Faktor Yang Mempengaruhi Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem

Fatih.co.id

Faktor Yang Mempengaruhi Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem
Faktor Yang Mempengaruhi Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem

jelaskan faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati tingkat ekosistem ​

Daftar Isi

1. jelaskan faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati tingkat ekosistem ​

Jawaban :

↓↓↓↓↓↓↓↓↓

faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati yaitu :

   Iklim, Iklim adalah faktor yang sangat mempengaruhi keanekaragaman hayati. seperti temperatur udara suhu dan lain-lain.    relief tanah, relief tanah adalah tinggi rendahnya permukaan bumi yang dihitung dari permukaan air laut.    faktor tanah, jenis tanah di suatu tempat sangat mempengaruhi tumbuhan dan hewan yang terdapat di sana.

2. Jelaskan faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati tingkat ekosistem

Jawaban:

Jawaban :

iklim.

relief tanah.

faktor tanah.

Penjelasan:

maaf kalau salah

3. Jelaskan bagaimana hubungan antar faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati tingkat ekosistem

1. iklim
2. keadaan tanah
3. keadaan biotik

4. Jelaskan faktor yang menentukan keanekaragaman hayati tingkat ekosistem!​

Jawaban:

Keanekaragaman hayati tingkat ekosistem ditentukan oleh: Komponen biotik (berbagai jenis makhluk hidup) Komponen abiotik (faktor fisik: iklim, cahaya, suhu, air, tanah, dan kelembapan; dan faktor kimia: salinitas, tingkat keasaman, dan kandungan mineral).

Jawaban:

Keanekaragaman hayati tingkat ekosistem ditentukan oleh: Komponen biotik (berbagai jenis makhluk hidup) Komponen abiotik (faktor fisik: iklim, cahaya, suhu, air, tanah, dan kelembapan; dan faktor kimia: salinitas, tingkat keasaman, dan kandungan mineral).

Penjelasan:

maaf klo salah

5. keanekaragaman hayati tingkat ekosistem adalah ​

Jawaban:

adalah suatu bentuk interaksi antara sebuah komunitas dengan lingkungan abiotiknya di suatu tempat tertentu dan dalam jangka waktu yang tertentu pula

semoga membantu

Oleh faktor alam dan lingkungan

Maaf kalau salah

7. sebutkan faktor yang mempengaruhi terjadinya keanekaragaman hayati tingkat jenis

faktornya tingkat jenis adalah bahwa setiap jenis memiliki keanekaragaman sendiri

8. jelaskan faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati tingkat gen !

gen2 yg terdapat dari kedua induknya melalui pewarisan sifat, dan juga kondisi lingkungan tempat hidupnya.

9. Jelaskan bagaimana hubungan antar faktor faktor yg mempengaruhi keanekaragaman hayati tingkat ekosistem!

> Faktor biotik,merupakan faktor yang dipengaruhi oleh makhluk hidup atau organisme.
>Faktor abiotik,merupakan faktor yang dipengaruhi oleh benda mati.
¤ Lingkungan abiotik sangat berpengaruh terhadap komposisi biotik suatu ekosistem,oleh karena itu, 2 wilayah dengan kondisi abiotik berbeda umum mengandung komposisi organisme yang beda pula.

10. apa yang di maksud dengan keanekaragaman hayati? bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati?

keanekaragaman yang masih hidup
Keanekaragaman hayati merupakan keanekaragaman di antara makhluk hidup dari semua sumber, termasuk di antaranya daratan, lautan, dan ekosistem akuatik (perairan) lainnya, serta komplek-komplek ekologi yang merupakan bagian dari keanekaragamannya, mencakup keanekaragaman dalam spesies, antara spesies dengan ekosistem.
Penyebab keanekaragaman hayati ada dua faktor, yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik bersifat relatif konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi (fenotipe) organisme. Sebaliknya, faktor luar relatif labil pengaruhnya terhadap morfologi (fenotipe) organisme.

11. Apa yang dimaksudkan dengan keanekaragaman hayati tingkat ekosistem dan mengapa terjadi keanekaragaman hayati tingkat ekosistem ​

Jawaban:

ekosistem merupakan suatu kesatuan yang dibentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. hubungan timbal balik ini yang akan menimbulkan keserasian hidup dalam ekosistem. setiap ekosistem memiliki ciri-ciri lingkungan fisik, lingkungan kimia, tipe vegetasi atau tumbuhan, dan tipe hewan yang spesifik. contoh keanekaragaman ekosistem yaitu ekosistem kebun dan ekosistem sawah.

12. Keanekaragaman hayati tingkat ekosistem merupakan

Keanekaragaman hayati tingkat ekosistem merupakan suatu kesatuan yang dibentuk oleh hubungan timbal balik ini yang akan menimbulkan keserasian hidup dalam ekosistem.

13. .faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati tingkat spesies

-Tempat tinggal
-Makanan
-Pemburuan liar

Semoga Bermanfaat
PS : maaf kalau salah…

14. di bawah ini faktor yang mendukung tumbuhnya keanekaragaman hayati tingkat ekosistem kecuali

Cara adaptasinya//////////Faktor pendukung keanekaragaman hayati :
1. faktor biotik (makhluk hidup) 
2. faktor abiotik (makhluk tak hidup)

15. apa pengertian keanekaragaman hayati tingkat spesies dan keanekaragaman hayati tingkat ekosistem?

Tingkat Spesies :  variasi yang terjadi dalam satu famili yang sama tapi berbeda spesies
Tingkat Ekosistem : Keanekaragaman yang timbul karena adanya interkasi antara lingkungan abiotik tertentu dengan sekumpulan makhluk hidup tertentu

16. Sebutkan contoh keanekaragaman hayati tingkat gen dan tingkat spesies yang ada di sekitarmu faktor apa saja yang mempengaruhinya

Jawaban:

contohnya:padi(padirajalele,Pandanwangi,ramos)< strong>

17. Suatu keanekaragaman pada makhluk hidup yang muncul karena ekspresi gen yang berbeda-beda adalah….Keanekaragaman hayati tingkat jenisKeanekaragaman hayati tingkat genKeanekaragaman hayati tingkat ekosistemKeanekaragaman hayati tingkat spesiesKeanekaragaman hayati​

Jawaban:

keanekaragaman hayati

18. jelaskan faktor yang menentukan keanekaragaman hayati tingkat ekosistem​

Jawaban:

faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati yaitu :

Iklim, Iklim adalah faktor yang sangat mempengaruhi keanekaragaman hayati. seperti temperatur udara suhu dan lain-lain.relief tanah, relief tanah adalah tinggi rendahnya permukaan bumi yang dihitung dari permukaan air laut.faktor tanah, jenis tanah di suatu tempat sangat mempengaruhi tumbuhan dan hewan yang terdapat di sana.

Jawaban:

1. Faktor biotik,merupakan faktor yang dipengaruhi oleh makhluk hidup atau organisme.

2. Faktor abiotik,merupakan faktor yang dipengaruhi oleh benda mati.

3. Faktor habitat

4. Faktor kontur tanah

5. Faktor iklim

19. Tolong di jawab dengan benar ya “1. Keanekaragaman berikut yang bukan merupakan macam-macam keanekaragaman hayati, yaitu… a. keanekaragaman hayati tingkat gen b. keanekaragaman hayati tingkat spesies c. keanekaragaman hayati tingkat jenis d. keanekaragaman hayati tingkat ekosistem e. keanekaragaman hayati tingkat kingdom”

E. Keanekaragaman hayati tingkat kingdom
Karena kingdom sudah memiliki bagian dan jenis tersendiri

20. Tuliskan 10 keanekaragaman hayati tingkat gen dan keanekaragaman hayati tingkat jenis dan keanekaragaman hayati tingkat ekosistem masing”10​

Penjelasan:

Keanekaragaman Tingkat Jenis

Keanekaragaman tingkat jenis merupakan variasi yang terdapat pada makhluk hidup atau antarspesies dari satu family. Contohnya, keluarga polong-polongan (fabaceae) seperti kacang tanah, kacang buncis, kacang hijau, maupun kacang kapri. Jenis kacang-kacangan ini dapat dengan mudah dibedakan karena di antara mereka ditemukan ciri khas yang sama, namun dari sisi ukuran, kebiasaan hidup, bentuk buah dan biji serta rasanya berbeda.

Keanekaragaman Tingkat Ekosistem

Pada tingkatan ini merupakan keanekaragaman yang terjadi karena interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem terdiri dari dua komponen yaitu komponen biotik (benda-benda hidup) dan abiotic (benda-benda tak hidup).

Faktor biotik maupun faktor abiotik ini sangat beragam, oleh sebab itu ekosistem yang tersusun atas dua faktor tersebut pun memiliki perbedaan antar ekosistem satu dengan ekosistem lainnya. Berbagai jenis ekosistem ini di antaranya:

Ekosistem Pantai : pada ekosistem ini didominasi oleh pohon kelapa, dan hewan-hewan seperti kepiting, serangga, maupun burung-bung pantai.

Ekosistem sawah : dalam ekosistem ini didominasi oleh tanaman padinya

Ekosistem padang rumput : pada ekosistem ini didominasi oleh rerumputan dan terdapat di daerah yang memiliki iklim cukup kering.

Ekosistem hutan tropis : ekosistem ini terdapat di daerah tropis dengan ciri khas utama tumbuhan yang beranekaragam. Ekosistem ini biasanya memiliki keanekaragaman hayati yang sangat besar salah satunya di Indonesia.

Ekosistem Padang Pasir : ciri utama dari ekosistem ini adalah adanya tumbuhan kaktus yang hanya membutuhkan sedikit air untuk hidup. hewan yang ada di sini antara lain reptil, mamalia kecil, dan berbagai jenis burung.

Video Terkait

Bagikan: