Jelaskan Cara Melakukan Awalan Dalam Permainan Lompat Jauh

Fatih.co.id

Jelaskan Cara Melakukan Awalan Dalam Permainan Lompat Jauh
Jelaskan Cara Melakukan Awalan Dalam Permainan Lompat Jauh

jelas kan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh ​

Daftar Isi

1. jelas kan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh ​

Jawaban:

Lompat jauh bertujuan untuk melompat sejauh-jauhnya dengan tumpuan pada salah satu kaki. Untuk mencapai jarak lompatan yang sejauh-jauhnya kamu harus memiliki kecepatan, kekuatan, dan penguasaan teknik yang baik. Adapun teknik lompat jauh seperti teknik awalan, teknik tolakan atau tumpuan, teknik melayang di udara, dan teknik mendarat. Nah, disini saya hanya menjelaskan tentang cara melakukan tahap awalan :

1. Lari awalan –> biasanya tergantung dari peserta

2. Kecepatan berlari ditambah sedikit demi sedikit sebelum sampai pada balok tolakan

3. Pinggang turun sedikit pada satu langkah lalu lari

Mohonmaafjikasalah

#BelajarDiRumah

Jawaban:

Ayunkan paha dan kaki ke arah horizontal dengan seimbang.

Tepat saat akan menjadikan salah satu kaki sebagai tumpuan, condongkan badan sedikit ke depan.

Gunakan kaki yang paling kuat sebagai tumpuan.

Ambil gerakan bertolak ke depan dan mengarah ke atas.

Penjelasan:

semoga membantu

2. Jelaskan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh!

Jawaban:

Posisikan kaki dengan nyaman, baik posisi sejajar atau bisa dengan salah satu kaki berada di depan.

Berlari dengan perlahan terlebih dahulu, lalu lakukan lari sprint hingga mencapai kecepatan maksimal.

Jawaban:

Cara melakukan teknik awalan dalam lompat jauh :

Cara melakukan teknik awalan dalam lompat jauh :1. Posisikan kaki dengan nyaman, baik posisi sejajar atau bisa dengan salah satu kaki berada di depan.

Cara melakukan teknik awalan dalam lompat jauh :1. Posisikan kaki dengan nyaman, baik posisi sejajar atau bisa dengan salah satu kaki berada di depan.2. Berlari dengan perlahan terlebih dahulu, lalu lakukan lari sprint hingga mencapai kecepatan maksimal.

Cara melakukan teknik awalan dalam lompat jauh :1. Posisikan kaki dengan nyaman, baik posisi sejajar atau bisa dengan salah satu kaki berada di depan.2. Berlari dengan perlahan terlebih dahulu, lalu lakukan lari sprint hingga mencapai kecepatan maksimal.3. Usahakan saat lari sprint, tubuh masih seimbang dan terkendali agar dapat melakukan tolakan.

Cara melakukan teknik awalan dalam lompat jauh :1. Posisikan kaki dengan nyaman, baik posisi sejajar atau bisa dengan salah satu kaki berada di depan.2. Berlari dengan perlahan terlebih dahulu, lalu lakukan lari sprint hingga mencapai kecepatan maksimal.3. Usahakan saat lari sprint, tubuh masih seimbang dan terkendali agar dapat melakukan tolakan.4. Ketika sudah mencapai jarak sekitar 3-5 langkah dari papan tolakan, sobat perlu bersiap untuk melakukan tolakan

Penjelasan:

Semoga membantu..maaf kalo salah

3. Jelaskan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh! *

Jawaban:

balik badan

Penjelasan:

salah mohon di maafkan

4. 1. Sebutkan bentuk – bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan!2. Jelaskan maksud dari kebugaran jasmani!3. Apakah manfaat dari kebugaran jasmani?4. Sebutkan komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani!5. Sebutkan tekhnik dasar dalam tolak peluru!6. Bagaimana cara memegang peluru?7. Jelaskan pengertian lompat jauh!8. Jelaskan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh!9. Jelaskan cara melakukan tolakan atau tumpuan dalam permainan lompat jauh!10. Jelaskan cara melakukan pendaratan dalam permainan lompat jauh!​

Penjelasan:

1. A. Melakukan Latihan Lari Lurus dengan Bolak-Balik (Shutle Run)

Latihan pertama yang dapat anda lakukan untuk memiliki tubuh yang lebih lincah adalah dengan melakukan latihan lari lurus dengan bolak-balik. Jenis latihan ini dikenal juga dengan nama lain yaitu shuttle run. Anda dapat memulainya dengan pertama tama memposisikan tubuh anda dalam posisi jongkok.

B.Melakukan Latihan Lari Zig Zag

Latihan kedua yang diketahui sangatlah bermanfaat bila seseorang ingin melatih kelincahan menjadi lebih baik adalah dengan melakukan lari zig zag, Anda bisa mulai melakukan lari secara zig-zag ini dengan tujuan untuk memberikan kemampuan lebih pada otot kaki.

C.Menggunakan Latihan Menggunakan Reaksi Beban Gerak pada Suatu Balon

Latihan ketiga adalah gerakan untuk mendapatkan reaksi kelincahan secara cepat yang dilakukan dengan menggunakan bantuan balon berisi udara sebagai pengikat beban berat ditubuh. Itulah sebabnya, latihan ini selain menghasilkan kelincahan juga dapat memperkuat sistem otot tubuh secara keseluruhan.

D.Melakukan Latihan dengan Jongkok Berdiri (Squat Thrust)

Latihan keempat dilakukan dengan cara melakukan jongkok lalu berdiri secara berulang ulang. Gerakan ini kemudian dikenal sebagai gerakan untuk melatih kelincahan dengan nama squat thrust.

E.Melakukan Latihan dengan Lompat Tangga

Latihan kelima dilakukan dengan melakukan lompat tangga beberapa kali banyaknya hingga batas maksimal stamina anda. Gerakan ini sangatlah berguna untuk mencapai suatu tingkat refleks kaki yang baik, sehingga anda menjadi memiliki kelincahan yang baik dan sistem peredaran darah yang lancar dalam tubuh anda.

2.Kebugaran jasmani adalah kemampuan dan daya tahan fisik atau tubuh seseorang dalam melakukan berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari, tanpa mengalami kelelahan yang berarti

3. Menjaga berat badan, Mengurangi Stres dan Menjaga Kualitas Tidur, Menghindari Penyakit dan Proses Penuaan Tubuh

4. Kekuatan (Streght), Daya tahan (Endurance), Daya Otot (Muscular Power), Kecepatan (Speed), Daya lentur (Flexibility), Kelincahan (Agility), Koordinasi (Coordination), Keseimbangan (Balance), Ketepatan (Accuracy), Reaksi (Reaction).

5. Teknik Memegang Peluru, Teknik Meletakkan Peluru, Teknik Awalan, Teknik Menolak Peluru

6. 1. jari jari renggang. jari kelingking ditekuk berada disamping peluru,sehingga dapat membantu untuk menahan supaya peluru tidak mudah tergeser dari tempatnya. untuk menggunakan cara ini penolak harus memiliki jari jari yang kuat dan panjang.

2. jari jari agak rapat,ibu jari di samping,jari kelingking berada di samping belakang peluru.jari kelingking selain berfungsi untuk menahan jangan sampai peluru mudah bergeser,juga membantu menekan pada waktu peluru ditolakkan. cara ini lebih banyak dipakai oleh atlit.

3. bagi mereka yang tangannya agak kecil dan jari jarinya pendek, dapat menggunakan cara ketiga ini, yaitu jari jari seperti pada cara kedua tetapi lebih renggang, kelingking dibelakang peluru sehingga dapat ikut menolak peluru, ibu jari untuk menahan geseran ke samping, karena tangan pelempar kecil dan berjari jari pendek, peluru diletakkan pada seluruh lekuk tangan.

7.  Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat yang untuk mencapai lompatan yang sejauh-jauhnya.

8. Berlarilah sesuai dengan kemampuan. Tambah sedikit kecepatan lari sebelum melakukan tolakan lalu turunkan pinggang sedikit dan bersiap untuk melakukan tolakan.

9. 1.Ayunkan paha kaki ke posisi horizontal dan dipertahankan.

2.Luruskan sendi mata kaki, lutut, dan pinggang pada waktu melakukan tolakan.

3.Bertolaklah ke depan dank ke atas

4.Sudut tolakan 45 derajat.

10. 1. Kaki diluruskan dan mendarat dengan kedua kaki..

2. Tangan dalam posisi lurus ke depan dan badan dicondongkan ke depan melewati titik berat badan untuk menghindari pendaratan pada pantat atau supaya badan tidak terjatuh ke belakang sehingga dapat merugikan pelompat.

3. Kaki tidak kaku dan tegang, melainkan lemas-lentur dengan sendi lutut harus siap menekuk pada waktu yang tepat untuk menghindari terjadi keseleo di sendi lutut dan pergelangan kaki.

semoga bermanfaat:)

5. 1.jelaskan pengertian lompat jauh2.sebutkan 3 macam gaya lompat jauh3.jelaskan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh4.jelaskan cara melakukan tolakan atau tumpuan atau tumpuan dalam permainan lompat jauh5.jelaskan cara melakukan pendataran dalam permainan lompat jauh ​

Jawaban:

1. Lompat jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat, mengangkat kaki ke atas ke depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarah sejauh-jauhnya.

2. Ada tiga macam gaya dalam lompat jauh yaitu : Lompat jauh gaya Jongkok (tuck), gaya menggantung (hang style), dan gaya jalan di udara (walking in the air).

6. 12) jelaskan perbedaan antara pukulan Drive dan push dalam permainan tenis meja???13) jelaskan cara melakukan start jongkok di bagi menjadi tiga???14) bagaimana gerak mendarat yang baik dan benar pada lompat jauh??15) bagaimana awalan pada lompat jauh???​

Jawaban: 12.Pukulan Drive adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup sedangkan Pukulan Push adalah teknik memukul bola dengan Gerakan mendorong dan sikap bet terbuka push biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan push dan pukulan chop lawan.

              13. yang ada itu jenis jenis start yaitu :

– 1. Start Pendek (Short Start/Bunch Start)

– 2. Start Medium

-3.Start Panjang

Penjelasan:

7. 1. Sebutkan tahapan saat melakukan lompat jauh!Jawab:2. Bagaimana cara melakukan awalan lompat jauh?Jawab:3. Jelaskan cara pendaratan pada lompat jauh gaya berjalan di udara!Jawab:4. Jelaskan perbedaan a
ntara gaya ortodok dan gaya o’brian dalam permainan tolak peluru!Jawab:5. Sebut dan jelaskan sikap permulaan pada gaya o’brian!Jawab:TOLONG DI JAWAB :)​

Jawaban:

Penjelasannya

Tahap awalan. Meskipun sama-sama gerakan melompat, namun tahap awalan yang dilakukan pada olahraga lompat jauh memiliki perbedaan dengan lompat tinggi. …

Tahap tolakan. …

Tahap melayang gaya jongkok. …

Tahap melayang gaya berjalan di udara. …

Tahap melayang gaya menggantung. …

Tahap pendaratan.

8. jelaskan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh gaya berjalan di udarabantu pliss tugaass pjok ni​

Jawaban:

badan melenting ke belakang,kedua lengan lurus ke atas di samping telinga kedua kaki hampir rapat dibelakang badan. saat kedua kaki akan menyentuh tempat pendaratan,luruskan kedepan dan mendarat dengan kedua tumit terlebih dahulu.

Jawaban:

badan melenting ke belakang,kedua lengan lurus ke atas di samping telinga kedua kaki hampir rapat dibelakang badan. >saat kedua kaki akan menyentuh tempat pendaratan,luruskan kedepan dan mendarat dengan kedua tumit terlebih dahulu.

9. jelaskan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh ​

Pertanyaan:

Jelaskan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh

Jawaban:

Berlarilah sesuai dengan kemampuan. Tambah sedikit kecepatan lari sebelum melakukan tolakan lalu turunkan pinggang sedikit dan bersiap untuk melakukan tolakan.

Semoga membantu 😀

*maap kalau ada yang salah*

Jawaban:

awalan dalam lompat jauh yaitu pemain lari dari jarak sejauh 40 m lalu lari sekencang mungkin dan lakukan tumpuan dengan kaki yang terkuat

10. 1. bagaimana kombinasi gerak lari dan menolak dalam lompat jauh?2. bagaimana cara melakukan lompat jauh?3. jelaskan langkah-langkah melakukan kombinasi gerak dasar jalandan lari pada gerakan lari awalan lempar roket!4. jelaskan rangkaian gerakan yang dilakukan pada permainan lemparroket!5. sebutkan dua faktor yang perlu diperhatikan setelah melakukanlemparan roket!​

Jawaban:

Cara Melempar Roket

Bagaimana cara melempar roket pada permainan lempar roket?

Dalam lempar turbo terdapat beberapa teknik dasar yang harus diketahui. Teknik dasar tersebut meliputi cara memegang, membawa, dan melempar turbo.

1. Cara Memegang Turbo

Cara memegang turbo yang biasa dilakukan para pelempar, yaitu cara Amerika dan cara Finlandia.

a. Cara Amerika

Cara memgang turbo menggunakan cara Amerika dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : Pegang turbo di bagian belakang lilitan turbo dengan jari telunjuk melingkar di belakang lilitan dan ibu jari menekannya di bagian permukaan yang lain. Sementara itu, jari-jari lain turut melingkar di badan turbo dengan longgar.

b. Cara Finlandia

Pegang turbo pada bagian belakang lilitan dengan jari tengah dan ibu jari, sementara telunjuk berada sepanjang batang turbo dan agak serong ke arah yang wajar. Jari-jari lainnya turut melingkar di badan turbo dengan longgar.

2. Membawa Turbo

Ada tiga cara membawa turbo yang biasa digunakan pelempar saat melakukan awalan, di antaranya sebagai berikut.

Turbo dibawa di atas bahu dengan mata turbo menghadap serong ke atas.

Turbo dibawa di belakang badan sepanjang alur

lengan dengan mata turbo menghadap ke arah depan serong ke atas.

Turbo dibawa di atas bahu dengan mata turbo menghadap serong ke arah bawah

3. Melempar Turbo

Melempar turbo terbagi menjadi beberapa tahap yaitu awalan, lemparan, dan akhiran.

a. Awalan

Awalan berlari sambil membawa turbo di atas kepala dengan lengan ditekuk,sikut menghadap ke depan dan telapak tangan menghadap atas. Posisi turbo berada sejajar di atas garis paralel dengan tanah. Bagian terakhir awalan terdiri atas langkah silang (cross step). Pada bagian akhir dapat dilakukan langkah dengan beberapa cara berikut.

Dengan jingkat (hop step)

Dengan langkah silang di depan (cross step)

Dengan langkah silang di belakang (rear cross step)

Proses peralihan (cross step) dilakukan saat kaki diturunkan. Kedua bahu diputar perlahan ke arah kanan (bukan kidal), lengan kanan mulai bergerak dan diluruskan ke arah belakang dengan tubuh bagian atas condong ke belakang. Pandangan selalu melihat lurus ke depan.

b. Lemparan

Pada gerak melemparkan turbo, tarik bahu kanan dan lengan melakukan gerakan melempar melalui poros bahu dengan kuat ke depan atas. Badan bergerak melewati kaki depan, lalu melepaskan turbo.

c. Akhiran

Gerak akhir lemparan dilakukan dengan melangkahkan kaki ke depan untuk menyeimbangkan gerak agar tidak terjatuh dan tidak melebihi garis batas lemparan.

11. 1.Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam lari awalan pada olahraga lompat jauh!Jawab:2.Apakah lompatan dianggap sah bila menumpu sebelum balok tumpuan? Jelaskan!Jawab:3. Sebutkan tiga gaya dalam lompat jauh!Jawab:4.Bagaimana cara melakukan urutan gerakan melakukan lompat jauh?Jawab:5. Tuliskan cara melakukan permainan lompat kardus!Jawab:6. Jelaskan yang dimaksud gerak lanjut pada lempar roket!Jawab:7. Bagaimana cara melakukan berlari dan melompati balok?Jawab:8. Tuliskan cara melakukan gerakan saat awalan pada lompat jauh!Jawab:9. Jelaskan pengertian melempar!Jawab:10. Uraikan mengenai pendaratan pada lompat jauh!Jawab:​

Jawaban:

9.gerakan mengarahkan suatu benda yg dipegang dengan cara mengayunkan tangan ke arah tertentu

Jawaban:

1.Mengetahui jarak yang dilalui agar dapat memperkirakan tenaga yang dibutuhkan.

Mempertahankan kecepatan ketika mencapai kecepatan maksimal.

Posisi berdiri ketika melakukan gerakan lari.

2. menumpu sebelum balok tumpuan akan rugi meskipun itu sah

3.Gaya Jongkok atau Gaya Ortodok.

Gaya berjalan Diudara atau Walking In The Air.

Gaya Menggantung atau Gaya Schnepper.

4.Awalan.

Tolakan.

Melayang di udara.

Pendaratan.

5.Lakukan awalan dengan berlari secepat mungkin,

badan condong ke depanKedua kaki menolak pada papan tolakan dengan sekuat-kuatnya disertai ayunan lengan ke bawah dan ke depan,

badan lurus dan tungkai dibukaPada saat kedua tangan menyentuh peti loncat, segera tolakkan kedua tangan dengan sekuat-kuatnya.

6.Gerak lanjutan adalah gerak yang dilakukan setelah cakram lepas dari tangan dengan cara menggantikan posisi kaki kiri yang ada de depan kaki kanan dan gantungkan kaki kiri di belakang kaki kanan secara rileks. Apabila cakram sudah dapat dilemparkan maka harus diikuti dengan melangkah kaki kanan ke depan, tetapi badan tidak boleh sampai terbawa atau jatuh di luar lingkaran lapangan. Gerkan ini disebut gerak ikutan atau follow through. Fungsi dari gerak ikutan ini adalah :  

– untuk menjaga keseimbangan badan agar tidak jatuh ke depan  

– menyelaraskan kecepatan gerak badan setelah melempar  

– menyelaraskan gerakan setelah melempar

7.Berlari dengan melompati b
alok-balok kayu adalah salah satu bentuk latihan yang bertujuan untuk melatih ketahanan tubuh. Tanpa adanya latihan daya tahan tubuh, peredaran darah di tubuh kita akan menjadi kurang lancar yang menyebabkan denyut nadi dan detak jantung tidak normal. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan latihan ketahanan tubuh yang salah satunya adalah berlari melompati balok kayu. Hal ini bisa dipraktikan dengan cara:

1. Siapkan 5 balok kayu dan susun dengan jarak 1 m

2. Ambil jarak 5 m dari balok kayu pertama

3. Lari dengan kecepatan sedang ke balok pertama

4. Lompati balok-balok tersebut hingga akhir.

8.1. Gaya Jongkok (Ortodok)

Gaya Menggantung (Schnepper)

Gaya Berjalan Diudara (Walking In The Air)

2. Awalan atau ancang-ancang dalam lompat jauh dilakukan dengan cara berlari sekuat tenaga mulai dari garis start hingga titik tolakan.

3.mengayunkan tungkai kaki pada posisi horisontal dan dipertahankan.

meluruskan sendi mata kaki, lutut, dan pinggang ketika melakukan tolakan.

bertolak ke depan dan ke atas dengan sudut tolakan 45 derajat dengan menggunakan tumpuan satu kaki.

4. Dalam lompat jauh gaya jongkok, gerakan melayang di udara dilakukan dengan posisi badan condong kedepan, kedua tangan di angkat ke atas, dan kedua kaki diayunkan ke depan dan kedua lutut ditekuk hingga menyerupai orang jongkok. 4.

5. Cara mendarat yagn baik pada lompat jauh gaya jongkok adalah dengan sedikit meluruskan kaki ke depan dan posisi badan tetap condong ke depan.

9. Melempar adalah gerakan mengarahkan satu benda yang dipegang dengan cara mengayunkan tangan ke arah tertentu.

10.Kaki diluruskan dan mendarat dengan kedua kaki.. 2. Tangan dalam posisi lurus ke depan dan badan dicondongkan ke depan melewati titik berat badan untuk menghindari pendaratan pada pantat atau supaya badan tidak terjatuh ke belakang sehingga dapat merugikan pelompat.

Penjelasan:

maafkan kalo salah

12. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam lari awalan pada olahraga lompat jauh!2. Apakah lompatan dianggap sah bila menumpu sebelum balok tumpuan? Jelaskan!Jawab:3 Sebutkan tiga gaya dalam lompat jauh!Jawab:4. Tuliskan urutan gerakan melakukan lompat jauh!Jawab:5. Bagaimana cara melakukan permainan lompat kardus?Jawab:Please…. Bantu ​

Jawaban:

1.Mengetahui jarak yang dilalui agar dapat memperkirakan tenaga yang dibutuhkan.

Mempertahankan kecepatan ketika mencapai kecepatan maksimal.

Posisi berdiri ketika melakukan gerakan lari.

2.tidak,,karena lompat jauh harus didahului dengan menginjak papan tumpu sebelum melompat

3.gaya jongkok, gaya menggantung, dan gaya berjalan di udara.

4. 1.. 6Tahapan Lompat Jauh.

2Tahap awalan.

3.Tahap tolakan.

4.Tahap melayang gaya jongkok.

5.Tahap melayang gaya berjalan di udara.

6.Tahap melayang gaya menggantung.

7. Tahap pendaratan.

5. 1.Lakukan awalan dengan berlari secepat mungkin,

2. badan condong ke depanKedua kaki menolak pada papan tolakan dengan sekuat-kuatnya disertai ayunan lengan ke bawah dan ke depan,

3. badan lurus dan tungkai dibukaPada saat kedua tangan menyentuh peti loncat, segera tolakkan kedua tangan dengan sekuat-kuatnya.

4.Badan lurus dengan kedua tangan direntangkanPendaratan dilakukan dengan ujung kaki, lutut mengeper dan kedua tangan lurus ke atas.

Penjelasan:

semoga membantu

13. .Setelah bola masuk ke ring dalam permainan bola basket dimulai lagi dari ….Contoh teknik kombinasi dalam strategi per mainan tenis meja adalah …Jarak untuk melakukan teknik awalan dalam lompat jauh gaya berjalan di udara adalah…….Awalan menyamping dalam melempar cakram menggunakan ….Cara yang benar dalam melakukan lompat jauh, posisi kaki pada waktu menumpu harusmohon dijawab dgn bnr dan beserta penjelasannya terima kasih​

1.Dimulai lagi dari garis luar tim lawan

2.yaitu teknik dasar servis dan teknik dasar pukulan. Agar lebih menguasai teknik dasar tersebut diperlukan latihan-latihan rutin.

3.Awalan dalam lompat jauh dilakukan dengan cara lari cepat/sprint pada lintasan dengan jarak 40-45 meter. Lari awalan dimulai dengan lari dengan kecepatan tinggi tanpa mengubah langkah sampai di papan tumpuan atau papan tolakan. Awalan bertujuan untuk mendapatkan kecepatan maksimal untuk daya dorong secara horizontal

4.Awalan dalam lempar cakram dilakukan dalam bentuk gerakan berputar. Banyaknya perputaran tersebut dibedakan menjadi 1¼, 1½, dan 1¾ putaran. Awalan ini harus dlakukan dengan baik, sehingga dapat menghasilkan lemparan yang maksimal.

Cara melakukan awalan lempar cakram adalah sebagai berikut :

a. Mengambil posisi yang baik, berdiri menyamping arah lemparan. Kaki di renggangkan selebar badan, sedikit ditekuk dan kendor. Berat badan bertumpu pada kedua kaki.

b. Pusatkan perhatian untuk melakukan awalan agar mantap, kemudian cakram diayun-ayunkan ke samping kanan belakang lalu ke kiri. Gerakan ini di ulang-ulang 2 – 3 kali dilanjutkan dengan awalan berputar.

Cara melakukanya adalah sebagai berkut :

1. Lengan yang memegang cakram diayunkan ke samping kanan belakang diikuti oleh gerakan memilin badan kekanan, lengan kiri juga mengikuti gerakan ke kanan, sedikit ditekuk ke muka dada, kaki kanan sedikit ditekuk dan berat badan sebagian besar berada pada kaki kanan, kaki kiri mengikuti gerakan dengan tumit agak diangkat.

2. Kemudian, cakram diayunkan ke samping kiri diikuti oleh badan ke kiri juga, berat badan dipindahkan ke kaki kiri, kaki kanan kendor dan tumit sedikit diangkat.

3. Selanjutnya, gerakan ayunan cakram ke samping kanan belakang diulangi lagi seperti latihan di atas.

GAMBAR

1. 5. Ayunan Lengan Saat Melempar

Dengan tanpa berhenti sedikitpun dari posisi siap lempar ini dilanjutkan dengan gerakan melempar cakram. Cara melakukanya sebagai berikut :

a. Kaki kanan ditolakkan untuk mengangkat panggul dari posisi rendah di atas kaki kanan didorong ke depan atas, selanjutnya badan yang semula condong ke belakang dan terpilin ke kakan diputar ke kiri diikuti dengan gerakan panggul yang memutar ke kiri pula.

b. Berat badan dipindahkan dari kaki kanan ke kaki kiri. Setelah badan menghadap lemparan penuh (siap lempar) dengan waktu yang tepat cakram di lemparkan ke arah depan atas.

c. Lepaskan cakram setinggi dagu dengan sudut lemparan kira-kira 90˚. Cakram terlepas dari pegangan dengan berputar menurut putaran jarum jam, putaran cakram terjadi karena tekanan dari jari telunjuk. Cakram terlepas pada saat cakram berada sedikit dimuka bahu.

Catatan : Cakram yang terlepas sebelum melewati bahu akan mejad lemparan yang gagal, kecuali lemparanya tidak akan jauh, juga tidak masuk daerah lemparan. Sebaliknya, kalau lepasnya agak terlambat, sudah sampai dimuka badan, hasil lemparanya tidak akan memuaskan dan akan keluar daerang lapangan.

5.dismping kanan balok tumpuan.

SEMOGABERMANFAAT,CMIWIWW-

14. 1. Jelaskan pengerrian lompat jauh! 2. Sebutkan 3 macam gaya lompat jauh! 3. Jelaskan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh! 4.Jelaskan cara melakukan tolakan atau tumpuan dalam permainan lompat jauh! 5. Jelaskan cara melakukan pendaratan dalam permainan lompat jauh! 6. Sebutkan cabang lomba atletik lompat! 7. Jelaskan perbedaan lari dan berjalan 8. Sebutkan teknik dasar lompat jauh! 9. Jelaskan perbedaan lompat jauh dan lompat galah! 10. Sebutkan 3 macam bentuk dalam melakukan start lari! 11. Jelaskan perbedaan Lari dan Jalan? 12.Apa yang dimaksud dengan fase tarikan dalam jalan cepat? 13.Jelaskan tahapan ayunan lengan dalam gerak lari jalan cepat ! 14.Apa saja kesalahan yang seringkali terjadi pada fase tarikan dalam jalan cepat? 15.Apa yang dimaksud dengan jalan cepat ? tolong dijawab semua yaa kakak² ​

6.Lompat jauh.

Lompat jangkit.

Lompat tinggi.

Lompat galah.

7.jalan berarti gerak perpindahan tubuh dari satu posisi ke posisi lainnya dengan melangkahkan kaki secara bergantian. Sedangkan lari, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yakni melangkahkan kaki dengan cepat yang pada setiap langkahnya kedua kaki tidak menjejak tanah.

8.Teknik Awalan. Teknik Awalan ialah berlari pada lintasan dengan pergerakan lari lambat, lari dipercepat, sampai papan tumpuan. …

Teknik Tolak atau Loncatan. …

Teknik Melayang. …

Teknik Pendaratan.

9.Lompat jauh adalah gerakan melompat dengan tolakan salah satu kaki terkuat untuk mendapatkan jarak lompatan sejauh-jauhnya. Sedangkan lompat galah adalah olahraga melompat yang dilakukan dengan menggunakan galah untuk dapat melompat dengan ketinggian tertentu.

10.start yang digunakan dalam lomba lari adalah jongkok (crouching start), berdiri (standing start), dan start melayang

11.jalan berarti gerak perpindahan tubuh dari satu posisi ke posisi lainnya dengan melangkahkan kaki secara bergantian. Sedangkan lari, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yakni melangkahkan kaki dengan cepat yang pada setiap langkahnya kedua kaki tidak menjejak tanah

12.Yang dimaksud fase tarikan dalam jalan cepat adalah sebagai berikut: fase terdahulu selesai, gerak tarikan mulai

13.Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan. …

Kedua tangan direntangkan serta diluruskan ke depan.

Lengan kiri diayunkan ke belakang. …

Lengan kiri kembali ke posisi semula (lurus ke depan).

Lengan kanan diayunkan ke belakang.

14.Langkah kaki terlalu cepat.

Kedua telapak kaki tidak menempel tanah.

Kaki terlalu kaku ketika melangkah.

Pandangan tidak fokus ke depan.

Posisi tubuh terlalu condong ke depan.

15.Jarak tempuhnya yaitu 5 km, 10 km, 20 km, dan 50 km yang sebagian telapak kakinya harus menyentuh tanah

______________________________________

(nomor yang belum)

1.Lompat jauh atau long jump merupakan salah satu nomor yang terdapat pada cabang olahraga atletik kategori lompat. … Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat jauh adalah bentuk olahraga berupa melompat ke depan dengan bertolak pada satu kaki untuk mencapai suatu kejauhan yang dapat dijangkau

2.Jenis Gaya dalam Lompat Jauh Beserta Penjelasannya

Gaya berjalan di udara (walking in the air)

Gaya jongkok (tuck)

Gaya menggantung (hangstyle)

3.Awalan atau ancang-ancang dalam lompat jauh dilakukan dengan cara berlari sekuat tenaga mulai dari garis start hingga titik tolakan. mengayunkan tungkai kaki pada posisi horisontal dan dipertahankan. meluruskan sendi mata kaki, lutut, dan pinggang ketika melakukan tolakan.

4.Cara melakukan tolakan/tumpuan lompat jauh adalah sebagai berikut. 1) Ayunkan paha kaki-bebas cepat ke posisi horizontal dan dipertahankan. 2) Luruskan sendi mata kaki, lutut dan pinggang pada waktu melakukan tolakan. 3) Bertolaklah ke depan dan ke atas (sudut tolakan 45°).

5.Pendaratan yang dipergunakan ketika melakukan lompat jauh adalah kedua kaki berada pada posisi lurus, kemudian mendorong tumit dan telapak kaki ke depan hingga pinggul terangkat. Teknik tersebut akan membuat tubuh condong ke depan seiring laju pelompat, yang dapat dilakukan ketika sudah berada di area bak pasir.

15. tolong kak pls soal classrom asal report1 Jelaskan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh!​

Jawaban:

Posisikan kaki dengan nyaman, baik posisi sejajar atau bisa dengan salah satu kaki berada di depan.

Berlari dengan perlahan terlebih dahulu, lalu lakukan lari sprint hingga mencapai kecepatan maksimal.

Penjelasan:

maaf kalo salah

16. 1. Jelaskan pengertian antara Lompat dan Loncat …. 2. Sebutkan tiga macam gaya dalam lompat jauh …. 3. Jelaskan bagaimana sikap mendarat yang benar dalam permainan lompat jauh …. 4. Apa saja Hal – hal yang mempengaruhi hasil lompatan adalah ….5. Buatlah penjelasan lengkap tata cara melakukan lompat jauh gaya jongkok . Darigerak awalan hingga akhir…​

Jawaban:

1. lompat adalah kegiatan mendorong tubuh ke atas dengan menggunakan satu kaki.Sedangkan loncat itu mendorong tubuh ke atas dengan menggunakan dua kaki.

2. gaya jongkok, gaya menggantung, gaya berjalan di udara

4. keseimbangan, kecepatan, tolakan, kekuatan

17. (Normal Question)1.jelaskan cara melakukan passing bawah dalam permainan bola voli2.jelaskan cara melakukan servis bawah dalam permainan bola voli3.tuliskan macam macam cara pegangan raket permainan buku tangkis4.jelaskan cara melakukan pukulan Lob dalam permainan bulutangkis!5.jelaskan perbedaan antara jalan dan lari!6.jelaskan tahap tahap lari jarak pendek7.jelaskan cara awalan dalam lompat jauh8.jelaskan cara mendarat lompat jauh gaya jongkok.9.jelaskan cara melakukan gerakan guling depan10.jelaskan cara melakukan gerakan guling belakang.​

1. 1 . Berdiri seimbang dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, serta badan agak condong ke depan.

2. Kedua lengan dirapatkan dan lurus ke depan bawah.

3. Ayunkan kedua lengan secara bersama-sama lurus ke atas depan bersamaan dengan meluruskan kedua lutut.

4. Perkenaan pada kedua tangan.

5. Sikap akhir adanya gerak alnjut dari lengan yang diikuti anggota tubuh lainnya.

2. 1. Berdiri dengan kaki kiri di depan, kaki kanan di belakang.

2. Pegang bola dengan tangan kiri.

3. Lambungkan bola setinggi bahu.

4. Ketika melambungkan bola, lengan kanan diayunkan ke belakang, dan pukul bola dengan tangan kanan.

5. Ketika bola tepat pada tangan, telapak tangan menghadap ke arah bola.

6. Pukulan dilakukan dengan tangan dalam keadaan mengepal.

7. Setelah bola dipukul, langkahkan kaki kanan ke depan .

3. 1. Forehand Grip.

2. Backhand Grip.

3. American Grip.

4. Combination Grip.

4. 1. Posisi pemain dalam keadaan siap yang mana posisi badan berada dalam keadaan menyamping dengan arah net.

2. Tangan di posisikan pada pegangan forehand

Raket di ayunkan  

3. Ketika shuttlecock menyentuh raket maka tangan kita harus lurus  

4. Setelah kita pukul maka kaki kiri kita daratkan terlebih dahulu

5. Perbedaan. Jalan merupakan gerak perpindahan tubuh mulai pada satu posisi ke dalam posisi lainnya diman
a dilakukan dengan melangkahkan kaki secara bergantian. Lari merupakan gerak perpindahan tubuh mulai pada satu posisi ke dalam posisi lainnya dengan melangkahkan kaki secara bergantian serta secara cepat dilakukannya.

6. 1. tahap reaksi dan dorongan.

(reaction dan drive)

2. tahap percepatan (acceleration)

3. tahap transisi/perubahan (transition)

4. tahap kecepatan maksimum (speed maximum)

5. tahap pemeliharaan kecepatan (maintenance speed)

6. finish.

7. Awalan atau ancang-ancang dalam lompat jauh dilakukan dengan cara berlari sekuat tenaga mulai dari garis start hingga titik tolakan

8. Cara melakukan pendaratan lompat jauh gaya jongkok adalah dilakukan dengan ujung kaki terlebih dahulu kemudian melakuakn gerakan mengeper ke depan. Ketika mendarat, kedua lutut sedikit ditekuk, dan posisi badan condong ke depan

9. 1. berdiri tegak

2. tangan berada di depan

3. letakkan tangan di atas matras hingga mencium lutut

4. jatuhkan badan ke depan dengan bahu jatuh dulu 

5. dilanjutkan dengan berguling hingga membulat 

6. dilakukan dengan secepat mungkin berakhir dengan jongkok atau berdiri

10. 1. berdiri tegak membelakangi matras

2. tangan berada di samping 

3. menjatuh dengan kaki lurus dan tangan menyentuh matras

4. pindahkan tangan di samping telinga bersaamaan dengan kaki dipindahkan ke belakang melalui di atas kepala dibantu dengan tangan

5. dilakukan secepat mungkin 

18. 1. uraikan teknik atau cara melakukan a. start pendekb. start panjangpada start jongkok2. jelaskan cara melakukan awalan yang baik pada lompat jauh3. tuliskan 3 macam gaya lompat jauh4. tuliskan 3 macam teknik dasar permainan bola basket5. gambarkan lapangan permainan bola basket lengkap dengan ukurannya​

Jawaban:

1.A.Teknik start pendek dilakukan dengan cara membuka kaki terbuka selebar bahu dan meletakkan kaki depan pada pijakan papan start depan dan kaki lainnya diletakkan pada pijakan papan start belakangB.Pertama, ambilah ancang-ancang dengan posisi kaki kiri (kaki yang terkuat) diletakkan di depan lutut kaki kanan dan ditekuk,Terus posisikan lutut kaki kanan pada bagian belakang kaki kiri dan beri jarak sekitar satu kepal lebih2.Berlarilah sesuai dengan kemampuan. Tambah sedikit kecepatan lari sebelum melakukan tolakan3.Gaya berjalan di udara (walking in the air),Gaya jongkok (tuck),Gaya menggantung (hangstyle)4.Dribbling (menggiring bola),Shooting (menembak bola),Passing 5.Ada pada gambar

Penjelasan:

JADIKAN JAWABAN TERCERDAS YA, PLEASE LAGI BUTUH

19. Jelaskan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh!

Berlarilah sesuai kemampuanmu. tambah sedikit saja kecepatan lari sebelum melakukan tolakan lalu turunkan pinggang sedikit dan bersiap untuk melakukan tolakan

semoga membantu

follow~follback

jadikan jawaban terbaikk

berlari secepat mungkin untuk mendapatkan kecepatan yg tinggi sebelum melakukan gerakan tolakan

20. jelaskan cara melakukan awalan dalam permainan lompat jauh!​

Jawaban:

Awalan atau ancang-ancang dalam lompat jauh dilakukan dengan cara berlari sekuat tenaga mulai dari garis start hingga titik tolakan

Jawaban:

berlarilah sesuai dengan kemampuan.

tambah sedikit kecepatan lari sebelum melakukan tolakan lalu turunkan pinggang sedikit dan bersiap untuk melakukan tolakan

Penjelasan:

maaf klo slh……,,semoga membantu

Video Terkait

Bagikan: