.

4. surat al-ahzab ayat 70-71​

Jawaban:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

(Yaa ayyuhal ladziina aamanut taqullooha waquuluu qoulang syadiidaa. Yushlih lakum a’maalakum wayaghfir lakum dzunuubakum wa may yuthi’il laaha wa rosuulahuu faqod faaza fauzan ‘adhiimaa)

Artinya = hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar. niscaya Allah mempe
rbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.

Tafsir Surat Al Ahzab ayat 70-71 disarikan dari Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Fi Zhilalil Quran, Tafsir Al Azhar, dan Tafsir Al Munir.

1. Taqwa

Poin pertama dari Surat Al Ahzab ayat 70-71 adalah perintah taqwa.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah.. (QS. Al Ahzab: 70)

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengawali ayat ini dengan yaa ayyuhal ladziina aamanuu. Allah menyeru hamba-hamba-Nya yang beriman. Dan jika sebuah ayat dimulai dengan seruan yaa ayyuhal ladziina aamanuu pasti setelahnya akan ada salah satu dari tiga hal. Pertama, perintah yang wajib dikerjakan. Kedua, larangan yang wajib dijauhi. Ketiga, berita penting yang harus diperhatikan.

Ayat ini masuk golongan pertama. Setelah seruan kepada orang beriman ada perintah yang wajib dikerjakan. Yakni perintah taqwa. Ittaqullah. Bertaqwalah kepada Allah.

Ayat ini terkait dengan ayat sebelumnya dan ayat sesudahnya. Ayat sebelumnya melarang orang-orang beriman menyakiti Rasulullah. Maka Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir menafsirkan ayat ini: “Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan takutlah kalian melakukan perbuatan yang Allah benci, apalagi perbuatan menyakiti Nabi.”

2.Berkata Jujur

Poin kedua dari Surat Al Ahzab ayat 70 adalah perintah berkata yang benar dan jujur.

وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

..dan katakanlah perkataan yang benar. (QS. Al Ahzab: 70)

Ibnu Katsir menjelaskan, qaulan sadiidaa atau qaulun sadiid adalah perkataan yang benar, yang jujur, tidak bengkok, tidak pula menyimpang. Sedangkan Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan, qaulan sadiidaa atau qaulun sadiid adalah perkataan yang benar dan tepat.

Allah memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman tetap bertaqwa kepada-Nya dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar, yang jujur, tidak bengkok, tidak pula menyimpang.

“Di antara sikap hidup karena iman dan taqwa adalah jika berkata-kata pilihlah kata-kata yang tepat. Dalam kata yang tepat itu terkandunglah perkataan yang benar. Jangan berbelit-belit. Jangan yang dimaksud lain, tetapi yang dipakai lain pula,” tulis Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar.

“Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, bertaqwalah kalian kepada Allah dalam segala urusan dengan menjauhi kemaksiatan, berkomitmen kepada perintah-Nya serta beribadah seakan-akan melihat-Nya,” terang Syaikh Wahbah Az Zuhaili. “Juga ucapkanlah perkataan yang benar dan haq menyangkut semua urusan kalian, termasuk kalimat tauhid dan kalimat thayyibah. Termasuk mendamaikan di antara manusia.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menegaskan perintah taqwa dan jujur ini dalam sabda beliau:

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَأْمُرُنِى أَنْ آمُرَكُمْ أَنْ تَتَّقُوا اللَّهَ تَعَالَى وَأَنْ تَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً

Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla memerintahkanku agar aku memerintahkan kepada kalian untuk bertaqwa kepada Allah Ta’ala dan mengatakan perkataan yang benar. (HR. Ahmad)

3.Buah Ketaqwaan dan Kejujuran

Poin ketiga dari Surat Al Ahzab ayat 70-71 adalah buah ketaqwaan dan kejujuran.

يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ

niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu.. (QS. Al Ahzab: 71)

Jika orang yang beriman berlaku taqwa dan berkata jujur, Allah menjanjikan dua hal; perbaikan amal dan ampunan atas dosa.

Ibnu Katsir menjelaskan, Allah memperbaiki amal artinya Allah memberikan taufik untuk mengerjakan amal-amal shalih.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili menafsirkan lebih luas. “Yushlih lakum a’maalakum artinya niscaya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberi kalian taufiq untuk berbuat amal-amal shalih atau memperbaiki amal-amal kalian dengan menerimanya, memberikan pahala dan apresiasi atas amal-amal kalian.”

“Allah memberikan ampunan bagi orang-orang yang berkata baik dan beramal shalih,” terang Sayyid Qutb dalam Tafsir Fi Zhilalil Quran. “Juga menghapus dosa-dosa yang tidak mungkin seorang pun dari anak Adam yang bersalah selamat dan terbebas dari padanya. Dan tidak ada yang dapat menyelamatkan mereka daripadanya melainkan ampunan dan penghapusan dosa.”

Penjelasan:

5. q.s al-ahzab ayat 70 makna dari ayat tersebut

1. Ayat ini sudah sangat jelas di tujukan kepada orang-orang beriman (kamu muslimin). Menganjurkan dan memerintahkan kepada seluruh kaum muslimin untuk bertakwa kepada Tuhannya dengan sebenar-benarnya yaitu menjauhi segala larangan dn menjalankan segala perintah Agama dengan sungguh-sungguh baik dalam keadaan lapang maupun susah.

2. Anjuran dan perintah dari Allah bahwa hendaknya kaum muslimin senantiasa mengatakan sesuatu secara jujur. Kewajiban mengatakan kebenaran walau terasa pahit dan hanya berkata tentang suatu kebenaran. Tidak plinplan dan tidak mengatakan sesuatu yang tidak berdasar apalagi berbohong, itu merupakan perbuatan yang mungkar

3. Jika 2 hal yang di sebut di atas benar-benar di laksanakan dengan hanya mengharap ridho Allah, niscaya (pasti) Allah akan melimpahkan kebaikan terhadap apa yang sudah kita amalkan dan insyaAllah menyempurnakan amalan kebaikan kita. Jika amalan2 baik kita diterima Allah tentunya amalan2 baik itu akan menghapus dosa2 kita dan juga insyaAllah akan menambah berat timbangan kebaikan kita di akhirat kelak. Kita serahkan urusan itu sepenuhnya ke pada Allah Azza Wa Jalla

4. Allah menginformasikan kepada kita bahwa siapa saja dari ummatNya yang mentaatiNya dan mentaati RasulNya (Nabi Muhammad) maka sesungguhnya ia (ummat) telah memperoleh kemenangan yang besar. Wujud dari kemenangan ini sangatlah bermacam-macam. Ada yang menang dari medan pertempuran, ada yang mendapatkan solusi dari segala persoalan, ada yang mendapat rejeki, kebahagiaan dan rahmat bisa juga kemenangan secara hakiki yaitu mendapatkan Surganya. Amin

Hanya Dia yg mengetahui segala rahasia dan segala sesuatunya.

6. Pengertian bersikap jujur dijelaskan Q.S Al-Ahzab Ayat 70. Tuliskan dan artikan ayat tersebut

arab dan artinya.

#selamatBelajar
#OkeTerimaKasih

7. jelaskan isi kandungan surat al ahzab ayat 70

arti dari surat al-Azhab:70 adalah:
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar.

maaf jika tidak sesuai dengan pertanyaannya!^-^
semoga membantuu^-^

8. Surah Al Ahzab ayat 70, 71​

Surah Al Ahzab ayat yang ke 70 dan 71:

Lafadz dari Surah Al Ahzab ayat yang ke 70 menggunakan huruf hijaiyyah adalah يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًاۙ. Sedangkan terjemahan dari Surah Al Ahzab ayat yang ke 70 adalah Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar.Lafadz dari Surah Al Ahzab ayat yang ke 71 menggunakan huruf hijaiyyah a
dalah يُّصْلِحْ لَكُمْ اَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْۗ وَمَنْ يُّطِعِ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا. Sedangkan terjemahan dari Surah Al Ahzab ayat yang ke 71 adalah niscaya Allah akan memperbaiki amal-amalmu dan mengampuni dosa-dosamu. Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sungguh, dia menang dengan kemenangan yang agung.Pembahasan

Isi kandungan yang terdapat di dalam kedua ayat tersebut adalah:

Dalam ayat-ayat tersebut terdapat perintah kepada umat islam untuk bertakwa kepada Allah. Dalam ayat-ayat tersebut terdapat perintah kepada umat islam untuk selalu jujur dalam mengucapkan sesuatu. Dalam ayat-ayat tersebut terdapat penjelasan bahwa orang yang taat kepada kepada Allah dan rasul utusan Allah adalah orang yang memperoleh kemenangan.Pelajari lebih lanjutMateri tentang kandungan Surah Yasin ayat yang ke 52 https://brainly.co.id/tugas/30575046Materi tentang kandungan Surah Al Baqarah ayat yang ke 148 https://brainly.co.id/tugas/32743159Materi tentang kandungan Surah Al Baqarah ayat yang ke 173 https://brainly.co.id/tugas/10197079

===============================

Detail jawaban

Kelas : X

Mata pelajaran : Agama Islam

Bab : Al-Qur’an dan Hadis adalah Pedoman Hidupku

Kode soal : 10.14.4

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3

9. 2. Surah al-Ahzab [33] ayat 70 menjelaskan bahwa​

Jawaban:

Surah al ahzab ayat 70 selain menjelaskan tentang bertaqwa kepada Allah juga menjelaskan tentang kewajiban orang yang beriman untuk selalu berkata dengan perkataan yang benar. Ayat ini menjadi dalil bahwa seorang yang beriman kepada Allah harus jujur dalam setiap perkataannya, dimanapun dan kapanpun ia berbicara.

10. Surat Al ahzab ayat 70

Jawaban:

Quran Surat Al-Ahzab Ayat 70

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَقُولُوا۟ قَوْلًا سَدِيدًا

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanuttaqullāha wa qụlụ qaulan sadīdā

Terjemah Arti: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar

Semoga membantu.

Jawaban:

ayat 70

Penjelasan:

ada diatas penjelasan nya

11. asbabunnuzul surah al-ahzab ayat 70

sebab-sebab turun al-qur’an

12. qs al ahzab ayat 70 perkata

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,

13. Perhatikan Q.S. Al-Ahzab /33:70 . Ayat Al-Qur’an tersebut menjelaskan tentang sikap …. *​

Jawaban: 1.bertawakal kepada Allah

2. Berkata dengan perkataan yang benar

Penjelasan: semoga membantu dan jadikan jawaban terbaik

Jawaban:

وَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًاۙ

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar,

Penjelasan:

Allah lantas meminta orang yang beriman agar berkata benar. Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar dan tepat sasaran.

Pada ayat ini, Allah memerintahkan kepada orang-orang beriman supaya tetap bertakwa kepada-Nya. Allah juga memerintahkan orang-orang beriman untuk selalu berkata yang benar, selaras antara yang diniatkan dan yang diucapkan, karena seluruh kata yang diucapkan dicatat oleh malaikat Raqib dan ‘Atid, dan harus dipertanggungjawabkan di hadapan Allah.

14. Al ahzab:70 ayat tersebut merupakan dalilbnaqli sifat

jujur(tidak boleh berdusta)

15. Surat Al ahzab ayat 70

Jawaban:

bunyi ayat surat al-ahzab 70

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا

artinya : Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,

ayat ini menjelaskan kepada kita , akan perintah Allah kepada hambanya yang beriman , agar tetap bertaqwa kepadaNya dan menyembahNya (menghambakan diri kepada Allah) , dengan penyembahan yang sempurna seolah” kita melihat Allah , dan hendaklah kita mengucapkan perkataan yang benar , jujur tidak bengkok , tidak menyalahi aturan Allah , tidak menyimpang dengan yang telah digariskan Allah .

dalam sebuah hadits menyebutkan apa maksud dari perkataan yang benar dalam ayat ini , maksud dari perkataan yang benar dalam ayat ini adalah kalimah laa ilaaha illa Allah , kalimah tidak ada tuhan selain Allah .

Jawaban:

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَقُوْلُوْا قَوْلًا سَدِيْدًا ۙ 

yaaa ayyuhallaziina aamanuttaqulloha wa quuluu qoulang sadiidaa

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar,”

(QS. Al-Ahzab 33: Ayat 70)

Penjelasan:

maaf kalo salah semoga bermanfaat

16. Tulislah terjemah ayat al quran surah al ahzab ayat 70

wahai orang2 yang beriman! bertaqwalah kamu kepada allah dan ucapkanlah perkataan yang benarwahai orang2 yang beriman ! bertakwalah kamu dan ucapkanlah perkataan yang benar.

17. apakah surah al-ahzab(33) ayat 70 berkaitan dengan perilaku jujur?jelaskan!​

Jawaban:

Surah al ahzab ayat 70 selain menjelaskan tentang bertaqwa kepada Allah juga menjelaskan tentang kewajiban orang yang beriman untuk selalu berkata dengan perkataan yang benar. Ayat ini menjadi dalil bahwa seorang yang beriman kepada Allah harus jujur dalam setiap perkataannya, dimanapun dan kapanpun ia berbicara.

Jawaban:

Surah al ahzab ayat 70 selain menjelaskan tentang bertaqwa kepada Allah juga menjelaskan tentang kewajiban orang yang beriman untuk selalu berkata dengan perkataan yang benar. Ayat ini menjadi dalil bahwa seorang yang beriman kepada Allah harus jujur dalam setiap perkataannya, dimanapun dan kapanpun ia berbicara.

Penjelasan:

Semoga Membantu Ya Kak 🙂

Jangan Lupa Juga Kasi Love, Bintang 5 Dan Beri Jawaban Tercerdas Ya

18. Jelaskan maksud dari surah Al ahzab a Ayat 70

maksud surat Al ahzab adalah takwa kepada Allah membawa kepada perbaikan amal dan ampunan dosa

19. Tulislah ayat dan terjemah surat Al-Ahzab ayat 70.​

Jawaban:

yang artinya wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kamu kepada A
llah dan ucapkanlah perkataan yang benar

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَقُولُوا۟ قَوْلًا سَدِيدًا

Terjemah Arti: wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,

20. tuliskan surah al ahzab ayat 70​

Jawaban:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَقُولُوا۟ قَوْلًا سَدِيدًا Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanuttaqullāha wa qụlụ qaulan sadīdā Terjemah Arti: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,

Jawaban:

Quran Surat Al-Ahzab Ayat 70

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَقُولُوا۟ قَوْلًا سَدِيدًا

Video Terkait

Bagikan: