Dasar Hukum Perlindungan Dan Penegakkan Hukum

Fatih.co.id

Dasar Hukum Perlindungan Dan Penegakkan Hukum

dasar hukum perlindungan dan penegakkan hukum

Daftar Isi

1. dasar hukum perlindungan dan penegakkan hukum

dasar hukum perlindungan dan penegakan hukum di indonesia adalah Pancasila dan UUD 1945

Semoga membantu, Merdeka

2. Dasar hukum perlindungan dan penegakkan hukum?​

Jawaban:

memberikan perlindungan

Penjelasan:

memberikan perlindungan, keadilan, dan tanggung jawab atas tugas atau kewajiban yang harus dilakukan

3. apa dasar hukum perlindungan dan penegakkan hukum di indonesia sebutkan?​

Jawaban:

Dasar hukum peelindungan dan penegakkan hukum di Indonesia adalah Undang-undang.

Penjelasan:

Dasar hukum perlindungan dan penegakan hukum di Indonesia tentu saja adalah Undang-Undang. “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjungjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualiannya.”

4. apa hubungan penegakkan hu
kum dengan perlindungan hukum?

takono pak polisi………….

5. Apa hakikat perlindungan dan penegakkan hukum?

kepentingan manusia yg bukan pedoman tentang bagaimana sepatutnya org harus bertindak

6. apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakkan hukum?

Perlindungan Hukum adalah  memberikan pengayoman kepada hak asasi manusia yang dirugikan orang lain dan perlindungan tersebut diberikan kepada masyarakat agar mereka dapat menikmati semua hak-hak yang diberikan oleh hukum.

7. mengapa perlindungan hukum tidak akan terwujud apabila penegakkan hukum tidak dilaksanakan?

karena hukum merupakan peradilan terpenting untuk negara jika tidak ada hukum makan negara kita tidak akan ada aturan sehingga negara kita bisa hancur

8. Apa saja dasar hukum yang mengatur perlindungan dan penegakkan ham di indonesia

UUD 1945 pasal 28, 28A-28J
UU No. 39 tahun 1999 tentang HAM

9. yang dimaksud perlindungan dan penegakkan hukum ?

           Yang dimaksud perlindungan hukum adalah bahwa dalam proses penegakan hukum, hukum berperan untuk melindungi, menjamin, serta memelihara seluruh kepentingan masyarakat yang heterogen.

           Yang dimaksud penegakan hukum adalah bahwa dalam proses penegakan hukum, hukum berperan untuk menegakan dan memastikan berfungsinya norma-norma hukum agar setiap bentuk pelanggaran memiliki pedoman khusus untuk dapat diselesaikan dan ditangani.

Pembahasan

PERLINDUNGAN HUKUM

Maksud perlindungan hukum yaitu, bahwa dalam proses penegakan hukum, hukum berguna untuk melindungi masyarakat. Sehingga seluruh kepentingan masyarakat yang heterogen dapat terjamin dan terpelihara.

PENEGAKAN HUKUM

Maksud penegakan hukum yaitu, bahwa dalam proses penegakan hukum, hukum berguna untuk menegakan atau memastikan berfungsinya norma-norma hukum secara nyata. Sehingga setiap bentuk pelanggaran dapat memiliki pedoman khusus dalam penanganannya dan penyelesaiannya. Pelajari Lebih Lanjut :Perlindungan dan Penegakan Hukum, baca di https://brainly.co.id/tugas/1401976  Hakikat perlindungan dan penegakan hukum, baca di https://brainly.co.id/tugas/17065492  Makna perlindungan dan penegakan hukum, baca di https://brainly.co.id/tugas/17733030  
Detail Jawaban

Kelas         : XI

Mapel        : PPKn

Bab            : Kelas 11 PPKn Bab 2 – Menelaah Ketentuan Konstitusional Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Kode         : 11.9.2  

Kata Kunci :  Fungsi Hukum, Perlindungan Hukum, Penegakan Hukum, Pengertian, Penjelasan.

10. apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakkan hukum?

Perlindungan adalah memberikan rasa aman pada semua orang
Penegakkan hukum yaitu memberikan sanksi yang sesuai dengan pelanggaran berdasarkan hukum yang berlakuperlindungan
perlindungan adalah melindungi segenap jiwa baik itu hewan tumbuhan dan manusia dan memberikannya rasa aman dan memberi jaminan yang aman
penegakan hukum
penegasan hukum dan upaya yang dilakukan supaya orang lain mematuhinya dengan artian orang lain dapat menerima hukuman dan sanksi yang ada dalam hukumtersebut

11. Bagaimana hubungan antara konsep penegakkan hukum dengan perlindungan hukum ? *

Jawaban:

perlindungan hukum adalah sebuah lembaga yang melindungi suatu individu atau kelompok agar terjamin perlindungan hukumnya, sedangkan penegakan hukum adalah suatu lembaga yang mengadili tindakan pelangaran hukum (mahkama agung, mahkama konstitusi)

Penjelasan:

semoga membantu 🙂

Jawaban:

membuat aturan contoh :

a. dilarang membuang sampah

b. dilarang menembang pohon Yang Ada di hutan

c. taatilah protocol kesehatan

12. Mengapa perlindungan hukum tidak akan terwujud apabila penegakkanhukum tidak dilaksanakan?​

Jawaban:

Karna Hukum dan penegakanya sendiri tidak dapat di pisahkan

Penjelasan:

Karna Hukum merupakan sebuah norma tertulis,dan bersifat mengikat dan memberi sangsi bagi pelaku pelangarnya,nah disini dapat kita simpulkan bahwa tampa adanya penegakan hukum yang tentunya dilakukan oleh aparat,serta diri sendiri maka hukum tersebut hanya sebagai peraturan tertulis yang tidak bisa melakukan penindak lanjutan.

13. 1. Jelaskan contoh kasus pentingnya perlindungan hukum dan penegakkan hukum sebagaipenegaknya perlindungan hukum2. Jelaskan contoh kasus pentingnya perlindungan hukum dan penegakkan hukum sebagaipenegaknya keadilan3. Jelaskan contoh kasus pentingnya perlindungan hukum dan penegakkan hukum sebagaipenegaknya terwujudnya perlindungan masyarakat​

Jawaban:

maaf kalau salah

Penjelasan:

Pentingnya perlindungan dan penegakan hukum untuk orang terdiskriminasi itu juga penting. Hukum harus adil diberikan kepada yang lemah tak berduit. Bukan hanya untk mereka yang berani membayar dan semacamnya.

Sebagai negara hukum, tentusaja pentingnya perlindangan dan penegakan hukum harus ditegakan oleh siapapun. Terutama untuk warga negara yang mendapatkan penyimpangan hukum, ketidaknyamanan dan ketidakadilan. Nah, pentingnya perlindungan dan penegakan hukum tersebut dapat di wujudkan dalam beberapa poin hal berikut ini.

1. Tegaknya Supremasi Hukum

2. Tegaknya Keadlian

3. Mewujudkan Perdamaian

4. Faktor Penentu Lain

Pentingnya Perlindungan Dan Penegakan Hukum

Pada dasarnya perlindungan dan penegakan hukum di Indonesia telah di atur dalam hukum tertulis (UUD 1945) yaitu :

Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.

Pasal 30 Ayat 4

Terkait dengan menjawab pertanyaan apa pentingnya penegakan hukum, maka jawabannya sama dengan apa tujuan dari hukum itu dibuat? Berikut penjelasannya :

Pentingnya perlindungan dan penegakan hukum adalah untuk menciptakan tatanan masyarakat yang adil, damai yang sejahtera dengan tanpa adanya pelanggaran HAM dan pelanggaran hukum lainnya seperti pembunuhan, penipuan dan lain sebagainya.

Biar semakin jelas, berikut adalah penjelasan yang lebih mendetail lagi.

1. Tegaknya Supremasi Hukum

Pernahkah kamu mendengar istilah supremasi hukum? Bagi kamu yang mengambil jurusan hukum pasti tahu. Bagi yang mengambil jurusan lain, belum tentu tahu. Supremasi hukum merupakan hukum yang memiliki kekuasaan mutlak dalam mengatur tindakan atau pergaulan seseorang dalam kehidupannya. Dengan kata lain bahwa semua tindakan warga negarai hingga pemerintah sekalipun berjalan sesuai dengan hukum yang telah berlaku.

2. Tegaknya Keadlian

pentingnya perlindungan dan penegakan hukum

Ilustrasi keadilan.

Pentingya pe
rlindungan dan penegakan hukum yang kedua adalah demi tegaknya keadilan. Tegaknya keadilan ini demi mewujudkan keselarasan dan keadilan bagi warga Negara. Dimana setiap warga Negara Indonesia berhak menikmati kewajiban dan mewujudkan keadilan.

3. Mewujudkan Perdamaian

Pentingnya perlindungan dan penegakan hukum tentu saja demi mewujudkan perdamaian dalam kehidupan masyarakat. Seperti yang ditegaskan oleh Soerjono Soekanto, yang menyatakan bahwa perlindungan dan penegakan hukum tidak semata-mata hukum yang berlaku. Tetapi bergantung pada beberapa faktor. Diantarannya adalah faktor hukum, faktor penegak hukum, faktor masyarakat, faktor sarana dan fasilitas hukum.

4. Faktor Penentu Lain

Bersumber dari berbagai buku hukum, faktor yang mempengaruhi pentingnya perlindungan dan penegakan hukum tidak sebatas dengan aturan hukum yang telah disebutkan di atas. ternyata juga dipengaruhi oleh banyak faktor.

14. Mengapa perlindungan hukum tidak akan terwujud apabila penegakkan hukum tidak dilaksanakan?

akan mendapat kan sansi ap bila penegak hukum tdk melaksana kan kewajibanx

maaf kalo salahkarena kedua hal tersebut berhubungan. jika kita melnggar hukum dan tidak dihukum maka negara akan menghasilkan banyak permasalahan serta masyaraka yang tidak berguna.

15. Cara perlindungan dan penegakkan hukum

-membuat aturan perundang2ngan
-mempertegas perilaku adil bagi semua hukum

Maaf kalau kurang lengkap

16. apa yang dimaksud dengan Perlindungan Penegakkan Hukum?

SUATU BENTUK PELAYANANYANG WAJIB DILAKSANAKAN OLEH APARATPENEGAK HUKUM ATAU APARAT KEAMANAN UNTUK MEMBERIKAN RASA AMAN, BAIK FISIK MAUPUN MENTAL, KEPADA KORBAN DAN SAKSI DARI ANCAMAN, GANGGUAN,TEROR, DAN KEKERASAN DARI PIHAK MANAPUN YIndonesia sendiri merupakan negara hukum yang melakukan perlindungan dan penegakan hukum. Maksud dari perlindungan yaitu pemerintah melindungi warga masyarakatnya dalam bidang hukum. Misalnya hak-hak seseorang dalam hukum, seorang saksi perlu mendapatkan perlindungan yang cukup saat menghadapi perkara. Begitu juga dengan para tersangka yang juga perlu dilindungi hak-haknya. Masyarakat yang berperkara dalam hukum mendapatkan perlindungan berdasarkan hukum yang berlaku.

Sedangkan maksud dari penegakan hukum yaitu menegakkan hukum yang berlaku di negara tersebut. Misalnya saja hukum lalu-lintas, seseorang yang yang mengendarai kendaraan bermotor perlu memiliki SIM. Jadi penegak hukum perlu menindak bagi pengendara yang belum memiliki SIM. Begitu juga bagi pelanggaran hukum yang lain juga perlu ditegakkan misalnya pada koruptor, pencuri, pembunuh berencana, dan lain-lain.

17. praktik perlindungan dan penegakkan hukum​

B. MACAM-MACAM PERLINDUNGAN HUKUM

Hakikat setiap orang berhak mendapatkan perlindungan hukum. Dari sekian banyak perlindungan hukum, terdapat beberapa diantaranya yang cukup populer dan telah akrab di telinga kita, seperti perlindungan hukum terhadap konsumen.

Selain itu, terdapat juga perlindungan hukum yang diberikan kepada hak atas kekayaan intelektual (HaKI). Pengaturan mengenai hak atas kekayaan intelektual tersebut telah dituangkan dalam sejumlah UU No. 15 Tahun 2001 Tentang Merek, UU No. 14 Tahun 2001 Tentang Paten, UU No. 29 Tahun 2000 Tentang Perlindungan varietas tanaman dan masih banyak lagi yang lainya.

Tersangka sebagai pihak yang telah melakukan perbuatan hukum juga memiliki hak atas pelindungan hukum. Perlindungan hukum terhadap tersangka diberikan berkaitan dengan hak-hak tersangka yang harus dipenuhi agar sesuai dengan produser pemeriksaan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang- undangan.

Secara umum perlindungan hukum diberikan kepada subjek hukum yang bersangkutan bersinggungan dengan peristiwa hukum. Bentuk perlindungan hukum dapat bermacam-macam, tergantung dari pihak yang berkepentingan. Sebagai contoh dalam hukum perdata ada lembaga yang namanya gijzeling, lembaga ini berfungsi untuk menahan seseorang untuk tidak keluar dari Negara tempat ia tinggal karena dikhawatirkan akan melarikan diri dari kasus yang dihadapinya dan berpotensi merugikan pihak yang mengajukan gugatan.

smoga bermanfaat

maaf jika salah

18. Pentingnya perlindungan dan penegakkan hukum

Jawaban:

Pentingnya perlindungan dan penegakan hukum di Indonesia beberapa diantaranya telah diatur dalam Pasal 28 D Ayat 1 dan Pasal 30 Ayat 4, yang berbunyi :

Pasal 28D Ayat 1 : ”Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.”

Pasal 30 Ayat 4 : “Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.”

Perlindungan dan Penegakan hukum di Indonesia pun dinilai sangat penting dan menjadi pondasi dasar dalam menunjang keberlangsungan hidup masyarakat Indonesia, sebab tanpa adanya perlindungan serta penegakan hukum maka seluruh hak warga negara akan rentan mengalami pelanggaran hak asasi baik dari kalangan sesama masyarakat hingga pemerintah, bahkan cita – cita dasar bangsa yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia tidak akan pernah tercapai apabila perlindungan dan penegakan hukum di Indonesia tidak diupayakan.

semogamembantu

maafkaloadakesalahan

terimakasih...

19. Apa yang di maksud dengan perlindungan dan penegakkan hukum ?

Jawaban:

selalu dilindungi peneggakan hukum

MAAF KALAU SALAH

20. Apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakkan hukum ? ​

Jawaban:

Perlindungan hukum adalah segala upaya yang dilakukan penegak hukum untuk melindungi hak-hak dari subjek hukum agar hak-hak tersebut tidak dilanggar. Dimana, penegakan hukum ini dijalankan sebagai upaya untuk menjalankan ketentuan hukum yang berlaku.

–•–•–•–•–•–•–

selamat mengerjakan^^

Video Terkait

Bagikan: