Kondisi Alam Negara Negara Di Dunia

Fatih.co.id

Kondisi Alam Negara Negara Di Dunia
Kondisi Alam Negara Negara Di Dunia

rtanyaanKondisi Alam Negara-negara di Dunia :NegaraKondisi AlamJepang​

1. rtanyaanKondisi Alam Negara-negara di Dunia :NegaraKondisi AlamJepang​

Jawaban:

Kondisi alam Jepang:

1. Jepang memiliki luas sekitar 378000 km persegi.

2. Jepang adalah negara kepulauan dengan total lebih dari 6800 pulau

3. Jepang adalah negara pegunungan dengan banyak gunung berapi dan rawan gempa.

4. Jepang beriklim sedang.

5. Jepang berbatasan dengan Laut Jepang dan selat Tsushima di barat, Laut Kuril di utara, Samudera Pasifik di timur, dan Laut China Timur di selatan.

Jawaban panjang:

Jepang adalah negara kepulauan yang terletak di Asia Timur, di timur Korea Selatan dan di utara Taiwan. Negara dengan ibukota Tokyo merupakan negara kepulauan dengan empat pulau besar di Jepang adalah Honshu, Hokkaido, Kyushu dan Shikoku.

Iklim di Jepang adalah iklim sedang, sehingga Jepang memiliki 4 musim yang sangat berbeda, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Musim semi di jepang sangat terkenal karena mekarnya pohon Sakura yang menjadi ikon Jepang.

Letak Jepang di patahan lempeng tektonik membuat banyaknya pegunungan dan gunung berapi di Jepang. Gunung tertinggi adalah Gunung Fuji. Gunung ini terkenal karena bentuknya yang simetris dan lancip yang tertutup salju di puncaknya.

Banyaknya gunung berapi ini mempuat Jepang sangat subur. Meski cuaca dingin pada musim lain, padi dapat ditanam di Jepang pada musim panas.

Namun letak di patahan ini juga membuat Jepang rawan bencana seperti tsunami dan gempa bumi. Contoh bencana besar yang melanda Jepang adalah gempa bumi Kobe tahun 1995 dan gempa serta tsunami di Tohoku pada tahun 2011.

Letak geografis kepulauan Jepang berada di dekat pertemuan arus Oyashio dari kutub utara dan Kuroshio dari Pasifik. pertemua kedua arus ini membuat laut di dekat Jepang kaya plankton dan merupakan tempat penangkapan ikan yang kaya.

Penjelasan:

jangan kacangin aku dong

kasih⭐⭐⭐⭐⭐dan♥️ya jangan cuek

< /p>

2. Kondisi alam negara-negara di dunia ​

Jawaban:

Penjelasan:

a) Indonesia

merupakan negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Posisi geografis Indonesia terletak pada 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Letak wilayahnya yang berada di sekitar garis khatulistiwa menyebabkan Indonesia beriklim tropis. Wilayah laut Indonesia lebih luas daripada daratannya. Garis pantai Indonesia merupakan yang terpanjang di dunia setelah Kanada. Topografi di Indonesia antara lain pegunungan, dataran tinggi, perbukitan, lembah, danau, dan sungai-sungai besar.

b) Jepang

merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Timur. Posisi geografis Jepang yaitu 30°LU-47°LU dan 128°BT-146°BT. Beriklim subtropis dengan empat musim, yaitu musim dingin, semi, panas, dan gugur. Jepang merupakan negara kepulauan. Empat pulau utama Jepang yaitu Pulau Hokkaido, Honsu, Sikoku, dan Kyushu. Pada umumnya wilayah Jepang berupa pegunungan dengan titik tertingginya Gunung Fuji atau Fujiyama. Oleh karena itu, Jepang mempunyai jalur gunung api sehingga rawan bencana gunung meletus, gempa, dan tsunami.

c) Australia

Terletak pada koordinat 10°41’LS-39°08’LS dan 113°09’BT-153°38’BT.  iklim di Benua Australia dibedakan menjadi iklim tropis, subtropis, gurun, dan iklim laut sedang. Bagian tengah Benua Australia didominasi oleh dataran rendah, terbentang dari sebelah selatan Dataran Tinggi Salwyn hingga Teluk Australia Besar. Wilayah ini memiliki padang rumput dengan kualitas terbaik. Ciri khas dataran rendah di Australia yaitu adanya Cekungan Artesis Besar (Great Artesian Basin) seluas sekira 1.735.300 km².

3. kondisi alam negara negara di dunia​

Jawaban:

1.jepang beriklim subtropis dan sedang

2.as, daratan utama Amerika Serikat dibagian barat terdiri pegunungan

disebelah barat pegunungan Sierra nevada terdapat lembah sangat Joaquin yang merupakan pusat pertanian negara bagian California.

3.inggris, bentuk wilayah Inggris merupakan kepulauan. pulau pulau utama Inggris yaitu pulau Britania dan eire.wilayah Inggris dipisahkan oleh selat Dover, selat Inggris dan laut Utara dari daratan Eropa Inggris beriklim laut sedang yang sejuk dan basah

4.australia, sebagian besar 70 persen australia berupa gurun dan seminggu gurun, australia secara fisiografis terbagi menjadi 5 daerah, yaitu plato barat, dan dataran rendah pantai timur

5.mesir, mesir beriklim subtropis dan kontinental

Penjelasan:

1.jepang.jepamg di kelilingi laut, arus hangat dan dingin mengalir melalui laut laut di sekitarnya

4. Buatlah kesimpulan tentang “kondisi alam negara-negara di dunia”

Jawaban:

Sub pokok bahasan Kondisi alam Negara – negara di dunia kita akan mempelajari beberapa negara diberbagai benua diantaranya yaitu :

Pertemuana 1: a. Negara Jepang

b. Negara Amerika

2: a. Negara Inggris

b. Negara Australia

c. Negara Mesir

Pertemuan 1 dan 2

Setiap negara di dunia memiliki karakteristik yang berbeda dengan negara lainnya, baik keadaan alamnya maupun keadaan penduduknya.

Kemajuan suatu negara dapat dipengaruhi oleh letak negara tersebut baik letak astronomis, geografis maupun geologisnya. Karna letak negara akan mempengaruhi kondisi alamnya.

NegaraJepang

Jepang merupakan negara maju yang ada di benua Asia tepatnya berada di Asia Timur. Yang terletak di 30 LU -47 LU dan 128 BT – 146 BT. yang dibatasi sebelah barat Korea Utara, Korea Selatan dan Rusia, utara berbatasan dengan Laut Okhstosk, sebelah timur Samudera Pasifik dan Selatan Laut Cina.

Keberhasilan jepang selain faktor manusianya juga faktor alam ikut mempengaruhi. Jepang punya potensi laut yang cukup banyak dan juga mempunyai tanah yang sangat subur ini semua tidak lepas dari letak negara Jepang.

Untuk lebih jelas tentang negara jepang, perhatikan vidio tersebut!

2. Negara Amerika Serikat

Amerika serikat terletak pada 24LU – 70 LU dan 172 BB – 66 BB. Negara ini berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, Samudera Pasifik sebelah barat, Samudera Atlantik sebelah timur serta Meksiko, Teluk Meksiko, dan Kuba sebelah selatan. Amerika juga memiliki negara bagian yang terpisah dari daratan utamanya yaitu Alaskan yang terletak di barat laut Kanada. sehingga Amerika menjadi salah satu negara maju di kawasan benua Amerika.

Penjelasan:

maaf kalau salah ya kakak

5. kondisi alam negara didunia

Kondisi alam Negara Didunia Berbeda-beda Karena Potensi SDA(Sumber daya Alam) juga Berbeda Disetiap Negara,Setiap Negara memiliki Potensi SDA(Sumber Daya Alam) Masing-Masing Semoga Bermanfaat ya

6. kondisi alam negara negara didunia secara singkat

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Luas Benua Asia mencapai 44.391.000 km2. Secara astronomis, Asia terletak pada 26’BT – 169’BB dan 11’LS – 77’LU. Secara geografis, Asia terbagi atas lima kawasan yakni kawasan Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Para ahli menetapkan bahwa batas Benua Asia ialah dengan Samudra Arktik di utara, dengan Samudra Hindia di selatan, dengan Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.

A. Keadaan Alam

Keadaan alam Benua Asia terdiri atas empat bagian. Bagian yang pertama ialah pegunungan lipatan muda yang membujur dari Laut Tengah hingga ke Turki. Pegunungan ini bersambung ke Pegunungan Kaukasus yang membujur hingga ke Iran dan India, kemudian bercabang menjadi tiga, yakni Pegunungan Tian, Pegunungan Kunlun (keduanya di Cina), dan Pegunungan Karakoram di Semenanjung Malaya. Ujung dari pegunungan lipatan muda ini ialah di Laut Banda. Bagian yang kedua adalah plato (dataran tinggi) yang terdiri atas Plato Arab di bagian timur Asia Barat serta Plato Dekkan di India. Bagian yang ketiga merupakan dataran rendah di bagian utara yang meliputi kawasan Siberia dan Turan di Rusia. Bagian keempat merupakan dataran rendah dan daerah aliran Sungai Tigris, Eufrat, Indus, Gangga, Irawadi, Brahmaputra, Mekong, Yang Tse, dan Huang Ho. Asia merupakan tempat pertemuan dua sirkum pegunungan dunia, yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Karena itu, di Asia banyak terdapat gunung berapi.

B. Keadaan Iklim

Karena wilayahnya yang sangat luas, ada berbagai jenis iklim yang berlaku di Benua Asia, yaitu sebagai berikut.

Iklim tropis, yakni iklim yang berciri curah hujan tinggi, kelembapan tinggi, dan suhu yang panas sepanjang tahun, sebagian besar terdapat di wilayah Asia Tenggara.

Iklim subtropis, yakni iklim yang berciri adanya empat musim. Empat musim tersebut ialah musim dingin, semi, panas, dan gugur. Sebagian besar terdapat di wilayah Asia Timur. 

Iklim sedang, yaitu iklim yang merupakan perpaduan antara iklim subtropis dengan iklim kutub, terdapat di kawasan sekitar Mongolia. 

Iklim kutub, yakni iklim yang berciri musim dingin yang panjang dan musim panas yang sangat pendek, terdapat di daratan Asia bagian utara sekitar Siberia. 

Iklim kontinental, yakni iklim yang berciri adanya pengaruh daratan yang kuat, terdapat di daerah sekitar Gurun Gobi atau di pedalaman benua.

Iklim gurun, yakni iklim yang berciri perubahan suhu selalu berubah-ubah dengan cepat serta curah hujan yang rendah, terdapat di sebagian besar wilayah Asia Barat atau Timur Tengah.

Asia Utara dan Asia Tengah mayoritas adalah Ras Kaukasoid atau Ras Europeid.

Asia Timur dan Asia Tenggara sebagian besar adalah Ras Mongoloid.

Asia Selatan bagian tengah didominasi Ras Kaukasoid.

Asia Selatan bagian selatan didominasi Ras Negroid, misalnya suku bangsa Dravida di India Selatan dan Srilanka.

Asia Barat (Timur Tengah) bagian selatan khususnya negara-negara di Semenanjung Arab (Yaman, Oman) didominasi Ras Negroid.

Asia Kecil, Asia Barat (Timur Tengah) bagian utara didominasi Ras Kaukasoid/Europeid dan Ras Negroid.

D. Perekonomian

Aktivitas perekonomian di sebagian besar wilayah Asia didominasi oleh pertanian, kecuali di Asia Barat yang sangat mengandalkan pertambangan minyak dan gas. Pertanian di Asia umumnya digiatkan di sekitar daerah aliran sungai seperti Sungai Gangga di India, Sungai Mekong di Vietnam, Sungai Huang Ho di Cina, dan Sungai Chao Phraya di Thailand.

Di Asia, industri mulai berkembang pesat terutama di negara Singapura, Taiwan, Jepang, dan Korea yang telah menjelma menjadi negara industri. Pertambangan Asia sangat bertumpu pada minyak bumi, terutama di kawasan Asia Barat. Untuk komoditas pertanian, Asia Tenggara merupakan kawasan peng-hasil padi utama, sementara Asia Tengah menghasilkan gandum.

E. Karakteristik Benua Asia

Benua Asia memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakan dengan benua-benua lainnya sebagai berikut.

Merupakan benua terluas di dunia.

Tempat lahirnya agama-agama besar seperti Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Empat dari tujuh keajaiban dunia terdapat di Benua Asia, yaitu Tembok Raksasa (Cina), Taj Mahal (India), Borobudur (Indonesia), dan Kabah (Arab Saudi).

Terdapat gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest (8.848 m).

Penghasil minyak bumi terbesar di dunia (Arab Saudi).

Enam dari sepuluh negara dengan penduduk terbanyak di dunia, yaitu Cina, India, Indonesia, Bangladesh, Pakistan, dan Jepang.

Terdapat laut dengan kadar garam tertinggi di dunia, yaitu Laut Mati (+26%) dekat Yordania.

Mempunyai danau terluas di dunia yaitu Danau Laut Kaspia (+394.300 km2).

Mempunyai laut yang terluas di dunia, yaitu Laut Cina Selatan.

Semoga Bermanfaat

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id – https://brainly.co.id/tugas/16458566#readmore

7. Kondisi alam di negara negara maju di dunia?

Jawaban: menurutku kondisi alam di negara maju sudah kritis

Penjelasan:

Karena : terlalu banyak perkotaan sehingga mengurangi habitat hewan, air semakin berkurang karena pembuatan aspal yang terlalu banyak

Itu saja yang saya tahu, semoga membantu 🙂

8. Kondisi alam di negara negara seluruh dunia?

Jawaban:

1. Jepang

a. Lokasi

Dimanakah letak Negara Jepang? Perhatikanlah peta disamping ini! Jepang berada di barat Laut Samudera Pasifik. Keterangan letak Jepang meliputi;

1) Letak Astronomis Jepang pada 30°LU-47°LU dan 128°BT-146°BT

2) Letak Georafis Jepang : Batas Utara Laut Okhstosk, Batas Timur Samudera pasifik, batas Selatan Laut Cina Timur dan Laut Filipina, Batas Barat Korea Utara, Korea Selatan dan Rusia

Kepulauan Jepang memanjang dari arah utara ke selatan terdiri dari 4 pulau besar yaitu, Pulau Hokkaido, Pulau Honshu,Pulau Shikoku, dan Pulau Kyushu.

b. Iklim

Berdasarkan letak lintang, wilayah Jepang memiliki iklim sedang dengan empat musim yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin. Musim semi dimulai sekitar bulan Maret dan ditandai dengan munculnya kuncup bunga plum berakhir, kemudian muncul kuncup bunga sakura.

Musim panas di jepang dimulai sekitar bulan Juni. Suhu pada musim panas bias mencapai 35°C dengan kelembapan lebih dari 90%. Pada bulan tersebut ditandai dengan pohon-pohon hijau dan suara serangga yang nyaring. Musim gugur di Jepang berawal sekitar bulan September yang ditandai dengan daun daun tampak berwarna merah, orange, kuning, dan mulai menggugurkan daun daun di pohon. Musim dingin berawal sekitar bulan desember. Suhu mencapai -20° C seperti yang terjadi di Hukaido.

2. Amerika Serikat

a. Lokasi

1. Letak Astronomi Amerika Serikat pada 24°33’LU-70°23’LU dan 172°27’-66°51’ BB

2. Letak Geografis Amerika Serikat

Batas Utara Kanada, Batas Timur Meksiko dan Teluk Meksiko, Batas Selatan Kuba, Batas Barat Samudera Pasifik

Amerika Serikat juga memiliki negara bagian yang terpisah dari daratan utamanya yaitu Alaska yang terletak di barat laut Kanada.

b. Iklim

Berdasarkan letak lintang Amerika Serikat beriklim subtropis, sedang dan dingin/Kutub (Alaska). Adapun pengaruh keadaan fisik memiliki iklim kontinental, iklim mediteran. Secara umum, Amerika Serikat mengalami empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin. Suhu udara pada musim dingin dapat mencapai -30o C dan suhu pada musim panas dapat mencapai 27oC di kebanyakan wilayahnya. Pada bagian gurun bisa mencapai 43oC. Di Alaska, suhu udara lebih rendah karena letaknya dekat kutub. Suhu di wilayah ini bisa mencapai -21oC sampai -30oC pada musim dingin. Dipantai Barat curah hujan bisa mencapai 2500 mm/tahun, namun didaerah guruh dan dataran rendah pedalaman curah hujannya lebih rendah.

Penjelasan: maaf kalo salah

9. buatlah kesimpulan tentang kondisi alam negara-negara di dunia

Jawaban:

IPS

Pertemuan 1

B. Kondisi Alam Negara-Negara di Dunia

Sub pokok bahasan Kondisi alam Negara – negara di dunia kita akan mempelajari beberapa negara diberbagai benua diantaranya yaitu :

Pertemuana 1: a. Negara Jepang

b. Negara Amerika

2: a. Negara Inggris

b. Negara Australia

c. Negara Mesir

Pertemuan 1 dan 2

Setiap negara di dunia memiliki karakteristik yang berbeda dengan negara lainnya, baik keadaan alamnya maupun keadaan penduduknya.

Kemajuan suatu negara dapat dipengaruhi oleh letak negara tersebut baik letak astronomis, geografis maupun geologisnya. Karna letak negara akan mempengaruhi kondisi alamnya.

NegaraJepang

Jepang merupakan negara maju yang ada di benua Asia tepatnya berada di Asia Timur. Yang terletak di 30 LU -47 LU dan 128 BT – 146 BT. yang dibatasi sebelah barat Korea Utara, Korea Selatan dan Rusia, utara berbatasan dengan Laut Okhstosk, sebelah timur Samudera Pasifik dan Selatan Laut Cina.

Keberhasilan jepang selain faktor manusianya juga faktor alam ikut mempengaruhi. Jepang punya potensi laut yang cukup banyak dan juga mempunyai tanah yang sangat subur ini semua tidak lepas dari letak negara Jepang.

Untuk lebih jelas tentang negara jepang, perhatikan vidio tersebut!

10. dapat mendeskeripsikan kondisi alam negara negara di dunia​

Jawaban:

Benua Asia memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakan dengan benua-benua lainnya sebagai berikut.

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Luas Benua Asia mencapai 44.391.000 km2. …

secara umum hampir sama yaitu memiliki bentangan alam yang bervariasi berupa pegunungan,dataran …

Penjelasan:

maaf kalau salah

11. mendeskripsikan kondisi alam negara
-negara di dunia​

demistrasi

Penjelasan:

karena indonesia iklim tropis

12. kondisi alam negara negara didunia secara singkat

Berikut ini kondisi alam negara Jepang, yang mana di antaranya ialah:

Negara Jepang memiliki luas wilayah sekitar 378000 km persegi.Negara Jepang ialah negara kepulauan dengan total lebih dari 6800 pulau.Negara Jepang ialah negara pegunungan dengan banyak gunung berapi dan rawan gempa.Negara Jepang memiliki iklim sedang.

Pembahasan

Pada dasarnya Keadaan alam pada sejumlah wilayah di Amerika Serikat sangatlah beragam, yang mana hal ini sesuai dengan luas wilayahnya yang membentang antara pesisir Samudera Atlantik di timur hingga Samudera Pasifik di barat.

Berikut ini beberapa nama gunung atau pegunungan di Amerika Serikat, yang mana di antaranya ialah:

Pegunungan Adirondack.Pegunungan Appalachia.Pegunungan San Gabriel.Pegunungan Santa Monica.

Berikut ini beberapa nama sungai dan danau di Amerika Serikat, yang mana di antaranya ialah:

Sungai Missouri.Sungai Mississipi.Sungai Yukon.Sungai Rio Grande.Sungai Colorado.Danau Michigan.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang negara yang terletak di benua Amerika brainly.co.id/tugas/30575953Materi tentang Bentang alam bagian tengah amerika serikat  brainly.co.id/tugas/18030507Materi tentang keadaan fisik negara Amerika brainly.co.id/tugas/16930467

Detail jawaban

Mata pelajaran: IPS  

Kode: 9.10.10  

Kelas: IX  

Materi: Bab 10 – Benua dan Samudra

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3

13. Kondisi Alam dan Dinamika Kependudukan Negara-negara di Dunia​

Jawaban:

kondisi penduduk merata

14. kondisi alam negara- negara di dunia!A.negara afrika​

Jawaban:

Bagian Utara dan Selatan (subtropis) Afrika terdapat stepa dan sabana, di kawasan gurun terdapat stepa dan tumbuhan kaktus

15. apa pengertian kondisi alam negara-negara di dunia ?​

Jawaban:

Kondisi Alam Negara-negara di Dunia

Persebaran Negara-negara di muka bumi meliputi, benua Asia ada 50 negara, benua Eropa ada 50 negara, benua Amerika 35 negara, benua Afrika 53 negara, dan benua Australia 1 negara, dan beberapa Negara di daerah Oseania. Masing- masing Negara memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan keadaan alam maupun dengan keadaan penduduknya. Keadaan alam meliputi lokasi, iklim, bentuk muka bumi, geologi, flora dan fauna.

Sub pokok bahasan Kondisi alam Negara – negara di dunia kita akan mempelajari beberapa negara diberbagai benua diantaranya yaitu :

Pertemuana

Negara Jepang Negara JepangNegara AmerikaNegara InggrisNegara AustraliaNegara AustraliaNegara Mesir

Pembahasan:

Pertemuan 1 dan 2

Setiap negara di dunia memiliki karakteristik yang berbeda dengan negara lainnya, baik keadaan alamnya maupun keadaan penduduknya.

Kemajuan suatu negara dapat dipengaruhi oleh letak negara tersebut baik letak astronomis, geografis maupun geologisnya. Karna letak negara akan mempengaruhi kondisi alamnya.

NegaraJepang

Jepang merupakan negara maju yang ada di benua Asia tepatnya berada di Asia Timur. Yang terletak di 30 LU -47 LU dan 128 BT – 146 BT. yang dibatasi sebelah barat Korea Utara, Korea Selatan dan Rusia, utara berbatasan dengan Laut Okhstosk, sebelah timur Samudera Pasifik dan Selatan Laut Cina.

Negara Amerika Serikat

Amerika serikat terletak pada 24LU – 70 LU dan 172 BB – 66 BB. Negara ini berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, Samudera Pasifik sebelah barat, Samudera Atlantik sebelah timur serta Meksiko, Teluk Meksiko, dan Kuba sebelah selatan. Amerika juga memiliki negara bagian yang terpisah dari daratan utamanya yaitu Alaskan yang terletak di barat laut Kanada. sehingga Amerika menjadi salah satu negara maju di kawasan benua Amerika.

Negara Inggris

Inggris salah satu negara maju di benuaEropa yang terletak pada 50 LU – 60 LU dan 8 BB – 2 BT. Secara geografis berbatasan dengan

sebelah utara Samudera Atlantik, barat Irlandia dan Samudera Atlantik, timur Laut Utara dan sebelah selatan Selat English Channel.

Luas wilayah Inggris 244.110 km meliputi wilayah England, Skotlandia, Wales, Irlandia, Utara, dan sejumlah pulau kecil di sekitarnya.

Negara Australia

Benua Australia merupakan benua terkecil yang di huni oleh manusia, dan hanya memiliki satu negara. Bahkan Australia termasuk benua yang sangat kering karna hampir dua pertiga bagian wilayahnya berupa gurun berpassir. Akan tetapi Australia menjadi salah satu negara maju

Negara Mesir

Mesir merupakan salah satu negara berkembang yang ada di kawasan benua Afrika yang mempunyai pendapatan cukup tinggi. Perekonomian negara mesir bersumber dari Industri, pertanian, perdagangan dan pertambangan. Sumber perekonomian tersebut di pengarui juga kondisi alam.

16. kondisi alam negara negara didunia secara singkat

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Luas Benua Asia mencapai 44.391.000 km2. Secara astronomis, Asia terletak pada 26’BT – 169’BB dan 11’LS – 77’LU. Secara geografis, Asia terbagi atas lima kawasan yakni kawasan Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Para ahli menetapkan bahwa batas Benua Asia ialah dengan Samudra Arktik di utara, dengan Samudra Hindia di selatan, dengan Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.

A. Keadaan Alam

Keadaan alam Benua Asia terdiri atas empat bagian. Bagian yang pertama ialah pegunungan lipatan muda yang membujur dari Laut Tengah hingga ke Turki. Pegunungan ini bersambung ke Pegunungan Kaukasus yang membujur hingga ke Iran dan India, kemudian bercabang menjadi tiga, yakni Pegunungan Tian, Pegunungan Kunlun (keduanya di Cina), dan Pegunungan Karakoram di Semenanjung Malaya. Ujung dari pegunungan lipatan muda ini ialah di Laut Banda. Bagian yang kedua adalah plato (dataran tinggi) yang terdiri atas Plato Arab di bagian timur Asia Barat serta Plato Dekkan di India. Bagian yang ketiga merupakan dataran rendah di bagian utara yang meliputi kawasan Siberia dan Turan di Rusia. Bagian keempat merupakan dataran rendah dan daerah aliran Sungai Tigris, Eufrat, Indus, Gangga, Irawadi, Brahmaputra, Mekong, Yang Tse, dan Huang Ho. Asia merupakan tempat pertemuan dua sirkum pegunungan dunia, yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Karena itu, di Asia banyak terdapat gunung berapi.

B. Keadaan Iklim

Karena wilayahnya yang sangat luas, ada berbagai jenis iklim yang berlaku di Benua Asia, yaitu sebagai berikut.

Iklim tropis, yakni iklim yang berciri curah hujan tinggi, kelembapan tinggi, dan suhu yang panas sepanjang tahun, sebagian besar terdapat di wilayah Asia Tenggara.

Iklim subtropis, yakni iklim yang berciri adanya empat musim. Empat musim tersebut ialah musim dingin, semi, panas, dan gugur. Sebagian besar terdapat di wilayah Asia T
imur. 

Iklim sedang, yaitu iklim yang merupakan perpaduan antara iklim subtropis dengan iklim kutub, terdapat di kawasan sekitar Mongolia. 

Iklim kutub, yakni iklim yang berciri musim dingin yang panjang dan musim panas yang sangat pendek, terdapat di daratan Asia bagian utara sekitar Siberia. 

Iklim kontinental, yakni iklim yang berciri adanya pengaruh daratan yang kuat, terdapat di daerah sekitar Gurun Gobi atau di pedalaman benua.

Iklim gurun, yakni iklim yang berciri perubahan suhu selalu berubah-ubah dengan cepat serta curah hujan yang rendah, terdapat di sebagian besar wilayah Asia Barat atau Timur Tengah.

Asia Utara dan Asia Tengah mayoritas adalah Ras Kaukasoid atau Ras Europeid.

Asia Timur dan Asia Tenggara sebagian besar adalah Ras Mongoloid.

Asia Selatan bagian tengah didominasi Ras Kaukasoid.

Asia Selatan bagian selatan didominasi Ras Negroid, misalnya suku bangsa Dravida di India Selatan dan Srilanka.

Asia Barat (Timur Tengah) bagian selatan khususnya negara-negara di Semenanjung Arab (Yaman, Oman) didominasi Ras Negroid.

Asia Kecil, Asia Barat (Timur Tengah) bagian utara didominasi Ras Kaukasoid/Europeid dan Ras Negroid.

D. Perekonomian

Aktivitas perekonomian di sebagian besar wilayah Asia didominasi oleh pertanian, kecuali di Asia Barat yang sangat mengandalkan pertambangan minyak dan gas. Pertanian di Asia umumnya digiatkan di sekitar daerah aliran sungai seperti Sungai Gangga di India, Sungai Mekong di Vietnam, Sungai Huang Ho di Cina, dan Sungai Chao Phraya di Thailand.

Di Asia, industri mulai berkembang pesat terutama di negara Singapura, Taiwan, Jepang, dan Korea yang telah menjelma menjadi negara industri. Pertambangan Asia sangat bertumpu pada minyak bumi, terutama di kawasan Asia Barat.

17. Rangkuman kondisi alam negara negara di dunia

Jawaban:

Pertemuan 1

B. Kondisi Alam Negara-Negara di Dunia

Sub pokok bahasan Kondisi alam Negara – negara di dunia kita akan mempelajari beberapa negara diberbagai benua diantaranya yaitu :

Pertemuana 1: a. Negara Jepang

b. Negara Amerika

2: a. Negara Inggris

b. Negara Australia

c.Negara Mesir

Pertemuan 1 dan 2

Setiap negara di dunia memiliki karakteristik yang berbeda dengan negara lainnya, baik keadaan alamnya maupun keadaan penduduknya.

Kemajuan suatu negara dapat dipengaruhi oleh letak negara tersebut baik letak astronomis, geografis maupun geologisnya. Karna letak negara akan mempengaruhi kondisi alamnya.

1.NegaraJepang

Jepang merupakan negara maju yang ada di benua Asia tepatnya berada di Asia Timur. Yang terletak di 30 LU -47 LU dan 128 BT – 146 BT. yang dibatasi sebelah barat Korea Utara, Korea Selatan dan Rusia, utara berbatasan dengan Laut Okhstosk, sebelah timur Samudera Pasifik dan Selatan Laut Cina.

Keberhasilan jepang selain faktor manusianya juga faktor alam ikut mempengaruhi. Jepang punya potensi laut yang cukup banyak dan juga mempunyai tanah yang sangat subur ini semua tidak lepas dari letak negara Jepang.

2. Negara Amerika Serikat

Amerika serikat terletak pada 24LU – 70 LU dan 172 BB – 66 BB. Negara ini berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, Samudera Pasifik sebelah barat, Samudera Atlantik sebelah timur serta Meksiko, Teluk Meksiko, dan Kuba sebelah selatan. Amerika juga memiliki negara bagian yang terpisah dari daratan utamanya yaitu Alaskan yang terletak di barat laut Kanada. sehingga Amerika menjadi salah satu negara maju di kawasan benua Amerika.

3. Negara Inggris

Inggris salah satu negara maju di benua Eropa yang terletak pada 50 LU – 60 LU dan 8 BB – 2 BT. Secara geografis berbatasan dengan

sebelah utara Samudera Atlantik, barat Irlandia dan Samudera Atlantik, timur Laut Utara dan sebelah selatan Selat English Channel.

Luas wilayah Inggris 244.110 km meliputi wilayah England, Skotlandia, Wales, Irlandia, Utara, dan sejumlah pulau kecil di sekitarnya.

4. Negara Australia

Benua Australia merupakan benua terkecil yang di huni oleh manusia, dan hanya memiliki satu negara. Bahkan Australia termasuk benua yang sangat kering karna hampir dua pertiga bagian wilayahnya berupa gurun berpassir. Akan tetapi Australia menjadi salah satu negara maju.

5. Negara Mesir

Mesir merupakan salah satu negara berkembang yang ada di kawasan benua Afrika yang mempunyai pendapatan cukup tinggi. Perekonomian negara mesir bersumber dari Industri, pertanian, perdagangan dan pertambangan. Sumber perekonomian tersebut di pengarui juga kondisi alam.

18. Kondisi alam negara negara di dunia

Jawaban:

Kondisi alam di dunia beraneka ragagam akan keindahan alam

19. kondisi alam negara negara di dunia jepang

hampir sama dengan indonesia, negara jepang merupakan negara kepulauan,kebanyakan bertani

20. kesimpulan tentang kondisi alam negara negara di dunia adalah?​

JAWABAN + PENJELASAN :

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Luas Benua Asia mencapai 44.391.000 km2. Secara astronomis, Asia terletak pada 26’BT – 169’BB dan 11’LS – 77’LU. Secara geografis, Asia terbagi atas lima kawasan yakni kawasan Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Para ahli menetapkan bahwa batas Benua Asia ialah dengan Samudra Arktik di utara, dengan Samudra Hindia di selatan, dengan Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.

A. Keadaan Alam

Keadaan alam Benua Asia terdiri atas empat bagian. Bagian yang pertama ialah pegunungan lipatan muda yang membujur dari Laut Tengah hingga ke Turki. Pegunungan ini bersambung ke Pegunungan Kaukasus yang membujur hingga ke Iran dan India, kemudian bercabang menjadi tiga, yakni Pegunungan Tian, Pegunungan Kunlun (keduanya di Cina), dan Pegunungan Karakoram di Semenanjung Malaya. Ujung dari pegunungan lipatan muda ini ialah di Laut Banda. Bagian yang kedua adalah plato (dataran tinggi) yang terdiri atas Plato Arab di bagian timur Asia Barat serta Plato Dekkan di India. Bagian yang ketiga merupakan dataran rendah di bagian utara yang meliputi kawasan Siberia dan Turan di Rusia. Bagian keempat merupakan dataran rendah dan daerah aliran Sungai Tigris, Eufrat, Indus, Gangga, Irawadi, Brahmaputra, Mekong, Yang Tse, dan Huang Ho. Asia merupakan tempat pertemuan dua sirkum pegunungan dunia, yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Karena itu, di Asia banyak terdapat gunung berapi.

B. Keadaan Iklim

Karena wilayahnya yang sangat luas, ada berbagai jenis iklim yang berlaku di Benua Asia, yaitu sebagai berikut.

Iklim tropis, yakni iklim yang berciri curah hujan tinggi, kelembapan tinggi, dan suhu yang panas sepanjang tahun, sebagian besar terdapat di wilayah Asia Tenggara.

Iklim subtropis, yakni iklim yang berciri adanya empat musim. Empat musim tersebut ialah musim dingin, semi, panas, dan gugur. Sebagian besar terdapat di wilayah Asia Timur.  

Iklim sedang, yaitu iklim yang merupakan perpaduan antara iklim subtropis dengan iklim kutub, terdapat di kawasan sekitar Mongolia.  

Iklim kutub, yakni iklim yang berciri musim dingin yang pa
njang dan musim panas yang sangat pendek, terdapat di daratan Asia bagian utara sekitar Siberia.  

Iklim kontinental, yakni iklim yang berciri adanya pengaruh daratan yang kuat, terdapat di daerah sekitar Gurun Gobi atau di pedalaman benua.

Iklim gurun, yakni iklim yang berciri perubahan suhu selalu berubah-ubah dengan cepat serta curah hujan yang rendah, terdapat di sebagian besar wilayah Asia Barat atau Timur Tengah.

-Asia Utara dan Asia Tengah mayoritas adalah Ras Kaukasoid atau Ras Europeid.

-Asia Timur dan Asia Tenggara sebagian besar adalah Ras Mongoloid.

-Asia Selatan bagian tengah didominasi Ras Kaukasoid.

-Asia Selatan bagian selatan didominasi Ras Negroid, misalnya suku bangsa Dravida di India Selatan dan Srilanka.

-Asia Barat (Timur Tengah) bagian selatan khususnya negara-negara di Semenanjung Arab (Yaman, Oman) didominasi Ras Negroid.

-Asia Kecil, Asia Barat (Timur Tengah) bagian utara didominasi Ras Kaukasoid/Europeid dan Ras Negroid.

D. Perekonomian

Aktivitas perekonomian di sebagian besar wilayah Asia didominasi oleh pertanian, kecuali di Asia Barat yang sangat mengandalkan pertambangan minyak dan gas. Pertanian di Asia umumnya digiatkan di sekitar daerah aliran sungai seperti Sungai Gangga di India, Sungai Mekong di Vietnam, Sungai Huang Ho di Cina, dan Sungai Chao Phraya di Thailand.

Di Asia, industri mulai berkembang pesat terutama di negara Singapura, Taiwan, Jepang, dan Korea yang telah menjelma menjadi negara industri. Pertambangan Asia sangat bertumpu pada minyak bumi, terutama di kawasan Asia Barat. Untuk komoditas pertanian, Asia Tenggara merupakan kawasan peng-hasil padi utama, sementara Asia Tengah menghasilkan gandum.

E. Karakteristik Benua Asia

Benua Asia memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakan dengan benua-benua lainnya sebagai berikut.

Merupakan benua terluas di dunia.

Tempat lahirnya agama-agama besar seperti Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Empat dari tujuh keajaiban dunia terdapat di Benua Asia, yaitu Tembok Raksasa (Cina), Taj Mahal (India), Borobudur (Indonesia), dan Kabah (Arab Saudi).

Terdapat gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest (8.848 m).

Penghasil minyak bumi terbesar di dunia (Arab Saudi).

Enam dari sepuluh negara dengan penduduk terbanyak di dunia, yaitu Cina, India, Indonesia, Bangladesh, Pakistan, dan Jepang.

Terdapat laut dengan kadar garam tertinggi di dunia, yaitu Laut Mati (+26%) dekat Yordania.

Mempunyai danau terluas di dunia yaitu Danau Laut Kaspia (+394.300 km2).

Mempunyai laut yang terluas di dunia, yaitu Laut Cina Selatan.

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Detil Jawaban

Kode           : –

Kelas          : 6 SD

Mapel         : IPA

Video Terkait

Bagikan: