Apa Perbedaan Antara Wilayah Dan Daerah Jelaskan

Fatih.co.id

Apa Perbedaan Antara Wilayah Dan Daerah Jelaskan
Apa Perbedaan Antara Wilayah Dan Daerah Jelaskan

Jelaskan perbedaan antara wilayah dan daerah !

Daftar Isi

1. Jelaskan perbedaan antara wilayah dan daerah !

Jawaban:

daerah adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat. wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan.

Jawaban:

daerah adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat. wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan.


Penjelasan
:

Daerah

Daerah, dalam konteks pembagian administratif di Indonesia, adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat.

Daerah terdiri atas Provinsi, Kabupaten, atau Kota. Sedangkan kecamatan, desa, dan kelurahan tidaklah dianggap sebagai suatu Daerah (daerah otonom). Daerah dipimpin oleh Kepala Daerah (gubernur/bupati/wali kota), dan memiliki Pemerintahan Daerah serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Di Malaysia, “daerah” adalah bagian dari negeri (negara bagian), kecuali di Malaysia Timur (Sabah dan Sarawak) di mana “daerah” adalah bagian dari “bahagian” (divisi), yang sendirinya merupakan bagian dari negeri.

Di negara lain, daerah adalah istilah yang dipakai sejumlah negara untuk istilah bagi wilayah administrasinya seperti región yang digunakan di Chili.

Negara-negara berikut ini menggunakan istilah “region” sebagai sebuah tingkat wilayah administrasinya:

Belgia (dalam bahasa Prancis, région; dalam bahasa Jerman, Region; dalam bahasa Belanda gewest yang sering diterjemahkan sebagai “region”)

Chad (région, mulai 2002)

Chili (región)

Kongo (région)

Pantai Gading (région)

Denmark (mulai 2007)

Inggris

Eritrea

Prancis (région)

Ghana

Guinea (région)

Guinea-Bissau (região)

Guyana

Hongaria (régió)

Italia (regione)

Daftar region di Madagaskar (région)

Mali (région)

Namibia

Selandia Baru

Peru (región)

Filipina (region)

Senegal (région)

Tanzania

Togo (région)

Trinidad dan Tobago (Regional Corporation)

Wilayah

Wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan. Pada masa lampau, sering kali sebuah wilayah dikelilingi oleh batas-batas kondisi fisik alam, misalnya sungai, gunung, atau laut. Sedangkan setelah masa kolonialisme, batas-batas tersebut dibuat oleh negara yang menduduki daerah tersebut, dan berikutnya dengan adanya negara bangsa, istilah yang lebih umum digunakan adalah batas nasional.

2. perbedaan antara wilayah dengan daerah jelaskan

wilayah itu bsa menjadi kekuasaan kalo dqerah juga bisa sih
mohon di koreksi terimakasih1. Wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan.
2. Daerah, dalam konteks pembagian administratif di Indonesia, adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat.

3. perbedaan antara wilayah dan daerah Jelaskan​

Penjelasan:

daerah adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat.

wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan.

Semoga membantu

4. jelaskan mengapa berakhirnya zaman pra aksara berbeda-beda untuk tiap daerah /wilayah !​

Jawaban:

karna setiap daerah memiliki perbedaan

Jawaban:

Alasannya:

Zaman ini berlangsung sangat lama dan berakhir ketika manusia menciptakan sistem tulis menulis. Waktu berakhirnya masa ini berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lain. Ini karena setiap peradaban memiliki waktu yang berbeda dalam penciptaan atau adopsi sistem tulis menulis.

Penjelasan:

Semoga membantu!

5. Jelaskan perbedaan kondisi iklim di daerah tropis dengan kondisi iklim wilayah daerah sedang

Jawaban:

iklim daerah tropis berubah ubah, iklim daerah sedang tidak

Penjelasan:

tergantung kondisi daerahnya

6. jelaskan mengapa permasalahan ekonomi tiap wilayah /daerah berbeda-beda ?​

Jawaban:

Dikarenakan SDA di setiap daerah berbeda iklimnya pun juga berbeda hal ini sangat berpengaruh pada bidang ekonomi serta pemajuanya.Jadi ekonomi yang menjadi tolak ukur majunya daerah tersebut tergantung dari manusianya yang bisa atau tidak memelihara daerahnya

Penjelasan:

semoga membantu dan maaf jika salah

7. 3.apa bedanya wilayah den daerah. jelaskan !

Jawaban:

Perbedaan antara wilayah, daerah dan kawasan adalah pada aspek geografis, administratif dan fungsional. Wilayah, meskipun pengertiannya lebih umum, lebih menyangkut aspek geografis, daerah lebih menyangkut aspek administrasi, dan kawasan lebih menyangkut aspek fungsional.

Penjelasan:

semoga membantu

8. jelaskan perbedaan antara ruang, lokasi, daerah, wilayah, dan kawasan!

Ruang, Lokasi, Wilayah, Daerah dan Kawasan adalah istilah-istilah yang sering dijumpa dalam Ilmu Geografi terkait materi Wilayah & Perwilayahan. Semua istilah tersebut masing-masing memiliki makna tersendiri meski sama-sama menunjuk pada sebuah tempat di permukaan bumi. Untuk memahami perbedaannya, silahkan simak definisinya masing-masing sebagai berikut:

RUANG, adalah area yang terdapat pada permukaan bumi meliputi daratan dan perairan. Ruang dalam geografi dikenal juga dengan istilah Space.

LOKASI atau Location, adalah suatu posisi relatif dan absolut pada ruang permukaan bumi.

WILAYAH, diartikan sebagai suatu daerah atau area yang memiliki homogenitas atau persamaan baik itu yang sifatnya formal atau fungsional. Istilah lain dari wilayah ini adalah Region.

KAWASAN, diartikan sebagai suatu bagian dari wilayah atau region yang difungsikan untuk hal tertentu, misalnya pada wilayah perkotaan dijumpai adanya kawasan industri, kawasan pemukiman, kawasan perniagaan, kawasan perkantoran dan lain lain.

DAERAH, disebut juga dengan area atau pun geomer, yakni bagian dari muka bumi yang dijadikan sebagai objek analisis yang kemudian dibikinkan perwilayahannya dengan berdasar pada sejumlah persyaratan tertentu.

Untuk lebih memahami materi ini, silahkan simak penjelasan lebih lanjut pada tautan berikut:

Pengertian daerah dalam geografi brainly.co.id/tugas/2015536

Perbedaan lokasi dan tempat brainly.co.id/tugas/384094

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Kode Soal   : –

Kelas           : XII (3 SMA)

Pelajaran     : Geografi

Kategori      : Konsep Wilayah & Perwilayahan

Kata Kunci  : Ruang, Lokasi, Daerah, Kawasan

9. Jelaskan apa yang membedakan antara kons
ep wilayah dan konsep daerah

WILAYAH, diartikan sebagai suatu daerah atau area yang memiliki homogenitas atau persamaan baik itu yang sifatnya formal atau fungsional. Istilah lain dari wilayah ini adalah Region.

DAERAH, disebut juga dengan area atau pun geomer, yakni bagian dari muka bumi yang dijadikan sebagai objek analisis yang kemudian dibikinkan perwilayahannya dengan berdasar pada sejumlah persyaratan tertentu.

10. Awalnya daerah peralihan juga dimasukkan ke dalamwilayah Australis, Mengapa demikian? Jelaskan pula alasan kenapa daerah peralihan kemudian dibedakan dari daerahAustralis?​

Jawaban:

Keberadaan flora dan fauna tersebut tersebar diberbagai wilayah Indonesia.

Persebaran flora dan fauna dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti iklim, tanah, bentuk muka bumi, dan faktor dari makhluk hidup lainnya.

Dalam buku Atlas Flora dan Fauna Indonesia (2001) kawasan Indonesia tercatat ditempati 2.827 jenis satwa vertebrata non ikan.

Dari jumlah tersebut 848 diantaranya merupakan endemik, yakni jenis yang hanya ada di Indonesia.

Baca juga: Flora dan Fauna Asia Tenggara

Disamping itu Indonesia juga ditumbuhi sekitar 37.000 jenis tumbuhan tinggi dari antara 155.475-183.025 tumbuhan yang ada di di dunia.

Dari jumlah tersebut sekitar 14.800-18.500 tumbuhan merupakan tumbuhan endemik Indonesia.

Indonesia merupakan negara kedua yang memiliki keanekaragaman hayati setelah Brasil.

Persebaran flora dan fauna di Indonesia

Keanekaragaman flora dan fauna tidak hanya berada di satu tempat melainkan tersebar diberbagai wilayah Indonesia.

Persebaran flora dan fauna di Indonesia dipengaruh oleh letak geografisnya. Berdasarkan wilayah dan karakteristik flora dan faunanya, dapat dibagi menjadi tiga bagian, yakni Indonesia Barat, Tengah, dan Timur.

Penjelasan:

smg membantu:)

11. jelaskan perbedaan daerah otonom dengan wilayah administrasi

Jawaban:

daerah Otonom itu mempunyai kebijakan tersendiri, kalau wilayah administrasi perwakilan yang bertugas yang sudah di tentukan oleh pusat

12. Awalnya daerah peralihan juga dimasukkan ke dalamwilayah Australis, Mengapa demikian? Jelaskan pula alasan kenapa daerah peralihan kemudian dibedakan dari daerahAustralis?​

Indonesia adalah negara yang kaya. Menempati wilayah Lingkaran Api ( Ring of Fire ), tanah vulkanik yang mengandung mineral dan zat hara yang tinggi membuat tanaman-tanaman di negeri ini dapat tumbuh dengan subur. Tersedianya makanan yang melimpah dari tumbuh-tumbuhan turut melestarikan satwa-satwa liar di dalam ekosistem. Karena itu, persebaran flora dan fauna di Indonesia sangat beragam.

Tapi, apa itu flora dan fauna?

Flora adalah seluruh jenis tumbuhan tumbuh-tumbuhan di habitat atau daerah tertentu. Sementara itu, fauna merupakan seluruh hewan-hewan yang dapat wilayah tertentu. Bukan berita baru kalau Indonesia memiliki flora dan fauna yang sangat variatif. Tidak sedikit pula tumbuhan maupun satwa endemik yang hanya ditemukan di Indonesia.

Secara umum, persebaran flora dan fauna di Indonesia dipengaruh oleh letak geografisnya. Berdasarkan wilayah dan perbatasan, flora dan faunanya, kita dapat membagi Indonesia menjadi tiga, yaitu Indonesia Barat, Tengah, dan Timur. Ketiga bagian ini merupakan bagian dari garis Wallace dan garis Weber: garis Wallace di dalam bagian Indonesia bagian barat dan tengah, sedangkan garis Weber di Indonesia tengah dan timur.

Kalau begitu, apa yang membedakan flora dan fauna di ketiga bagian tersebut? Yuk kita simak pembahasannya di sini.

Indonesia Bagian Barat (Asiatis)

Flora dan fauna yang terdapat di wilayah Indonesia bagian barat disebut juga sebagai tipe Asiatis. Wilayah barat termasuk Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Hal ini disebabkan karena tumbuhan dan satwanya hampir sama dengan yang ditemukan di benua Asia pada umumnya.

Untuk flora, jenis-jenis yang ditemukan di wilayah barat ini sifatnya heterogen, seperti tanaman lumut, paku, jamur, meranti, mahoni, dan damar. Hal ini karena iklim hujan tropis dengan curah hujan yang tinggi.

Jenis hutan yang terdapat di bagian barat termasuk hutan hujan tropis, hutan musim, hutan sabana tropis, dan hutan bakau di pesisir pantai. Salah satu flora endemik Indonesia yang berada di wilayah barat adalah bunga bangkai Bengkulu atau Raflesia Arnoldi.

(Baca juga: Sistem Reproduksi Aseksual pada Tumbuhan )

Untuk fauna, jenis-jenis yang ditemukan di sini di antaranya adalah mamalia, mamalia, burung, dan ikan. Ada banyak fauna endemik Indonesia yang terdapat di bagian barat, seperti badak bercula satu, tapir, harimau Sumatera, orangutan, dan pesut Mahakam.

Indonesia Bagian Tengah (Peralihan)

Flora dan fauna yang ditemukan di bagian tengah Indonesia disebut sebagai tipe peralihan. Wilayah Indonesia yang termasuk ke bagian tengah adalah Pulau Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara.

Iklim Indonesia bagian tengah memiliki kelembapan udara dan curah hujan yang rendah. Karena itu, flora yang ditemukan di wilayah ini didominasi oleh rempah-rempah seperti pala, cengkeh, cendana, eboni, dan anggrek.

Di sisi fauna, banyak pula terdapat hewan endemik Indonesia yang berada di bagian tengah Indonesia, di antaranya adalah komodo, anoa, babi rusa, dan burung maleo.

Indonesia Bagian Timur (Australis)

Wilayah Indonesia yang mencakup Pulau Papua, Maluku, dan sekitarnya termasuk ke dalam bagian timur dan disebut juga sebagai tipe Australis. Hal ini disebabkan oleh fakta flora dan faunanya yang berhubungan dengan flora dan fauna di benua Australia.

Bagian timur didominasi oleh hutan hujan tropis dan hutan pegunungan. Flora yang dapat ditemukan di antaranya adalah pohon sagu dan nipah. Ada pula pohon rasamala, tanaman eucalyptus , dan matoa.

Sementara itu, fauna endemik yang terdapat di Indonesia bagian timur di antaranya adalah burung cenderawasih, kasuari, nuri sayap hitam, dan kangguru pohon.

Jawaban:

sementara itu fauna endemik yg terdapat di indonesia bagian timur

Penjelasan:

maaf kalau jawabanya hanya sedikit doang

13. jelaskan perbedaan antara ruang, lokasi, daerah, wilayah, dan kawasan!

kalau ruang tertentu (sempit),kalau lokasi tertentu,kalau wilayah posisi atau letaknya,DAN kalau kawasan luas

14. Awalnya daerah peralihan juga dimasukkan ke dalamwilayah Australis, Mengapa demikian? Jelaskan pula alasan kenapa daerah peralihan kemudian dibedakan dari daerahAustralis?​

Jawaban:

Penjelasan:

15. jelaskan perbedaan dan persamaan karya tradisi di daerah/ wilayah nusantara??

persamaanya kebanyakan b
ertujuan untuk keperluan sesembahan atau upacara adat atau menghormati roh nenek moyang
perbedaannya mungkin dilakukan dengan cara yang berbeda di setiap daerah atau wilayah nusantara.

16. Jelaskan perbedaan antara ruang lokasi daerah wilayah dan kawasan

Jawaban:

Ruang merupakan suatu wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang dalam bumi sebagai kesatuan wilayah tempat manusia dan makhluk hidup lainnya menetap untuk kelangsungan hidupnya. sedangkan Kawasan adalah daerah yang memiliki ciri khas tertentu atau berdasarkan pengelompokan fungsional kegiatan tertentu, seperti kawasan industri, kawasan perdagangan, dan kawasan rekreasi.

17. Jelaskan persamaan dan perbedaan ruang lokasi wilayah daerah dan kawasan​

Jawaban:

Ruang, Lokasi, Wilayah, Daerah dan Kawasan adalah istilah-istilah yang sering dijumpa dalam Ilmu Geografi terkait materi Wilayah & Perwilayahan. Semua istilah tersebut masing-masing memiliki makna tersendiri meski sama-sama menunjuk pada sebuah tempat di permukaan bumi. Untuk memahami perbedaannya, silahkan simak definisinya masing-masing sebagai berikut:

RUANG, adalah area yang terdapat pada permukaan bumi meliputi daratan dan perairan. Ruang dalam geografi dikenal juga dengan istilah Space.

LOKASI atau Location, adalah suatu posisi relatif dan absolut pada ruang permukaan bumi.

WILAYAH, diartikan sebagai suatu daerah atau area yang memiliki homogenitas atau persamaan baik itu yang sifatnya formal atau fungsional. Istilah lain dari wilayah ini adalah Region.

KAWASAN, diartikan sebagai suatu bagian dari wilayah atau region yang difungsikan untuk hal tertentu, misalnya pada wilayah perkotaan dijumpai adanya kawasan industri, kawasan pemukiman, kawasan perniagaan, kawasan perkantoran dan lain lain.

DAERAH, disebut juga dengan area atau pun geomer, yakni bagian dari muka bumi yang dijadikan sebagai objek analisis yang kemudian dibikinkan perwilayahannya dengan berdasar pada sejumlah persyaratan tertentu.

Untuk lebih memahami materi ini, silahkan simak penjelasan lebih lanjut pada tautan berikut:

Penjelasan:

jangan lupa ditandai ya

18. jelaskan perbedaan antara lokasi,daerah,wilayah dan kawasan?​

Jawaban:

1.Lokasi adalah letak atau tempat dimana fenomena geografi terjadi.

2.Daerah adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat.

3.Wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan.

4.kawasan adalah daerah yang memiliki ciri khas tertentu atau berdasarkan pengelompokan fungsional kegiatan tertentu.

Penjelasan:

semoga bermanfaat

19. Jelaskan perbedaan antara ruang, lokasi, daerah, wilayah, dan kawasan beserta contohnya

Jawaban:

Ruang merupakan suatu wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang dalam bumi sebagai kesatuan wilayah tempat manusia dan makhluk hidup lainnya menetap untuk kelangsungan hidupnya.

Lokasi merupakan tempat terjadinya suatu peristiwa.

Daerah merupakan suatu wilayah sebagai teritorial yang ditentukan atas pengertian, batasan, dan wewenang administratif yang didasarkan perundangan.

Wilayah merupakan bagian dari permukaan bumi yang teritorialnya dibedakan dengan daerah lain berdasarkan karakteristik tertentu

Kawasan merupakan suatu wilayah yang teritorialnya didasarkan pada pengertian dan batasan fungsi tertentu

20. Suatu daerah/ wilayah memiliki potensi yang berbeda beda. Jelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi

Jawaban:

Suatu daerah atau wilayah memiliki potensi yang berbeda – beda. Hal tersebut dikarenakan adanya kondisi geografis yang berbeda pada setiap wilayah. Kondisi geografis dapat mempengaruhi potensi wilayah, diantaranya adalah kondisi topografis, iklim, jenis tanah, letak geografis, dan letak astronomis.

Penjelasan:

Potensi wilayah merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh suatu wilayah yang dapat berupa sumber daya yang dapat dieksploitasi dan dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Potensi wilayah terdiri dari potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, potensi pariwisata, dan potensi sarana prasarana wilayah. Potensi wilayah tersebut dipengaruhi oleh kondisi geografis.

Pelajari lebih lanjut tentang materi dampak positif dan negatif dari pemanfaatan potensi wilayah, pada https://brainly.co.id/tugas/23240232

#BelajarBersamaBrainly

Video Terkait

Bagikan: