Dampak Positif Dan Negatif Mobilitas Sosial

Fatih.co.id

Dampak Positif Dan Negatif Mobilitas Sosial
Dampak Positif Dan Negatif Mobilitas Sosial

mobilitas sosial dapat berdampak positif juga dapat berdampak negatif analisis dampak positif adanya mobilitas sosial​

1. mobilitas sosial dapat berdampak positif juga dapat berdampak negatif analisis dampak positif adanya mobilitas sosial​

MobilitasSosial

Secara alamiah, sebagian besar individu berlomba-lomba merubah posisi sosialnya dan mencapai puncak hirarki sosial, tujuannya bisa bermacam-macam: ada yang ingin mendapatkan pengakuan oleh masyarakat luas (status sosial), ada yang ingin keluarganya dihormati, dan lain sebagainya.

Dampak Positif Mobilitas Sosial

• Mendorong seseorang untuk menjadi lebih maju karena adanya kesempatan untuk pindah strata.

• Mempercepat tingkat perubahan nasional ke arah yang lebih baik.

• Apabila penyesuaian dapat dilakukan, akan meningkatkan integrasi sosial.

2. dampak positif dan negatif terhadap adanya mobilitas sosial

dampak positif
Mobilitas sosial akan leb
ih mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah lebih baik.
dampak negatif
Konflik antargenerasi
Konflik antargenerasi terjadi antara generasi tua yang mempertahankan nilai-nilai lama dan generasi muda yang ingin mengadakan perubahan. Misalnya : pergaulan bebas yang saat ini banyak dilakukan kaum muda di Indonesia sangat bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut generasi tua.

3. Dampak mobilitas sosial (positif & negatif)

Jawaban:

Dampak Positif :

Mendorong orang untuk lebih berprestasiMempercepat terjadinya perubahan sosial ke arah yang lebih baikMeningkatkan integrasi sosial

Dampak Negatif :

Konflik antarkelas, dalam masyarakat terdapat lapisan² sosial karena ukuran² seperti kekayaan, kekuasaan, dan pendidikanKonflik antarsosial, di dalam masyarakat terdapat pula kelompok sosial yang beraneka ragamKonflik antargenerasi, terjadi antara generasi tua yang mempertahankan nilai² lama dan generasi muda yang ingin mengadakan perubahanBerkurangnya rasa solidaritas kelompok

Penjelasan Mobilitas Sosial :

Mobilitas sosial adalah perpindahan individu atau kelompok dari satu lapisan sosial ( Strata sosial ) ke lapisan sosial yang lain

Kelas : VIII

Mapel : Ips

Bab   : Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial Budaya Dan Kebangsaan

Kode kategorasi : Pengaruh atau dampak mobilitas sosial dalam kehidupan sosial budaya masyarakat dan Pengertian Interaksi sosial dan mobilitas sosial

#sejutapohon

Semoga bermanfaat 🙂

Sip ^_^

Jawabannya:

1. Dampak Positif.

A. Seseorang akan berusaha untuk unggul karena ada peluang untuk melakukannya.

B. Mobilitas sosial mempercepat laju perubahan sosial dalam masyarakat menuju arah yang lebih baik.

2. Dampak Negatif.

A. Konflik antar kelas yang terjadi karena konflik kepentingan antar kelas sosial.

B. Konflik antar kelompok yang terjadi karena perjuangan untuk peluang mobilitas yang melibatkan agama, kelas, ras, dan etnis.

Semoga bermanfaat.

4. jelaskan dampak positif dan dampak negatif dalam mobilitas sosial​

Jawaban:

dampak positifnya konflik antar invidu,konflik antar kelas,dan konflik antar generasi,sedangkan dampak negatifnya timbulnya konflik, berkurangnya solidaritas kelompok,dan gangguan penyakit psikologis

Penjelasan:

jadikan Jawaban terbaik ya

5. sebutkan dampak positif dan negatif mobilitas sosial​

Dampak positif mobilitas sosial :

-Meningkatkan produktivitas

-perubahan sosial lebih baik

-Integrasi sosial meningkat

dampak negatif :

-Terjadinya konflik, baik antar kelas atau antar kelompok sosial,

-Rasa solidaritas yang berkurang akibat ingin menjadi yang terbaik

-Rasa takut yang timbul jika jabatannya turun, atau bahkan mengakibatkan stres/depresi

6. apa dampak negatif dan positif dari mobilitas sosial​

Apa dampak negatif dan positif dari mobilitas sosial​Pendahuluan

Mobilitas sosial atau gerak sosial merupakan suatu perubahan, pergeseran, peningkatan atau penurunan status, serta peran dari anggotanya. Jika mobilitas sosial terjadi hal ini dapat mendorong integrasi sosial. Dikatakan seseorang melakukan mobilitas sosial ialah ketika orang tersebut akan memasuki kelompok sosial baru dengan menyesuaikan diri terhadap nilai dan norma yang berlaku pada kelompok tersebut. Sesuai dengan soal yang akan dibahas dampak dari suatu mobilitas sosial seperti apa saja ? mari kita simak.

PembahasanDampak Positif mobilitas sosial

Dengan adanya penyesuaian diri terhadap lingkungan baru atau kelompok baru, hal ini dapat menjadikan suatu tempat untuk belajar berkomunikasi yang lebih baik lagi kepada seseorang dari penyesuaian yang dilakukan.

Kesempatan yang didapatkan ketika melakukan mobilitas sosial dapat mendorong seseorang untuk lebih bekerja keras dan bersaing pada lingkungannya yang baru atau motivasi untuk lebih maju.

Masyarakat akan lebih terarah kepada hal yang lebih baik karena mobilitas sosial akan mempercepat tingkat perubahan sosial.

Dampak negatif mobilitas sosial

Berkurangnya solidaritas kelompok, jika seseorang melakukan mobilitas sosial ia akan cenderung jauh dari kelompok yang sebelumnya menjadi lingkungannya.

Seseorang yang melakukan mobilitas sosial akan mengalami gangguan psikologis jika ia tidak bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru ia alami seperti halnya turun jabatan.

Terjadinya konflik antar kelas sosial yang dialami pada seseornag yang melakukan mobilitas sosial seperti perbedaan kepentingan hal ini akan memicu terjadinya suatu konflik.

Kesimpulan

Kesimpulan dari dampak positif dan dampak negatif adalah dapat dilihat dari masing – masing kepribadian seseorang jika dihadapkan pada suatu kelompok baru. Apakah ia dapat menyesuaikan diri atau malah menjadi tertekan karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Demikian kesimpulan yang dapat kakak berikan semoga membantu ya. Terimakasih

———————————————————————————————

Detil jawaban

Kelas : VII SMP

Mapel : IPS

Bab : Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan

Kode : 2.1.7

Kata kunci : Mobilitas sosial, sosiologi, dampak positif, dampak negatif.

Jawaban:

dampak negatif dan positif dari mobilitas sosial adalah:

dapat menimbulkan terjadinya berbagai jenis konflik baik konflik antar kelas,antar kelompok sosial,maupun antar generasi.dapat menyebabkan gangguan psikologis akibat ketidakmampuan dalam menghadapi mobilitas sosial

Penjelasan:

and maaf kalo salah yaaa

7. apa dampak positif dan negatif dari terjadinya mobilitas sosial ?

Dampak Positif

1). Mau berusaha untuk maju

2). Mempercepat perubahan sosial

Dampak Negatif

1). Menimbulkan Kecemasan dan ketegangan

2). Merenggangnya Hubungan

3). Menimbulkan pertentangan atau konflik antarpribadi

4). Menimbulkan konflik antarkelas

5). Menimbulkan konflik antarkelompok

6). Menimbulkan konflik antargenerasi

semoga membantu :)Dampak positif mobilitas sosial, antara lain:

1). Penyesuaian kembali. Setiap konflik pada dasarnya menginginkan untuk menguasai dan mengalahkan lawan. Bagi pihak-pihak yang berkonflik, apabila menyadari bahwa konflik tersebut akan lebih banyak merugikan kelompoknya, maka akan timbul penyesuaian kembali yang didasari oleh adanya rasa toleransi atau rasa saling menghargai. Penyesuaian seperti ini disebut sebagai akomodasi.

2). Orang-orang akan mengupayakan agar dapat meraih prestasi dan berusaha untuk bias menjadi lebih maju karena mereka memiliki kesempatan untuk melakukan perpindahan strata. Kesempatan ini mendorong orang untuk mau bersaing dan bekerja keras agar dapat naik ke strata atas. Misalnya : Seorang anak miskin berusaha belajar dengan giat agar mendapatkan keka4 pada masa depan.

3). Mobilitas sosial akan lebih mempercepat tingkat p
erubahan sosial masyarakat ke arah lebih baik

Dampak negatif mobilitas sosial
. Konflik antarkelas
Dalam masyarakat terdapat lapisan-lapisan sosial, yang dipengaruhi oleh kekayaan, kekuasaan, dan pendidikan. Kelompok yang terdapat di dalam lapisan-lapisan itu disebut sebagai kelas sosial. Apabila terjadi perbedaan kepentingan antara kelas-kelas sosial yang ada di masyarakat dalam mobilitas sosial maka akan muncul konflik antarkelas. Misalnya : demonstrasi buruh yang menuntut kenaikan upah menggambarkan konflik antara kelas buruh dengan pengusaha.

2). Konflik antarkelompok sosial
Terdapat kelompok sosial yang beraneka ragam dalam masyarakat. Di antaranya kelompok sosial berdasarkan ideologi, profesi, agama, suku, dan ras. Apabila salah satu dari kelompok tersebut berusaha untuk menguasai kelompok lainnya atau terjadi pemaksaan maka dapat menimbulkan konflik. Misalnya : tawuran pelajar dan perang antarkampung.

3). Konflik antargenerasi
Konflik antargenerasi terjadi antara generasi tua yang mempertahankan nilai-nilai lama dan generasi muda yang ingin mengadakan perubahan. Misalnya : pergaulan bebas yang saat ini banyak dilakukan kaum muda di Indonesia sangat bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut generasi tua.

8. Sebutkan dampak mobilitas sosial, positif maupun negatif!

          Dampak positif dan negatif mobilitas sosial adalah :  

Mendorong seseorang untuk menjadi lebih maju karena adanya kesempatan untuk pindah strata. Mempercepat tingkat perubahan nasional ke arah yang lebih baik. Apabila penyesuaian dapat dilakukan, akan meningkatkan integrasi sosial. Dapat menimbulkan terjadinya berbagai jenis konflik, baik konflik antar kelas, antar kelompok sosial, maupun antar generasi. Dapat menyebabkan gangguan psikologis akibat ketidakmampuan dalam menghadapi mobilitas sosial.

Pembahasan

          Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain. Seseorang yang mengalami perubahan kedudukan (status) sosial dari suatu lapisan ke lapisan lain baik menjadi lebih tinggi maupun menjadi lebih rendah dari sebelumnya atau hanya berpindah peran tanpa mengalami perubahan kedudukan disebut mobilitas sosial. Mobilitas sosial terdiri dari 2 jenis, Mobilitas Vertikal dan Mobilitas Horizontal.

Pelajari juga tentang contoh mobilitas sosial, baca di brainly.co.id/tugas/3094912  

           Mobilitas Sosial selalu dapat terjadi dalam 3 kemungkinan, yaitu mobilitas sosial ke atas (Social Climbing), mobilitas sosial ke bawah (Social Sinking), dan mobilitas sosial ke samping (Mobilitas Horizontal). Sehingga dengan adanya 3 kemungkinan tersebut, dampak dari mobilitas sosial dapat terjadi secara positif dan negatif.

Pelajari juga tentang faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial, baca di https://brainly.co.id/tugas/7834850  

Dampak Positif Mobilitas Sosial

Mendorong seseorang untuk menjadi lebih maju karena adanya kesempatan untuk pindah strata. Mempercepat tingkat perubahan nasional ke arah yang lebih baik. Apabila penyesuaian dapat dilakukan, akan meningkatkan integrasi sosial.

Dampak Negatif Mobilitas Sosial

Dapat menimbulkan terjadinya berbagai jenis konflik, baik konflik antar kelas, antar kelompok sosial, maupun antar generasi. Dapat menyebabkan gangguan psikologis akibat ketidakmampuan dalam menghadapi mobilitas sosial. Pelajari juga tentang contoh mobilitas horizontal, baca di https://brainly.co.id/tugas/12720314  

Detail Jawaban

Kelas          : VIII

Mapel         : Ilmu Pengetahuan Sosial

Bab            : Bab 2 – Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan

Kode          : 8.10.2

Kata Kunci : Dampak positif adanya mobilitas sosial, dampak negatif adanya mobilitas sosial

9. Sebutkan dampak positif dan negatif mobilitas sosial​

Jawaban:

Positif

Dampak positif mobilitas sosial yang pertama adalah adanya usaha dari masyarakat untuk maju dan berkembang. Hal ini berkaitan dengan keinginan seseorang dalam masyarakat untuk bergerak dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainya

Negatif

Dampak negatif pertama dari mobilitas sosial adalah adanya konflik antar individu yang terjadi dalam sebuah tingkatan sosial. Konflik ini dapat terjadi karena adanya penolakan masyarakat pada individu yang tergabung dalam suatu kelompok

10. jelaskan dampak positif dan dampak negatif dalam mobilitas sosial​

Jawaban:

Tiga dampak negatif dari mobilitas sosial adalah timbulnya konflik, berkurangnya solidaritas kelompok dan timbulnya gangguan psikologis. Setiap mobilitas sosial akan menimbulkan peluang terjadinya penyesuaian-penyesuaian atau justru akan menimbulkan konflik.

Berikut ini beberapa dampak positif terjadinya mobilitas sosial.

Mendorong Kemajuan Seseorang. Mobilitas sosial mengakibatkan status sosial seseorang yang tadinya rendah menjadi lebih meningkat. …

Mempercepat Perubahan Sosial. …

Meningkatkan Integrasi Sosial. …

Terjadinya Konflik. …

Memengaruhi Kesehatan.

Penjelasan:

MAAF KALO SALAH

JADIKAN JAWABAN TERCERDAS Y KAK 🙂

11. Sebutkan dampak positif dan negatif mobilitas sosial

Sebutkan dampak positif dan negatif mobilitas sosialJawabanPendahuluan

Mobilitas sosial atau gerak sosial merupakan suatu perubahan, pergeseran, peningkatan atau penurunan status, serta peran dari anggotanya. Jika mobilitas sosial terjadi hal ini dapat mendorong integrasi sosial. Dikatakan seseorang melakukan mobilitas sosial ialah ketika orang tersebut akan memasuki kelompok sosial baru dengan menyesuaikan diri terhadap nilai dan norma yang berlaku pada kelompok tersebut. Sesuai dengan soal yang akan dibahas dampak dari suatu mobilitas sosial seperti apa saja ? mari kita simak.

Pembahasan

Dampak Positif mobilitas sosial

Dengan adanya penyesuaian diri terhadap lingkungan baru atau kelompok baru, hal ini dapat menjadikan suatu tempat untuk belajar berkomunikasi yang lebih baik lagi kepada seseorang dari penyesuaian yang dilakukan. Kesempatan yang didapatkan ketika melakukan mobilitas sosial dapat mendorong seseorang untuk lebih bekerja keras dan bersaing pada lingkungannya yang baru atau motivasi untuk lebih maju.Masyarakat akan lebih terarah kepada hal yang lebih baik karena mobilitas sosial akan mempercepat tingkat perubahan sosial.

Dampak negatif mobilitas sosial

Berkurangnya solidaritas kelompok, jika seseorang melakukan mobilitas sosial ia akan cenderung jauh dari kelompok yang sebelumnya menjadi lingkungannya.Seseorang yang melakukan mobilitas sosial akan mengalami gangguan psikologis jika ia tidak bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru ia alami seperti halnya turun jabatan.Terjadinya konflik antar kelas sosial yang dialami pada seseornag yang melakukan mobilitas sosial seperti perbedaan kepentingan hal ini akan memicu terjadinya suatu konflik.Kesimpulan

Kesimpulan dari dampak positif dan dampak negatif adalah dapat dilihat dari masing – masing kepribadian seseorang jika dihadapkan pada suatu kelompok baru. Apakah ia dapat menyesuaikan diri atau malah menjadi tertekan karena tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Demikian kesimpulan yang dapat kakak berikan semoga membantu ya. Terimakasih

Pelajari lebih lanjutApa pengertian mobilitas sosial https://brainly.co.id
/tugas/6365322Sebutkan 6 contoh mobilitas sosial https://brainly.co.id/tugas/12721317———————————————————————————————Detil jawabanKelas : VIII SMPMapel : IPSBab : Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kehidupan Sosial dan KebangsaanKode : 8.10.2Kata kunci : Mobilitas sosial, sosiologi, dampak positif, dampak negatif.Dampak positif
a) mendorong seseorang untuk lebih maju
b) mempercepat tingkat perubahan sosial. masyarakat ke Arah yang lebih baik
c) meningkatkan intregrasi sosial

Sampai Negatif
a) memicu terjadinya konflik ,beberapa konflik tersebut antara lain :
-1.konflik antar kelas
-2.konflik antar kelompok sosial
-3.konflik antar Generasi
b) Berkurang nya solidaritas kelompok
c) Timbulnya gangguan psikologis

Semoga membantu 🙂
Di like ya jadikan jawaban yang terbaik
makasih

12. sebutkan dampak positif dan dampak negatif dari mobilitas sosial

Positif;mendorong sesuatu untuk leboh maju
2.mempercepat timgkat perubahan sosial
3.meningkayan integrasi sosial
Negati:
1.terjadinya konflik
2.gangguan psikologis

13. Dampak positif dan dampak negatif dari terjadinya mobilitas sosial

dampak positif
– penyesuaian kembali
– orang akan menjadi lebih maju
– mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yg lebih baik

dampak negatif
– konflik antarkelas
– konflik antarkelompok sosial
– konflik antargenerasi

moga membantu..Dampak positif mobilitas sosial:
* mendorong seseorang untuk lebih maju
*mempercepat tingkat perubahan sosial
*meningkatkan integrasi sosial.

Dampak negatif mobilitas sosial:
*terjadinya konflik
*gangguan psikologi.

maaf kalau salah

14. dampak positif dan dampak negatif saluran mobilitas sosial​

a. Dampak positif

terjadinya struktur sosial yang adil. terbentuknya masyarakat modern. struktur sosial menjadi lebih fleksibel terwujudnya masyarakat ahli.

b. Dampak negatif

adanya gejala mencari jalan pintas dan penyelewengan. adanya rasa ketidakpuasan dan ketidakbahagiaan. kecemasan dan ketegangan Mempelajari peran baru. munculnya gejala alienasi/perasaan tegang. munculnya gejala depresi dan frustasi.

15. Tuliskan: a. Dampak positif dari mobilitas sosial !b. Dampak negatif dari mobilitas sosial !​

Jawaban:a. Dampak Positif : 1. Mendorong seseorang untuk lebih maju.

2. Mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik.

3. Meningkatkan integrasi sosial.

b. Dampak Negatif : 1. Timbulnya konflik

2. Berkurangnya solidaritas kelompok.

3. Timbulnya gangguan psikologis.

Penjelasan:

16. sebutkan dampak positif dan dampak negatif mobilitas sosial​

Jawaban:

Dampak positif dan negatif mobilitas sosial adalah :

Mempercepat tingkat perubahan nasional ke arah yang lebih baik. Apabila penyesuaian dapat dilakukan, akan meningkatkan integrasi sosial. Dapat menimbulkan terjadinya berbagai jenis konflik, baik konflik antar kelas, antar kelompok sosial, maupunantargenerasi.

Jawaban:

Dampak positif dan negatif mobilitas sosial adalah :

DAMPAK POSITIFNYA:Mempercepat tingkat perubahan nasional ke arah yang lebih baik. Apabila penyesuaian dapat dilakukan, akan meningkatkan integrasi sosial.

DAMPAK NEGATIFNYA:Dapat menimbulkan terjadinya berbagai jenis konflik, baik konflik antar kelas, antar kelompok sosial, maupun antar generasi.

17. -Faktor penghambat mobilitas sosial -Saluran mobilitas sosial -Dampak mobilitas sosial *positif *negatif​

Jawaban:

– faktor penghambat mobilitas sosial yaitu (1) kemiskinan (2) diskriminasi kelas (3) perbedaan ras dan agama

– Mobilitas sosial dapat terjadi karena melalui saluran yang ada. Menurut Pitrim A. Sorokin saluran mobilitas terdiri dari angkatan bersenjata, lembaga pendidikan, lembaga keagamaan, organisasi politik, organisasi ekonomi, organisasi profesional dan pernikahan

– Berikut ini beberapa dampak positif terjadinya mobilitas sosial.

(1) Mendorong Kemajuan Seseorang

(2) Mempercepat Perubahan Sosial. …

(3) Meningkatkan Integrasi Sosial

berikut ini beberapa dampak negatif terjadinya mobilitas sosial

(1) terjadinya konflik

(2) memengaruhi kesehatan

18. Contoh dampak positif mobilitas sosial dan dampak negatif mobilitas sosial, masing-masing 1 di setiap item

•Dampak positif mobilitas sosial yang pertama -adalah adanya usaha dari masyarakat untuk maju dan berkembang

-Mempercepat tingkat perubahan nasional ke arah yang lebih baik.

•Dampak Negatif

-Berkurangnya solidaritas kelompok dan

-Timbulnya gangguan psikologis

19. jelaskan dampak positif dan negatif mobilitas sosial​

Dampak positif

1. ) mendorong seseorang untuk lebih maju

EX = sesudah kemerdekaan atau sekarang banyak rakyat kecil yang beralih menjadi pemimpin.

2. ) percepatan tingkat perubahan sosial…

EX = indonesia sedang mengancam perubahan masyarakat dari masyarakat agraris kemasyarakatan industri…

3. ) peningkatan integrasi sosial dalam suatu masyarakat dapat meningkatkan integrasi sosial ..

Dampak negatif

1. ) terjadi konflik

EX perjuanngan antara pantai politik untuk menang dalam pilpres 2019

2. ) ganguan psi kologis

EX = hilangkan jabatan karena pensiun dsb mudah gelisah dan stres akan mengakibatkan darah tinggi dll……

SEMOGA MEMBANTU.

MAAF KALAU SALAH.

JANGAN LUPA FOLLOW YAH.

20. Apa saja dampak positif dan negatif mobilitas sosial.

Dampak Positif Mobilitas Sosial

Berikut ini beberapa dampak positif terjadinya mobilitas sosial.

1. Mendorong Kemajuan Seseorang

2. Mempercepat Perubahan Sosial

3. Meningkatkan Integrasi Sosial

Dampak Negatif Mobilitas Sosial

Berikut ini beberapa dampak negatif terjadinya mobilitas sosial.

1. Terjadinya Konflik

2. Memengaruhi Kesehatan

maaf kalo salah

Video Terkait

Bagikan: