Apa Bagian Paling Efektif Dari Kesimpulan Mengapa

Fatih.co.id

Apa Bagian Paling Efektif Dari Kesimpulan Mengapa

apa bagian yang paling efektif dari simpulan ? mengapa

Daftar Isi

1. apa bagian yang paling efektif dari simpulan ? mengapa

Bagian yang paling efektif dari simpulan adalah kalimat utama dalam kesimpulan. Karena pada kalimat itu menjelaskan secara umum dari isi pembahasan tertentu, misalnya makalah.

Pembahasan

karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan memenuhi kaidah tertentu.

Struktur dari karya ilmiah, sebagai berikut:

1. Cover atau bagian sampul

Pada bagian cover makalah berisi judul, logo organisasi atau universitas, data penulis, jabatan atau jurusan, fakultas, kota pembuatan karya ilmiah.

2. Kata pengantar

Pada bagian kata pengantar berisi kalimat puji-pujian kepada Allah SWT atau kepada Tuhan Yang Maha Esa, gambaran sekilas mengenai karya ilmiah, ucapan terima ka
sih, dan terakhir biasanya terdapat harapan penulis atau permintaan saran dan kritik.

3. Daftar isi

Pada bagian daftar isi berisi daftar halaman yang berada pada karya ilmiah.

4. Bab 1 (Pendahuluan)

Pada bagian pendahuluan secara umum berisi tentang gambaran umum tentang karya ilmiah, mnasalah yang akan di bahas, latar belakang mengapa mengangkat permasalahan tersebut.

Pada bagian pendahuluan terdiri dari:

Latar belakang Rumusan masalah  Maksud dan tujuan  

5. Bab 2 (Pembahasan)

Pada bagian pembahasan berisi tentang pembahasan secara total tentang karya ilmiah yang dibuat.

6. Bab 3 (Penutup)

Pada bagian penutup berisi tentang ringkasan pembahasan karya ilmiah secara singkat dan lengkap.

7. Daftar pustaka

Pada bagian daftar pustaka berisi tentang dari mana sumber materi yang dimuat sebuah karya ilmiah.

8. Lampiran

Pada bagian lampiran berisi tentang data-data pendukung tentang isi karya ilmiah yang dibuat.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang struktur karya ilmiah brainly.co.id/tugas/19223924

—————————————————— Detail jawaban

Kelas: 7 – SMP

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Menulis karya imiah

Kode: 7.1.5

Kata kunci: Struktur karya ilmiah

AJ.

2. Apa bagian paling efektif dari simpulan?mengapa?

Jawaban:

kalimat utama

Penjelasan:

bagian paling efektif adalah kalimat utama

Penjelasan:

FOLLOW AKU KAK

SEMOGA MEMBANTU

3. Apa bagian paling efektif dari simpulan? Mengapa? ​

Jawaban:

Bagian paling efektif dari simpulan adalah kalimat utama.

Penjelasan:

Simpulan adalah hasil, kesimpulan, rekomendasi, atau resolusi dari permasalahan yang dibahas. Adapun bagian yang paling efektif dari simpulan adalah kalimat utama dalam kesimpulan karena pada kalimat itu menjelaskan secara umum dari isi pembahasan tertentu.

Dengan demikian, bagian yang paling efektif dari simpulan adalah kalimat utama.undefined

Jadikan Jawaban Tercerdas

4. Apa bagian paling efektif dari simpulan

Jawaban:

Kalimat utama dalam kesimpulan

Penjelasan:

Karena pada kalimat utama menjelaskan secara global dari isi pembahasan.

5. Apa bagian paling efektif dari simpulan? Mengapa?

gagasan utama/pokok pikiran karena dengan adanya gagasan utama/pokok pikiran kita dapat mengembangkan suatu cerita

6. Apa bagian paling efektif dari sebuah simpulan? Mengapa?

Jawaban:

Bagian yang paling efektif dari simpulan adalah kalimat utama dalam kesimpulan. Karena pada kalimat itu menjelaskan secara umum dari isi pembahasan tertentu, misalnya makalah

semoga membantu :3

7. Kegiatan 6: Pertanyaan Telaah1. Dapatkah kamu memilih judul lain yang lebih menarik dan lebihmeyakinkan menurutmu?2. Apa tujuan pendahuluan dalam teks diskusi ini?3. Apakah menurutmu pendahuluan ini sudah efektif? Jelaskan mengapa!4. Bagaimana teks diskusi ini disusun?5. Bagaimana teks beralih dari sudut pandang pro ke sudut pandang yangkontra?6. Bagaimana simpulan berkaitan dengan bagian teks lainnya (isi danpendahuluan)?7. Apa bagian paling efektif dari simpulan? Mengapa?​

Jawaban:

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut.

Ya, saya dapat memilih judul lain yang lebih menarik dengan memperhatikan isi teks. Tujuan pendahuluan dalam teks diskus adalah menyajikan pengantar atau gambaran umum dari isu yang akan dibahas. Pendahuluan dapat efektif jika mampu menarik minat pembaca untuk menyimak bagian isi.Tidak bisa dijawab karena teks tidak disajikan.Teks beralih sudut pandang dengan menggunakan ilustrasi atau contoh yang berbeda.Simpulan berkaitan dengan bagian teks lainnya karena menyajikan penalaran atas seluruh bagian tersebut.Bagian paling efektif dari simpulan adalah bagian terakhir karena menyajikan inti dari teks yang dibahas.

Penjelasan:

Teks diskusi merupakan teks yang menyajikan pembahasan atau pendapat tentang suatu isu. Isi teks ini kerap menyajikan tiga pendapat. Ketiga pendapat tersebut adalah afirmasi, oposisi, dan netral.

Pelajari lebih lanjut tentang materi teks diskusi pada https://brainly.co.id/tugas/2726437

#belajarBersamaBrainly

8. Ap bagian paling efektif dari simpulan?mengapa?

Jawaban:

Bagian paling efektif dari simpulan adalah kalimat utama atau gagasan utama/pokok pikiran. Hal ini karena kalimat tersebut memberikan ringkasan yang jelas dan singkat mengenai isi teks secara keseluruhan.

9. apa bagian paling efektif dari simpulan? mengapa?

terwujudlah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

maaf kalo salah

10. Apa bagian paling efektif dari kesimpulan cerita daur ulang untuk hidup hijau ، mengala

Kesimpulan atau simpulan adalah informasi atau ikhtisar yang kita peroleh setelah kita membaca dan memahami suatu tulisan. Oleh karena itu, simpulan hanya dapat ditemukan pada bagian akhir suatu tulisan. Ditinjau dari cara penyajian, simpulan dapat ditemukan melalui dua cara yaitu disampaikan secara langsung oleh penulis pada bagian akhir sebuah tulisan atau ditemukan secara sendiri oleh pembaca dengan memahami seluruh bacaan. Terlepas dari cara yang digunakan, sebuah kesimpulan dapat membantu para pembaca dalam memahami sebuah tulisan secara menyeluruh.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan satu judul teks yaitu “Daur Ulang untuk Hidup Hijau”. Kita kemudian diminta untuk mencari bagian paling efektif dari kesimpulan tulisan tersebut. Adapun pada tulisan kali ini, penulis secara tersurat menyampaikan simpulan pada bagian akhir tulisan. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

BAGIAN PALING EFEKTIF DARI KESIMPULAN CERITA “DAUR ULANG UNTUK HIDUP HIJAU” ADALAH DAUR ULANG TIDAKLAH SULIT JIKA KITA MEMIKIRAN SERIUS TENTANG MANFAATNYA.

Sebagai rujukan, berikut teks yang dijadikan acuan oleh soal.

Setiap hari kita diingatkan agar kita lebih  peduli terhadap lingkungan kita. Namun ternyata  tidak mudah untuk peduli terhadap lingkungan  atau bergaya hidup ”hijau”–atau sebenarnya  mudah?

Pemerintah pusat dan daerah sejak beberapa  tahun lalu mencoba agar masyarakat lebih mudah  bergaya hidup hijau. Mereka menyediakan tong  sampah dengan warna berbeda agar masyarakat  mengetahui di mana membuang sampahnya.  Tong sampah berwarna juga ditambahkan  dengan gambar yang menunjukkan benda mana  yang boleh pada masing-masing tong sampah.  Bahkan, pada tong sampah juga ditambah  dengan tulisan. Warna merah untuk limbah  bahan beracun dan berbahaya (B3); hijau untuk  limbah organik
(sisa makanan, tulang, daun); kuning untuk bungkus kemasan makanan,  plastik, kaleng; biru untuk kardus dan kertas;  abu-abu untuk pembalut wanita, popok bayi,  puntung rokok, permen karet.

Langkah ini memudahkan masyarakat   melakukan daur ulang limbah rumah tangga dan  membantu melindungi lingkungan.

Pada setiap kesempatan, jutaan orang  melakukan gerakan kebersihan di berbagai  wilayah di Indonesia dalam waktu yang  berbeda-beda. Gerakan semacam ini diharapkan  menginspirasi masyarakat untuk selalu peduli  lingkungannya masing-masing. Kampung wisata  Jambangan di Surabaya menjadi kampung  percontohan ”gaya hidup hijau” dalam daur  ulang sampah dan penghijauan kampung yang  sesungguhnya.

Namun di pihak lain, di banyak tempat,  orang-orang menganggap gagasan daur ulang  itu membuang-buang waktu mereka. Mereka  tidak mau direpotkan dengan memilah sampah  mereka, dan lebih mudah membuang semuanya  ke tempat sampah. Mereka tidak berpikir apa  yang akan terjadi 10, 20, atau 30 tahun kemudian  saat tempat tinggal mereka sudah penuh dengan  sampah.

Pada saat yang sama, masyarakat lainnya  yang berpikiran sempit yakin bahwa satu  orang tidak akan membuat perbedaan. Mereka  sangat salah. Setiap benda yang didaur ulang  merupakan bonus bagi lingkungan kita akibat  kita belajar menggunakan sumber daya dengan  lebih efesien sehingga dapat bertahan bertahuntahun  lagi.

Daur ulang tidaklah sulit jika kita memikirkan  serius tentang manfaatnya. Hampir semua yang  kita gunakan dapat didaur ulang, mulai dari gelas  hingga plastik. Sangat masuk akal jika melakukan  apa pun untuk membantu melindungi lingkungan  kita di masa depan kehidupan kita dan keluarga  kita sendiri. Hijau adalah warna paling baik dari  semua warna.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang simpulan:

https://brainly.co.id/tugas/629580

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 – Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: kesimpulan, simpulan, efektif, daur ulang untuk hidup hijau

11. Apa bagian paling efektif dari kesimpulan cerita daur ulang untuk hidup hijau ، mengala

Simpulan adalah informasi atau ikhtisar yang kita peroleh setelah memahami suatu cerita. Dalam penyajiannya, ada dua cara yang dapat digunakan oleh penulis untuk menyampaikan simpulan suatu tulisan kepada para penyimak. Pertama, penulis menyerahkan kepada para penyimak untuk mencari tahu sendiri simpulan yang ingin disampaikan. Kedua, penulis menyampaikan simpulan secara langsung pada tulisan. Biasanya simpulan dengan metode ini diletakkan persis pada bagian akhir sebuah tulisan.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan satu judul tulisan yaitu Daur Ulang untuk Gaya Hidup Hijau. Kemudian, kita diminta untuk mencari bagian paling efektif dari kesimpulan tulisan tersebut. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

BAGIAN PALING EFEKTIF DARI KESIMPULAN TULISAN “DAUR ULANG UNTUK GAYA HIDUP HIJAU” ADALAH DAUR ULANG TIDAKLAH SULIT JIKA KITA MEMIKIRKAN SERIUS TENTANG MANFAATNYA.

Berikut tulisan yang dijadikan acuan oleh soal.

Daur Ulang untuk Gaya Hidup Hijau

Setiap hari kita diingatkan agar kita lebih  peduli terhadap lingkungan kita. Namun ternyata  tidak mudah untuk peduli terhadap lingkungan  atau bergaya hidup ”hijau”–atau sebenarnya  mudah?

Pemerintah pusat dan daerah sejak beberapa  tahun lalu mencoba agar masyarakat lebih mudah  bergaya hidup hijau. Mereka menyediakan tong  sampah dengan warna berbeda agar masyarakat  mengetahui di mana membuang sampahnya.  Tong sampah berwarna juga ditambahkan  dengan gambar yang menunjukkan benda mana  yang boleh pada masing-masing tong sampah.  Bahkan, pada tong sampah juga ditambah  dengan tulisan. Warna merah untuk limbah  bahan beracun dan berbahaya (B3); hijau untuk  limbah organik (sisa makanan, tulang, daun); kuning untuk bungkus kemasan makanan,  plastik, kaleng; biru untuk kardus dan kertas;  abu-abu untuk pembalut wanita, popok bayi,  puntung rokok, permen karet.

Langkah ini memudahkan masyarakat  melakukan daur ulang limbah rumah tangga dan  membantu melindungi lingkungan.

Pada setiap kesempatan, jutaan orang  melakukan gerakan kebersihan di berbagai  wilayah di Indonesia dalam waktu yang  berbeda-beda. Gerakan semacam ini diharapkan  menginspirasi masyarakat untuk selalu peduli  lingkungannya masing-masing. Kampung wisata  Jambangan di Surabaya menjadi kampung  percontohan ”gaya hidup hijau” dalam daur  ulang sampah dan penghijauan kampung yang  sesungguhnya.

Namun di pihak lain, di banyak tempat,  orang-orang menganggap gagasan daur ulang  itu membuang-buang waktu mereka. Mereka  tidak mau direpotkan dengan memilah sampah  mereka, dan lebih mudah membuang semuanya  ke tempat sampah. Mereka tidak berpikir apa  yang akan terjadi 10, 20, atau 30 tahun kemudian  saat tempat tinggal mereka sudah penuh dengan  sampah.

Pada saat yang sama, masyarakat lainnya  yang berpikiran sempit yakin bahwa satu  orang tidak akan membuat perbedaan. Mereka  sangat salah. Setiap benda yang didaur ulang  merupakan bonus bagi lingkungan kita akibat  kita belajar menggunakan sumber daya dengan  lebih efesien sehingga dapat bertahan bertahuntahun  lagi.

Daur ulang tidaklah sulit jika kita memikirkan  serius tentang manfaatnya. Hampir semua yang  kita gunakan dapat didaur ulang, mulai dari gelas  hingga plastik. Sangat masuk akal jika melakukan  apa pun untuk membantu melindungi lingkungan  kita di masa depan kehidupan kita dan keluarga  kita sendiri. Hijau adalah warna paling baik dari  semua warna.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentagn simpulan:

https://brainly.co.id/tugas/629580

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 – Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: bagian, efektif, kesimpulan, cerita, daur ulang untuk gaya hidup hijau,

12. apa bagian paling efektif dari simpulan?mengapa? dalam teks kesadaran membayaar pajak​

Jawaban:

Manfaat pajak untuk membiayai semua pengeluaran negara seperti gaji pegawai negeri, gaji tentara, pembayaran utang pemerintah, dan membiayai pembangunan.

Penjelasan:

sebelum membahastentang pajak,penting bagi pelajar mengenal manfaatdari pajak.

Manfaat pajak untuk membiayai semua pengeluaran negara seperti gaji pegawai negeri, gaji tentara, pembayaran utang pemerintah, dan membiayai pembangunan.

13. Apa bagian paling efektif dari simpulan teks daur ulang untuk gaya hidup hijau? Mengapa?

Brainly.co.id

Apa pertanyaanmu?

dilalatifa18

Sekolah Menengah PertamaB. indonesia 5+3 poin

Apa bagian paling efektif dari kesimpulan cerita daur ulang untuk hidup hijau ، mengala

Tanyakan detil pertanyaan Ikutitidak puas? sampaikan! dari RennySusanti400 1 minggu yang lalu

Jawabanmu

josuasonakmalel

Josuasonakmalel Teaching Assistant

Kesimpulan atau simpulan adalah infor
masi atau ikhtisar yang kita peroleh setelah kita membaca dan memahami suatu tulisan. Oleh karena itu, simpulan hanya dapat ditemukan pada bagian akhir suatu tulisan. Ditinjau dari cara penyajian, simpulan dapat ditemukan melalui dua cara yaitu disampaikan secara langsung oleh penulis pada bagian akhir sebuah tulisan atau ditemukan secara sendiri oleh pembaca dengan memahami seluruh bacaan. Terlepas dari cara yang digunakan, sebuah kesimpulan dapat membantu para pembaca dalam memahami sebuah tulisan secara menyeluruh.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan satu judul teks yaitu “Daur Ulang untuk Hidup Hijau”. Kita kemudian diminta untuk mencari bagian paling efektif dari kesimpulan tulisan tersebut. Adapun pada tulisan kali ini, penulis secara tersurat menyampaikan simpulan pada bagian akhir tulisan. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

BAGIAN PALING EFEKTIF DARI KESIMPULAN CERITA “DAUR ULANG UNTUK HIDUP HIJAU” ADALAH DAUR ULANG TIDAKLAH SULIT JIKA KITA MEMIKIRAN SERIUS TENTANG MANFAATNYA.

Sebagai rujukan, berikut teks yang dijadikan acuan oleh soal.

Setiap hari kita diingatkan agar kita lebih peduli terhadap lingkungan kita. Namun ternyata tidak mudah untuk peduli terhadap lingkungan atau bergaya hidup ”hijau”–atau sebenarnya mudah?

Pemerintah pusat dan daerah sejak beberapa tahun lalu mencoba agar masyarakat lebih mudah bergaya hidup hijau. Mereka menyediakan tong sampah dengan warna berbeda agar masyarakat mengetahui di mana membuang sampahnya. Tong sampah berwarna juga ditambahkan dengan gambar yang menunjukkan benda mana yang boleh pada masing-masing tong sampah. Bahkan, pada tong sampah juga ditambah dengan tulisan. Warna merah untuk limbah bahan beracun dan berbahaya (B3); hijau untuk limbah organik (sisa makanan, tulang, daun); kuning untuk bungkus kemasan makanan, plastik, kaleng; biru untuk kardus dan kertas; abu-abu untuk pembalut wanita, popok bayi, puntung rokok, permen karet.

Langkah ini memudahkan masyarakat melakukan daur ulang limbah rumah tangga dan membantu melindungi lingkungan.

Pada setiap kesempatan, jutaan orang melakukan gerakan kebersihan di berbagai wilayah di Indonesia dalam waktu yang berbeda-beda. Gerakan semacam ini diharapkan menginspirasi masyarakat untuk selalu peduli lingkungannya masing-masing. Kampung wisata Jambangan di Surabaya menjadi kampung percontohan ”gaya hidup hijau” dalam daur ulang sampah dan penghijauan kampung yang sesungguhnya.

Namun di pihak lain, di banyak tempat, orang-orang menganggap gagasan daur ulang itu membuang-buang waktu mereka. Mereka tidak mau direpotkan dengan memilah sampah mereka, dan lebih mudah membuang semuanya ke tempat sampah. Mereka tidak berpikir apa yang akan terjadi 10, 20, atau 30 tahun kemudian saat tempat tinggal mereka sudah penuh dengan sampah.

Pada saat yang sama, masyarakat lainnya yang berpikiran sempit yakin bahwa satu orang tidak akan membuat perbedaan. Mereka sangat salah. Setiap benda yang didaur ulang merupakan bonus bagi lingkungan kita akibat kita belajar menggunakan sumber daya dengan lebih efesien sehingga dapat bertahan bertahuntahun lagi.

Daur ulang tidaklah sulit jika kita memikirkan serius tentang manfaatnya. Hampir semua yang kita gunakan dapat didaur ulang, mulai dari gelas hingga plastik. Sangat masuk akal jika melakukan apa pun untuk membantu melindungi lingkungan kita di masa depan kehidupan kita dan keluarga kita sendiri. Hijau adalah warna paling baik dari semua warna.

14. Apa bagian paling efektif dari simpulan,Mengapa​

Jawaban:

bagian yang paling efektif dalam simpulan adalah

pada kalimat itu menjelaskan secara umum dari isu pembahasan tertentu,misalnya makalah.

semoga membantu

jawabannya adalah kalimat utama dalam kesimpulan

Penjelasan:

di karenakan pada kalimat itu di jelaskan secara umum dari isi pembahasan tertentu secontoh nya “makalah”

15. apa bagian paling efektif dari simpulan? mengapa?kelas IX​

Jawaban:

Isi

Penjelasan:

karena semua perihal dari cerita tersebut ada di isian kesimpulannya ada di akhir (penutup)

Kelas : IX

16. Temukanlah hal-hal berikut pada teks tersebuta. Pernyataan umumb. deret penjelasc. simpulanTuliskan hasil penemuan menggunakan bahasamu sendiri! gunakan kosakata baku dan kalimat efektif saat menuliskan bagian-bagian teks eksplanasi tersebut! ​​

Jawaban:

jawabannya B

Penjelasan:

semoga membantu ☺️

17. apa bagian paling efektif dalam simpulan? mengapa?

Bagian paling efektif dalam simpulan adalah Kritik dan Saran Pembaca. Karena Kritik dan Saran ini dapat bersifat Membangun dan Menjadi Dorongan bagi Penulis untuk membuat karya yang lebih baik lagi.

18. Bagian paling efektif dari kesimpulan teks daur ulang

Jawaban:

bagian paling efektif dari kesimpulan teks «DAUR ULANG» adalah DAUR ULANG TIDAK LAH SULIT JIKA KITA MEMIKIRKAN SERIUS DALAM MANFAATNYA

Maaf kalo salah: )

19. Apa bagian paling efektif dari simpulan? Menyapa?​

Jawaban:

sopan santun, mendapat pahala

Jawaban:

sopan

maffa kalo salah ya

20. tuliskan bagian efektif dalam dari simpulan?mengapa?​

Jawaban:

bagian yang paling efektif dalam simpulan adalah kalimat utama dalam kesimpulan

Penjelasan:

karena pada kalimat itu menjelaskan secara umum dari isi pembahasan tertentu, misalnya makalah

semogamembantu:)

Penjelasan:

adalah kalimat utama maaf jika salah

Video Terkait

Bagikan: