Contoh Imitasi Dalam Interaksi Sosial

Fatih.co.id

Contoh Imitasi Dalam Interaksi Sosial
Contoh Imitasi Dalam Interaksi Sosial

contoh imitasi dalam interaksi sosial

1. contoh imitasi dalam interaksi sosial

seorang anak perempuan bermain masak 2an karena melihat ibunya memasak

2. apa contoh interaksi sosial yang bersifat imitasi?

kakak berprestasi disekolah akan menjadi panutan bagi si adik. Adik akan mengamati bagaimana kakaknya belajar lalu mencoba untuk meniru untuk dirinya. Adik akan berusaha menerapkan apa yang dilakukan sang kakak saat belajar, berapa jam dia akan belajar dll.

3. Contoh dialog interaksi sosial tentang imitasi

Seorang siswa meniru penampilan artis terkenal seperti, rambut gondrong, memakai anting, dan kalung secara berlebihan

4. apakah perbedaan antara imitasi dengan indentifikasi dalam interaksi sosial? berikan masing masing contohnya

kalau imitasi adalah seseorang meniru orang lain sepertj gaya berpakaian dll contohnya mba surip meniru bob marley
kalau indentifikasi adalah kecendrungan orang meniru orang lain dalam sikap dan perilaku contoh seorang anak yang mengidolakan ayahnya akan selalu ingin meniru perilaku ayahnya.

smg membantu 🙂

5. contoh interaksi sosial imitasi dengan menggunakan media telepon

Berkomunikasi dengan jarak jauh dengan menggunakan telepon sebagai media komunikasi.

6. Berikan 5 contoh imitasi dalam interaksi sosial!​

Jawaban:

1. keluarga

Contoh yang pertama dapat diambil dari lingkungan keluarga, seperti keadaan dimana anak akan meniru kebiasaan orang tua atau anggota keluarga lainnya yang selalu berperilaku dan berbicara secara sopan.Secara sadar maupun tidak sadar, anak-anak akan meniru kebiasaan apa saja yang terjadi didalam rumah termasuk berperilaku dan berbicara secara sopan, yang akan dilakukannya pula di luar lingkungan keluarga karena suatu kebiasaan dan keyakinan bahwa mereka ingin menjadi sopan seperti orang tua maupun anggota keluarga mereka yang lainnya. Contoh ini juga merupakan bukti salah satu manfaat komunikasi dalam keluarga.

2. Sekolah

Proses imitasi juga banyak terjadi di lingkungan sekolah, dimana biasanya siswa akan meniru siswa lainnya seperti menjadi rajin belajar dan gemar membaca buku demi mendapatkan prestasi yang sama memuaskan di sekolah.

Perilaku dan cara bicara seorang guru juga bisa menjadi patokan dan ditiru oleh siswa-siswa di sekolah, terutama bagi mereka yang kemudian ingin menjadi seorang guru maka mereka akan melakukan proses imitasi terhadap guru yang dikaguminya di sekolah

3. Lingkungan Tempat Tinggal

Anak-anak yang hidup dilingkungan tempat tinggal dimana banyak orang merokok juga memberikan kemungkinan yang lebih tinggi bagi mereka untuk meniru dan menjadi seorang perokok aktif pula.

Hal ini juga disebabkan karena apa yang mereka lihat menjadi apa yang mereka yakini benar atau boleh untuk dilakukan, sehingga mereka hanya meniru apa yang biasa terjadi di lingkungan tempat tinggal mereka sehari-hari.

4. Lingkungan Pertemanan

Lingkungan pertemanan juga menjadi lingkungan yang sering menimbulkan proses imitasi. Sebagai contoh seperti anak-anak yang memiliki lingkungan pertemanan yang terdiri dari anak-anak nakal maupun suka pulang malam juga akan mempengaruhi semua yang ada di lingkungan pertemanan tersebut,sehingga anak yang tadinya suka berdiam dirumah dapat terpengaruh dan meniru kebiasaan teman-temannya.

Kemungkinan saling meniru didalam lingkungan pertemanan memang tinggi, karena biasanya anak akan lebih dekat dan menghabiskan waktu lebih banyak dalam lingkungan pertemanan, sehingga lebih mudah untuk terpengaruhi.

5. Media

Tidak hanya dari lingkungan sekitar saja, tetapi proses imitasi juga dapat terjadi sebagai akibat dari perkembangan media yang semakin maju.

Salah satu contoh imitasi dalam interaksi sosial adanya pengaruh media televisi dalam perkembangan anak, melalui media televisi banyak adegan-adegan didalam sinetron yang ditayangkan tetapi sebenarnya tidak layak untuk ditonton oleh anak-anak, namun justru di tiru oleh anak-anak.

Walaupun terdapat batasan umur yang tercantum didalamnya, tetapi tetap tidak mudah untuk mengatur apa yang anak tonton di media, termasuk pula media online.

7. contoh faktor interaksi sosial(imitasi,identifikasi,simpati)​

Jawaban:

contoh faktor imitasi :

seorang anak perempuan bermain masak masakan karena melihat ibunya pada saat memasak di dapur.

contoh faktor identifikasi:

seorang anak lelaki mengidolakan pemain bola , sehingga semua tingkah laku idolanya dilakukan .

contoh faktor simpati:

pada saat ada tetangga kita yg terkena musibah , maka kita ikut merasakan kesedihannya dan membantunya .

8. sebutkan 5 contoh imitasi dalam interaksi sosial

Contoh imitasi lainnya adalah : Seorang anak yang dibesarkan dalam keluarga yang kehidupan sehari-hari berbicara dengan lemah lembut, maka anak itu akan terbiasa dengan lemah lembut karena meniru cara berbicara orang-orang yang ada di dalam keluarganya. Sebaliknya, bila berbicara dalam keluarga yang keras, anak nantinya akan berbicara dengan keras pula. Anak-anak yang terlahir di Solo cenderung berbicara dengan lambat dan lemah lembut dibandingkan anak-anak yang terlahir di wilayah Indonesia Timur yang mayoritas adalah nelayan yang butuh suara keras dalam berkomunikasi di lautan.Bila dalam sebuah keluarga semua anggotanya adalah perokok, kemungkinan anak-anaknya menjadi perokok juga besar karena meniru anggota-anggota keluarganya yang perokok.Teman sepergaulan seorang anak berpengaruh besar pada tindakan atau sikap seorang anak. Bila bergaul dengan anak-anak nakal, maka anak tersebut kemungkinan besar ikut nakal karena mengikuti perilaku dan sikap kawan-kawannya. Sedangkan bila berteman dengan teman-teman yang baik, maka kemungkinan besar anak tersebut juga memiliki sikap yang baik.

9. Sebutkan contoh-contoh faktor interaksi sosial yang imitasi positif dan negatif

imitasi positif=membangun organisasi,koperasi
imitasi negatif=membuat sebuah makar atau siasat jahat pada negara

10. Sebutkan contoh interaksi sosial yang bersifat imitasi,sugesti,konkret

intine raksi dengan tetangga. interaksi dengan tuhan interaksi dunia maya.
karna ke 3 intine raksi tsb haruslah balanced tidak boleh satu tok

11. berikan 2 contoh tindakan imitasi interaksi sosial

meniru mode rambut  artis idolanya dan menirukan suaraanak perempuan bermain masak masakan karena melihat ibunya memasak,,,

anak anak bermain pasaran karena melihat orang yang berjualan di pasar,,

12. sebutkan 5 contoh imitasi dalam interaksi sosial

Contoh imitasi itu adalah apabila seseorang memiliki idola yang dibanggakan,maka ia akan meniru penampilannya,semisal alya mempunyai idola artis seperti syahrini,maka ia akan meniru cara berbicara nya dan juga bisa dr fashion .Semua bisa berlangsung apabila idolanya masih terkenal.dan juga masih banyak contoh yang lainnya

13. Sebutkan contoh faktor imitasi dalam interaksi sosial!

meniru gaya artis/idola karena sangat menyukai tokoh tsb

14. berikan masing-masing 2 contoh Identifikasi dan imitasi dalam interaksi sosial

imitasi :
1. seorg siswa meniru penampilan seorang penyanyi terkenal yg berambut gondrong, memakai perhiasan berlebihan dan suka minum minuman keras.
2. seorg pemuda dg tekun mengamati pola interaksi antarpenduduk di suatu desa terpencil karena ingin meniru upaya keras&tekun seorg ilmuwan terkenal.

Identifikasi :
1. seorg remaja mengidentifikasikan dirinya dg seorg idola yg dia kagumi, dia berusaha mengubah penampilannya, mulai dr model rambut, pakaian, gaya bicara bhkn sampai makanan kesukaan idolanya

15. imitasi merupakan salah satu faktor yang mendasari terbentuknya interaksi sosial. contoh yang termasuk imitasi adalah……..

Jawaban:

Imitasi adalah meniru

16. Sebutkan contoh faktor imitasi dalam interaksi sosial!

 Contoh : cara berpakaian ,Model rambut , gaya bicara, cara bertingkah laku dllContoh interaksi sosial imitasi adalah: anak meniru perbuatan orang tuanya. Oleh karena itu, kita harus mem
biasakan berbicara dengan lembut kepada anak-anak setiap hari. Contoh imitasi yang lain adalah bila dalam satu keluarga perokok kemungkinan anak-anaknya juga menjadi perokok.

17. Berilah contoh kongkrit bentuk interaksi sosial Imitasi​

Jawaban:  contoh interaksi sosial berupa

1.identifikasi: si A sangat menganggumi temannya si B karena si B cantik,ramah,dan sopan hal itu lah yang membuat banyak orang yg senang berteman sama si B. maka, si A berusaha untuk menjadi sama dengan temannya si B agar ia juga disukai banyak orang.

2.Imitasi: si A melihat teman sekolah nya yaitu si B dibelikan kalung emas oleh orang tuanya. Si A ngiri dgn si B maka si A meminta orang tuanya membelikan kalung yang sama dengan si B walaupun tidak emas ia akan menerimanya yang penting sama dengan si B.

3.Sugesti: saat kelulusan sekolah si A bingung memutuskan sekolah mana yang ia tuju lalu Ia meminta saran kepada orang tuanya. mendengar saran dari orang tua nya si A merasa tertarik dan akhirnya menuruti saran orang tuanya.

4.simpati: saat jam istirahat si A melihat si B makan enak. melihat si A terlihat lapar dan ingin memakan apa yang si B makan maka si B memberikan sedikit makanannya kepada si A

Penjelasan: semoga membantu

Jawaban:

>keluarga

>sekolah

> lingkungan tempat tinggal

>lingkungan pertemanan

> media

Penjelasan:

maaf kalau salah

hanya it yg saya bisa bantu

jangan lupa follow y kak

18. apa saja contoh interaksi sosial yg bersifat imitasi

contoh nya :
sinta baru saja memotong rambut ny di salon spti model rambut artis bunga citra lestari

19. contoh faktor interaksi sosial(imitasi,identifikasi,simpati)​

Jawaban:

imitasi:seorang anak sering meniru kebiasaan orang tuannya.

identifikasi:pengagum berat artis terkenal,sering mengidentifikasi dirinya menjadi artis idolanya.

Simpati:bencanA alam yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia yang disaksikan di televisi dapat menimbulkan rasa simpati terhadap korban

Penjelasan:

maaf kalo salah:v

20. Contoh interaksi sosial Imitasi, sugesti, identifikasi, simpati, empati

Contoh interaksi sosial Imitasi :
meniru emas palsu

sugesti :
menghipnotis seseorang

identifikasi :
meniru gaya rambut artis

simpati:
suka lawan jenis

empati :
ikut prihatin dangan korban bencana

Video Terkait

Bagikan: