Kata Kata Semangat Ujian Sekolah

Fatih.co.id

Kata Kata Semangat Ujian Sekolah
Kata Kata Semangat Ujian Sekolah

Bacalah teks berikut! Jika mendegar kata "belajar' rasanya tak semua para siswa semangat melakukannya.padahal hitungan minggu,sebentar lagi para siswa sekolah di seluruh indonesia akan menghadapi ujian nasional.tentu saja setiap sekolah mulai mempersiapkan kegiatan ekstrakurikuler,seperti diadakannya pendalaman materi dari mata pelajaran yang akan diuji sejak beberapa bulan sebelumnya guna lancar dalam menghadapi ujian nasional. tuliskan kesimpulan dalam teks tersebut

Daftar Isi

1. Bacalah teks berikut! Jika mendegar kata “belajar’ rasanya tak semua para siswa semangat melakukannya.padahal hitungan minggu,sebentar lagi para siswa sekolah di seluruh indonesia akan menghadapi ujian nasional.tentu saja setiap sekolah mulai mempersiapkan kegiatan ekstrakurikuler,seperti diadakannya pendalaman materi dari mata pelajaran yang akan diuji sejak beberapa bulan sebelumnya guna lancar dalam menghadapi ujian nasional. tuliskan kesimpulan dalam teks tersebut

belajar untuk menyiapkan menghadapi ujian nasional

2. Seseorang membuat pertanyaan tentang persamaan garis. Lalu saya jelaskan pemahaman, saya beri rumus dan saya suruh memasukkan angka-angka ke dalam rumus. Di akhir jawaban itu saya katakan “coba ya”. Lalu jawaban saya dihapus. Mengapa jiwa anak sekolah sekarang kurang bersemangat?Mau instan dan serba mudah.Kira-kira apakah dia bisa menjawab soal saat ujian? atau dia memakai “gadget” saat ujian juga?

tergantung kemauan anak tersebut..klo tidak ada niat sudah biarkan saja..nanti mereka menyesal bahwa apa yang hari ini dilakukan akan menentukan masa depan mereka sendiri..Bisa saja mereka menjawab soal ujian,bahkan saya yakin mereka hanya menghapal rumus klo tdk hapal ya mereka nyontek..Padahal sudah ada media pembelajaran yg dinilai cukup membantu mereka tetapi malah disia-siakan..

3. Jelaskan amanat kutipan drama berikut!Lisa : “Sin, kamu kemarin mengapa bolos? Ujian kan sudah dekat, mestinya kamu lebihserius belajar, bukannya malah suka membolos!”Sinta : “Kemarin aku malas sekali. Nggak tau deh, akhir-akhir ini aku makin malas sekolah.”Tina : “Malas sekolah? Kamu kan tahu kalau sebentar lagi ujian akhir, apa kamu tidaktakut kalau kamu tidak lulus?”Lisa : “Iya, apa kamu tidak takut jadi siswa yang tidak lulus ujian lantaran kamu malasmasuk sekolah? Apa kamu nggak malu, Sin?”Sinta : “Ya malu dong..!”Lisa : “Terus kenapa kamu suka bolos? Harusnya kamu lebih semangat dan fokus,bukannya malah malas-mal
asan masuk sekolah.”Tina : “Benar apa yang dikatakan Lisa itu. Mulai sekarang kamu harus fokus dan jangansampai kamu bolos lagi!”​

Jawaban:

belajar lah dengan serius karena belajar akan mengubah hidup mu seperti pepatah buku adalah teman terbaik mu maaf kalo salah

4. 1.Bagaimana sikap anda ketika harus membagi waktu anda untuk bekerja dan memperhatikan anak dalam belajar maupun perkembangannya?2. Apa yang anda lakukan dan persiapkan jika anak anda sakit dan harusmengikuti ujian UAS?3. Bagaimana anda menghadapi anak anda yg sering bermain game padahalKenyataan nilainya kurang baik?4 Sikap apa yang akan anda berikan untuk anak anda yang sepulang sekolahMenangis karena tidak mampu menyelesaikan ujian dan ulangannya disekolah?s. Bagaimana Jika anak anda yg sebenarnya pintar tapi berubah menjadimales karena pergauian yang salah ?6. Tuliskan kata Penyemangat untuk anak anda yang sedang berproses belajar!​

Jawaban:

ini jawaban buat no 1 ya yg pasti harus lebih profesional dalam membagi waktu dalam sehari

5. 2.Perhatikan contoh permasalahan berikut ini!Suatu hari diadakan Penilaian Harian Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diKelas IX. Setelah guru memeriksa hasil kerja peserta didik, kemudian mengumumkannya. Pada saatmenyebut salah satu nama peserta didik dengan nilai yang rendah, sebagian besar peserta didikmerespon dengan kata “huuuuuh” tanda menyepelekannyaSolusi atas permasalahan tersebut jika dikaitkan dengan Q.S. al-Baqarah/2: 153 adalah….A. peserta didik yang disepelekan sebaiknya tidak balas dendam dan melaporkan teman-temannyake guru Bimbingan Konseling (BK)B. Peserta didik yang disepelekan sebaiknya tetap semangat belajar dan melaporkan teman-temannya kepada kepala sekolahC. Peserta didik yang disepelekan sebaiknya tetap tahan uji, semangat belajar, tidak sakit hati danmendoakan teman-temannyaD. Peserta didik yang disepelekan sebaiknya tidak menangis dan melaporkan teman-temannyakepada kepada orangtuaParhatikan sal-Isra’17: 26 berikut ini!​

Jawaban:

c.peserta didik yg di sepelekan sebaiknya tetap tahan uji,semangat belajar,tidak sakit hati dan mendoa kan teman temanya

6. 33. Walaupun belajar dari rumah tetapi Zahra tetap bersemangatKalimat efektif yang tepat berdasarkan pernyataan tersebut adalah ….A Walaupun belajar Zahra tetap bersemangatB. Zahra tetap bersemangat belajar tetapi dari rumahC. Zahra tetap bersemangat walaupun belajar dari rumahD. Walaupun dari rumah membuat Zahra bersemangat belajar?34. Pernyataan berikut yang merupakan kalimat efektif adalahA Kakak pergi ke rumah nenek.B. Ibu hanya membeli beras saja.C. Suasana di sekolah sangat sepi sekaliD. Erin anak paling terpandai di keluarganya.35. Pernyataan berikut yang bukan merupakan kalimat efektif adalah ….A. Adik sakit sehingga tidak berangkat sekolahB. Siswa masuk ke ruang kelas untuk mengikuti ujianC. Ayah berangkat bekerja mengendarai sepeda motorD. Saya tidak suka buah duren dan saya tidak suka buah manggis.36. Penulisan kata baku yang tepat adalah….A bus, apotek, atletB. bus, apotek, atlitC. bis, apotik, atletD. bis, apotik, atlit37. Kalimat yang menggunakan kata baku terdapat pada ….A Koperasi berlandaskan azas kekeluargaan.B. Sekarang jadual adik belajar bahasa Indonesia.C. Ibu memberikan nasehat untuk selalu berbuat baik.D. Ujian praktik kelas enam dilaksanakan minggu depan.38. Kalimat yang menggunakan kata tidak baku terdapat pada ….A. Anak kelas enam akan mengadakan kunjungan ke museum.B. Saya enggak mau mencontek karena itu perbuatan tidak baik.C. Fajar meminta izin tidak masuk sekolah karena sedang sakit.D. Gizi yang cukup sangat diperlukan untuk mejaga daya tahan tubuh.Tolong bantu aku ya jawab pertanyaan itu ​

Jawaban:

Penjelasan:

33. C. Zahra tetap bersemangat walaupun belajar dari rumah

34. A. Kakak pergi kerumah nenek

35. D. Saya tidak suka buah duren dan saya tidak suka buah manggis

36. A. Bus, apotek, atlet

37. C. Ibu memberikan nasehat untuk berbuat baik

38. A. Anak kelas 6 akan mengadakan kunjungan ke museum

Maaf kalo salah

7. Mimpi Keluarga Hasna Hasna, gadis cerdas nan gigih berumur 15 tahun yang berasal dari keluarga yang harmonis memili adik bernama Octa. Sejak sd Hasna sudah tinggal dan sekolah bersama bibinya. Hasna sangat ingin tingga ayah dan bundanya namun tidak bisa karena keterbatasan ekonomi. Ayahnya adalah seorang petani sayur sesekali harus menjadi pencuci pakaian agar bisa mendapatkan tambahan uang karena penghasilan ayahnya menentu. Enam bulan lagi Hasna sudah lulus smp. Sebelum ujian nasional, Hasna meminta kepada ayah dan melanjutkan sma didekat rumah agar bisa tinggal bersama orang tuanya. Ayah Hasna mengiyakan perminta tersebut namun dengan sedikit rasa keberatan. “Kenapa kamu ingin sekolah disini nak? Bukankah teman-ter dan sayang kepadamu disana? Apakah ada masalah dengan mereka?” Tanya Ayah Hasna melalui telfon. baik saja ayah. Alhamdulillah hubungan saya dan teman-teman sangat baik, bahkan mereka sering ment: dikantin. Aku ingin bersekolah dan tinggal bersama ayah dan bunda karena aku ingin kita berempat ber seperti waktu aku kecil.” Jawab Hasna. “Lalu bagaimana dengan bibimu? Apakah dia sudah keinginanmu?” Tanya ayah kembali. “Aku belum berbicara kepada bibi, tapi pasti aku akan mengataka segera.” Jawab Hasna. “Baiklah jika itu yang kamu inginkan, ayah akan mencarikan sekolah yang terb- disini.” Jawab Ayah dengan sedikit berat hati. “Baik terima kasih ayah.”. Hasna sebenarnya tahu jika ayahnya keberatan karena mereka tidak mampu untuk menyekolah sana. Hasna merasa bimbang, ia sangat merindukan kedua orang tuanya namun disisi lain Hasna tahu tuanya tidak memiliki cukup uang untuk menyekolahkannya. Hari demi hari, perasaan rindu Hasna tuanya semakin menguat. Terkadang ia mengurung diri dan menangis di kamar hingga larut malam. Melihat keponakannya yang sedang sedih, Bibi pun bertanya kepada Hasna. “Kenapa kamu? Bibi embab, apakah kamu kurang tidur? Ceritakan kepada bibi apa yang sedang menjadi masalahmu.” Tany Hasna. “Aku baik-baik saja tidak ada masalah apa-apa.” Jawab Hasna sambil tersenyum kecil. “Ceritaka pa yang sedang mengganjal dihatimu.” Pinta bibi. “Sebernarnya aku ingin sekali tinggal bersama ay rta melanjutkan sekolah disana. Namun, aku khawatir apabila ayah tidak sanggup untuk membiayai rang Hasna. “Nak, bibi akan selalu mendoakan yang terbaik untukmu. Apapun yang kamu ingin lakuk ik, maka bibi akan mendukungmu.” Nasihat bibi kepada Hasna. Setelah mendapat nasihat bibinya, H semangat. Ia yakin bahwa selama dirinya berusaha dan doa, maka Allah akan memberikan jalannya. Dua minggu kemudian ada kabar bahwa SMA Negeri Ajibarang mengadakan lomba fisika da as akan mendapatkan full beasiswa sekolah selama 3 tahun. Mendengar kabar tersebut, Hasna a SMA Negeri Ajibarang adalah sekolah favorit di kotanya dan kebetulan letaknya tidak jauh a pun belajar dengan sungguh sungguh agar bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Hari perlombaan pun tiba, sebelum berangkat Hasna berpamitan kepada kedua orang tuanya u yang bertempat di SMA Neger
i Ajibarang. Pada saat pengumuman Hasna mendapatkan perin ang mengikuti lomba tersebut. Hasna segera pulang memberi tahu orang tuanya dan tidak mengeluarkan biaya untuk menyekolahkan Hasna. orang tuan Tahun ajaran baru pun tiba, Hasna sangat senang karena kali ini ia bisa bersekolah dan nya. Rasa rindu yang sangat mendalam itu akhirnya bisa terbayarkan. Walaupun setiap h asi dan lauk seadanya namun Hasna bersyukur karena merasakan kenikmatan yang luar b al dengan keluarga. carilah resolusi,ending,nilai moral,nilai religus, nilai pendidikan,nilai kebudayaan,nilai sosial, kalimat langsung, koknjungsi subordinatif, konjungsi temporal,kata depan, dan kata serudari bacaan di atas! mohon bantuannya kak besok mau dikumpulkan​

Jawaban:

Konflik intern terjadi pada saat tokoh Hasna berkeinginan untuk sekolah dikampung halaman namun orang tuanya tidak mampu membiayai

Penjelasan:

smoga bisa membantu ya kak

Tolong jadikan jawaban tercerdas ya kak

8. Doni tidak mau belajar dengan temannya karena merasa menjadi bintang kelas. Ungkapan yang tepat untuk Doni adalah …. A. kepala cerdas B. keras kepala C. kepala dingin D. besar kepala 32. Perhatikan kalimat-kalimat berikut! (1) Kehidupan keluarga mereka sangatlah sederhana. (2) Aulia hidup bersama ayah ibu di dusun terpencil. (3) Ia juga rajin di sekolah dan selalu berprestasi. (4) Tetapi ia hidup penuh ceria, mandiri, dan penuh optimism. Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang tepet adalah …. A. (2) – (3) – (1) – (4) B. (2) – (1) – (3) – (4) C. (2) – (1) – (4) – (3) D. (2) – (3) – (4) – (1) 33. Perhatikan laporan berikut! Laporan Pengamatan Lokasi pengamatan: Kebun SD Pelita Jaya Obyek pengamatan : Pertumbuhan kacang tanah Nama pengamat : Rani Oktavia Hasil pengamatan : 1) Hari pertama : Biji kacang tanah ditanam di kebun. 2) Hari kedua : Tunas dari biji kacang tanah belum tumbuh. 3) Hari ketiga : Tunas kacang tanah mulai tumbuh. 4) Hari keempat : Kuncup dauan tumbuh dari tunas. 5) Hari kelima : …. Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah …. A. Bagian akar kacang tanah mulai tampak. B. Kuncup daun kacang tanah mulai mekar. C. Biji kacang tanah yang ditanam terbelah. D. Tunas kacang tanah tumbuh 1mm. 34. Manfaatkan air secara …. Setetes air bersih sangat berarti bagi kehidupan kini dan nanti. Kata yang tepet untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …. A. bijak B. aman C. tepat D. baik 35. Perhatikan pidato di bawah ini! Anak-anak, sebentar lagi kalian akan melaksanakan Ujian Sekolah. Sambutlah hari-hari menjelang ujian seperti kalian menanti datangnya hari ulang tahun. Tahun lalu, nilai ujian kita masih rendah. …. Semoga niali ujian kita kali ini meningakat. Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi isi pidato tersebit adalah …. A. Ayo, belajar setiap hari agar cita-cita kita tercapai. B. Oleh karena itu, marilah kita tingkatkan semangat belajar dan rajin berdoa. C. Mari, kita songsong bersama Ujian Sekolah tahun ini dengan senang hati. D. Jangan lupa berdoa setiap hari agar dapat mengerjakan soal ujian dengan benar. 36. Toko di sepanjang Jalan Melati dilarang (jual beli) minuman alcohol. Penulisan kata berimbuhan yang tepat untuk kata di dalam kurung adalah …. A. menjualbelikan B. meperjualbelikan C. memperjualabelikan D. menjual belikan 37. Perhatikan kalimat acak berikut! 1) Aliran sungai itu terhambat oleh sampah. 2) Tidak jauh dari rumah Soni ada sungai. 3) Air pun meluap di sekitar bantaran sunagi. 4) Sampah-sampah itu tersangkut di jembatan. Kalimat acak tersebut bila disusun menjadi paragraf padu adalah …. A. 2 – 4 – 3 – 1 B. 3 – 2 – 4 – 1 C. 2 – 1 – 4 – 3 D. 3 – 1 – 2 – 4 38. Bacalah percakapan berikut! Dimas : “Permisi, Pak!” Pak Madi : “Ya, Nak , ada apa?” Dimas : “ ….. ” Pak Madi : “Ya, dari sini lurus, sampai pertigaan belok kiri seratus meter. Rumah Agus di timur jalan bercat biru” Dimas : “Terima kasih, Pak!” Pak Madi : “Sama-sama, Nak!” Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan tersebut adalah …. A. Dapatkah Bapak mengantarkan saya ke rumah Agus Santoso? B. Di mana rumah Agus Santoso yang bersekolah di SD Mutiara, Pak? C. Tahukah Bapak di kampung ini ada anak yang bernama Agus Santoso? D. Apakah Bapak tahu letak rumah Agus Santoso yang bersekolah di SD Mutiara? 39. Pak Adi berkata, “anak-anak, besuk olahraga wajib memakai kaos, ya!” Penggunaan ejaan yang salah dalam kalimat tersebut adalah …. A. besuk, olahraga, kaos B. Pak Adi, besuk, olahraga C. anak-anak, besuk, kaos D. anak-anak, besuk, olahraga 40. Afita berteriak: “Aduh, kakiku sakit, Kak!” Penggunaan tanda baca yang salah dalam kalimat tersebut adalah …. A. , (koma) B. “ (petik) C. : (titik dua) D. ! (seru)

Jawaban:

31.keras kepala: tidak bisa diatur

    kepala dingin: tenang dan sabar

    besar kepala: sombong

(D)

32. Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang tepat adalah 2-1-4-3

(C)

33. kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah kuncup daun kacang tanah mulai mekar.

(B)

34. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah bijak.

(A)

35. Kalimat ajakan yang tepat untuk melengkapi isi pidato tersebut adalah oleh karena itu, marilah kita tingkatkan semangat belajar dan rajin berdoa.

(B)

36. Penulisan kata berimbuhan yang tepat untuk kata di dalam kurung adalah memperjualbelikan. Dua kata yang diberi awalan dan akhiran digabung.

(C)

37. Kalimat acak tersebut bila disusun menjadi paragraf padu menjadi 2-1-4-3.

(C)

38. Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan tersebut adalah “Apakah Bapak tahu letak rumah Agus Santoso yang bersekolah di SD Mutiara?”

(D)

39. Penggunaan ejaan yang salah dalam kalimat tersebut adalah anak-anak (Anak-anak), besuk (besok), dan kaos (kaus).

(C)

40. Penggunaan tanda baca yang salah dalam kalimat tersebut adalah titik dua.

(C)

thanks

9. TANTANGAN YANG KUATASIAku merasa gugup saat duduk menunggu di ruang rumah sakit, tak yakin apa yang dikatakan Dr. Waites kepada orangtuaku tentang hasil uji itu. Dr. Waites adalah pelopor dalam mendiagnosis disleksia (gangguan bicara) perkembangan.Semuanya dimulai saat aku pindah ke Dallas waktu kelas empat SD. Aku ternyata ketinggalan dalam kemampuan membaca di Saint Michael’s School. Saat diminta membaca dengan keras, aku sulit membaca beberapa kalimat. Guruku, Ibu Agnew, mengatakan bahwa pemahamanku dalam membaca dan kemampuanku untuk mengucapkan kata-kata lebih rendah daripada kemampuan anak kelas empat lainnya. Aku takut setiap kali ia menunjukku untuk membaca karena meskipun aku mencoba sekeras mungkin, ia selalu harus membantuku membaca beberapa kata. Ibu Agnew menyarankan supaya aku melakukan tes psikologi untuk mengetahui apakah aku mengalami disleksia.Pada awalnya aku bingung mengapa aku harus diuji. Aku masuk ke kelas teladan di sekolah negeri yang dulu. Uji itu membuatku merasa tidak nyaman dan aku takut menjawab pertanyaannya, takut menghadapi kegagalan.Hasil uji menunjukkan aku mengidap disleksia perkembangan. Pada mulanya, aku patah semangat oleh diagnosis ini, tapi akhirnya aku membulatkan tekad untuk mengatasi cacatku ini. Aku memperoleh tutor dan terapi ucapan. Aku bahkan mencoba menaklukkan cacat ini sendiri. Aku membaca buku-buku yang sulit, berharap dapat meningkatkan rasa percaya diriku. Aku mulai membaca dan memahami bacaan dengan lebih baik. Aku bahkan mulai suka membaca, yang terasa ironis karena dulu aku sangat membencinya.Aku a
khirnya berhasil mengatasi cacat belajarku. Dr. Waites meneguhkan ini saat aku diuji lagi, la berkata disleksiaku sekarang minimum. Aku senang sekali. Namun, meskipun aku menaklukkan salah satu tantangan terbesar dalam hidupku, aku masih merasa ada yang hilang.Mata rantai yang hilang terisi saat aku pertama kali mengenakan seragam bergaris dan berjalan di lorong rumah sakit sebagai relawan di rumah sakit yang sama tempat aku pernahduduk, gugup, dan bingung. Karena aku merasa begitu beruntung mendapatkan akses ke fasilitas yang telah begitu membantuku, aku ingin membalasnya dengan menjadi relawan. Suatu hari, seorang gadis kecil di kursi roda memintaku membacakan buku untuknya. Aku membacanya lambat-lambat supaya ia dapat memahami cerita dan kata-katanya. Saat sudah waktunya aku pergi, anak itu berterima kasih kepadaku karena telah membaca untuknya. Aku keluar dari kamarnya sambil tersenyum lebar. Delapan tahun yang lalu aku pasti ragu membacakan buku untuk gadis ini, tapi aku sekarang percaya diri. Aku telah mengatasi cacatku dan membantu orang lain untuk mengatasi cacat mereka. Tekadku bulat untuk sukses dalam hidup ini, dan saat melakukannya, aku ingin membantu orang lain menghadapi dan menaklukkan tantangan seperti yang telah kuatasi.1. Sebutkan hal-hal yang menarik dalam cerita tersebut! 2. Sebutkan bagian yang paling menyentuh dalam cerita tersebut!3. Coba ulas cerita tersebut berdasarkan cara-cara meningkatkan motivasi belajar!4. Apa hikmah yang dapat kamu petik dari cerita tersebut?

Jawaban:

1. “dia” berhasil mengatasi cacat belajar nya

2. tantangan yang harus dia lalui

10. Uji Kompetensi 27. Kemukakan hal-hal yang harus dihindari oleh setiap peserta musyawarah agar tercapaikata mufakat!2. Analisislah makna dari sikap gotong royong!3. Sebutkan bunyi pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentanga. Kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamananb. Kerjasama dalam bidang ekonomi4. Jelaskan arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan!5. Kemukakan 3 cara yang dapat dilkakukan untuk menumbuhkan semangat kerjasama alingkungan sekolah !6. Sebutkan 3 contoh perwujudan kerjasama dalam lingkungan sekolah !​

Jawaban:

1. yang dihindari memotong penjelasan orang lain

2. gotong royong adalah bekerja sama untuk mencapai suatu hasil

3. A. Pasal 30 ayat 1 UUD 1945, pasal 27 ayat 3 UUD 1945

B. UUD 1945 pasal 33 ayat 1

4. arti penting kerjasama dalam bidang kehidupan adalah membantu dalam hidup saat mengalami kesulitan

5. -menawarkan bantuan pada teman yang sulit mengerjakan soal

-memberikan makanan pada teman yang tidak bawa bekal karena masalah ekonomi

-menolong teman yang terjatuh atau kesusahan

6. -Saat piket kelas agar kelas menjadi lebih cepat bersih dan tidak menjadi lelah secara pribadi

-saat melakukan organisasi sekolah (OSIS) saat sedang acara sekola bila hanya ketua osis yg bekerja maka tidak dapat berjalan dengan lancat karna tidak maksimal

-dalam satu kelas juga membutuhkan kerjasama karena bila tidak kelas tidak akan mendapat juara (saat lomba 17 agustus dll)

Penjelasan:

1. karena kita harus saling menghargai. bila kita mau dihargai kita juga harus menghargai orang lain

2. bekerja sama yang dimaksud adalah untuk saling membantu sesama dalam suatu hal. gotong royong dibutuhkan untuk mempermudah pekerjaan, dari sulit menjadi mudah. tidak membuang banyak waktu, sehingga pekerjaan dapat lebih cepat selesai

3. A. Pasal 30 ayat 1 UUD 1945 menyebutkan “Tiap-tiap negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”. Selain itu, pasal 27 ayat 3 UUD 1945 menyebutkan “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.

B. Landasan lain adalah UUD 1945 pasal 33 ayat 1 yang berbunyi “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan”.

4. saat sulit maupun mudah dengan kerjasama akan terasa lebih cepat. tidak memakan banyak waktu, dan tidak membuat kepikiran karena sulit. bila bersama2 kita akan mencari solusi bersama2

11. judul ramuan istimewa mama Senin kemarin, Aska baru pulang dari kampung halaman mamanya. di tengah perjalanan Aska pusing dan mual begitu sampai di rumah Aska diantar ke bidan terdekat Aska disuruh istirahat sampai sembuh namun ketika tubuhnya tidak panas lagi Aska masih senang berbaring di tempat tidur mama mulai curiga Mama tahu sebenarnya bukan hanya kali ini saja Aska malas ke sekolah hampir setiap pagi Aska memakai seragam Aska tiba-tiba mengaku pusing kadang mengeluh kalau perutnya mual bahkan Aska pernah pulang sebelum jam pelajaran pertama dimulai Aska seperti ketakutan untuk mengikuti pelajaran dengan suara lembut Mama menyuruh Azka kembali berbaring di atas kasur dia menggosokkan minyak angin ke perut dan punggung anak-anak kesayangannya .”Bagaimana ? terasa lebih baik?”tanya Mama Aska mengangguk pelan. “Mama akan buatkan sesuatu untukmu. tunggu, ya! ” kata Mama Seraya berjalan menuju dapur .Tak lama kemudian titik Mama kembali dengan membawa segelas air merah. “Apa itu,?” tanya Aska. “ini ramuan penyemangat siapapun yang meminumnya dia akan sehat dan bersemangat titik Ayo, minumlah!” kata Mama. Aska mengambil gelas itu dari tangan mamanya sambil duduk Aska Aska meminumnya. jelek rasanya agak manis dan pedas Aska mulai merasakan tubuhnya hangat ketika merasa tubuhnya begitu Sekar mulas dan mual nya tidak lagi dirasakannya. Dia segera bangkit dari tempat tidur. “Mama hebat! aku jadi merasa sehat titik Aku mau sekolah.” atas kemudian. di sekolah Aska merasa lebih bergairah titik dia memilih duduk paling depan Aska mendengarkan penjelasan guru dengan seksama. saat pelajaran matematika, semua soal latihan di jawabnya dengan mudah titik gurunya berulangkali memuji Aska titik a, Bukan main bangganya Aska. “Wah kamu beda sekali,!” tanya Raihan sebelum tes dimulai. “sekarang nggak pernah ngantuk Lagi di kelas,” tambah parah sesampainya di rumah Aska penasaran titik apa sebenarnya ramuan penyemangat yang Mama berikan padaku? “tanya Aska. “ssssttt, ini Ramuan Rahasia leluhur,” jawab mama. “ikut mama! “Aska berjalan dibelakang mamanya dia melihat Mama mengambil bungkusan berisi serbuk merah-kemerahan. serbuk itu dimasukkan ke dalam gelas kaca titik Lalu, Mama menuangkan air panas dari teko. “lho,Bukankah itu minuman dari rumah eyang?” tanya Aska. “betul, Sayang!” jawab mama. ah, Aska baru sadar titik ternyata ramuan Istimewa Itu wedang uwuh minuman yang selama ini tidak disukainya .Aska Aska tertegun dia memang selalu merasa mulas jika akan berangkat ke sekolah. Aska takut menghadapi pelajaran titik namun, ketika bersemangat, Aska mudah memahami semua pelajaran. Aska tak pernah rame di setelah ulangan harian. selain belajar Aska juga menyukai wedang uwuh wedang tradisional dari Yogyakarta.1.)judul cerita ……..2.)tema cerita………3.)latar tempat cerita………4.)tokoh cerita………. 5.)watak tokoh cerita ………6.)amanat……….​

Jawaban:

1.ramuan istimewa mm

2.kisah seorang ibu dan ank ny

3.rumah,lingkungan keluarga

4.mama,aska,eyang

5.mama adalah seorang ibu yg baik hati

6.jadi lah seseorang yg berperilaku baik kepada saudara maupu orang lain

12. Pidato Perpisahan Kelas 9Assalamu’alaikum Warahmatullahi WabarokatuhBapak Kepala Sekolah yang terhormat. ,,,Bapak dan Ibu Guru sert
a staf yang terhormat. ,,,Saudara-saudara, hadirin yang diundang.Serta teman-teman yang aku cintai.Salam Sejahtera bagi kita semuaPagi ini, pada hari yang cerah, kami berdoa, memuji, dan berterima kasih kepada Tuhan untuk Yang Mahakuasa karena telah memberi kami kesehatan dan sukacita sehingga kami dapat bertemu untuk mengucapkan selamat tinggal pada siswa kelas sembilan.Berkenaan dengan hal tersebut, saya di sini selaku perwakilan dari kelas sembilan, untuk menyatakan sebanyak mungkin terima kasih dan permintaan maaf kepada para guru yang terkasih.Selama 3 tahun belajar di sekolah ini, kami menemukan bahwa ada begitu banyak kesalahan dan tindakan yang kurang menyenangkan hati para guru. Tindakan dan perilaku kita telah membuat marah dan kesal guru.Karena tindakan ini wajar ketika guru memberi kita hukuman hanya untuk mendidik kita dan menjadikan anak-anak yang memiliki hasil dan disiplin.Itu sebabnya kami meminta maaf kepada guru untuk semua perilaku, kesalahan, dan kata-kata yang kurang menyenangkan hati. Sekiranya para guru memaafkan kesalahan yang kami buat.Tak lupa juga untuk mengucapkan terima kasih kepada para guru dan staf sekolah ini. Terima kasih telah mengajar dan dengan sabar mendidik kami. Terima kasih telah membimbing kami untuk menjadi anak-anak yang cerdas, bertanggung jawab, bijaksana dan berpendidikan dalam berbagai mata pelajaran akademik atau non-akademik.Kami berterima kasih telah membimbing kami menuju kesuksesan dan mencapai hasil dalam pendidikan menengah ini. Tak lupa juga, untuk mengucapkan terima kasih kepada semua staf di sekolah karena memberikan layanan dan fasilitas terbaik.Setelah mengikuti pelajaran selama sekolah di sini. Kami meminta doa dan berpamita kepada semua guru dan staf sekolah ini. Meminta doa restu agar kami melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi, kita akan tetap menjadi murid yang luar biasa dan terus berjasa serta kita dapat membuat bangga orang tua kita dan mewujudkan impian kita.Kami berharap sekolah ini akan terus menjadi yang terbaik dan menghasilkan siswa luar biasa di berbagai bidang. Saya berharap sekolah ini masih menjadi keinginan siswa untuk belajar baik akademik maupun non-akademik.Untuk adik – adik kelas, kami berpesan untuk meningkatkan hasil dan terus belajar dengan sungguh-sungguh di sekolah ini. Tetap berbakti ke orang tua, belajar dengan rajin dan patuh serta menghormati para guru di sekolah ini.Jadikan tujuan Anda seperti cambuk untuk menjaga semangat ketika menuntut ilmu. Selama kita bersekolah di sini, jangan ambil sisi negatif kami, tetapi ambillah sisi positif yang kami berikan.Ini adalah pidato perpisahan yang bisa saya sampaikan. Saya mengucapkan terima kasih dan meminta maaf kepada para hadirin sekalian, jika ada kata-kata yang kurang menyenangkan di hati. Saya berharap apa yang saya sampaikan dapat menjadi pelajaran bagi kita semua.Akhirukalam wabillahi taufik walhidayah.Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.#Tolong di jadikan dalam bahasa jawa yah…#makasih:)​

Jawaban:

yah kita beda suku jadi aku gak bisa bantuin

Penjelasan:

bukan membeda bedakan suku ya

mohon maaf gak bisa bantu

13. TO OU28.D300Tim29. F23. Contoh motivasi intrinsik yang paling tepatadalahA. Ani ingin menjadi dokter anak setelahadiknya meninggal akibat sakit parahB. setelah meraih juara pertama di sekolah,ayah membelikan Rudi sebuah sepedaC. Ita memberi Sari kado ketika Sari ber-ulang tahunRoni rajin belajar karena besok akanmenghadapi ujian masuk perguruantinggiE. Toni selalu mendapat nilai Matematikajelek karena itu guru memintanyabelajar kelompok untuk mengejar keter-tinggalan dengan temannya24. Rani tiba-tiba meloncat kegirangan setelahmenemukan namanya diterima di sebuahuniversitas favorit. Tindakan Rani tersebutbisa dikatakan sebagai tindakan …A. rasional instrumentalB. rasional berorientasi nilaiC. tradisionalD. afektifE. spontanitas25. Ketika dalam perjalanan pulang sekolah,Susi membantu seorang nenek yang hendakmenyeberang jalan raya. Tindakan Susi inidisebut sebagai tindakan sosial karena ….A. bernilai kebaikanB. pantas dicontohberorientasi atau dipengaruhi orang lainD. patut mendapat pujianE. melibatkan banyak orang26. Salah satu bentuk tindakan sosial afektifadalah …A. mengucapkan janji yang tidak mungkinditepatiB. menangis karena kehilangan orangyang disayangimemanfaatkan program sunset policyyang gencar dikampanyekan direktoratjenderal pajakbersemangat untuk mengejar cita-citaE. belajar keras mempersiapkan diri meng-hadapi UN​

Jawaban:

23.c

24.sya gtw yah…

25.c(kalo g slh)

26.juga aq gtw

14. penutup padalo Perhatikan kutipan pidato persuasif berikut ini! Hal yang perlu kita ganishawahi dan perhatikan adalah bangsa kita memiliki semangat kebersamaan dan gotong royong yang sudah teruji oleh sejarah. Itulah sebabnya sikap egons dan individualisme tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong ini, maka semua hal yang sulit akan menjadi mudah, pekerjaan yang berat akan menjadi ningan Dengan demikian persoalan yang rumit akan bisa terselesaikan dengan mudah Unsur kebahasaan yang dominan dalam kutipan tersebut adalah A sinonim dan antonim B kata kata teknis C.kata ganti orang 0 kata kata emotif 7 Perhatikan kutipan pidato rumpang berikut ini! Sebagai warga sekolah tidak kita tidak mau melihat sampah berserakan dimana-man suasana belajar menjadi tidak nyaman. Den​

Jawaban:

Susunan yang pertama adalah pendahuluan. Sebelum menyampaikan isi pidato, orator atau juru pidato harus mengucapkan salam pembuka, ucapan terima kasih serta beberapa hal lainnya.

Salam pembuka

Salam pembuka digunakan untuk membuka pidato sekaligus menyampaikan sambutan kepada pendengar. Contohnya:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua, Shalom, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.

Sapaan kepada pendengar

Setelah menyampaikan salam pembuka, orator mulai menyapa pendengar atau tamu undangan. Biasanya dimulai dari tamu yang memiliki jabatan tinggi Contohnya:

Yang saya hormati Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Depok. Terima kasih atas kesempatannya untuk menghadiri acara ini. Yang saya hormati seluruh guru dan karyawan SMP Negeri 1 Depok serta teman-teman saya, terima kasih atas kesempatannya untuk datang di acara ini.

maaf kalau salah ya

15. 1. Pasangan asmaul husna dan maknanya yang benar adalah . . .a. 1-d, 2-a, 3-b, 4-c b. 1-c, 2-d, 3-b, 4-a c. 1-b, 2-a, 3-b, 4-d d. 1-a, 2-d, 3-b, 4-a2. Sikap aminah tersebut mencerminkan peneladanan asmaul husna . . . a. al-alimb. al-khabirc. as-sami’d. al-bashir3. Dalam mengenal Allah swt kita harus mengetahui sifat wajib dan sifat jaizbagi Allah swt, serta nama-nama yang baik yang dimiliki oleh Allah swt, nama-nama Allah swt yang baik disebut . . . a. akhlakul karimahb. sifat wajib bagi Allah swtc. asmaul husnad. sifat jaiz bagi Allah swt4. pada ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah swt memiliki . . . a. sifat wajibb. sifat mustahilc. asmaul husnad. sifat jaiz5. prilaku yang mencerminkan keteladanan asmaul husna pada lafal yang digaris bawah . . . a. isna mengerjakan soal-soal ujian dengan penuh ketelitianb. baim selalu bersemangat ketika berangkat ke sekolahc. yahya selalu mengatakan perkataan yang baikd. lind
a tidak pernah menyontek saat mengerjakan ujian​

Jawaban:

3,asmaul husna

4,sifat wajib

Penjelasan:

maaf kalu salah ya maaf

banget>_<

16. 30. Contoh membiasakan perilaPancasila dalam kehidupan sehari-hari didalam lingkungan sekolah adalah ….a. menaati tata tertib sekolahb. selalu datang di sekolah lebih awaldaripada teman-temannyac. membersihkan ruangan kelas setiap pagid. suka mengalah di dalam pergaulan dengantemanBagamac. memaksakan suatu agama pada orang laind membina saling menghormati antarapemeluk agama27 Arti penting membiasakan perilaku sesuainilai-nilai Pancasila dalam kehidupan pribadiatau keluarga antara lain terhindarnyaperselisihan antara anggota keluarga karenasetiap anggota keluarga….Untuk mengasah dan menguji kemampuan reflektif kalian, coba berikan jawaban soal-soalmelengkapi berikut ini, dengan cepat dan tepat!1. Istilah ideologi berasal dari kata “idea” yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita dan”logos” berarti ilmu pengetahuan2. Makna ideologi Pancasila yaitu sebagai keseluruhan pandangan, cita-cita, keyakinan dan nilai bangsaIndonesia yang secara normatif perlu diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, y3. Semangat ketuhanan Yang Maha Esa hendaklah meyakinkan segenap bangsa Indonesia untukbersatu padu di bawah nilai Sila Pancasila Sebagai dasarnegara4. Pancasila sebagai paradigma pembangunan mempunyai arti bahwa Pancasila sebagai sumber nilai,sebagai dasar, arah, dan tujuan dari proses pembangunan5. Nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab mengembangkan kemanusiaan yang meliputimengutamakan musyawarah dalam mufakat6. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila memiliki sifat universal atau objektif artinya nilai-nilaiPancasila dapat diterima oleh bangsa dan negara7. Perilaku bangsa Indonesia dalam usaha mempertahankan Pancasila adalah mewaspadai ideologilain yang bertentangan dengan8. Bentuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pertahanan dan keamanan yaitu bahwa segala macambentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap rakyat atau daerah tertentu padahakikatnya merupakan ancaman terhadap​

Jawaban:

a.menaati tata tertib

Penjelasan:

maaf kalo salah

17. [Ngabuburit Puasa Ramadan, Sebentar Lagi Kita Mudik] Soal ujian akhir semester: Penggunaan kata penghubung antarkalimat yang tepat terdapat dalam kalimat …. a. Namun demikian harus tetap ditegakkan disiplin sekolah. b. Akan tetapi masalah itu belum dipikirkan secara mendalam. c. Sebab, apa yang didiskusikan belum memperoleh hasil. d. Di sampingnya ada masalah ekonomi yang belum dipecahkan. e. Oleh karena itu, anak itu perlu dukungan semangat.

e. Oleh karena itu, anak itu perlu dukungan semangat.

18. 5. perhatikan potongan q.s. al-baqarah [2]: 256 berikut! דטז … والله سميع عليم ( perilaku yang mencerminkan keteladanan asmaul husna pada lafal yang digaris bawah…..(hots) a. isna mengerjakan soal-soal ujian dengan penuh ketelitian b. baim selalu bersemangat ketika berangkat ke sekolah c. yahya selalu mengatakan perkataan yang baik d. linda tidak pernah menyontek saat mengerjakan ujian. bantuin donk ​

Jawaban:

D. Linda tidak pernah menyontek saat mengerjakan ujian

Penjelasan:

dianya percaya bahwa Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat apa yang dikerjakan oleh hambanya

Jawaban:C (Yahya selalu mengatakan perkataan yang baik)

Penjelasan:

Karena Yahya percaya bahwa Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Inshaallah bener!maaf kalo salah!

19. 5. Perhatikan potongan Q.S. al-Baqarah [2]: 256 berikut! דטז … والله سميع عليم ( Perilaku yang mencerminkan keteladanan asmāul husnā pada lafal yang digaris bawah…..(HOTS)a. Isna mengerjakan soal-soal ujian dengan penuh ketelitian b. Baim selalu bersemangat ketika berangkat ke sekolah C. Yahya selalu mengatakan perkataan yang baik D. Linda tidak pernah menyontek saat mengerjakan ujian.bantuin donk ​

Jawaban:

D

Penjelasan:

karena di Allah maha mendengar dan maha melihat

20. B.Contoh Teks BeritaTeks Berita 1Semangat Hari Pendidikan Nasioanaldi Tengah Pandemi Covid 19MAGETAN – Tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran tokoh Pendidikan Nasioanal dansekaligus diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.Hardiknas 2 Mei 2020 tahun ini bertepatandengan wabah pandemi Covid 19 yang sampai saat ini belum juga berakhir. Salah satu imbas daripandemi Covid 19 adalah di dunia pendidikan Indonesia tak terkecuali di wilayah Kabupaten Magetan.Sudah satu bulan lebih para siswa mulai dari SD-SMA/SMK harus belajar di rumah, ujian nasionaltahun 2020 ditiadakan karena pandemi ini. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan OlahragaPemkab Magetan Drs. Suwata, M.Si mengatakan walaupun dalam kondisi prihatim karena PandemiCovid 19 agar tetap semangat dan belajar dari setiap peristiwa. “Semoga wabah Covid 19 segeraberlalu dan anak anak kita bisa sekolah normal seperti sedia kala”ujar Suwata.Lebih lanjut Suwata mengatakan agar para guru dan siswa untuk selalu menjaga kesehatan,tetap semangat.”Salam Sehat dan selamat belajar di rumah,” ucap Suwata. Dan di hari PendidikanNasional 2 Mei 2020 ini, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Magetan jugamengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional bagi semua insan Pendidikan di Magetan.Agar selalu jaga kesehatan tetap membangun solidaritas dan selalu semangat dan bersama samaberdoa agar Covid 19 segera berlalu sehingga proses belajar mengajar di Magetan bisa normalseperti dahulu kala. Suwata juga memberikan pantun kepada semua insan Pendidikan dan parasiswa di Magetan ” Hujan Lebat di pagi buta, hari senja merah corona, alangkah hebat Anak Indone-sia, tetap belajar walau sedang pandemi virus Corona.(Rud/Sal).carilah kata kerja mental​

Jawaban:

maaf aku gak tau

maaf sebelumnya

Video Terkait

Bagikan: