Jelaskan Tujuan Analisis Peluang Usaha

Fatih.co.id

Jelaskan Tujuan Analisis Peluang Usaha
Jelaskan Tujuan Analisis Peluang Usaha

jelaskan tujuan dan manfaat analisis peluang usaha

Daftar Isi

1. jelaskan tujuan dan manfaat analisis peluang usaha

-tujuannya yaitu untuk membenarkan faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan yang telah dianalisis. Apabila terdapat kesalahan, agar perusahaan itu berjalan dengan baik maka perusahan itu harus mengolah untuk mempertahankan serta memanfaatkan peluang yang ada secara baik begitu juga pihak perusahaan harus mengetahui kelemahan yang dihadapi agar menjadi kekuatan serta mengatasi ancaman menjadi peluang.
-manfaatnya yaitu untuk menetapkan sarana-sarana saat ini atau kedepan terhadap kualitas internal maupun eksternal.

^_^

2. jelaskan dengan singkat tujuan analisis peluang usaha​

Tujuan dari pelaksanaan analisis peluang usaha pada produk kerajinan adalah untuk menentukan potensi usaha dan peluang dari suatu produk kerajinan yang dapat dimanfaatkan dan untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia, serta berapa lama usaha dapat bertahan.

Tujuan dilakukannya analisis peluang usaha:

Mencegah kerugian / bangkrutMengetahui apakah dibutuhkan pasar setempatMengetahui minat masyarakat terhadap produk / jasaMengetahui laba rugi saat menjalankan usahaMenentukan teknik pemasarannyaDapat mengetahui sampai kapan usaha akan berjalanMengetahui apakah usaha tersebut layak dijalankanMengetahui persaiangan pasar

3. Jelaskan tujuan dari pelaksanaan analisis peluang usaha pada produk kerajinan!

Kelas : XI
Pelajaran : Prakarya dan Kewirausahaan
Kategori : Wirausaha di bidang kerajinan
Kata kunci : peluang usaha, tujuan, analisis SWOT

Pembahasan:
Tujuan dari pelaksanaan analisis peluang usaha pada produk kerajinan adalah untuk menentukan potensi usaha dan peluang dari suatu produk kerajinan yang dapat dimanfaatkan dan untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia, serta berapa lama usaha dapat bertahan. Dengan demikian seorang wirausahawan dapat melihat dan memantau perubahan lingkungan, serta memiliki kemampuan beradaptasi agar dapat tunbuh dan bertahan dalam persaingan.

Kelas: XI
Mata Pelajaran: Wirausaha 
Materi: Analisis Peluang Usaha
Kata Kunci: Analisis Peluang Usaha Pada Produk Kerajinan

 

Pembahasan:

 

Tujuan dari pelaksanaan analisis peluang usaha pada produk kerajinan

 

1. Mengetahui kelayakan usaha

 

Analisis peluang usaha diperlukan untuk mengetahui apakah peluang usaha produk kerajinan dapat dijual, berapa biaya yang dikeluarkan serta mampukah produk kerajinan tersebut menghasilkan laba atau keuntungan.

 

2. Mengetahui kondisi pasar

 

Dengan analisis peluang usaha kita bisa mengetahui kondisi pasar, seperti jenis kerajinan apa yang sedang diminati, kelompok konsumen mana yang bisa menjadi target pemasaran dan berapa peluang penjualan yang ada.

 

3. Mengetahui persaingan

 

Analisis peluang usaha diperlukan untuk apakah ada usaha kerajinan sejenis yang menjual produk yang dapat bersaing dengan usaha
kita, karena ini dapat menjadi hambatan penjualan.

 

Analisis peluang usaha tersebut dibedakan menjadi dua, yaitu: berdasar produk dan berdasar minat pembeli

 

Proses analisis peluang usaha tersebut dilakukan dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat). Keempat unsurnya adalah

 

a.    Strength adalah kekuatan apa yang akan mendukung usaha kerajinan kita untuk mencapai sasaran penjualan dan memperoleh keuntungan

b.    Weakness adalah  Kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha kerajinan sehingga tidak bisa berkembang atau sulit bersaing.

c.    Opportunity adalah Peluang usaha apa saja yang menguntungkan usaha kerajinan dan membantu usaha kerajinan dalam berkembang

d.    Threat adalah Ancaman apa saja yang terjadi terhadap usaha kerajinan, terutama persaingan dari usaha lain

4. Proses identifikasi faktor eksternal dan internal untuk menentukan stategi terbaik untuk pengembangan usaha dalam jangka panjang sehingga tujuan dapat dicapai dengan jelas dapat dilakukan dengan …… A Analisis SWOT B Analisis Peluang usaha C Analisis Kelayakan Usaha D Analisis Keuntungan Usaha E Analisis Pengembangan Usaha

Jawaban:

A. Analisis Swot

maaf kalo salah

5. 1. Tuliskan beberapa tujuan analisis peluang usaha !2. Jelaskan faktor – faktor keberhasilan dan kegagalan usaha !3. Tuliskan faktor keberhasilan usaha, menurut Adyaksa Dault​

Jawaban:

1.Mengetahui minat konsumen akan produk atau jasa yang akan ditawarkan.

2.keberhasilan – Mampu melayani konsumen dengan baik.

Mampu mengetahui target pasarnya.

Memiliki modal yang cukup untuk usahanya.

kegagalan -Kurangnya pengalaman manajemen.

Kurang mampu membuat perencanaan keuangan

3.

6. 1. sebut dan akan beberapa strategi promosi secara online!2. apakah yang dimaksud dengan iklan? sebutkan metode perikanan yang bisa dicoba untukmengiklankan website!3. jelaskan yang dimaksud dengan limbah berbentuk bangun datart4. apa tujuannya melakukan analisis terhadap peluang usaha pada produk kerajinan?5. apakah yang dimaksud dengan pemasaran langsung? sebut dan jelaskan sifat-sifatnya!kak tolong bantuin jawab kak,nanti aku kasih bintang 5 dehsoalnya nanti mau di kumpul:)​

Jawaban:

1.-Search Engine Optimization (SEO)

-Search Engine Marketing (SEM)

-Social Media Marketing (SMM)

-Pay Per Click (PPC)

-Affiliate Marketing.

– Email Marketing.

-Whatsapp Marketing.

2.Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, produk jadi, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat

-Pemasaran Afiliasi

-Blogging

-Iklan Banner.

-Pay Per Click.

3. limbah yang berbentuk bangun yang berdimensi dua, yaitu bahan limbah yang memiliki sisi panjang dan lebar sehingga tidak mempunyai ruang

4.untuk menentukan potensi usaha dan peluang dari suatu produk kerajinan yang dapat dimanfaatkan dan untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia, serta berapa lama usaha dapat bertahan.

5.pemasaran langsung adalah, pemasaran atau penjualan suatu produk berupa barang yang di jual secara langsung seperti di pasar, toko, dll. tanpa perantara dari orang lain

-promosi dengan selebaran kertas

– promosi secara langsung dengan mengunjungi rumah warga

– promosi secara lisan

Penjelasan:

terimakasih semoga membantu ya:D

7. 1. Jelaskan perbedaan antara kerajinan berbentuk bangun datar dan kerajinan berbentuk bangunruang.Sebutkan masing-masing dengan 2 contoh2. Coba kalian berlatih untuk menetukan peluang usaha untuk produk kerajinan dengan memanfaatkanbahan dari limbah berbentuk bangun ruang yang ada di sekitarmu, dengan ketentuan sebagaiberikut:• Produk kerajinan yang akan dijual……..Konsumen yang akan dituju…..Buatlah analisis swot dariproduk kerajinan tersebuta di lihat dari sisikekuatannya, kelemahannya,peluangnya,ancamannya)3. Identifikasi dan jelaskan secara singkat sumber daya yang dibutuhkan dalam mendirikan usahakerajinan tersebut di atas pada no 2)4. Buatlah perencanaan pemasaran untuk usaha kerajinan tersebut, kemudian buatlah laporan secarasingkat5. Buatlah perencanaan administrasi pada usaha kerajinan tersebut.- Sebutkan contoh hasil limbah dilihat dari kondisi wilayah.​

Jawaban:

1. – Penduduk suatu negara mengungsi ke negara atau bagian negara lain akibat perang.

– Banyak orang memilih pergi ke pasar modern yang berada di kota daripada pasar tradisional yang berada di desa

Analisis keruangan berpedoman pada 3 hal utama yaitu distance (jarak), interaction (kaitan/interaksi), dan movement (perpindahan/pergerakan)

Kondisi/faktor yang berpengaruh:

* perbedaan sumber daya antar satu ruang dengan ruang lain yang memungkinkan terjadinya arus perpindahan (supply/demand)

*adanya perantara yang dapat menghambat/mengintervensi perpindahan barang atau manusia

*kemudahan transfer antar ruang yang dapat diukur dengan biaya/waktu yang real.

Penjelasan:

Maaf klo salah:(

8. 1. jelaskan tujuan dibuatnya analisis usaha2. sebutkan cara berfikir apa agara peluang usaha muncul pada diri kita3. buatlah artikel tentang studi kelayakan usaha suatu produk4. buatlah analisis SWOT dengan membandingkan 2 jenis produk /usaha terima kasih

Tujuan dari analisis adalah mengetahui apa yang lagi trend dimasyarakat sehingga jika kita mendirikan usaha tdk terlalu mengalami ke gagalan

9. TRANSFORMASI SOSIAL BERBASIS PANCASILA Ranah Mental-Kultural (Sila 1, 2, 3) Masyarakat religius berperikemanusiaan, egaliter, mandiri, amanah, tak memuja materialisme-hedonisme, menjalin persatuan dengan semangat pelayanan Integrasi kekuatan nasional melalui demokrasi permusyawaratan Sila 4 yang berorientasi persatuan (Negara Kekeluargaan) dan Perekonomian merdeka yang berkeadilan dan keadilan (Negara berkemakmuran, berlandaskan usaha tolong. Kesejahteraan) menolong menekankan penguasaan Negara (atas sector strategis) seraya memberi peluang bagi hak milik pribadi dengan fungsi sosial Ranah Material (Sila 5) Ranah Politikal Tujuan Perikehidupan kebangsaan dan kewargaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila . Berikan analisis dan penjelasan anda tentang gambar tersebut ! (Jawaban ditulis tangan minimal 2 paragraf)​

Jawaban:

g tau kok nan
ya saya hahahahahajajajajajajajahahahah

10. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Sebutkan aspek-aspek penting dalam perence anaan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar! 2. Jelaskan maksud menganalisis peluang usaha pada produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar! 3. Sebutkan maksud dan tujuan kelengkapan ad ministrasi dalam menjalankan usaha! 4. Jelaskan yang dimaksud pemasaran menuru’. Philip Kotler dan Gary Amstrong! 5. Sebutkan cara-cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan layanan yang memuaskan bagi pelanggan!​

1. • Ide dan juga peluang usaha kerajinan bahan limbah bangun datar.

• Sumber daya yang dibutuhkan dalam usaha kerajinan bahan limbah bangun ruang.

• Perencanaan administrasi usaha kerajinan bahan limbah.

2. Menganalisis peluang usaha pada produk kerajinan berbahan limbah maksudnya adalah memanfaatkan, mengolah, limbah agar dibuat atau dibentuk menjadi produk kerajinan yang dapat digunakan ,dimanfaatkan , atau dipasarkan ( dijual ) agar dapat memperoleh keuntungan ( uang ).

3. Bertujuan agar seorang pemilik usaha untuk dapat melakukan berbagai macam penyusunan dari program untuk melakukan pengembangan usaha dan juga kegiatan pengorganisasian yang ada.

4. Philip Kotler dan Gary Armstrong menyatakan bahwa pemasaran (marketing) merupakan suatu proses bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia, membangun hubungan yang menguntungkan serta memahami kebutuhan-kebutuhan costumer.

5. • Berikan penawaran menarik.

•Menjaga kualitas produk.

•Tanamkan selalu nilai kejujuran.

• Sikapi keluhan pelanggan dengan ramah.

• Selalu memberikan pelayanan yang prima.

Maafcumanbisabantusegini,semogamembantu:)

11. 6.Analisis peluang usaha bertujuan untuk mendukung kesuksesan sebuah usaha di masa mendatang, tujuan lainnya adalah7. Apa saja sumber daya yang dibutuhkan dan harus digunakan dengan efisien oleh seorang wirausaha?8.Jelaskan komponen perencanaan usaha kerajinan inspirasi budaya non benda!​

Jawaban:

6.Analisis peluang usaha bertujuan untuk mendukung kesuksesan sebuah usaha di masa mendatang, tujuan lainnya adalah untuk mengetahui berapa peluang yang akan kita dapatkan jika memilih usaha tersebut baik buruknya kita akan tau jika kita melakukan analisis peluang usaha.

7. Apa saja sumber daya yang dibutuhkan dan harus digunakan dengan efisien oleh seorang wirausaha yaitu kesiapan diri baik secara fisik dan mental, berlatih untuk memiliki rasa tanggung jawab secara penuh dan memiliki rasa solidaritas dan kebersamaan yang tinggi.

12. 1. Carilah ide dan peluang usaha ( ide disini bebas mau ide seperti apa kerajinan, makanan, usaha dibidang IT ) dijelaskan dengan rinci ide ya seperti apa? 2. konsumen yang akan dituju siapa? 3. buatlah analisis dari ide tersebut SWOT ( masing- masing 4) 4. sumber daya usaha yang dibutuhkan? 5. perencanaan pemasaran yang akan dilakukan?TOLONG YA KAK DEADLINENYA BESOK SOALNYA​

Jawaban:

1. Membuat ide usaha membuat BAJU REMAJA KEKINIAN, Jadi kita membuat kelompok lalu setiap orang dlaam kelompok diberi tugas masing-masing. Ada yang membuat Rancangan baju (desain), ada yang menjahit, ada juga yang mencari pemasaran atau mengatur keuangan. Karna baju adalah barang yang sangat dibutuhkan, saya yakin ini akan berhasil.

2. Para anak remaja

3.

– Strenght (Kekuatan) : Lebih menarik para pembeli (remaja), apalagi dengan desain kekinian untuk style dll.

– Weakness (Kelemahan) : Mungkin pembeli tidak akan tertarik jika desain tidak sesuai keinginan mereka

– Opportunity (Kesempayan) : Kesempatan usaha sukses sangat tinggi, karna baju adalah sebuah kebutuhan dan pemasaran disini adalah untuk anak muda.

– Treat (Ancaman) : Ancaman gagal jika pemasaran tidak baik.

4. Man (Manusia)

Money (Uang)

Material (Fisik)

Machine (Teknologi)

Method (Metode)

Market (Pasar)

5. Melakukan Analisis Situasi.

Menetapkan Tujuan dan Sasaran.

Menyusun Strategi dan Program.

Menentukan Target Konsumen.

Membuat Tujuan Akhir.

Menentukan Kanal Pemasaran.

Membentuk Tim.

Membuat Budget Marketing.

13. Berikut ini pertanyaan yang benar tentang analisis SWOT, kecuali… A. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan usaha sebagai alai penyusun strategi B. Analisis SWOT didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan & peluang tetapi secara bersamaan dapat menimbulkan kelemahan & ancaman C. Analisis SWOT dapat menentukan strategi pengembangan usaha dalam jangka panjang sehingga arah tujuan dapat dicapai dengan jelas & dapat dilakukan pengambilan keputusan secara cepat D. Analisis SWOT dapat dilakukan dengan mewawancarai pengusaha dengan menggunakan kuisioner E. Analisis SWOT merupakan inovasi dengan cara menambahkan bahan baru yang membedakan makanan ini dengan makanan sejenis yang ada

Jawaban:

E. Analisis SWOT merupakan inovasi dengan cara menambahkan bahan baru yang membedakan makanan ini dengan makanan sejenis yang ada

Penjelasan:

analisis SWOT merupakan cara untuk mengetahui dan memaksimalkan strength (kekuatan),dan opertunity (peluang) ,juga mengetahui weakness(kelemahan) dan threats (kelemahan) dari usaha yang akan di jalankan

14. 1. Bisnis merupakan seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yangberkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasauntuk mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup. berdasarkanpernyataan diatas coba saudara Jelaskan kenapa Bisnis itu perlu dalam kehidupan sehari-hart.2. Persaingan Bisnis saat ini dilakukan dengan sangat ketat, persaingan bisnis bukan hanyabertujuan untuk profit semata, tetapi juga perlu mempertimbangkan nilai-ni
lai manusiawisehingga masyarakat memiliki peraturan agar bisnis dilaksanakan secara etis atauberetika., Dari pernyataan diatas coba saudara jelaskan alasan saudara mengapa bisnis ituharus punya Eika3. Perusahaan adalah suatu lembaga yang diorganisasikan dan dijalankan untukmenyediakan barang dan jasa. Coba saudara jelaskan apa tujuan mendirikan perusahaan.4. Tanggung jawab sosial perusahaan dapat diukur berdasarkan sejauh mana perusahaanitu berhasil mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya. dari tanggung jawab sosial inicoba saudara jelaskan argument yang menentang perlunya keterlibatan sosial perusahaan.5. Kondist krisis menyisakan ketidakpastian. Perusahaan, konsumen, bahkan pemerintah berupakeras memahami apa yang sedang terjadi dan tindakan apa yang harus diambil untuk mengatasipersoalan ini, pebisnis khawatir usaha yang mereka jalani akan terkena imbas krisis. dari fenomenayang terjadi bagaimana analisis saudara mengenai peluang bisnis yang mampu bertahan danberjalan baik disaat kondisi krisis inl. Berikan penjelasannya dan contoh bisnisnya.============SELAMAT UJIAN ==​

saya tidak tau maafya 🙂

15. 6.Analisis peluang usaha bertujuan untuk mendukung kesuksesan sebuah usaha di masa mendatang, tujuan lainnyaadalah…..7. Apa saja sumber daya yang dibutuhkan dan harus digunakan dengan efisien oleh seorang wirausaha?8 Jelaskan komponen perencanaan usaha kerajinan inspirasi budaya non benda!​

6. Mencegah kerugian / bangkrut

Mengetahui apakah dibutuhkan pasar setempatMengetahui minat masyarakat terhadap produk / jasaMengetahui laba rugi saat menjalankan usahaMenentukan teknik pemasarannyaDapat mengetahui sampai kapan usaha akan berjalanMengetahui apakah usaha tersebut layak dijalankanMengetahui persaiangan pasar

7. – Man( Manusia)

-Money(uang)

-Material(fsisik)

-Machine(teknologi)

-Method(metode)

-Market(pasar)

8.pantun, cerita rakyat, tarian, dan upacara adat

Video Terkait

Bagikan: