Apa Yang Dimaksud Dengan Wilayah

Fatih.co.id

Apa Yang Dimaksud Dengan Wilayah
Apa Yang Dimaksud Dengan Wilayah

apa yang di maksud dengan wilayah dan perwilayahan​

1. apa yang di maksud dengan wilayah dan perwilayahan​

Jawaban:

#Wilayah adalah ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/atau aspek fungsional.#Perwilayahan adalah suatu proses penggolongan wilayah berdasarkan kriteria tertentu. Klasifikasi atau penggolongan wilayah dapat dilakukan secara formal maupun fungsional.

Penjelasan:

Wilayah adalah area yang punya karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lain. Ada 2 tipe: wilayah formal & wilayah fungsional. Perwilayahan adalah penggolongan wilayah berdasarkan ciri-ciri tertentu. Pusat pertumbuhan adalah wilayah yang punya pertumbuhan lebih pesat dibanding wilayah sekitarnya.

SEMOGAMEMBANTU

2. Apa yang dimaksud dengan pengwilayahan wilayah formal dan wilayah fungsional ?

Wilayah formal adalah konsep wilayah berdasarkan kesamaan atau homogenitas tertentu, misalnya wilayah dataran tinggi, wilayah karst, wilayah tropis dan wilayah subtropis Sedangkan, wilayah fungsional adalah wilayah yang dicirikan dengan kegiatan yang saling berhubungan antara beberapa pusat kegiatan secara fungsional. contohnya wilayah jabodetabek secara fisik memang berbeda, namun secara fungsional saling berhubungan dalam memenuhi kebutuhan hidup di setiap wilayah.

Jadikan Jawaban Terbaik yaa✨,Semoga Membantu…

#BelajarBersamaBrainly

3. Apa yang dimaksud dengan konsep wilayah dan perwilayahan​

Penjelasan:

KONSEP WILAYAH DAN PERWILAYAHAN. Wilaya
h (region) adalah suatu areal yang memiliki karakteristik tertentu berbeda dengan wilayah yang lain. … Regionalisasi berarti membagi wilayah-wilayah tertentu di permukaan bumi untuk keadaan tujuan tertentu.

4. apa yang dimaksud wilayah?

Jawabannya:
Wilayah adalah suatu kawasan yg berisikan penduduk dan komunitas di dalamnya

Jadikan Terbaik YaWilayah adalah salah satu unsur konstitutif berdirinya negara yg berfungsi sebagai tempat menetapnya penduduk

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan wilayah dan perwilayahan

Jawaban:

Wilayah adalah kesatuan geografis beserta unsur-unsurnya dibatasi oleh kenampakan tertentu yang bersifat khas dan membedakan wilayah tersebut dengan wilayah lainnya.

Pewilayahan adalah suatu proses penentuan suatu wilayah berdasarkan kriteria kualitas dan kuantitas melalui penggabungan atau penggolongan beberapa wilayah. Perwilayahan juga terdiri atas wilayah formal dan fungsional

Penjelasan:

TOLONG JADIKAN JAWABAN TERCERDAS PLS DAN BINTANG 5 DAN LOVE NYA

Jawaban:

wilayah dan perwilayahan

Penjelasan:

wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatanPerwilayahan adalah penggolongan wilayah berdasarkan ciri – ciri tertentu.

#SEMOGA MEMBANTU

6. apa yang di maksud dengan wilayah​

Jawaban:

Wilayah adalah suatu zona yang difungsikan menurut jenis dan kekhususan, suatuarea yang salingberhubungansatusamalain. Wilayah merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/atau aspek fungsional.

Jawaban:

wilayah adalah RUANGYANGMERUPAKANKESATUANGEOGRAFISBESERTASEGENAPUNSURTERKAITPADANYAYANGBATSASISTEMNYADITENTUKANBERDASARKANASPEKADMINISTRATIFDANATAUASPEKFUNSIONAL.

Penjelasan:

MAAF KALAU SALAH

7. Apa yang dimaksud dengan perwilayahan dan wilayah pengembangan ?

Jawaban:

Perwilayahan (regionalisasi) adalah suatu proses penggolongan wilayah berdasarkan kriteria tertentu. Klasifikasi atau penggolongan wilayah dapat dilakukan secara formal maupun fungsional. Dalam perencanaan pembangunan, pemerintah harus memahami kondisi suatu wilayah karena setiap wilayah memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Wilayah Pengembangan adalah wilayah yang secara geografis dan administrasi dikelompokan berdasarkan potensi dan sumber daya untuk pengembangannya.

Jawaban:

Perwilayahan(Regionalisasi) adalah suatu Proses pergolongan wilayah berdasarkan kriteria tertentu. Klasifikasi atau penggolongan wilayah dapat dilakukan secara formal maupun fungsional. Dalam perencanaan pembangunan, Pemerintah harus memahami kondisi suatu wilayah karena setiap wilayah memiliki kondisi yang tidak sama/berbeda beda

WilayahPengembananadalah wilayah yang secara geografis dan administrasi dikelompokan berdasarkan Potensi dan sumber daya untuk pengembangannya

Penjelasan:

Semogamembantu!!

8. apa yang dimaksud dengan wilayah

wilayah adalah sebuah daerah yang di kuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan.wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan.
#semoga bermanfaat

9. apa yang di maksud kewilayahan ?

kewilayahan adalah lokasi yang dimiliki dan berhak atas hal tersebut
Kewilayahan adalah seluruh wilayah negara merupakan tumpuan perlawanan dan segenap lingkungan didayagunakan untuk mendukung setiap bentuk perlawanan secara berlanjut.

10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan wilayah daratan, wilayah perairan dan wilayah udara?  ​

Jawaban:

wilayah daratan ialah wilayah yang dominan terdiri atas tanah. wilayah perairan ialah wilayah yang dominan terdiri atas air. wilayah udara ialah wilayah yang dominan terdiri atas udara.

11. Apakah yang di maksud dengan. 》Wilayah Daratan 》Wilayah Perairan 》Wilayah Udara #Terimakasih

Wilayah udara adalah udara yang berada diwilayah permukaan bumi di atas wilayah darat dan laut
Wilayah lautan merupakan perairan berupa samudera, laut, selat, danau dan sungai dalam batas wilayah negara.

12. Sebutkan wilayah yang termaksud dalam wilayah NKRI

daratan lautan danau gunung pegunungan bukit hutan rawa sungai dll

13. apa yang dimaksud dengan antar wilayah​

Jawaban:

antar wilayah adalah perbatasan antar wilayah satu dengan yang lain

14. apa yang dimaksud wilayah

Wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan. Wilayah dikelilingi oleh batas batas kondisi fisik alam,misalnya sungai gunung dan laut.
semoga membantu

15. Apa yang di maksud dengan wilayah

Wilayah adalah suatu daerah/tempat kekuasaan. Misalnya, wilayah IndonesiaSuatu tempat kekuasaan contohnya bisa wilayah jakarta

16. apa yang di maksud konsep wilayah dan perwilayahan​

Jawaban:

Dan penjelasan:

Wilayah (region) adalah suatu areal yang memiliki karakteristik tertentu berbeda dengan wilayah yang lain. Wilayah dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

Wilayah Formal (uniform region/homogeneous) adalah suatu wilayah yang memiliki keseragaman atau kesamaan dalam kriteria tertentu, baik fisik maupun sosialnya. Contoh: suatu wilayah mempunyai kesamaan bentang alam pegunungan disebut wilayah pegunungan atau suatu wilayah mempunyai keseragaman dalam bidang kegiatan bercocok tanam disebut wilayah pertanian.

Wilayah Fungsional (nodal region) merupakan wilayah yang dalam banyak hal diatur oleh beberapa pusat kegiatan yang saling berkaitan dan ditandai dengan adanya hubungan atau interaksi dengan wilayah di sekitarnya. Contoh: Suatu industri didirikan pada suatu wilayah. Setiap pagi karyawan bekerja menuju pabrik dan sore hari mereka pulang ke rumah masing-masing.

Regionalisasi (Perwilayahan)

Regionalisasi berarti membagi wilayah-wilayah tertentu di permukaan bumi untuk keadaan tujuan tertentu. Untuk menentukan regionalisasi wilayah harus diperhatikan fisik yang meliputi iklim, morfologi, sumber daya alam, dan keadaan sosial budaya yang meliputi penduduk dan budayanya.

Kaitan konsep wilayah dan perwilayahan dengan perencanaan pembangunan (Pusat Pertumbuhan) Pusat pertumbuhan (growth center) erat kaitanya dengan Pertumbuhan wilayah di permukaan Bumi tidak tumbuh bersama-sama secara terarur,tetapi sengaja atau tidak sengaja, ada bagian yang tumbuh dan maju berkembang lebih cepat dibanding dengan bagian lain. Berikut ini beberapa teori pusat pertumbuhan.

a. Teori Tempat Sentral

Dikemukakan oleh ahli Geografi Jerman yang bernama Walter Chisstaller tahun 1993 dan Agust Losch ahli ekonomi Jerman tahsn 1945, menyatakan tempat yang lokasinya sentral adalah tempat yang memungkinkan aktivitas manusia menjadi. maksimum, baik dalam aktivitas pelayanan maupun yang menjadi konsumen dari barang dan pelayanan yang dihasilkan.

b. Teori Kutub Pertumbuhan

Kutub pertumbuhan (growth pole) adalah suatu srraregi pembangunan yang dilakukan dengan cara menularkan perkembangan wilayah dari pusat te pinggiran (center down deuelopment). Teori ini dikemukakan oleh Francois Perroux seorang ekonom Perancis tahun 1950. pada tahun 1972 Bou Deville memperkenaikan konsep pertumbuhan sebagaimana dikemukakan oleh Perroux yang disebut derrgan teori Engine of Economic Growth.

jadikan jawaban tercedas

Maaf jika salah 🙂

17. apa yang yang dimaksud dengan pewilayahan dan Wilayah Pengembangan?​

Perwilayahan (regionalisasi) adalah suatu proses penggolongan wilayah berdasarkan kriteria tertentu. Klasifikasi atau penggolongan wilayah dapat dilakukan secara formal maupun fungsional. Dalam perencanaan pembangunan, pemerintah harus memahami kondisi suatu wilayah karena setiap wilayah memiliki kondisi yang berbeda-beda

Wilayah Pengembangan adalah wilayah yang secara geografis dan administrasi dikelompokan berdasarkan potensi dan sumber daya untuk pengembangannya.

Pembahasan

Perwilayahan adalah proses pembagian wilayah menurut kriteria tertentu. Pembagian atau struktur daerah dapat bersifat formal atau fungsional. Dalam perencanaan pembangunan, pemerintah perlu mengetahui keadaan masing-masing daerah karena keadaan daerah yang satu dengan yang lain berbeda-beda.

Klasifikasi daerah secara kasar dibagi sebagai berikut.

Kawasan alam (kawasan alami atau fisik). Hal ini didasarkan pada fitur alam seperti tanah pertanian dan hutan.Wilayah dengan satu fungsi. Berdasarkan satu fungsi. Daerah berdasarkan iklim, hewan, atau iklim saja.Daerah generik (daerah menurut jenis); berdasarkan penampilan jenis atau tema tertentu. Misalnya di daerah hutan hujan hanya tanaman tertentu seperti anggrek saja yang ditonjolkan.Daerah tertentu (daerah tertentu atau khusus); dicirikan oleh keadaan grafis khas yang terkait dengan tempat, adat, budaya dan populasi pada umumnya. Misalnya, Asia Tenggara, Eropa Timur, dll.Area Analisis Faktor (Factor Analysis Area). Berdasarkan metode deskriptif statistik atau dengan metode analisis statistik. Penetapan daerah analisis faktor ditujukan terutama untuk daerah yang bersifat produktif. Penetapan areal tanam jagung dan kentang.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang perwilayahan https://brainly.co.id/tugas/864271Materi tentang pengertian wilayah https://brainly.co.id/tugas/12929600Materi tentang konsep wilayah dan perwilayahan https://brainly.co.id/tugas/31215521

Detail jawaban

Kel
as: –

Mapel: –    

Bab: –

Kode: –

#TingkatakanPrestasimu

#SPJ3

18. Jelaskan apa yang di maksud dengan:Wilayah daratan… Wilayah lautan… Wilayah udara…​

Jawaban:

Wilayah daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat. Wilayah lautan adalah bagian dari permukaan bumi yang digenangi oleh air.Wilayah udara adalah Wilayahkedaulatanudaradiataswilayahdaratandanperairan.

Jawaban:

-Wilayah daratan adalah bagian permukaan bumi yang secara tetap (permanen) tidak tertutupi oleh air laut.

-Wilayah lautan adalah bagian dari permukaan bumi yang digenangi oleh air.

-Wilayah udara adalah wilayah yg berada diatas permukaan darat dan laut.

19. Apa yang dimaksud dengan perwilayahan?

Perwilayahan atau regionalisasi adalah suatu proes pengklasifikaian/penggolongan wilayah berdasarkan indikator atau kriteria tertentu. Kriteria umum penggolongan yakni berdasarkan kesamaan karkateristik dan potensi yang dimiliki suatu wilayah.  

Pembahasan  

Perwilayahan atau regionalisasi dapat dilakukan secara fungsional maupun formal. Terdapat juga contoh klasifikasi perwilayahan menjadi lima bagian yakni sebagai berikut:

• Wilayah Alamiah atau Fisik, disebut juga Natural Region merupakan klasifikasi wilayah ditinjau dari kenampakan fisik alam secara alami, contohnya kawasan pertanian dan juga kawasan kehutanan.

• Wilayah Kenampakan Tunggal, disebut juga Single Featured Region yakni klasifikasi wilayah berdasarkan satu kenampakan saja atau satu kriteria saja, contoh kawasan ditinjau dari ilklim saja, jenis hewan saja.

• Wilayah berdasarkan Jenisnya, disebut juga Generic Region yakni klasifikasi wilayah ditinjau dari kenampakan jenis yang menonjol. Contoh kawasan hutan hujan tropis dengan aggrek sebagai sebagai jenis kenampakan yang menonjol.

• Wilayah Khusus, disebut juga Spesific Region yakni klasifikasi wilayah ditinjau kondisi geografis  khusus serta hubungannya dengan adat istiadat, kependudukan dan letak secara umum, contoh Asia Timur, Amerika Selatan, Amerika Utara, dan sebagainya.

• Wilayah Analisis Faktor, disebut juga Factor Analisis Region yakni klasifikasi wilayah berdasarkan metode statistik baik statistik secara analitik maupun statistik desktiptif. Klasifikasi berdasarkan kriteria ini memiliki tujuan untuk hal-hal yang sifatnya menghasilkan atau produktif, contoh penentuan wilayah untuk tanaman wortel, bawang merah, jagung, dan lain-lain.

Pelajari Lebih Lanjut  

Apabila ingin mengetahui lebih lanjut tentang perwilayahan, disarankan untuk mempelajari juga materi berikut ini:

1. Materi tentang lima contoh perwilayahan di https://brainly.co.id/tugas/18090074

2. Materi tentang contoh wilayah formal dan fungsional di https://brainly.co.id/tugas/6823434

3. Materi tentang tujuan perwilayahan di https://brainly.co.id/tugas/9603543  

Detil Jawaban

Kelas : XII

Mapel : Geografi

Bab : Konsep Wilayah dan Tata Ruang

Kode : 12.8.2001

Kata Kunci : Perwilayahan, wilayah  

20. apa yang dimaksud dengan wilayah

wilayah adalah suatu tempat yang sudah di akui kemerdekaanya wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan.

Video Terkait

Bagikan: