Jelaskan Mengenai Rendahnya Kesadaran Kemanusiaan

Fatih.co.id

Jelaskan Mengenai Rendahnya Kesadaran Kemanusiaan
Jelaskan Mengenai Rendahnya Kesadaran Kemanusiaan

Jelaskan mengenai rendahnya kesadaran kemanusiaan

Daftar Isi

1. Jelaskan mengenai rendahnya kesadaran kemanusiaan

Kesadaran kemanusiaan tidak pernah lepas dari nilai – nilai kemanusiaan yang pada dasarnya semua orang pernah mempelajarinya di sekolah. Ada lima unsur dalam nilai kemanusiaan, yaitu :

KebenaranKebajikanKedamaianKasih sayangTanpa kekerasan

Bila ada satu unsur yang hilang, maka secara tidak langsung akan berpengaruh pada unsur yang lain.

Nah, karena nilai kemanusiaan tidak timbul hanya dari pengajaran dan harus dibantu dengan upaya – upaya membangkitkan kesadaran diri atau self-realization, pengintegrasian nilai – nilai kemanusiaan oleh orang – orang terdekat seperti guru dan orang tua sangat dibutuhkan.

Dari implementasi dan pengintegrasian nilai kemanusiaan akan menumbuhkan penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM). Lalu, apabila kita jumpai saat ini banyak orang yang kurang “memanusiakan” sesamanya, di mana letak kesalahannya?

Seiring perkembangan zaman yang dibarengi dengan perkembangan teknologi, membuat pemikiran seseorang menjadi terlalu logis dan banyak melakukan pembenaran. Teknologi yang memberikan banyak informasi tanpa dibekali filterisasi diri seringkali justru membawa kesesatan dan berujung pada berkurangnya kesadaran kemanusiaan.

Baru – baru ini diberitakan pembunuhan seorang siswa di sekolah semi-militer berasrama di Magelang yang dilatarbelakangi perasaan dendam karena dilaporkan membolos oleh si korban. Dan ilmu membunuh itu (mirisnya) ia dapatkan dari tontonan salah satu film di layar kaca. Ketepatan waktu, kelihaiannya, hingga perencanaan yang sungguh matang sangat di luar dugaan kita semua karena usia si pelaku masih 15 tahun di mana di usia tersebut secara psikologis seharusnya masih dalam tahap show-up dalam pencarian jati dirinya.

Dari kata yang digarisbawahi telah tampak bahwa salah satu faktor rendahnya kesadaran kemanusiaan terkadang bukan dari kurangnya materi pelajaran PPKN di sekolah, melainkan ketidakmampuan dan ketidaksiapan diri seseorang untuk melakukan filterisasi terhadap informasi yang ia terima ditambahkan dengan kurangnya pengawasan dari orang terdekatnya untuk memberikan bimbingan dan memberikan bantuan implementasi nilai kemanusiaan itu sendiri.

Pelajari lebih lanjut : https://brainly.co.id/tugas/3550494

https://brainly.co.id/tugas/6765088

DETAIL JAWABAN

MAPEL : PPKN

KELAS : X

MATERI : PERKEMBANGAN HAK ASASI MANUSIA

KATA KUNCI : RENDAHNYA KEMANUSIAAN, HAM

KODE SOAL : 9

KODE KATEGORISASI : 10.9.3

2. Jelaskan mengenai rendahnya kesadaran manusia

answer

Kesadaran kemanusiaan tidak pernah lepas dari nilai – nilai kemanusiaan yang pada dasarnya semua orang pernah mempelajarinya di sekolah. Ada lima unsur dalam nilai kemanusiaan, yaitu :KebenaranKebajikanKedamaianKasih sayangTanpa kekerasan

3. 2. Jelaskan mengenai rendahnya kesadaran kemanusiaan Jawab:​

Kesadaran kemanusiaan tidak pernah lepas dari nilai – nilai kemanusiaan yang pada dasarnya semua orang pernah mempelajarinya di sekolah. Ada lima unsur dalam nilai kemanusiaan, yaitu :

Kebenaran

Kebajikan

Kedamaian

Kasih sayang

Tanpa kekerasan

Bila ada satu unsur yang hilang, maka secara tidak langsung akan berpengaruh pada unsur yang lain.

Nah, karena nilai kemanusiaan tidak timbul hanya dari pengajaran dan harus dibantu dengan upaya – upaya membangkitkan kesadaran diri atau self-realization, pengintegrasian nilai – nilai kemanusiaan oleh orang – orang terdekat seperti guru dan orang tua sangat dibutuhkan.

Dari implementasi dan pengintegrasian nilai kemanusiaan akan menumbuhkan penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM). Lalu, apabila kita jumpai saat ini banyak orang yang kurang “memanusiakan” sesamanya, di mana letak kesalahannya?

Seiring perkembangan zaman yang dibarengi dengan perkembangan teknologi, membuat pemikiran seseorang menjadi terlalu logis dan banyak melakukan pembenaran. Teknologi yang memberikan banyak informasi tanpa dibekali filterisasi diri seringkali justru membaw
a kesesatan dan berujung pada berkurangnya kesadaran kemanusiaan.

Baru – baru ini diberitakan pembunuhan seorang siswa di sekolah semi-militer berasrama di Magelang yang dilatarbelakangi perasaan dendam karena dilaporkan membolos oleh si korban. Dan ilmu membunuh itu (mirisnya) ia dapatkan dari tontonan salah satu film di layar kaca. Ketepatan waktu, kelihaiannya, hingga perencanaan yang sungguh matang sangat di luar dugaan kita semua karena usia si pelaku masih 15 tahun di mana di usia tersebut secara psikologis seharusnya masih dalam tahap show-up dalam pencarian jati dirinya.

Dari kata yang digarisbawahi telah tampak bahwa salah satu faktor rendahnya kesadaran kemanusiaan terkadang bukan dari kurangnya materi pelajaran PPKN di sekolah, melainkan ketidakmampuan dan ketidaksiapan diri seseorang untuk melakukan filterisasi terhadap informasi yang ia terima ditambahkan dengan kurangnya pengawasan dari orang terdekatnya untuk memberikan bimbingan dan memberikan bantuan implementasi nilai kemanusiaan itu sendiri.

4. 1. Surat At Tiin memberikan penjelasan mengenaia larangan memakan buah tiinmenghandik anak yatimb perintah memakan buah tinberiman dan hebat kebajikan2. Orang yang tidak menyadari bahwa dia diciptakan Allah sebagai makhluk yang sempurna, akandikembalikan ke tempat yanga. bahagia dan sejahterac. aman aman sajab. mendapat rahmat Allahd serendah rendahnya3. Orang yang menyuap dan menerima suap hukumnya…a. haramb. wajibc. sunnahd. mubah4. Manusia adalah makhluk Allah yang palinga taatb. hinac. sempurnad. setia​

Jawaban:

1.A

2.B

3.A

4.C

#MaafKloSalah

#SemogaBisaMembantu

Jawaban:

1.A

2.B

3.A

4.C

Maaf klo salahh 🙂

5. tolong rangkum dong plsssPengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya.Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para AhliAgar lebih memahami apa arti character education, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:T. RamliMenurut T. Ramli, pengertian pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengedepankan esensi dan makna terhadap moral dan akhlak sehingga hal tersebut akan mampu membentuk pribadi peserta didik yang baik.Thomas LickonaMenurut Thomas Lickona, pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti.John W. SantrockMenurut John W. Santrock, character education adalah pendidikan yang dilakukan dengan pendekatan langsung kepada peserta didik untuk menanamkan nilai moral dan memberi kan pelajaran kepada murid mengenai pengetahuan moral dalam upaya mencegah perilaku yang yang dilarang.ElkindMenurut Elkind, pengertian pendidikan karakter adalah suatu metode pendidikan yang dilakukan oleh tenaga pendidik untuk mempengaruhi karakter murid. Dalam hal ini terlihat bahwa guru bukan hanya mengajarkan materi pelajaran tetapi juga mampu menjadi seorang teladan.Fungsi Pendidikan KarakterSecara umum fungsi pendidikan ini adalah untuk membentuk karakter seorang peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermoral, berakhlak mulia, bertoleran, tangguh, dan berperilaku baik.Adapun beberapa fungsi pendidikan karakter adalah sebagai berikut;Untuk mengembangkan potensi dasar dalam diri manusia sehingga menjadi individu yang berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku baik.Untuk membangun dan memperkuat perilaku masyarakat yang multikultur.Untuk membangun dan meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam hubungan internasional.Character education seharusnya dilakukan sejak dini, yaitu sejak masa kanak-kanak. Pendidikan ini bisa dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan, serta memanfaatkan berbagai media belajar.Tujuan Pendidikan KarakterPada dasarnya tujuan utama pendidikan karakter adalah untuk membangun bangsa yang tangguh, dimana masyarakatnya berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, dan bergotong-royong.Untuk mencapai tujuan tersebut maka di dalam diri peserta didik harus ditanamkan nilai-nilai pembentuk karakter yang bersumber dari Agama, Pancasila, dan Budaya. Berikut adalah nilai-nilai pembentuk karakter tersebut:KejujuranSikap toleransiDisiplinKerja kerasKreatifKemandirianSikap demokratisRasa ingin tahuSemangat kebangsaanCinta tanah airMenghargai prestasiSikap bersahabatCinta damaiGemar membacaPerduli terhadap lingkunganPerduli sosialRasa tanggungjawabReligiusPentingnya Pendidikan KarakterSeperti kita ketahui bahwa proses globalisasi secara terus-menerus akan berdampak pada perubahan karakter masyarakat Indonesia. Kurangnya pendidikan karakter akan menimbulkan krisis moral yang berakibat pada perilaku negatif di masyarakat, misalnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang, pencurian, kekerasan terhadap anak, dan lain sebagainya.Menurut Thomas Lickona, setidaknya ada tujuh alasan mengapa character education harus diberikan kepada warga negara sejak dini, yaitu;Ini merupakan cara paling baik untuk memastikan para murid memiliki kepribadian dan karakter yang baik dalam hidupnya.Pendidikan ini dapat membantu meningkatkan prestasi akademik anak didik.Sebagian anak tidak bisa membentuk karakter yang kuat untuk dirinya di tempat lain.Dapat membentuk individu yang menghargai dan menghormati orang lain dan dapat hidup di dalam masyarakat yang majemuk.Sebagai upaya mengatasi akar masalah moral-sosial, seperti ketidakjujuran, ketidaksopanan, kekerasan, etos kerja rendah, dan lain-lain.Merupakan cara terbaik untuk membentuk perilaku individu sebelum masuk ke dunia kerja/ usaha.Sebagai cara untuk mengajarkan nilai-nilai budaya yang merupakan bagian dari kerja suatu peradaban.Dari penjelasan tersebut kita menyadari bahwa pendidikan karakter sangat penting bagi setiap orang. Dengan begitu, maka para guru, dosen, dan orang tua, sudah seharusnya senantiasa menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak didiknya.​

Jawaban:

Pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya

pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan Berikut adalah nilai-nilai pembentuk karakter tersebut:

Kejujuran

Sikap toleransi

Disiplin

Kerja keras

Kreatif

Kemandirian

Sikap demokratis

Rasa ingin tahu

Semangat kebangsaan

Cinta tanah air

Menghargai prestasi

Sikap bersahabat

Cinta damai

Gemar membaca

Perduli terhadap lingkungan

Perduli sosial

Rasa tanggungjawab

Penjelasan:

jadikanjawabantercerdasya

6. 1. Asas menjadi pendoman bahwa setiap pengambilan keputusan yang berkaitan dengan materi muatan perundang-undangan harus mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat. Asas yang dimaksud adalah…a. pengayomanb. kemanusiaanc. kebangsaand. kekeluargaan2. Di sebuah daerah akan dibuat peraturan mengenai tata cara penyembelihan hewan kurban. Perlu diketahui, daerah tersebut menganut mayoritas menganut agama Hindu yang melarang penyembelihan sapi. Namun, para pembentuk undang-undang tidak mempedulikannya. Hal ini menyebabkan perdebatan yang panjang dan tidak berguna. Perdebatan tersebut terjadi karena pembuatan undang-undang tidak memasukkan landasan…a. filosofisb. sosiologisc. yuridisd. agama3. Berikut ini lembaga yudikatif yang amar putusannya bisa ditindaklanjuti dalam revisi sebuah undang-undang adalah…a. Mahkamah Agungb. Mahkamah konstitusic. Pengadilan Tinggid. Pengadilan Negeri4. Tingginya tingkat pelanggaran terhadap peraturan menunjukkan tingkat…a. kesadaran masyarakat rendahb. kesadaran masyarakat tinggic. tidak ada hubungannyad. kepastian hukum yang belum naik5. Beberapa hari lalu, RUU Cipta Lapangan Kerja diprotes oleh para ahli hukum karena ada pasal yang menyatakan bahwa undang-undang ini bisa diubah dengan peraturan pemerintah. Hal ini berati dalam pembuatan RUU Cipta Lapangan Kerja tidak memperhatikan asas…a. kejelasan tujuanb. kelembagaanc. kesesuaian antara jenis, hierarki, dan materi muatand. dapat dilaksanakan6. Peraturan perundang-undangan UUD NRI Tahun 1945 berada di urutan paling tinggi yang pertama sebab…a. merupakan hukum dasar tertulisb. dirumuskan oleh pendiri negarac. ditetapkan PPKId. merupakan hukum positif​

Jawaban:

1.B

2.A

3.A

4.A

5.A

6.A

Penjelasan:

maaf kalo salah

7. Geografi sebagai ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan merupakan pendapat dari… *5 pointsa. Prof. R. Bintartob. Daldjoenic. Erastothenesd. SEMLOKe. Bernard VarenOther:2. Kecenderungan terhadap pemusatan suatu fenomena geosfer pada wilayah yang lebih sempit deng menguntungkan merupakan pengertian dari konsep…5 pointsa. aglomerasib. polac. lokasid. morfologie. jarak3. Pada Rabu, 27 September 2017 terjadi gempa dengan kekuatan 4.3 SR di Gunung Agung, Bali. Gempa tersebut berada pada koordinasi 8.25 lintang selatan dan 115,48 Bujur Timur. Dari pernyataan diatas konsep yang sesuai dengan fenomena geografi tersebut adalah konsep…5 pointsa. lokasib. polac. aglomerasid. nilai kegunaane. morfologi4. Kota Batam merupakan kota yang strategis karena berada di jalur pelayaran internasional. Hal ini berdampak pada perkembangan kota yang menjadi pesat. Konsep geografi yang tepat untuk menganalisis fenomena geosfer tersebut adalah konsep…5 pointsa. keterjangkauanb. nilai kegunaanc. lokasid. polae. interdependansi5. Fenomena geosfer berikut yang menunjukkan aspek fisik geografi adalah…5 pointsa. pembangunan tanpa memperhatikan alam akan merusak keseimbangan ekosistemb. banyak ilmuan yang berlomba-lomba menciptakan alat deteksi gempac. dibutuhkan peran serta masyarakat dalam pembangunan berbasis lingkungand. terjadi sedimentasi di sungai Musi yang tinggi akibat penebangan hutane. kesenjangan sosial dikota menyebabkan timbulnya permukiman kumuh6. Tanaman padi dapat tumbuh di daerah dataran rendah yang memiliki curah hujan yang cukup. Prinsip geografi yang tepat untuk mengkaji gejala geosfer tersebut adalah…5 pointsa. deskripsib. korologic. persebarand. distribusie. interelasi7. Berikut ini adalah beberapa ilmu pendukung dalam kajian Geografi. (1) Geologi (2) Sosiologi (3) Geomorfologi (4) Geografi ekonomi (5) Pedologi (6) Demografi. Kajian ilmu geografi di bidang fisik ditunjukkan oleh nomor…5 pointsa. 2,4,5b. 2,3,4c. 1,3,5d. 1,3,6e. 3,4,58. Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya berupa laut. Oleh karena itu, penduduk di kawasan pesisir bekerja di sektor perikanan laut. Produktivitas perikanan laut ini tidak lepas dari pengaruh kondisi fisik lingkungan laut. Aspek nonfisik yang dapat dikaji berdasarkan fenomena geosfer tersebut adalah…5 pointsa. produktivitas penangkapan ikan dipengaruhi oleh cuacab. peningkatan kualitas sumber daya masyarakat pesisir melalui pelatihanc. kualitas laut indonesia terancam oleh sampah dan pencemaran air lautd. cuaca yang tidak menentu memengaruhi hasil tangkapan ikane. fotoplanton di laut semakin lama semakin berkurang akibat adanya pencemaran laut9. Kebakaran lahan gambut yang terjadi di Pulau Sumatra dan Kalimantan beberapa waktu lalu menimbulkan bencana luar biasa. Asap akibat kebakaran telah mengganggu kesehatan masyarakat, kelancaran transportasi, dan terhambatnya aktivitas manusia. Dampak yang lebih besar adalah terganggunya keseimbangan ekosistem. Pendekatan geografi untuk membahas fenomena tersebut adalah pendekatan kelingkungan karena…5 pointsa. adanya hubungan antar wilayahb. berkaitan dengan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan alamc. kerusakan lingkungan yang sulit untuk diperbaikid. d. terganggunya keseimbangan lingkungan mengakibatkan hewan liar kehihalangan habitatnya.e. tingkat kesadaran masyarakat rendah dalam mengelolah alam10. Fenomena geosfer yang dijelaskan dengan peta, tabel, dan diagram berdasarkan data dan fakta adalah pengertian dari…5 pointsa. aspek fisikb. objek materialc. prinsip deskribsid. pendekatan kelingkungane. pendekatan keruanganDi wilayah gurun iklimnya sangat panas sehigga sedikit sekali flora dan fauna yang dapat bertahan hidup disana. Berbeda dengan wilayah beriklim tropis yang kaya dengan keanekaragaman hayati. Jelaskan konsep yang tepat untuk mengkaji fenomena tersebut!Your answerSuatu kota yang harus berkembang akan memengaruhi wilayah di sekitarnya. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut!Your answerPada tahun 2006 terjadi bencana Lumpur Lapindo di Sidoarjo Jawa Timur. Bagaimana jika permasalahan tersebut dikaji menggunakan konsep lokasi?Your answerObjek studi geografi terbagi atas dua yaitu objek material dan objek formal. jelaskan menurut pemahaman anda mengenai kedua objek tersebut!Your answerKarakteristik dan potensi wilayah di permukaan bumi tersebar tidak merata. Prinsip geografi apa yang dapat digunakan untuk mengkaji gejala geosfer tersebut?Your answer​

Jawaban:

1,A

2,A

3,c

4,C

5,D

6b

7c

8c

9d

10,A

Penjelasan:

maaf kak klo salah

8. Tolong rangkum ini dunkPengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya.Pendidikan karakter adalah suatu sistem pe
ndidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para AhliAgar lebih memahami apa arti character education, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:T. RamliMenurut T. Ramli, pengertian pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengedepankan esensi dan makna terhadap moral dan akhlak sehingga hal tersebut akan mampu membentuk pribadi peserta didik yang baik.Thomas LickonaMenurut Thomas Lickona, pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti.John W. SantrockMenurut John W. Santrock, character education adalah pendidikan yang dilakukan dengan pendekatan langsung kepada peserta didik untuk menanamkan nilai moral dan memberi kan pelajaran kepada murid mengenai pengetahuan moral dalam upaya mencegah perilaku yang yang dilarang.ElkindMenurut Elkind, pengertian pendidikan karakter adalah suatu metode pendidikan yang dilakukan oleh tenaga pendidik untuk mempengaruhi karakter murid. Dalam hal ini terlihat bahwa guru bukan hanya mengajarkan materi pelajaran tetapi juga mampu menjadi seorang teladan.Fungsi Pendidikan KarakterSecara umum fungsi pendidikan ini adalah untuk membentuk karakter seorang peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermoral, berakhlak mulia, bertoleran, tangguh, dan berperilaku baik.Adapun beberapa fungsi pendidikan karakter adalah sebagai berikut;Untuk mengembangkan potensi dasar dalam diri manusia sehingga menjadi individu yang berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku baik.Untuk membangun dan memperkuat perilaku masyarakat yang multikultur.Untuk membangun dan meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam hubungan internasional.Character education seharusnya dilakukan sejak dini, yaitu sejak masa kanak-kanak. Pendidikan ini bisa dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan, serta memanfaatkan berbagai media belajar.Tujuan Pendidikan KarakterPada dasarnya tujuan utama pendidikan karakter adalah untuk membangun bangsa yang tangguh, dimana masyarakatnya berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, dan bergotong-royong.Untuk mencapai tujuan tersebut maka di dalam diri peserta didik harus ditanamkan nilai-nilai pembentuk karakter yang bersumber dari Agama, Pancasila, dan Budaya. Berikut adalah nilai-nilai pembentuk karakter tersebut:KejujuranSikap toleransiDisiplinKerja kerasKreatifKemandirianSikap demokratisRasa ingin tahuSemangat kebangsaanCinta tanah airMenghargai prestasiSikap bersahabatCinta damaiGemar membacaPerduli terhadap lingkunganPerduli sosialRasa tanggungjawabReligiusPentingnya Pendidikan KarakterSeperti kita ketahui bahwa proses globalisasi secara terus-menerus akan berdampak pada perubahan karakter masyarakat Indonesia. Kurangnya pendidikan karakter akan menimbulkan krisis moral yang berakibat pada perilaku negatif di masyarakat, misalnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang, pencurian, kekerasan terhadap anak, dan lain sebagainya.Menurut Thomas Lickona, setidaknya ada tujuh alasan mengapa character education harus diberikan kepada warga negara sejak dini, yaitu;Ini merupakan cara paling baik untuk memastikan para murid memiliki kepribadian dan karakter yang baik dalam hidupnya.Pendidikan ini dapat membantu meningkatkan prestasi akademik anak didik.Sebagian anak tidak bisa membentuk karakter yang kuat untuk dirinya di tempat lain.Dapat membentuk individu yang menghargai dan menghormati orang lain dan dapat hidup di dalam masyarakat yang majemuk.Sebagai upaya mengatasi akar masalah moral-sosial, seperti ketidakjujuran, ketidaksopanan, kekerasan, etos kerja rendah, dan lain-lain.Merupakan cara terbaik untuk membentuk perilaku individu sebelum masuk ke dunia kerja/ usaha.Sebagai cara untuk mengajarkan nilai-nilai budaya yang merupakan bagian dari kerja suatu peradaban.Dari penjelasan tersebut kita menyadari bahwa pendidikan karakter sangat penting bagi setiap orang. Dengan begitu, maka para guru, dosen, dan orang tua, sudah seharusnya senantiasa menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak didiknya.​

Jawaban:

untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya.

9. Perhatikan contoh pidato persuasif berikut!Ibu-ibu, Bapak-Bapak, dan Saudara-Saudara yang saya hormati, selamat pagi dan selamatdatang dalam acara seminar pagi ini.Hadirin yang berbahagia, sebelum saya memulai pembicaraan, marilah kita panjatkan pujisyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nyakepada kita sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat tanpahalangan satu apa pun.Hadirin yang terhormat, tema seminar kita hari ini adalah “Pengembangan Pemuda MenjadiPribadi Pengusaha”.Sebelum kita membahasnya lebih jauh, pernahkah kita menyadari bahwa betapa banyakpengusaha-pengusaha sukses yang meniti karier kehidupannya mulai dari nol besar. Mereka-mereka adalah kebanyakan yang mempunyai latar belakang orang susah atau orang tidakmampu namun mempunyai mimpi yang begitu besar.Kebanyakan dari mereka juga berlatar belakang pendidikan rendah misalnya hanya lulusanSD namun mereka memiliki semangat juang yang sangat tinggi sehingga mampu mewujudkancita-citanya.Pendidikan yang tinggi tidak menjamin kita akan mendapat pekerjaan yang baik danmenjanjikan untuk memenuhi kebutuhan jika kita tidak pernah beranjak dari mimpi kita yangtidak pernah kita wujudkan.Kebanyakan pengusaha-pengusaha yang telah berhasil malah memperkerjakan orang-orang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Jadi, pada intinya, kita yang berjiwamuda mempunyai kesempatan yang selebar-selebarnya untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita.Masih cukup banyak waktu untuk berusaha sebaik mungkin dalam mewujudkan apa yang kitacita-citakan. Kita sebagai generasi muda harus mempunyai cara berpikir yang visioner, yaknimampu melihat peluang di masa depan dan mampu memanfaatkan peluang tersebut. Di sinisaya bukan berarti melarang Anda untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya, akantetapi kita semua harus mempunyai jiwa-jiwa pengusaha sehingga nantinya dapat diandalkanuntuk mengangkat perekonomian Indonesia yang lebih baik.Remaja-remaja yang saat ini sedang mencari dan membentuk jati dirinya harus mempunyaisudut pandang yang lebih baik mengenai kehidupan. Khususnya dalam membangunperekonomiannya sendiri, terlebih dapat bermanfaat dan memajukan perekonomian bangsa.Salah satu caranya adalah pembekalan dan pelatihan berwira usaha sehingga nantinya dapatmenumbuhkan benih-benih pemuda berjiwa interpreneur. Hal ini penting, karena salah satuunsur pokok penunjang kehidupan adalah perekonomian. Marilah para pemuda dan pemudigenerasi penerus bangsa teruslah bergerak, berpikir kreatif dan inovatif dan jangan pernah raguuntuk mencoba. Jangan takut gagal, karena orang-orang yang sukses bermula dari kegagalan-kegagalan yang mewarnai prosesnya menuju suatu kesuksesan.Jika kita mampu bergerak dan mengalahkan diri sendiri, segalanya menjadi mungkin.Sebenarnya yang membatasi kemampuan kita adalah pikiran kita sendiri. Kemampuan berpikirmanusia itu tidak terbatas, kita sendiri yang kadang membatasi pemikiran-pemikiran kitatersebut. Kita harus menjadi jiwa muda yang mempunyai pengaruh-pengaruh yang baik bagiSekian yang dapat saya sampaikan dalam sambutan pada acara seminar kali ini. Padapenutupan kali ini saya hendak menegaskan sekali lagi, ki
ta harus menjadi pemuda yang selalumemupuk semangat untuk menjadi generasi wirausaha. Semoga apa yang saya sampaikanAtas segala perhatian hadirin, saya mengucapkan terima kasih.generasi-generasi yang akan datang.Selamat pagi.1. Mengapa pidato tersebut termasuk pidato persuasif! (jelaskan)2. Jelaskan isi pidato tersebut!3. Jelaskan tujuan pidato tersebut!​

1. Mengapa pidato tersebut termasuk pidato persuasif?

Jawab : Karena isi pidato tersebut bersifat mempengaruhi/mengajak orang yang mendengarkan pidato tersebut

Salah satu bagian isi pidato yang menjadi bukti

Marilah para pemuda dan pemudi  

generasi penerus bangsa teruslah bergerak, berpikir kreatif dan inovatif dan jangan pernah ragu

untuk mencoba. Jangan takut gagal, karena orang-orang yang sukses bermula dari kegagalan-

kegagalan yang mewarnai prosesnya menuju suatu kesuksesan.

2. Jelaskan isi pidato tersebut!

Jawab : Pendidikan yang tinggi itu belum tentu menjamin kita untuk mendapat pekerjaan yang baik.

kita yang berjiwa  muda lahyang mempunyai kesempatan selebar-selebarnya untuk mewujudkan mimpi-mimpinnya.

Kita sebagai generasi muda harus mempunyai cara berpikir yang visioner, yakni  mampu melihat peluang di masa depan dan mampu memanfaatkan peluang tersebut.

3. Jelaskan tujuan pidato tersebut

Jawaban :

Tujuan : adalah supaya kita sebagai generasi penerus bangsa terus bergerak, berpikir kreatif dan inovatif dan tidak pernah ragu

untuk mencoba,dan menjadi jiwa muda yang mempunyai pengaruh-pengaruh yang baik bagi generasi-generasi yang akan datang.

Semoga membantu yah-! ^^

10. Tugas 1 Indonesia memilki iklim musim, merupakan pengaruh dari letak…? Letak Astronomis Indonesia berada diantara…dan… Menurut letak Geologi, Indonesia terletak pada rangkaian pegunungan lipatan muda Sirkum pasifik dan sirkum mediterania,berikan penjelasan dari 2 sirkum tersebut.! Garis lintang 0° di Indonesia melalui kota? Garis bujur 180°,baik bujur baraTugas 2 Tuliskan fauna Indonesia bagian barat,timur dan tengah terdapat dipulau dan jenis faunanya .? Tuliskan flora Indonesia bagian barat,timur dan tengah terdapat dipulau dan jenis floranya .? Tuliskan apa yang di maksud dengan garis wallacea dan garis weber? Curah hujan semakin tinggi bila terjadi angin La Nina,mengapa demikian? Sebutkan 2 macam angin musim yang bergantian pada setiap 6 bulan sekali?Tugas 3 Tanah Renzina,Proses terbentuknya dari pelapukan batuan kapur di daerah yang memiliki curah hujan tinggi,Ciri-ciri tanah memiliki warna putih sampai hitam, dan miskin unsur hara,sebutkan apa pemanfaatannya dan pesebarannya.! Tuliskan ada berapa jenis-jenis tanah yang ada di Indonesia .! Kesuburan tanah antar wilayah menurut pulau di ZIndonesia ada pulau Sumatra,pulau jawa,pulau Kalimantan,pulau Sulawesi,pulau tenggara,Maluku dan papua. Tuliskan penjelasan mengenai kesuburan tanha yang berada di pulau Kalimantan.? Tuliskan apa yang dimaksud dengan tanah.? Tuliskan faktor apa saja yang mempengaruhi kesuburan tanah?Tugas 4 Dik :daerah y pada tahun 2014 angka kelahiran 40 jiwa dan angka kematiannya 20 jiwa.Dit :hitunglah pertumbuhan alami daerah tersebut? Dik : dareah x pada tahun 2014 mempunyai angka kelahiran 40 jiwa dan kematian 20 jiwa. Diketahui pula jumlah imigrasi 25 jiwa dan emigrasi 15 jiwa.Dit : hitunglah pertumbuhan penduduk daerah X pada tahun 2014? Dik:pada tahun 2014 jumlah penduduk daerah X tercatat 210 juta jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduk per Tahun adalah 2,5 %Dit: berapakah proyeksi penduduk daerah X pada tahun 2016? Dik : pada tahun 2014 suatu daerah terdapat penduduk sebanyak 25 juta jiwa,sedangkan jumlah bayi yang lahir dalam setahun sebesar 500.000 bayi.Dit : berapa CBR daerah tersebut? Dit:dalam suatu wilayah pada tahun 2014 terdapat 150.000 wanita yang berumur 25-29 tahun dan jumlah kelahiran dari wanita dalam umur tersebut sebanyak 25.000Dit:berapakah ASBR wilayah tersebut? Dik: jumlah penduduk suatu daerah pada pertengahan tahun 2014 adalah 250 juta jiwa. Pada tahun tersebut terdapat kematian sebesar 500.000 jiwa.Dit:berapakah tingkat kematian daerah tersebut? Dik:dalam suatu daerah tahun 2014 terdapat penduduk bberusia 50-55 tahun sebanyak 1.000.000 jiwa. Pjadi kematada golongan umur tersebut setiap tahun tejadi kematian sebesar 10.000 jiwa.Dit:berapakah ASDR daerah tersebut?Tugas 5 Menurut pendapat kamu. Apa upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi kualitas penduduk yang rendah di Indonesia? Dalam 3 〖km〗^2 terdapat 900 jiwa. Berapakah yang harus dihuni dalam 1 〖km〗^2seginya.?Tugas 6 Tuliskan pengertian 3 bentuk piramida penduduk! Berdasarkan jenis kelamin, penduduk dapat dikelompokan menjadi penduduk….dan…. Tuliskan kelompok umur yang belum produktif,produktif dan nonproduktir! Tuliskan dampak posifif dan negatitif mobilitas social! Tuliskan bagaimana cara mengatasi kualitas penduduk yang rendah di Indonesia!Tugas 7 Seberapa pentingkah lingkungan hidup bagi manusia?Bagaimana menyadari masyarakat agar mempunyai kemauan untuk memperhatikan dan memelihara lingkungan hidup.! Jelaskan faktor penyebab banjir dan longsor. Sebutkan usaha pengendaliannya.! Jelaskan penyebab gunung meletus dan gempa bumi.!Tugas 8 Tuliskan apa saja kerusakan lingkungan akibat aktivitas manusia.? Tuliskan bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup! Bagaimana cara melakukan usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup.?jawab sekarang yah, perlu banget

letak astronomis no1…….akibat perbuatan yg semena2 seperti menebang pohon ..membuang limbah industri. polusi kendaraan dan sebagai nya..no 8

Video Terkait

Bagikan: