Apa Saja Tema Yang Mendasari Karya Seni Rupa

Fatih.co.id

Apa Saja Tema Yang Mendasari Karya Seni Rupa
Apa Saja Tema Yang Mendasari Karya Seni Rupa

Karya seni rupa berdasarkan temanya

Daftar Isi

1. Karya seni rupa berdasarkan temanya

lukisan,batik kalo nggak salah

2. apa saja tema yg mendasari karya seni rupa

itu jawaban nya dari saya …semoga membantu ya..

3. berdasarkan tema, perbedaan karya seni rupa terletak pada

corakk, gambar Dan caramembuatnya

4. Amatilah Karya seni rupa dibawah ini kemudian tuliskan Deskripsinya berdasarkan jenis,tema,fungsi,nilai estetisnya​

Jawaban:

seekor rusa berasal amerika serikat rusa merupakan rusa yaitu pertama kali dihutan amerika

Penjelasan:

semoga benar⭐⭐⭐⭐⭐⭐⭐‍♂️

5. Menganalisis karya seni rupa berdasarkan jenis,fungsi,tema,dan tokoh dalam bentuk lisan dan tulisan​

Jawaban:

A. Jenis Pengklasifikasian seni rupa dapat dibuat berdasarkan jenisnya, kita mengenal (1) seni rupa murni seperti lukisan, patung dan grafis, (2) Seni Rupa terapan seperti desain dan kriya. Sedangkan dari segi bentuk dapat dibedakan menjadi tiga kategori; (1) seni rupa dua dimensi, (2) seni rupa tiga dimensi, (3) seni rupa multi dimensi seperti seni rupa pertunjukan (performance art), environment art, happening art, video art, dan banyak lagi, termasuk seniseni yang dikategorikan menggunakan media baru. B. Tema Masalah pokok atau tema dikenal sebagai subject matter seni. Misalnya tema dapat bersumber dari realitas eksternal Realitas internal seperti harapan, cita-cita, emosi, nalar, intuisi, gairah, khayal, kepribadian seorang perupa ruang diekspresikan melalui karya seni. Sedangkan realitas eksternal adalah ekspresi interaksi perupa dengan kepercayaan (tema religius: lihat gambar 1.1 halaman 1), kemiskinan, ketidak-adilan, nasionalisme, politik (tema sosial), hubungan perupa dengan alam (tema lingkungan) dan lain sebagainya. C. Fungsi Fungsi seni bagi perupa murni adalah media ekspresi, sementara bagi apresiator adalah sarana untuk mendapatkan pengalaman estetis. Fungsi seni bagi perupa terapan adalah menciptakan benda fungsional yang estetis. Sedangkan bagi masyarakat Berfungsi memenuhi kebutuhan benda fungsional yang indah. D. Nilai Estetis Nilai estetis secara teoretis dibedakan menjadi (1) objektif / intrinsik dan (2) subjektif / ekstrinsik. Nilai objektif khusus mengkaji gejala visual karya seni. Aktivitas ini mendasarkan kriteria ekselensi seni pada kualitas integratif tatanan formal karya seni yang mengutamakan relasi antar unsur visual yang terjalin padu dalam sebuah karya seni (pendekatan formalis).

Penjelasan:

#semoga membantu Anda#

6. membandingkan jenis karya seni rupa 3d berdasarkan tema dan fungsi​

1. PERBANDINGAN KARYA SENI GUCI

batik> salah satu cara pembuatan pakaian, sedangkan guci 3D terbuat dari tanah liat yang memerlukan proses pembuatan yang sangat panjan.

Penjelasan:

maaf kalau salah, °_°

7. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang menganalisis karya seni rupa berdasarkan fungsi tema dan tokoh

tokoh berfungsi sebagai pemaran

8. jelaskan yang dimaksud evaluasi karya seni rupa berdasarkan tema, jenis, fungsi dan estetisnya​

Jawaban:

Jelaskan yang dimaksud dengan evaluasi karya seni rupa berdasarkan temanya

9. membandingkan Jenis karya Seni rupa 3 D berdasarkan tema dan fungsinya

1 PERBANDINGAN KARYA SENI GUCI

batik> salah satu cara pembuatan bahan pakaian, sedangkan guci merupakan 3 D dan trbuat dari tanah liat yg memerlukan proses pembuata n sangat panjang.

10. membandingkan jenis karya seni rupa 3 dimensi berdasarkan tema dan fungsinya

Jawaban:

tema

eksplesit  dan impisit

fungsi nya

1.applied art(terapan) pure art(ekspresi atau hias)

Penjelasan:

11. sebutkan 5 karya seni rupa berdasarkan judul,nama seniman,jenis karya,objek,tema, unsur seni yang menonjol,bahan /media,teknik,

Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi, Pengertian, Cabang, Unsur, Objek, Media dan Bahan Seni Rupa Dua Dimensi

Halo sobat.. Artikel Pandai pada kesempatan kali ini akan membahas pelajaran seni budaya “Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi”. Dalam pembahasan ini kita diharuskan memahami konsep, prinsip, bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa, memahami karya seni rupa berdasarkan jenis, tema, dan nilai estetisnya, membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai media dan teknik dengan melihat model.

Pengertian dan Cabang Seni Rupa

      Seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang biasa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua, yaitu karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar, atau karya yang hanya dapat dilihat dari satu arah pandang. Contoh karya seni rupa dua dimensi antara lain seni lukis, seni grafis, seni ilustrasi, relief, dan sebagainya. Adapun karya seni rupa tiga dimensi yaitu karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi, atau karya yang memiliki volume dan menempati ruang.

    Seni rupa dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

1. Cabang Seni Berdasarkan Penciptaannya

a. Seni Rakyat (Flok Art)
     Karya seni ini timbul dan berkembang pada suatu masyarakat yang tidak diketahui penciptanya. Karya seni ini dapat berupa seni pakai ataupun seni tradisional, alat-alat upacara ataupun karya seni kriya.

b. Seni Murni (Fine Art)
    Suatu cabang seni yang penciptaannya bukan untuk memenuhi kebutuhan praktis atau seni guna, melainkan hanya untuk kebutuhan batin. Pembuatannya hanya bertujuan memenuhi rasa keindahan dan kebutuhan ekspresi seniman.

c. Seni Terapan (Applied Art)
    Karya seni ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga disebut seni pakai atau terapan. Seni terapan adalah seni yanag ada gunanya terhadap keperluan sehari-hari pada masyarakat. Contoh : seni kriya, seni ilustrasi, seni bangunan, seni interior atau eksterior, dan sebagainya.

2. Cabang Seni Rupa Menurut Bentuk/Wujud/Dimensi

a. Seni Rupa Dua Dimensi (Dwimatra)
     Dimensi adalah ukuran yang meliputi panjang, lebar, dan tinggi atau volume. Seni rupa dua dimensi adalah cabang seni rupa yang mempunyai ukuran panjang dan lebar yang berupa bidang datar dan hanya dapat dinikmati dan dihayati dari depan. Contoh : seni lukis, seni ilustrasi, seni dekorasi, seni mosaik, seni reklame, seni foto, seni poster, seni gambar, seni grafis, dan lain-lain.

b. Seni Rupa Tiga Dimensi (Trimatra)
    Seni rupa tiga dimensi adalah suatu karya seni yang mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tebal, ada tonjolan, lekukan, dan sebagainya. COntoh :patung, seni bangunan, seni interior, dan seni eksterior.

Unsur dan Objek Karya Seni Rupa Dua Dimensi

     Unsur-unsur seni rupa ada yang berbentuk fisik dan nonfisik. Unsur fisik dapat secara langsung dilihat atau diraba, sedangkan unsur nonfisik berupa prinsip atau kaidah umum yang digunakan untuk menempatkan unsur-unsur fisik karya seni.
    Dalam karya seni rupa terdiri dari beberapa unsur rupa sebagai berikut.

1. Garis (Line)

     Garis merup
akan hubungan dua buah titik atau jejjak titik-titik yang bersambungan atau berdempetan. Bentuk garis ada tiga macam, yaitu garis lurus, garis lengkung, dan garis patah-patah.

2. Raut (Bidang Bentuk)

    Raut merupakan tampak, potongan, atau wujud dari suatu objek. Bidang digunakan  menunjukan wujud benda yang cenderung pipih atau datar, sedangkan bangun atau bentuk lebih menunjukan kepada wujud benda yang mempunyai volume (massa).

3. Ruang

    Unsur ruang karya seni rupa dua dimensi menunjukan kesan dimensi dari objek yang  terdapat pada karya seni rupa tersebut. Kesan ruang dapat dihadirkan dalam karya dan pengolahan unsur-unsur kerupaan lainnya, seperti intensitas warna, gelap terang, dan lain-lain.

4. Tekstur

     Tekstur adalah sifat atau kualitas nilai raba dari suatu permukaan. Oleh karena itu, tekstur bisa halus, licin, kasar, berkerut, dan sebagainya. Ada dua macam tekstur yaitu tekstur nyata dan tekstur semu. Pada tekstur semu kesan yang ditangkap oleh mata tidak sama dengan kesan yang ditangkap oleh perabaan atau hanya dapat dirasakan secara imajinatif. Tekstur dapat dihasilkan dengan berbagai cara, misalnya dengan guratan-guratan, sapuan kuas, garis-garis, atau dengan hasil reproduksi dari  alam, misalnya kayu, batu pasir, dan sebagainya.

5. Warna

    dalam seni lukis, warna merupakan unsur yang sangat pokok sebagai media ungkapan seniman. Warna dapat memberikan nuansa bagi terciptanya karya seni karena dengan warna dapat ditampilkan karya seni rupa yang menarik dan menyenangkan. Melalui berbagai kajian dan eksperimen, jenis warna diklasifikasikan ke dalam jenis warna primer, warna sekunder, dan warna tersier.

12. Bandingkan jenis karya seni rupa tiga dimensi berdasarkan tema dan fungsinya?​

Jawaban:

PERBANDINGAN KARYA SENI GUCI

batik> salah satu cara pembuatan bahan pakaian, sedangkan guci merupakan 3 D dan trbuat dari tanah liat yg memerlukan proses pembuata n sangat panjang.

Penjelasan:

13. identifikasikan jenis karya seni rupa tiga dimensi berdasarkan tema dan fungsi nya​

Jawaban:

Memiliki Panjang, lebar, tinggi, dan Volume

14. Karya seni rupa berdasarkan tema, fungsi,dan nilai estetis

a) tema
seni rupa 2 dimensi
b) fungsinya
Seni rupa merupakan hasil intreprestasi dan tanggapan pengalaman manusia dalam bentuk visual dan rabaan. Seni rupa adlah seni yang cara pengungkapannya diwujudkan dalam bentuk rupa, yang meliputi unsur garis, warna, bidang, tekstur, gelap terang, dan titik
c) nilai elastisnya
Nilai Estetik sendiri mempunyai arti nilai dari suatu keindahan yang kita rasakan setelah kita rasakan maka kita pun akan menilai seberapa indah objek tersebut. Nilai Estetik sangat dibutuhkan agar para seniman dapat menyajikan keindahan ketika mereka menampilkan dan menyajikan kepada para penikmat

15. apa yang dimaksud seni rupa tradisional dan seni rupa modern?sebutkan onsep dasar pemikirannya dan tema karyanya masing masing!

seni rupa tradisional yaitu segala hal yang berkaitan dengan nilai-nilai suatu komunitas masyarakat tertentu dan dijaga secara turun temurun kemurniannya dan keutuhannyajawban azka95 benar. seni rupa tradisional masih berkitan dgn budaya daerah sekitar yg turun temurun sedangkan seni rupa modern sudah banyak diubah dan dimodifikasi

16. Tuliskan jenis karya seni rupa 3 dimensi berdasarkan tema dan fungsinya​

Jawaban:

Patung relief

Penjelasan:

Ptung bisa dilihat dari berbagai perspektif itu yang dinamakan 3dimensi

17. Pada sebuah pameran seni rupa, karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi masing-masing dikelompokkan dan ditempatkan pada area yang berbeda. Komposisi penataankarya seni rupa tersebut dilakukan berdasarkan….A. Fungsi karyaB. Nilai jualC. Tema karyaD. Wujud karyaE. Waktu penciptaan​

Jawaban:

D.wujud karya

Penjelasan:

maaf bila salah

18. Membandingkan jenis karya seni rupa 3d berdasarkan tema dan fungsinya

Membandingkan jenis karya seni rupa 3d berdasarkan tema dan fungsinya

Jawaban:

batik adalah salah satu cara pembuatan pakaian, sedangkan guci 3D terbuat dari tanah liat yang memerlukan proses pembuatan yang sangat panjang.

Penjelasan:

Karya seni rupa tiga dimensi ada yang  berfungsi sebagai benda pakai yang biasa disebut karya seni terapan (applied  art) dan ada yang dibuat dengan tujuan ekspresi semata yang biasa disebut  seni murni (pure art)

Karya seni rupa dapat di bedakan atau dikategorikan berdasarkan  temanya. Tema tidak selalu tampak secara kasat mata  (eksplisit) tetapi lebih sering tersirat (implisit).

Sebagai contoh, tema lingkungan misalnya, dapat diidentifikasi dengan objek-objek natural (alam) seperti flora,  fauna atau pemandangan alam yang indah, tetapi dapat juga melalui objek-objek yang berlawanan atau bertentangan dengan kaidah-kaidah keindahan  alam.

Walaupun akan tampak seperti berlawanan, tetapi pesan yang ingin  disampaikan oleh perupa atau senimannya ada dalam tema yang sama yaitu  kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

19. tuliskan membandingkan jenis karya seni rupa tiga dimensional berdasarkan tema dan fungsinya?​

Jawaban:

jenis karya 3 dimensi yaitu karya yang dapat di nikmati keindahan nya dari sisi mana pun,

lukisan ialah suatu karya yang berasal dri kertas dan kuas yang hanya bisa di nikmati keindahan nya dari satu arah saja

sedang kan patung ialah karya yang berasal dari kayu yang di ukir,juga bisa berasal dari tanah,patung bisa di nikmati keindahannya dari sisi mana pun

ada pun fungsi nya sebagai nilai moral,kesenian,dan hiburan

20. Mefentifikasi jenis karya seni rupa tiga dimensi berdasarkan temanya dan fungsinya…..

seni rupa tiga dimensi terbuat dengan anyaman contoh bola takraw,keranjang

Video Terkait

Bagikan: