Dalam Pandangan Merkantilisme Kesejahteraan Suatu Negara Ditentukan Oleh

Fatih.co.id

Dalam Pandangan Merkantilisme Kesejahteraan Suatu Negara Ditentukan Oleh
Dalam Pandangan Merkantilisme Kesejahteraan Suatu Negara Ditentukan Oleh

Dalam pandangan merkantilisme, kesejahteraan suatu negara ditentukan oleh​

Daftar Isi

1. Dalam pandangan merkantilisme, kesejahteraan suatu negara ditentukan oleh​

Jawaban:

dapat dikatakan suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan, dan bahwa besarnya volum perdagangan global teramat sangat penting.

Maaf kalau salah

2. dalam pandangan merkantilisme kesejahteraan suatu negara ditentukan oleh

dapat dikatakan suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu neg
ara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan, dan bahwa besarnya volum perdagangan global teramat sangat penting.

3. Bagaimanakah pandangan faham merkantilisme tentang kesejahteraan suatu bangsa

Merkantilisme adalah suatu faham yang menjadikan emas sebagai tolak ukur kekayaan suatu negara. Jadi kesimpulannya sejahtera atau tdk masyarakat suatu bangsa tergantung kepada banyak atau tidaknya emas yang dimiliki

4. Suatu paham kebijakan politik ekonomi suatu negara dengan tujuan mengumpulkan emas sebanyak-banyaknya sebagai standar kesejahteraan dan kekuasaan untuk negara itu sendiri disebut merkantilismefanatismekomunismematerialisme​

Jawaban:

materialisme

jangan lupa like ya

5. bagaimanakah pandangan paham merkantilisme tentang kesejahteraan suatu bangsa

Merkantilisme adalah suatu faham yang menjadikan emas sebagai tolak ukur kekayaan suatu negara. Jadi kesimpulannya sejahtera atau tdk masyarakat suatu bangsa tergantung kepada banyak atau tidaknya emas yang dimiliki

6. Jelaskan perbedaan pandangan pandangan antara kaum fisiokrat dan merkantilisme mengenai konsep kemakmuran

Aliran Fisiokrat: berasal dari kata physic yang dapat diartikan alam atau kekuasaan, yang berarti mereka percaya bahwa sumber daya alam adalah sumber kekayaan. Dan alam akan menentukan kehidupan manusia, semua sumber daya alam harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Maka kemakmuran didapatkan apabila manusia dapat mengelola sumber daya alam dengan sebaik mungkin.
Aliran Merkantilisme: Aliran ini menitikberatkan kepada hubungan antara negara, negara maju melakukan perdagangan antara negara dan apabila negara tersebut makmur dan kaya dapat menjajah negara lain. Aliran ini bertolak ukur pada banyaknya emas yang didapatkan, sehingga konsep kemakmuran untuk aliran ini bertolak ukuran emas, semaki banyak emas yang dipunya maka semakin makmur.

7. Dalam merkantilisme,kemakmuran setiap negara ditentukan oleh

Dalam merkantilisme,kemakmuran setiap negara ditentukan oleh ….Pendahuluan

Merkantilisme adalah sebuah paham ekonomi bahwa emas atau komoditas yang laku sebagai standar kekayaan seseorang atau wilayah, sehingga mereka akhirnya mereka mencari emas dan kekayaan lain untuk akhirnya memperkaya kehidupan dan kesejahteraan para pencari atau penjelajah. Inilah awal dari imperialisme modern pada masa itu. Merkantilisme tidak lepas dari diblokadenya Konstantinopel oleh Turki Usmani setelah menguasai Konstantinopel pada 1453 dan perkembangan ilmu pengetahuan di masa Renaissance, yang memunculkan pelayaran dan teori heilosentris di Eropa.

Paham merkantilisme merupakan sebuah  paham yang menjadi cikal bakal dari imperialisme dan liberalisme dan sahabat bagi negara monarki absolut seperti Perancis masa Louis atau Raja Henry VII di Inggris,  Dimana awalnya menguntungkan suatu bangsa, mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dari tanah jajahan.

PEMBAHASAN

Setelah membahas mengenai dasar dari merkantilisme, maka ada beberapa kemakmuran di dalam pengertian merkantilisme. Yakni:

Banyaknya aset seperti emas atau logam mulia yang dimiliki oleh negaraEkspor di suatu negara lebih besar ketimbang impor

Di dalam merkantilisme, emas yang ditumpuk tersebut memilliki kelebihan yakni menjadikan emas sebagai modal untuk armada perang atau pelayaran dan membuka kesempatan yang lebih besar untuk perdagangan luar negeri di samping melakukan penyebaran agama. Di dalam merkantilisme corak yang paling mencolok adalah semangat 3G yakni Gold Glory dan Gospel.

Awal dari merkantilisme tidak lepas dari paham yang bernama Bullionisme. Bullionisme adalah paham yang menjadi cikal bakal merkantilisme yang mengatakan bahwa kekayaan suatu negara hanya didasarkan pada jumlah logam yang ditumpuk, baik itu emas, perak, perunggu atau logam mulia lainnya.

Bacaan lebih lanjut

https://brainly.co.id/tugas/16234301

https://brainly.co.id/tugas/17852288

https://brainly.co.id/tugas/16935251

https://brainly.co.id/tugas/16845292

—————————————–

Mata Pelajaran: Sejarah

Kelas: 11

Kategori: Merkantisme

Kata Kunci:  Merkantilisme, Emas, Logam Mulia

Merkantilisme adalah suatu teori ekonomi yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan, dan bahwa besarnya volum perdagangan global teramat sangat penting.

9. Inggris merupakan salah satu negara yang menerapkan merkantilisme. Bagaimana penerapan merkantilisme di Inggris?.

Jawaban:  Pelaksanaan merkantilisme di Inggris ditandai dengan kenaikan pajak untuk memajukan pelayaran. Pada masa pemerintahan Ratu Elisabeth I, Inggris mendirikan organisasi dagang East India Company (EIC) pada tanggal 31 Januari 1599.

Penjelasan:

10. Bagaimana konsep merkantilisme mengenai kekayaan nasional berbeda dari pandangan sekarang

beda sama konsepnya bro

11. jelaskan cara pandang subjektivitas dalam pengaruhnya terhadap lahirnya paham merkantilisme

merkantilisme berarti pusat perdangangan dunia berada di eropa. tentu ini menguntungkan bagu bangsa eropa namun merugikan bangsa bangsa lain

12. 2. Tuliskan dan jelaskan perbedaan pandangan Merkantilisme mengenai perdagangan dengan pandangan Adam Smith.

Penjelasan:

.jwjsdbiewksjehuejejenejwwj

13. Perbedaan pandangan tokoh tokoh merkantilisme

Jawaban: Ada 5 tokoh yng menjelaskan tentan MERKANTILISME

Penjelasan:

Jean Bodin (1530 – 1596) adalah ilmuwan Prancis, orang pertama yg secara sistematis menyajikan teori tentang uang & harga. Menurut Boudin, bertambahnya uang yang diperoleh dari perdagangan luar negeri dapat menyebabkan naiknya harga-harga. Berdasarkan teori Boudin inilah Irving Fisher mengembangkan teori Kuantitas Uang.

Thomas Mun (1571 – 1641) seorang saudagar kaya dari Inggris menulis tentang manfaat perdagangan luar negeri. Dalam buku-buku yang ditulisnya memuat tentang manfaat perdagangan luar negeri, sebagaimana yang dikutip dari aslinya oleh Edmund Whittaker (1960) dari bukunya yang kedua, Mun menulis : the ordinary means therefore to encreas our wea
lth and treasure is by foreign trade, wherein we must ever observe this rule; to sell more to strangers yearly than we consume of theirs in value…because that part of stock which is not returned to us in wares must necessarily be brought home in treasure.

Jean Babtis Colbert ( 1619 – 1683) adalah pejabat Perancis yaitu menteri utama dibidang ekonomi & keuangan dlm pemerintahan Raja Louis xvi. Pada masa ini perdagangan dianggap sumber utama kemakmuran, konsekuensinya, kedudukan kaum saudagar semakin penting. Terjadi aliansi antara saudagar & penguasa. Kaum saudagar memperkuat & mendukung kedudukan penguasa. Penguasapun memberi bantuan & perlindungan berupa monopoli, proteksi, dan keistimewaan-keistimewaan lainnya.

Sir William Petty (1623 – 1687) mengajar di Oxford University dan banyak menulis tentang politik. Petty menganggap penting arti bekerja ( labor ) jauh lebih penting dari sumber daya tanah. Bukan jumlah hari kerja yang menentukan nilai suatu barang, melainkan biaya yang diperlukan untuk menjaga agar para pekerja tersebut dapat tetap bekerja. Bagaimana pula pendapatnya tentaang uang ? Menurut Petty, uang diperlukan dalam jumlah secukupnya, tetapi lebih atau kurang dari yang diperlukan bisa mendatangkan kemudharatan. Dalam kalimatnya sendiri: “money is fat the body-politick, where of too much doth as often hinder its agility, as too little makes sick!”

David Hume ( 1711-1776)  Dikenal sebagai seorang filsuf daripada pakar ekonomi. Tapi kontribusinya terhadap dunia ekonomi cukup besar. Hal ini disebabkan karena Hume dan Smith sering mendiskusikan tentang pandangan-pandangannya bersama-sama. Hume menulis buku of the balance of trade, membicarakan tentang harga-harga yg sebagian dipengaruhi oleh jumlah barang dan sebagian lagi ditentukan oleh jumlah uang.

14. jelaskan cara pandang subjektivitas dalam pengaruhnya terhadap lahirnya paham merkantilisme​

Jawaban:

Pemikiran renaissance di Eropa melahirkan revolusi salah satunya adalah revolusi perdagangan. Kemajuan ini membangkitkan keuangan negara serta terjadi banyak pembangunan bank. Keuangan yang semakin meningkat melalui sistem perpajakan ini kemudian memberikan izin dibentuknya kongsi dagang untuk memaksimalkan perdagangan internasional. Karena sumber daya alam di Eropa terbatas, maka mereka menjajah negara lain yang kemudian dijadikan sumber untuk memenuhi kurangnya sumber daya tersebut. Hal ini menyebabkan munculnya kolonialisme dan imperialisme terhadap negara-negara Asia.

Penjelasan:

Merkantilisme merupakan sebuah usaha bangsa Eropa untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya melalui perdagangan internasional dengan cara menjajah negara lain.

Merkantilisme menyebabkan munculnya mata uang sebagai alat tukar, perdagangan surat berharga (saham, forex) serta perusahaan asuransi.

Materi tentang merkantilisme dapat disimak pada link berikut ini https://brainly.co.id/tugas/24250433

#BelajarBersamaBrainly

15. bagaimanakah pandangan paham merkantilisme tentang kesejahteraan suatu bangsa

paham merkantilisme memandang kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh negara yang bersangkutan

16. Jelaskan cara pandang subjektivitas dalam pengaruhnya terhadap lahirnya paham merkantilisme

Merkantilisme berarti pusat perdangangan dunia berada di eropa. tentu ini menguntungkan bagu bangsa eropa namun merugikan bangsa bangsa lain

17. Dalam merkantilisme, kemakmuran setiap negara ditentukan oleh …..

Jawaban:Dilansir dari Encyclopedia Britannica, dalam merkantilisme, kemakmuran setiap negara ditentukan oleh volume kerja sama internasional yang dijalin negara tersebut

Penjelasan:

18. negara negara pelopor merkantilisme

spanyol raja thomas perancis.spanyol.potrugis.inggris.jerman dan belanda

19. bagaimanakah pandangan paham merkantilisme tentang kesejahteraan suatu bangsa

Bahwa logam mulia atay emas menjadi patokan sejahteranya suatu bangsaBahwa logam mulia atay emas menjadi patokan sejahteranya suatu bangsa

20. jelaskan pandangan utama dari paham masa merkantilisme​

Apa ini? Jika mengacu pada pengertiannya, paham atau teori merkantilisme mengasumsikan kesejahteraan suatu negara hanya ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang disimpan oleh suatu negara, serta besarnya volume perdagangan internasional yang dilakukan negara tersebut.

maaf kalo salah

Video Terkait

Bagikan: