Gambarlah Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Beserta Keterangannya

Fatih.co.id

Gambarlah Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Beserta Keterangannya
Gambarlah Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Beserta Keterangannya

Gambarlah sel hewan dan sel tumbuhan beserta keterangannya ​

Daftar Isi

1. Gambarlah sel hewan dan sel tumbuhan beserta keterangannya ​

Itu maaf bila kurang jelas..diurutkan ya..kalo gambar sel nya lebih jelasnya liat digoogle..penjelasannya sudah saya buat sesingkat mungkin itu ya.

semoga membantu

2. berikan gambar sel hewan dan sel tumbuhan beserta keterangannya​

Jawaban:

fungsi fungsi nya

1. membran sel sebagai pelindung

2. dinding sel sebagai pelindung

3. inti sel mengatur seluruh aktivitas sel

4. R. Endoplasma sekresi protein dan lemak

5. badan geologi sebagai pengeluaran zat

6. ribosom sintesis protein dan lemak

7. mitokondria sebagai respirasi sel

8. vakuola tempat menyimpan cadangan makanan

9. plastida tempat fotosintesis

Penjelasan:

aku cuman tahu fungsi” nya sih aku gk tau pengertian nya

kalok ad yg gk jelas tanya

maap kan tulisan ku yg jelek-,-

3. Gambar sel hewan dan sel tumbuhan beserta keterangan dan fungsi nya

itu yang bisa saya dapat

4. Buatlah gambar sel hewan dan tumbuhan beserta keterangannya

Jawaban:

jawaban ada pada gambar ya kak, maaf kk klo salah:(

jadikan jawaban terbaik yaa… 🙂

5. gambarkan stuktur bagian2 sel tumbuhan dan hewan beserta keterangan dan fungsinya.yg jawab bener dan tercepat aku jadiin jawaban terbaik. plis tolong aku

MEMBRAN SEL adalah struktur terluar dari sel hewan dan tumbuhan yang berupa membran tipis. Penyusun membran sel yakni dua lapis fosfolipid, protein integral/intrinsik, protein perifer/ekstrinsik, glikoprotein, dan glikolipid. Fungsi membran sel adalah sebagai pembatas isi sel dengan bagian luarnya, tempat pertukaran zat, dan reseptor. Materi mengenai fungsi membran sel silahkan dibaca di “Sistem Transpor pada Membran Sel”

SITOPLASMA adalah cairan yang terdapat di dalam sel dan tidak termasuk cairan di dalam inti sel. Sitoplasma disebut juga dengan protopllasma. Sitoplasma terdiri dari dari sitosol (koloid) yang di dalamnya berisi nutrien, ion, enzim, garam, senyawa organik dan anorganik, serta air. Fungsi sitoplasma adalah sebagai zat yang mengisi bagian sel, proses metabolisme, dan mempertahankan bentuk sel.

INTI SEL terdapat di semua sel kecuali sel darah merah (eritrosit). Inti sel tersusun atas membran inti yang memiliki pori, cairan di dalam inti sel disebut nukleoplasma, DNA, RNA, dan anak inti sel (nukleolus). Fungsi inti sel adalah mengatur aktivitas sel.

MITOKONDRIA adalah organel sel yang memiliki peranan penting dalam sel hewan dan tumbuhan. Struktur mitokondria terdiri dari dua lapis membran yakni membran luar dan membran dalam. Membran dalam memiliki bentuk seperti lekukan yang disebut krista. Mitokondria memiliki materi genetik DNA tersendiri. Fungsi mitokondria adalah sebagai tempat respirasi aerob dan penghasil energi. Karena mitokondria mampu menghasilkan energi, maka disebut dengan “power house of cell”.

PEROKSISOM adalah organel sel yang memiliki membran tunggal dan bentuknya mirip seperti lisosom. Peroksisom berasosiasi dengan glioksisom membentuk badan mikro. Peroksisom ditemukan di sel hewan dan tumbuhan sedangkan glioksisom hanya ditemukan di sel tumbuhan. Organel peroksisom mengandung berbagai enzim untuk membentuk peroksida (H2O2). Fungsi peroksisom adalah penghasil enzim katalase untuk menguraikan peroksida.

GLIOKSISOM adalah organel sel yang termasuk badan mikro yang ditemukan di sel tumbuhan. Organel ini mengandung enzim untuk daur glikolat serta enzim penting lainnya untuk metabolisme.

MIKROTUBUL adalah struktur yang berbentuk silinder, berongga, tidak bercabang, tidak bermembran yang tersusun atas protein. Fungsi mikrotubul adalah sebagai pembentuk silia, sentriol, dan benang spindel.

MIKROFILAMEN disebut juga filamen aktin. Ukurannya kecil yang tersusun atas protein globular. Fungsi mikrofilamen adalah gerakan kontraksi, aliran sitoplasma, endositosis, eksositosis, dan perubahan bentuk sel.

RETIKULUM ENDOPLASMA adalah organel sel yang memiliki membran ganda dengan bentuk seperti jala yang berdekatan dengan inti sel. Retikulum endoplasma memiliki dua tipe yakni Retikulum endoplasma kasak (REK) yang mana permukaannya terdapat riboson dan Retikulum endoplasma halus (REH) yang tidak terdapat ribosom. Fungsi Retikulum endoplasma adalah sebagai pengangkut protein, tempat sintesis protein, dan transportasi protein.

RIBOSOM adalah organel sel yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein. Ribosom dapat ditemukan bebas di sitoplasma dan menempel di retikulum endoplasma.

BADAN GOLGI (Aparatus Golgi) adalah organel sel yang berbentuk seperti tumpukan membran dengan bagian ujungnya yang menggelembung akibat tersisi protein dan zat lain yang berasal dari retikulum endoplasma. Zat tersebut akan diedarkan dalam bentuk kantung (vesikel) dalam proses sekresi. Fungsi badan golgi selain itu adalah untuk membentuk membran sel dan juga membentuk lisosom.

LISOSOM adalah organel sel yang tersusun atas enzim hidrolitik yang berfungsi untuk proses pencernaan sel, autofagi, dan autolisis.

SENTROSOM adalah bagian yang berbentuk bulat kecil yang terletak di salah satu kutub inti sel. Organel ini hanya dijumpai di sel hewan yang memiliki fungsi sebagai reproduksi sel.

KLOROPLAS adalah organel sel memiliki pigmen warna hijau yang disebut dengan klorofil. Fungsi kloroplas adalah sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis.

VAKUOLA adalah organel sel yang berisi garam organik dan zat hasil metabolit sekunder serta berisi enzim dan butir pati. Organel ini ditemukan di sel tumbuhan. Fungsi vakuola adalah sebagai penyimpan cadangan makanan, penyimpan sisa metabolisme, dan membangun turgor sel.

DINDING SEL adalah bagian luar sel yang ditemukan di sel tumbuhan yang tersusun atas selulosa. Fungsi dinding sel yakni untuk proteksi mekanis. Pada dinding sel terdapat celah plasmodesmata yang berfungsi sebagai komunikas antar sel.

6. Buatlah gambar sel prokariot dan sel eukariot salah satu tumbuhan atau hewan beserta keterangannya ya bantu jawab dong kaaa sama gambar+keteranganyaa plisss​

Penjelasan:

Setiap organisme tersusun atas salah satu dari dua jenis sel yang secara struktural berbeda. Kedua jenis sel tersebut adalah sel prokariotik dan sel eukariotik. Pada sistem lima kingdom, hanya Monera (bakteri dan gan
ggang biru) yang memiliki sel prokariotik. Protista, jamur, tumbuhan, dan hewan semuanya terdiri atas sel eukariotik.

Sel prokariotik berasal dari bahasa Yunani, yaitu prokaryote, pro berarti “sebelum” dan karyote berarti nukleus. Sel prokariotik memiliki nukleus/ inti sel, tetapi inti sel tersebut tidak diselubungi membran inti. Sel eukariotik (bahasa Yunani, eu berarti “sejati/sebenarnya”) merupakan sel yang memiliki inti sel dan inti sel tersebut dibungkus oleh membran inti.

Sel prokariotik terdapat pada bakteri, termasuk sianobakteri. Sel prokariota strukturnya lebih sederhana daripada struktur eukariota, karena tidak mempunyai organel yang terbungkus membran. Batas sel ialah membran plasma. Di luar membran plasma terdapat dinding sel yang cukup kaku dan seringkali berupa kapsul luar yang biasanya mirip jeli. Sebagian bakteri memiliki flagela (organel pergerakan), pili (struktur pelekatan), atau keduanya yang menonjol dari permukaan selnya

SEMOGA MEMBANTU

7. 1. Mengapa sel disebut sebagai unit fungsional terkecil dalam kehidupan?2. Jelaskan perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik?3. Sebutak lima macam organel sel berserta funsinya masing-masing4. Sebutkan macam-macam jaringan pada tumbuhan!5. Pemanasan global sering dipicu dari karbon dioksida CO2 salah satu sikap peadalah melaksanakan penghijauan. Jelaskan peranan tumbuhan terhadap perglobal tersebut?6. Tumbuhan memiliki sifat totipotesi. Apa yang dimaksud dengan sifat totitumbuhan?7. Sebutkan macam-macam jaringan pada hewan!8. Jaringan otot terdiri dari tiga macam. Yaitu, otot polos, otot lurik, danTuliskan perbedaan ketiga jaringan otot tersebut.9. Jelaskan mekanisme penghantaran impuls pada sel saraf?10. Gambarlah sel saraf dan beri keterangan gambar!​

diatas jawaban nomor 10.

1.sel dikatakan sebagai unit fungsional,karena sel

mengatur fungsi fungsi tubuh makhluk hidup.

2.sel pro kariotik,yaitu sel yang tidak memiliki

membran inti sedangkan sel eukariotik,yaitu sel

yang memiliki membran pelindung pada inti sel

nya.

3.Mitokondria,berfungsi sebagai tempat

terjadinya respirasi sel,yaitu untuk

menghasilkan energi.

Retikum endoplasma,berfungsi untuk menyusun

dan menyalurkan zat zat ke bagian sel

endoplasma.

Ribosom, berfungsi sebagai pembentukan

protein.

Plastisida,fungsinya untuk foto sintesis

Vakuola,fungsinya untuk menyimpan cadangan

makanan

Badan golgi, berfungsi untuk alat sekresi protein

pada lendir

Lisosom, berfungsi untuk mencerna bagian sel

yang rusak atau zat zat asing yang masuk

dalam sel karena organel ini berisi enzim pencernaan

4.berdasarkan sifatnya, jaringan pada tumbuhan

dibedakan menjadi dua,yaitu:

a.jaringan meristem

b.jaringan permanen

jaringan permanen terdiri atas;

1.)jaringan epidermis

2.)jaringan parenkim

3.) jaringan penyokong

4.)jaringan pengangkut

5.peranan tumbuhan dalam pemanasan global

berfungsi untuk menyerap gas karbondioksida.

6.adalah kemampuan setiap sel tumbuhan untuk

menjadi individu yang sempurna bila di

letakkan dalam lingkungan yang sesuai

7. a.jaringan epitel

b.jaringan ikat

c.jaringan otot

8.otot lurik reaksi cepat,otot polos reaksi lambat,

otot jantung reaksi lambat.sifat kerja, otot lurik

cepat lelah,otot polos tidak cepat lelah,otot

jantung tidak cepat lelah.letak, otot lurik

menyusun otot yang melekat pada tulang

rangka,otot polos menyusun alat alat dalam,

misalnya dinding usus dan pembuluh darah.

bentuk sel, otot lurik sel bulat memanjang,ada

banyak inti terletak di tepi, otot polos ujung sel

meruncing,inti berjumlah satu,di tengah , otot

jantung bulat memanjang dengan ujung

bercabang,ada banyak inti sel terletak di

tengah. kontrol saraf, otot lurik otot sadar , otot

polos otot tak sadar, otot jantung otot tak sadar

9.neuron menghantarkan impuls dari reseptor (penerima rangsang) ke otak dan menghantarkan impuls untuk menanggapi rangsangan dari otak ke efektor(otot dan kelenjar)

8. gambar sel tumbuhan dan hewan beserta keterangannya, pengertiannya, dan fungsinya

kategori : biologi – sel
kelas : 1 smp
pembahasn :

Pada sel hewan terdapat beberapa bagian yang dapat dilihat dalam gambar yang terlampir antara lain:

1. Membran sel, berfungsi sebagai pelindung sel dan sebagai pintu keluar masuk zat.

2. Sitoplasma, merupakan cairan di dalam sel yang berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi kimia dalam sel.

3. Inti sel atau nucleus, yang berfungsi untuk mengatur seluruh aktivitas sel.

4. Anak inti sel atau nucleolus , yang berfungsi untuk membantu inti sel dan hubungannya dengan sintesis protein.

5. Retikulum endoplasma kasar yang berfungsi sebagai alat transportasi zat yang berupa protein.

6. Retikulum endoplasma halus yang berfungsi sebagai alat transportasi zat yang berupa lemak.

7. Badan golgi atau Kompleks golgi yang berfungsi sebagai organ ekskresi dan sekresi serta memproduksi lisosom.

8. Mitokondria yang berfungsi sebagai organ pemebntukan energi melalui respirasi aerob.

9. Ribosom yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein.

10. Lisosom yang berfungsi sebagai organ pencernaan internal sel

11. Sentriol yang berfungsi dalam pembelahan sel.

 

Pada sel tumbuhan terdapat beberapa bagian yang dapat dilihat dalam gambar yang terlampir antara lain:

1. Membran sel, berfungsi sebagai pelindung sel dan sebagai pintu keluar masuk zat.

2. Sitoplasma, merupakan cairan di dalam sel yang berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi kimia dalam sel.

3. Inti sel atau nucleus, yang berfungsi untuk mengatur seluruh aktivitas sel.

4. Anak inti sel atau nucleolus , yang berfungsi untuk membantu inti sel dan hubungannya dengan sintesis protein.

5. Retikulum endoplasma kasar yang berfungsi sebagai alat transportasi zat yang berupa protein.

6. Retikulum endoplasma halus yang berfungsi sebagai alat transportasi zat yang berupa lemak.

7. Badan golgi atau Kompleks golgi yang berfungsi sebagai organ ekskresi dan sekresi serta memproduksi lisosom.

8. Mitokondria yang berfungsi sebagai organ pemebntukan energi melalui respirasi aerob.

9. Ribosom yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein.

10. Dinding sel yang berfungsi sebagai pelindung dan memperkokoh bentuk sel

11. Vakuola yang berfungsi menyimpan cadangan makanan.

12. Kloroplas yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis.

 

9. 1. perhatikan pertanyaan berikut! 1) kayu lapuk 2) burung terbang 3) batu berwarna hitam 4) semut berwarna merah 5) belut tubuhnya licin Pertanyaan yang merupakan contoh gejala kebendaan biotik, adalah a. 1 dan 2 b. 2 dan 3 c. 3 dan 4 d. 4 dan 5 2. sebuah mobil bergerak melintasi jembatan yang panjang. Berkaitan dengan kejadian ini, yanh merupakan contoh gerak semu adalah gerak… a. pesawat yang terbang diatas mobil b. mobil lain dari arah berlawanan c. lampu penerangan dipinggir jalan d. mobil yang melaju dibelakangnya 3. kecepatan mobil berubah dari 40 m/s menjadi 60 m/s dalam selang waktu 20 sekon. percepatan mobil tersebut… a. 0,5 m/s b. 1 m/s c. 2
m/s d. 4 m/s 4. sekelompok siswa melakukan kegiatan penelitian sederhana dikebun sekolah mereka. kemudian mereka menemukan seekor hewan dengan ciri-ciri sebagai berikut : kaki beruas ruas, kepala dan dada menyatu, berkaki delapan, alat pernapasan berupa paru paru buku berdasarkan ciri-cirinya maka dapat diduga bahwa hewan tersebut tergolong Arthropoda ari kelas… a. Arachania b. Insecta c. Crustacea d. Myriapoda 5. perhatikan gambar organ tumbuhan beserta informasi data dibawah ini! ● Merupakan selapis sel pipih, tipis dan rapat ● Terletak paling luar/tepi ● Memiliki lapisan kutikula/lilin ● Berfungsi untuk menutupi permukaan batang, daun, bungan, buah, dan akar mengacu pada gambar diatas, bagian yg sesuai dengan informasi data disampingnya adalah… a. endodermis b. pericyle c. cortex d. epidermis 6. hanya terdiri dari komponen makhluk hidup… a. abiotik b. habitat c. ekosistem d. komunitas 7. sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tetap 46 km/jam. a. berapa kecepatan mobil satuan dalam satuan Si? b. berapa jarak yang ditempuh mobil selama 10 sekon? 8. jelaskan perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil? 9. a. Buatlah skema jaring-jaring makanan dari data berikut! ● Tumbuhan ● ayam ● kuda ● harimau b. Ada berapa jumlah rantai makanan yang mungkin terjadi? c. mengapa hubungan saling ketergantungan diatas disebut jating” makanan? 10. Istilah 3R sering kita dengar dalam kegiatan pengelolahaan lingkungan. a. 3R merupakan singkatan dari… b. jelaskan pengertian dari 3R! c. Berilah contoh masing-masing kegiatan 3R dalam kehidupan sehari-hari! Tolong bantu saya menjawab soal” ipa yaaa plisss

2. C 3. B 4. A 5. D 6. D

aku cuma bisa bantu itu

10. 1. Gambarkan lah jaringan sel² saraf manusia ( Neuron ) beserta keterangan dan fungsinya.2. Gambarkan lah organel sel hewan dan tumbuhan beserta keterangan dan fungsinya.3. Gambarkan lah jaringan pengangkut pada tumbuhan dikotil yaitu pembuluh floem, xilem, beserta keterangan dan fungsinya.tolong ya Kakak kakak, besok dah harus dikumpulin

kalo salah maaf ya, saya gak tau fungsinya tapi nanti bakal saya tambahin lagi dengan fungsinya

11. yg bisa bantu jwb yh.gambar kan sel hewan dan tumbuhan beserta keterangannya…​

Jawaban:

Aina gw bilangin lu ya Ama guru biar dihukum

12. Gambar sel tumbuhan dan hewan beserta keterangannya, pengertiannya, dan fungsinya

Jawaban:

oraganisma hidup terdiridaripada unit2 asas yang disebut sel

Penjelasan:

protoplasm terdiri daripada sitoplasma dan nukleus

13. gambaran sel tumbuhan dan sel hewan beserta bagian bagiannya dan penjelasannya/keterangan

Sel Tumbuhan
1. Membran sel (membran plasma), merupakan bagian sel paling luar. Dimiliki oleh hewan dan tumbuhan. Berfungsi mengatur keluar masuknya zat pada suatu sel.
2. Dinding sel, merupakan lapisan di bawah membran sel, terbuat dari selulosa. Hanya dimiliki oleh sel tumbuhan. Berfungsi untuk memberi kekuatan dan perlindungan bagi sel.
3. Sitoplasma, cairan bening seperti gel yang mengisi ruang  dalam sel, berfungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme.
4. Vakuola, merupakan rongga di dalam sel yang berlapis membran, di dalamnya berisi cairan. Berfungsi sebagai tempat menyimpan bahan makanan dan sisa metabolisme. Vakuola sel hewan berukuran kecil, sedangkan vakuola tumbuhan berukuran besar.
5. Mitokondria, nerupakan tempat pembentukan sumber energi. Umumnya dimiliki semua sel hidup, karena fungsinya yang sangat penting, yaitu menghasilkan energi melalui proses respirasi sel (reaksi antara bahan makanan dengan oksigen dan menghasilkan energi)
6. Ribosom, organel berbentuk butiran-butiran kecil yang terdapat di sitoplasma atau menempel di permukaan retikulum endoplasma kasar. Berfungsi sebagai tempat sintesis protein. Terdapat di sel hewan dan tumbuhan.
7. Retikulum Endoplasma, organel berbentuk seperti saluran. Retikulum Endoplasma permukaan kasar diselubungi ribosom, Retikulum Endoplasma permukaan halus tidak ada ribosom, tetapi di permukaannya terdapat enzim-enzim. Berfungsi untuk membatu metabolisme protein, lemak dan karbohidrat.
8. Badan Golgi, organel berbentuk seperti tumpukan kue panekuk. Berfungsi membantu sintesis protein. Terdapat di sel tumbuhan dan hewan.
9. Lisosom, merupakan kantung kecil dengan membran tunggal. Berfungsi untuk mendaur ulang bagian sel yang rusak, mencerna zat sisa makanan atau zat-zat asing yang masuk ke dalam sel. Terdapat di sel tumbuhan dan hewan.
10. Sentrosom, bentuknya seperti tabung kecil dan mengapung di sitoplasma. Sentriol dalam sentrosom berperan dalam pembelahan sel. Sentrosom sel hewan memiliki sepasang sentriol, sednag sel tumbuhan tidak.
11. Nuklues (inti sel), organel berbentuk bulat atau lonjong yang terdapat di tengah atau bagian tepi sel. Berfungsi sebagai pusat pengendali kegiatan sel. Di dalamnya terdapat cairan inti  (nukleoplasma), anak inti (nukleolus) dan selapu inti. Terdapat di sel hewan dan tumbuhan.’
12. Kloroplas, organel kecil berbentuk bulat yang berwarna hijau karena mengandung pigmen klorofil. Hanya terdapat di sel tumbuhan. Berperan dalam proses fotosintesis tumbuhan yang menghasilkan energi dan bahan makanan tumbuhan.

Bagain-bagian sel hewan dan fungsinya
a. Membran Sel
Berfungsi untuk mengatur pertukaran zat, sebagai pelindung, tempat menerima rangsang.
b. Nukleus
Berfungsi sebagai tempat pengendalian aktivitas sel, tempat AND yang berfungsi sebagai faktor keturunan.
c. Retikulum Endoplasma
Berfungsi sebagai sintetis dan transportasi berbagai macam zat kimia.
d. Kompleks Golgi
Berfungsi untuk merakit mikro molekul yang kaya karbohidrat.
e. Ribosom
Berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sintesa protein.
f. Mitokondria
Berfungsi sebagai tempat respirasi aerob.
g. Lisosom
Berfungsi sebagai tempat mencerna bahan-bahan dari luar sel dan bahan yang tidak dipakai dari dalam sel.
h. Badan Mikro
Berfungsi mengandung enzim katalase dan oksidasi disebut perolisisum, yang mengandung enzim untuk daun asam glioksiat disebut pada tumbuhan.
i. Sentrosom
Berfungsi sebagai peran dalam pembelahan sel yaitu pada pergerakan kromatin.
j. Sentriol
Berfungsi untuk mengontrol pembentukan benang-benang gelondong selama pembelahan sel.

Video Terkait

Bagikan: