Kebijakan Yang Dapat Dijalankan Pemerintah Untuk Mengurangi Inflasi Adalah

Fatih.co.id

Kebijakan Yang Dapat Dijalankan Pemerintah Untuk Mengurangi Inflasi Adalah
Kebijakan Yang Dapat Dijalankan Pemerintah Untuk Mengurangi Inflasi Adalah

kebijakan yg dapat dijalankan pemerintah untuk mengurangi inflasi?

Daftar Isi

1. kebijakan yg dapat dijalankan pemerintah untuk mengurangi inflasi?

kebijakan yang dapat dilakukan :

1. dengan kebijakan monetr yaitu menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) sampai dengan suku bunga dasar kredit perbankan

2 kebijakan viskal yaitu dengan mengatur penerimaan dan pengeluaran pemerintah, sehingga pengeluaran keseluruhan dalam perekonomian bisa dikendalikan. dan menaikkan jumlah pajak

3. kebijakan non moneter, misalnya dengan menekan pengusaha agar menaikkan jumlah produksinya dan pemerintah turun tangan dalam mengawasi harga barang yang beredar1. KEBIJAKAN MONETER yaitu kebijakan pemerintah melalui bank sentral sebagai pemegang otoritas moneter yang berkaitan dengan pengendalian jumlah uang beredar serta pengurangan tingkat suku bunga dan kredit
2. KEBIJAKAN FISKAL adalah kebijakan pemerintah yang menyangkut peraturan tentang pengeluaran pemerintah serta perpajakan secara langsung dapat mempengaruhi permintaan total dan akan memengaruhi harga
3. KEBIJAKAN NON MONETER DAN KEBIJAKAN NON
FISKAL 
adalah  kebijakan untuk mengatasi inflasi dengan tidak memengaruhi jumlah uang yang beredar maupun pendapatan dan pengeluaran negara

2. Kebijakan fiskal yang dilakukan pemerintah untuk mencegah inflasi adalah dengan mengurangi pengeluaran pemerintah, Apabila terjadi inflasi kebijakan manakah yang paling sesuai untuk dijalankan?

Jawaban:

mengurangi pengeluaran dengan memotong subsidi dan menambah pajak dalam negeri

3. Kebijakan moneter yang dijalankan oleh pemerintah indonesia untuk mengurangi inflasi dilakukan dengan cara

Jawaban:

menjual saham kepada masyarakat

Penjelasan:

Salah satu teori inflasi menyebutkan bahwa inflasi disebabkan jumlah uang beredar (money supply) yang melebihi ketersediaan output nasional. Oleh karena itu, untuk meredam laju inflasi bank sentral akan menetapkan kebijakan moneter kontraktif yang berupaya mengurangi jumlah uang beredar dalam perekonomian.

4. Sebutkan kebijakan pemerintah untuk mengatasi inflasi !

maaf ya saya tidak tahu

5. Kebijakan moneter yang dijalankan pemerintah Indonesia untuk mengurangi laju inflasi dilakukan dengan cara ….

Mengurangi pengedaran uang dalam masyarakat

6. sebut dua kebijakan yang dapat dilakukan pemerintah dalam rangka mengurangi inflasi

operasi pasar terbuka dan meningkatkan penerimaan pajak
Operasi Pasar Terbuka Dan Meningkatkan Penerimaan Pajak.

7. mengurangi inflasi pemerintah melakukan kebijakan

Inflasi adalah suatu fenomena ekonomi yang paling umum dijumpai. Inflasi merupakan suatu keadaan dimana harga barang-barang umum mengalami kenaikan secara terus-menerus. Kenaikan harga tersebut nantinya akan merugikan berbagai kalangan di masyarakat terlebih bagi golongan masyarakat berpenghasilan tetap.

Untuk mengatasi inflasi tersebut, pemeritah perlu untuk mengambil kebijakan. Terdapat 2 kalangan pemerintah yang dapat mengurangi inflasi yaitu Bank Indonesia selaku Bank Sentral (BI) dan Kementrian Keuangan.

Untuk mengurangi inflasi, Bank Indonesia dapat melakukan Kebijakan Moneter Kontraktif. Sedangkan, Kementrian Keuangan dapat melakukan Kebijakan Fiskal Aktif.

Dibutuhkan sinergi yang baik antara Kementrian Keuangan dan Bank Indonesia untuk mengatasi inflasi.

Lihat juga:
1) Inflasi di Indonesia di brainly.co.id/tugas/9640152
2) Kebijakan Moneter di brainly.co.id/tugas/9586634

Kategorisasi Soal :
Matpel : Ekonomi
Kelas : XI
Materi : Kebijakan Moneter Fiskal
Kata Kunci : Inflasi , Kebijakan
Kode Soal : 11.12.5

Semoga membantu 🙂
#backtoschoolcampaign

8. Kenapa inflasi akan berlaku apabila pemerintah menjalankan kebijakan harga maksimum

Mapel: ekonomi
Kelas: 12
Materi: Inflansi
Kebijakan harga maksimum atau celling price adalah sebuah kebijakan yang dijalankan oleh pemerintah untuk melindungi konsumen yaitu harga akan berada di bawah harga keseimbangan (Pe),
Harga maksimum akan menurunkan jumlah penawaran jumlah baranh, sehinggah menyebabkan terjadinya inflansi karena peredaran uang lebih banyak dibandingkan jumlah barang yanh beredar.

9. Kebijakan moneter seperti apa yang dapat efektif untuk mengurangi inflasi?

Dengan menaikkan suku bunga di bank agar masyarakat tertarik untuk menabung

10. mengurangi inflasi pemerintah melakukan kebijakan

Untuk mengatasi inflasi pemerintah dapat melakukan kebijakan fiskal maupun moneter melalui Bank Indonesia. Kebijakan fiskal yang dilakukan pemerintah dapat berupa menaikkan tingkat cadangan kas minimum. Sedangkan melalui kebijakan moneter, BI selaku bank sentral dapat melakukan kebijakan pasar terbuka untuk menjual surat-berharga kepada masyarakat dan menaikkan tingkat suku bunga (diakonto) agar uang yg beredar di masyarakat dapat ditarik ke Bank.

11. Apa kebijakan pemerintah untuk memgatasi inflasi?

Jawaban:

1. Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter adalah segala bentuk kebijakan yang diambil pemerintah di bidang moneter (keuangan) yang tujuannya untuk menjaga kestabilan moneter agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan moneter meliputi.

a. Kebijakan Penetapan Persediaan Kas

Bank sentral dapat mengambil kebijakan untuk mengurangi uang yang beredar dengan jalan menetapkan persediaan uang yang beredar dan menetapkan persediaan uang kas pada bank-bank. Dengan mengurangi jumlah uang beredar, inflasi dapat ditekan.

b. Kebijakan Diskonto

Untuk mengatasi inflasi, bank sentral dapat menerapkan kebijakan diskonto dengan cara meningkatkan nilai suku bunga. Tujuannya adalah agar masyarakat terdorong untuk menabung. Dengan demikian, diharapkan jumlah uang yang beredar dapat berkurang sehingga tingkat inflasi dapat ditekan.

c. Kebijakan Operasi Pasar Terbuka

Melalui kebijakan ini, bank sentral dapat mengurangi jumlah uang yang beredar dengan cara menjual surat-surat berharga, misalnya Surat Utang Negara (SUN). Semakin banyak jumlah surat-surat berharga yang terjual, jumlah uang beredar akan berkurang sehingga dapat mengurangi tingkat inflasi.

2. Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal adalah langkah untuk memengaruhi penerimaan dan pengeluaran pemerintah. Kebijakan itu dapat memengaruhi tingkat inflasi. Kebijakan fiskal antara lain sebagai berikut.

a. Menghemat Pengeluaran Pemerintah

Pemerintah dapat menekan inflasi dengan cara mengurangi pengeluaran, sehingga permintaan akan barang dan jasa berkurang yang pada akhirnya dapat menurunkan harga.

b. Menaikkan Tarif Pajak

Untuk menekan inflasi, pemerintah dapat menaikkan tarif pajak. Naiknya tarif pajak untuk rumah tangga dan perusahaan akan mengurangi tingkat konsumsi. Pengurangan tingkat konsumsi dapat mengurangi permintaan barang dan jasa, sehingga harga dapat turun.

3. Kebijakan Lainnya

Untuk memperbaiki dampak yang diakibatkan inflasi, pemerintah menerapkan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Tetapi selain kebijakan moneter dan fiskal, pemerintah masih mempunyai cara lain. Cara lain dalam mengendalikan inflasi adalah sebagai berikut.

a. Meningkatkan Produksi & Menambah Jumlah Barang di Pasar

Untuk menambah jumlah barang, pemerintah dapat mengeluarkan perintah untuk meningkatkan produksi. Hal itu dapat ditempuh dengan memberi premi atau subsidi pada perusahaan yang dapat memenuhi target tertentu. Selain itu, untuk menambah jumlah barang yang beredar, pemerintah juga dapat melonggarkan keran impor. Misalnya, dengan menurunkan bea masuk barang impor.

b. Menetapkan Harga Maksimum untuk Beberapa Jenis Barang

Penetap
an harga tersebut akan mengendalikan harga yang ada sehingga inflasi dapat dikendalikan. Tetapi penetapan itu harus realistis. Kalau penetapan itu tidak realistis, dapat berakibat terjadi pasar gelap (black market).

12. contoh kebijakan pemerintah untuk mengatasi inflasi

membuka perasi pasar terbuka atau open market operasionDisebut dengan kebijakan moneter
1. politik diskonto : menaikkan suku bunga bank
2. open market : menjual surat berharga

13. apa kebijakan pemerintah untuk mengatasi inflasi?

1.Kebijakan moneter. Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk mengadakan peningkatan pendapatan nasional pemerintah yang dilakukan dengan cara merubah jumlah uang yang sudah beredar, karena salah satu penyebab inflasi adalah banyaknya jumlah uang yang telah beredar. Sehingga dengan adanya kebijakan moneter ini diharapkan bisa mengurangi jumlah uang yang telah beredar dan dapat kembali ke kondisi yang normal.
2.Kebijakan fiscal. Kebijakan yang ada hubungannya dengan masalah finansial atau penerimaan dan juga pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah.
3.Kebijakan non moneter. Cara untuk melaksanakan kebijakan ini adalah dengan menaikan hasil produksi.

Semoga Membantu ^_^
Jadiin Jawaban Terbaik Yah ^_^
follow me and I’ll give you the Best Answer ^_^

14. Bagaimana kebijakan pemerintah yang paling efektif untuk mengendalikan inflasi?

Dengan mengurangi jumlah uang yang beredar.Memperbanyak jumlah berang dan jasa.Dengan menetapkan harga maksimum ( agar harga tidak terus naik ).

15. kebijakan yang diambil untuk mengurangi inflasi adalah

Untuk mengatasi inflasi, bank sentral dapat menerapkan kebijakan diskonto dengan cara meningkatkan nilai suku bunga. Tujuannya adalah agar masyarakat terdorong untuk menabung. Dengan demikian, diharapkan jumlah uang yang beredar dapat berkurang sehingga tingkatinflasi dapat ditekan Kebijakan yang bisa diambil untuk mengatasi masalah inflasi ada tiga yaitu kebijakan moneter, kebijakan fiskal, dan kebijakan lainnya.

Kebijakan Moneter
Kebijakan moneter adalah segala bentuk kebijakan yang diambil pemerintah di bidang moneter (keuangan) yang tujuannya untuk menjaga kestabilan moneter agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan moneter meliputi.

Kebijakan Penetapan Persediaan Kas

Bank sentral dapat mengambil kebijakan untuk mengurangi uang yang beredar dengan jalan menetapkan persediaan uang yang beredar dan menetapkan persediaan uang kas pada bank-bank. Dengan mengurangi jumlah uang beredar, inflasi dapat ditekan.

Kebijakan Diskonto

Untuk mengatasi inflasi, bank sentral dapat menerapkan kebijakan diskonto dengan cara meningkatkan nilai suku bunga. Tujuannya adalah agar masyarakat terdorong untuk menabung. Dengan demikian, diharapkan jumlah uang yang beredar dapat berkurang sehingga tingkat inflasi dapat ditekan.

Kebijakan Operasi Pasar Terbuka

Melalui kebijakan ini, bank sentral dapat mengurangi jumlah uang yang beredar dengan cara menjual surat-surat berharga, misalnya Surat Utang Negara (SUN). Semakin banyak jumlah surat-surat berharga yang terjual, jumlah uang beredar akan berkurang sehingga dapat mengurangi tingkat inflasi.

Kebijakan Fiskal
Kebijakan fiskal adalah langkah untuk memengaruhi penerimaan dan pengeluaran pemerintah. Kebijakan itu dapat memengaruhi tingkat inflasi. Kebijakan fiskal antara lain sebagai berikut.

Menghemat Pengeluaran Pemerintah

Pemerintah dapat menekan inflasi dengan cara mengurangi pengeluaran, sehingga permintaan akan barang dan jasa berkurang yang pada akhirnya dapat menurunkan harga.

Menaikkan Tarif Pajak

Untuk menekan inflasi, pemerintah dapat menaikkan tarif pajak. Naiknya tarif pajak untuk rumah tangga dan perusahaan akan mengurangi tingkat konsumsi. Pengurangan tingkat konsumsi dapat mengurangi permintaan barang dan jasa, sehingga harga dapat turun.

Kebijakan Lainnya
Untuk memperbaiki dampak yang diakibatkan inflasi, pemerintah menerapkan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Tetapi selain kebijakan moneter dan fiskal, pemerintah masih mempunyai cara lain. Cara lain dalam mengendalikan inflasi adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Produksi & Menambah Jumlah Barang di Pasar

Untuk menambah jumlah barang, pemerintah dapat mengeluarkan perintah untuk meningkatkan produksi. Hal itu dapat ditempuh dengan memberi premi atau subsidi pada perusahaan yang dapat memenuhi target tertentu. Selain itu, untuk menambah jumlah barang yang beredar, pemerintah juga dapat melonggarkan keran impor. Misalnya, dengan menurunkan bea masuk barang impor.

Menetapkan Harga Maksimum untuk Beberapa Jenis Barang

Penetapan harga tersebut akan mengendalikan harga yang ada sehingga inflasi dapat dikendalikan. Tetapi penetapan itu harus realistis. Kalau penetapan itu tidak realistis, dapat berakibat terjadi pasar gelap (black market).
Kurang lebih seperti ini ^.^

16. Apa kebijakan pemerintah untuk mengatasi inflasi?

Dengan mengendalikan suku bunga bang dan tingkat tingkat harga produksi mengatur harga benda pokok denggan cara menurunkan nya dan menetapkan suku bunga pada bank

17. Sebutkan contoh kebijakan-kebijakan yang dapat mengurangi inflasi!

kebijakan mengimpor barang

18. Apa kebijakan pemerintah untuk mengatasi inflasi?

– KEBIJAKAN MONETER
1. Politik diskonto
2. Cadangan kas
3. Operasi pasar terbuka
4. Memperketat pemberian kredit

– KEBIJAKAN FISKAL
1. Mengurangi/menunda pengeluaran pemerintah
2. Meningkatkan penerimaan pajak

19. sebutkan kebijakan kebijakan pemerintah untuk mengatasi inflasi!

menaikkan bunga
mengurangi peredaran uang

20. kalau terjadi inflasi maka kebijakan di moneter yang di jalankan pemerintah adalah

Ketika terjadi inflasi, kebijakan moneter yang harus dijalankan :
– Operasi pasar terbuka, dengan menjual Sertifikat Bank Indonesia (SBI) 
– Politik diskonto, dengan menaikkan suku bunga bank umum
– Menaikkan cadangan kas minimum bank umum

Video Terkait

Bagikan: