Contoh Cerita Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya

Fatih.co.id

Contoh Cerita Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya
Contoh Cerita Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya

contoh cerita inspiratif singkat beserta strukturnya​

1. contoh cerita inspiratif singkat beserta strukturnya​

Jawaban:

liat google jangan liat brainly

2. Contoh teks cerita inspiratif singkat beserta strukturnya !

contoh cerita inspiratif bertema sahabat

Diceritakan ada dua orang yang sudah bersahabat cukup lama, yaitu Andi dan Azka. Andi adalah tipe orang yang pendiam dan selalu memahami karakter Azka. Sedangkan Azka adalah tipe orang yang suka blak-blakan sehingga sering menyakiti orang.

Meski persahabatan mereka sudah dibangun sejak SD, Andi kadang-kadang sakit hati sama karakter Azka. Andi sering bergumam, mengapa sifat sahabatnya itu tidak berubah dari dulu ya?

Pernah disuatu hari, Andi menasihati Azka. Dia mengatakan, “Azka, sifat kamu ubah dong! Kalau kamu gitu terus, orang-orang yang berada di sekitarmu bisa menjauh. Termasuk aku”.

Pernah disuatu hari, Andi menasihati Azka. Dia mengatakan, “Azka, sifat kamu ubah dong! Kalau kamu gitu terus, orang-orang yang berada di sekitarmu bisa menjauh. Termasuk aku”.Azka membalas, “Kamu kan sahabat saya. Tahu saya dari dulu kayak gimana. Kamu kan orang yang selalu memahami karakter saya. Tapi kalau kamu sudah tidak tahan dengan karakter saya, yasudah ayo kalau persahabatan kita mau sampai di sini mah

Sebagai sahabat terdekat Azka, niat Andi sebenarnya baik. Ia menasihati A
zka agar bisa berubah karena kepalang kesel sama karakternya yang blak-blakan itu. Akan tetapi di lain sisi, oleh karena ingat sama kebaikan-kebaikan yang sudah Azka berikan kepadanya dari kecil sehingga ia menerimanya.

Sebagai sahabat terdekat Azka, niat Andi sebenarnya baik. Ia menasihati Azka agar bisa berubah karena kepalang kesel sama karakternya yang blak-blakan itu. Akan tetapi di lain sisi, oleh karena ingat sama kebaikan-kebaikan yang sudah Azka berikan kepadanya dari kecil sehingga ia menerimanya.Di hari-hari berikutnya pun, bahkan sampai mereka lulus kuliah, Andi tidak lagi menyuruh Azka untuk berubah. Andi yakin, tanpa disuruh pun, Azka pasti sadar kalau perilaku menyakiti orang lain itu tidak baik.

3. Contoh teks cerita inspiratif singkat beserta strukturnya brainly

Jawaban:

Teks inspiratif adalah teks narasi yang lebih bertujuan untuk menginspirasi hal-hal yang baik kepada pembacanya. Teks inspiratif dapat menggugah perasaan dan memberi kesan yang mendalam bagi pembacanya sehingga dapat menginspirasi seseorang berbuat lebih baik, lebih peduli, dan lebih berempati terhadap orang lain.

Penjelasan:

jadikanjawabanyangterbaik

semoga bermanfaat

#FOLLOW

4. Contoh teks cerita inspiratif beserta strukturnya

ciri” teka : dapat menginspirasi seaeorang , membangun semangat pembaca untuk terus berusaha.

maaf klo salah

5. Contoh cerita inspiratif tokoh moh Hatta beserta strukturnya

Jawaban:

Dr. (H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta (populer sebagai Bung Hatta; lahir dengan nama Mohammad Athar di Fort de Kock, Hindia Belanda, 12 Agustus 1902 – meninggal di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun) adalah negarawan dan ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia pertama. Ia bersama Soekarno memainkan peranan sentral dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945. Ia pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta I, Hatta II, dan RIS. Pada 1956, ia mundur dari jabatan wakil presiden karena berselisih dengan Presiden Soekarno.

Hatta dikenal akan komitmennya pada demokrasi. Ia mengeluarkan Maklumat X yang menjadi tonggak awal demokrasi Indonesia. Di bidang ekonomi, pemikiran dan sumbangsihnya terhadap perkembangan koperasi membuat ia dijuluki sebagai Bapak Koperasi.[1][2]

Hatta meninggal pada 1980 dan jenazahnya dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta. Pemerintah Indonesia menetapkannya sebagai salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 23 Oktober 1986 melalui Keppres nomor 081/TK/1986.[3] Namanya bersanding dengan Soekarno sebagai Dwi-Tunggal dan disematkan pada Bandar Udara Soekarno-Hatta. Di Belanda, namanya diabadikan sebagai nama jalan di kawasan perumahan Zuiderpolder, Haarlem.[4]

Penjelasan:

6. Cerita inspiratif singkat berserta struktur

Struktur Teks Inspiratif:

Abstrak

orientasi

komplikasi

evaluasi

resolusi

koda

Contoh teks inspiratif:

Alkisah, di sebuah negeri, ada seorang saudagar kaya raya. Ia adalah pemilik restoran terkenal dan terbaik yang pernah ada pada masa tersebut. Selain rasanya khas, makanannya sangat lezat, dan pelayanannya pun sangat memuaskan siapa saja yang datang ke sana.

Berkat restoran itu pula, sang saudagar mendapat banyak rezeki. Meski usahanya menjadi berkembang ke berbagai bidang, namun restoran itulah yang menjadi urat nadi usaha yang sangat dijaganya. Karena itu, karena tak memiliki keturunan, di usianya yang sudah makin tua, ia ingin mewariskan usaha itu pada orang terpilih yang nanti akan dipercaya untuk menjalankan usahanya itu. Ia nanti akan menyerahkan usaha itu kepada orang yang terbaik, dengan syarat separuh hasil yang didapat, harus disumbangkan kepada kaum yang tak berpunya.

Beberapa saat sang saudagar memikirkan cara untuk memilih orang tersebut. Hingga, suatu kali, ia ngundang 80 orang yang dianggap terbaik di daerahnya. Kepada 80 orang tersebut, ia menyajikan hidangan terbaik untuk makan malam di restorannya.

Saat ke-80 orang tersebut berdatangan memenuhi undangannya, banyak wajah-wajah berharap, mereka yang akan terpilih mewarisi kekayaan sang saudagar. Begitu pun sang saudagar, ia berharap bisa memilih orang terbaik yang bisa mewarisi usahanya. Setelah berbasa-basi sejenak, ke-80 orang itu lantas dipersilakan duduk untuk menyantap hidangan makan malam.

Uniknya, ada 20 meja kotak yang disediakan, dengan sumpit yang sangat panjang di masing-masing meja. Karena itu, saat mulai dipersilakan makan, hampir semua orang yang sudah tak sabar merasakan kelezatan makanan dari restoran sangat terkenal itu pun kerepotan.

Sang saudagar lantas berkeliling ke semua meja makan. Ia melihat hingga meja ke-19 tak ada satu pun yang berhasil menyantap makanan yang dihidangkan. Sebab, mereka berlomba-lomba makan dengan sumpit sangat panjang tersebut. Hingga akhirnya, tepat di meja ke-20, saudagar pun tersenyum. Di meja tersebut, empat orang tampak menikmati hidangan dengan satu sama lain saling menyuapi. Memang, sumpit yang disediakan sangat panjang, sehingga mereka bisa menyuapi orang di dekatnya, dan sebaliknya. Maka, hingga acara hampir selesai, hanya mereka berempatlah yang kenyang. Sementara, yang lain tak bisa menikmati hidangan karena berusaha sendiri-sendiri untuk segera menyantap makanan lezat tersebut.

Kisah tersebut mengajarkan kepada kita, bahwa untuk bisa meraih sesuatu, kita seharusnya memulai dengan “melayani”. Kita tak boleh serakah, tamak, atau hanya mementingkan kepentingan diri sendiri. Seperti yang tergambar dalam kisah tersebut, hanya mereka yang mau “berkorban” dengan memberi makanan kepada yang lain, maka ia yang akan bisa ikut makan dengan kenyang. Sementara, orang lain sibuk mencari cara bagaimana bisa segera menyantap hidangan, justru kerepotan karena tak tahu “cara” yang tepat untuk memakan hidangan tersebut.

Sudah kita dapati, begitu banyak orang yang menjadi sumber berita karena kelakuannya. Mulai dari korupsi, hingga berbagai hal lain yang intinya, menjadikan harta sebagai hal yang utama.

Uang dan harta memang penting. Namun, ada banyak hal penting lain yang juga harus menjadi perhatian utama kita. Bagaimana kita bersikap, bagaimana kita membantu orang lain, bagaimana kita menemukan keseimbangan dalam hidup, sehingga kebahagiaan bisa kita peroleh. Harta adalah sarana. Kita adalah manusia. Karena itu, mari jadikan “sarana” tersebut sebagai bagian dari kehidupan kita, namun jangan sampai menjadikannya sebagai hal yang membelenggu kita.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id – https://brainly.co.id/tugas/9642394#readmore

7. contoh teks cerita inspiratif beserta strukturnya

Teks inspiratif adalah teks narasi yang lebih bertujuan untuk menginspirasi hal-hal yang baik kepada pembacanya.  Teks inspiratif dapat menggugah perasaan dan memberi kesan yang mendalam bagi pembacanya sehingga dapat menginspirasi seseorang berbuat lebih baik, lebih peduli, dan lebih berempati terhadap orang lain.

Pembahasan

Contoh teks
cerita inspiratif beserta strukturnya yaitu

Sang Pembersih Saluran Air

(Orientasi)

         Bukanlah suatu hal yang luar biasa jika setiap musim hujan tiba kampungku hampir tenggelam oleh banjir. Kampung kami tepat di tengah kota yang padat oleh rumah hingga tak ada ruang untuk tumbuhan merambatkan akarnya ke mana-mana.

(Perumitan masalah)

         Siapa yang tak kenal Pak Budi, bapak yang selalu berjalan di tengah hujan deras sambil membawa tongkat besinya? Ketika hujan mulai turun, ia mengenakan jas hujan, sepatu boots, dan membawa tongkat besi yang pada bagian ujungnya sedikit bengkok. Ia menyusuri jalan sambil menarik sampah-sampah yang ada di saluran air di kampungnya. Air pun surut seketika. Bertahun-tahun ia melakukannya, dari aku masih suka berhujan-hujanan hingga aku membenci hujan karena bau air got yang memualkan perut. Dan aku pun menyadari, tak satu pun warga yang ikut menyertai jalannya Pak Budi. Mereka hanya menatapnya diam, seolah-seolah berkata, “Kami siap sedia jika banjir, Pak.” Dan kemudian, mengucapkan terima kasih jika tak lupa.

(Komplikasi)

         Tiba-tiba, air hujan hampir masuk ke dalam rumah. Hujan sedari pagi membuat ibuku waspada dengan banjir. Menjelang sore, semua perabotan sudah dinaikkan ke tempat yang lebih tinggi. Sesampainya di ujung jalan kampung sepulang sekolah, aku terheran-heran dengan tingginya air. Air yang keruh dan sampah yang terhanyut menjadi pemandangan yang luar biasa bagiku hari ini.

         “Banjir, Bu?” tanyaku ke ibu sesampainya di rumah.

         “Iya. Tumben Pak Budi tidak kelihatan hari ini,” kata ibuku sambil lalu.

         Oiya, Pak Budi. Ke mana Pak Budi? Aku tak melihatnya sepanjang jalan tadi. Ada apa dengan Pak Budi, tanyaku dalam hati.

         Begitu murah hatinya Tuhan menurunkan hujan kali ini kataku. Air semakin meninggi hingga sebatas lututku. Ibu sibuk menaikkan barang-barang semakin tinggi lagi.

         “Ke mana sih Pak Budi? Tambah tinggi saja banjir ini,” kata ibuku kesal.

(Resolusi)

         Aku ambil jas hujan dan linggis kecil punya ayah. “Mau ke mana?” teriak ibu. “Bantu Pak Budi!” kataku sambil berlari.

         Bukan hal yang mudah menyusuri jalan yang tergenang air selutut sambil mengorek-orek saluran air yang buntu. Hujan sudah reda dan sampah-sampah mengumpul di ujung saluran air. Air pun surut dengan cepat. Pusaran air tampak berputar seperti menarik semua air ke dalamnya.

         Aku berjalan ke rumah Pak Budi. Rumahnya tampak sepi. Aku ketuk pintunya dan Pak Budi membukakan pintu. Ia mengenakan jaket dan tampak sesuatu membalut kakinya.

         “Bapak sakit ya?” tanyaku. “Iya, Nak. Kaki bapak tertusuk paku. Karena tidak langsung bapak obati, terinfeksi kata dokter.”

(Koda)

         Ya Tuhan. Sampai sebegitunya pengorbanan Pak Budi demi kampung kami. Aku pun pamit dan memberi tahu Pak RT tentang Pak Budi. Entah apa yang akan mereka lakukan, aku hanya bisa berharap yang terbaik untuk Pak Budi. Dan semoga, pengorbanan Pak Budi mendapat tanggapan yang positif dari warga untuk lebih menjaga kebersihan.

Pelajari lebih lanjut

Contoh cerita inspiratif lainnya dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/10180958

Pengertian teks inspiratif dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/21908257

Struktur cerita inspiratif dapat dilihat di https://brainly.co.id/tugas/14782576

——————————————

Detil jawaban

Kelas: IX

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Menyusun Cerita Inspiratif

Kode: 9.1.6

8. contoh teks inspiratif singkat tema pendidikan beserta strukturnyaURGENTT​

Jawaban:

Berikut adalah contoh teks inspiratif singkat tema pendidikan beserta strukturnya:

Judul: Pendidikan, Kunci Sukses Masa Depan

Pendahuluan:

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Melalui pendidikan, kita dapat membuka cakrawala pengetahuan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan yang lebih baik.

Isi:

Setiap orang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang baik. Pendidikan tidak hanya membantu kita untuk memahami dunia sekitar, tetapi juga membantu kita untuk menemukan tujuan hidup dan mencapai kebahagiaan yang sejati. Dalam era globalisasi ini, pendidikan sangat penting untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan mencapai kesuksesan.

Penutup:

Jangan pernah berhenti belajar. Teruslah mencari pengetahuan baru dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ingatlah bahwa pendidikan adalah kunci sukses masa depan. Jadilah pribadi yang berpendidikan dan menjadi contoh bagi orang lain.

9. buatlah contoh teks cerita inspiratif singkat kemudian tentukan strukturnya?​

Berikut ini Contoh Teks Inspiratif:

Orientasi

Dikisahkan ada dua seorang sahabat yang sangat lama berteman. mereka adalah Budi dan Yanto. mereka memiliki karakter yang berlawanan Budi memiliki sifat yang cenderung berterus terang blak-blakan cenderung sering menyakiti perasaan orang lain sedangkan Yanto adalah tipe anak yang pendiam ia sangat memahami sifat Budi.

Kerumitan peristiwa

Persahabatan mereka sudah dimulai sejak SD, kadang Yanto juga sakit hati terhadap karakter si Budi, Yanto pun pernah sempat berpikir kenapa Si Budi ini dari dlu tidak bisa berubah.

Komplikasi

Pada suatu waktu, Yanto menasehati Budi, dia mengatakan “Budi, ubah sifat kamu dikit-dikit dong, kalau kamu kayak gitu terus , orang orang disekitarmu lama-lama bakalan menjauh termasuk aku”Budi membalas “Kamu kan sahabat ku, sudah paham sifat ku seperti apa, kalau kamu sudah tidak tahan lagi dengan karakter ku yang seperti ini yaudah sampai disini aja persahabatan kita.

Resolusi

Sebagai sahabat terdekat dan paling mengerti sifat Budi, niat Yanto tersebut sebenarnya baik ia menasehati supaya Budi lebih bisa berempati terhadap orang lain mengurangi karakternya yang blak-blakan, akan tetapi Yanto teringat akan kebaikan-kebaikan Budi kepadanya akhirnya Yanto tetap menerima sahabatnya itu.Dalam persahabatan, ada kalanya hubungan tersebut juga bisa merenggang, sebagai sahabat semestinya kita perlu memberikan nasehat dan menyadarkan sahabat kita apabila mereka terjerumus atau berada di jalan yang salah, namun apabila ingin memutuskan hubungan persahabatan tersebut keduanya harusnya dipikirkan kembali. Sebab, boleh jadi sahabat kita sudah memberikan kebaikan-kebaikan yang tak terhitung.

Koda

Dalam persahabatan, kalau sahabat kita sudah menolak untuk dinasehati (terutama soal perubahan sikap) maka yakin saja kelak ia bisa berubah. Tanpa kita suruh. memutuskan hubungan silaturahmi dalam agama juga tidak dianjurkan oleh karena itu tetap pertahankan persahabatan itu karena satu sahabat itu lebih berarti daripada 1000 teman.

Pembahasan

Apa itu cerita Inspiratif? yaitu teks yang berisikan rangkaian cerita dan berbentuk narasi yang dapat menyentuh hati, menggugah hati dan dapat mendorong untuk mengubah perilaku seseorang.

Tujuan dari Cerita Inspiratif ini tidak lain adalah untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada pembaca agar semangat untu menjalani hidupnya, dan juga tidak jarang berisi nasehat-nasehat kehidupan juga.

Terdapat 5 struktur cerita inspiratif :

Orientasi, tahap pengenalan pada awal cerita, seperti pengenalan tokoh, latar dan latar belakang peristiwa.Kerumitan peristiwa, paragraf yang menceritakan tentang awal mula permasalahan dari cerita tersebutKomplikasi, pada bagian ini cerita berada tahap puncaknya, masalah semakin rumit dan kompleks.Resolusi, pada tahap ini berisikan tentang penyelesaian masalah yang terjadi , segala kerumitan masalah te
rpecahkan pada bagian ini.Koda, merupakan bagian penutup dari cerita yang berisikan kesimplan, pesan moral yang dapat diambil dari cerita tersebut.

Pelajari lebih lanjut Materi tentang contoh teks inspiratif lainnya https://brainly.co.id/tugas/8935459Materi tentang ciri-ciri dari teks inpiratif https://brainly.co.id/tugas/10524087Materi tentang penjelasan dari struktur teks inspiratif https://brainly.co.id/tugas/14782576

Detil jawaban

Kelas: IX

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Menyusun Cerita Inspiratif

Kode: 9.1.6

#AyoBelajar

10. Contoh teks inspiratif/inspirasi yang singkat beserta struktur nya

gapailah citacita mu setinggi langit

11. apakah yang dimaksud cerita inspiratif dan struktur cerita inspiratif dan berikan contohnya​

Cerita inspiratif adalah cerita yang dibuat berdasarkan ide ide yang telah direncanakan matang. ciri cirinya adalah ceritanya bis membuat kita seakan akan membacanya seolah olah nyata dalam cerita tersebut.

1. BATU, KERIKIL, DAN PASIR

Pada awal kelas filsafat di sebuah universitas, profesor berdiri dengan beberapa item yang terlihat berbahaya di mejanya. Yaitu sebuah toples mayonaisse kosong, beberapa batu, beberapa kerikil, dan pasir. Mahasiswa memandang benda-benda tersebut dengan penasaran. Mereka bertanya-tanya, apa yang ingin profesor itu lakukan dan mencoba untuk menebak demonstrasi apa yang akan terjadi.

beach-1836461_960_720Tanpa mengucapkan sepatah kata apapun, profesor mulai meletakkan batu-batu kecil ke dalam toples mayonaisse satu per satu. Para siswa pun bingung, namun profesor tidak memberikan penjelasan terlebih dahulu. Setelah batu-batu itu sampai ke leher tabung, profesor berbicara untuk pertama kalinya hari itu. Dia bertanya kepada siswa apakah mereka pikir toples itu sudah penuh. Para siswa sepakat bahwa toples tersebut sudah penuh.

Profesor itu lalu mengambil kerikil di atas meja dan perlahan menuangkan kerikil tersebut ke dalam toples. Kerikil kecil tersebut menemukan celah di antara batu-batu besar. Profesor itu kemudian mengguncang ringan toples tersebut untuk memungkinkan kerikil menetap pada celah yang terdapat di dalam stoples. Ia kemudian kembali bertanya kepada siswa apakah toples itu sudah penuh, dan mahasiswa kembali sepakat bahwa toples tersebut sudah penuh.

Para siswa sekarang tahu apa yang akan profesor lakukan selanjutnya, tapi mereka masih tidak mengerti mengapa profesor melakukannya. Profesor itu mengambil pasir dan menuangkannya ke dalam toples mayones. Pasir, seperti yang diharapkan, mengisi setiap ruang yang tersisa dalam stoples. Profesor untuk terakhir kalinya bertanya pada murid-muridnya, apakah toples itu sudah penuh, dan jawabannya adalah sekali lagi : YA.

Profesor itu kemudian menjelaskan bahwa toples mayones adalah analogi untuk kehidupan. Dia menyamakan batu dengan hal yang paling penting dalam hidup, yaitu : Kesehatan, pasangan anda, anak-anak anda, dan semua hal yang membuat hidup yang lengkap.

Dia kemudian membandingkan kerikil untuk hal-hal yang membuat hidup anda nyaman seperti pekerjaan anda, rumah anda, dan mobil anda. Akhirnya, ia menjelaskan pasir adalah hal-hal kecil yang tidak terlalu penting di dalam hidup anda.

Profesor menjelaskan, menempatkan pasir terlebih dahulu di toples akan menyebabkan tidak ada ruang untuk batu atau kerikil. Demikian pula, mengacaukan hidup anda dengan hal-hal kecil akan menyebabkan anda tidak memiliki ruang untuk hal-hal besar yang benar-benar berharga.

Pesan Moral : Perhatikan segala sesuatu yang penting demi kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan. Luangkan waktu untuk bersama dengan anak-anak dan pasangan anda. Selesaikan pekerjaan anda ketika anda berada di kantor, jangan saat anda sedang berkumpul dengan keluarga. Dendam terhadap seseorang tidak akan bermanfaat untuk anda. Dapatkan prioritas anda sekarang dan bedakan antara batu, kerikil, dan pasir.

12. contoh+teks+cerita+inspiratif+beserta+strukturnya

Dikisahkan bahwa ada seorang ayah yang sempat kehilangan anak laki-lakinya. Namanya seorang ayah, tentu saja akan sangat terluka ketika buah hati yang begitu disayangi tiba-tiba pergi meninggalkannya terlebih dahulu menjemput maut. Mungkin memang banyak yang berhasil melewati situasi ini, namun tidak dengan seorang lelaki bernama Brian ini.

Brian bisa di katakan mengalami stress dan syock berat akibat meninggalnya putranya tersebut. Bahkan, saking parahnya kondisi Brian, dia pun pernah mencoba untuk bunuh diri. Padahal, anak laki-lakinya yang telah meninggal bukanlah putra semata wayang yang dia miliki. Brian masih memiliki seorang putri juga yang seharusnya bisa menghibur kesedihan laki-laki tersebut.

Meski demikian, keluarganya masih begitu bersyukur karena Brian tidak sampai hilang kendali dan benar-benar menyusul putranya saat itu. Bahkan, saat ini depresi yang di alami oleh Brian pun telah pulih seperti sedia kala. Dia tidak lagi mengalami hal-hal yang di luar batas wajar sebagaimana beberapa tahun lalu sejak meninggalnya sang putra.

Kondisi Brian akhirnya membaik dengan perjuangan keras dan berbagai tahap pemulihan yang dia jalani. Bahkan, saat ini dia begitu sehatnya hingga ikut andil dalam berbagai penyembuhan untuk penderita depresi. Hal ini di lakukan sebagai rasa syukur atas kesembuhannya hingga sekarang. Dan dia pun bekerja di recovery support worker.

Dari cerita ini bisa di ambil banyak pelajaran penting. Seseorang yang pernah mengalami depresi pun akhirnya mengabdikan diri bagi mereka yang sedang mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, sesedih apa pun hal atau peristiwa yang pernah terjadi dalam hidup. Termasuk ketika orang yang paling di sayangi pergi, jangan sampai kehilangan akal sehat dan melakukan tindakan merugikan.

Hal ini karen segala sesuatu pasti kembali ke asalnya dan hanya menunggu giliran masing-masing saja. Selain itu, bagi Anda yang sedang memiliki keluarga dalam kondisi serupa, tidak perlu khawatir terlalu berlebih karena dengan ikhtiar yang kuat, niat serta doa dari keluarga, orang yang Anda sayang dan sedang mengidap depresi bisa sembuh sebagaimana kondisi semula.

Bahkan, bisa jadi dia akan menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Dan hal ini telah di buktikan oleh Brian serta putrinya yang melewati masa-masa sulit dengan kondisi sang ayah yang begitu mengharukan. Bahkan, cerita inspiratif yang satu ini pun di ceritakan sendiri oleh sang putri yang begitu senang karena ayahnya telah kembali seperti sedia kala.

13. contoh cerita teks inspiratif beserta strukturnya tentang botol ​

Jawaban:

Rumah megah keluarga cempaka sedang berduka. Kepala keluarga mereka baru saja meninggal dunia pekan lalu menyusul permaisurinya yang telah pergi lebih dulu. Keempat anaknya sedang berkumpul di rumah itu untuk menunggu pembacaan wasiat yang ditinggalkan oleh sang Ayah.

Tak lama pengacara keluarga itu pun tiba. Ia adalah orang berwenang yang akan membacakan surat wasiat keluarga cempaka. Tanpa basa-basi sang pengacara lantas membuka surat wasiat yang masih disegel di dalam amplop tersebut. Namun, ketika melihatnya matanya berkerut. Ia sempat tertegun dan tampak keheranan membacanya. Anak pertama dari keluarga cemara pun lantas bertanya.

“Ada apa, Pak? Kok Bapak tampak keheranan begitu.” tanyanya.

Sang penjaga surat wasiat akhirnya mulai berbicara.

“Mohon maaf, tapi tampaknya isi surat wasiat ini akan cukup mengagetkan,” sambil menghela nafas ia segera membacakan surat tersebut.

“Saya menyerahkan seluruh harta benda yang saya miliki kepada yayasan sosial perusahaan saya, yakni Cempaka Foundation untuk kemudian digunakan sebagaimana mestinya dalam mempertahankan yayasan dengan misinya untuk memaksimalkan bantuan sosial dalam seluruh sektor kehidupan.”

“Sementara itu, untuk keempat anak saya, saya mewariskan masing-masing satu buah botol berisi air mineral untuk dimaksimalkan menjadi bekal kehidupan bagi kalian semua.”

Semua terdiam dalam keheningan.

Pembaca surat wasiat kemudian membuka koper yang benar saja isinya adalah botol kaca yang berisi air bening. Anak pertama keluarga cempaka lalu mengambil salah satu botol dan segera membukanya.

“Ini sih air mineral biasa.” sambil mengeluarkan isinya.

Tak lama ia pun keluar dari rumah itu dengan wajah murka. Ia lantas melemparkan botol itu ke got di dekat rumahnya. Namun, anak-anak yang lainnya lantas memandangi ketiga botol yang tersisa. Mereka mendiskusikan apa maksud dari peninggalan warisan tersebut.

Ternyata, selang beberapa tahun kemudian anak kedua keluarga cempaka sukses meluncurkan produk jus buah botolan yang dihargai sepuluh ribu namun telah dijual di hampir seluruh warung, supermarket, dan pasar di Indonesia.

Sementara itu anak ketiga telah menjalin kerja sama dengan koperasi madu nusantara untuk menjual madu botolan yang dijual senilai seratus ribu rupiah.

Kemudian, si bungsu dari keluarga cempaka telah menemukan tumbuhan baru yang memiliki wewangian khas dan tidak dapat ditemukan di manapun dan telah mendapatkan kontrak tetap untuk bekerja sama dengan perusahaan parfum ternama. Tak perlu dipertanyakan lagi harganya, jutaan rupiah untuk satu botol

Rupanya, itulah maksud dari warisan peninggalan orang nomor satu keluarga cempaka tersebut. Botol yang sama bernilai tergantung dari isinya. Botol seumpama manusia yang pada dasarnya sama. Namun, memiliki hati dan pandangan yang berbeda. Kebaikannya tidak dilihat dari fisik, namun justru dari isi hatinya meliputi: keimanan, kejujuran, kemuliaan, kebaikan dengan manusia lain

strukturnya:

orientasi kerumitan peristiwakomplikasisolusi koda

Penjelasan:

semoga membantu

14. contoh teks cerita inspiratif tif beserta strukturnya

messi jago kalau tidak salah

15. cerita inspiratif singkat beserta struktur ny​

Contoh teks inspiratif:

sahabat

A. Orientasi

A. OrientasiDiceritakan ada dua orang yang sudah bersahabat cukup lama, yaitu Andi dan Azka. Andi adalah tipe orang yang pendiam dan selalu memahami karakter Azka. Sedangkan Azka adalah tipe orang yang suka blak-blakan sehingga sering menyakiti orang.

A. OrientasiDiceritakan ada dua orang yang sudah bersahabat cukup lama, yaitu Andi dan Azka. Andi adalah tipe orang yang pendiam dan selalu memahami karakter Azka. Sedangkan Azka adalah tipe orang yang suka blak-blakan sehingga sering menyakiti orang.B. Kerumitan Peristiwa

A. OrientasiDiceritakan ada dua orang yang sudah bersahabat cukup lama, yaitu Andi dan Azka. Andi adalah tipe orang yang pendiam dan selalu memahami karakter Azka. Sedangkan Azka adalah tipe orang yang suka blak-blakan sehingga sering menyakiti orang.B. Kerumitan PeristiwaMeski persahabatan mereka sudah dibangun sejak SD, Andi kadang-kadang sakit hati sama karakter Azka. Andi sering bergumam, mengapa sifat sahabatnya itu tidak berubah dari dulu ya?

A. OrientasiDiceritakan ada dua orang yang sudah bersahabat cukup lama, yaitu Andi dan Azka. Andi adalah tipe orang yang pendiam dan selalu memahami karakter Azka. Sedangkan Azka adalah tipe orang yang suka blak-blakan sehingga sering menyakiti orang.B. Kerumitan PeristiwaMeski persahabatan mereka sudah dibangun sejak SD, Andi kadang-kadang sakit hati sama karakter Azka. Andi sering bergumam, mengapa sifat sahabatnya itu tidak berubah dari dulu ya?C. Komplikasi

Pernah di suatu hari, Andi menasihati Azka. Dia mengatakan, “Azka, sifat kamu ubah dong! Kalau kamu gitu terus, orang-orang yang berada di sekitarmu bisa menjauh. Termasuk aku”.

Pernah di suatu hari, Andi menasihati Azka. Dia mengatakan, “Azka, sifat kamu ubah dong! Kalau kamu gitu terus, orang-orang yang berada di sekitarmu bisa menjauh. Termasuk aku”.Azka membalas, “Kamu kan sahabat saya. Tahu saya dari dulu kayak gimana. Kamu kan orang yang selalu memahami karakter saya. Tapi kalau kamu sudah tidak tahan dengan karakter saya, ya sudah ayo kalau persahabatan kita mau sampai di sini mah”

Pernah di suatu hari, Andi menasihati Azka. Dia mengatakan, “Azka, sifat kamu ubah dong! Kalau kamu gitu terus, orang-orang yang berada di sekitarmu bisa menjauh. Termasuk aku”.Azka membalas, “Kamu kan sahabat saya. Tahu saya dari dulu kayak gimana. Kamu kan orang yang selalu memahami karakter saya. Tapi kalau kamu sudah tidak tahan dengan karakter saya, ya sudah ayo kalau persahabatan kita mau sampai di sini mah”D. Resolusi

Sebagai sahabat terdekat Azka, niat Andi sebenarnya baik. Ia menasihati Azka agar bisa berubah karena kepalang kesel sama karakternya yang blak-blakan itu. Akan tetapi di lain sisi, oleh karena ingat sama kebaikan-kebaikan yang sudah Azka berikan kepadanya dari kecil sehingga ia menerimanya.

Sebagai sahabat terdekat Azka, niat Andi sebenarnya baik. Ia menasihati Azka agar bisa berubah karena kepalang kesel sama karakternya yang blak-blakan itu. Akan tetapi di lain sisi, oleh karena ingat sama kebaikan-kebaikan yang sudah Azka berikan kepadanya dari kecil sehingga ia menerimanya.Di hari-hari berikutnya pun, bahkan sampai mereka lulus kuliah, Andi tidak lagi menyuruh Azka untuk berubah. Andi yakin, tanpa disuruh pun, Azka pasti sadar kalau perilaku menyakiti orang lain itu tidak baik.

Sebagai sahabat terdekat Azka, niat Andi sebenarnya baik. Ia menasihati Azka agar bisa berubah karena kepalang kesel sama karakternya yang blak-blakan itu. Akan tetapi di lain sisi, oleh karena ingat sama kebaikan-kebaikan yang sudah Azka berikan kepadanya dari kecil sehingga ia menerimanya.Di hari-hari berikutnya pun, bahkan sampai mereka lulus kuliah, Andi tidak lagi menyuruh Azka untuk berubah. Andi yakin, tanpa disuruh pun, Azka pasti sadar kalau perilaku menyakiti orang lain itu tidak baik.E. koda

Dalam persahabatan, sesekali kita perlu menyadarkan sahabat kita. Ini demi kebaikan sahabat kita sendiri. Tapi ketika dengan mudah ingin menyudahi persahabatan dengan teman kita dari kecil, alangkah baiknya pikirkan kembali. Sebab, boleh jadi sahabat kita sudah memberikan kebaikan-kebaikan yang tak terhitung.

Dalam persahabatan, sesekali kita perlu menyadarkan sahabat kita.
Ini demi kebaikan sahabat kita sendiri. Tapi ketika dengan mudah ingin menyudahi persahabatan dengan teman kita dari kecil, alangkah baiknya pikirkan kembali. Sebab, boleh jadi sahabat kita sudah memberikan kebaikan-kebaikan yang tak terhitung.Dalam persahabatan, kalau sahabat kita sudah menolak untuk dinasehati (terutama soal perubahan sikap) maka yakin saja kelak ia bisa berubah. Tanpa kita suruh.

16. tolong dong contoh cerita inspiratif beserta strukturnya

namaku ida aku mempunyai cita cita terinspiratif yaitu menjadi dokter aku akan meraih cita citaku dengan usaha dan tidak mudah putus asa

17. Cerita inspiratif beserta strukturnya

Berikut adalah sebuah contoh cerita inspiratif beserta strukturnya:

Judul: Seutas Tali Pengikat Gajah

Orientasi

Pada suatu hari, seorang pria berjalan melalui kamp gajah. Dia melihat bahwa gajah-gajah yang ada di sana tidak dikurung di dalam kandang maupun ditahan dengan rantai. Satu-satunya hal yang menahan mereka untuk keluar dari kamp hanyalah seutas tali yang diikatkan ke salah satu kaki mereka.

Komplikasi

Ketika si pria memandangi gajah-gajah itu, dia sungguhlah bingung. Pikirnya, mengapa gajah-gajah itu tidak berusaha memutuskan tali kemudian melarikan diri? Mereka kan dapat dengan mudah melakukannya? Ssebaliknya, mereka bahkan tidak berusaha sama sekali. Karena penasaran, pria itu bertanya kepada seorang pelatih di dekat situ.

Resolusi

Kemudian sang pelatih menjawab, “Ketika mereka masih sangat muda dan masih kecil, kami menggunakan tali dengan ukuran yang sama seperti saat ini. Semakin besar gajah tersebut, mereka masih percaya bahwa mereka tidak bisa kabur dan tali tersebut benar-benar dapat menahan mereka. Sehingga mereka tidak pernah mencoba untuk kabur.”

Koda

Dari cerita di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa satu-satunya alasan para gajah tidak melarikan diri hanyalah karena seiring waktu mereka yakin bahwa hal itu tidak mungkin dilakukan. Begitu juga dengan kita. Jika kita sudah menanamkan perasaan “percaya” bahwa kita tidak bisa melakukan sesuatu, tentu saja kita akan tertahan dan tak akan bisa berkembang dan maju.

Pembahasan

Sebuah teks cerita inspiratif ditulis dengan tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk melakukan sesuatu. Nilai-nilai yang ingin disampaikan biasanya diringkas di bagian koda.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian teks cerita inspiratif https://brainly.co.id/tugas/10524087Materi tentang struktur teks cerita inspiratif https://brainly.co.id/tugas/19504454Materi tentang contoh teks inspiratif https://brainly.co.id/tugas/8935459

Detail jawaban

Kelas : 9

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Menyusun Cerita Pendek

Kode : 9.1.3

#AyoBelajar

18. contoh teks cerita inspiratif beserta strukturnya

Jawaban:

Orientasi:

Siapa yang tidak kenal Universitas Harvard? Universitas Amerika yang terkenal ini telah menjadi impian yang dapat dipelajari kebanyakan orang di sini. Universitas Harvard adalah satu di antara universitas terbaik di dunia. Universitas ini terletak di Cambridge, Massachusetts, AS, dan didirikan pada 1636.

Selain kekuatan akademis, universitas ini adalah universitas tertua di Amerika Serikat. Tidak heran proses penerimaan di Harvard sangat ketat.

Struktur Teks inspiratif:

orientasi, perumitan masalah, komplikasi, resolusi, dan koda.

Penjelasan:

Semoga bermanfaat

19. buatlah contoh cerita inspiratif tentang air dan garam singkat beserta strukturnya ( orientasi, perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, Koda)​

Jawaban:

Orientasi: Seorang petani di daerah kering dan tandus selalu merasa putus asa karena tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Ia selalu berusaha mencari solusi untuk mengatasi krisis kekeringan yang menghantui tanahnya.

Perumitan Peristiwa: Suatu hari, petani tersebut mendengar cerita dari tetangganya tentang cara menghasilkan air dengan cara yang sangat sederhana. Ia mengatakan bahwa caranya adalah dengan mencampurkan garam ke dalam air dan menyaringnya dengan kain.

Komplikasi: Awalnya, petani tersebut meragukan cerita tetangganya tersebut. Namun, karena tidak memiliki pilihan lain, ia memutuskan untuk mencoba cara tersebut.

Resolusi: Dengan bantuan garam, petani tersebut berhasil menghasilkan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Ia bahkan mampu menyimpan air dalam tangki untuk digunakan di kemudian hari. Selama itu, ia terus mencoba berbagai cara untuk menangani krisis kekeringan, dan pada akhirnya ia berhasil menanam tanaman yang sehat dan menghasilkan panen yang melimpah.

Koda: Petani tersebut merasa sangat bersyukur atas pengetahuan yang telah diberikan oleh tetangganya. Ia juga merasa terinspirasi untuk terus berjuang dan mencari solusi dalam menghadapi masalah. Kini, ia menjadi sosok yang penuh semangat dan inspiratif bagi orang di sekitarnya. Petani tersebut juga tidak lupa untuk selalu mengajarkan cara yang sama kepada orang-orang di sekitarnya agar dapat mengatasi krisis kekeringan.

20. contoh cerita inspiratif pendek (singkat) beserta kesimpulannya

Jawaban:

Contoh 1

(Orientasi) Raden Dewi Sartika merupakan salah satu pahlawan nasional. Perempuan ini lahir pada 4 Desember 1884 di Jawa Barat. Ia lahir dari kasta keluarga yang cukup tinggi pada zaman itu. Ayahnya, Raden Somanegara adalah seorang patih di Bandung.

(Rangkaian peristiwa) Sartika sudah menunjukkan ketertarikannya dalam dunia pendidikan sejak usia dini. Ia dengan sukarela mengajari anak-anak pembantu di lingkungan kepatihan untuk baca-tulis. Ia memiliki cita-cita luhur untuk menjadikan perempuan pribumi menjadi individu yang merdeka dan berdaya.

Baca juga: Cerita Inspiratif: Pengertian, Ciri, Kebahasaan, Struktur, dan Contoh

(Komplikasi) Ayah Sartika, yaitu Raden Somanegara adalah orang yang nasionalis. Belanda pun segera mengasingkan Raden Somanegara ke Maluku agar meredam bibit-bibit perlawanan dari bangsa Indonesia. Sartika pun dititipkan pada pamannya di Cicalengka. Namun kejadian itu tidak memadamkan semangat Sartika untuk terjun dalam dunia pendidikan. Sebaliknya, ia menjadi lebih bersemangat.

(Resolusi) Pada 1904 ia mendirikan sekolah perempuan yang diberi nama Sekolah Istri. Murid pertamanya berjumlah sekitar 20 orang. Sekolah tersebut mengajarkan perempuan kelas bawah untuk baca-tulis, berhitung, menjahit, merenda, menyulam, dan pelajaran agama. Hal-hal yang pada zaman itu hanya dapat dipelajari oleh kalangan priyayi. Enam tahun berikutnya, sekolah ini semakin berkembang dan berganti nama menjadi Sekolah Kautamaan Isteri.

(Koda) Perjuangan Sartika dalam dunia pendidikan membawa peran besar dan bermakna. Pada 1966, Raden Dewi Sartika dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Budaya feodal dan patriarkis selalu menempatkan perempuan pada posisi yang rendah. Perjuangannya menginspirasi perempuan untuk melawan doktrin dan dogma dengan menunjukkan bahwa perempuan dapat berdaya.

Siapa yang tak kenal dengan foto wajah Che Guevara. Foto itu diambil dengan menggunakan kamera Leica. Pengunjung menyaksikan galeri sejumlah foto legendaris yang diambil dengan kamera Leica.

Penjelasan:

Maaf kalo sa
lah

Jadikan jawaban terbaik

Terimakasih

Video Terkait

Bagikan: