Kebijakan Perdagangan Internasional Yang Bersifat Protektif Bertujuan Untuk

Fatih.co.id

Kebijakan Perdagangan Internasional Yang Bersifat Protektif Bertujuan Untuk
Kebijakan Perdagangan Internasional Yang Bersifat Protektif Bertujuan Untuk

Kebijakan perdagangan internasional yang bersifat protektif bertujuan untuk

Daftar Isi

1. Kebijakan perdagangan internasional yang bersifat protektif bertujuan untuk

bertujuan untuk melindungi industri domestik yang sedang berada dalam tahap perkembangan. 

2. Perdagangan internasional, memiliki kebijakan protektif tujuannya adalah

Membantu masyarakat agar bisa dapat makannan

3. Sebutkan kebijakan perdagangan Internasional yang bersifat protektif

1. Penetapan Tarif atau Bea Masuk 2. Kuota 3. Larangan ekspor/import 4. Subsidi 5. Politik dumping 6. Premi 7. Diskriminasi harga

4. apa pertian kebijakan protektif.​

Kebijakan Protektif = Kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri. Kebijakan atau program-program yang bersifat protektif dibuat oleh pemerintah dengan maksud untuk melindungi m
asyarakat dengan mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh sektor swasta

Jawaban:

kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negri

Penjelasan:

Kebijakan Protektif = Kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri. Kebijakan atau program-program yang bersifat protektif dibuat oleh pemerintah dengan maksud untuk melindungi masyarakat dengan mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh sektor swasta.maaf kalo salah 🙁

5. 2. Diantara faktor penghambat kerjasama antar negara yaitu kebijakanprotektif. Jelaskan yg dimaksudkebijakan protektif dan sebutkan 3contoh kebijakan protektif !​

Jawaban:

Kebijakan Protektif yaitu Kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri.

contoh kebijakan protektif:

– ijin peredaran obat

– pelabelan halal pada makanan

– peraturan tentang pengolahan limbah industri

6. Apakah yang dimaksud kebijakan protektif​

Jawaban:

Kebijakan protektif adalah di mana pemerintah memastikan memberikan perlindungan bagi pekerja perempuan terkait fungsi reproduksi, seperti adanya cuti haid, melahirkan, keguguran serta kesempatan menyusui dan larangan memperkerjakan perempuan hamil pada shift malam.

7. 2. Jelaskan yang dimaksud kebijakan protektif dan berikan 1 contoh dari kebijakan protektif tersebut.​

Jawaban:

KEBIJAKANPROTEKTIF

Kebijakan Protektif = Kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri. Kebijakan atau program-program yang bersifat protektif dibuat oleh pemerintah dengan maksud untuk melindungi masyarakat dengan mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh sektor swasta.

CONTOHKEBIJAKANPROTEKTIF

Ijin peredaran obat

■ Pelabelan halal makanan

■ Peraturan tentang pengolahan limbah industri

■ Ijin kelayakan terbang pesawat

■ Pencantuman label merokok membahayakan konsumen

■ Ketentuan tentang upah minimum provinsi / kabupaten

■ Perda miras

MAAFAPABILAADAKESALAHAN..

SEMOGAMEMBANTUYA..

THANKYOU..

8. jelaskan tujuan dilakukannya kebijakan protektif?

Kebijakan protektif pada dasarnya bertujuan untuk mengangkat daya tawar produsen dan pedagang lokal. Hal ini merupakan kebijakan pemerintah untuk melindungi ekonomi lokal dari produk impor yang jauh lebih murah. Tujuannya adalah agar pengusaha lokal dapat terus bersaing. Kebijakan ini perlu untuk menjaga agar perdagangan bebas tidak merugikan pedagang lokal.

Perdagangan bebas pada akhirnya akan merugikan produsen lokal karena akan kalah bersaing dalam harga pasar. Negara-negara dengan subsidi pertanian besar seperti AS akan menghasilkan produk dengan harga yang akan mengalahkan produk pertanian lokal. Hal ini sudah dikritisi kepada lembaga pengelola perdagangan global seperti WTO.

Kebijakan protektif oleh pendukung globalisasi dianggap mencampuri urusan ekonomi. Namun, pada sisi lain hal ini diperlukan agar ekonomi lokal tidak dirugikan. Kebijakan protektif juga merupakan contoh campur tangan negara dalam ekonomi.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id – https://brainly.co.id/tugas/17326318

Mapel: Sosiologi

Kode: 10.20.2

Kelas: X

9. Contoh kebijakan protektif

tidak mau menerima hasil impor negara sendiri…maaf klo salah

10. Tujuan negara melakukan kebijakan protektif?

ialah untuk melindungi rakyat nya sendiriKebijakan proteksi adalah kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri yang sedang tumbuh (infant industry), dan melindungi perusahaan baru dari perusahaan-perusahaan besar yang dari persaingan yang tidak adil, juga melindungi dari -persaingan barang-barang impor.

11. Salah satu faktor yang mempengaruhi kerjasama antarnegara ASEAN yaitu kebijakan protektif. Maksud dari kebijakan protektif yaitu

Jawaban:

Kebijakan Protektif = Kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri.

Kebijakan atau program-program yang bersifat protektif dibuat oleh pemerintah dengan maksud untuk melindungi masyarakat dengan mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh sektor swasta.

Jawaban:

Kebijakan protektif merupakan kebijakan yg melindungi pihak dalam. Karena perlindungan pemerintah itulah maka bagi pihak eksternal sangat sulit menembus negara yg terdapat kebijakan proteksi

Penjelasan:

kak itu penjelasan ^_^

12. arti dari kebijakan protektif

Kebijakan Protektif
=> Kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri

Semoga Bermanfaat

13. kebijakan protektif/proteksionisme

maksudnya (maaf tapi soal nya kurang jelas)nanti kalo jelas saya jawab dengan benar dan baik

14. salah satu faktor penghambat kerjasama antarnegara adalah kebijakan protektif. kebijakan ini bertujuan?​

Jawaban:

bertujuan melindungi kepentingan dalam negeri dan meningkatkan daya saing.

< p>Penjelasan:

Misalnya saja tidak mau menerima impor hasil pertanian karena dapat mempengaruhi kondisi pendapatan hasil pertanian di dalam negerinya. Dampak dari kebijakan ini juga dapat mempengaruhi hubungan antarnegara sehingga menghambat kerjasama yang harmonis.

15. 22.kebijakan perdagangan internasional yang bersifat protektif bertujuan untuk….a.meningkatkan eksporb.meningkatkan persainganc.mencegah campur tangan pemerintah asingd.melindungi industri dalam negeri23.berikut ini adalah sumber devisa, kecuali….a.pariwisatab.impor barangc.ekspor barangd.hibah

menigkatkan ekspor dan hibah22. A. Meningkatkan ekspor 23. D. Hibah Sorry klo salah..

16. pengertian kebijakan protektif adalah​

kebijakan yang bertujuan melindungi kepentingan dalam negeri dan meningkatkan daya saing

Penjelasan:

semoga bermanfaat

17. apa tujuan dan dampak suatu negara melaksanakan kebijakan protektif?​

Kebijakan proteksi adalah kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri yang sedang tumbuh (infant industry), dan melindungi perusahaan baru dari perusahaan-perusahaan besar yang dari persaingan yang tidak adil, juga melindungi dari -persaingan barang-barang impor.

Jawaban:

Kebijakan proteksi adalah kebijakan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri yang sedang tumbuh (infant industry), dan melindungi perusahaan baru dari perusahaan-perusahaan besar yang dari persaingan yang tidak adil, juga melindungi dari -persaingan barang-barang impor.

Penjelasan:

18. tujuan kebijakan protektif adalah..​

Jawaban:

untuk mengangkat daya tawar produsen dan pedagang lokal

Penjelasan:

smoga membantu:))

19. contoh kebijakan protektif?

Jawaban:

Misalkan harga mobil di pasaran dunia adalah $8,000 dan harga keseluruhan suku cadangnya adalah $6,000. marilah kita bandingkan keadaan di dua negara: satu negara ingin mendorong pengembangan industri perakitan mobil dan yang lain telah memiliki industri perakitan dan menginginkan pengembangan industri suku cadang mobil. Untuk mendorong industri mobil dalam negeri, negara pertama mengenakan tarif sebesar 25 persen atas mobil yang diimpor, sehingga memungkinkan pengusaha perakitan di dalam negeri menetapkan harga $10,000 dan bukan $8,000. Dalam kasus, kita sudah salah kalau pengusaha perakitan mobil menerima proteksi hanya sebesar 25%.

Sebelum ada tarif, perusahaan perakitan dalam negeri akan berkiprah hanya kalau ia bisa memperoleh setidaknya $2,000 (selisih antara harga mobil $8,000 dan harga keseluruhan suku cadang $6,000);kini, ada tarif, ia dapat memperoleh paling tidak $4,000 (perbedaan harga mobil setelah tarif sebesar $4,000(perbedaan harga mobil setelah tariff sebesar $10,000 dengan biaya suku cadang sebesar $6,000). Artinya, tingkat tarif sebesar 25% memberikan pengusaha perakitan tingkat proteksi efektif (effective rate of protection)  sebesar 100%.

Di pihak lain, katakanlah di negara kedua, untuk mendorong produksi suku cadang di dalam negeri, mengenakan tarif 10% atas suku cadang yang diimpor, sehingga meningkatkan biaya suku cadang bagi pengusaha perakitan $6,600. Meskipun tak ada perubahan tarif atas mobil impor kebijakan ini menyebabkan usaha perakitan mobil dalam negeri kurang menguntungkan. Tanpa tarif merakit mobil didalam negeri akan menghasilkan $2,000 ($8,000-$6,000);setelah adanya tarif perakitan lokal hanya memperoleh $1,4000 ($8,000-$6,600). karena itu, disatu pihak tarif  memberikan proteksi positif kepada pabrik suku cadang, tetapi dilain pihak menimbulkan proteksi efektif  yang negatif bagi pengusaha perakitan sebesar 30% (-600/2000).

Dengan alasan yang serupa dengan contoh diatas para ekonom lebih merinci perhitungan untuk mengukur tingkat proteksi efektif yang sebetulnya diperoleh suatu sektor industri dengan adanya tarif dan kebijakan perdagangan lainnya. Kebijakan perdagangan yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi,kerap mengakibatkan tingkat proteksi efektif lebih tinggi dari tingkat tarif normalnya.

#backtoschool2019

20. Apa faktor penghambat dalam perdagangan karena kebijakan protektif dalam bentuk kuota?

pembatasan dalam menerima ekspor barang suatu pasar. jadi misalnya kamu ingin mengkespor barang ke suatu kota dalam jumlah banyak, tapi kota tersebut tidak mengizinkan kamu mengekspor banyak, karena takut pedagang dalam kota tersebut kalah saing, sehingga barang dagangan mereka kurang laku

Video Terkait

Bagikan: