Jelaskan Yang Dimaksud Hukum Tertulis

Fatih.co.id

Jelaskan Yang Dimaksud Hukum Tertulis
Jelaskan Yang Dimaksud Hukum Tertulis

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hukum tertulis dan hukum tidak tertulis​

Daftar Isi

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hukum tertulis dan hukum tidak tertulis​

Jawaban:

. Hukum tertulis adalah hukum yang ditulis dan dicantumkan dalam peraturan perundang- undangan negara baik yang dikodifikasi ataupun yang tidak dikodifikasi. Dan hukum tidak tertulis adalah hukum yang hidup dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat / adat / dalam praktik ketatanegaraan / konverasi.

Penjelasan:

maaf bila salah

Hukum tertulis adalah hukum yang ditulis dan dicantumkan dalam peraturan perundang- undangan negara baik yang dikodifikasi ataupun yang tidak dikodifikasi. Dan hukum tidak tertulis adalah hukum yang hidup dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat / adat / dalam praktik ketatanegaraan / konverasi.

2. jelaskan yang di maksud dengan hukum tertulis dan hukum tidak tertulis

hukum tertulis adalah hukum yang tertulis sec
ara lisan dan telah dicantumkan dlam peraturan negara

hukum tidak tertulis adalah kebalikan dari hukum tertulis tdi yaitu hukum yang tidak tertulis secara lisan dan tidak dicantumkan ke dalam peraturan negara.

maaf klo slh

3. jelaskan yang dimaksud dengan hukum tertulis dan hukum tidak tertulis

hukum yang tidak tertulis merupakan hukum yang tidak dituangkan/dicantumkan dalam peraturan perundang-undangan
hukum tertulis adalah hukum yang dicantumkan dalam peraturan perundang-undangan
maaf kalo salah

4. Jelaskan yang dimaksud hukum dasar yang tidak tertulis!​

Jawaban:

hukum yang hidup/ berjalan dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat/ adat atau dalam praktik ketatanegaraan

Jawaban:

jadikan jawaban terbaik yyyyyyy

Penjelasan:

Hukum dasar yang tak tertulis disebut konvensi yakni aturan-aturan yang timbul dan terpelihara dalam praktek penyelenggaraan negara.

5. Jelaskan yang dimaksud dengan hukum dasar tertulisdan tidak tertulis​

Hukum tertulis adalah hukum yang ditulis dan dicantumkan dalam peraturan perundang- undangan negara baik yang dikodifikasi ataupun yang tidak dikodifikasi. Dan hukum tidak tertulis adalah hukum yang hidup dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat / adat / dalam praktik ketatanegaraan / konverasi.

6. Jelaskan yang di maksud hukum dasar yang tidak tertulis?

Hukum dasar tak tertulis

(Convensi)

Convensi adalah hukumdasar yang tak tertulis yaitu aturan-aturan dasar yang timbul dan terperihara dalam [raktek penyelenggaraan Negara meskipun sifatnya tidak tertulis.

Sifat-sifat:

Merupakan kebiasaan yang berulang kali dan terpelihara dalam praktek penyelenggaraan Negara.Tak bertentangan dengan UUD dan berjalan sejajarDiterima oleh seluruh rakyat/masyarakatBersifat sebagai pelengkap sehingga memungkinkan bawa convensi bias menjadi aturan-aturan dasar yang tidak tercantum dalam UUD 1945

Contoh :

Pengambilan keputusan berdasarkan musyawarah mufakat.menurut pasal 37 ayat(1) dan (4) UUD 1945 segala keputusan MPR diambil berdasarkan suara terbanyak tetapi sistem ini kurang jiwa kekeluargaan sebagai kepribadian bangsa.oleh karena itu,dalam praktek-praktek penyelenggaraan Negara selalu di usahakan untuk mengambil keputusan berdasarkan musyawarah untuk mufakat dan ternyata hamper selalu berhasil.pungutan suara baru ditempuh jika usaha musyawarah untuk mufakat sudah tak dapat dilaksanakan.Praktek-praktek penyelenggaraan Negara yang sudah menjadi hukum dasar tidak tertulis antara lain:Hukum yang hidup dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat/ adat atau dalam praktik ketatanegaraan/ konverasi.

7. jelaskan yang dimaksud dengan hukum dasar tertulis dan hukum dasar tidak tertulis​

Jawaban:

Hukum dasar tertulis, yaitu hukum yang telah ditulis dan dicantumkan dalam peraturan perundang-undangan negara baik yang dikodifikasi ataupun yang tidak dikodifikasi. Hukum tidak tertulis merupakan hukum yang hidup/ berjalan dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat/ adat atau dalam praktik ketatanegaraan

Jawaban:

Hukum dasar tertulis, yaitu hukum yang telah ditulis dan dicantumkan dalam peraturan perundang-undangan negara baik yang dikodifikasi ataupun yang tidak dikodifikasi.

Hukum dasar tidak tertulis merupakan hukum yang hidup/ berjalan dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat/ adat atau dalam praktik ketatanegaraan.

8. jelaskan apa yang di maksud hukum dasar tidak tertulis

-Hukum dasar tertulis adalah hukum yg dituliskan atau dicantumkan dlm perundang-undangan.
Contoh: Hukum pidana dituliskan pada KUHPidana, hukum perdata dicantumkan pada KUHPerdata.
-Hukum dasar tdk tertulis adalah hukum yg tdk dituliskan atau tdk dicantumkan dlm perundang-undangan.
Contoh: hukum adat tdk dituliskan atau tdk dicantumkan pada perundang-undangan tetapi dipatuhi oleh daerah tertentu.

9. 1. Jelaskan apa yang Dimaksud dengan Hukum tidak tertulis​

Hukum tidak tertulis merupakan kebalikan dari Hukum Tertulis. Hukum tidak tertulis yaitu hukum yang tidak dituangkan/ dicantumkan dalam peraturan Perundang-undangan.

Semoga membantu

Jawaban:

Hukum tidak tertulis yaitu hukum yang tidak dituangkan / dicantumkan dalam peraturan Perundang-undangan.

Hukum tidak tertulis merupakan hukum yang hidup / berjalan dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat / adat atau dalam praktik ketatanegaraan / konversi.

maafjikasalah

10. 1. Tuliskan Hukum Newton I, Jelaskan maksudnya !2. Tuliskan Hukum Newton II, Jelaskan maksudnya !3. Tuliskan Hukum Newton III, Jelaskan maksudnya !TOLONG BANTUANANYA KAKAK​

Jawaban:

semua sudah ada difoto penjelasan dari hukum newton 1,2,3

semoga bermanfaat

11. UUD 1945 bukanlah hukum biasa melainkan hukum dasar yang tertulis”. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!

Jawaban:

Undang undang Dasar merupakan peraturan yg mengatur serta mengontrol hal hal yg berkaitan dgn segala sesuatu yang bertujuan untuk kepentingan bangsa dan negara

maaf kalo salah ya kak

tolong jadikan jawaban tercerdas

12. jelaskan yg dimaksud dengan hukum dasar tidak tertulis ​

Jawaban:

Hukum dasar tidak tertulis merupakan hukum yang hidup/berjalan dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat/adat atau dalam praktik ketatanegaraan .

Semoga membantu….

13. jelaskan apa yang di maksud hukum dasar tertulis dan hukum dasar tidak tertulis

Hukum tertulis merupakan hukum yang ditulis oleh lembaga yang berwenang. Jika di negara Indonesia, misalnya undang-undang dasar, ketetapan MPR, peraturan daerah dsb.

Hukum tidak tertulis merupakan hukum yang tidak ditulis secara resmi namun masih hidup (digunakan) dan terpelihara di dalam kehidupan masyarakat serta masih diakui secara sah sebagai hukum yang berlaku. Misalnya hukum adat, hukum agama dsb.

14. 46.Menurut bentuknya hukum terbagi menjadihukum tertulis dan huk
um tidak tertulis.Jelaskanlah yang dimaksud dengan bentukhukum tertulis?​

Hukum tertulis adalah hukum atau atau aturan terhadap anggota kelompok yang disampaikan melalui tulisan di atas kertas

15. Jelaskan yang dimaksud dengan hukum dasar tertulis dan hukum dasar tidak tertulis!​

Jawaban:Hukum dasar tertulis, yaitu hukum yang telah ditulis dan dicantumkan dalam peraturan perundang-undangan negara baik yang dikodifikasi ataupun yang tidak dikodifikasi. … Hukum tidak tertulis merupakan hukum yang hidup/ berjalan dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat/ adat atau dalam praktik ketatanegaraan.

16. jelaskan yg dimaksud hukum tdk tertulis

MATERI: ABOUT HUKUM
MAPEL: PPKN(PENDIDIKAN PANCASILA KEWARGANEGARAAN)
B/N: MEIII27

0o0.
Hukum tidak tertulis adalah Hukum yang hidup dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat/ adat atau dalam praktik ketatanegaraan/ konverasi.

Hukum tidak tertulis merupakan kebalikan dari Hukum Tertulis. Hukum tidak tertulis yaitu hukum yang tidak dituangkan/ dicantumkan dalam peraturan Perundang-undangan.
Hukum tidak tertulis merupakan hukum yang hidup/ berjalan dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat/ adat atau dalam praktik ketatanegaraan/ konversi.

Contoh Hukum Tidak Tertulis: Hukum adat yang tidak ditulis/ tidak dicantumkan dalam perundang-undangan namun peraturannya sudah tertanam dan dipatuhi oleh daerah tertentu/ adat tertentu sehingga menjadi sebuah pedoman dalan tata pelaksanaan kehidupan bermasyarakat.

Hukum tidak tertulis merupakan hukum yang dianggap tidak bisa konsisten, dikarenakan hukum tidak tertulis peraturannya dapat berubah sewaktu-waktu sesuai keadaan dan kepentingan yang menghendakinya.

Semoga Membantu^^
Hukum tidak tertulus yaitu hukum yang tidak dicantumkan dalam peraturan perundang -undang atau hukum yang tumbuh di kalangan masyarakat.

semoga membantu ya

17. Jelaskan yang dimaksud dengan hukum dasar tertulis serta hukum dasar yang tidak tertulis?

kalau yang tertulis itu kayaa uud dan peraturan pemerintah yang lainnya
kalau yang tidak tertulis itu biasanya adat kebiasaan yang beredar di lingkungn masyarakat sekitar yang tersampaikan dari mulut ke mulut dari generasi ke generasi

SEMOGA MEMBANTU MAAF KALAU ADA KESALAHAN 🙂

18. Jelaskan yang dimaksud hukum dasar yang tidak tertulis​

Penjelasan:

1. hukum dasar tertulis yaitu undang Undang Dasar merupakan naskah yang memaparkan kerangka dan tugas pok dar badan psmerintahan suatu negara menentukan cara kerja badan tersebut, sifatnya adalah sebagai berikut:

1. Hukum positif yang mengikat pemerintahan dan warga negara

2, singkat dan supel, sesuai perkambangan zaman dan HAM.

3 Memuat norma, aturan dan ketentuan sesuai konstitusi.

4. Menjadi alat control bagl peraturan yang lebih rondah dalam hierarki tortib hukum Indononia

B. Hukum dasar tidak tertulis adalah hukum yang timbul dan tarpelihara dalam praktek penyelenggara Negara secara tidak tertulis. Sifatnya sebagai berikut:

1. Merupakan kobiasaan dalam praktek panyelenggaraan negara.

2. Tidak bertentangan dengan undang-undang dasar,

3. Dapat diterima oleh seluruh rakyat.

4. Sebagai pelengkap dan tidak terdapat di dalam Undang-Undang Dasar.

maaf kalo salah yah

19. Jelaskan dan beri contoh yang dimaksud hukum tertulis dan hukum tidak tertulis

Jawaban:

Hukum Tertulis adalah hukum yang dituliskan atau dicantumkan dalam perundang-undangan. Contoh : hukum pidana dituliskan pada KUHPidana, hukum perdata dicantumkan pada KUHPerdata.

Hukum Tidak Tertulis adalah hukum yang tidak dituliskan atau tidak dicantumkan dalam perundang-undangan. Contoh : hukum adat tidak dituliskan atau tidak dicantumkan pada perundang-undangan tetapi dipatuhi oleh daerah tertentu.

maaf kalo salah 😉

20. Jelaskan yang dimaksud hukum tertulis

hukum tertulis ialah hukum yang di rancang dan di setujuin dan di tulis dalam uudHukum tertulis adalah hukum yang berwujud atau ditulis/tertulis untuk dipatuhi oleh seluruh orang yang terikat oleh hukum tersebut

Video Terkait

Bagikan: