Apa Yang Dimaksud Dengan Ludruk

Fatih.co.id

Apa Yang Dimaksud Dengan Ludruk
Apa Yang Dimaksud Dengan Ludruk

apakah yang dimaksud dengan ludruk

1. apakah yang dimaksud dengan ludruk

Ludruk adalah suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik.

2. apa yang dimaksud dengan ludruk

ludrukadalah drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian (kesenian drama tradisional dari jawa timur).

#sekian…

3. Apa yang dimaksud dengan istilah ludruk?

ludruk : kesenian rakyat jawa timur berbentuk sandiwara yang di pertontonkan dengan menari dan beryanyi. ludruk adalah suatu kesenian drama tradisional yang berasal dari Jawa Timur, yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian biasanya mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari.

moga membantu

4. Apa yg dimaksud dg lenong,ludruk,ketoprak,pantonim,teater

yang saya tau

ludruk yaitu karya seni pertunjukan dari jawa timur, surabaya. (berdialog)
ketoprak yaitu karya seni pertunjukan dari jawa tengah

5. apa yg dimaksud dgn ludruk​

Ludruk adalah suatu kesenian drama tradisional dari Jawa Timur. Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan s
ebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik.Dialog/monolog dalam ludruk bersifat menghibur dan membuat penontonnya tertawa, menggunakan bahasa khas Surabaya, meski kadang-kadang ada bintang tamu dari daerah lain seperti Jombang, Malang, Madura, Madiun dengan logat yang berbeda. Bahasa lugas yang digunakan pada ludruk, membuat dia mudah diserap oleh kalangan nonintelek (tukang becak, peronda, sopir angkutan umum, dan lain-lain).

maaf kalo salah

6. Apa yang dimaksud dengan ludruk dari Jawa Timur dan berikan contohnya​

Kata LUDRUK sendiri sebenarnya berasal dari Bahasa Belanda, yaitu: LEUK yang berarti bagus atau indah dan DRUK yang berarti sibuk, ramai atau padat. Pementasan LUDRUK bisanya merupakan cerita rakyat sehari-hari yang diselingi dengan lawakan bahkan kritik sosial. Di masa penjajahan, pementasan Ludruk di berbagai daerah dan pelosok dikemas dengan guyonan dan kalimat-kalimat terselubung sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dari para Pejuang kepada rakyat, atau dari satu kelompok pejuang gerilya kepada kelompok pejuang lainnya. Terkadang para pejuang gerilya bergabung dalam kelompok kesenian ludruk sehingga dapat masuk ke daerah yang masih dikuasai penjajah. Pementasan Ludruk dilakukan secara berpindah-pindah tempat, di masa lalu tidak ada wanita yang menjadi pemeran ludruk, sehingga karakter wanita-pun diperankan oleh laki-laki.

semoga membantu OwO

Ludruk adalah suatu kesenian drama tradisional dari Jawa Timur. Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik.

7. Apa yg dimaksud dgn Ludruk.??

ludruk adalah drama rakyat seperti lenong namun drama ini terdapat pada dareah jawa timur

8. maksud dari tonil dan artikan lenong,ludruk,ketoprak,dan pantomim​

Tonil

Adalah sandiwara atau perthnjukan atau teater di zaman penduduk Belanda, tepatnya di tahun tahun terakhir penjajahan Belanda, ketika muncul sebuah rombongan sandiwara bernama “Dardanela”.

Lenong

merupakan sebuah seni petunjukkan tradisional yang berasal dari masyarakat Betawi dari DKI Jakarta.

Ludruk

merupakan seni yang berasal dari JawaTimur. Seni ini biasanya mengusung cerita yang berangkat dark kehidupan sehari hari dan diiringi senda gurau.

Ketoprak

merupakan seni yang berasal dari Surakarta/Yogyakarta

Pantomim

merupakan pertunjukkan modern yang berasal dari wilayah barat dan ditampilkan tanpa menggunakan suara alias bisu dengan bantuan gerak tubuh.

Teater

merupakan seni pertunjukan yang mencakup pengertian luas dengan kata lain. Seluruh pertunjukan dapat dikategorikan sebagai seni teater.

semoga membantu!

9. apa yang dimaksud dengan ludruk Jawa tengah?

ludruk merupakan pementasan seni drama yang bersifat Tradisional yang dimainkan oleh kelompok kesenian di atas panggung. yang umumnya seluruh pemainnya adalah laki laki.Cerita dari sebuah pementasan ludruk berasal dari kehidupan masyarakat,yang sidertai dengan lawakan para pemainnya.

10. Apa yang dimaksud dengan ludruk dan berikan contohnya​

ludruk adalah kesenian guyonan asal Jawa

contoh:

ada di Jawa timur

Ciri Khas Ludruk

Pertunjukan ludruk tidak menggunakan naskah. Kekuatan ludruk berada pada improvisasi setiap lakon atau pemain.

1. Terdapat pemeran wanita yang diperankan oleh laki-laki.

2. Terdapat lantunan kidungan jula-juli, baik pada tari remo, tari bedayan, dagelan, dan cerita.

3. Iringan musik berupa gamelan berlaras slendro atau pelog.

Pertunjukan dibuka dengan Tari Ngremo.

4. Terdapat adegan Bedayan.

5. Terdapat sajian/adegan lawak/dagelan.

6. Terdapat selingan parodi.

Cerita luduk diambil dari cerita keseharian rakyat, cerita sejarah, dan merupakan ekspresi kehidupan sehari-hari.

Busana menyesuaikan cerita yang akan dipentaskan.

Bahasa disesuaikan dengan lakon yang dipentaskan, dapat berupa bahasa Jawa (ngetanan), madura, dan indonesia.

maaf kalau salah semoga membantu :3

11. jelaskan yang dimaksud dengan ludruk

kesenian daerah yg berasal dari jawa timurLudruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik.

12. apa yang dimaksud ludruk yang menjadi ke arifan

kesenian yang berasal dari jawa timur
Jadikan jawaban terbaik 🙂

13. Apa kang dimaksud kesenian jawa “LUDRUK” coba jelasno…

Jawaban:

Apa kang dimaksud kesenian jawa “LUDRUK” coba jelasno!

Ludruk yaiku kesenian jawa timur,biasane ludruk nyritakake tentang perjuangan utawa keseharian rakyat.

Maapp kalo salah oii

Jawaban:

Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan, dan sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik.

14. ludruk adalah jenis teater yang berasal dari Jawa Timur. pementasan ludruk biasanya dibuka dengan tarian Remo. ludruk termasuk teater rakyat. Mengapa ludruk dikategorikan sebagai teater rakyat? Berikan pendapat anda!​

Jawaban:

Ludruk. Hidup di daerah Jawa Timur, ceritanya merupakan kejadian sehari – hari atau mengambil tokoh – tokoh tertentu.

15. jelaskan maksud dari tonil lenong ludruk ketoprak pantomim teater

1. Tonil : Istilah Tonil atau “Toneel” sebagaimana telah disebutkan tidak lain adalah Sandiwara atau Pertunjukan atau Teater di zaman pendukung Belanda
2. lenong : Lenong adalah kesenian teater tradisional atau sandiwara rakyat Betawi yang dibawakan dalam dialek Betawi yang berasal dari Jakarta
3. ludruk : Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari
4. ketoprak : Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia menggunakan ketupat yang mudah dijumpai
5. pantonim adalah suatu pertunjukan teater yang menggunakan isyarat, dalam bentuk mimik wajah atau gerak tubuh, sebagai dialog.
6. teater : Teater adalah istilah lain dari drama, tetapi dalam pengertian yang lebih luas, teater adalah proses pemilihan teks atau naskah, penafiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari public atau audience 

16. apa yang dimaksud dengan rima,faktual,ludruk,aktual

Rima:
Pengulangan bunyi yang berselang atau persamaan bunyi.

Faktual:
Kejadian yang benar-benar terjadi yang bersifat nyata tetapi tidak terikat dengan waktu.

Ludruk:
Suatu drama tradisional yang dimainkan Oleh grup kesenian, biasanya diselingi dengan lawakan dan diiringi musik.

Aktual:
Kejadian yang benar-benar terjadi dan sedang hangat dibicarakan. Bersifat baru atau kekinian

17. Apa yang dimaksud dengan tablo, ludruk, dan ketoprak?

Jawaban:

gtauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

Penjelasan:

🙂

18. Apa sing dimaksud ludruk?

ludruk itu drama tradisional yang ada lawakannya gitu deh

19. Apa seng dimaksud kethoprak lan ludruk

Ketoprak adalah seni budaya jawa. Yang mirip dengan drama/wayang wong. Dan kebanyakan menceritakan tentang masa-masa kerajaan. Dan ketoprak berasal dari jawa tengah

Ludruk adalah kesenian khas jawa timur yang banyak dijumpai di Surabaya dan jombang. Hampir sama dengan ketoprak tetapi ludruk lebih identik ke masa-masa kolonial/penjajahan.

20. Quiz +50 (1/1)• Apa yang di maksud Lenong?• Apa yang di maksud Ludruk?• Apa yang di maksud Ketoprak?• Apa yang di maksud Pantomim?• Apa yang di maksud teater?​

Lenong adalah kesenian teater tradisional atau sandiwara rakyat Betawi yang dibawakan dalam dialek Betawi yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Ludruk adalah suatu kesenian drama tradisional dari Jawa Timur. Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia menggunakan ketupat yang mudah dijumpai. Biasanya ketoprak dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau kaki lima. Pantomim adalah suatu pertunjukan teater akan isyarat, dalam bentuk mimik wajah atau gerak tubuh, sebagai dialog. Jenis pertunjukan ini telah dikenal sejak zaman Romawi Kuno dan sering digunakan dalam ritus keagamaan dengan cerita umumnya seputar mitologi Yunani. Dalam sejarahnya, kata ‘teater’ berasal dari bahasa Inggris theater atau theatre, bahasa Perancis théâtre dan dari bahasa Yunani theatron. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teater mempunyai tiga pengertian, yakni gedung atau ruangan tempat pertunjukan film, sandiwara, dan sebagainya.

please help me to please help me to make this the best answer T_T

edit :im fail for this question haha lmao

Jawab: 1.Lenong adalah keseniatn teater tradisional yang dibawakan dalam dialek Betawi berasak dari Jakarta. Kesenian Lenong dimainkan dengan diiringi alat-alat musik seperti gambang, kromong, gong, kendang, kempor, suling, dan kecrek

2.Ludruk merupakan seni pertunjukan teater tradisional Jawa yang lahir dan berkembang di tengah-tengah masyarakat dan bersumber apa yang terjadi di tengah-tengah kehidupan rakyat.

3.Ketoprak merupakan jenis pertunjukan rakyat yang memiliki gabungan unsur-unsur tari suara, musik, sastra, drama, dan lain-lain, tetapi secara keseluruhan unsur drama paling menonjol.

4.Pantomim adalah sebuah pertunjukan yang mengandalkan gerak tubuh dalam menyampaikan ekspresi pemain serta cerita.

5.Teater merupakan suatu seni drama yang menceritakan mengenai sebuah kisah dengan melalui kata-kata serta gerakan. Teater merupakan aktivitas melakukan kegiatan atau aktivitas di dalam seni pertunjukan (to act) sehingga kemudian tindak tanduk pemain di atas pentas disebut dengan sebutan acting.

Semoga Membantu Ya

Video Terkait

Bagikan: