Jelaskan Hakikat Dari Demokrasi Pancasila Di Bidang Ekonomi

Fatih.co.id

Jelaskan Hakikat Dari Demokrasi Pancasila Di Bidang Ekonomi
Jelaskan Hakikat Dari Demokrasi Pancasila Di Bidang Ekonomi

jelaskan hakikat demokrasi pancasila dalam bidang ekonomi!!​

1. jelaskan hakikat demokrasi pancasila dalam bidang ekonomi!!​

Jawaban:

hak yg sama melakukan usaha ekonomi (berdagang, bertani, berkebun,dll) untuk memenuhi / meningkatkan taraf hidupnya

Jawaban:

Sistem Pemerintahan Demokrasi Pancasila.

Landasan formil dari Republik Indonesia ialah Pancasila, UUD 1945 serta Ketetapan-ketetapan MPR. Sedangkan sistem pemerintahan demokrasi Pancasila menurut prinsip-prinsip yang terkandung didalam Batang Tubuh UUD 1945 berdasarkan tujuh sendi pokok, yaitu sebagai berikut :

Indonesia adalah Negara yang Berdasarkan Hukum.

Negara Indonesia berdasarkan hukum tidak berdasarkan atas kekuasaan belaka. Hal ini mengandung arti bahwa baik pemerintah maupun lembaga-lembaga negara lainnya dalam melaksanakan tindakan apapun harus dilandasi oleh hukum dan tindakannya bagi rakyat harus ada landasan hukumnya. Persamaan kedudukan dalam hukum bagi semua warga negara harus tercermin di dalamnya.

Indonesia Menganut Sistem Konstitusional.

Pemerintah berdasarkan sistem konstitusional dan tidak bersifat absolutisme (kekuasaan yang mutlah tidak terbatas). Sistem konstitusional ini lebih menegaskan bahwa pemerintah dalam melaksanakan tugasnya dikendalikan atau dibatasi oleh ketentuan-ketentuan hukum lainnya yang merupakan pokok konstitusional, seperti TAP MPR dan Undang-Undang.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

MPR sebagai pemegang kekuasaan negara yang tertinggi seperti tel
ah disebutkan dalam pasal 1 ayat 2 UUD 1945 pada halaman terdahulu, bahwa (kekuasaan negara tertinggi) ada ditangan rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh MPR. Dengan demikian, MPR adalah lembaga negara tertinggi sebagai penjelmaan seluruh rakyat Indonesia.

Presiden.

Presiden adalah penyelenggaraan pemerintah yang tertinggi dibawah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Dibawah MPR Presiden adalah penyelenggara pemerintah negara tertinggi. Presiden selain diangkat oleh MPR juga harus tunduk dan bertanggung jawab kepada MPR. Presiden adalah Mandataris MPR yang wajib menjalankan putusan-putusan MPR.

Pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Presiden tidak bertanggung jawab kepada DPR, tetapi DPR mengawasi pelaksanaan mandat yang dipegang oleh Presiden dan DPR harus saling bekerja sama dalam pembentukan undang-undang termasuk APBN. Untuk mengesahkan undang-undang Presiden harus mendapat persetujuan dari DPR.

Menteri Negara

Menteri Negara adalah pembantu Presiden, Menteri Negara tidak bertanggung jawab kepada DPR. Presiden memiliki wewenang untuk mengangkat dan memberhentikan menteri negara. Menteri ini tidak bertanggung jawab kepada DPR, tetapi kepada Presiden. Berdasarkan hal tersebut, berarti sistem kabinet kita adalah kabinet kepresidenan/presidensil. Kedudukan menteri negara bertanggung jawab kepada presiden, tetapi mereka bukan pegawai tinggi biasa. Menteri ini menjalankan kekuasaan pemerintah dalam prakteknya berada dibawah koordinasi presiden.

Kekuasaan Kepala Negara Tidak Tak Terbatas.

Kepala negara tidak bertanggung jawab kepada DPR, tetapi ia bukan diklator, artinya kekuasaan tidak tak terbatas. Ia harus memperhatikan sungguh-sungguh suara DPR. Kedudukan DPR kuat karena tidak dapat dibubarkan oleh Presiden dan semua anggota DPR merangkap menjadi anggota MPR. DPR sejajar dengan Presiden.

Baca Juga : Ideologi Pancasila – Pengertian, Fungsi, Ciri, Makna Dan Contohnya

Implementasi Demokrasi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa.

Pancasila sebagai dasar negara dan landasan idiil bangsa Indonesia, dewasa ini dalam zaman reformasi telah menyelamatkan bangsa Indonesia dari ancaman disintegrasi selama lebih dari 50 tahun. Namun sebaliknya sakralisasi dan penggunaan berlebihan dari ideologi negara dalam format politik orde baru banyak menuai kritik dan protes terhadap Pancasila.

Pada zaman reformasi saat ini pengimplementasikan Pancasila sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena didalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang sesuai dengan kepribadian bangsa. Selain itu, kini zaman globalisasi begitu cepat menjangkit negara-negara diseluruh dunia termasuk Indonesia. Gelombang demokrasi, Hak Asasi Manusia, neo-liberalisme, serta neo-konservatisme dan globalisme bahkan telah memasuki cara pandang masyarakat Indonesia.

Hal demikian bisa meminggirkan sistem nilai dan idealisme baru yang bertentangan dengan kepribadian bangsa. Adapun pengimplementasian tersebut dirinci dalam berbagai macam bidang, yaitu :

Implementasi Pancasila dalam bidang Politik.

Pembangunan dan pengembangan bidang politik harus mendasar pada dasar ontologis manusia. Hal ini didasarkan pada kenyataan objektif bahwa manusia adalah sebagi subjek Negara, oleh karena itu kehidupan politik harus benar-benar merealisasikan tujuan demi harkat dan martabat manusia.

2. jelaskan hakikat dari demokrasi pancasila di bidang ekonomi​

Demokrasi pancasila dalam bidang ekonomi memberikan kebebasan kepada setiap warga negara untuk memiliki berbagai bentuk usaha demi meningkatkan taraf hidupnya. Masyarakat diberikan kebebasan untuk memanfaatkan SDA untuk memenuhi hidup.

Pembahasan :

Demokrasi adalah sistem pemerintahan Indonesia dimana kekuasaan tertinggi dipegang oleh rakyat. Maksudnya adalah semua hal yang dilakukan pemerintah hanya untuk rakyat dan merupakan aspirasi rakyat yang disampaikan melalui perwakilan rakyat. Sistem Demokrasi Indonesia menganut sistem Demokrasi Pancasila.

Demokrasi Pancasila adalah sistem demokrasi yang berlandaskan nilai Pancasila dan dijiwai oleh nilai-nilai tiap silanya. Dalam pelaksanaan nya Demokrasi Pancasila berlandaskan asas kekeluargaan dan gotong-royong. Sistem ini dianggap cocok diterapkan di Indonesia karena sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Ahmad Sanusi menyampaikan 10 pilar demokrasi Pancasila yakni sebagai berikut :

1. Demokrasi Ketuhanan Yang Maha Esa, artinya dalam pelaksanaan demokrasi harus didasarkan pada nilai ber Ketuhanan.

2. Demokrasi dengan Kecerdasan, artinya demokrasi yang dijalankan harus berdasarkan ilmu yang ada bukan hanya karena kekuatan masa saja.

3. Demokrasi yang Berkedaulatan Rakyat, artinya dalam pelaksanaan demokrasi pemegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat sehingga segala kepentingan harus sesuai dengan keperluan rakyat.

4. Demokrasi dengan Rule of Law, artinya adalah dalam pelaksanaan Demokrasi, hukum menjadi pemegang kekuasaan tertinggi dan keadilan hukum sangat dijunjung tinggi.

5. Demokrasi dengan Pembagian Kekuasaan Negara, artinya dalam sistem demokrasi dilakukan pembagian kekuasaan dengan tanggungjawab masing-masing sehingga kekuasaan tidak hanya di pusat saja.

6. Demokrasi dengan Hak Asasi Manusia, artinya adalah dalam pelaksanaan demokrasi hak hak manusia harus dijunjung tinggi dan dihargai.

7. Demokrasi dengan Pengadilan yang Merdeka, artinya dalam pelaksanaan demokrasi semua lapisan masyarakat dapat mencari peradilan yang seadil-adilnya tanpa adanya berat sebelah dalam pelaksanaan.

8. Demokrasi dengan Otonomi Daerah, artinya adalah demokrasi dengan kekuasan penuh dipegang oleh daerah. Negara atau pemerintah pusat hanya memberikan monitoring dan menerima pelaporan hasil pelaksanaan di daerah.

9. Demokrasi dengan Kemakmuran, artinya adalah dalam pelaksanaan demokrasi bertujuan untuk menciptakan kemakmuran warganya dari berbagai bidang.

10. Demokrasi yang Berkeadilan Sosial, artinya adalah sistem demokrasi yang dijalankan mengutamakan keadilan sosial dari berbagai kelompok maupun golongan masyarakat.

Pelajari lebih lanjut :

1. Materi tentang Demokrasi Pancasila brainly.co.id/tugas/2149234

2. Materi tentang kelebihan Demokrasi Pancasila brainly.co.id/tugas/2857571

3. Materi tentang kelebihan Demokrasi Pancasila daripada Demokrasi Liberal brainly.co.id/tugas/27707747

Detail jawaban

Kelas : SMA – 11

Mapel : PPKn

Bab : 3 – Menelusuri Dinamika Demokrasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Kode : 11.9.3

#AyoBelajar #SPJ5

3. jelaskan hakikat dari demokrasi pancasila di bidang ekonomi

Demokrasi dalam bidang ekonomi pada hakekatnya adalah kehidupan yang layak bagi semua warga negara.

4. hakikat demokrasi pancasila dalam bidang politik,ekonomi dan hukum

Politik: Dalam pemilihan pemerinta baru yang pada hakikatnya harus sesuai dengan hukum demokrasi Ekonomi: Pada hakikatnya dalam ekonomi demokrasi ditegakkan guna menjaga perekonomian negara Hukum: Pada dasarnya telah ditentukan oleh hukum itu sendiri

5. pelaksanaan demokrasi dalam bidang ekonomi pada hakikatnya adalah??

1.Demokrasi dalam bidang politik pada hakekatnya adalah menegakkan kembali asas-asas negara hukum dan kepastian hukum.
2. Demokrasi dalam bidang ekonomi pada hakekatnya adalah kehidupan yang layak bagi semua warga negara.
3.Demokrasi dalam
bidang hukum pada hakekatnya bahwa pengakuan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM), peradilan yang bebas yang tidak memiha

semoga membantu dan tolong jadikan jawaban terbaik

6. pelaksanaan demokrasi dalam bidang ekonomi pada hakikatnya adalah

Ekonomi yang bersumber dari rakyat, dikelola oleh rakyat, dan kembali disalurkan untuk rakyat pula ;))

7. Hakikat demokrasi pancasila dalam bidang hukum

Pada hakikatnya demokrasi pancasila telah ditentukan sesuai dengan hukum yang berlaku dan tidak dapat diganggu gugat lagi.

8. ramuan demokrasi pancasila tentang demokrasi ekonomi pada hakikatnya adalah

kehidupan yang layak bagi semua warga negara.Demokrasi Pancasila adalah suatu paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang digali dari kepribadian bangsa Indonesia sendiri yaitu Pancasila. Mengenai rumusan singkat demokrasi Pancasila, tercantum dalam sila keempat Pancasila. Rumusan tersebut pada dasarnya merupakan rangkaian yang bulat dan utuh antara sila satu dengan sila yang lainnya.

“Demokrasi Ekonomi” ini menuangkan gagasan-gagasan yang membahas, mendalami, dan memahami hakikat demokrasi di bidang ekonomi. Di dalamnya termasuk mengenai apa yang perlu dilaksanakan, ditinjau, atau ditinggalkan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Demokrasi ekonomi yang sampai saat ini mengandung berbagai permasalahan dalam mewujudkannya, kini semakin tertantang dengan adanya proses globalisasi ekonomi.

Semoga Membantu 😀

Jadikan Jawaban Saya Menjadi Yang Terbaik Ok: )

Terima Kasih ^_^

9. Jelaskan analisis bagaimana hakikat demokrasi pancasila

Jawaban:

Hakikat demokrasi Pancasila adalah sebagai berikut.

Demokrasi dilaksanakan seturut nilai Pancasila. Demokrasi tidak semata-mata diartikan sebagai kebebasan berpendapat. Akan tetapi, demokrasi diartikan sebagai partisipasi aktif masyarakat dalam menerapkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Penjelasan:

Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi khas bangsa Indonesia. Pada demokrasi ini, Pancasila ditempatkan sebagai pemandu jalannya demokrasi. Hal ini selaras dengan nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila itu sendiri.

Pelajari lebih lanjut tentang materi demokrasi Pancasila pada https://brainly.co.id/tugas/3990283

#BelajarBersamaBrainly

10. jelaskan hakikat demokrasi pancasila dalam bidang politik,ekonomi dan hukum

hakikat ny adalah biar negara aman,maju,masyarakat ny sejahtra dan adil

11. Rumusan demokrasi Pancasila tentangdemokrasi ekonomi pda hakikatnya adalah …..

Pancasila juga meliputi perekonomian NKRI.Bersifat adil saat

12. Jelaskan hakikat demokrasi pancasila dalam bidang politik

hakikat nya adalah menghindar dari ter jadi nya permusuhan karena demokrasi pemilhan bebas serta dari rakyat ke rakyat 

13. jelaskan hakikat demokrasi pancasila dalam bidang a.politik b.ekonomi c.hukum

Demokrasi dalam bidang politik pada hakekatnya adalah menegakkan kembali asas-asas negara hukum dan kepastian hukum.

2.      Demokrasi dalam bidang ekonomi pada hakekatnya adalah kehidupan yang layak bagi semua warga negara.

3.      Demokrasi dalam bidang hukum pada hakekatnya bahwa pengakuan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM), peradilan yang bebas yang tidak memihak.

coba kakak cocokan sama pertanyaan kakak tadi yaa .
semoga saya bisa membantu anda

14. Hakikat demokrasi pancasila dalam bidang politik, artinya ​

Jawaban:

melalui permusyawaratan/perwakilan, berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila. Demokrasi Pancasila mengandung makna bahwa dalam penyelesaian masalah nasional yang menyangkut perikehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sejauh mungkin ditempuh jalan musyawarah untuk mencapai mufakat bagi kepentingan rakyat.

MAAFKALOSALAH^^

SEMOGAMEMBANTU:)

15. rumusan demokrasi pancasila tentang demokrasi ekonomi pada hakikat nya adalah kehidupan yang

Rumusan demokrasi pancasila tentang demokrasi ekonomi pada hakikat nya adalah kehidupan yang layak bagi semua warga negara

16. Jelaskan Hakikat Inti Demokrasi Pancasila

Pengertian Demokrasi Pancasila – Demokrasi Pancasila adalah suatu paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang digali dari kepribadian bangsa Indonesia sendiri yaitu Pancasila.

17. Jelaskan hakikat demokrasi pancasila dalam bidang : a. Politik b. Ekonomi c. Hukum

a.hak politik yang sama, yakni setiap individu berhak secara bebas memilih, menjadi angota salah satu partai politik, atau mendirikan partai politik baru. B.hak yang sama melakukan usaha ekonomi (berdagang, bertani, berkebun, menjual jasa, dan sebagainya) untuk memenuhi dan meningkatkan taraf hidupnya. C. memiliki kedudukan yang sama, yakni berhak untuk mengadakan pembelaan, penuntkan berpekara di depan pengadilan.

18. jelaskan hakikat demokrasi pancasila dibidang: a.Politi b.Ekonomi c.Hukum

-Kemanusiaan Yg adil dan beradab

19. hakikat demokrasi,demokrasi pancasila

sarana atau alat bagi bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan negara
maaf klau slh

20. pelaksanaan demokrasi dalam bidang ekonomi hakikatnya

Rumusan demokrasi pancasila tentang demokrasi ekonomi pada hakikat nya adalah kehidupan yang layak bagi semua warga negara

Video Terkait

Bagikan: