Hak Prerogatif Diartikan Sebagai Kekuasaan

Fatih.co.id

Hak Prerogatif Diartikan Sebagai Kekuasaan

hak-hak prerogatif dapat diartikan sebagai kekuasaan

1. hak-hak prerogatif dapat diartikan sebagai kekuasaan

Jawaban:

HAK PREROGATIF PRESIDEN MENURUT UUD 1945. Dalam prakteknya kekuasaan Presiden RI sebagai kepala negara sering disebut dengan istilah “hak prerogatif Presiden” dan diartikan sebagai kekuasaan mutlak Presiden yang tidak dapat diganggu oleh pihak lain.

Penjelasan:

Dalam prakteknya kekuasaan Presiden RI sebagai kepala negara sering disebut dengan istilah “hak prerogatif Presiden” dan diartikan sebagai kekuasaan mutlak Presiden yang tidak dapat diganggu oleh pihak lain. Secara teoritis, hak prerogatif diterjemahkan sebagai hak istimewa yang dimiliki oleh lembaga-lembaga tertentu yang bersifat mandiri dan mutlak dalam arti tidak dapat digugat oleh lembaga negara yang lain. Dalam sistem pemerintahan negara-negara modern, hak ini dimiliki oleh kepala negara baik raja ataupun presiden dan kepala pemerintahan dalam bidang-bidang tertentu yang dinyatakan dalam konstitusi. Hak ini juga dipadankan dengan kewenangan penuh yang diberikan oleh konstitusi kepada lembaga eksekutif dalam ruang lingkup kekuasaan pemerintahannya.

2. hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan

kelas : X SMA
mapel : PPKN
kategori : hak presiden
kata kunci : hak prerogatif

Pembahasan :

Hak prerogatif terdiri dari dua suku kata, hak dan prerogatif.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hak diartikan sebagai kekuasaan atau kewenangan untuk melakukan sesuatu. Sementara itu prerogatif didefinisikan sebagai hak istimewa yang dipunyai oleh kepala negara mengenai hukum dan undang-undang di luar kekuasaan badan-badan perwakilan.

Lebih lanjut disebutkan dalam KBBI bahwa hak prerogatif adalah hak khusus atau hak istimewa yang ada pada seseorang karena kedudukannya sebagai kepala negara, misal memberi tanda jasa, gelar, grasi, amnesti.

Hak prerogatif  Presiden yaitu hak istimewa yang dimiliki oleh Presiden untuk melakukan sesuatu tanpa meminta persetujuan lembaga lain.

Dalam batang tubuh UUD 1945 tersebut terdapat Pasal-Pasal tentang hak prerogatif Presiden, yaitu:

1) Pasal 5 ayat (2) UUD 1945 : Presiden menetapkan Peraturan Pemeri
ntah untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya.

2) Pasal 10 UUD 1945 : Presiden memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

3)  Pasal 11 UUD 1945: Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain.

4) Pasal 12 UUD 1945: Presiden menyatakan keadaan bahaya. Syarat-syarat dan akibat keadaan bahaya ditetapkan dalam undang-undang.

5) Pasal 13 UUD 1945: 
(1) Presiden mengangkat duta dan konsul; 
(2) Presiden menerima duta negara lain.

6) Pasal 14 UUD 1945: Presiden memberi grasi, amnesti, abolisi dan rehabilitasi.
Grasi adalah hak Kepala Negara untuk menghapuskan hukuman keseluruhannya ataupun sebagian yang dijatuhkan oleh hakim dengan keputusan yang tidak dapat diubah lagi kepada seseorang ataupun menukar hukuman itu dengan yang lebih ringan menurut urutan tersebut dalam Pasal 10 KUHP
Amnesti adalah hak Kepala Negara untuk meniadakan akibat hukum yang mengancam terhadap suatu perbuatan atau sekelompok kejahatan.
Abolisi adalah hak Kepala Negara untuk menggugurkan hak penuntutan umum buat menuntut seseorang.
Rehabilitasi adalah hak Kepala Negara untuk mengembalikan seseorang kepada kedudukan dan nama baiknya yang semula tercemar oleh karena suatu keputusan hakim yang tidak benar.

7) Pasal 15 UUD 1945: Presiden memberi gelar, tanda jasa dan lain-lain tanda kehormatan.

8)  Pasal 17 ayat (2) UUD 1945: Menteri-menteri itu diangkat dan diberhentikan oleh Presiden.

9) Pasal 22 ayat (1) UUD 1945: Dalam hal kepentingan yang memaksa, Presiden berhak menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang

3. Hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan?​

Hak prerogratif merupakan (hak istimewa) untuk mengangkat dan memberhentinkan menteri-menteri yang memimpin departemen dan non departemen

Jawaban:

HakPrerogatifdalam kekuasaanpresiden sebagaikepala negara sering disebut dengan istilah “hakprerogatifpresiden “dan diartikansebagaiKekuasaanmutlak presidennya yang tidak dapat digangu oleh pihak lain.

Semoga Membantu

4. Hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan?

Jawaban:

kekuasaan mutlak

Penjelasan:

Dalam kekuasaan Presiden sebagai kepala negara sering disebutdengan istilah “hak prerogatif Presiden” dan diartikan sebagai kekuasaan mutlak Presidenyang tidak dapat diganggu oleh pihak lain.

5. hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan…

Prerogatif (bahasa Latin: praerogatio, -onis(femininum); bahasa Inggris: prerogative;bahasa Jerman: das Vorrecht; “hak istimewa”) dalam bidang hukum adalah hak khusus atau istimewa yang diberikan kepada pemerintahatau penguasa suatu negara dan diberikan kepada seorang atau sekelompok orang, yang terpisah dari hak-hak masyarakat menurut hukum yang berlaku. Hal ini merupakan aspek umum dari hukum feodal atau kerajaan. Kata “prerogatif” dalam bahasa Latin diartikan hak lebih tinggi dalam makna hukumnya.

6. Hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan…. *

Jawaban:

Pengertian Hak prerogatif.

Dalam kekuasaan Presiden sebagai kepala negara sering disebutdengan istilah “hak prerogatif Presiden” dan diartikan sebagai kekuasaan mutlak Presiden yang tidak dapat diganggu oleh pihak lain.

7. hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan​

Jawaban: Hak Istimewa bagi seorang Pemerintah

Penjelasan:

Hak ini diberikan kepada pemerintah dan tidak dapat diganggu gugat oleh pihak manapun

8. hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan …

Pengertian Hak prerogatif. … Dalam kekuasaan Presiden sebagai kepala negara sering disebutdengan istilah “hak prerogatif Presiden” dan diartikan sebagai kekuasaan mutlak Presidenyang tidak dapat diganggu oleh pihak lain.

Moga bermanfaat.

sebagai kepala negara

dan di artikan sebagai kekuasaan mutlak presiden yang tidak dapat di ganggu oleh pihak lain

9. hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan

Hak Prerogatif diartikan sebagai kekuasaan mutlak Presiden yang tidak dapat diganggu oleh pihak lain

10. Hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan

presiden yang digunakan untuk mengangkat dan memberhentikan menteri

11. Hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan …..

Jawaban:

Sementara itu prerogatif didefinisikan sebagai hak istimewa yang dipunyai oleh kepala negara mengenai hukum dan undang-undang di luar kekuasaan badan-badan perwakilan. … Hak prerogatif Presiden yaitu hak istimewa yang dimiliki oleh Presiden untuk melakukan sesuatu tanpa meminta persetujuan lembaga lain.

12. Hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan…​

Jawaban:

Sementara itu prerogatif didefinisikan sebagai hak istimewa yang dipunyai oleh kepala negara mengenai hukum dan undang-undang di luar kekuasaan badan-badan perwakilan

13. hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan apa?

Jawaban:

prerogatif didefinisikan sebagai hak istimewa yang dipunyai oleh kepala negara mengenai hukum dan undang-undang di luar kekuasaan badan-badan perwakilan

14. Hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan​

Jawaban:

Hak prerogatif itu hak presiden untuk mengangkat dan memberhentikan menteri tanpa paksaan dari pihak manapun

15. ketelitian hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan

Jawaban:

“hak istimewa”) dalam bidang hukum adala
h hak khusus atau istimewa yang diberikan kepada pemerintah atau penguasa suatu negara dan diberikan kepada seorang atau sekelompok orang, yang terpisah dari hak- …

Penjelasan:

Hak prerogatif merupakan kekuasaan istimewa yang dimiliki oleh seorang presiden tanpa dapat dicampuri oleh lembaga lainnya.

16. Hak prerogatif presiden diartikan sebagai kekuasaan…

Hak prerogatif presiden adalah hak/kekuasaan presiden yang tidak dapat diganggu gugat dan tidak memerlukan pertimbangan dari lembaga lainnya.

Pembahasan :

Presiden adalah satu bagian dari lembagaeksekutifdalam suatu sistem pemerintahan pusat. Di dalam sistem kelembagaan, kegiatan setiap lembaga memerlukan saran dari lembaga lainnya. Bahkan presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan pun harus mendapatkan pertimbangan dari lembaga lain seperti DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan MA (Mahkamah Agung). Walaupun demikian, presiden memiliki kekuasaan yang tidak dapat diganggu gugat oleh lembaga lain yang tertuang isinya dalam batang tubuh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 antara lain sebagai berikut :

Pasal 5 ayat (2) : Hak presiden dalam menetapkan Peraturan Pemerintah untuk menjalankan peraturan perundang-undangan. Pasal 10 : Hak presiden dalam memegang kekuasaan tertinggi atas angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara. Pasal17ayat(2): Hak presiden dalam mengangkat dan memberhentikan para menteri. Pasal22ayat(1): Hak presiden dalam memberikan tanda jasa atau penghormatan kepada seseorang.

Disisi lain, contoh hubungan presiden yang dibatasi oleh lembaga lain yang isinya terdapat dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, antara lain sebagai berikut :

Pasal14ayat(1): Presiden memberikan grasi dan rehabilitasi atas pertimbangan dari Mahkamah Agung. Pasal14ayat(2): Presiden memberikan amnesti dan abolisi atas pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat. Pasal24Bayat(3): Presiden mengangkat dan memberhentikan anggota komisi yudisial dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.Pelajari Lebih Lanjut : Hak-hak prerogatif presiden lainnya https://brainly.co.id/tugas/1670515Tugas presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan https://brainly.co.id/tugas/6233916Kedudukan presiden pada sistem presidensial https://brainly.co.id/tugas/16906589Detail Soal :

Kelas: VIII

Mata Pelajaran: PPKn

Materi : Bab 2 – Menyemai Kesadaran Konstitusional dalam Kehidupan Bernegara

Kata kunci: presiden; hak prerogatif presiden; hak-hak presiden

Kode Kategorisasi : 8.9.2

#TingkatkanPrestasimu

17. Hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan​

Jawaban:

Dalam praktiknya kekuasaan Presiden Republik Indonesia sebagai kepala negara disebut dengan istilah “Hak Prerogatif Presiden” atau Hak Mutlak yang dimiliki Presiden bersifat mandiri diartikan sebagai kekuasaan penuh dan hak istimewa Presiden yang tidak dapat diganggu oleh lembaga negara tertentu

Penjelasan:

semoga membantu ya

Jawaban:

Hak prerogatif terdiri dari dua suku kata, hak dan prerogatif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hak diartikan sebagai kekuasaan atau kewenangan untuk melakukan sesuatu. Sementara itu prerogatif didefinisikan sebagai hak istimewa yang dipunyai oleh kepala negara mengenai hukum dan undang-undang di luar kekuasaan badan-badan perwakilan.

Lebih lanjut disebutkan dalam KBBI bahwa hak prerogatif adalah hak khusus atau hak istimewa yang ada pada seseorang karena kedudukannya sebagai kepala negara, misal memberi tanda jasa, gelar, grasi, amnesti.

Hak prerogatif  Presiden yaitu hak istimewa yang dimiliki oleh Presiden untuk melakukan sesuatu tanpa meminta persetujuan lembaga lain.

Dalam batang tubuh UUD 1945 tersebut terdapat Pasal-Pasal tentang hak prerogatif Presiden, yaitu:

1) Pasal 5 ayat (2) UUD 1945 : Presiden menetapkan Peraturan Pemerintah untuk menjalankan Undang-Undang sebagaimana mestinya.

2) Pasal 10 UUD 1945 : Presiden memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

3)  Pasal 11 UUD 1945: Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain.

4) Pasal 12 UUD 1945: Presiden menyatakan keadaan bahaya. Syarat-syarat dan akibat keadaan bahaya ditetapkan dalam undang-undang.

5) Pasal 13 UUD 1945:

(1) Presiden mengangkat duta dan konsul;

(2) Presiden menerima duta negara lain.

6) Pasal 14 UUD 1945: Presiden memberi grasi, amnesti, abolisi dan rehabilitasi.

Grasi adalah hak Kepala Negara untuk menghapuskan hukuman keseluruhannya ataupun sebagian yang dijatuhkan oleh hakim dengan keputusan yang tidak dapat diubah lagi kepada seseorang ataupun menukar hukuman itu dengan yang lebih ringan menurut urutan tersebut dalam Pasal 10 KUHP

Amnesti adalah hak Kepala Negara untuk meniadakan akibat hukum yang mengancam terhadap suatu perbuatan atau sekelompok kejahatan.

Abolisi adalah hak Kepala Negara untuk menggugurkan hak penuntutan umum buat menuntut seseorang.

Rehabilitasi adalah hak Kepala Negara untuk mengembalikan seseorang kepada kedudukan dan nama baiknya yang semula tercemar oleh karena suatu keputusan hakim yang tidak benar.

7) Pasal 15 UUD 1945: Presiden memberi gelar, tanda jasa dan lain-lain tanda kehormatan.

8)  Pasal 17 ayat (2) UUD 1945: Menteri-menteri itu diangkat dan diberhentikan oleh Presiden.

9) Pasal 22 ayat (1) UUD 1945: Dalam hal kepentingan yang memaksa, Presiden berhak menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang

18. Hak prerogatif diartikan sebagai
kekuasaan…

mutlak presiden yang tidak dapat diganggu oleh pihak lain
maaf kalau salah
follow yah nanti di follbackz
semoga bermanfaatMutlak presiden yg tidak dapat digugat oleh pihak lain.
maaf klo salah

19. hak prerogatif diartikan sebagai kekuasaan

kekuasaan yang di berikan kepada pemerintah atau penguasa suatu negara dan di berikan kepada seorang atau sekelompok orang, yang terpisah dari hak hak masyarakat menurut hukum yang berlaku

20. hak prerogatif di artikan sebagai kekuasaan?

hak khusus atau istimewa yang diberikan kepada pemerintah atau penguasa suatu negara dan diberikan kepada seorang atau sekelompok orang, yang terpisah dari hak-hak masyarakat menurut hukum yang berlaku.kekuasaan mutlak presiden

Video Terkait

Bagikan: