Benua Amerika Memiliki Sejumlah Wilayah Atau Region

Fatih.co.id

Benua Amerika Memiliki Sejumlah Wilayah Atau Region
Benua Amerika Memiliki Sejumlah Wilayah Atau Region

Benua amerika memiliki sejumlah wilayah atau region

Daftar Isi

1. Benua amerika memiliki sejumlah wilayah atau region

Amerika terdiri dari 3 region utama, yaitu Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah

2. Benua amerika memiliki sejumlah wilayah atau region setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di benua amerika benua amerika memiliki sejumlah

Jawaban:

kondisi sosial budaya,dan kondisi ekonomi (dibagi menjadi negara maju dan berkembang)

3. Benua amerika memiliki sejumlah wilayah atau region , sebutkan !

Jawaban:

Benua Amerika di bagi menjadi beberapa wilayah yang terdiri atas : Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibia. Benua Amerika memiliki iklim yang beragam. Kawasan Amerika Selatan bagian utara memiliki iklim tropis basah, iklim dingin di bagian paling utara. Iklim laut terdapat di pantai barat.

maap kalo salah:>

4. Benua Amerika memiliki sejumlah wilayah atau region. setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri. apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di Benua Amerika?

yang membedakan adalah budaya nya, karena disana termasuk negara yang memilik budaya bebas

5. Benua amerika memiliki sejumlah wilayah region. Setiap wilayah memiliki karakteristik budaya sendiri. Apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya dibenua amerika

Jawaban:

Region adalah wilayah yang memiliki suatu keunikan sendiri. Keunikan ini timbul dalam hal kenampakan alam dan buatan, bahasa, struktur pemerintahan atau agama. Cara membedakan wilayah yang satu dengan yang lain di Amerika Serikat adalah dengan membaginya kedalam 5 region berdasarkan posisi geografis yakni

NortheastSouthwestWestSoutheastMidwest

6. Benua amerika memiliki sejumlah wilayah atau region .setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri .Apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di Benua Amerika .

karena benua Amerika memiliki sejumlah wilayah atau region

7. benua amerika memiliki sejumlah wilayah atau region setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di benua amerika

Jawaban:

Amerika terdiri dari 3 region utama, yaitu Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Perbedaan dari ketiga region ini contohnya adalah dari perbedaan iklim, dimana Amerika Utara beriklim subtropis, sedang, dan dingin, sedangkan Amerika Tengah beriklim laut, dan Amerika Selatan beriklim tropis dan subtropis. Perbedaan selanjutnya adalah dari segi ras dan etnik.

Penjelasan:

Ini yang membeda bedakan nya

maaf kalo salah

8. Benua amerika memiliki sejumlah wilayah atau region setiap wilayah memiliki karakteristik budaya

Jawaban:

memiliki karakteristik budaya tersendiri

9. Benua Amerika memiliki sejumlah wilayah atau region. Setiap wilayah memiliki karakteristik budaya sendiri. Apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di benua Amerika

Maaf kalau salah,kalua menurut saya:
1.Letak dan luas
2.Bentang alam
3.Iklim
4.Sosial Budaya
5.Perekonomian

10. benua amerika memiliki sejumlah wilayah atau region. setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri. apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di benua amerika?

Bahasa, budaya, ras, suku, keadaan alam, dll

11. Benua Amerika memiliki sejumlah wilayah atau region setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri Apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di benua Amerika​

Jawaban:

Letak,luas,batas

Penjelasan:

Amerika adalah benua terbesar kedua yang terletak di belahan bumi sebelah Barat. Secara astrono
mis, benua ini terletak antara ± 80°LU – 56°LS dan ±170°BB – 36°BB. Bentuk wilayahnya yang memanjang ini seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dengan Kutub Selatan.

Luas wilayah daratannya mencapai ± 41.825.581 km² atau sekitar 28,1% dari seluruh luas wilayah daratan dunia dengan batas-batas berikut ini.

1) Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Arktik dan kawasan Kutub Utara.

2) Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.

3) Sebelah Barat dan Selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik.

b. Kondisi Fisik

Secara geografis, Benua Amerika dapat dibagi menjadi tiga kawasan, yaitu kawasan Amerika Utara, kawasan Amerika Tengah dan kawasan Amerika Selatan. Ketiga kawasan tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda satu sama lain.

1 ) Iklim di Benua Amerika

Wilayah Benua Amerika yang bersifat meridian menjadikan benua ini memiliki semua jenis iklim matahari berikut ini.

a) Iklim tropis: terdapat di kawasan Amerika Selatan, tepatnya di kawasan Lembah Amazone (Brasil).

b) Iklim subtropis: terdapat di kawasan Amerika Serikat (Amerika Utara) dan di kawasan Argentina (Amerika Selatan).

c) Iklim dingin: terdapat di bagian Utara, yaitu di Alaska (Amerika Serikat) dan bagian Utara Kanada.

Selain itu, terdapat juga iklim kontinental di bagian tengah benua, baik di wilayah Utara maupun di wilayah Selatan, serta terdapat juga iklim laut di kawasan Amerika Tengah, khususnya di Kepulauan Karibia dan di wilayah-wilayah sepanjang pantai.

2 ) Gurun di Benua Amerika

Benua Amerika juga memiliki wilayah gurun, meskipun wilayahnya tidak seluas gurun di Benua Asia. Gurun yang terdapat di Benua Amerika, yaitu Gurun Great Basin, Gurun Mojave, Gurun Sonora, dan Gurun Chihuahua yang kesemuanya berada di wilayah Benua Amerika bagian Utara.

Meskipun merupakan kawasan terkering di dunia, Gurun Atacama pernah menjadi perebutan antara negara Bolivia, Peru, dan Cile di akhir abad XIX (antara tahun 1879 – 1883). Perebutan wilayah terjadi setelah diketahui bahwa wilayah gurun ini memiliki kandungan nitrat dan tembaga yang berlimpah.

Adapun gurun yang berada di wilayah Benua Amerika bagian Selatan, yaitu Gurun Atacama di Cile (± 140.000 km²) yang merupakan gurun terkering di dunia dan Gurun Patagonia di perbatasan Cile – Argentina (± 673.000 km²). Berbeda dengan kondisi gurun di kawasan Asia yang pada umumnya datar, gurun di Benua Amerika pada umumnya berbentuk pegunungan yang tandus.

3 ) Gunung dan pegunungan di Benua Amerika

Salah satu ciri khas Benua Amerika adalah memiliki ciri fisik berupa rantai pegunungan yang membujur dari Alaska di bagian Utara hingga di Pegunungan Tierra del Fuego di bagian Selatan.

Rangkaian pegunungan tersebut menyatukan barisan pegunungan, seperti Pegunungan Brooks, Pegunungan Alaska, Pegunungan Mc.Kenzie, Pegunungan Pantai, Pegunungan Rocky, Pegunungan Sierra Nevada, dan Pegunungan Sierra Madre di kawasan Pantai Barat Amerika Utara, sedangkan Pegunungan Andes membentang di sepanjang Pantai Barat Amerika Selatan. Barisan pegunungan tersebut memiliki banyak gunung api aktif, sehingga merupakan salah satu jalur gempa bumi aktif di dunia. Puncak tertinggi berada di kawasan pegunungan Selatan yaitu di Gunung Aconcagua (6.959 m). Selain itu, terdapat juga pegunungan di bagian Timur Benua Amerika, yaitu Pegunungan Appalachia (Amerika Utara) dan Pegunungan Espinhaco (Amerika Selatan).

4 ) Sungai dan danau di Benua Amerika

Sungai-sungai utama di Benua Amerika, yaitu Sungai Amazone (6.515 km) di Brasil yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia, Sungai Mississippi (6.020 km), dan Sungai Mc.Kenzie (4.250 km). Selain itu, terdapat juga Sungai Colorado yang alirannya mampu menoreh perlapisan batuan dan menyisakan pemandangan alam menakjubkan yang disebut Grand Canyon di Arizona.

Benua Amerika juga memiliki banyak danau besar, seperti Danau Superior (± 83.270 km) yang merupakan danau terluas kedua di dunia, Danau Huron, Danau Michigan, Danau Great Bear, Danau Great Slave, Danau Erie, Danau Winnipeg, dan Danau Ontario. Danau-danau tersebut berada di Benua Amerika bagian Utara, sedangkan di Benua Amerika bagian Selatan hanya dijumpai beberapa danau kecil, seperti Danau Titicaca, Danau Paopo, Danau Sao Paolo, dan Danau Reprosa De

12. Benua amerika memiliki sejumlah wilayah atau region .setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri .apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainya di benua amerika

Jawaban:

– DENGAN KONDISI SOSIAL DAN KONDISI EKONOMI

SEMOGA BERMANFAAT

13. Benua Amerika memiliki sejumlah wilayah atau region setiap wilayah memiliki karakter ristik budaya tersendiri. Apa yang membedakan suatu wilayah dengan wilayah lainnya di benua Amerika

budaya dari setiap wilayahnya. karena, manusia yang hidup lebih dulu telah mengembangkan kebudayaan sesuai dengan karakteristik wilayah tersebut

14. Benua Amerika memiliki sejumlah wilayah atau region. Setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri. Apa yang membedakan wilayah dengan wilayah lainnya di benua Amerika??

warna kulit, perekonomian, keadaan masyarakat

15. benua amerika memiliki sejumlah wilayah atau region setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri yaitu

Pada dasarnya Amerika sendiri terdiri dari 3 region utama diantaranya ialah Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah, yang mana perbedaan dari ketiga region ini salah satu contohnya ialah dari perbedaan iklim, dimana Amerika Utara beriklim subtropis, sedang, dan dingin, sedangkan Amerika Tengah beriklim laut, dan Amerika Selatan beriklim tropis dan subtropis. Perbedaan selanjutnya adalah dari segi ras dan etnik.

Pembahasan

Berikut ini beberapa negara yang ada di benua amerika serta luas wilayahnya, yang mana diantaranya ialah:

Negara yang bernama amerika serikat serta memiliki ibu kota yang di beri nama washington DC dengan luas wilayahnya ialah 9.629.091 km².Negara yang bernama kanada serta memiliki ibu kota yang di beri nama ottawa dengan luas wilayahnya ialah 9.984.670 km².Negara yang bernama meksiko serta memiliki ibu kota yang di beri nama mexico city dengan luas wilayahnya ialah 1.964.375 km².Negara yang bernama kosta rika serta memiliki ibu kota yang di beri nama san jose dengan luas wilayahnya ialah 51.100 km².Negara yang bernama honduras serta memiliki ibu kota yang di beri nama tegucigalpa dengan luas wilayahnya ialah 112.492 km².Negara yang bernama kuba serta memiliki ibu kota yang di beri nama havana dengan luas wilayahnya ialah 109.886 km².Negara yang bernama argentina serta memiliki ibu kota yang di beri nama Buenos aires dengan luas wilayahnya ialah 2.766.890 km².Negara yang bernama brasil serta memiliki ibu kota yang di beri nama brasilia dengan luas wilayahnya ialah 8.514.877 km².Negara yang bernama paraguay serta memiliki ibu kota yang di beri nama asuncion dengan luas wilayahnya ialah 406.750 km².Negara yang bernama uruguay serta memiliki ibu kota yang di beri nama Montevideo dengan luas wilayahnya ialah 176.220 km².

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang benua amerika https://brainly.co.id/tugas/23355915

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

16. benua Amerika memiliki sejumlah wilayah atau region. setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri. apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di benua Amerika.​

Jawaban:

Kondisi sosial budaya, dan kondisi ekonomi ( di bagi menjadi menjadi negara maju dan negara berkembang)

Penjelasan:

Makanya Baca Buku Daglog

17. benua amerika memiliki sejumlah wilayah,region apa yang membedakan wilayah dengan wilayah lain nya

yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di Amerika adalah tradisi dan budaya serta kondisi geografis daerah tersebut. Itulah hal hal yang membedakan daerah satu dengan daerah lainnya.

dan juga perkembangan perekonomian dan politik serta iptek juga menjadi hal yang berpengaruh terhadap karakteristik berbagai daerah dalam satu wilayah.

Semoga bermanfaat

18. Benua amerika memiliki sejumlah wilayah atau region. Setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendat. apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di benua Amerika.

Jawaban:

letak geografis dan tinggi suatu wilayah dari permukaan laut maupun tanah

19. 2 benua Amerika memiliki sejumlah wilayah atau region setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di benua Amerika​

Jawaban:

Benua Amerika memiliki sejumlah wilayah atau region. Setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri. Apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di Benua Amerika.

Jawaban pendek: Kondisi sosial budaya, da kondisi ekonomi ( di bagi menjadi menjadi negara maju dan negara berkembang)

Penjelasan lebih lanjut

Benua Amerika

Benua Amerika memiliki luas sekitar 42.188.568 km persegi dan terletak di antara 83’LU – 56’LS dan 35’BB – 17’BB

Batas geografisnya adalah sebagai berikut:

– Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik

– Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik

– Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik

– Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Selat Bering

Benua Amerika di bagi menjadi beberapa wilayah yang terdiri atas : Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibia.

Benua Amerika memiliki iklim yang beragam. Kawasan Amerika Selatan bagian utara memiliki iklim tropis basah, iklim dingin di bagian paling utara. Iklim laut terdapat di pantai barat.

Apa yang membedakan wilayah satu dengan wilayah lainnya di Benua Amerika ?

Hal yang membedakan adalah : kondisi sosial budaya, dan kondisi ekonomi .

Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Kondisi Sosial dan Budaya

Penduduk asli Benua Amerika adalah suku Indian, mayorita agama di negara-negara Benua Afrika adalah agama Kristen. Kegiatan ekonomi di negara-negara Benua Afrika bermacam-macam, seperti : sektor pertanian dan industri hal tersebut membedakan wilayah satu dengan yang lainnya.

2. Keadaan Ekonomi

Keadaan ekonomi menjadi hal yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainya, di Benua Amerika terdapat negara maju dan negara berkembang.

– Negara maju adalah negara yang mempunyai karakteristik berikut:

a) Angka harapan hidup tinggi

b) Angka kelahiran dan kematian hidup rendah

c) Pendapatan perkapita tinggi

d) Kegiatan ekonomi bertumpu pada sektor jasa dan industri

– Sedangkan negara berkembang memunyai karakteristik sebagai berkut

a) Angka harapan hidup rendah

b) Angka kelahiran dan kematian hidup tinggi

c) Pendapatan perkapita rendah

d) Kegiatan ekonomi bertumpu pada sektor pertanian

Negara Maju di Benua Amerika

1. Amerika Serikat

Merupakan salah satu negara yang paling maju di dunia. Negara ini memiliki Indeks pendapatan penduduk sebesar 0,920 yang tergolong sangat tinggi.

2. Kanada

3. Brasil

Negara berkembang di Benua Amerika

1. Haiti

2. Kuba

3. Jamaika

4. Bahama

5. Peru

Dan masih banyak lagi

Penjelasan : Apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di Benua Amerika? Jawabannya adalah kondisi sosial budaya dan kondisi ekonomi.

Semoga membantu.

Detil tambahan

Kelas: 8 SMP

Mapel: IPS

Kategori: –

Kata kunci : Yang membedakan wilayah satu dengan lainnya di Benua Amerika.

20. Benua Amerika memiliki sejumlah wilayah atau region setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri Apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di benua Amerika​

Jawaban:

kondisi sosial dan kondisi ekonomi

Penjelasan:

maaf kurang jelas

Video Terkait

Bagikan: