Cara Mencari Besar Sudut Segitiga

Fatih.co.id

Cara Mencari Besar Sudut Segitiga
Cara Mencari Besar Sudut Segitiga

Bagaimana cara mencari besar sudut dalam segitiga

Daftar Isi

1. Bagaimana cara mencari besar sudut dalam segitiga

menggunakan busur. di lihat angkanya di pojokan

2. bagaimana cara mencari besar sudut segitiga

memakai penggaris busur

3. cara mencari besar sudut segitiga​

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Mencari sudut ketiga pada segitiga siku-siku.

Kemudian gunakan prinsip segitiga, selisih jumlah kedua sudut tersebut (90+30 = 120) dengan 180, maka Anda akan mendapatkan 180-120 = 60 derajat.

Jawaban:

Mencari sudut ketiga pada segitiga siku-siku.

Kemudian gunakan prinsip segitiga, selisih jumlah kedua sudut tersebut (90+30 = 120) dengan 180, maka Anda akan mendapatkan 180-120 = 60 der
ajat.

4. cara mencari luas juring lingkaran luar segitiga, yang diketahui jari-jari 5 cm, salah satu besar sudut segitiga nya adalah 90°

90/360×3,14x5x5 =
maaf kalau salah

5. sisi sebuah segitiga berbanding 5:6:8, carilah besar besar sudutnya! tolong ya teman-teman dikasih cara yg jelas sama alasannya soalnya gak tau cara nyari sisi nya

diketahui:
perbandingan sisi
= 5 : 6 : 8

misalnya:
sisi A = 5
sisi B = 6
sisi C = 8

ditanya: besar setiap sudut?

s = 1/2 (a +b+c)
s = 1/2 ( 5 + 6 + 8)
s = 1/2 (19)
s = 9,5

luas segitiga abc
= √s(s-a)(s-b)(s-c)
= √9,5 (9,5 – 5) (9,5 – 6) (9,5 – 8)
= √9,5 (4,5) (3,5) (1,5)
= √224,4375
= 14,98
= 15 cm²

luas segitiga abc = 1/2 bc × sin a
15 = 1/2 (6 × 8) × sin a
15 = 24 × sin a
sin a = 15/24
sin a = 0,625
sudut a = 41°

luas segitiga abc = 1/2 ac × sin b
15 = 1/2 (5 × 8) × sin b
15 = 20 × sin b
sin b = 15/20
sin b = 0,75
sudut b = 49°

luas segitiga abc = 1/2 ab × sin c
15 = 1/2 ( 5 × 6) × sin c
15 = 15 × sin c
sin c = 15/15
sin c = 1
sudut c = 90°

sudut a adalah sudut yang menghadap sisi a
sudut b adalah sudut yang menghadap sisi b
sudut c adalah sudut yang menghadap sisi c

sudut a = 41°
sudut b = 49°
sudut c = 90°

#maaf jika salah

6. cara mencari pasangan sudut yang sama besar pada segitiga

Dengan mengurangkan besar sudut yang diketahui salah satunya dengan 360°

7. cara mencari besar sudut pada segitiga siku siku.

sisi segitiga selalu 180 derajat jadi tinggal dtambahkan 90 drjat dngan sudut yg dicari klo yg dicari dua sudut mungkin bisa memakai rumus Xpake teorama phytagoras ajh..psti bis deh

8. diketahui segitiga ABC dengan A(2,1,3), B(-2,3,-2), C(5,-2,-3). Carilah besar ketiga sudut tersebut! pake cara ya, trimakasii

Besar sudut pada segitiga ABC dengan titik A(2, 1, 3), B(–2, 3, -2), dan C(5, –2, -3) adalah.

gunakan rumus perkalian vektor. Vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah.

Perkalian vektor

u • v = u₁.v₁ + u₂.v₂

u • v = |u| . |v| cos α

dengan α adalah sudut antara vektor u dan vektor v

Vektor posisi adalah vektor yang titik pangkalnya di titik O, contoh:

OA = a, OB = b, OP = p dan sebagainya

Jika titik pangkalnya bukan di titik O, maka

AB = b – a

PQ = q – p

pembahasan soal:

diketahui:

A(2, 1, 3). vektor a = 2i+ j+3k

B(–2, 3, -2). vektor b= –2i+3j–2k

C(5, –2, -3). vektor c= 5i–2j–3k

panjang vektor

|a|= √14

|b|= √17

|c|= √38

perkalian vektor

a•b = -4+3-6=-7

b•c=10-6-6=-22

a•c=10-2-9= -1

Kosinus sudut

cos A = b•c/ |a|•|b|

cos A= –22/√646

A = cos^ -1 –22/√464

9. bagaimana cara mudah mencari besar sudut segitiga sama kaki?

1. cari besar sudut pada perpotongan sisi yang sama panjang
2. kurangi 180 derajat dengan besar sudut tersebut
3. bagi dua hasilnya
kan karena sama kaki berarti sudut kedua kakinya sama . seperti sudut salah satu kakinya adalah 55 berarti sudut kaki yang dua jga 55 . sudut segitiga sama kaki memiliki keseluruhan sudut total 180 . Jadi Kedua kaki kita jumlahkan 55+55 = 110 , dan hasil 110 itu tadi kita kurangi dengan 180 jadi 180 – 110 = 70 jadi sudut yang tidak diketahu adalah 70 derajat

10. Bagaimana cara menyelesaikan soal tentang mencari sudut segitiga yang hilang contoh : sebuah segitiga sama kaki P,Q,R memiliki satu sudut dalam yang besarnya 70 derajad.Berapakah besar sudut- sudut lainnya ?

sudut R =40
sudut p dan q =70 kalo gak salah:
1 segitiga = 360°
1 sudut segitiga = 70°
karena sama kaki, 1 sudut lainnya juga sama
2 sudut segitiga = 2×70°=140°
sudut lainnya = 360°-140°=220°

11. Carilah besar sudut-sudut dalam segitiga pqr jika OP = i+k, OQ = j+k, OR = -2j+4ktolong pkaii cara yaa​

Jawaban:

Penjelasan dengan langkah-langkah koefisien i, j, k dan masing-masing vektor (lampiran).

12. Cara mencari syarat segitiga (Sisi-sisi yg bersesuaian sama besar, sudut-sudut yg bersesuaian sama besar) Dari sebuah gambar segitiga.

biasanya diberikan tanda contohnya garis ∆ nya diberi garis pendek seperti memotong sudutnya diberi lengkungan ada lengkungan 1 lengkungan 2 dan intinya sudut atau sisi yg bersesuaian pasti diberi tanda yang sama

13. cara mencari besaran sudut segitiga

Bagaimana cara mencari besar sudut? Sudut adalah besar putaran yang dibentuk oleh dua buah garis lurus yang saling berpotongan di satu titik. Titik potong kedua garis tersebut disebut titik sudut dan kedua garisnya dinamakan kaki sudut. Untuk menentukan besar sudutnya dapat menggunakan busur derajat.

Pembahasan

Cara mencari besar sudut dapat menggunakan busur derajat yaitu caranya

Letakkan alas busur derajat pada salah satu kaki sudut

Letakkan titik sudut pada tengah-tengah busur derajat

Perhatikan angka pada busur derajat yang ditunjuk oleh kaki sudut lainnya

Angka pada busur derajat tersebutlah yang menunjukkan besar sudut yang dicari

Contoh kita akan mencari besar sudut teralis jendela pada gambar yang ada di lampiran

Menentukan besar ∠BAC

alas busur derajat letakkan pada garis AC (berimpit) dengan titik A berada ditempatkan di tengah-tengah alas busur derajat

lihat perpanjangan garis AB pada busur derajat menunjukan angka 35ᵒ.

Besar ∠BAC adalah 35ᵒ

Menentukan besar ∠DEF

alas busur derajat letakkan pada garis FE (berimpit) dengan titik E berada ditempatkan di tengah-tengah alas busur derajat

lihat perpanjangan garis ED pada busur derajat menunjukan angka 145ᵒ.

Besar ∠DEF adalah 145ᵒ

Jawaban:

s×s

Penjelasan dengan langkah-langkah:

caranya

s×s=20×25

=20×25=410

14. cara mencari besar sudut segitiga siku siku​

Jawaban:

yaitu

½×alas segitiga×tinggi

15. Bagaimana cara mencari besar sudut pada sebuah segitiga

Jawab:Metode 1 dari 3:

Pertama, jumlahkan kedua ukuran sudut yang sudah Anda ketahui. Misalnya, dua sudut yang sudah diketahui berukuran 80 dan 65 derajat. Jumlahkan keduanya (80+65), dan Anda akan mendapatkan 145 derajat. Selisih angka tersebut dengan 180. Jumlah ketiga sudut segitiga selalu 180 derajat.

Penjelasan dengan langkah-langkah:

16. cara mencari besar sudut pada suatu segitiga

pokoknya jumlah sudut pada segitiga apapun itu 180° ..
jadi misal sudut A 30°,sudut B 70° maka sudut C 180-(30+70) = 180-100 = 80ya tergantung segitiga nya segotiga apa dulu , kan segitiga banyak , cara nya semua jumlah sudut pada segitiga itu 180○

17. Bagaimana cara mencari panjang sisi segitiga jika yang diketahui besar sudutnya..

menggunakan aturan sinus dan cosinus[tex]aturan \ sin \\ \frac{a}{sin \ A} = \frac{b}{sin \ B} = \frac{c}{sin \ C} [/tex]

18. bagaimana cara mencari besar sudut segitiga???

besar sudut segitiga =180°jumlah semua sudut segitiga adalah 180 ‘

19. cara mencari besar sudut segitiga jika salah satu besar sudutnya 45 derajat

besar sudut segitiga seluruhnya adalah 180 derajat
jadi, jika salah satu sudutnya 45 derajat maka sudut yg lainnya adalah 180 – 45 = 135. lalu 135 dibagi 2 = 67,5 derajat .

20. bisa tidak kita mencari besar ketiga sudut suatu segitiga jika pabjang ketiga sisinya diketahui??? caranya bagaimana yah?? mohon bantuannya teman2 🙂

[tex] \frac{sisi di depan sudut}{jumlah seluruh sisi} x 180 derajat[/tex]
Misalkan segitiga ABC, AB = 6, BC = 4, CA = 5. Tinggal masukin aja :
[tex] \frac{6}{15} . 180 = 72 derajat.[/tex]
Jadi, sudut yg berada di depan sisi AB sebesar 72 derajat. Kalo mw cari sudut yg lainnya sama kayak yg sebelumnya ^^

Video Terkait

Bagikan: