Jelaskan Perbedaan Antara Hukum Perdata Dan Hukum Pidana

Fatih.co.id

Jelaskan Perbedaan Antara Hukum Perdata Dan Hukum Pidana
Jelaskan Perbedaan Antara Hukum Perdata Dan Hukum Pidana

jelaskan perbedaan hukum pidana dan hukum perdata dengan hukum acara pidana dan hukum acara perdata!

Daftar Isi

1. jelaskan perbedaan hukum pidana dan hukum perdata dengan hukum acara pidana dan hukum acara perdata!

hukum pidana seperti masalah pembunuhan,pencurian
hukum perdata seperti masalah tanah

2. jelaskan perbedaan hukum pidana dan hukum perdata​

Jawaban:

HUKUMPIDANAadalah hukum yg keseluruhan dari peraturan2 yg menentukan perbuatan yg dilarang dan termasuk dlm tindak pidanaHUKUMPERDATAadalah ketentuan hukum yg mengatur hak dan kepentingan antar individu dlm masyarakat

3. jelaskan pebedaan antara hukum pidana dengan hukum perdata

Kalau hukum pidana mengatur kepentingan individu dengan orang banyak, sedangkan hukum perdata mengatur kepentingan individu dengan individu Jawaban :

1. Perbedaan Pengertian.

Hukum perdata adalah sekumpulan aturan hukum yang mengatur hubungan antara individu dengan individu, fokus dari hukum perdata adalah kepentingan personal atau kepentingan individu.
Hukum pidana adalah serangkaian kaidah hukum tertulis yang mengatur tentang perbuatan-perbuatan yang dilarang atau tidak boleh dilakukan, dengan adanya ancaman sanksi tertentu.

2. Perbedaan isinya
a. Hukum Perdata mengatur hubungan-hukum antara orang yang satu dengan orang yang lain dengan menitik beratkan kepada kepentingan perseorangan.
b. Hukum Pidana mengatur hubungan-hukum antara seorang anggota masyarakat (warganegara) dengan negara yang menguasai tata tertib masyarakat itu.

3. Perbedaan Pelaksanaanya
a. Pelanggaran terhadap norma-hukum perdata baru diambil tindakan oleh pengadilan setelah ada pengaduan oleh pihak berkepentingan yang merasa dirugikan. Pihak yang mengadu, menjadi penggugat dalam perkara itu.
Pelanggaran terhadap norma hukum pidana, pada umumnya segera diambil tindakan oleh pengadilan tanpa ada pengaduan dari pihak yang dirugikan. Setelah terjadi pelanggaran terhadap norma-hukum pidana (delik = tindak pidana), maka alat-alat perlengkapan Negara seperti Polisi, Jaksa dan Hakim segera bertindak. Pihak yang menjadi korban cukuplah melaporkan kepada yang berwajib (Polisi) tentang tindak-pidana yang terjadi. Pihak yang melaporkan (yang dirugikan) menjadi saksi dalam perkara itu, sedang yang menjadi penggugat adalah Penuntut Umum itu (Jaksa).

#semoga bermanfaat
#Jadikan jawaban ini sebagai jawaban terbaik ya,!!

4. jelaskan perbedaan hukum pidana dan hukum perdata dan masing masing 2 contohnya

hukum pidana yang berhubungan dengan hak asasi dan penyelesaian tidak bisa melalui musyawarah contohnya pembunuhan dan pemerkosaan, sedangkan perdata bisa diselesaikan dengan cara musyawarah contoh hutang, warisan

hukum pidana : hukum yg mengatur ttg kejahatan atau pelanggaran2 yg terjadi
contoh:
1. penyelewangan pajak
2. pembunuhan
3. melanggar lalu lintas

hukum perdata : hukum yg mengatur ttg hak, kewajiban, dan wewenang pribadi seseorang secara tertutup
contoh :
1. kasus perceraian
2. pembagian warisan
3. pembebasan tanah

5. Sebutkan dan jelaskan perbedaan antara hukum perdata dan hukum pidana !

Jawaban:

Hukum Pidana sendiri bersifat sebagai ultimum remedium (upaya terakhir) untuk menyelesaikan suatu perkara. … Berbeda dengan hukum pidana, hukum perdata sendiri bersifat privat, yang menitikberatkan dalam mengatur mengenai hubungan antara orang perorangan, dengan kata lain menitikberatkan kepada kepentingan perseorangan.

Penjelasan:

Semoga membantu

6. perbedaan dari hukum pidana dengan hukum acara pidana , dan hukum perdata dengan hukum acara perdata ?

Hukum Perdata mengatur hubungan-hukum antara orang yang satu dengan orang yang lain dengan menitik beratkan kepada kepentingan perseorangan.
b. Hukum Pidana mengatur hubungan-hukum antara seorang anggota masyarakat (warganegara) dengan negara yang menguasai tata tertib masyarakat itu.

7. Jelaskan perbedaan Hukum Pidana dan Hukum Perdata di tinjau dari Proses Hukumnya !

Perbedaan Hukum Acara Pidana dan Perdata? 
1. Perbedaan mengadili 
• Hukum acara perdata mengatur cara 
mengadili perkara di muka pengadilan 
perdata oleh hakim perdata. 
• Hukum acara pidana mengatur cara 
mengadili perkara pidana di muka 
pengadilan pidana oleh hakim pidana. 
2. Perbedaan pelaksanaan? 
• Pada acara perdata inisiatif beracara dari 
pihak berkepentingan yang dirugikan. 
• Pada acara pidana inisiatif beracara 
datang dari penuntut umum/ jaksa. 
3. Perbedaan dalam penuntutan 
• Dalam acara perdata, yang menuntut si 
tergugat adalah pihak yang dirugikan. 
Penggugat berhadapan dengan tergugat, 
jadi tidak ada penuntut umun/ jaksa. 
• Dalam acara pidana, jaksa menjadi 
penuntut umum yang mewakili Negara, 
berhadapan dengan si terdakwa. Disini 
terdapat seorang jaksa. 
Misal: Ketua kelompok UEP Bunga Mawar 
Tidak menyerahkan setoran kelompok kepada 
UPK, tetapi digunakan untuk kepentingan 
pribadi. Tindak pidana ini masuk dalam 
klausul delik pidana penggelapan 
Misal: A merupakan anggota kelompok simpan 
pinjam PPK. Pada waktu meminjam dana PPK 
si A terikat kontrak dengan program PPK 
melalui UPK. Hubungan hukum antara A dan 

UPK dikenai aturan hukum perdata. Bila 
dikemudian hari A tidak mau mengembalikan 
uang yang dipinjamnya, tindakan ini akan

8. jelaskan perbedaan antara hukum perdata dan hukum pidana!

Pengertian hukum pidana secara umum adalah keseluruhan aturan hukum yang memuat peraturan-peraturan yang mengandung keharusan, yang tidak boleh dilakukan dan/atau larangan-larangan dengan disertai ancaman atau sanksi berupa penjatuhan pidana bagi barangsiapa yang melanggar atau melaksanakan larangan atau ketentuan hukum dimaksud. Sedangkan sanksi yang akan diterima bagi yang melanggarnya sudah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan dimaksud. Bersumber dari KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana) maka sanksi pidana pada pokoknya terdiri atas pidana mati, pidana penjara, pidana kurungan dan pidana denda. 
Pengertian hukum perdata, berdasarkan pendapat para ahli, secara sederhana adalah rangkaian peraturan-peraturan hukum yang mengatur hubungan hukum antara orang yang satu dengan orang yang lain, atau antara subyek hukum yang satu dengan subyek hukum yang lain, dengan menitik beratkan pada kepentingan perseorangan, dimana ketentuan dan peraturan dimaksud dalam kpentingan untuk mengatur dan membatasi kehidupan manusia atau seseorang dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan atau kepentingan hidupnya. Dalam praktek, hubungan antara subyek hukum yang satu dengan yang lainnya ini, dilaksanakan dan tunduk karena atau pada suatu kesepakatan atau perjanjian yang disepakati oleh para subyek hukum dimaksud. Dalam kaitan dengan sanksi bagi yang melanggar, maka pada umumnya sanksi dalam suatu perikatan adalah berupa ganti kerugian. Permintaan atau tuntutan ganti kerugian ini wajib dibuktikan disertai alat bukti yang dalam menunjukkan bahwa benar telah terjadi kerugian akibat pelanggaran atau tidak dilaksanakannya suatu kesepakatan.Hukum Pidana biasanya tanpa pengaduan (menuntut keadilan) tetapi juga bisa dgn pengaduan tapi sifatnya laporan dari korban, kasusnya kriminal. 

Hukum perdata biasanya harus dgn aduan dari korban yang dirugikan, kasusnya sengketa atau perselisihan.

9. jelaskan perbedaan hukum pidana dan hukum perdata​

Jawaban:

Perbedaan melalui isi hukum

Untuk hukum pidana dalam isi hukumnya akan menitikberatkan pada sebuah hukum yang mengatur antara seseorang anggota dari masyarakat dengan negara yang memiliki kekuasaan akan sebuah tata tertib masyarakat (Hukum Publik).

Sedangkan hukum perdata lebih menitikberatkan kepada sebuah hukum yang mengatur antara seseorang anggota masyarakat dengan anggota masyarakat lainnya (Hukum Privat).

Perbedaan dalam pelaksanaan hukum

Dalam hukum pidana pelaksanaan hukum terjadi tanpa harus menunggu adanya sebuah pengaduan dari pihak yang telah dirugikan (korban). Alat perlengkapan negara yang terdiri dari polisi, jaksa dan hakim akan segera bertindak dengan pihak yang dirugikan (korban), dimana mereka akan bertindak sebagai saksi dan pihak penggugat adalah jaksa penuntut umum. Seperti misalnya pada kasus pembunuhan. Namun, untuk tindak pidana seperti pencurian atau perkosaan, pelaksanaan hukum akan dilaksanakan apabila ada pengaduan pada alat perlengkapan negara seperti polisi.

Namun, berbanding terbalik dengan hukum perdata yang membutuhkan sebuah pengaduan dari pihak yang dirugikan (korban) dan berperan sebagai penggugat dalam kasus tersebut. Contohnya adalah kasus perebutan tanah.

Jawaban:

HukumPidanaadalahkeseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk dalam tindak pidana serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya.

HukumanPerdataadalahketentuan yang mengatur hak dan kepentingan antara individu dan masyarakat.

semoga bermanfaat…..

10. Jelaskan perbedaan hukum pidana dengan hukum perdata ditinjau dari proses hukumnya?

Dalam hukum perdata, pengadilan mengambil tindakan setelah ada pengaduan dari pihak yang berkepentingan, yaitu pihak yang merasa dirugikan.Sedangkan dalam hukum pidana, tindakan diambil segera setelah adanya tindakan pidana.

11. Jelaskan perbedaan hukum pidana dan hukum perdata ditinjau dari proses hukumnya!

hukum pidana adalah hukum yg mengatur perbuatan2 yg dilarang atau melanggar hukum dgn disertai sanksi2 hukum yg tegas dan jelas trhadap pelanggarnya.
hukum perdata adalah hukum yg mengatur hubungan hukum antara orang orang satu dan org lain dg menitikberatkan kpd kepentingan perseorangan

12. jelaskan perbedaan hukum pidana dan hukum perdata di tinjau dari prosesnya

hukum pidana ; suatu perkara yg tdk di gugat tp dilakukan penyelidikan
hukum perdata ; tdk di lakukan proses penyelidikan dan bersifat individualisme

13. Jelaskan Perbedaan Hukum pidana dan hukum perdata jika ditinjau dari proses hukumnya

hukum perdata : apabila ada suatu perkara yang tidak digugat oleh pihak korban tidak dilakukan proses penyelidikan dan bersifat individualisme
hukum pidana: apabila ada suatu perkara yg tdk digugat , tetap dilakukan penyelidikanHUKUM PIDANA :
Mengatur seluruh tata cara/perilaku ruang lingkup masyarakat luas
HUKUM PERDATA :
Mengatur tata cara/perilaku serta tindakan hukum tegas bagi orang yang satu dengan yang lain ( Hukum yang mengatur Individu )

JADI INTI PERBEDAANNYA IALAH PERDATA HUKUM YANG MENGATUR ORANG SECARA INDIVIDU,PIDANA MENGATUR SELURUH ELEMEN MASYARAKAT

14. Jelaskan perbedaan Hukum Pidana dan Hukum Perdata di tinjau dari Proses Hukumnya !

hukum pidana adalah hukum yg mengatur hubungan antara orang yg satu dengan orang yg lain dng menitik beratkankepentingan perseorangan 
hukum perdata adalah hukum yg mengatur bentuk2 perbuatan pidaana baik berupa kejahatan maupun pelanggaran serta ancaman pidananya1. Perbedaan mengadili 
• Hukum acara perdata mengatur cara 
mengadili perkara di muka pengadilan 
perdata oleh hakim perdata. 
• Hukum acara pidana mengatur cara 
mengadili perkara pidana di muka 
pengadilan pidana oleh hakim pidana. 
2. Perbedaan pelaksanaan? 
• Pada acara perdata inisiatif beracara dari 
pihak berkepentingan yang dirugikan. 
• Pada acara pidana inisiatif beracara 
datang dari penuntut umum/ jaksa. 
3. Perbedaan dalam penuntutan 
• Dalam acara perdata, yang menuntut si 
tergugat adalah pihak yang dirugikan. 
Penggugat berhadapan dengan tergugat, 
jadi tidak ada penuntut umun/ jaksa. 
• Dalam acara pidana, jaksa menjadi 
penuntut umum yang mewakili Negara, 
berhadapan dengan si terdakwa. Disini 
terdapat seorang jaksa. 

15. perbedaan hukum pidana dan hukum perdata, jelaskan secara singkat.

 PERBEDAAN HUKUM PIDANA DAN PERDATA
Pidana : ialah aturan-aturan hukum yang mengatur tingah laku setiap orang terhadap orang lain yang berkaitan dengan hak & kewaiban yg timbul dlm pergaulan masyarakat/pergaulan keluarga.
Perdata : ialah rangkaian peraturan-peraturan hukum yang mengatur hubungan hukum antara orang yang satu dengan orang lain/ antara subyek hukum yng satu dengan yang lain, dengan menitik beratkan pada kepentingan perseorangan dmana ketentuan dan peraturan di maksud dlm kepentingan untuk mengatur dan membatasi kehidupan manusia/seorang dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan atau kepentingan hidupnya..

16. Jelaskan perbedaan Hukum Pidana dan Hukum Perdata di tinjau dari Proses Hukumnya !

HUKUM PERDATA
adalah ketentuan yang mengatur hak-hak dan kepentingan antata individu-individu dalam masyarakat.
PROSES HUKUM PERDATA
1. Pendaftaran
2. Pengajuan gugatan
3. Pemerikaaan dan tawaran perdamaian
4. Persidangan
5. Eksekusi

HUKUM PIDANA
adalah keseluruhan dari peratiran yang menentukan tindakanyang dilarang dan termasuk dalam kasus pidana serta memberikan sanksi atau hukuman terhadap pelaku.
PROSES HUKUM PIDANA
1. Pelaporan
2. Penyelidikan
3. Penuntutan
4. Persidangan
5. Eksekusi

KESIMPULAN
HUKUM PERDATA
apabila ada suatu perkara yang digugat oleh pihak korban maka tidak dilaksanakan penyelidikan tapi tawaran perdamaian dan hukum ini bersifat individualisme.

HUKUM PIDANA
apabila ada suatu perkara yang dilaporkan oleh pihak korban, penyelidilan akan dilakukan yang menyertakan orang yang dia kenal dan orang disekitarnya.

17. Jelaskan perbedaan hukum pidana dan hukum perdata ditinjau dari proses hukumnya

hukum perdata : apabila ada suatu perkara yang tidak digugat oleh pihak korban tidak dilakukan proses penyelidikan dan bersifat individualisme hukum pidana: apabila ada suatu perkara yg tdk digugat , tetap dilakukan penyelidikan

18. jelaskan perbedaan Hukum perdata dan hukum pidana ?

hukum perdata hukum yang mengaturur tingkah laku orang lain.
hukum pidana hukm yang mengatur tentang orang satu dengan orang yang lainnya.hukum pidana yaitu hukum yang mengatur pelanggaran pelanggaran dan kejahatan kejahatan terhadap kepentingan umum dan pelanggaran diancam dengan sanksi pidana tertentu.
sedangakan hukum perdata yaitu hukum yang mengatur  hubungan orang yang satu dengan orang yang
lain dengan menitikberatkan pada kepentingan perseorangan .

19. jelaskan perbedaan hukum pidana dan perdata jika di tinjau dari proses hukum?

Hukum perdata: apabila ada suatu perkaya yang tidak digugat oleh pihak korban tidak dilakukan proses penyelidikan dan bersifat individualisme
Hukum pidana: apabila ada suatu perkara yg tidak digugat,tetap dilakukan penyelidikan

20. apa perbedaan hukum pidana, hukum perdata, hukum acara pidana, dan hukum acara perdata?

hukum pidana ada jaksa, hukum perdata tidak ada jaksa. hukum pidana dilaksanakan dengan inisiatif dari penuntut umum (jaksa) sedangkan hukum perdata dilaksanakan dengan inisiatif dari pihak yang merasa dirugikan(penggugat), sanksi pidana berupa kurungan, denda, hukuman mati sedangkan perdata sanksi berupa denda atau kurungan penjara sebagai pengganti denda. 

Video Terkait

Bagikan: