Jelaskan Pengertian Konflik Menurut Lewis A Coser

Fatih.co.id

Jelaskan Pengertian Konflik Menurut Lewis A Coser
Jelaskan Pengertian Konflik Menurut Lewis A Coser

jelaskan pengertian konflik menurut lewis A coser​

1. jelaskan pengertian konflik menurut lewis A coser​

Contoh teori konflik menurut Lewis A. Coser yaitu:

1.Konflik realistis: para karyawan yang melakukan pemogokan kerja untuk melawan manajemen dari perusahaan sebagai aksi untuk menuntut kenaikan upah atau gaji

2.Konflik non realistis: pada masyarakat yang buta huruf, melakukan pembalasan dendam melalui ilmu hitam atau gaib sering merupakan benruk dari konflik non realistis, seperti halnya dengan sering terjadinya pengkambinghitaman dalam masyarakat yang sudah maju.

Penjelasan

Hallo teman- teman BrainlyLovers!!! pada waktu luang kali ini kita bersama- sama akan  mencoba  menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran sekolah menengah atas mata pelajaran sosiologi. Semangat belajar yaa teman- teman semoga sukses!!!

Lewis A. Coser membedakan konflik menjadi dua yaitu:

1.Konflik realistis

Konflik realistis merupakan konflik yang berawal dari kekecewaan kepada tuntutan khusus yang terjadi pada hubungan dan juga dari perkiraan keuntungan para partisipan, yang kemudian ditujukan kepada objek yang sudah dianggap mengecewakan. Contohnya para karyawab yang melakukan pemogokan kerja untuk melawan manajemen dari perusahaan sebagai aksi untuk menuntuk kenaikan upah atau gaji.

2.Konflik non realistis

Konflik non realistis merupakan konflik yang tidak berasal dari tujuan saingan yang jahat atau antagonistis, namun dari kebutuhan dengan tujuan untuk meredakan ketegangan, paling engga dari satu pihak. Contohnya pada masyarakat yang buta huruf, melakukan pembalasan dendam melalui ilmu hitam atau gaib sering merupakan bentuk dari konflik non realistis, seperti halnya dengan sering terjadinya pengkambinghitaman dalam masyarakat yang sudah maju.

Pelajari lebih lanjut

Adik-adik semua masih kepingin belajar materi sosiologi kan? Yuk adik-adik cek link di bawah ini yaa!!! Semoga dapat membantu adik-adik da
lam belajar dan semoga membantu ya

1.4 kategori gangguan firewall voip pada link berikut https://brainly.co.id/tugas/24508402

2.Perbedaan pegawai dan staff pada link berikut https://brainly.co.id/tugas/11087504

3.Ruang lingkup pendidikan multikultural pada link berikut https://brainly.co.id/tugas/20802879

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: sosiologi

Bab: konflik dan integrasi sosial

Kode: 11.20.3

Kata kunci: teori Lewis A. Coser, konflik realistis, konflik non realistis

2. Jelaskan pengertian konflik menurut Lewis a coser

Dalam memandang konflik, Coser memiliki beberapa konsep; yaitu sebagai berikut:

1. Ikatan Kelompok Dan Pemeliharaan Fungsi-Fungsi Konflik Sosial

Menurut Coser, Konflik bisa diartikan sebagai proses yang bersifat instrumental dalam pembentukan, penyatuan dan pemeliharaan struktur sosial. Konflik dapat menempatkan dan menjaga garis batas antara dua atau lebih kelompok. Konflik dengan kelompok lain dapat memperkuat kembali identitas kelompok dan melindunginya agar tidak lebur ke dalam dunia sosial sekelilingnya.

Seluruh fungsi positif konflik tersebut dapat dilihat dalam ilustrasi suatu kelompok yang sedang mengalami konflik dengan kelompok lain. Dalam ruang lingkup kecil, karena konflik maka kelompok-kelompok baru dapat lahir dan mengembangkan identitas strukturalnya.

2. Perlu adanya Katup Penyelamat

Coser melihat bahwa katup penyelamat berfungsi sebagai jalan ke luar yang meredakan permusuhan, yang tanpa itu hubungan-hubungan di antara pihak-pihak yang bertentangan akan semakin menajam. Katup Penyelamat (savety-value) ialah salah satu mekanisme khusus yang dapat dipakai untuk mempertahankan kelompok dari kemungkinan konflik sosial. Katup penyelamat merupakan sebuah institusi pengungkapan rasa tidak puas atas sebuah sistem atau struktur.

3. Tindakan Konflik Berbeda dengan Rasa Permusuhan

Menurut Coser, tindakan konflik dengan rasa bermusuhan itu tidak sama. Konflik benar-benar mengubah waktu hubungan dari pelaku sedangkan bermusuhan tidak memiliki peran penting dan meninggalkan pengertian ketidakberubahan hubungan. Perasaan permusuhan dibebaskan tidak hanya menuju objek asal, tetapi juga menuju objek pengganti. Perilaku selain konflik setidak-tidaknya menunjukan fungsi yang sama dari konflik. Konflik tidak selalu mengarah pada permusuhan, tetapi ia bisa digeser pada pemuasan kebutuhan yang ditunjukkan oleh penemuan objek pengganti tersebut.

semoga membantu..

menurut lewis a coser. konflik bisa diartikan sebagai proses yang bersifat instrumental dalam pembentukan, penyatuan dan pemeliharaan struktur sosial.
konflik dengan kelompok lain dapat memlerkuat kembalinya identitas kelompok dan melindunginya agar tdk lebur dalam dunia sosial sekelilingnya.

semoga membantu yah

3. pengertian konflik menurut lewis a coser

KONFLIK MENURUT LEWIS A. COSER.Menurut Coser, Konflik bisa diartikan sebagai proses yang bersifat instrumental dalam pembentukan, penyatuan dan pemeliharaan struktur sosial. … Konflik dengan kelompok lain dapat memperkuat kembali identitas kelompok dan melindunginya agar tidak lebur ke dalam dunia sosial sekelilingnya.

4. jelaskan secara singkat teori konflik menurut lewis a. coser?

suatu perjuangan terhadap nilai dan pengakuan tergahap status yang langka, kemudian kekuasaan dan sumber-sumber pertentangan dinetralisir atau dilangsungkan, atau dilangsungkan, atau dieliminir saingan-saingannya

maafkan kalo salah

5. pengertian konflik menurut Lewis a coser​

Jawaban:

konflik adalah perjuangan mengenai nilai atau tuntutan status, kekuasaan bermaksud untuk menetralkan mencederai atau melenyapkan lawan

Penjelasan:

semoga bermanfaat

Jawaban:

Coser, konflik adalah perjuangan nilai atau tuntutan atas status dan merupakan bagian dari masyarakat yang akan selalu ada, sehingga apabila ada masyarakat maka akan muncul konflik.

Penjelasan:

like ya btw udah saya bantu

6. Bagaimana difinisi konflik menurut lewis a. coser

Jawaban:

mendefinisikan sebagai suatu perjuangan terhadap nilai dan pengakuan terhadap status yang langka, kemudian kekuasaan – kekuasaan dan sumber – sumber pertentangan dinetralisir atau dilangsungkan, dieliminasi saingan – saingannya.

Penjelasan:

Maaf kalo salah dan semoga membantu 🙂

7. jelaskan pengertian konflik menurut Lewis coser dan dua orang lainnya ​

Jawaban:

KONFLIK MENURUT LEWIS A. COSER.Menurut Coser, Konflik bisa diartikan sebagai proses yang bersifat instrumental dalam pembentukan, penyatuan dan pemeliharaan struktur sosial. … Konflik dengan kelompok lain dapat memperkuat kembali identitas kelompok dan melindunginya agar tidak lebur ke dalam dunia sosial sekelilingnya.

Penjelasan:

maaf itu aja

8. jelaskan pengertian konflik menurut gillin dan gillin serta Lewis a. coser​

Jawaban:

#pengertian konflik menurut gillin

konflik adalah proses sosial yang bersifat disosiatif (tidak saling mendukung) yang terjadi karna perbedaan perbedaan, yakni perbedaan emosi, kebuduyaan, dan sebagainya

#pengertian konflikmenurut Lewis a.coser

konflik adalah perjuangan nilai atau tuntutan atas status dan merupakan bagian dari masyarakat yang akan selalu ada, sehingga apabila ada masyarakat maka akan muncul konflik.

Penjelasan:

maaf klok slh

9. Contoh teori konflik menurut lewis a coser

Contoh teori konflik menurut lewis a coser adalah suatu sistem sosial yang bersifat fungsional. Konflik yang terjadi di lingkungan masyarakat tersebut tidak hanya menimbulkan dampak negatif saja namun dapat menimbulkan dampak positif juga. Konflik yang terjadi disekitar lingkungan masyarakat disebabkan adanya ketidaksesuaian antara harapan dan tindakan yang dilakukan.

Penjelasan

Sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang memiliki objek kajian berupa masyarakat dan memiliki fokus pembahasan berupa kehidupan sosial dan gejala – gejala sosial yang terdapat disekitar lingkungan masyarakat.

Pelajari lebih lanjut  Pengertian sosiologi brainly.co.id/tugas/3387945

10. Jelaskan Bentuk Konflik Menurut Ralf Dahrendorf Dan Lewis a. coser​

Jawaban:

Ralf Dahrendorf mengatakan bahwa konflik dapat digolongkan dalam empat macam, yaitu:

– Konflik antara atau yang terjadi dalam peranan sosial, atau biasa disebut dengan konflik peran. Konflik peran adalah suatu keadaan di mana individu menghadapi berbagai ekspektasi yang berlawanan dari berm
acam-macam peranan yang dimilikinya di masyarakat.

– Konflik antara kelompok-kelompok sosial.

– Konflik antara kelompok-kelompok yang terorganisir dan tidak terorganisir.

– Konflik antara satuan nasional, seperti antarpartai politik, antarnegara, atau organisasi internasional.

Lewis A. Coser mengelompokkan konflik sosial menjadi dua jenis, yaitu konflik realistis dan non-realistis.

– Konflik Realistis adalah konflik yang berdasar dari kekecewaan individu maupun kelompok atas berbagai bentuk permasalahan dalam hubungan sosial.

– Konflik non-Realistis lahir karena ada kebutuhan melepaskan ketegangan dari salah satu atau 2 pihak yang berkonflik.

11. Jelaskan pengertian sosiologi menurut Lewis A. Coser !!

Jawabannya difoto ya kak

12. apakah pengertian dari konflik berdasaran lewis A. Coser

Lewis A. Coser berpendapat bahwa konflik adalah sebuah perjuangan mengenai nilai atau tuntutan atas status, kekuasaan, dan sumber daya yang bersifat iangka dengan maksud menetraikan, mencederai, atau melenyapkan lawan.

Kata “konflik” berasai dari bahasa Latin “configere” yang artinya saiing memukui. Daiam Kamus Besar Bahasa indonesia (KBBI), konflik didefinisikan sebagai percekcokan, perselisihan, atau pertentangan. Dengan demikian, secara sederhana, konflik merujuk pada adanya dua hai atau iebih yang berseberangan, tidak selaras, dan bertentangan.

Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (atau juga kelompok) yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya. Konflik termasuk bentuk interaksi sosial yang bersifat disosiatif.

Pelajari lebih lanjut Sosiologi kelas 11:

Syarat mediator: https://brainly.co.id/tugas/20853816Tugas seorang mediator: https://brainly.co.id/tugas/20853828Dampak positif Etnosentrisme: https://brainly.co.id/tugas/20853904Kelas: 11Mapel: SosiologiBab: konflik, kekerasan, dan perdamaianKode: 11.20.5Kata Kunci: Sosiologi, konflik, kekerasan, perdamaian

13. Jelaskan teori konflik menurut lewis A. Coser

Teori konflik yang dikonsepsikan coser merupakan sebuah system sosial yang bersifat fungsional. Bagi lewis A. Coser, konflik yang terjadi di dalam masyarakat tidak semata-mata menunjukkan fungsi negatif saja, tetapi dapat pula menimbulkan dampak positif. Oleh karena itu, konflik bias menguntungkan bagi sistem yang bersangkutan. Bagi Coser, konfik adalah salah satu bentuk interaksi dan tak perlu diingkari keberadaannya

14. Jelaskan bentuk konflik menurut Lewis A. Coser

Bentuk konflik menurut Lewis A. Coser terbagi menjadi dua yaitu:

Konflik realitis, merupakan suatu konflik yang berasal dari adanya kekecewaan individu atau kelompok masyarakat terhadap sistem dan tuntutan yang ada pada hubungan sosial. Contohnya yaitu manusia melakukan demo menolak kenaikan uang kuliah karena kekecewaan terhadap kampus. Konflik non-realistis, merupakan suatu konflik yang bukan berasal dari tujuan persaingan yang berlawanan. Tapi merupakan kebutuhan pada pihak tertentu untuk meredakan ketegangan. Contohnya yaitu mencari kambing hitam atas permasalahan yang terjadi.

Pembahasan

Konflik merupakan suatu pertentangan. Konflik juga merupakan yang digambarkan sebagai benturan kepentingan antar dua pihak atau lebih. Konflik juga merupakan suatu perkelahian, peperangan atau perjuangan.

Konflik ini timbul karena adanya perbedaan yang ada di dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya perbedaan budaya, fisik, kepentingan, nilai, kebutuhan, emosi atau perbedaan pola pikir antar individu maupun kelompok yang ada di dalam masyarakat. Dengan adanya perbedaan-perbedaan tersebut bisa terjadinya sebuah konflik.

Berikut ini faktor penyebab adanya konflik yaitu, adanya perbedaan individu, adanya perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga menciptakan suatu pribadi yang berbeda, adanya perbedaan kepentingan antara individu dan kelompok.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang jenis-jenis konflik sosial https://brainly.co.id/tugas/2811052

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

15. Jelaskan pengertian konflik menurut Soerjono Soekanto Lewis a coser​

Jawaban:

Menurut Soerjono Soekanto, konflik adalah suatu proses sosial ketika orang perorangan atau kelompok manusia berusaha untuk memenuhi tujuan dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai dengan ancaman dan atau kekerasan.

semoga membantu 🙂

Penjelasan:

jadikan jawabanyang tercerdasya,....^_~

16. Macam macam bentuk konflik menurut lewis a coser

Jawaban:

Lewis A. Coser membedakan konflik atas dua bentuk, yaitu konflik realistis dan konflik nonrealistis. Konflik realistis berasal dari kekecewaan individu atau kelompok terhadap sistem dan tuntutan-tuntutan yang terdapat dalam hubungan sosial.

Penjelasan:

mon maap klo salah

17. mencari penjelasan tentang konflik dan penyebab nya menurut Lewis A. Coser

menurut Lewis A Coser
konflik adalah perjuangan nilai atau tuntutan atas status kekuasaan dan sumber daya yang bersifat langka dengan maksud menetralkan mencerdaskan atau melenyapkan lawan

semoga membantu…

18. Apa Contoh Teori konflik menurut Lewis A. Coser ?

lewis dan coser
untuk tempat pariwisata semoga membantuMenurut Coser, Konflik bisa diartikan sebagai proses yang bersifat instrumental dalam pembentukan, penyatuan dan pemeliharaan struktur sosial

19. Contoh teori konflik menurut lewis a coser

Teori konflik menurut lewis a coser, yaitu suatu sistem sosial yang memiliki sifat fungsional. Dimana konflik tidak hanya mengaibatkan hal negatif saja akan tetapi hal positif pula.

Pembahasan

Pertentangan atau konflik sosial adalah proses sosial dimana orang perorang atau kelompok manusia berusaha mencapai tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan dengan menggunakan ancaman atau kekerasan.

Faktor penyebab konflik sosial atau pertentangan, yaitu:

-Perbedaan setiap individu

-Faktor kebudayaan

-Faktor kepentingan

-Interaksi sosial

-Perubahan sosial

Jenis-jenis konflik atau pertentangan, sebagai berikut:

-Konflik individu  adalah konflik yang terjadi antara individu dengan individu atau dengan kelompok masyarakat.

-Konflik rasial adalah konflik yang terjadi antara dua ras atau lebih yang berbeda.  

-Konflik agama adalah konflik yang terjadi antara kelompok-kelompok yang memiliki agama dan keyakinan berbeda.

-Konflik politik adalah konflik yang terjadi karena adanya perbedaan pandangan di dalam kehidupan politik.

-Konflik sosial adalah konflik yang terjadi di dalam kehidupan sosial masyarakat.  

-Konflik
internasional adalah konflik yang terjadi antar negara-negara di dunia, baik itu negara berkembang maupun negara maju.

Dampak dari konflik atau pertentangan, sebagai berikut:

A. Dampak negatif

-Menimbulkan kerusakan integrasi sosial masyarakat.

-Menimbulkan trauma secara psikologis dan sosial.

-Menumbuhkan rasa dendam pada setiap pihak sehingga kehidupan masyarakat menjadi tidak harmonis.

-Terjadi kerusakan atau kehilangan harta benda di dalam kehidupan masyarakat.

B. Dampak positif

Konflik dapat menghasilkan suatu kesepakatan yang menguntungkan semua pihak sehingga integrasi masyarakat menjadi lebih kuat namun caranya kurang tepat.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang interaksi sosial brainly.co.id/tugas/25783436

materi tentang ilmu sosiologi brainly.co.id/tugas/7073754

materi tentang perubahan sosial brainly.co.id/tugas/11119310

——————————————————

Detail jawaban

Kelas: 11 – SMA

Mapel: Sosiologi

Bab: Konflik Sosial

Kode:

Kata kunci: Konflik sosial, pertentangan, jenis-jenis konflik sosial, faktor penyebab konflik sosial, dampak positif dan negatif konflik sosial, teori konflik menurut lewis a coser.

AJ.

20. manfaat konflik menurut Lewis A. coser

Manfaat konflik menurut pendapat dari Lewis A. coser, yaitu merupakan sualat atau cara yang digunakan dalam mempertahankan, mempertegas, serta mempersatukan sistem sosial di dalam lingkungan sosial. Misal, solidaritas dan integrasi antar masyarakat bertambah kuat, di samping sisi negatif dari konflik tersebut.

Pembahasan

Konflik sosial yakni kontak antar manusia yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok masyarakat tertentu dalam mencapai sebuah tujuan tertentu serta bersifat lebih negatif.

Jenis-jenis dari pertentangan, sebagai berikut:

Konflik individu Konflik rasial Konflik agama Konflik politik Konflik sosial Konflik antar suku bangsa Konflik internasional

Faktor penyebab suatu konflik, yaitu:

Perbedaan setiap individu Faktor kebudayaan Faktor kepentingan Interaksi sosial Perubahan sosial

Pelajari lebih lanjut

materi tentang penyelesaian konflik brainly.co.id/tugas/7484841

materi tentang manfaat konflik brainly.co.id/tugas/33385655

materi tentang contoh dari pertentangan brainly.co.id/tugas/20992260

materi tentang kelas sosial brainly.co.id/tugas/27000661

materi tentang interaksi sosial masyarakat brainly.co.id/tugas/3539730

materi tentang perubahan sosial brainly.co.id/tugas/35761360

—————————————————————- Detail jawaban

Kelas: 11 – SMA

Mapel: Sosiologi

Bab: Konflik Sosial

Kode:

Kata kunci: pengertian dari konflik sosial, jenis-jenis dari konflik di lingkungan masyarakat, faktor-faktor penyebab terjadinya konflik sosial, pengertian dari pertentangan atau konflik.

AJ.

Video Terkait

Bagikan: