Konflik Antara Dua Golongan Yang Berbeda Terjadi Karena

Fatih.co.id

Konflik Antara Dua Golongan Yang Berbeda Terjadi Karena
Konflik Antara Dua Golongan Yang Berbeda Terjadi Karena

konflik antara dua golongan yang berbeda terjadi karena

Daftar Isi

1. konflik antara dua golongan yang berbeda terjadi karena

Saling menjelekkan,tidak mau bekerj sama.

2. Konflik antara dua golongan yg berbeda terjadi karena

Wacana yg yg terbahas diwajibkan berbeda

3. konflik yang terjadi karena kepentingan yang berbeda antara dua golongan atau kelas sosial yang ada disebut

Perbedaan Pendirian. Perbedaan pendirian tak jarang menjadi penyebab timbulnya konflik sosial. Dalam suatu masyarakat, seringkali terjadi perbedaan pendapat atau perbedaan cara pandang akan sesuatu hal misalnya sikap politik. Tak jarang, perbedaan sikap politik menjadi benih timbulnya konflik sosial dalam masyarakat.Perbedaan keyakinan. Perbedaan keyakinan seringkali memicu konflik sosial dalam masyarakat. Kini masyarakat semakin permisif terhadap penggunaan cara-cara kekerasan guna menegakkan prinsip-prinsip agama yang dianut. Hal ini tidak hanya terjadi antar pemeluk agama, namun sesama pemeluk agama juga tidak jarang mengalami hal ini.

4. 19. Konflik yang terjadi manakala adadua kelompok atau individu yangmemiliki perbedaan tentang masalahkenegaraan yang berdampak terhadapterjadinya perselisihan pandanganadalah konflik……a. Konflik pribadib. Konflik politikc. Konflik antar kelasd. Konflik rasial20. Sikap mentalyang tersembunyiterhadap orang lain atau terhadapunsur-unsur kebudayaan suatugolongan tertentu diantaranya sikapmenghasut, menyangkal di mukaumum, membuka rahasia orang lain,berkhianat,menyebarkan desas-sesus. Sikap ini dapat berubah menjadikebencian namun tidak sampaipertikaian. Sikap yag demikian disebuta. Kontravensi-b. Persainganc. Pertentangand. Konflik21. Integrasi nasional dapat diwujudkandalam kehidupan masyarakat majemuk,apabila …a. Cara berpikiran anggota masyarakatyang relatif samab. Pola dan gaya hidup masyarakatseragamc. Keseimbangan dalam bermasya-rakat dipeliharad. para pemimpin dapat menyalurkanaspirasi masyarakat​

jawaban:

19. B

20. A

21. C

penjelasan:

19. Konflik yang terjadi manakala ada dua kelompok atau individu yang memiliki perbedaan
tentang masalah kenegaraan yang berdampak terhadap terjadi nya perselisihan pandangan adalahkonflik politik. Konflik politik adalah salah satu jenis konflik. Konflik adalah pertentangan yang terjadi antar inividu atau antar kelompok dalam suatu masyarakat.

20.

Kontravensi adalah sikap mental yang tersembunyi terhadap orang lain atau terhadap unsur-unsur kebudayaan suatu golongan tertentu.

21.Integrasi nasional adalah .upaya menyatukan seluruh perbedaan dan membangunnya menjadi satu kesatuan

5. Konflik yang sering terjadi dalam masyarakat ada dua macam yaitu :konflik antar etnis dan konflik antar agama yang berbedakonflik antar ras dan genderkonflik antar budaya dan daerahkonflik antar golongan dan strata sosial​

Jawaban:

Konflik antar etnis dan konflik antar agama yang berbeda

Penjelasan:

Contoh 1: pas maen Mobile Legends dan kamu beban di tim kamu tiba tiba tim mu ada yang chat “Jawa beban”

Contoh 2: Antar agama sudah paling sering kita lihat di Tiktok

6. 8. Sistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dari kedua belah pihakayah dan ibu), kedudukan laki-laki dan peremuan sama adalah pengertian dari…A. agamab.matrilinealc.patrilineald.parental9. Sistem kekerabatan yang menarik garis keturunan bapak ,kedudukanlaki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan diistilahkan dengan ….A agamaC. patrilinealB. matrilinealD. parental10. Dampak negatif yang ditimbulkan dari pengaruh keberagaman masyarakatIndonesia di bawah ini, kecuali ….A. terciptanya integritasB. munculnya sikapnasionalprimordalismeC. munculnya sikapetnosentrismeD. munculnya sikap fanatisme11. Suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (dapat jugaberkelompok),salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain denganmenghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya, adalah pengertiandari ….A. keberagamanC. kesengsaraanB. ketidak adilanD. konflik12. Ketidak harmonisan yang sering terjadi dalam suatu kehidupandikarenakan rasa ….A. ketidak adilanC kesamaanB. kenyamananD. kesatuan13. Akibat yang dapat ditimbulkan oleh terjadinya konflik adalah ….A. bertambahnya hartaB. perpecahan dalam masyarakatC. meningkatnya nilai-nilai norma sosialD. menjaga kerukunan antar masyarakat14. Gejala yang menunjukkan adanya konflik sosial dalam masyarakatdiakibatkan oleh…A. stereotif terhadap suatu kelompokB. gejala menguatnya rasa nasionalisme kelompokc. hubungan antar penganut agama yang harmonisD. sanksi terhadap pelanggaran tidak tegas dan lemah15. Konflik yang terjadi antar pendukung partai politik, biasanya disebabkanoleh….A. perbedaan antar golonganB. perbedaan kebudayaanC perbedaan kepentinganD. perbedaan sosial​

Soal-soal tersebut di atas berkaitan dengan keberagaman budaya yang ada di Indonesia yang dikenal dengan masyarakatnya yang beragam atau majemuk. Adapun jawaban masing-masing soal tersebut ada pada bagian pembahasan berikut ini.

Baca lebih banyak lagi tentang pengertian parental https://brainly.co.id/tugas/21185230

» Penjelasan

Berikut jawaban soal di atas:

(8) Sistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dari kedua belah pihak di mana kedudukan laki-laki dan perempuan sama adalah PARENTAL (D)(9) Sistem kekerabatan yang menarik garis keturunan dari bapak di mana kedudukan laki-laki lebih tinggi dibanding perempuan diistilahkan dengan kata PATRILINEAR (C)(10) Yang BUKAN dampak negatif yang ditimbulkan oleh keberagaman masyarakat adalah TERCIPTANYA INTEGRITAS (A). Ini justru dampak positif sebab integritas atau persatuan yang utuh tercipta.

Cari tahu lebih dalam lagi mengenai pengertian parental, filial, dominan https://brainly.co.id/tugas/1262964

(11) Suatu proses sosial di mana antara dua orang ataupun lebih (bisa pula berkelompok), salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkannya ataukah membuatnya tak berdaya adalah merupakan pengertian dari KONFLIK (D)(12) Ketidakharmonisan yang sering terjadi dalam suatu kehidupan dikarenakan rasa KETIDAKADILAN (A)(13) Akibat yang dapat ditimbulkan oleh terjadinya konflik adalah PERPECAHAN DI DALAM MASYARAKAT (B)(14) Gejala yang menunjukkan adanya konflik sosial dalam masyarakat adalah adanya STEREOTIF TERHADAP SUATU KELOMPOK (A) yang sifatnya cenderung negatif.(15) Konflik yang terjadi antarpendukung partai politik biasanya disebabkan oleh PERBEDAAN ANTARGOLONGAN (A)

diakibatkan oleh

Pelajari lebih lanjut tentang pengertian parental https://brainly.co.id/tugas/12998713

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

» Detil Jawaban

Kode   : –

Kelas  : SMP

Mapel : PPKN

Bab     : –

#JadiRankingSatu

7. 1. konflik yang dipicu oleh kelompok teroris menebar teror bom hukum meresahkan masyarakat, membuat repot aparat keamanan solusi yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut dapat melaluiA. mediasi B. ajudikasi C. akomodasi D. arbitrasi 2. konflik antara pembantu rumah tangga dan majikan kerap terjadi, yang berujung meja hijau. pemberian upahyang tidak sesuai kesepakatan kadang menjadi alasan, wacana di atas menggambarkan bahwa Konflik terjadi karena A. faktor perbedaan budaya B. perbedaan kepribadianC. perbedaan kesepakatanD. perbedaan kepentingan 3. proses sosial dimana orang perorangan atau kelompok manusia berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan. menentang pihak lawan yang disertai dengan ancaman atau kekerasan, definisi ini dikemukakanA. Soerjono SoekantoB. Selo SomardjoC. Robert bersteinD. Robert MZ Lawang4. reformasi tahun 1988 menyisakan masalah sosial yakni kelompok pro dan kontra konflik antara kedua kelompok tersebut disebabkan oleh adanya perbedaanA. kepentingan kelompok B. sistem pemerintahC. kesenjangan sosial D. jenis pekerjaan 5. konflik yang diikuti dengan tindak kekerasan sering terjadi ketika polisi pamong praja menangani masalah penggusuran pedagang kaki lima yang berjualan di atas badan trotoar Jalan terjadinya konflik tersebut disebabkan oleh faktorA. perubahan yang terlalu cepatB. tuntutan kebutuhan ekonomi C. kebijakan politik dan ideologi D. perbedaan kepentingan dan tujuan6. tawuran atau konflik antara dua komunitas seringkali tidak dapat diselesaikan melalui forum nonformal tingkat RT/RW. akhirnya aparat kepolisian turun tangan dan bertindak sebagai pihak ketiga yang memfasilitasi perundingan dan konflik dapat terselesaikan bentuk akomodasi tersebut dinamakan A. kompetisi B. kolaborasi C. koersiD. arbitrasi 7. konflik yang kadang kadang terjadi antara generasi muda dengan generasi tua ditandai adanya perbedaan pandangan, sikap tingkah laku dan tutur kata. contoh konflik antargenerasi tersebut umumnya disebabkan oleh faktorA. umur/usia B. kepentingan C. perubahan sosialD. posisi masyarakat dalam 8. bentuk akomodasi konflik yang dibawa ke pengadilan disebutA. mediasi B. arbitrasi C. ajudikasi D. koersi<br 9. konflik adalah untuk memperoleh nilai status kekuasaan, dimana tujuan dari mereka yang berkonflik, tidak hanya memperoleh keuntungan, tetapi untuk menunjukkan keinginannya hal ini dikemukakan oleh A.Robert MZ Lawang B.
Soerjono Soekanto C. Pitirim A Sorokin D. Samuel koening 10. konflik antara kelompok buruh dengan pengusaha dapat dikategorikan sebagai bentuk konflik A. rasial B. politik C. pribadi D. kepentingan11. antara golongan tua sering terjadi ketidaksepahaman dengan golongan muda terkait dengan permasalahan kemajuan zaman. maka mereka kadang terlibat konflik yang disebabkan oleh A. perbedaan kepentingan B. perbedaan cara pandangan C. perbedaan usia D. perbedaan tingkat pendidikan12. konflik yang terjadi antara pemerintah yang sah dengan kaum oposisi umumnya dalam bentuk A. horizontalB. vertikal C. Politik D. kelas sosial13. salah satu manfaat dari konflik adalahA. konflik dapat menyelesaikan persoalan yang ada B. konflik dapat mengurangi ketegangan yang berkepanjanganC. dapat mempengaruhi pihak yang salah dan yang benar D. dapat memperkuat persatuan dan kesatuan kelompok14. yang dimaksud dengan konflik konstruktif adalah A. konflik yang melahirkan kebaikan-kebaikan B. konflik yang terjadi antara dua organisasi atau lebih C. konflik yang sulit menemukan jalan keluarnya D. konflik yang berakibat kerusakan-kerusakan 15. apabila dalam suatu sekolah terjadi konflik antara siswa yang satu dengan yang lain maka konflik tersebut termasuk konflik A. horizontal B. vertikal C. diagonal D. politik Tolong di jawab… Mohon bantuannya… maaf bila ada kesalahan kata… terima kasih

Konflik yang dipicu oleh kelompok teroris menebar teror bom dapat diatasi dengan ajudikasi (B). Konflik antara pembantu rumah tangga dan majikan karena upah yang tidak sesuai kesepakatan menjelaskan konflik terjadi karena perbedaan kepentingan (D). Proses sosial orang atau kelompok berusaha memenuhi tujuan dengan menentang pihak lawan disertai ancaman atau kekerasan merupakan definisi yang dikemukakan oleh Soerjono Soekanto (A). Reformasi 1998 dengan adanya kelompok pro dan kontra menunjukan konflik yang disebabkan oleh perbedaan kepentingan kelompok (A). Konflik antara polisi pamong praja dan pedagang kaki lima disebabkan oleh faktor perbedaan kepentingan dan tujuan (D). Penyelesaian tawuran dengan melibatkan polisi dinamakan arbitrase(D). Konflik antara generasi muda dan generasi tua merupakan contoh konflik yang disebabkan oleh umur/usia (A). Bentuk akomodasi konflik yang dibawa ke pengadilan ajudikasi (C). Konflik untuk memperoleh nilai status kekuasaan untuk memperoleh keuntungan dan menunjukan keinginannya dikemukakan oleh Robert MZ Lawang (A). Konflik antar kelompok buruh dengan pengusaha dapat dikategorikan sebagai bentuk konflik kepentingan (D).Golongan tua dan muda sering terjadi ketidaksepahaman terkait kemajuan zaman. Dalam hal ini disebut konflik perbedaan cara pandangan (B). Konflik yang terjadi antara pemerintah sah dengan oposisi adalah konflik politik (C).Salah satu manfaat konflik adalah memperkuat persatuan dan kesatuan kelompok (D). Konflik konstruktif adalah konflik yang melahirkan kebaikan-kebaikan (A). Konflik antar siswa disebut konflik horizontal (A).

Pembahasan

Soal di atas membahas soal pengertian konflik, pendorong terjadinya konflik, jenis konflik dan upaya penyelesaian konflik.

Adapun faktor pendorong konflik adalah:

Perbedaan antar individuPerbedaan kebudayaanPerbedaan kepentinganPerbedaan Ras dan EtnisPerbedaan agama

Pelajari lebih lanjutMateri tentang jenis-jenis konflik sosial https://brainly.co.id/tugas/2811052Materi tentang upaya penyelesaian konflik https://brainly.co.id/tugas/644167Materi tentang dampak positif dan negatif konflik https://brainly.co.id/tugas/118947

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Sosiologi

Bab: Konflik Sosial dan Masyarakat

Kode: 11.20.2

#AyoBelajar

#SPJ2

8. konflik antara dua golongan yang berbeda terjadi karena ……….A.terdapat perasaan toleransi antar kelompokB.kurangnya pengawasan pemerintah terhadap warganyaC.terdapat keinginan untuk memahami orang lainD.adanya pemahaman bahwa terdapat orang-orang yang tidak seutuhnya menjadi bagian dari kelompok yang kita ikutiE.kurangnya kesadaran untuk mengerti kelompok orang lain​

Jawaban:

E. kurangnya kesadaran untuk mengerti kelompok orang lain

semoga membantu

Jawaban:

E. kurangnya kesadaran untuk mengerti kelompok lain

Penjelasan:

sama halnya dengan egois

sama halnya dengan memilah milih

ia lngsung menilai sesuatu sebelum mengenalinya, lalu terjadi kesalah fahaman yang sehingga menimbulkan amarah dari yang dinilai dan terjadi konflik:(

9. Dalam kehidupan masyarakat sering terjadi konflik yang di sebabkn oleh perbedaan suku,agama,ras dan antr golongan. .Tuliskan dua akibat yg timbul dari trjadinya konflik trsebut!

Jawaban:

terjadi perselisihan antar suku dan agama

t

10. di masa transisi ke arah demokrasi sesuai tuntutan reformasi, potensi konflik antar kelompok/golongan dalam masyarakat sangatlah besar. perbedaab pendapat justru adalah esensi dari demokrasi akan menjadi potensi konflik yang serius, apabila salah satu pihak berkeras dalam mempertahankan pendapat atau pendiriannya, sementara pihak yang lain berkeras memaksakan kehendaknya. contoh kasus yang pernah terjadi di Bali adalah…a. terjadinya Bom Bali I dan IIb. terjadinya keributan di rumah tangga antar anggota keluargac. perbedaan kasta membawa klasifikasi strata sosial masyarakat Balid. perebutan wilayah kuburan antar dua desa adat pakraman di Gianyare. perebutan tanah waris yang mengarah konflik keluarga​

Jawaban:

a. terjadinya Bom Bali I dan II

11. Konflik Sosial, Agama, Ras dan antar Golongan yang terjadi di Aceh Singkil merupakan Konflik yang terjadi antara Umat Islam dan Kristen yang disebabkan oleh pendirian rumah ibadah ilegal yang hendak dibongkar paksa oleh kelompok Islam di Aceh singkil. Cara-cara pemulihan pasca konflik SARA di Aceh adalah…. * A. Memaksakan kehendak pada orang lain B. Mewujudkan perdamaian antar kedua belah pihak C. Melakukan dan memikirkan hal-hal negatif secara bersama-sama D. Menghakimi dan berpikiran negatif tentang suku, agama, ras, dan golongan yang berbeda

Jawaban:

B.mewujudkan perdamaian diantara kedua belah pihak

Penjelasan:

Cara untuk mengakhiri konflik yang terjadi adalah dengan berdamai diantara kedua belah pihak.

Senang Bisa Membantu 🙂

12. 1. Para buruh dari tahun ketahun selalu mengiginkan ken
aikan upah kerja. Sementara itu, bagi para pengusaha , upah murah menjadi jalan untuk melakukan efisiensi dalam perusahaan. Konflik antarburuh dan pengusaha termasuk konflik …. Antarkelas Antargolongan Antargenerasi Antarkelompok 2. Konflik sosial tidak selamanya berdampak negatif, konflik sosial juga memiliki dampak positif yaitu ….. Kerusakan harta benda Dominasi kelompok Meningkatnya solidaritas kelompok Benturan kepentingan 3. Konflik yang terjadi antara partai oposisi dengan partai propemerintah sering terjadi dalam pemerintahan. Tidak jarang partai oposisi menjegal setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Faktor penyebab konflik tersebut adalah ….. Sifat individualistis yang dimiliki para politisi Perbedaan ideologi antara para politisi Tidak adanya tokoh yang dapat mempersatukan para politisi Perbedaan kepentingan antara partai oposisi dengan pemerintah 4. Proses penyatuan unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat menjadi satu kesatuan adalah proses….. integrasi sosial ketimpangan sosial disintegrasi sosial konflik sosial 5. Berikut merupakan faktor pendukung integrasi sosial, kecuali… sikap toleran sikap terbuka menerima sesuatu yang baru adanya kesamaan unsur kebudayaaan sikap etnosetrisme 6. Di bawah ini merupakan penyebab terjadinya konflik sosial yaitu …. adanya persamaan tujuan perbedaan kebudayaan dan situasi yang saling bertolak belakang persamaan status persamaan kepentingan 7. Integrasi sosial yang tercipta dalam masyarakat dapat terlihat dari …. timbul kesamaan kehendak adanya pola berfikir seragam terwujudnya ketertiban nilai sosial 8. Konflik antara buruh dan pengusaha kerap sekali naik ke pengadilan. Pemberian upah yang tidak sesuai menjadi salah satu alasan. Kasus di atas menggambarkan konflik terjadi karena faktor …. perbedaan budaya perbedaan kepribadian perbedaan keluarga perbedaan kepentingan 9. Berikut ini yang termasuk faktor penghambat integrasi sosial adalah …. adanya intoleransi terhadap kebudayaan yang berbeda kesempatan yang seimbang dalam bidang ekonomi adanya perkawinan campur adanya sikap yang terbuka dengan golongan yang berkuasa 10. Integrasi nasional bisa diwujudkan dalam kehidupan masyarakat majemuk jika …. pola serta gaya hidup masyarakat yang seragam cara berpikir anggota masyarakat relatif sama keseimbangan dalam masyarakat dipelihara dengan baik kesempatan bekerja dan bertanya seimbang di masyarakat 11. Faktor utama yang menunjukkan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia adalah adanya berbagai … Profesi Kesenian Kebudayaan Kelompok sosial 12. Masyarakat Indonesia perlu mengetahui perbedaan agama bahwa setiap umat beragama memiliki tempat ibadah yang berbeda-beda dan berbeda pula dalam melaksanakan kegiatan upacara keagamaan atau persembahyangan supaya …. setiap masyarakat bisa berganti-ganti agama bisa mengkritik dan menjelek-jelekkan agama lain tumbuh sikap saling memahami dan menghargai atau toleransi setiap pemeluk agama dapat melaksanakan kegiatan upacara keagamaan agama lain 13. Perhatikan nama suku bangsa Indonesia1) Minangkabau2) Gayo3) Osing4) Aneuk Jamee5) NgajuYang termasuk suku bangsa Indonesia berasal dari Provinsi NAD adalah . . . . 1dan 2 1dan 3 2dan 4 4dan 5 14. Secara etimologi Pluralisme terdiri dari dua kata plural dan isme yang berarti … Paham atas toleransi Paham atas kesatuan paham atas keberagaman Paham atas nasionalis 15. Faktor yang menyebabkan perbedaan suku bangsa di Indonesia adalah … Tingkatan sosial Tingkatan ekonomi Kondisi iklim di Indonesia Letak wilayah

Jawaban:

1. Para buruh dari tahun ketahun selalu mengiginkan kenaikan upah kerja. Sementara itu, bagi para pengusaha , upah murah menjadi jalan untuk melakukan efisiensi dalam perusahaan. Konflik antarburuh dan pengusaha termasuk konflik ….

Antarkelas

2. Konflik sosial tidak selamanya berdampak negatif, konflik sosial juga memiliki dampak positif yaitu …..

Meningkatnya solidaritas kelompok

Penjelasan:

6. Di bawah ini merupakan penyebab terjadinya konflik sosial yaitu ….

perbedaan kebudayaan dan situasi yang saling bertolak belakang

12. Masyarakat Indonesia perlu mengetahui perbedaan agama bahwa setiap umat beragama memiliki tempat ibadah yang berbeda-beda dan berbeda pula dalam melaksanakan kegiatan upacara keagamaan atau persembahyangan supaya ….

tumbuh sikap saling memahami dan menghargai atau toleransi

13. MP/MTS20. Keragaman masyarakat Indonesia berdasarkan agama ditandai dengan adanya.. a. Kebebasan melakukan penyebaran agamab. Kebiasaan seseorang melakukan ibadah Kesiapan seseorang dalam melaksanakan ajaran agamanya d. Diakuinya keberadaan agama beserta pemeluknya21. Faktor yang memengaruhi terjadinya konflik dalam masyarakat Indonesia adalah.. a. Adanya perbedaan sikap atau pendirianb. Sikap menerima perubahan secara kritis . Sangat pertcaya adanya rasjonalitasd. Terjadinya disintegrasi bangsa22. Dalam konflik destruktif dikenal adanaya konflik emosional destruktif misalnya..a. Perasaan tidak senang b. Perbedan ide/gagasanc. perbedaan tujuand. perbedaan pendapat23. Konflik antara buruh dan pengusaha kerap sekali naik ke pengadilan pernberian upah yang tidak sesual menjadi salah satu alasan kasus diatas menggambarkan konflik terjadi karena factor perbedaan..a. Budayab. Keppribadian24. Mobillitas masyarakat perdesaan lebih kecil kareana..a Interaksi dan hubungan social bermotif social b. Pengendalian social oleh masyarakat sangat eratC. Memiliki solidaritas tinggi dan sifat yang religiousdi Penduduknya homogen dan jumlahnya sedikit25. Dalam sebuah konflik apabila kekuatan pihak-pihak yang bertentangan seimbang, maka akanmemunculkan. a. Akomodasib. Dominasic. takluknya salah satu pihakd. persaingan26. Proses berpudarnya norma-terma dan nilai-nilai dalam masyarakat karena adanya lembaga-lembaga kemasyarakatan atau lembaga masyarakat disebut..a Integrasi b konflik c. disintegrasi d kognisi 27 Berikut yang termasuk factor penghambat integrasi social adalah..a Adanya Intoleransi terhadap kebudayaan yang berbeda b. Kesempatan yang seimbang dalam bidang ekonomiadanya sikap yang terbuka denagn golongan yang berkuasa d. Adanya persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan28. Mobilitas vertical adalah perpindahan .a Antara dua generasi atau lebih b. Status social terjadi antarbeberapa genrastStatus social yang terjadi di antara beberapa generasi C. d. Status social ynag dialami seseorang atau kelompok warga dalam lapisan yang berbedaperubahan padac. keluargad. kepentingan​

Jawaban:

20 d.diakuinya keberadaan agama beserta pemeluk nya

maaf kalo salah maaf juga cuman bisa jawab 1

14. Dalam sebuah diskusi tidak jarang terjadi perbedaan pendapat. Terjadinya perbedaan pendapat dalam diskusi dapat digolongkan dalam konflik konstruktif karena . . . . a. menunjukkan kesejajaran status antara dua pihak yang berkonflik b. memberikan dampak positif berupa pemecahan masalah c. melibatkan dua kelompok yang berbeda keyakinan d. menyebabkan konflik lebih rumit dan besar e. mengarah pada penghancuran pihak lain

b. memberikan dampak positif berupa pemecahan masalah

Dalam sebuah diskusi tidak jarang terjadi perbedaan pendapat. Terjadinya perbedaan pendapat dalam diskusi dapat digolongkan dalam konflik konstruktif karena memberikan dampak positif berupa pemecahan masalah. KOnflik konstruktif adalah konflik yang sering terjadi pada suatu forum diskusi. Perbedaan pendapat antara anggota forum itulah yang dinamakan konflik, namun konflik yang konstruktif. Kondisi ini menunjukan bahwa konflik
dapat menimbulkan dampak positif sehingga dikategorikan sebagai konflik konstruktif. Konflik jenis ini akan memberika dampak positif bagi pihak-pihhak yang berkonflik.

Kelas: 11Mapel: SosiologiKategori: SosiologiKata Kunci: Sosiologi, konflikKode: 11.20.1

Bahan belajar Sosiologi lainnya:

Manfaat kelompok sosial bagi individu: brainly.co.id/tugas/17632699Ciri kelompok sosial: brainly.co.id/tugas/17632689Pengertian kelompok sosial: brainly.co.id/tugas/17632706Contoh kegiatan kelompok sosial sesuai manfaat individu: brainly.co.id/tugas/17632708Contoh kelompok sosial berdasarkan ideologi: brainly.co.id/tugas/17632701

15. 10. Penyebab terjadinya konflik antarras adalah ….a. perbedaan warna kulit yang meluaskarena adanya solidaritas di antaramereka yang memiliki warna kulit samakepentingan yang berbeda antara duagolongan atau kelas sosial yang adac. perbedaan tempat yang disakralkan olehkeduanyawarga kulit hitam ditindas oleh sesamanyab.​

Jawaban:

jawabannya A

maaf kalau salah

16. 29. Dampak terjadinya miscommunication dalam konflik adalah A. Awal terjadi bentuk permusuhan/kebencian berkembang B. Informasi terserap dengan maksmimal C. Salah informasi yang bisa ditangani D. Hal yang wajar dalam konflik E. Sesuatu yang harus dipertimbangkan 32.perbedaan pendapat dua atau lebih anggota atau kelompok-kelompok atau unit-unit kerja di dalam perusahaan yang timbul karena adanya perbedaan seperti kreativitas,tujuan,kepentingan dinamakan dengan A. Konflik organisasi B. Konflik pekerjaan C. Konflik kantor D. Konflik golongan E. Konflik nyata 25.jika berhadapan dengan krisis/masalah yang berarti jangan sampai masalah tersebut membelenggu kita sepanjang hari, tetapi jadikan hal itu sebagai A. Ujian mental dalam menjalankan usaha B. Tetap prioritas pada visi dan misi semula C. Delegasikan pekerjaan kepada orang lain D. Sebuah hambatan yang menghalangi E. Jangan terpaku pada masalah

29) C
32) B
25) E/B

Kemungkinan besar jawaban seperti itu untuk no25 sedikit ambigu . mungkin nda bis memilih salah satu E/B

17. 22. Potensi timbulnya konflik dalam masya-rakat majemuk bisa dihilangkan jikaperbedaan yang ada didasari oleha.sikap menghindarkan diri darikesalahan orang lainb.mengutamakan kelompok lain dari pada kelompok sendiric.mengutamakan kelompok sendiri dari pada kelompok laind. toleransi dan menghormati antar warga yang memilikiperbedaan23. Dalam kenyataan pluralitas masyarakat di Indonesia terdiri atas berbagai agamayang disebabkan oleh ….a.pengaruh nenek moyangb. kondisi iklim yang adac.corak adat budaya yang ditentukanalam lingkungand. letak Indonesia yang ada di antara dua samudra besar24. Suatu golongan manusia yang terikat olehkesadaran akan kesatuan kebudayaan yang dikuatkan oleh kesatuan bahasamerupakan pengertian dari….a.rasb. genderc.masyarakatd. suku bangsa25. Pengaruh kemajemukan mayarakat Indonesia terhadap kehidupan sosial adalah terjadinya dua proses, yaitua.konflik dan integrasib. interaksi dan integrasic.solidaritas dan toleransid. persatuan dan kesatuan26. Tokoh sosiologi yang membedakan kelas sosial antara golongan kapitalis dengan golongan buruh adalah ….a.Soerjono Soekantob.Herskovitsc.Karl Marxc.Ariyono Suyono​

Jawaban:

22. toleransi dan menghormati antar warga yang memiliki perbedaan

23. Letak Indonesia yang ada di antara dua samudra besar

24. Ras

25. Solidaritas dan toleransi

26. Karl marx

Penjelasan:

Maaf kalau salah

18. 1 Aksi demonstrasi yang dilakukan puluhan mahasiswa seperti yang ditunjukkan pada artikel dapat digolongkan dalam bentuk konflik vertikal karena… a. antarpihak memiliki kedudukan berbedab. warga kampus memperoleh dampak positif c. antarmahasiswa memiliki peran berbeda d. tuntutan mahasiswa bersifat memaksae. lingkup kampus tergolong wilayah sempit2. Dalam sebuah diskusi tidak jarang terjadi perbedaan pendapat. Terjadinya perbedaan pendapat dalam diskusi dapat digolongkan dalam konflik konstruktif karena… a. menunjukkan kesejajaran status antara dua pihak yang berkonflikb. memberikan dampak positif berupa pemecahan masalahc. melibatkan dua kelompok yang berbeda keyakinand. menyebabkan konflik lebih rumit dan besare. mengarah pada penghancuran pihak laintolong bantu jawaban untuk soal ini 🙂

1.d
2.b

maaf kalau salah:v

19. 1.adanya konflik tersebut dpt mengakibatkan hal hal berikut ini, kecuali A. Timbulnya keingan utk saling menyerang B. Munculnya sikap antipasti utk kembali bekerja sama C. Rusaknya persahabatan yg telah terjalin D. Hilangnya rasa kepercayaan antarteman E. Hilangnya harta benda 2.Berikut ini yg tdk termasuk faktor penyebab munculnya konflik adalah A. Perbedaan pola pikir antara dua org/klmpok B. Perbedaan latar belakang kebudayaan C. Perbedaan usia dan tempat kelahiran D. Perbedaan kepentingan yg sama sama mendesak E. Perubahan nilai dan norma sosial dalam masyarakat 3.konflik dianggap sebagai gejala wajar yang terjadi dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan A. Kehidupan masyarakat selalu berubah dan berkembang B. Pola pemikiran manusia yang masih primitif dan kuno C. Konflik selalu membawa kemajuan bagi anggota masyarakat D. Manusia mendapatkan keuntungan dari konflik E. Sifat manusia yg senang berkinflik utk membuktikan kekuatannya 4.konflik yg terjadi antara pemimpin dan bawahannya dpt menghambat tercapainya tujuan organisasi. Konflik tersebut dikategorikan sbgai konflik A. Politik B. Disfungsional C. Golongan D. Nonsistematis E. Ekonomi 5.adanya kesenjangan ekonomi dan sosial, pelanggaran HAM, serta ketidakadilan yg dialami oleh masyarakat biasa tergolong pd jenis konflik A. Antarnegara B. Antarkelas C. Politik D. Politik E. Perorangan 6.contoh konflik dlm hubungan intim adlh A. Siera masih blm berbicara dgn sinta yg dianggapnya sombong B. Ayah memarahi tukang reparasi televisi yg tdk sgra menyelesaikan pekerjaanya C. Dua org saudara bertikai di pengadilan mengenai masalah harta peninggalan org tua mereka D. Rafi ribut dgn seseorang yg menuduhnya mencopet dompet org tersebut E. Fandi bertengkar dgn pelayanan toko yg tdk sabar melayaninya 7.konflik yg kebablasan dpt menyebabkan kerusakan fisik dan mental. Meskipun demikian, konflik jga dpt berdampak positif, misalnya A. Membuka kesempatan adanya perubahan yg lbh baik B. Mempertahankan org lama yg berkualitas C. Merombak tatanam sistem yg sdh mapan D. Merenovasi bangunan lama yg sdh tdk kukuh E. Memberi kesempatan utk mendapatkan keuntungan pribadi 8.konflik antaretnik yg prnh terjadi seperti konflik sampit dpt menyebabkan timbulnya berbagai kerugian, salah satunya adalah A. Hilangnya suku bangsa yg klah dlm konflik B. Timbulnya kelompok2 mayoritas C. Munculnya otoritas asing di kalimantan D. Hilangnya rasa kebersamaan dan kepercayaan E. Mumculnya kekompakan utk menghadapi suku pemdatang 9.desi dan wulan adalah dua siswa SMA/MA . Suatu ket
ika terjadi konflik di antara keduanya. Teman yg memihak desi membantu desi, sebaliknya teman yg memihak wulan membantu wulan. Dampak negatif dari konflik tersebut adalah A. Tercapainya keseimbangan kekuatan B. Munculnya individu yg berkuasa C. Retaknya hubungan antar kelompok D. Meningkatnya sentiment primordial E. Hilangnya rasa solidaritas intern 10.pandangan bahwa konflik bersifat negatif karena dpt merusak solidaritas kelompok merupakan pandangan dari kelompok A. Modern B. Neomodern C. Netral D. Tradisional E. Konservatif

no 2 jawaban nya C
no 3 jawabnya A
no 8 jawabannya D
no 9 jawabnnya C

20. Petunjul!Bacalah Wacana berikut dengan cermar!Konflik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Dalamberkegiatan sehari-hari, pasti akan ada konflik antar manusia Hal ini terjadi karena setiapmanusia memiliki alal bebas dan kemauantya tersendiri. Kemauan yang berbeda-beda ini kerapberseberangan, sehingga menciptakan gesekan-gesekan dalam interaksi sosialnya. Konfliksendiri terbentuk ketika ada ketidaksepahaman mengenai suatu hal antara satu individu denganindividu lainnya. Ketila perbedaan pendapat ini tidak diselesaikan dengan cepat mala dapatmenjadi sebuah konflikSalah satu konflik yang pemah terjadi di Indonesia adalah konflik Poso. Poso adalah sebuahdaerah di Sulawesi Tengah Konflik yang terjadi di Poso merupakan salah satu konflik multietnik terbesar yang terjadi di Indonesia. Konflik ini terjadi dimana pihak yang bertikai memilikistatus yang sama dalam masyarakat. Kedua pihak merupakan warga masyarakat dalam duakelompok yang berbeda. Penyebab dari kerusuhan Poso adalah ketegangan antara pendatangmuslim Bugis dengan etnis Protestan yang kemudian meluas menjadi konflik agama Konflik inimemerlukan bantuan langsung dari pemerintah Indonesia untuk menyelesaikannya melaluiDeldarasi Malino.Jawablah pertanyaan berikut!1. Analisis wacana di atas dengan menggunakan analisis 5W 1H!2. Berdasarkan cakupan, konflik yang terdapat pada wacana di atas, tergolong konflik?3. Jelaskan faltor penyebab terjadinya konflik tersebut!4. Menurut pendapatmu, apa dampak positif dan negatif dari konflik tersebut (masing-masing2)!5. Metode apa yang digunakan dalam penyelesaian konflik di atas? Jelaskan metode tersebut!mohon bantu jawabannya,please​

Jawaban:

1.Apa yang terjadi? konflik

Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu? Manusia

Mengapa hal itu bisa terjadi?karena manusia memiliki akal bebas dan kemampuan nya sendiri

Kapan peristiwa itu terjadi?Ketika perbedaan pendapat ini tidak diselesaikan dengan cepat mala dapat

menjadi sebuah konflik

Di mana peristiwa itu terjadi?di Sulawesi tengah

Bagaimana peristiwa itu terjadi?Konflik ini terjadi dimana pihak yang bertikai memiliki

status yang sama dalam masyarakat. Kedua pihak merupakan warga masyarakat dalam dua

kelompok yang berbeda.

2.konflik multi

etnik terbesar yang terjadi di Indonesia.

3.adalah ketegangan antara pendatang

muslim Bugis dengan etnis Protestan yang kemudian meluas menjadi konflik agama Konflik ini

4.

5deklarasi malino adalah sebuah perjanjian damai yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 20 Desember 2001 di Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Video Terkait

Bagikan: