Bagaimana Asean Memandang Perkembangan Pendidikan

Fatih.co.id

Bagaimana Asean Memandang Perkembangan Pendidikan
Bagaimana Asean Memandang Perkembangan Pendidikan

bagaimana asean memandang perkembangan pendidikan?

Daftar Isi

1. bagaimana asean memandang perkembangan pendidikan?

Perkembangan pendidikan dipandang oleh ASEAN bukan hanya sekedar kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan saja, melainkan pada segala aspek kehidupan masyarakat. Salah satu contohnya adalah perkembangan pendidikan yang terjadi di kawasan Asia Tenggara akan meningkatkan kualitas dari tenaga kerja yang dimiliki oleh negara anggota ASEAN sehingga bisa memiliki manfaat dalam bidang ekonomi.

Pembahasan

Pendidikan adalah salah
satu sektor menjadi fokus dari kerja sama ASEAN. Hal ini juga selaras dengan salah satu tujuan dari pendirian ASEAN yang merupakan adanya keinginan ASEAN untuk meningkatkan fasilitas pendidikan dan juga memajukan ilmu pengetahuan di kawasan Asia Tenggara. Namun, pendidikan ini bukan hanya semata-mata ilmu pengetahuan saja. Pendidikan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dari sumber daya manusia yang dimiliki oleh setiap negara anggota ASEAN. Hal ini bisa terjadi karena pendidikan yang baik akan menghasilkan tenaga kerja yang ahli dan terampil. Maka dari itu, ASEAN sendiri banyak melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan.

Berikut adalah beberapa bentuk dari kerja sama ASEAN dalam bidang pendidikan:

Student Mobility: salah satu bentuk kerja sama ASEAN yang merupakan kegiatan pertukaran pelajar SMK yang ada di negara anggota ASEAN. Tujuan utama dari adanya kerja sama ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dari para pelajar SMK sehingga bisa meningkatkan angka dari tenaga kerja ahli dan terampil di setiap negara anggota ASEAN.ASEAN University Network: salah satu bentuk kerja sama ASEAN yang merupakan program beasiswa bagi para mahasiswa yang ada di negara anggota ASEAN. Melalui program ini, ASEAN juga memilih secara langsung universitas terbaik yang ada di seluruh negara anggota ASEAN dan menjadi universitas tujuan dari mahasiswa yang mengikuti program ini. Tujuannya adalah agar setiap mahasiswa yang mengikuti program ini bisa memperoleh pendidikan di universitas terbaik yang ada di setiap negara anggota ASEAN.ASEAN-UN Cooperation and Scholarships Day: salah satu bentuk kerja sama ASEAN yang merupakan penawaran program beasiswa bagi mahasiswa. Selain untuk mahasiswa, para guru dan dosen juga bisa mengikuti program ini sehingga bisa meningkatkan ilmu pengetahuannya dan bisa meningkatkan kualitas dari pendidikan di negara asalnya nanti.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang bentuk kerja sama ASEAN dalam bidang politik

https://brainly.co.id/tugas/28175345

Materi tentang bentuk kerja sama ASEAN dalam bidang ekonomi

https://brainly.co.id/tugas/1913981

Materi tentang bentuk kerja sama ASEAN dalam bidang sosial budaya

https://brainly.co.id/tugas/28401368

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Geografi

Bab: 2 – Interaksi Antarnegara ASEAN

Kode: 8.8.2

#AyoBelajar 

2. bagaimana ASEAN memandang perkembangan pendidikan​

Jawaban:

Asean memandang pendidikan bukan hanya pada ilmu pengetahuan saja,tapi dalam tindakan semua aspek kehidupan.Untuk membuat Asean menjadi kawasan dengan pelajar terdidik.

Penjelasan:

semoga membantu, minta tolong di bikin jawaban tercerdas

3. Bagaimana ASEAN Memandang Perkembangan Pendidikan?Tolong Bantu Jawabbb​

Jawaban:

ASEAN memandang pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan berupaya mewujudkan pemerataan pendidikan dikawasan ASEAN. ASEAN telah melakukan pertemuan ASED (ASEAN Education Minister Meeting). Pada pertemuan tersebut ASEAN beranggapan pentingnya perkembangan pendidikan dalam lingkup pelajar global.

#maafkalosalah

Jawaban:

Perkembangan pendidikan dipandang oleh ASEAN bukan hanya sekedar kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan saja, melainkan pada segala aspek kehidupan masyarakat. Salah satu contohnya adalah perkembangan pendidikan yang terjadi di kawasan Asia Tenggara akan meningkatkan kualitas daru tenaga kerja yang dimiliki oleh negara anggota ASEAN sehingga bisa memiliki manfaat dalam bidang ekonomi

Penjelasan:

semoga membantu

4. Bagimana saudara seharusnya memandang peserta didik? ​

Jawaban:

memandangnya dengan sopan dan tidak remeh

Penjelasan:

maaf kalo salah ya

secara sopan,santun, positif thinking

#jangan lupa like, bintang 5, follow ya

5. Bagaimana ASEAN memandang perkembangan pendidikan??Tolong dijawab hari ini dikumpulkan.

Jawaban:

ASEAN memandang pendidikan bukan hanya pada ilmu pengetahuan saja, tapi dalam tindakan semua aspek kehidupan. Untuk membuat ASEAN menjadi kawasan dengan pelajar terdidik

6. Bagaimana Anda memandang perubahan pendidikan yang terjadi sekarang ini?​

Penjelasan:

pendidikan pendidikan di zaman sekarang semakin maju karena ditunjang oleh teknologi.

dan juga pengaruh dari luar membuat pendidikan terpengaruh

contoh= HP, Laptop

Jawaban:

pendidikan menjadi jauh lebih baik karena peserta didik tidak hanya belajar dari seorang guru tetapi bisa belajar dari bahan mana saja. sehingga wawasan peserta didik jauh lebih berkembang

7. dikarenakan pemandangan pantai yang sangat indah maka perkembangan lah sektor pekerjaan lainnya yaitu​

Jawaban:

sektor pariwisata

jawabannya itu…

Jawaban:

sektor pariwisata

Maaf klo salah

8. bagaimana ilmu pendidikan memandang suatu kemiskinan ?

Kemiskinan

Kemiskinan lazimnya dilukiskan sebagai kurangnya pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang pokok. Dikatakan berada di bawah garis kemiskinan  apabila pendapatan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang paling pokok seperti pangan, pakaian, tempat berteduh, dan lain-lain. Garis kemiskinan yang menentukan batas minimum pendapatan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pokok, bisa dipengaruhi oleh tiga hal :

1. Persepsi manusia terhadap kebutuhan pokok yang diperlukan
2. Posisi  manusia dalam lingkungan sekitar
3. Kebutuhan objectif manusia untuk bisa hidup secara manusiawi

Persepsi manusia terhadap kebutuhan pokok yang diperlukan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, adat istiadat, dan

sistem nilai yang dimiliki. Dalamhal ini garis kemiskinan dapat tinggi atau rendah. Terhadap posisi manusia dalam lingkungan sosial, bukan ukuran kebutuhan pokok yang menentukan, melainkan bagaimana posisi pendapatannya ditengah-tengah masyarakat sekitarnya. Kebutuhan objektif manusia untuk bisa hidup secara manusiawi ditentukan oleh komposisi pangan apakah benilai gizi cukup dengan nilai protein dan kalori cukup sesuai dengan tingkat umur, jenis kelamin, sifat pekerjaan, keadaan iklim dan lingkungan yang dialaminya.

Kesemuanya dapat tersimpul dalam barang dan jasa dan tertuangkan dalam nilai uang sebgai patokan bagi penetapan pendapatan minimal yang diperlukan, sehingga garis kemiskinan ditentukan oleh tingkat pendapatan minilam ( versi bank dunia, dikota 75 $ dan desa 50 $AS perjiwa setahun, 1973) ( berapa sekarang ? ).

Berdasarkan ukuran ini maka mereka yang hidup dibawah garis kemiskinan memiliki cirri-ciri sebagai berikut :

1. Tidak memiliki factor-faktor produksi sendiri seperti tanah, modal, ketrampilan. Dll
2. Tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh asset produksi dengan kekuatan sendiri, seperti untuk
memperoleh tanah garapan ataua modal usaha
3. Tingkat pendidikan mereka rendah, tidak sampai taman SD
4. Kebanyakan tinggal di desa sebagai pekerja bebas
5. Banyak yang hidup di kota berusia muda, dan tidak mempunyai ketrampilan.

Kemiskinan menurut orang lapangan (umum) dapat dikatagorikan kedalam tiga unsure :

1. Kemiskinan yang disebabkan handicap badaniah ataupun mental seseorang
2. Kemiskinan yang disebabkan oleh bencana alam
3. Kemiskinan  buatan. Yang  relevan dalam hal ini adalah kemiskinan buatan, buatan manusia terhadap manusia pula yang disebut kemiskinan structural. Itulah kemiskinan yang timbul oleh dan dari struktur-struktur  buatan manusia, baik struktur ekonomi, politik, sosial maupun cultural. Selaindisebabkan oleh hal – hal tersebut, juga dimanfaatkan oleh sikap “penenangan” atau “nrimo”, memandang kemiskinan sebagai nasib, malahan sebagai takdir Tuhan. Kemiskinan menjadi suatu kebudayaan atau subkultur, yang mempunya struktur dan way of life yang telah turun temurun melalui jalur keluarga. Kemiskinan (yagn membudaya) itu disebabkan oleh dan selama proses perubahan sosial secara fundamental, seperti transisi dari feodalisme ke kapitalisme, perubahan teknologi yang cepat, kolonialisme, dsb.obatnya tidak lain adalah revolusi yang sama radikal dan meluasnya.

 

9. B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!1. Bagaimana ASEAN memandang perkembangan pendidikan?Jawab:2. Apa program pemerintah untuk memajukan pendidikan di ASEAN?Jawab:3. Jelaskan manfaat pertukaran budaya di ASEAN!Jawab:4. Negara manakah di ASEAN yang memiliki pertumbuhan pendidikan paling pesat?Jawab:5. Sebutan tiga kerja sama ASEAN di bidang iptek!Jawab:.​

Jawaban:

1.ASEAN memandang pendidikan bukan hanya pada ilmu pengetahuan saja,tapi dalam tindakan semua aspek kehidupan.

2.Pertukaran pelajar

3.Menampilkan budaya negara masing² dan mempererat hubungan antar negara

4.Thailand dengan memiliki anggaran pendidikan tertinggi yakni 7,6%

5.•Pertukaran pelajar

•Pertukaran informasi,dan

•Pertukaran teknologi

penjelasan:

maaf klau salahh

10. Bagaimana Anda memandang pendidikan sekarang yang anak generasi sekarang yang maunya hanya yang enaknya saja?​

Jawaban:

sungguh tidak ada kemauan untuk sukses

11. bagaimana ASEAN memandang perkembangan pendidikan… tolong di jwb,besok di kumpul ​

Jawaban:

Perkembangan pendidikan dipandang oleh ASEAN bukan hanya sekedar kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan saja, melainkan pada segala aspek kehidupan masyarakat. Contohnya perkembangan pendidikan di Asia Tenggara akan meningkatkan kualitas dari tenaga kerja yang dimiliki oleh negara-negara ASEAN yang sangat bermanfaat dalam bidang ekonomi.

12. Bagaimana ASEAN memandang perkembangan pendidikantolong disingkat jawabannya ya​

Jawaban:

ASEAN memandang pendidikan bukan hanya pada ilmu pengetahuan saja, tapi dalam tindakan semua aspek kehidupan. Untuk membuat ASEAN menjadi kawasan dengan pelajar terdidik

Penjelasan:

13. karena pemandangan pantai yang indah,berkembanglah sektor pariwisata seperti?

Mapel : IPS
Materi : Kondisi Alam
Kata Kunci : Pantai

Pembahasan :

karena pemandangan pantai yang indah,berkembanglah sektor pariwisata seperti pasir putih, Taman bawah laut.

14. Bagaimana filsafat memandang realisme dalam pendidikan ?

Realisme merupakan aliran filsafat yang bertolak belakang dengan aliran filsafat idealisme, realisme sabagai pelengkap adanya aliran filsafat idealisme (Gandhi 2017: 140). Dapat dikatakan bahwa idealisme merupakan gagasan atau ide yang diutamakan untuk mencari sebuah kebenaran yang cenderung abstrak dan metafisik. Sedangkan realisme merupakan intrumen alat indra merupakan pokok utama dalam mencari sebuah kebenaran dengan melakukan observasi pada lingkungan sekitar dan menemukan fakta-fakta tertentu dapat menekukan sebuah kebenaran. Hal ini merupakan sebagai pembeda bahwa idealisme lebih berpegang pada kondisi mental sedangkan realisme adanya bukti fisik. Muhmidayeli (2011:109). Aristoteles juga memandang bahwa realitas merupakan

wujud natural yang dapat digerakkan dari alam. Segala sesuatu yang ada dihadapan kita yang dapat ditangkap oleh panca indera dengan menggunakan observasi terhadap lingkungan sekitar merupakan suatu yang nyata dan terpisah denga alam pikiranakan tetapi hal tersebut dapat memunculkan suatu pemikiran melalui upaya selektif terhadap pengalaman seseorang dalam memanfaatkan alak manusia (Muhmidayeli, 2011: 136). Dunia pendiikan meiliki pandangan realisme yang erat dengan pemikiran dari John Locke bahwa asal mula danya meikiran dan akal mula manusia dalah sebuah tabula rasa, manusia diibaratkan sebgaai kertas putih yang kosong dan dapat diisi dengan beberapa elemen kehidupan dari lingkungan sekitar. (Gandhi, 2017: 143). Dengan hal ini dapat dikatakan manusia mencari ilmu pengetahuan untuk dapat melakukan proses berpikir yang sesuai dengan melihat mengamati lingkungan sekitar. Hal ini membuat pandangan realisme dapat dikaitkan dengan pendekatan psikologi behaviorisme dalam bidang pendidikan. Sedangkan pokok pemikiran Aristoteles dalam bidang pendidikan adalah dengan menyertakan fakta-fakta di lingkungan sekitar yang dapat di tangkap oleh alat indera merupakan cara untuk mendapatkan pengetahuan dan kebenaran. Akan tetapi apabila di kaitkan dengan pendidikan tinggi dimana manusia dituntut untuk berpikir secara abstrak. Hal ini aristoteles mendukung pemikiran dari Plato bahwa putra putri bangsa sebaiknya menempuh pendidikan sesuai dengan kemampuan kognitif mereka, dan doktrin Plato megaskan tentang keberadaan indivisual seseorang. Seseorang yang memiliki pemikiran abtrak dapat mempelajari adanya kedisiplinan yang merupakan sesuatu yang penting dan bermanfaat dalam mengajarkan kepada putra putri bangsa agar patuh dengan peraturan yang ada dan dapat mendorong keinginan hati mereka sendiri yang sesuai dengan niali dan norma di negara tersebut (Gandhi, 2017:115). Hal ini dikukng oleh pendapat Muhmidayeli (2011: 109) bahwa seorang mendidik diwajibkan untuk meberikan pengetahuan mengenai nilai-nilai yang positif. Kebutuhan dasar seperti moral dan etika sangatlah penting untuk mendidik bangsa agar tidak mudah terpengaruh adanya isu-isu temporal.

15. Bagaimana adap seseorang peserta didik saat memandang guru? Jelaskan!

a. Murid harus taat kepada guru terhadap apa yang diperintahkan didalam perkara yang halal.
b. Murid harus menghormati guru
c. Mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru, karena perilaku itu bisa membuat guru senang
d. Ketika murid bertemu guru di tepi jalan, hendaklah murid menghormati guru dengan berdiri dan berhenti
e. Murid hendaknya menyiapkan tempat duduk guru sebelum guru datang
f. Ketika duduk di hadapan guru harus sopan seperti ketika sedang sholat yaitu dengan menundukkan kepala
g. Murid harus
memperhatikan penjelasan guru
h. Murid jangan bertanya ketika guru sedang lelah
i. Ketika duduk dalam suatu majelis pelajaran, murid hendaklah tidak menolah-noleh ke belakang
j. Murid jangan bertanya kepada guru tentang ilmu yang bukan di bidangnya atau bukan ahlinya
k. Murid harus memperhatikan penjelasan guru dan mencatatnya untuk mengikat ilmu agar tidak mudah hilang
l. Murid harus berprasangka baik terhadap Guru
*SemogaBermanfaat:)saat bertemu salam
menghomati
sopan
bersukap baik kepada guru
tidak boleh berbicara semena mena
taat patuh saat guru memberi tau
memperhatikan saat guru menerangkan
mengerjakan saat guru mem beri soal dan banyak lagi

semoga bermanfaat ya ………..

16. masyarakat sekarang memandang pendidikan sangat penting untuk bekal dimasa depan sedangkan orang jaman dahulu memandang pendidikan sebagai…

sebagai sesuatu yg mahal dan hanya kaum2 elit saja yg bisa merasakan pendidikanyg mahal yg anak pejabat sja yg belajar

17. Bagaimana ASEAN memandang perkembangan pendidikan? tolong bantu jawab dong kak​

Jawaban:

ASEAN memandang pendidikan bukan hanya pada ilmu pengetahuan saja, tapi juga dalam tindakan semua aspek kehidupan

Penjelasan:

maaf kalo benar

Jawaban:

Perkembangan pendidikan dipandang oleh ASEAN bukan hanya sekedar kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan saja, melainkan pada segala aspek kehidupan masyarakat. Salah satu contohnya adalah perkembangan pendidikan yang terjadi di kawasan Asia Tenggara akan meningkatkan kualitas dari tenaga kerja yang dimiliki oleh negara anggota ASEAN sehingga bisa memiliki manfaat dalam bidang ekonomi.

Penjelasan:

Semoga bermanfaat ^_^

18. Pendidikan merupakan hak semua kelompok masyarakat tanpa memandang ….​

Jawaban:

tanpa memandang suku, agama, ras, fisik, dan budaya.

Penjelasan:

pendidikan itu adalah hal penting untuk semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali atau tanpa memandang suku, agama, ras, dan budaya. keragaman Indonesia inilah yang menyatukan segala perbedaan yang disebut Bhinneka Tunggal Ika.

19. bagaimana cara memandang peserta didik, jelaskan secara psikologi?​

Jawaban:

Dalam psikologi, pandangan yang baik terhadap peserta didik adalah pandangan yang menghargai dan menghormati mereka sebagai individu yang unik

Penjelasan:

itu berarti menghargai keunikan mereka, menghormati kebutuhan mereka, dan mengakui bahwa mereka memiliki potensi untuk berkembang dan juga berarti membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka. Dengan melakukan ini, kita dapat membantu peserta didik untuk merasa aman dan nyaman dalam lingkungan belajar, sehingga mereka dapat berkembang secara optimal.

Pelajari lebih lanjut https://brainly.co.id/tugas/35659847https://brainly.co.id/tugas/45639478https://brainly.co.id/tugas/45639478
#BelajarDenganBrainly

Jawaban:

merumuskan tujuan pembelajaran secara tepat, memilih strategi atau metode pembelajaran yang sesuai, memberikan bimbingan dan konseling, memfasilitasi dan memotivasi belajar peserta didik

20. Teori yang memandang perkembangan dalam sebuah masyarakat ibarat organisme dikemukakan oleh?

tokoh yg menganalogikan masyarakat dengab organisme hidup dikemukakan oleh emile durkheim

Video Terkait

Bagikan: