Lambang Unsur Kimia Nama Latin Dan Nama Indonesia

Fatih.co.id

Lambang Unsur Kimia Nama Latin Dan Nama Indonesia
Lambang Unsur Kimia Nama Latin Dan Nama Indonesia

nama lambang unsur kimia serta nama latinnya

1. nama lambang unsur kimia serta nama latinnya

Helium (He)
Boron (Br)
Radon (Rn)
Litium (Li)
Natrium (Na)
Kalium (K)
Magnesium (Mg)
Karbon (C)
Hidrogen (H)

2. -sebutkan nama latin unsur logam, nama indonesia, dan lambang 1 saja! -sebutkan nama latin unsur non logam, nama indonesia dan lambang 1 saja!

belerang (sulfur) = S
Nama latin: Aurum Nama Indonesia: Emas Lambang: Au

3. Nama latin dan indonesia dari lambang unsur Fe

nama latin dari Fe kalau setau saya adalah Iron(ferrum)
dan nama dari bahasa indonesianya adalah besi

4. contoh unsur logam beserta nama latin ,nama indonesia dan lambangnya

Unsur logam beserta nama latin, nama indonesia dan lambangnya

Pembahasan

[tex]\boxed{\boxed{\bold{Hakikat~Ilmu~Kimia}}}[/tex]  

Hakikat ilmu kimia adalah benda – benda yang ada disekitar kita yang dapat mengalami perubahan bentuk atau susunan partikelnya menjadi bentuk lain sehingga menyebabkan terjadi perubahan sifat dari sifat asalnya. Jadi, Ilmu kimia adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari berbagai hal tentang materi, salah satu contohnya adalah struktur materi, sifat materi, wujud materi, perubaha
n materi, penggolongan materi, susunan materi dan energi yang menyertai perubahan perubahan tersebut.

[tex]\mathbf{Materi }[/tex]

Materi apa yang berada disekitar kita? Misalnya adalah air, udara, tanah, batu, mobil, dan lain – lain. Materi sendiri adalah segala sesuatu yang dapat menempati ruang yaitu memiliki massa dan volume.  

[tex]\mathbf{1.~Sifat~Materi }[/tex]

Sifat materi dibagi menjadi dua berdasarkan jumlah materi dan perubahan pada materi.

a. Berdasarkan pada jumlah materi, sifat materi dibagi menjadi sifat intensif dan ekstensif.

b. Berdasarkan pada perubahan pada materi, sifat materi dibagi menjadi sifat kimia dan fisis.

[tex]\mathbf{2.~Wujud~Materi }[/tex]

Berwujud apakah air di rumah mu? Tentu saja jawabannya adalah cair

Apa wujud dari batu? Tentu saja berwujud padat

Udara dalam balon berwujud apa? Tentu saja berwujud gas

Maka dapat disimpulkan bahwa materi mempunya tiga wujud yaitu padat, cair dan gas.

[tex]\mathbf{3.~Perubahan~Materi }[/tex]

Pernahkah kalian melihat es batu mencair? Es batu berasal dari apa? Ketika es batu mencair berubah menjadi apa?

Atau membakar kertas atau kaya di rumah? Pernah kah kalian lakukan?

Kedua peristiwa tersebut merupakan perubahan yang terjadi pada materi, dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

a. Perubahan Kimia

b. Perubahan Fisika

[tex]\mathbf{4.~Penggolongan~Materi }[/tex]

Secara umum para ahli kimia mengklasifikasikan materi menjadi :

a. Zat murni atau zat tunggal

Zat tunggal dibedakan menjadi dua yaitu unsur dan senyawa, dengan penjelasan sebagai berikut :

1. Unsur  

2. Senyawa

b. Campuran

[tex]\boxed{\boxed{\bold{Diket}}}[/tex]  

Unsur logam

[tex]\boxed{\boxed{\bold{Ditanya}}}[/tex]  

Nama latinNama indonesiaLambang

[tex]\boxed{\boxed{\bold{Jawab}}}[/tex]  

Unsur

Unsur adalah zat tunggal yang sangat sederhana karena hanya terdiir dari satu jenis atom saja. Unsur yang sudah ditemukan oleh para ahli total adalah yang sebagian kecil berupa unsur alami di alam dan ada juga yang merupakan buatan manusia sendiri. Unsur tidak dapat kita uraikan menjadi bentuk yang lebih sederhana lagi dengan reaksi kimia.

Contoh beberapa lambang unsur logam :

Nama Indonesia      Nama Latin          Lambang unsur

Aluminium                Aluminium                      Al

Emas                           Aurum                          Au

Perak                         Argentum                      Ag

Kalsium                       Calcium                        Ca

Kalium                         Potassium                    K

Natrium                         Sodium                       Na

Magnesium               Magnesium                    Mg

Besi                              Ferrum                         Fe

Unsur – unsur lainnya dapat dilihat pada Tabel Sistem Periodik Unsur (SPU) yang sudah ditemukan oleh para ahli kimia.

[tex]\mathbf{Pelajari~Lebih~Lanjut }[/tex]  

Sifat logam dan non logam https://brainly.co.id/tugas/993347#, https://brainly.co.id/tugas/12943033# Contoh unsur logam dan non logam brainly.co.id/tugas/7329175 Unsur metaloid https://brainly.co.id/tugas/14885376 Sifat periodik unsur https://brainly.co.id/tugas/12948557 , https://brainly.co.id/tugas/18690267 , https://brainly.co.id/tugas/19244265, https://brainly.co.id/tugas/20354702 , https://brainly.co.id/tugas/20253774

 

              [tex]\boxed{\bigstar}\boxed{\bold{Semoga~Membantu}}\boxed{\bigstar}[/tex]              

              [tex]\boxed{\bigstar}\boxed{\bold{ionkovalen}}\boxed{\bigstar}[/tex]

[tex]\mathbf{Detil~Jawaban }[/tex]  

Mapel : Kimia

Bab : Hakikat Ilmu Kimia

Kelas : X

Semester : 1

Kode : 10.7.1

Kata kunci : penggolongan materi, zat murni, zat tunggal, unsur, senyawa, campuran, logam

5. apa nama unsur buatan, serta nama latin dan lambangnya ?

technetium(tc),prometium(pm),neptunium(np),plutonium(pu),amerecium(am),curium(cm)

sorry cuma segini yang gw inget

femium Fm, nobelium No, hahnium Ha,einstenium Es, kurchatovium Ku,mendelevium Md.
maaf saya cma bisa kasih tau ni ja.

6. Apa nama latin dan lambang unsur timah??

 Nama latin timah adalah Stannum ,,dan lambangnya adalah Sn.
Timah = Sn (Stannum)

7. sebutkan 30 nama unsur,nama latin,dan lambangnya

Jawaban:

saya tidak tahu

Penjelasan:

saya tidak tahu

8. nama-nama unsur kimia dalam bahasa latin

UNSUR LOGAM

Alumunium = alumunium
Aurum = Emas
Argentum = perak
Calcium = kalsium
Cuprum = Tembaga
Ferrum = besi
Natrium = natrium
Plumbun = timbal
Stannum Timah

UNSUR BUKAN LOGAM
Oxygen = oksigen
Hydrogen = hidrogen
Carbon = karbon
Sulphur = belerang
Phosphorus = fosfor
nitrogen = nitrogen
Iodium = Iodin
NAMA UNSUR KIMIA                          BAHASA LATIN
1. belerang                                          1.sulfur          
2. bromin                                             2. bromium
           
3. fluorin                                              3. fluorine
    
4. fosforus                                           4. phosphorus
5. helium                                             5. helium           

9. unsur non logam beserta lambang,nama indonesia, dan nama latin

lambangnya Ar nama indonesianya argon nama latinnya argon

10. nama latin dan lambang unsur dari platina adalah?

nama latin nya : Platinum
lambang unsur nya : Pt

semoga membantu 🙂

latin=platinum
lambang unsur =pt

11. nama latin krom……nama latin arsenik ….nama unsur dan lambang phosphorus…​

Jawaban:

1.CHORMIUM (Cr)

2.ARSENICUM.

3.Fosforus dengan lambang P no 15.

Penjelasan:

makasih kaka,kasih like ya.hehe

12. lambang unsur dan nama latin aluminium ?

Jawaban:

lambang : Al

nama latin : aluminium

bentuk fisik : padat, putih keperakan

13. Sebutkan unsur yang ada di lingkungan sekitar beserta lambang nama indonesia dan latinnya?

LAMBANG unsur
Nomer
Nama unsur(indonesia)
Nama unsur(latin)
Lambang unsur
1
aluminium
aluminium
Al
2
Emas
Aurum
Au
3
Barium
Barium
Ba
4
Kalium
Kalium
K
5
Kalsium
Calsium
Ca
6
Kobalt
Cobaltum
Co

7
Tembaga
Cuprum
Cu
8
Krom
Chromium
Cr
9
Magnesium
Magnesium
Mg
10
Mangan
Manganese
Mn
11
Natrium
Natrium
Na
12
Nikel
Nickel
Ni
13
Perak
Argentum
Ag
14
Platina
Platinum
Pt
15
Raksa
Hydrargyrum
Hg
16
Timbal
Plumbum
Pb
17
Timah
Stannum
Sn
18
Seng
Zinc
Zn
19
Besi
Ferrum
Fe
20
Litium
Lithium
Li
21
Boron
Borom
B
22
Silikon
Silicon
Si
23
Germanium
Germanium
Ge
24
Arsen
Arsenic
As
25
Antimon
Antymony
Sb
26
Telurium
Tellurium
Te
27
Polonium
Polonium
Po
28
Argon
Argon
Ar
29
Belerang
Sulfur
S
30
Brom
Bromium
Br
31
Karbon
Carbonium
C
32
Flour
Flourium
F
33
Fosfor
Phosforus
P
34
Helium
Helium
He
35
Hidrogen
Hydrigen
H
36
Klorin
Chlorine
Cl
37
Nitrogen
Nitrogenium
N
38
Neon
Neon
Ne
39
Yodium
Iodine
I
40
Oksigen
Oxigenium
O

14. tuliskan nama nama latin unsur unsur kimia ​

Daftar 118 unsur kimia yang telah diketahui

Sunting

Berikut adalah tabel yang memuat 118 unsur kimia yang telah diketahui.

Nomor atom, nama, dan lambang semuanya berfungsi secara independen sebagai identitas unik.

Nama adalah yang diterima oleh IUPAC; nama sementara untuk unsur-unsur yang baru diproduksi dan belum diberi nama secara resmi ditulis dalam tanda kurung.

Golongan dan periode mengacu pada posisi unsur dalam tabel periodik. Nomor golongan di sini menunjukkan penomoran yang saat ini diterima; untuk penomoran alternatif yang lebih lama, lihat Golongan tabel periodik.

Massa adalah massa atom dalam satuan g/mol.

Deret kimia tabel periodik

Logam alkali Alkali tanah Lantanida Aktinida Logam transisi

Logam Metaloid Nonlogam Halogen Gas mulia

No.

Atom Nama Lambang Periode,

Golongan Massa

(g/Mol) Massa jenis

(g/cm³)

pada 20°C Titik

lebur

(°C) Titik

didih

(°C) Tahun

penemuan Penemu

1 Hidrogen H 1; 1 1,00794(7)2 3 4 0,084 g/l −259,1 −252,9 1766 Cavendish

2 Helium He 1; 18 4,002602(2)2 4 0,17 g/l −272,2 −268,9 1895 Ramsay dan Cleve

3 Litium Li 2; 1 6,941(2)2 3 4 5 0,53 180,5 1317 1817 Arfwedson

4 Berilium Be 2; 2 9,012182(3) 1,85 1278 2970 1797 Vauquelin

5 Boron B 2; 13 10,811(7)2 3 4 2,46 2300 2550 1808 Davy dan Gay-Lussac

6 Karbon C 2; 14 12,0107(8)2 4 3,51 3550 4827 3750 SM orang Mesir Kuno dan orang Sumeria

7 Nitrogen N 2; 15 14,0067(2)2 4 1,17 g/l −209,9 −195,8 1772 Rutherford

8 Oksigen O 2; 16 15,9994(3)2 4 1,33 g/l −218,4 −182,9 1774 Priestly dan Scheele

9 Fluorin F 2; 17 18,9984032(5) 1,58 g/l −219,6 −188,1 1886 Moissan

10 Neon Ne 2; 18 20,1797(6)2 3 0,84 g/l −248,7 −246,1 1898 Ramsay dan Travers

11 Natrium Na 3; 1 22,98976928(2) 0,97 97,8 892 1807 Davy

12 Magnesium Mg 3; 2 24,3050(6) 1,74 648,8 1107 1755 Black

13 Alumunium Al 3; 13 26,9815386(8) 2,70 660,5 2467 1825 Ørsted

14 Silikon Si 3; 14 28,0855(3)4 2,33 1410 2355 1824 Berzelius

15 Fosforus P 3; 15 30,973762(2) 1,82 44 (P4) 280 (P4) 1669 Brand

16 Belerang S 3; 16 32,065(5)2 4 2,06 113 444,7 sebelum 2000 SM orang Tionghoa

17 Klorin Cl 3; 17 35,453(2)2 3 4 2,95 g/l −34,6 −101 1774 Scheele

18 Argon Ar 3; 18 39,948(1)2 4 1,66 g/l −189,4 −185,9 1894 Ramsay dan Rayleigh

19 Kalium K 4; 1 39,0983(1) 0,86 63,7 774 1807 Davy

20 Kalsium Ca 4; 2 40,078(4)2 1,54 839 1487 1808 Davy

21 Skandium Sc 4; 3 44,955912(6) 2,99 1539 2832 1879 Nilson

22 Titanium Ti 4; 4 47,867(1) 4,51 1660 3260 1791 Gregor dan Klaproth

23 Vanadium V 4; 5 50,9415(1) 6,09 1890 3380 1801 del Río

24 Kromium Cr 4; 6 51,9961(6) 7,14 1857 2482 1797 Vauquelin

25 Mangan Mn 4; 7 54,938045(5) 7,44 1244 2097 1774 Gahn

26 Besi Fe 4; 8 55,845(2) 7,87 1535 2750 sebelum 5000 SM tak diketahui

27 Kobalt Co 4; 9 58,933195(5) 8,89 1495 2870 1735 Brandt

28 Nikel Ni 4; 10 58,6934(2) 8,91 1453 2732 1751 Cronstedt

29 Tembaga Cu 4; 11 63,546(3)4 8,92 1083,5 2595 9000 SM orang Timur Tengah

30 Seng Zn 4; 12 65,409(4) 7,14 419,6 907 sebelum 1000 SM ahli metalurgi India

31 Galium Ga 4; 13 69,723(1) 5,91 29,8 2403 1875 Lecoq de Boisbaudran

32 Germanium Ge 4; 14 72,64(1) 5,32 937,4 2830 1886 Winkler

33 Arsen As 4; 15 74,92160(2) 5,72 615 615

(subl.) sebelum 815 M alkemis Arab

34 Selenium Se 4; 16 78,96(3)4 4,82 217 685 1817 Berzelius

35 Bromin Br 4; 17 79,904(1) 3,14 −7,3 58,8 1826 Balard

36 Kripton Kr 4; 18

ngk jelas tulisanmu ini cari sendiri

15. 20 unsur unsur logam berdasarkan nama Indonesia,nama latin,dan lambang unsur nya

Jawaban:

aluminium = aluminium = Al

Barium = barium = Ba

Besi =Ferrum = Fe

Emas = Aurum = Au

Kalium = kalium = Ka

Kalsium = Calsium = Ca

Kromium= Chromium = Cr

Magnesium = Magnesium = Mg

Mangan = Manganium = Mn

Natrium = natrium = Na

Nikel = nickelium = Ni

semoga membantu^_^

maaf kalau salah yaaa

♡matchanala♡

16. nama latin dan lambang unsur dari Timbal

timbal = Pb (Plumbum) atau leadPlumbum (Pb) dengan nomor atom 82 yang merupakan logam berat yang terdapat secara alami di kerak bumi.

17. sebukan nama unsur nama latin dan lambangnya

Cu = Cuprum ( Tembaga )

Zn = Zinc ( Send )

C = Carbon (Karbon)

O= Oksigen

H= Hidrogen

Jawaban

Nama2 unsur yaitu:

1. Aktinium

2. Perak

3. Aluminium

4. Amerisium

5. Argon

6. Arsen

7. Astatin

8. Emas

9. Boron

10. Barium

Nama latinnya yaitu:

1. Actinium

2. Argentum

3. Aluminum

4. Americium

5. Argon

6. Arsenic

7. Astatine

8. Aurum

9. Boron

10. Barium

Lambangnya yaitu:

1. Ac

2. Ag

3. Al

4. Am

5. Ar

6. As

7. At

8. Au

9. B

10. Ba

Penjelasan

Semoga membantu, Maaf kalau salah

19. mendata contoh-contoh unsur senyawa dan campuran yang ada di lingkungan rumahmuno/nama unsur/nama latin/lambang kimia/jenis/manfaatnya​

Jawaban:

Artikel ini menjelaskan tentang pengertian unsur, senyawa, dan campuran disertai dengan masing-masing contohnya, sehingga kamu dapat membedakan ketiga istilah tersebut.

Halo, teman-teman! Sudahkah kamu minum air putih yang cukup hari ini?

Tahukah kamu, tubuh kita berisi sekitar 60 persen cairan, lho. Saat kita beraktivitas, cairan dalam tubuh akan berkurang, bisa melalui urin atau keringat. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk mengonsumsi air putih yang cukup, agar tubuh tidak dehidrasi atau mengalami kekurangan cairan.

“Memangnya, kandungan air putih itu apa saja, sih? Kok, kelihatannya penting banget ya bagi kesehatan tubuh.”

Nah, pada dasarnya, air putih yang kita minum setiap hari ini merupakan senyawa yang tersusun dari dua buah unsur, yaitu hidrogen dan oksigen. Selain itu, air putih juga mengandung beberapa unsur lain, seperti natrium dan kalium yang termasuk ke dalam jenis mineral. Mineral ini yang nantinya akan berperan bagi tubuh, salah satunya untuk melindungi keseimbangan air serta asam basa dalam darah.

unsur, senyawa, campuran

Tapi, jangan berlebihan juga minumnya, ya! (sumber: giphy.com)

“Tunggu, tunggu, tadi dijelaskan kalau air itu adalah senyawa, lalu hidrogen, oksigen, natrium, dan kalium itu adalah unsur. Memangnya, bedanya senyawa dengan unsur itu apa?”

Oke, sebelum pertanyaan di atas dijawab, kamu harus tahu dulu nih kalau setiap objek di bumi yang memiliki massa dan menempati suatu ruang disebut sebagai materi. Berdasarkan struktur dan sifatnya, materi digolongkan menjadi dua, yaitu zat tunggal dan campuran. Zat tunggal ini contohnya adalah unsur dan senyawa. Nah, meskipun unsur dan senyawa ini termasuk zat tunggal, tapi, dua istilah tersebut memiliki pengertian yang berbeda loh ya.

Artikel ini akan menjelaskan secara rinci mengenai pengertian dari unsur, senyawa, dan campuran, sehingga kamu bisa membedakan ketiga istilah di atas. Jadi, kamu nggak hanya tahu perbedaan dari unsur dan senyawa saja, nih. So, Teman-teman, daripada semakin penasaran, langsung saja kita simak bersama-sama penjelasannya.

unsur, senyawa, campuran

Unsur adalah zat tunggal atau zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana melalui reaksi kimia. Beberapa ilmuwan kimia telah menemukan lebih dari 100 macam unsur yang ada di bumi. Berdasarkan sistem periodiknya, unsur dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu unsur logam, semilogam, dan nonlogam.

Unsur Logam

Unsur logam memiliki beberapa sifat khusus, yaitu berwujud padat, berwarna putih mengkilap/keperakan/abu-abu/kuning, penghantar listrik yang baik, mempunyai titik didih atau titik leleh yang tinggi, serta dapat dibentuk menjadi lempengan atau lembaran. Contoh unsur logam antara lain aluminium (Al), barium (Ba), besi (Fe), emas (Au), kalium (K), kalsium (Ca), perak (Ag), kromium (Cr), magnesium (Mg), mangan (Mn), natrium (Na), dan nikel (Ni).

Unsur Semilogam

Unsur semilogam disebut juga dengan istilah metaloid karena dapat bersifat layaknya unsur logam maupun nonlogam. Umumnya, unsur ini bersifat semikonduktor. Jadi, saat suhu rendah, unsur ini tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik (isolator), sedangkan saat suhu tinggi, unsur ini dapat menghantarkan listrik dengan baik (konduktor). Unsur semilogam berwujud padat, namun teksturnya lebih rapuh dibandingkan unsur logam serta berwarna abu-abu mengkilap atau keperakan. Contohnya, boron (B), silikon (Si), germanium (Ge), arsen (As), antimon (Sb), tellurium (Te), dan polonium (Po).

Unsur Nonlogam

Unsur nonlogam memiliki beberapa sifat khusus, yaitu berwujud padat, cair, dan gas pada suhu ruangan. Umumnya, berwarna tidak mengkilap, bukan penghantar listrik dan panas yang baik, mempunyai titik didih atau titik leleh yang rendah, serta tidak dapat dibentuk, direntangkan, atau ditarik. Contoh unsur nonlogam berbentuk padat di antaranya belerang (S), fosforus (P), karbon (C), silikon (Si), dan iodin (I). Sementara itu, unsur nonlogam berbentuk gas antara lain fluorin (F), helium (He), hidrogen (H), klorin (Cl), nitrogen (N), oksigen (O), dan neon (Ne). Bromin (Br) merupakan unsur nonlogam berbentuk cair

20. Sebutkan Unsur-unsur Logam & Non Logan! (Nama Indonesia, Nama Latin, Lambang)

beberapa:

alumunium – alumunium – al (nama ind – nama Latin – lambang)

emas – aurum – au

nitrogen – n

Video Terkait

Bagikan: