Apa Pengertian Ketimpangan Sosial Menurut Pemahamanmu

Fatih.co.id

Apa Pengertian Ketimpangan Sosial Menurut Pemahamanmu
Apa Pengertian Ketimpangan Sosial Menurut Pemahamanmu

Pengertian ketimpangan sosial menurut para ahli

1. Pengertian ketimpangan sosial menurut para ahli

Menurut Naido dan Wills, Ketimpangan sosial adalah perbedaan-perbedaan dalam pemasukan (income), sumber daya (resoure), kekuasaan (power), status di dalam dan antara masyarakat.

Ketimpangan sosial menurut para ahli, antara lain:

Andrinof A. Chaniago: Ketimpangan sosial yakni hasil dari pembangunan yang berfokus hanya pada aspek ekonomi saja tanpa memperhatikan aspek sosial.

Budi Winarno: Ketimpangan sosial yakni akibat suatu kegagalan dari pembangunan dalam era globalisasi sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan psikis dan kebutuhan fisik masyarakat.

Pembahasan

Ketimpangan sosial adalah ketidakseimbangan kondisi antar masyarakat yang terjadi karena beberapa perbedaan budaya, status sosial, dan kondisi ekonomi setiap masyarakat.

Bentuk dari ketimpangan sosial, yaitu:

Ketimpangan dari golongan sosial dan ekonomi. Ketimpangan pembangunan daerah. Ketimpangan ekonomi. Ketimpangan perkotaan dan pedesaan. Ketimpangan antar wilayah.

Faktor yang mempengaruhi ketimpangan sosial, sebagai berikut:

Faktor struktural Faktor kultural Faktor pendidikan Faktor ekonomi Faktor kesehatan Faktor geografis

Dampak dari adanya ketimpangan sosial, yaitu:

Kriminalitas Kemiskinan Penurunan kualitas moral Adanya monopoli ekonomi Terjadinya pencemaran lingkungan

Upaya mengatasi ketimpangan sosial, yaitu:

Meningkatkan kulitas masyarakat di bidang pendidikan. Mengendalikan jumlah pertumbuhan masyarakat. Menciptkan lapangan pekerjaan. Menurunkan ketimpanagn pada kekayaan seseorang. Melaksanakan program bantuan secara merata serta tepat sasaran.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang permasalahan sosial brainly.co.id/tugas/34335747

materi tentang  contoh dampak ketimpangan sosial brainly.co.id/tugas/19128018

—————————————————– Detail jawaban

Kelas: 12 – SMA

Mapel: Sosiologi

Bab: Ketimpangan Sosial

Kode: –

Kata kunci: dampak dari adanya ketimpangan sosial, upaya mengatasi ketimpangan sosial, bentuk ketimpangan sosial, faktor ketimpangan sosial, contoh dampak ketimpangan sosial, definisi dari ketimpangan sosial.

AJ.

2. pengertian ketimpangan sosial menurut beberapa ahli

Ketimpangan sosial menurut beberapa ahli antara lain :

Jonathan Haughton dan Shahidur R Khandker

Menurut Jonathan Haughton dan Shahidur R Khandker, Ketimpangan sosial adalah suatu ketidak pemerataan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah

Pembahasan

Sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang memiliki objek kajian berupa masyarakat dan memiliki fokus pembahasan berupa kehidupan sosial dan gejala – gejala sosial yang terjadi disekitar lingkungan masyarakat. Suatu ilmu sosiologi memiliki ciri – ciri diantaranya sebagai berikut :

Kumulatif, teori sosiologi yang kita ketahui kini merupakan hasil pengembangan dari teori sosiologi yang sudah ada sebelumnyaBersifat non etis, suatu ilmu sosiologi berusaha untuk mengungkapkan suatu fakta terhadap fenomena sosial yang terjadi disekitar lingkungan masyarakatEmpiris, suatu ilmu sosiologi dapat bermula dari hasil suatu penelitian atau observasiTeoritis, ilmu sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang bersifat abstrak yang disusun berdasarkan hasil pengamatan emoiris

Adapun sifat dan hakikat suatu ilmu sosiologi antara lain :

Sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan sosiologi merupakan suatu ilmu yang rasionalSosiologi merupakan suatu ilmu sosialSosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang bersifat abstrakSosiologi merupakan suatu ilmu yang murniSosiologi merupakan suatu ilmu yang katagorisSosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang dapat menghasilkan suatu pengertian – pengertian baru

Pelajari lebih lanjut

1. Pengertian sosiologi brainly.co.id/tugas/3387945

2. Contoh sosiologi brainly.co.id/tugas/363693

3. Contoh sosiologi statis brainly.co.id/tugas/11960555

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : Sosiologi

Bab : Sosiologi dalam kehidupan

Kode : 10.20.1

Kata kunci : Sosiologi

3. 10 Pengertian Ketimpangan Sosial Menurut Para Ahli?

Jawaban:

Menurut pendapat Andrinof A Chaniago, beliau mengartikan ketimpangan sosial merupakan suatu hasil dari pembangunan dimana hanya berkonsentrasi dalam bidang ekonomi hingga melupakan pada bidang sosial.

2.Jonathan Haughton berkata bahwa ketimpangan sosial merupakan bentuk dari sebuah ketidakadilan dalam melakukan pembangunan.

3 .Menurut pendapat Budi Winarno, beliau mengatakan bahwa ketimpangan sosial merupakan suatu dampak dari terjadinya kegagalan pada pembangunan di zaman globalisasi ini. dimana pembangunan ini dilakukan untuk kepentingan masyarakat guna dalam memenuhi kebutuhan psikis maupun kebutuhan fisik

4. jelaskan pengertian ketimpangan sosial

ketimpangan sosial adalah sebuah ketidakadilan dalam status dan kedudukan yang dirasakan oleh masyarakat
maaf kalau salah…
semoga membantu…

5. pengertian ketimpangan sosial dalam bidang budaya

Ketimpangan sosial artinya dengan kesenjangan sosial yaitu diartikan sebagai kesenjangan (ketimpangan) atau ketidaksamaan akses untuk mendapatkan atau memanfaatkan sumber daya yang tersedia. 
maaf kalo salah

6. pengertian ketimpangan sosial

Ketimpangan sosial adalah bentuk-bentuk ketidak-adilan yang terjadi dalam proses pembangunan.
semoga membantu

7. PENGERTIAN KETIMPANGAN SOSIAL DALAM ASPEK PENDIDIKAN

Jawaban:

Kurangnya fasilitas usaha. Kemakmuran masyarakat yang tidak merata. Kurangnya lapangan pekerjaan diberbagai daerah.

Penjelasan:

Maaf kalo salah

8. pengertian ketimpangan sosial​

Jawaban:

Ketimpangan sosial adalah keadaan yang terjadi karena adanya ketidakseimbangan akses untuk mendapatkan dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

Penjelasan:

sumber: ruangguru.com

9. 10 pengertian ketimpangan sosial menurut para ahli

Ketimpangan sosial adalah kondisi dimana adanya ketidakseimbangan di tengah-tengah masyarakat yang bisa disebabkan oleh  beberapa aspek kehidupan seperti status sosial, ekonomi, maupun budaya. Kondisi ini biasanya memunculkan klasifikasi kelas – kelas yang pada akhirnya mempengaruhi kehidupan seseorang dalam masyarakat.

Pembahasan

Fenomena ketimpangan sosial adalah fenomena yang sebenarnya sangat umum terjadi di masyarakat. Secara umum, ketimpangan sosial dapat diartikan sebagai perbedaan  kondisi seseorang dalam berbagai faktor, salah satunya adalahstatus sosial. Status sosial ini sifatnya mempengaruhi individu tersebut , baik secara pribadi maupun secara kelompok.  Aspek – aspek tertentu bahkan bisa sangat membedakan kehidupan antar satu orang dengan yang lainnya.

Contoh Ketimpangan SosialPerbedaan dalam hal  akses pendidikan, mereka yang memiliki uang dan mampu biasanya akan lebih terjamin pendidikannya bahkan hingga lulus sarjana. Sedangkan mereka yang  tidak mampu  akan lebih kesulitan mendapatkan akses tersebut.Perbedaan keadaan di kota yang sama, contohnya di Jakarta banyak kita temukan mall besar berisi orang  kaya yang membelanjakan uangnya. Padahal disudut lain dari Jakarta banyak orang yang hidup kesulitan bahkan di bawah garis kemiskinan.

Setelah memahami pengertian dan contoh ketimpangan sosial berikut pengertian ketimpangan sosial menurut 10 ahli berbeda

Naidoo & Wills: Ketimpangan sosial adalah perbedaan dalam pemasukan (income), sumber daya (resource), kekuasaan (power), dan status di dalam dan antara masyarakat. Andrinof A. Chaniago: Ketimpangan sosial adalah buah dari pembangunan yang berfokus pada ekonomi dan melupakan aspek sosial.William Ogburn mendefinisikan ketimpangan sosial sebagai perubahan sosial yang melibatkan unsur-unsur dalam masyarakat yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainMax Weber: Kesenjangan sosial adalah perbedaan kesenjangan masing-masing individu yang diekspresikan dalam bentuk perilaku dan tindakan.  Jonathan Haughton dan Shahidur R Khandker: Ketimpangan sosial  sebagai bentuk ketidakadilan sebagai dampak dari pembangunan.Budi Winarno: Ketimpangan sosial terjadi akibat dari adanya kegagalan dalam pembangunan pada era globalisasi yang mana untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis dari masyarakat.Abad Badruzaman: Ketimpangan sosial adalah ketidakseimbangan dalam masyarakat sehingga menjadikan suatu perbedaan demikian mencolok, di mana orang kaya mengambil posisi yang lebih tinggi dan lebih kuat daripada orang miskin.Soerjono Soekanto: Ketimpangan  sosial adalah ketidaksesuaian antara unsur budaya atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.Karl Marx: Ketimpangan sosial  adalah pembedaan kelas sosial berdasarkan kepemilikan alat produksi.Roichatul Aswidah: Ketimpangan  sosial adalah  dampak residual dari dari pertumbuhan ekonomi.< p>

Pelajari lebih lanjutMateri tentang yang dimaksud ketimpangan sosial brainly.co.id/tugas/3889061  Materi tentang bentuk – bentuk ketimpangan sosial brainly.co.id/tugas/18354018Materi tentang arti dari ketimpangan sosial brainly.co.id/tugas/7702906

————————————————–

Detail tambahan

Kelas : 10

Mapel : Sosiologi

Bab : Sosiologi dalam kehidupan

Kode : 10.20.1

#AyoBelajar

10. pengertian ketimpangan sosial

Ketimpangan sosial adalah kondisi dimana anggota masyarakat memiliki jumlah yang berbeda dari kekuatan/kekuasaan yang ada

Semoga membantu

11. 1. Tuliskan pengertian komunitas! 2.Apa yang dimaksud dengan ketimpangan sosial! 3. Apa dampak ketimpangan sosial!

Jawaban:

*berdasarkan kearifan lokal –> contoh: budaya gotong royong dalam membangun rumah.

*berdasarkan kelestarian lingkungan –> menjaga kebersihan lingkungan secara bersama sehingga semua warga terjamin kesehatannya.

*berdasarkan pembangunan berkelanjutan –> menjaga sumber daya tetap tersedia untuk generasi mendatang.

Penjelasan:

Jawaban:

-Gotong royong

-menjaga kebersihan lingkungan

-menjaga kedamaian

Penjelasan:

Maaf Kalau Salah

12. tuliskan 3 pengertian ketimpangan sosial​

JAWAB: KETIMPANGAN SOSIAL ADALAH PEMBEDAAN KELAS SOSIAL AKIBAT ADANYA KETIDAK SEIMBANGAN DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

DAMPAK DARI KETIMPANGAN SOSIAL ADALAH KEMISKINAN, PENGANGGURAN, DLL

SEMOGA MEMBANTU

JADIKAN JAWABAN TERBAIK YAAA

SEKIAN TERIMA KASIH

13. 6 pengertian ketimpangan sosial menurut para ahli

Penjelasan:

Pengertian Ketimpangan Sosial, Bentuk, Penyebab, Dampak Akibat dan Cara Mengatasi Ketimpangan Sosial Lengkap – Ketimpangan sosial adalah suatu keadaan dimana terdapat kondisi yang tidak seimbang dalam masyarakat yang disebabkan karena adanya perbedaan dalam masyarakat atau bisa juga karena adanya perbedaan memanfaatkan sumber daya.

Ketimpangan sosial juga bisa diartikan sebagai bentuk ketidakadilan baik dalam status dan juga kedudukan dalam masyarakat.

Pengertian ketimpangan sosial adalah bentuk ketidakadilan atau perbedaan sosial dan stratifikasi sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

Daftar Isi [hide]

1 Pengertian Ketimpangan Sosial Menurut Para Ahli

1.1 Andrinof A Chaniago

1.2 Budi Winarno

1.3 Jonathan Haughton dan Shahidur R Khandker

1.4 Roichatul Aswidah

1.5 Naido dan Wills

2 Bentuk-Bentuk Ketimpangan Sosial

3 Faktor Penyebab Ketimpangan Sosial

4 Dampak dan Akibat Ketimpangan Sosial

5 Cara Mengatasi Ketimpangan Sosial

14. ^”pengertian ketimpangan sosial

Ketimpangan sosial adalah adanya suatu klasifikasi atau kelas dalam lingkungan masyarakat sebagai akibat adanya ketidakseimbangan kehidupan dalam lingkungan sosial

Pembahasan

Sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang memiliki objek kajian berupa masyarakat dan memiliki fokus pembahasan berupa kehidupan sosial dan gejala – gejala sosial yang terjadi disekitar lingkungan masyarakat. Suatu ilmu sosiologi memiliki ciri – ciri diantaranya :

Kumulatif, teori sosiologi yang kita ketahui kini merupakan hasil pengembangan dari teori sosiologi yang sudah ada sebelumnya.Bersifat non etis, suatu ilmu sosiologi berusaha untuk mengungkapkan terjadinya suatu fenomena sosial yang terjadi disekitar lingkungan masyarakatEmpiris, sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang dapat bermula dari hasil suatu penelitian atau observasiTeoritis, sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang bersifat abstrak yang disusun berdasarkan hasil pengamatan empiris

Adapun sifat dan hakikat ilmu sosiologi antara lains sebagai berikut :

Sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan Sosiologi merupakan suatu ilmu sosialSosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang bersifat abstrakSosiologi merupakan suatu ilmu yang rasionalSosiologi merupakan suatu ilmu yang murniSosiologi merupakan suatu ilmu yang katagorisSosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang dapat menghasilkan suatu pengertian – pengertian baru

Pelajari lebih lanjut

1. Pengertian sosiologi brainly.co.id/tugas/3387945

2. Contoh sosiologi brainly.co.id/tugas/363693

3. Contoh sosiologi statis brainly.co.id/tugas/11960555

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : Sosiologi

Bab : Sosiologi dalam kehidupan

Kode : 10.20.1

Kata kunci : Sosiologi

15. kesimpulan pengertian ketimpangan sosial

Ketidakseimbangan unsur unsur sosial

Ketimpangan sosial merupakan akibat dari kegagalan   pembangunan di era globalisasi untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis warga masyarakat.

17. pengertian ketimpangan sosial dalam bidang pendidikan

Ketimpangan sosial adalah sebuah kondisi yang ada di tengah masyarakat yang menunjukkan adanya ketidakseimbangan akibat adanya perbedaan aspek-aspek yang ada di masyarakat, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun budaya.

SEMOGA MEMBANTU 🙂

18. pengertian ketimpangan sosial menurut naidoo dan warmick booth

Pengertian ketimpangan sosial menurut naidoo dan warmick booth adalah adanya suatu perbedaan yang terdapat di lingkungan masyarakat baik berupa perbedaan sumber daya, kekuasaan, dan status sosial

Pembahasan

Sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang memiliki objek kajian berupa masyarakat dan memiliki fokus pembahasan berupa kehidupan sosial dan gejala – gejala sosial yang terjadi disekitar lingkungan masyarakat. Suatu ilmu sosiologi memiliki ciri – ciri diantaranya :

Kumulatif, teori sosiologi yang kita ketahui kini merupakan hasil pengembangan dari teori sosiologi yang sudah ada sebelumnyaBersifat non etis, suatu ilmu sosiologi berusaha untuk mengungkap suatu fakta terhadap fenomena sosial yang terjadi disekitar lingkungan masyarakatEmpiris, suatu ilmu sosiologi dapat bermula dari hasil suatu penelitian atau observasiTeoritis, suatu ilmu sosiologi merupakan suatu ilmu yang bersifat abstrak yang disusun berdasarkan hasil pengamatan empiris

Adapun sifat dan hakikat suatu ilmu sosiologi antara lain :

Sosiologi merupakan suatu ilmu yang rasionalSosiologi merupakan suatu ilmu yang dapat menghasilkan suatu pengertian – pengertian baruSosiologi merupakan suatu ilmu yang murniSosiologi merupakan suatu ilmu yang bersifat abstrakSosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuanSosiologi merupakan suatu ilmu sosialSosiologi merupakan suatu ilmu yang katagoris

Pelajari lebih lanjut

1. Pengertian sosiologi brainly.co.id/tugas/3387945

2. Contoh sosiologi brainl
y.co.id/tugas/363693

3. Contoh sosiologi statis brainly.co.id/tugas/11960555

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : Sosiologi

Bab : Sosiologi dalam kehidupan

Kode : 10.20.1

Kata kunci : Sosiologi

19. apa pengertian dari ketimpangan sosial

ketimpangan sosial merupakan suatu kondisi dimana anggota masyarakat mempunyai jumlah yg berbeda dr kekuatan/kekuasaannya.. 🙂

20. Sebutkan 10 pengertian ketimpangan sosial baik dari ahli ataupun menurut pendapat sendiriMohon bantuannya ya​

Jawaban:

pengertian ketimpangan sosial adalah dimana banyak sekali masalah masalah yg ada di lingkungan

Video Terkait

Bagikan: