Konektivitas Antar Ruang Dan Waktu

Fatih.co.id

Konektivitas Antar Ruang Dan Waktu
Konektivitas Antar Ruang Dan Waktu

Tentang ruang dan konektivitas antar ruang dan waktu

1. Tentang ruang dan konektivitas antar ruang dan waktu

Ruang merupakan bagian dari permukaan bumi tempat unsur fisis dan manusia bertemu yang tersusun secara teratur.Ruang adalah wadah yang meliputi ruang darat,laut,dan udara,tempat makhluk hidup tinggal.Ada konsep tentang ruang,seperti ruang absolut,relatif,dan relasional.

Maaf kalau salah:)

2. Apa arti konektivitas antar ruang? dan Apa arti konektivitas antar waktu?

Konektivitas ruang = hubungan antara 2 ruang yang bergabung menjadi 1 pada waktu yg sama, konetivitas waktu = hubungan antara 2 waktu dalam 1 ruang
Konektivitas ruang adalah hubungan antar dua ruang yg bergabung menjadi satu pada waktu yg sama
Konetivitas waktu adalah hubungan antar dua waktu dalam satu ruang yg sama

3. sebutkan 5 konektivitas antar ruang dan waktu dan sebutkan juga 5 konektivitas antara ruang dan ruang

Konektivitas antar ruang dan ruang:
1) agar kebutuhan BBM terpenuhi, BBM di datangkan dari daerah penghasil minyak ke daerah lain yg tidak menghasilkannya.
2) Penduduk kota menghasilkan produk industri. Penduduk desa tdak menghasilkan produk tersebut, maka mereka pergi ke kota untuk mendapatkan produk tersebut.
3) penduduk kota tidak menghasilkan bahan pangan, sehingga mereka memperolehnya dari penduduk desa.

*maap saya hanya bisa 3 doang* semoga sedikit membantu anda*

4. konektivitas antar ruang dan waktu

Konektivitas antar ruang dan waktu adlah hubungan antar ruang dan waktu. Contoh terjadi kemacetan di jakarta sampai bogorkonektivitas antar ruang dan waktu berkaitan

5. apa perbedaan ruang dan waktu dalam konektivitas ruang dan waktu!

Pengertian konektifitas antar ruang dan waktu adalah suatu kejadian yang mengikutsertakan proses ruang dan proses waktu, hal
ini nyaris mutlak terjadi pada setiap kejadian. atau
ruang adlah tempat di permukaan bumi,baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian.suatu gejala atau peristiwa pada suatu ruang tidak berdiri sendiri tetapi akan terkait dengan gejala atau peristiwa padaruang lainnya.selain dengan ruang,peristiwa atau gejala juga terkait dengan waktu.
-ruang adalah tempat dipermukaan bumi,baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian.
-waktu adalah masa atau periode berlangsungnya perjalanan kisah kehidupan manusia.
“maaf,jika jawabanku salah”

6. CONTOH KONEKTIVITAS ANTAR RUANG DAN RUANG RUANG DAN WAKTU WAKTU DAN WAKTU

Setiap ruang dipermukaan bumi memiliki karateristik atau ciri khas tertentu. Karateristik inilah yang kemudian menciptakan keterkaitan antar ruang dipermukaan bumi. Contoh dari keterkaitan antar ruang tersebut misalnya :
Peristiwa  banjir di Jakarta terjadi karena kerusakan hutan di daerah Bogor. Air hujan yang jatuh di daerah Bogor sebagian besar masuk ke sungai. Hanya sebagian kecil air hujan yang terserap oleh  tanah di Bogor. Akibatnya, Jakarta terkena  banjir yang airnya sebagian berasal dari wilayah Bogor.Penduduk kota menghasilkan berbagai produk industri, seperti pakaian, kendaraan, barang-barang elektronik, dan lain-lain. Penduduk desa tidak menghasilkan produk-produk tersebut sehingga mereka pergi ke  kota untuk memperoleh barang-barang tersebut. Sebaliknya, penduduk  kota tidak menghasilkan bahan  pangan sehingga mereka memperolehnya dari penduduk  desa. Akibatnya, ada aliran barang dari  kota ke  desa dan aliran bahan makanan dari desa ke  kota.Lapangan pekerjaan banyak tersedia di  kota, sedangkan di  desa hanya terbatas pada sektor pertanian. Akibatnya, banyak penduduk desa yang bepergian ke kota untuk bekerja atau mencari pekerjaan.Contoh-contoh tersebut menunjukkan adanya keterkaitan peristiwa dan gejala antar-ruang. Suatu gejala atau peristiwa pada suatu ruang tidak berdiri sendiri, tetapi akan terkait dengan gejala atau peristiwa pada  ruang lainnya. 

Selain terikat oleh  ruang, suatu gejala atau peristiwa juga terikat oleh  waktu. Dalam sejarah, konsep waktu sangat penting untuk mengetahui peristiwa masa lalu dan perkembangannya hingga saat ini. Konsep waktu dalam sejarah mempunyai arti masa atau periode berlangsungnya perjalanan kisah kehidupan manusia. Waktu dapat dibagi menjadi tiga, yaitu waktu lampau, waktu sekarang, dan waktu yang akan datang.
Semua peristiwa yang terjadi tentunya akan selalu dikaitkan dengan ruang dan waktu. misalnya :George dilahirkan di Manado pada tanggal 25 Juni 2002.Pemilukada di Sumatra Selatan diselenggarakan 6 Juni 2013.

Jika diperhatikan 2 contoh diatas terdiri dari unsur yaitu tempat (ruang) dan tanggal (waktu). Demikian kita memahami tempat (ruang) dan waktu tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan

7. apa itu konektivitas antar ruang dan waktu??

Konsep waktu dalam sejarah mempunyai arti masa atau periode berlangsungnya perjalanan kisah kehidupan manusia.
Ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian.
suatu peristiwa yg dapat dikaji berdasarkan aspek ruang, waktu, kebutuhan , kemasyarakatan , dan kebudayaann

8. konektivitas ruang dan waktu adalah

suatu peristiwa yang mengikutsertakan proses ruang dan proses waktu

9. apa yang dimaksud dengan konektivitas antar ruang dan waktu?

yang di maksud konektifitas antar ruang dan waktu adalah suatu kejadian yang mengikutsertakan proses ruang dan proses waktu, hal ini nyaris mutlak terjadi pada setiap kejadian. Contohnya, ‘PELAKSANAAN PEMILUKADA DILAKSANAKAN DI SETIAP KECAMATAN DAN DILAKUKAN PADA MINGGU BESOK.’ Yang ditebalkan merupakan aspek ruang dan waktu.

10. contoh konektivitas antar ruang dan waktu

konektivitas antar ruang= konektivitas yang menekan ada fonemena geografis dapat dilihat sebagai objek yang terisolasi..[langit2 kelas]

11. apakah yang dimaksud konektivitas antar ruang dan waktu ?

konektivitas ruang dan waktu adalah pemahaman hubungan tempat (ruang) dan waktu tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia.

saling berhubungan dengan aktivitas manusia sehari hari

12. contoh konektivitas antar ruang dan waktu

contohnya kaya peristiwa proklamasi indonesia pada tanggal 17 desember 1945 proklamasi tanggal 17 augustust 1945

13. konektivitas antar ruang dan antar waktu

Konektivitas Antar Ruang dan Waktu – Menurut (Sumaatmadja, 1981), ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian. Waktudapat dipahami sebagai kesatuan waktuseperti, detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, abad, dan seterusnya.

14. konektivitas ruang dan waktu?

konetivitas adalah keterkaitan
ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian
waktu adalah jarak antara dua peristiwa
1.Aspek Ruang -peristiwa banjir di Jakarta terjadi karena kerusakan hutan di daerah Bogor.Air hujan yang turun di daerah Bogor sebagian besar masuk ke sungai.hanya sebagian kecil air di serap oleh tanah di daerah Bogor.Akibat nya,Jakarta terkena banjir yang airnya sebagian besar berasal dari daerah Bogor.
2.Aspek waktu -berpindahnya penduduk desa mengakibatkan kota menjadi padat penduduk dan banyak nya pengangguran.

15. Jelaskan konektivitas antar ruang dan waktu?

Konektivitas Antarruang dan WaktuSuatu peristiwa dalam memahaminya dapat dilihat dari berbagai aspek ruang, waktu, kebutuhan dan kemasyarakatan. Dalam hubungannya dengan keadaan alam dak aktivitas penduduk secara sederhana dapat dilihat dari konsep konektivitas antarruang dan waktu. Ruang adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan tempat hidup tumbuhan, hewan dan manusia. Ruang juga bisa diartikan sebagai tempat terjadinya berbagai peristiwa baik alam maupun sosial. Dalam setiap peristiwa memiliki konektivitas antarruang dan waktu. Sebagai contoh kasus berikut:
Banjir di Ngawi tahun 2007 mengakibatkan beberapa persawahan gagal panen. Selain itu banjir juga mengakibatkan beberapa tanah di sekitar bengawan Solo menjadi longsor. Banjir besar tersebut juga melanda diberbagai daerah sekitar bengawan Solo. Banjir disebabkan oleh intensitas hujan yang terlalu besar serta gundulnya hutan merupakan salah satu factor yang mengakibatkan banjir.Dari peristiwa tersebut menggambarkan adanya konektivitas antara ruang dan waktu. Banjir tahun 2006 menunjukan waktu peristiwa sedangkan Ngawi merupakan konsep ruang. Hal ini berarti hubungan antarruang dan waktu tidak dapat dipisahkan. Banjir merupakan suatu peristiwa melimpahnya air. Hal ini bisa dipengaruhi oleh alam dan juga bisa dipengaruhi oleh manusia. Air merupakan anugrah Tuhan YME kepada manusia. Tanpa air, maklhuk hidup akan binasa. Sebagai manusia hendaknya selalu bersyukur dengan pemberian Tuhan.Pada suatu peristiwa masa lampau atau bisa disebut sejarah, konsep waktu sangat penting. Manusia tidak dapat dipisahkan dari waktu karena perjalanan hidup manusia sama dengan perjalanan waktu. Sifat khas dari sejarah antara lain:1.      Adanya unsur waktu baik itu periodisasi maupun kronologis2.   Peristiwa sejarah menyangkut tiga dimensi waktu, lampau (pa
st), sekarang (present) dan mada depan (future)3.      Adanya sebab-akibat (kausalitas)4.      Peristiwa sejarah memiliki ciri unik, abadi dan penting.5.    Kebenaran dari peristiwa sejarah bersifat sementara (hipotesis)      yang akan gugur apabila ditemukan kebenaran yang baruKeberadaan sejarah sangat penting dalam kehidupan. Sejarawan Cicero mengatakan historia magistra vitae yang berarti sejarah adalah guru kehidupan. Guru terbaik bagi manusia adalah pengalaman yang didapatkan dari masa lalu. Tokoh pendiri bangsa, Bung Karno berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia agar ‘jangan sekali-kali melupakan sejarah” atau sering dikenal dengan Jas Merah. Dalam hal ini sejarah memiliki berbagai manfaat bagi manusia antara lain:1.   Sejarah merupakan gambaran kehidupan masyarakat pada masa lampau2.    Dengan sejarah kita dapat lebih mengetahui peristiwa yang terjadi pada masa lampau3.  Peristiwa masa lampau dapat dijadikan pedoman atau acuan (edukasi)4.    Peristiwa masa lalu dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi generasi masa kini.5.      Memberikan kesadaran akan waktu6.      Memperkokoh rasa nasionalisme7.      Mempertegas identitas nasional dan kepribadian bangsa.Manusia merupakan pelaku dari berbagai peristiwa yang dikaji dalam sejarah dan geografi. Manusia selain sebagai maklhuk individu juga merupakan sebagai maklhuk sosial. Sebagai maklhuk sosial manusia tidak dapat hidup sendiri sehingga membutuhkan interaksi dengan orang lain. Interaksi berasal dari bahasa Inggris interaction yang berarti saling mempengaruhi atau segala sesuatu hal pengaruh dan mempengaruhi. Interaksi sosial adalah hubungan antara manusia satu dengan manusia yang lain saling mempengaruhi. Sejak lahir manusia mempunyai naluri untuk hidup bergaul dengan sesamanya.            Setiap peristiwa yang terjadi dapat dikaji dari sudut pandang sejarah, geografi, sosiologi dan ekonomi. Hal ini menunjukan betapa Tuhan Yang Maha Kuasa adalah sebaik-baiknya pencipta. Selayaknya kita sebagai manusia selalu bersyukur dengan kenikmatan yang diberikan oleh Tuhan dengan selalu mengembangkan diri dan menjadi manusia yang taat dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangan.

ruang adalah tempat dipermukaan bumi,baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian.

16. konektivitas antara ruang Dan waktu

konektivitas ruang dan waktu adalah adanya hubungan antara ruang dan waktu, contoh indonesia merdeka pada tanggal 17 agustus 1945 dan diproklamasikan dijakarta.
maksudnya adalah keterkaitan antara ruang dan waktu.
Contohnya:Terjadi kebakaran hutan di Pekanbaru pada tanggal 23 Maret 2014

17. konektivitas antara ruang dan waktu ?

kenektivitas antara ruang dan waktu, yaitu maksudnya kita melakukan kegiatan pasti dalam ruang dan tentunya membutuhkan waktu. ruang itu tidak hanya ruang kelas, ruang makan. danau adalah ruang, lapangan bola juga disebut ruang. dan ruang itu tidak selalu dibatasi oleh dinding. dan selain itu kita juga tidak lepas dari waktu, setiap kita melakukan kegiatan.

18. jelaskan konektivitas antar ruang dan waktu

hubungan terjadinya peristiwa dngn ruang dan wktu *mngkin*

19. konektivitas antar ruang dan waktu

konekvitas antar ruang kira2 seperti 1 tempst berhubungan dgn tempat lain . contoh’a kota membutuhkan bahan2 dari desa dan desa dan desa membutuhkan uang dri kota.
sedangkan konekvitas antar waktu kira2 seperti rangkaian kejadian yg akhirnya berhubungan membuat suatu peristiwa. contoh’a ketika kamu kecil kamu belajar terus secara giat , setelah besar nanti kamu dapat menjadi org yg sukses (y) (y)

20. contoh konektivitas antar ruang dan waktu

## contoh berikut:

       1. Banjir tahunan yang terjadi di Jakarta, banjir tersebut terjadi pada setiap musim hujan. Hal ini   dikarenakan rusaknya hutan yang ada di Kabupaten Bogor sehingga air sebagian besar mengalir kesungai sedangkan sebagian kecil yang terserap ke tanah. Dan Jakarta menjadi   korban luapan air kiriman dari Kabupaten Bogor.

 2. Ada perbedaan antara kota dan desa. Di kota segala fasilitas ada, sehingga penduduk desa  berduyung-duyung pergi ke kota untuk bisa menikmati segala fasilitas tersebut.

##Dari dua contoh di atas dapat dapat disimpulkan :

1. aspek ruang antara Jakarta dan Bogor dan aspek waktu ketika musim hujan yang   menyebabkan banjir di Jakarta.

  2. Adanya perbedaan ruang yang lebih mengutungkan di Kota, Sehingga dalam waktu tertentu   masyarakat desa akan pergi ke kota untuk menikmati fasilitas yang lengkap di kota.

Video Terkait

Bagikan: