Fungsi Yang Digunakan Untuk Membuat Jurnal Umum Adalah

Fatih.co.id

Fungsi Yang Digunakan Untuk Membuat Jurnal Umum Adalah
Fungsi Yang Digunakan Untuk Membuat Jurnal Umum Adalah

fungsi yang digunakan untuk membuat jurnal umum

Daftar Isi

1. fungsi yang digunakan untuk membuat jurnal umum

Fungsi Jurnal Umum

Dari berbagai penjelasan tentang pengertian jurnal umum perusahaan maka dapat ditetapkan lima fungsi jurnal umum dalam perusahaan, yaitu:

Fungsi Historis
Fungsi Pencatatan
Fungsi Analisis
Fungsi Instuktif
Fungsi Informatif

2. fungsi yang digunakan untuk membuat jurnal umum adalah

berfungsi untuk mencatat segala pengaruh pada transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan berdasarkan bukti transaksi keuangan yang ada

3. Apa sajakah fungsi yang digunakan untuk membuat jurnal umum adalah dan bagaimana penerapannya?

Jawaban:

Tujuan Jurnal Umum

Setelah memahami definisinya, tentunya kita juga harus mengerti apa tujuan dibuatnya general ledger tersebut. Dengan adanya general ledger, maka kita dapat mengidentifikasi dan melakukan hal-hal yang berhubungan dengan transaksi keuangan, diantaranya:

Melakukan identifikasi terhadap transaksi yang terjadi

Melakukan penilaian terhadap transaksi

Melakukan pencatatan dampak ekonomi dari transaksi dalam perusahaan

Selain itu, membuat general ledger juga bertujuan untuk mempermudah proses pemindahan dampak transaksi yang terjadi ke dalam sebuah akun sesuai transaks

Penjelasan:

Prinsip Dasar Dalam Membuat Jurnal Umum

Dalam akuntansi, ada beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam membuat jurnal umum, diantaranya:

Proses identifikasi bukti transaksi keuangan yang terjadi pada suatu perusahaan. Misalnya, memo, kuitansi, nota, invoice (baca: pengertian invoice), dan lain-lain.

Menentukan akun yang mengalami pengaruh terhadap transaksi yang terjadi, dan mengklasifikasikannya dalam jenis hutang, harta, atau modal.

Menentukan apakah terjadi pengurangan atau penambahan terhadap akun yang berhubungan dengan transaksi

Menentukan apakah melakukan kredit atau mendebit akun yang berhubungan dengan transaksi.

Membuat catatan transaksi ke dalam general ledger berdasarkan bukti transaksi yang ada.

Baca juga: Pengertian Debit dan Kredit

Fungsi Jurnal Umum

Pada praktiknya, general ledger memiliki 5 fungsi penting bagi sebuah perusahaan, khususnya perusahaan jasa. Berikut penjelasannya:

1. Fungsi Historis

Dalam general ledger, semua transaksi yang terjadi dicatat berdasarkan tanggal transaksi. Dalam hal ini jurnal umum menggambarkan aktivitas suatu perusahaan setiap hari secara berurutan dan terus-menurus. Dengan kata lain, general ledger disebut memiliki fungsi historis karena dilakukaan secara kronologis dan sistematis.

2. Fungsi Pencatatan

Semua transaksi yang terjadi pada perusahaan dicatat dalam jurnal umum. Dengan begitu, maka perubahan modal, biaya, kekayaan, dan pendapatan, harus dicatat terlebih dahulu ke dalam general ledger agar pembuatan laporan keuangan perusahaan dapat dilakukan dengan baik.

3. Fungsi Analisis

Semua pencatatan transaksi yang dilakukan dalam jurnal umum adalah hasil analisis transaksi berupa kredit dan debit yang terpengaruh. Proses analisis ini meliputi penggolongan nama akun, pencatatan kredit atau debit, serta jumlah/ besar transaksi.

4. Fungsi Instruksi

Jurnal umum mempunyai fungsi instruktif dalam proses memasukkan data ke buku besar. Proses pencatatan dalam general ledger tidak hanya sebatas dokumen transaksi, namun bersifat perintah atau petunjuk kredit atau debit.

 

5. Fungsi Informatif

Di dalam general ledger terdapat informasi dan penjelasan bukti pencatatan transaksi yang terjadi pada perusahaan.

Baca juga: Pengertian Manajemen Keuangan

Manfaat Jurnal Umum

Berdasarkan fungsinya, ada beberapa manfaat jurnal umum yang bisa didapatkan oleh suatu perusahaan, diantaranya:

Untuk mendapatkan informasi tentang akan terjadinya pertambahan atau pengurangan suatu perkiraan.

Untuk mengetahui jumlah yang akan dicatat pada satu atau lebih perkiraan.

Mengetahui jumlah yang di debet atau di kredit bahwa mesti seimbang.

Untuk mengetahui jumlah yang sudah diposting ke perkiraan yang tepat pada buku besar sesuai perkiraannya dengan membuat tanda (referensi)

Untuk mengetahui jumlah yang sudah diposting ke perkiraan yang tepat pada buku besar sesuai nomor perkiraannya dengan membuat tanda (referensi).

Bentuk Jurnal Umum

Sebagai gambaran, berikut ini adalah bentuk general ledger yang banyak digunakan.

bentuk jurnal umum

Contoh bentuk general ledger

Keterangan gambar:

Kolom untuk tanggal/ bulan/ tahun aktivitas transaksi. Penulisan bulan dan tahun cukup ditulis satu kali saja setiap halaman judul, kecuali jika ada pergantian bulan/tahun.

Kolom untuk menjelaskan nomor bukti dokumen transaksi.

Diisi oleh akun yang terpengaruh akibat transaksi yang terjadi, yang akan didebet/ dikredit.

Kolom untuk kode akun yang angkanya telah dipindahkan/tertera di buku
besar.

Kolom untuk menjelaskan nilai nominal akun yang di debet.

Kolom untuk menjelaskan nilai nominal akun yang di kredit.

Kolom untuk keterangan singkat mengenai transaksi (optional).

Contoh Jurnal Umum

Sebagai ilustrasi untuk contoh jurnal umum, sebuah perusahaan bernama PT Ale Interior melakukan pencatatan transaksi pada periode Januari 2018 dengan transaksi sebagai berikut:

Tanggal 01, pembelian ATK secara tunai sebesar Rp3.000.000,-

Tanggal 05, pembayaran layanan internet secara tunai sebesar Rp500.000,-

Tanggal 10, pembayaran sewa gedung per tahun secara tunai sebesar Rp50.000.000,-

Maka bentuk jurnal umumnya adalah sebagai berikut:

contoh jurnal umum

4. 1.Jelaskan minimal tiga fungsi Excel yang digunakan dalam membuat spreadsheet tentang nota  penjualan yang disertai diskon untuk syarat tertentu!2.Apa fungsi utama kode akun dalam sistem akuntansi terkomputerisasi?3.Tuliskan komponen-komponen jurnal umum berbasis spreadsheet!4.Perlukah digunakan kalkulator saat membuat jurnal umum secara manual? Jelaskan!5.Jelaskan cara penulisan keterangan debit dan kredit pada akun dalam jurnal umum!6.Jelaskan komponen akuntansi apa saja yang dapat dibuat dalam bentuk spreadsheet!7.Dalam lembar kerja Excel, dapatkah kita mengambil data dari workbook lain? Jelaskan!8.Jelaskan cara mengakses data di suatu sel pada lembar kerja/sheet yang berbeda, tetapi dalam workbook yang sama!9.Bagaimana cara mendefinisikan range A5:C20 dengan nama AK_Debit? Jelaskan!10, Jelaskan fungsi kolom akun debi/kredit dalam jurnal umum berbasis komputer!​

Jawaban:

1. a.SUM: Berfungsi menjumlahkan semua nilai

b.MAX: Mencari nilai tertinggi

c.MIN: Berfunsi mencari nilai terendah

2. melakukan penomoran dengan menggunakan angka, huruf atau kombinasi keduanya.

3. a. TANGGAL: Tanggal terjadinya transaksi.

b. KODE PEMBANTU : Untuk membantu mencatat detail transaksi.

c. URAIAN: Mencatat uraian atau keterangan transaksi debet maupun kredit.

d. NO AKUN: Nomor akun yang di-debet.

e. NAMA AKUN : Nama akun kategori debet sesuai nomor akun.

f. DEBET : Mencatat jumlah transaksi kategori yang di-debet.

g. NO AKUN: Nomor akun yang di-kredit.

h. NAMA AKUN Nama akun kategori kredit sesuai nomor akun.

4. tidak, menggunakan fungsi tidak perlu menggunakan kalkulator karena proses aritmatika akan dihitung otomatis menggunakan rumus fungsi yang ada di microsoft excel.

5.

5. 1 Sebuah perpustakaan perguruan tinggi memiliki program peningkatan kompetensi pustakawan melalui program menulis karya ilmiah yang kemudian diterbitkan dalam bentuk jurnal ilmiah. Perpustakaan memiliki target 1 tahun menerbitkan dua jurnal. Untuk dapat mencapai target tersebut, perpustakaan membentuk tim jurnal ilmiah yang berjumlah lima orang. Lima orang ini memiliki tugas masing-masing mulai dari penyunting, penata naskah, pendaftaran ISSN, pencetakan jurnal hingga distribusi jurnal. Penerbitan jurnal ilmiah pustakawan ini didanai oleh bagian pengembangan SDM perpustakaan. Untuk memperlancar penerbitan jurnal ilmiah pustakawan, setiap akhir tahun dilakukan evaluasi untuk mengatasi kendala atau masalah yang muncul. Dari kegiatan penerbitan jurnal ilmiah pustakawan tersebut, analisislah Fungsi Manajemen yang terdapat dalam penerbitan jurnal ilmiah pustakawan! 30 2 Suatu perpustakaan sekolah ingin menerbitkan majalah sekolah. Anda mulai merencanakan penerbitan majalah dengan mengumumkan penerimaan naskah. Kemudian anda susun biaya yang dibutuhkan hingga proses cetak majalah tersebut. Setelah rencana penerbitan majalah itu anda ajukan pada atasan anda, ternyata dana untuk cetak majalah tidak ada. Namun siswa sangat antusias menyambut terbitnya majalah perpustakaan ini. Hal ini terlihat dari respon siswa dalam mengirimkan karya mereka untuk diterbitkan dalam majalah sekolah. Sehingga anda memutuskan untuk melakukan penerbitan digital. Keputusan anda ini membuat anda harus mengurutkan langkah yang harus dilakukan untuk memproduksi terbitan digital. Sebagai pustakawan, Urutkanlah proses penerbitan digital! 20 3 Anda saat ini bekerja di perpustakaan komunitas yang berlokasi di tengah-tengah pemukiman warga dengan ekonomi menengah ke bawah. Banyaknya anak usia SD dan SMP membuat perpustakaan anda selalu ramai dikunjungi. Selain sebagai tempat membaca, perpustakaan juga sebagai tempat menghabiskan waktu sembari menunggu orang tua mereka pulang ke rumah. Jika malam tiba, perpustakaan sebagai tempat bagi siapa saja yang ingin mengerjakan tugas sekolah atau sekedar belajar bersama. Keterbatasan kemampuan SDM orang tua dalam dunia pendidikan membuat anak-anak mereka memilih belajar bersama di perpustakaan. Program perpustakaan komunitas ini selain membaca, bermain dan belajar bersama anak-anak adalah mengedukasi para orang tua dalam mendidik anak. Namun karena keterbatasan waktu luang yang dimiliki oleh para orang tua, alhasil program ini hanya berjalan sebulan sekali. Para orang tuapun jarang sekali memanfaatkan perpustakaan. Mereka hanya memanfaatkan perpustakaan saat ada isu-isu yang mereka sukai ada di koran yang tersedia di perpustakaan. Bulan depan perpustakaan berencana membuat majalah perpustakaan komunitas. Sebelum menentukan isi majalah tersebut perpustakaan melakukan analisis khalayak untuk menentukan isi majalah tersebut. Dengan menggunakan konsep VALS analisislah karakteristik khalayak, kemudian tentukan konsumen majalah tersebut. 25 PUST4418 2 dari 2 4 Selama masa pandemi seperti saat ini, daya beli masyarakat menurun. Banyak sektor perdagangan mulai limbung. Seperti yang kita tahu, perusahaan makanan raksasa sekelas MCD pun tidak kuat bertahan. Bagaimana dengan pangsa pasar penerbitan? Apa yang harus dilakukan penerbitan supaya produknya tetap diminati dan memiliki daya beli? Analisislah strategi pemasaran penerbitan ditengah pandemi ini melalui konsep Bauran Pemasaran!

1. Fungsi manajemen dalam penerbitan jurnal ilmiah pustakawan adalah sebagai perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan. Fungsi-fungsi berlaku dalam semua tahapan penerbitan.

2. Dalam melakukan penerbitan digital, bisa datang langsung ke penerbit atau menggunakan software-software tertentu dalam membantu proses penerbitannya. Diantara software yang dapat digunakan adalah Calibre, Sigil, ePUBee Maker, Deepublish, dll.

3. Karakteristik khalayak menurut konsep VALS dapat dibagi menjadi tiga kategori, diantaranya:

Khalayak digerakkan kebutuhan (sudah menjadi kebutuhan dalam kesehariannya)Khalayak didorong diri sendiri ( Memiliki kesadaran pribadi akan keperluan informasi)Khalayak didorong oleh faktor eksternal (Mengikuti orang lain)

4. Bauran pemasaran merupakan suatu strategi yang menggabungkan berbagai kegiatan pemasaran dalam satu waktu dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.

Pembahasan:

Segmentasi khalayak merupakan sebuah pengelompokkan berdasarkan kategori, misalnya kelompok siswa kelas dasar, menengah, dan atas. Data yang digunakan dalam penetapan segmentasi khalayak adalah dengan menyebarkan angket.

Dalam hal penerbitan digital, berikut manfaat yang dapat dirasakan :

Hemat waktu dan tempat, catatan digital tidak akan menghabiskan ruang dalam rak buku atau tempat penyimpanan sejenis lainnya.Mudah dalam penandaan, catatan digital dengan b
erbagai fitur yang mendukung dalam software nya akan memudahkan pembaca dalam menandai kalimat-kalimat yang dirasa penting, atau untuk menandai bagian yang terakhir dibaca pun bisa.Mudah dibaca, ukuran font dalam tulisan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang Peneribit Digital brainly.co.id/tugas/9958390

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

6. 1.berikut ini adalah satu manfaat atau kegunaan kertas kerja, kecuali…a. sebagai bukti bahwa pemeriksaan telah dilakukanb. sebagai dasar penentuan besarnya honorarium dari masing masing staf yang melakukan pemeriksaanc. sebagai dasar untuk menilai kecakapan dan kemampuan dari tiap tiap staf yang melakukan pemeriksaand. untuk mendukung pernyataan pendapat auditor atas laporan perusahaan klien2. kertas kerja pada dasarnya merupakan..a. kesimpulan atas catatan catatan klien yang dibuat oleh auditor sebagai hasil dari pemeriksaan b. bukti pendukung laporan keuanganc. bukti bahwa pemeriksaan auditor telah dilakukan sesuai dengan norma norma pemeriksaan auditd. catatan yang akan digunakan sebagai dasar untuk pemeriksaan tahun berikutnya3. pencatatan pemindahan saldo akun nominal (pendapatan dab beban) ke akun modal melalui akun ikhtisar laba/rugi disebut..a. jurnal umumb. jurnal penyesuaianc. jurnal penutupd. buku besar4. menakah pernyataan berikut ini yang merupakan fungsi jurnal penutup?a. menguji kebenaran pencatatan dalam kertas kerjab. menyesuaikan saldo akun yang sesungguhnyac. memudahkan penyusnan laporan keuangand. mencatat perubahan harta, utang dan modal secara lebih rinci5. penyetoran modal oleh pemilik dalam bentuk uang tunai rp 100.000.00 didokunentasikan dengan…a. memob. bonc. fakturd. kuitansi6. menurut konversi pencatatan rekening, debet dan kredit berarti…a. aktiva dan pasivab. bertambah dan berkurangc. kekayaan dan hutangd. sisi sebelah kiri dan sisi sebelah kanan7. yang harus dilakukan sebelum membuat neraca saldo setelah adalah…a. membuat jurnal penyesuaianb. membuat jurnal pembalikc. membuat jurnal penutupd. menyusun laporan rugi/laba8. daftar yang berisi saldo sementara setiap akun buku besar pada waktu tertentu disebut..a. buku besarb. neraca saldoc. jurnal umumd. jurnal penutup9. menutup akun buku besar dalam siklus akuntansi termasuk tahap..a. analisisb. pelaporan c. pencatatand. pengikhtisaran10. kertas kerja perlu disusun sebelum menyusun laporan keuangan karena…a. berfungsi sebagai alat bantu untuk mempermudah penyusunan laporan keuanganb. tidak diperlukan untuk membantu proses penutupan akun buku besarc. untuk mengetahui jumlah saldo dan kreditd. agar mudah dalam menyusun debit dan kredit

1. A

2. A

3. C

4. B

5. D

6. B

7. C

8. D

9. D

10. D

7. 1.fungsi yang digunakan untuk membuat jurnal umum adalah…. A.sum B. average C. min D.Vlookup E. Hlookup. 2. fasilitas yang digunakan untuk memasukkan semua transaksi ke dalam jurnal umum adalah…… A. data filter B. data form C. data advance D. data short E. data validation. 3. tombol yang digunakan untuk menambah record baru adalah…. A. next B. new C. delete D. restore E. criteria. 4. fungsi yang digunakan untuk memunculkan nama akun di buku besar adalah…. A. sum B. average C. min D. Vlookup E. Hlookup pleeasee!!!! bantu ya!!!

1. D

Sum digunakan untuk menjumlahkan data sesuai range

Average digunakan untuk mencari nilai rata rata dari range

Min digunakan untuk mencari nilai terkecil dari range

Hlookup digunakan untuk mencari nilai pada kolom yang sama

2. B

Data Form digunakan untuk menambah, mengubah dan menghapus records dan menampilkannya sesuai dengan kriteria spesifik

3. B

Next digunakan untuk pindah record

Delete digunakan untuk menghapus record

Restore digunakan untuk mengembalikan record

4. D

Sum digunakan untuk menjumlahkan data sesuai range

Average digunakan untuk mencari nilai rata rata dari range

Min digunakan untuk mencari nilai terkecil dari range

Hlookup digunakan untuk mencari nilai pada kolom yang sama

Kelas : SMA

Mapel : Komputer

Kategori : Software

Kata kunci : Excel

Video Terkait

Bagikan: