Apakah Anda ingin menambahkan printer lain ke daftar printer di komputer Anda? Panduan ini memberi Anda langkah-langkah untuk menambahkan printer ke PC Windows 11 Anda.
Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda 3 cara untuk menambahkan printer ke komputer Windows 11. Secara khusus, saya akan menunjukkan kepada Anda cara menambahkan printer di Windows 11 dari pengaturan Windows dan panel Kontrol.
Selanjutnya, Anda juga akan belajar bagaimana melakukan tugas menggunakan Windows PowerShell. Meskipun demikian, Anda dapat menggunakan salah satu dari metode ini untuk menambahkan printer ke PC Anda.
Juga, panduan ini berisi bagian Pertanyaan yang Sering Diajukan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin ingin Anda tanyakan.
Meskipun Windows 11 memiliki driver untuk sebagian besar printer di pasaran, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, drive untuk beberapa printer mungkin tidak tersedia. Jika drive printer Anda termasuk dalam kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin perlu mengunduhnya secara manual.
Cara Menambahkan Printer Pada Windows 11 Dari Pengaturan Windows

Metode pertama yang akan saya tunjukkan untuk menambahkan printer pada PC Windows 11 Anda adalah dari Pengaturan Windows. Yang mengatakan jika Anda ingin menginstal printer lokal, sambungkan ke PC melalui USB atau WiFi.
Namun, jika itu adalah jaringan atau printer bersama, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghubungkannya ke komputer Anda:
- Untuk memulainya, klik kanan pada menu mulai Windows 11 di Taskbar Anda dan klik Pengaturan.

- Kemudian, di panel kiri layar Pengaturan, klik Bluetooth & perangkat.

- Kemudian, di panel kanan layar Pengaturan, klik Printer & pemindai.

- pada Printer & pemindai layar yang bukan panel kanan halaman Pengaturan, klik Tambahkan perangkat. Kemudian, tunggu hingga printer Anda terdeteksi.

Jika printer Anda terdeteksi, maka lanjutkan dengan penginstalan driver. Namun, jika printer Anda TIDAK terdeteksi secara otomatis, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal printer.
- Selanjutnya, klik pada Tambahkan secara manual tombol di sebelah pesan “Printer yang saya inginkan tidak terdaftar”.

Jika Anda berencana untuk menginstal printer jaringan, Anda mungkin perlu memilih Tambahkan secara manual.
- Saat Anda mengklik Tambah secara manual, layar pop-up “Tambahkan printer” akan terbuka. Terakhir, untuk menambahkan printer di Windows 11 dari Pengaturan Windows, pilih salah satu opsi dan klik Lanjut untuk melanjutkan instalasi printer.

Untuk kejelasan, tabel di bawah ini menjelaskan setiap opsi dan cara menggunakannya.
S/T | Opsi Pemasangan Pencetak | Cara Menggunakan Opsi |
1 | Printer saya sedikit lebih tua. Bantu aku menemukannya. | Gunakan metode ini jika Anda memiliki printer lama – Windows 11 akan mencoba menemukan printer |
2 | Pilih printer bersama berdasarkan nama | Opsi ini memungkinkan Anda untuk menambahkan printer bersama yang diinstal pada server cetak. Ketik jalur UNC lengkap ke folder bersama menggunakan format ini \\ServerName\SharedPrinterName |
3 | Tambahkan printer menggunakan alamat TCP/IP atau nama host | Gunakan opsi ini untuk menambahkan printer di Windows 10 menggunakan alamat IP dan nama port printer. |
4 | Tambahkan printer Bluetooth, nirkabel, atau jaringan yang dapat ditemukan | Opsi ini memungkinkan Anda untuk menambahkan printer berkemampuan Bluetooth, printer nirkabel, atau printer yang digunakan bersama di jaringan. |
5 | Tambahkan printer lokal atau printer jaringan dengan pengaturan manual | Dengan opsi ini, Anda akan dapat menginstal printer yang tidak dapat dideteksi atau tidak memiliki driver untuk Windows 10. Opsi ini juga memungkinkan Anda untuk menginstal printer jaringan dengan memasukkan detail printer jaringan secara manual. |
Cara Menambahkan Printer Pada Windows 11 Dari Control Panel

Metode kedua yang akan saya tunjukkan kepada Anda dalam artikel ini adalah menambahkan printer pada Windows 11 dari Control Panel. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya dalam panduan ini jika Anda ingin menginstal printer lokal, sambungkan printer ke komputer melalui WiFi atau USB.
Namun, jika Anda ingin menginstal jaringan atau printer bersama, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
- Klik ikon pencarian di Taskbar Windows 11 Anda dan ketik panel kendali.

- Kemudian, dari hasil pencarian klik Panel kendali.

- Saat Panel Kontrol terbuka, konfirmasikan bahwa Lihat oleh disetel ke Kategori.

- Kemudian, di bawah Perangkat keras dan Suara kategori, pilih Lihat perangkat dan printer.

- Di kiri atas Lihat perangkat dan printer layar, klik Tambahkan pencetak. Windows 11 akan mencoba menemukan printer yang terhubung ke PC Anda.
Namun, pencarian mungkin juga mengambil printer nirkabel Bluetooth terdekat.

- Ketika pencarian selesai, jika printer Anda terdaftar, pilih dan klik Lanjut untuk menyelesaikan penginstalan driver printer.

- Meskipun demikian, jika printer Anda tidak ada dalam daftar, klik Printer yang saya inginkan tidak tercantum. Untuk melanjutkan instalasi, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

- Terakhir, untuk menambahkan printer di Windows 11 dari Control Panel, pilih opsi di Temukan printer dengan opsi lain layar. Kemudian, klik Next untuk melanjutkan dengan instalasi printer Anda.

Cara Menambahkan Printer Pada Windows 11 Dengan PowerShell

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menambahkan printer di Windows 11 dengan Windows PowerShell.
- Pertama dan terpenting, klik ikon pencarian di Taskbar dan ketik powershell di kotak pencarian. Kemudian, dari hasil pencarian Anda, klik kanan pada PowerShell dan klik Jalankan sebagai administrator.

- Saat PowerShell terbuka, ketik perintah di bawah ini dan tekan enter untuk menambahkan printer di Windows 11. Perintah pertama menambahkan printer lokal ke komputer Anda, sedangkan yang kedua menambahkan printer bersama atau printer jaringan ke PC Anda.
Add-Printer -Name "Printer Name" -DriverName "Printer Driver name"
Add-Printer -ConnectionName \PrintServer\SharedPrinterName
- Pada perintah pertama di atas, ganti “printer-name” dengan nama yang ingin ditampilkan untuk printer Anda. Dalam perintah itu “nama Driver printer” adalah nama driver printer.
- Selanjutnya PrintServer pada perintah kedua adalah nama dari print server dimana shared printer diinstal. Juga, NamaPrinter yang Dibagikan adalah nama printer jaringan yang ingin Anda tambahkan ke PC Anda.
Cara Menambahkan Printer Pada Windows 11: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Bagaimana Cara Menambahkan Printer Pada Windows 11 Dengan Alamat IP?
a) Navigasikan ke Windows 11 Pengaturan halaman.
b) Di panel kiri layar Pengaturan, klik Bluetooth & perangkat.
c) Kemudian, di panel kanan layar, klik Printer & pemindai.
d) Selanjutnya, di panel kanan layar, klik Tambahkan perangkat untuk menambahkan printer atau pemindai baru. Windows akan mulai mencari printer yang tersedia.
e) Setelah pencarian selesai, klik Tambahkan secara manual. Ini akan mengarahkan Anda ke “Tambahkan pencetak” layar pop-up.
f) Di layar pop-up, klik Tambahkan printer menggunakan alamat IP atau nama host.
g) Kemudian, untuk Jenis perangkat klik pada drop-down dan pilih Bidang alamat TCP/IP.
h) Untuk opsi nama host atau alamat IP, rekatkan: alamat IP dari printer Anda.
i) Kemudian, Klik Lanjut untuk melanjutkan.
j) Selanjutnya, ketikkan nama printer Anda dan pilih Jangan bagikan printer ini.
k) Terakhir, klik pada Menyelesaikan tombol untuk mengakhiri proses.
2. Akankah Printer Lama Bekerja Dengan Windows 11?
Ya mereka akan. Printer lama yang tidak dapat ditemukan dengan pencarian dapat ditambahkan secara manual ke daftar printer di PC Windows 11 Anda.
3. Akankah Printer Bekerja Dengan Windows 11?
Ya mereka akan. Printer akan bekerja pada Windows 11 seperti yang mereka lakukan dengan Windows 10.
4. Bagaimana Saya Memperbarui Driver Printer Saya Windows 11?
a) Klik kanan menu Start Windows dan pilih Pengaturan perangkat.
b) Saat Pengelola Perangkat terbuka, gulir ke bawah ke Printer mengelompokkan dan mengembangkannya.
c) Selanjutnya, klik kanan printer yang ingin Anda perbarui drivernya dan pilih Perbarui driver.
d) Terakhir, ikuti wizard pembaruan driver untuk menyelesaikan pembaruan driver printer.
5. Bagaimana Cara Mencetak Dokumen Word Di Windows 11?
a) Buka dokumen yang ingin Anda cetak di Word.
b) Kemudian, klik itu tab file dan pilih Mencetak. Atau, tekan tombol Ctrl dan P tombol secara bersamaan pada keyboard Anda – ini akan membuka dialog Print.
c) Selanjutnya, pilih printer, jumlah salinan, ukuran kertas, orientasi cetak, dan skala dokumen yang ingin Anda cetak.
d) Terakhir, klik pada Mencetak tombol untuk mencetak dokumen.
Cara Menambahkan Printer Di Windows 11

Kegunaan printer tidak pernah bisa terlalu ditekankan. Ini karena mereka memungkinkan Anda untuk memindai file, membuat fotokopi, dan mencetak dokumen dengan mudah.