Setelah menjalani pelatihan fotografi, anak-anak asal Kalimantan Barat yang berada di pengungsian kini mampu melahirkan karya fotografi yang tak kalah menarik. Saat ini, foto-foto karya anak-anak Kalbar itu terpajang di British Council Jakarta. Demikian dikemukakan Manajer Seni the British Council Jim Hollington di Jakarta, baru-baru ini. Rata-rata tema yang diangkat dalam foto-foto tersebut berkisar soal kehidupan sehari-hari mereka. Misalnya, sebuah foto karya Ruslan, bocah berusia 14 tahun yang mencoba menceritakan kegiatan kawannya, Misli, seorang penjual koran. Dengan bidikan tajam, Ruslan menjepret Misli yang sedang memanjat pohon. Begitu pula karya Karmila. Remaja berusia 17 tahun itu mencoba mengabadikan keadaan anak-anak pengungsi yang melupakan duka mereka. Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan 3 Pontianak, Kalbar itu menjepret suasana anak-anak pengungsi kala bermain bersama. Menurut Hollington, kesemua foto itu adalah karya bocah dari empat etnis utama di Kalbar: Melayu, Dayak, Madura, dan Cina. Karya-karya itu dihasilkan setelah mereka menjalani pelatihan tentang dasar-dasar teknik fotografi 1.TOLONG CARI POKOK POKOK BERITA TERSEBUT
1. Setelah menjalani pelatihan fotografi, anak-anak asal Kalimantan Barat yang berada di pengungsian kini mampu melahirkan karya fotografi yang tak kalah menarik. Saat ini, foto-foto karya anak-anak Kalbar itu terpajang di British Council Jakarta. Demikian dikemukakan Manajer Seni the British Council Jim Hollington di Jakarta, baru-baru ini. Rata-rata tema yang diangkat dalam foto-foto tersebut berkisar soal kehidupan sehari-hari mereka. Misalnya, sebuah foto karya Ruslan, bocah berusia 14 tahun yang mencoba menceritakan kegiatan kawannya, Misli, seorang penjual koran. Dengan bidikan tajam, Ruslan menjepret Misli yang sedang memanjat pohon. Begitu pula karya Karmila. Remaja berusia 17 tahun itu mencoba mengabadikan keadaan anak-anak pengungsi yang melupakan duka mereka. Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan 3 Pontianak, Kalbar itu menjepret suasana anak-anak pengungsi kala bermain bersama. Menurut Hollington, kesemua foto itu adalah karya bocah dari empat etnis utama di Kalbar: Melayu, Dayak, Madura, dan Cina. Karya-karya itu dihasilkan setelah mereka menjalani pelatihan tentang dasar-dasar teknik fotografi 1.TOLONG CARI POKOK POKOK BERITA TERSEBUT
Rata-rata tema yang diangkat dalam foto-foto tersebut berkisar soal kehidupan sehari-hari mereka. Misalnya, sebuah foto karya Ruslan, bocah berusia 14 tahun yang mencoba menceritakan kegiatan kawannya, Misli, seorang penjual koran. Dengan bidikan tajam, Ruslan menjepret Misli yang sedang memanjat pohon #maff klo salahhasil laporan mengenai pelatihan potografi
2. Carilah pokok-pokok berita dari kedua berita di bawah ini! kemudian Carilah persamaan dan perbedaan kedua berita tersebut berita 1 Boling bukan hanya dikenal sebagai olahraga prestasi. Sebagian Warga Jakarta Memanfaatkan olahraga bowling untuk mengendurkan urat saraf atau refresing selepas bekerja maklum selain dapat menyehatkan badan yang dapat dilakukan dengan santai tanpa perlu menguras otak terlalu banyak untuk mengatur taktik sebuah arena permainan bowling di kawasan Jakarta Pusat Belum lama ini selalu dipenuhi pengunjung yang bermain bahkan sebagian pengunjung masih mengenakan pakaian formal yang biasa digunakan untuk bekerja mereka memainkan bola salinding tersebut saat kembali dari kantor menuju ke rumah saya menunggu berlalunya ke macetan lalu lintas berita 2 Dunia anak-anak identik dengan bermain dan bergembira salah satu kegiatan yang mengandung unsur permainan keceriaan dan ketangkasan adalah olahraga dengan berolahraga anak-anak diajarkan bersikap sportif sejak usia dini misalnya dengan mengikuti pertandingan futsal di taman Monumen Nasional. Sekitar 900 murid taman kanak-kanak yang berada di Jakarta terlibat dalam jumlah pertandingan olahraga seperti futsal bola basket gerak jalan dan lari estafet oleh Jakarta sport Festival untuk memperingati hari ulang tahun Jakarta ke 480 yang jatuh pada tanggal 20 Juni. tolong yaa jawab!!!
kedanya membahas tentang olahraga yang ada di jakarta
perbedaannya terletak pada fokus utama pembahasannya. pada berita pertama hanya satu jenis olah raga di jakarta yaitu bowling dan yang kedua lebih pada kegiatan olah raga yang ada di jakarta
3. Silvia Nugraha. Dia seorang siswa SD yang lahir di Lampung pada tanggal 2 Mei 2011. Silvia tinggal di Jalan Angsana 20, Lampung. Ia membuka tabungan tanggal 7 Januari 2022. Silvia harus mengisi Formulir Pendaftaran Nasabah. Formulir Pendaftaran Nasabah Nama : … Tempat, Tanggal Lahir : … Alamat : … Pendidikan : … Tanggal Buka Tabungan : … Pengisian formulir yang tepat berdasarkan data diri tersebut ialah …. A. Silvia Nugraha; 7 Januari 2022; Jalan Angsana 20, Lampung; Lampung, 2 Mei 2011; Pelajar B. Silvia Nugraha; Lampung, 2 Mei 2011; Jalan Angsana 20, Lampung; Pelajar; 7 Januari 2022 C. Silvia Nugraha; Pelajar; Lampung, 2 Mei 2011; Jalan Angsana 20, Lampung; 7 Januari 2022 D. Silvia Nugraha; Lampung, 2 Mei 2011; Jalan Angsana 20, Lampung; 7 Januari 2022; Pelajar 2. Bacalah ilustrasi berikut! Ada seorang perempuan 1) tinggal di Jalan Surabaya 10, Menteng, Jakarta Pusat. 2) Ia bernama Amira. 3) Lahir di Bandung pada tanggal 10 Mei 1991. 4) Ia bekerja sebagai karyawati di sebuah toko pakaian. 5) Amira mendaftarkan dirinya sebagai anggota klub jantung sehat. Formulir Pendaftaran Anggota Klub Jantung Sehat Bersama ini, saya: Nama : … Tempat, Tanggal Lahir : … Jenis Kelamin : … Alamat : … Pekerjaan : … Mendaftarkan diri sebagai anggota klub jantung sehat. Jakarta, 8 Januari 2021 Pemohon … Urutan pengisian formulir yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut ialah …. A. 3-5-2-1-4 C. 3-2-1-4-5 B. 3-4-1-2-5 D. 3-1-5-2-4 3. (1) Magelang, tanggal 30 Mei 2012 (2) Jalan Imam Bonjol 3, Kendal (3) Bermain musik dan olahraga (4) Mulyani (5) Budha ——————————————————————————— Formulir Pendaftaran Anggota Perpustakaan SDS Mawar Nama : … Tempat, tanggal lahir : … Agama : … Alamat : … Hobi : … Pengisian formulir pendaftaran yang sesuai ialah …. A. 4-1-2-3-5 B. 4-3-5-2-1 C. 4-3-2-5-1 D. 4-1-5-2-3 4. Bacalah ilustrasi berikut! Anisa adalah putri kedua Pak Herman. Ia tinggal di Jalan Sultan Sulaiman 27, Samarinda. Anisa lahir di Samarinda, 12 Maret 2012. Ia akan mendaftarkan diri ke Bimbingan Belajar Bintang Ilmu. Saat mendaftar, ia harus menyerahkan surat izin orang tua dan mengisi formulir berikut ini. Formulir Pendaftaran Bimbingan Belajar Bintang Ilmu Nama : … 1) Tempat, Tanggal Lahir : … 2) Alamat : … 3) Nama Orang Tua : … 4) Data untuk melengkapi nomor 3) adalah …. A. Jalan Sultan Sulaiman 27, Samarinda B. Bimbingan Belajar Bintang Ilmu C. Samarinda, 12 Maret 2012 D. di Samarinda 5. Dilla, anak bungsu dari tiga bersaudara. Kakaknya bernama Amin dan Anas. Ayah Dilla bernama Hasan. Amin berumur 12 tahun, Anas 9 tahun, dan Dilla 7 tahun. Tahun pelajaran 2021/2022, Dilla mendaftarkan diri di SD Angkasa, Jalan Ahmad Yani 10, Jakarta. Formulir Pendaftaran Peserta Didik Baru SD Angkasa Nama : … 1) Umur : … 2) Alamat : … 3) Nama Orang Tua : … 4) Anak ke : … 5) Isian yang tepat untuk nomor 2), 4), dan 5) adalah …. A. 6 tahun, Amin, dan 2 C. 7 tahun, Hasan, dan 3 B. 8 tahun, Hasan, dan 2 D. 9 tahun, Anas, dan 3 tolong ya jawab yang benar
Jawaban:
1. B. Silvia Nugraha; Lampung, 2 Mei 2011; Jalan Angsana 20,
Lampung; Pelajar; 7 Januari 2022
2. A. 3-5-2-1-4
3. D.
4-1-5-2-3
4. A. Jalan Sultan Sulaiman 27, Samarinda
5. C. 7 tahun, Hasan, dan 3
4. C Ayo Ber Bacalah te Setelah itu b. Setiap pagi, ibu membuatkanmu sarapan dan bekal untuk dibawa ke serca Bopene Od 50 untuk SD/MI Kelas Sikapmu sebaiknya Saat makan di suatu tempat makan, pramusaji melayanimu dengan baca cepat. Sikapmu sebaiknya d. Ibu memanggil bapak tukang sol sepatu untuk memperbaiki sepatumu rusak. Bapak itu memperbaiki sepatumu dengan baik hingga kembali digunakan. Sikapmu sebaiknya Di rumahmu ada bibi yang membantu membersihkan dan merapikan setiap hari. Kamu membuat ruangan berantakan selesai bermain. f. Sesampainya di rumah, ayahmu terlihat kelelahan setelah seharian bekerja g. Kamu perlu menyeberang jalan raya yang ramai untuk dapat tiba di sekolah menyeberang jalan sehingga kamu dapat sampai sekolah dengan aman. Setiap hari, bapak petugas keamanan sekolah selalu siap membantumu e Sikapmu sebaiknya handima membua tahun 2 Sikapmu sebaiknya ia juga karyan Saat it Sikapmu sebaiknya h. Setiap hari, gurumu mengajarkanmu agar kamu dapat tumbuh menjadi anak 1 men nas Sikapmu sebaiknya Pernahkah kamu merasa usaha atau pekerjaanmu dihargai oleh orang lain? Bagaimana perasaanmu saat itu? Tuliskan pengalamanmu di buku tugasmu dan ceritakanlah di depan kelas! pen
Penjelasan:
panjang ama dah kagak ngerti oe
5. kuis kuis kuis kuis kuis kuis kuis kuis kuis 1. Sesuatu yang dapat kita peroleh adalah pengertian dari…….a. tanggung jawabb. wewenangc. kewajiband. hak2. Contoh hak yang kita miliki sebagai anak di lingkungan rumah adalah….. a. melaksanakan piket kelasb. menghormati kedua orang tuac. mendapat kasih sayang orang tuad. menjaga kebersihan toilet sekolah3. Contoh hak yang kita peroleh di lingkungan masyarakat adalah…….a. memperoleh kasih sayang orang tuab. menerima pelajaran di sekolahc. menyayangi kakak dan adik d. bermain di taman bermain4. Hak yang baru dapat kita peroleh seiring pertambahan usia contohnya adalah……..a. memperoleh SIMb. mendapat pendidikanc. menggunakan angkutan umumd. menjalankan ibadah sesuai agamanya5. Sebagai warga masyarakat, kita berhak untuk…..fasilitas umuma. mencoret-coretb. menggunakanc. mengotorid. merusak6. Contoh hak warga masyarakat ketika menggunakan jalan umum adalah……a. menyeberang di zebra crossb. berjalan kaki di tengah jalanc. memarkir kendaraan di pinggir jaland. berkendara dengan mobil tanpa menggunakan sabuk pengaman7. Trotoar adalah fasilitas umum yang penggunaannya merupakan hak dari…….a. pelajarb. pejalan kakic. pengendara mobild. pedagang kaki lima8. Berikut yang bukan contoh kegiatan bersama warga yang dapat kita ikuti adalah……a. arisan RTb. senam bersamac. liburan bersamad. belajar dengan tekun9. Contoh fasilitas umum yang berhak kita gunakan adalah…….a. halaman rumah tetanggab. gedung perkantoranc. tempat ibadahd. rumah teman10. Contoh hak yang kita miliki sebagai murid di sekolah adalah………a. menghargai pendapat teman sekelasb. mengerjakan tugas dari guruc. menggunakan toilet sekolahd. menjaga kebersihan kelas11. Berikut yang bukan contoh hak sebagai warga masyarakat adalah…….a. mencoret-coret pagar jembatan umumb. mengikuti kegiatan di posyanduc. menggunakan fasilitas umumd. beribadah di tempat ibadah12. Riri telah berusia 17 tahun. Setelah lulus tes mengemudi, Riri memperoleh SIM. Riri telah mendapatkan haknya sebagai…….a. anak di rumahb. murid di sekolahc. pekerja di kantord. warga di masyarakat13. Melaksanakan hak dengan tidak memperhatikan peraturan yang berlaku akan mengakibatkan……a. lingkungan menjadi bersih dan sehatb. kerukunan sulit terciptac. suasana menjadi tertibd. tercipta kenyamanan14. Pengendara sepeda motor harus tetap menghormati hak pejalan kaki dengan cara……..a. berkendara di trotoarb. mengenakan helm saat berkendarac. mengebut saat melewati zebra crossd. memberi kesempatan kepada pejalan kaki untuk menyeberang15. Menghormati hak yang dimiliki oleh warga lain akan membawa manfaat berupa…..a. lingkungan menjadi kotorb. tercipta kerukunan antarwargac. lingkungan menjadi tidak tertibd. muncul perselisihan antarwarga
Jawaban:
1.a
2.b
3.d
4.a
5.b
6.a
7.b
8.b
9.c
10.a
11.a
12.d
13.a
14.d
15.b
semoga membantu dan bermanfaat maaf kalo salah
1). D.
2). C.
3). D.
4). A
5). B
6). A
7). B
8). B
9). C
10). C
11). A
12). D
13). B
14).D
15). b
Penjelasan:
Hak adalah sesuatu yang di dapatkan atau di terima seseorang jika telah melakukan serangkaian peristiwa
MOGA MEMBANTU YA
MAAF KALAU JAWABANNYA SALAH
6. 1. Bacalah teks berikut iniPasien Lupa Orang Tua karena Kecanduan Ponsel Kamis, 17 Okt 2019 Selain di Bandung Barat, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSID) dr. Arif Zainudin Surakarta juga menerima pasien kecanduan ponsel. Tahun ini, jumlah pasien tersebut semakin meningkat. Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Anak Remaja RSJD dr. Arif Zainudin Surakarta, Aliyah Himawati, mengatakan fenomena tersebut sudah terjadi sejak tiga tahun lalu. Namun belakangan, fenomena tersebut memang makin marak. “Tiga tahun lalu ada tapi sedikit. Sejak tahun ajaran baru ini ada sekitar 35 anak remaja. Sehari ada 1-2 anak yang berobat,” kata Aliyah, Kamis (17/10/2019). Kondisi gangguan kejiwaan mereka berbeda-beda. Pasien dengan kondisi yang sangat parah bahkan tidak mengakui dan menganiaya orang tuanya. “Orang tuanya tidak dianggap. Dia bilang kalau dia itu turun dari langit. Isi pikirannya itu yang ada di gim itu, bahasanya bahasa di gim itu,” ujarnya. Kebanyakan pasien tersebut kecanduan gim ekstrem. Mereka tidak mau makan hingga tak mau sekolah. Kalaupun sekolah, mereka ingin segera pulang untuk bermain gim. “Ada yang niat ke sekolah itu untuk main gim. Karena di sekolah ada wifi gratis. Sedangkan di rumah sudah diputus orang tuanya,” kata Aliyah. Penanganan pasien kecanduan ponsel ini dilakukan sesuai dengan gejalanya. Pertama, pasien harus mengakui jika dirinya kecanduan ponsel. Setelah itu, pasien diberi obat. “Kondisi kecanduan ini membuat cairan otak atau kerja saraf tidak seimbang. Langkah farmakoterapi atau pemberian obat ini yang paling cepat bisa menyeimbangkan,” ujar dia. Kemudian pa
sien akan menjalani terapi perilaku. Secara berangsur, dosis obat juga diturunkan. “Untuk pasien rawat jalan, kita evaluasi dua minggu sekali. Mereka kita beri kontrak kegiatan. Sehari ngapain saja. Sehari pegang ponsel iteu hanya dua jam,” katanya. Sebagai langkah pencegahan, dia mengimbau kepada orang tua agar menjauhkan ponsel dari anak sejak dini. Saat ini banyak orang tua yang mengenalkan ponsel terlalu dini.Ubahlah teks anekdot di atas menjadi bentuk dialog sesuai ilustrasi teks di atas !Prolog,Dialog,Epilog
Jawaban:
jangan sering main hp
Penjelasan:
MAAF KALAU SALAH 🙂
7. Fase prenatal (dalam kandungan) Fase prenatal merupakan periode di antara pembuahan dan kelahiran. Dari hasil pembuahan, terbentuk zigot yang berkembang menjadi janin. Organ dan seluruh anggota tubuh janin pun terus tumbuh dan berkembang dalam kandungan kurang lebih selama 9 bulan. 2. Fase bayi Fase bayi dibagi berdasarkan usianya Newborn : 0 hari – 1bulan Infant : 1 bulan – 1 tahun Toddler : 1 – 3 tahun Pada tahapan pertumbuhan manusia ini, bayi sangat bergantung pada orangtua dan mulai belajar memercayai orang-orang di sekitarnya. fase bayi bergantung pada orangtua Fase bayi sangat bergantung pada orangtua Bayi juga baru mempelajari bahasa, berjalan, koordinasi sensorik dan motorik, maupun sosialisasi. Bayi umumnya akan berkomunikasi melalui tangisan. Ia akan menangis saat lapar, mengantuk, popoknya penuh, hingga kepanasan atau kedinginan. Semakin bertambahnya usia, maka anak akan semakin pandai bicara, bernyanyi hingga gerakan motorik seperti menendang bola 3. Fase kanak-kanak awal Fase kanak-kanak awal disebut juga sebagai pra sekolah yaitu usia 5-6 tahun. Dalam tahap pertumbuhan manusia ini, anak belajar melakukan banyak hal sendiri, seperti makan, buang air di toilet, dan bermain bersama teman. Anak juga mulai mengembangkan keterampilan-keterampilan yang berkaitan dengan kesiapan sekolah, seperti belajar membaca dan menulis. 4. Fase kanak-kanak tengah dan akhir anak bersiap sekolah Anak sudah terlibat dalam kegiatan akademis di fase kanak-kanak Fase kanak-kanak tengah dan akhir adalah masa pertumbuhan manusia yang berlangsung sejak umur 6-11 tahun. Pada tahapan ini, anak umumnya sudah menguasai keterampilan dalam membaca, menulis, dan berhitung. Ia juga terlibat dalam kegiatan akademis, interaksi sosial dengan teman di sekolah, dan mulai memerhatikan pencapaian prestasi. Ketika dipuji, Si Kecil akan mengembangkan rasa bangga dan kompeten. Namun, ketika gagal, ia akan merasa rendah diri. 5. Fase remaja Fase remaja adalah tahapan pertumbuhan manusia yang merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak ke dewasa. Sebenarnya pre pubertas sudah terjadi pada usia pada usia 7-8 tahun dan sudah masa pubertas akan selesai pada usia 14-15 tahun lalu masa remaja akan berakhir pada usia 18 tahu Dalam fase ini, terjadi proses yang disebut sebagai pubertas. Proses ini mendorong perubahan fisik yang sangat cepat, misalnya tinggi dan berat badan bertambah, membesarnya alat kelamin dan payudara, tumbuhnya rambut pada area tertentu, menstruasi atau mimpi basah, hingga perubahan pada suara. Remaja juga mulai mandiri dan mencari jati dirinya sendiri. Ia akan berpikir secara lebih logis, tapi memiliki perasaan yang sensitif. Selain itu, remaja umumnya lebih senang menghabiskan waktunya bersama teman. 6. Fase dewasa muda Fase dewasa muda membuat seseorang menjadi lebih prima Fase dewasa muda berlangsung sekitar usia 19-40 tahun. Pada tahap pertumbuhan manusia ini, telah tercapai kematangan dalam berbagai aspek. Fokus kehidupan di masa dewasa muda terletak pada pekerjaan, pernikahan, dan keluarga. Orang-orang dalam fase ini juga lebih prima, mandiri, dapat bertindak secara bertanggung jawab untuk diri sendiri ataupun orang lain, dan mempertimbangkan konsekuensi yang akan dihadapi atas perbuatan Anda. 7. Fase dewasa tengah Fase dewasa tengah adalah tahap pertumbuhan manusia yang terjadi di usia 40-60 tahun. Pada masa ini, Anda berfokus untuk membesarkan anak, bekerja, dan ikut berkontribusi dalam masyarakat. Namun, kondisi Anda tidak seprima sebelumnya. Wanita juga cenderung mengalami menopause di fase ini. 8. Fase lansia (dewasa akhir) lansia mengalami penuaan Fase lansia ditandai dengan proses penuaan Fase dewasa akhir adalah masa pertumbuhan dan perkembangan manusia yang mengalami kemunduran. Tahap ini terjadi pada usia 60 tahun ke atas. Anda akan mengalami proses penuaan, yang ditandai dengan kulit menjadi keriput, massa tubuh berkurang, sampai menurunnya daya tahan fisik. Fungsi kognitif dan psikomotorik lansia juga mengalami kemunduran. Anda mungkin tidak mudah memahami perkataan seseorang, aktivitas menjadi terbatas, dan kurang cekatan. Selain itu, lansia cenderung berfokus pada spiritual untuk bersiap menghadapi kematian. Jadikan cerita narasi
Jawaban:
Masa prenatal adalah periode awal perkembangan manusia yang dimulai sejak konsepsi, yaitu ketika ovum wanita dibuahi oleh sperma laki-laki sampai dengan waktu kelahiran seorang individu. Pada periode ini terjadi perkembangan yang relative singkat, namun pada periode inilah terjadi perkembangan yang sangat cepat dalam diri individu.
Pada pertengahan tahun 1940 dimulai untuk mengetahui segala kejadian pada masa prenatal yang sangat penting untuk dapat memahami secara utuh pola perkembangan yang normal. Masa prenatal bukan saja merupakan periode khusus dalam rentang kehidupan manusia, tetapi juga merupakan periode yang sangat menentukan (Hurlock, 1980).
Sebelum adanya pengakuan dari para tokoh psikologi barat terhadap masa prenatal ini, tokoh psikologi timur khususnya para tokoh psikologi Islam telah lebih dulu menetapkan periode prenatal ini sebagai periode awal perkembangan individu. Beberapa ayat Al-Qur’an dan Hadist Nabi, menjadi landasan utama para psikologi Islam, yang telah memberikan informasi tentang dimulainya kehidupan manusia sejak janjin berada dalam kandungan ibunya. Dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi secara tidak langsung telah disebutkan bahwa selama periode prenatal ini individu tidak hanya mengalami perkembangan fisik melainkan juga mengalami perkembangan psikologis.
Para ahli psikologi perkembangan meyakini bahwa kehidupan manusia dimulai dari bertrmunya sel sperma laki-laki dan sel telur wanita. Sel sperma bergabung dengan sel telur (ovum) dan menghasilkan satu bentuk satu sel yang telah dibuahi, yang disebut zygot ,nutfah. sperma dan sel telur dibuat oleh sel-sel perkembangbiakan yang disebut sel benih (germ cell). Sel-sel ini mengandung 46 kromosom yang didapatkan dari sperma ayah dan ovum ibu yang dibentuk menjadi 23 pasang. Setiap satu kromosom terdiri satu kromosom ayah dan satu kromosom ibu.
Dalam pembuahan yang normal, ovum berada dalam salah satu tabung falopi yang bergerak dari satu ovarium ke Rahim. Setelah satu sperma memasuki ovum, permukaan ovum langsung berubah sehingga tidak ada lagi sperma yang dapat masuk. Bila satu sperma telah menembus dinding ovum, mka inti sel saling mendekat. Membaran yang mengelilingi masing-masing pecah, dan kedua inti bersatu (Seifert & Hoffnung, 1994).
Semua itu memperkuat anggapan yang menyatakan bahwa perkembangan dan kehidupan manusia dimulai dari masa prenatal, yakni sejak terjadinya pembuahan sel telur wanita dan sel sperma laki-laki dan terbentuknya zigot.
Para ahli psikologi perkembangan membagi periode prenatal atas tiga tahapan perkembangan, yaitu, 1) tahap germial (germinal stage), 2) tahap embrionik (embryonic stage), dan 3) tahap janin (fetus stage) (Seifert & Hoffnung, 1994). Berikut akan dijelaskan mengenai masing-masing tahapan tersebut.
8. (1) Cerita dalam film 5 Elang sangat mudah dipahami oleh penonton. Film ini merupakan drama anak yang cocok ditonton oleh keluarga, khususnya bagi anak-anak karena ceritanya yang menarik. Film ini dibintangi oleh anggota grup vokal remaja, yaitu Coboy Junior yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Para pemain tersebut berakting dengan baik dan natural karena memang disesuaikan dengan usia mereka. (2) Selain ada kelebihan, film tersebut juga tidak lepas dari kekurangan. Karena film ini bertema tentang dunia anak-anak dan pelajar, ada beberapa adegan yang mencontohkan sikap kurang disiplin dan kurang sopan, seperti mengenai pemakaian atribut sekolah yang kurang rapi. Ada pula adegan ketika Anton sedang mengunyah makanan di depan kakak pembina sambil berdiri. Hal ini tentu kurang layak dijadikan sebagai contoh bagi anak-anak dan pelajar. (3) Selain itu, jika dilihat secara teknis, pengambilan gambar mealui kamera sering tidak stabil. Hal ini menyebabkan gambar terlihat kurang tertata seperti yang terjadi pada adegan Baron dan Rudi berjalan bersama. Hal ini juga memengaruhi penglihatan dan konsentrasi penonton sast ini menyaksikan film. (4) Namun, dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tersebut, film 5 Elang tetap layak ditonton karena banyak pesan moral yang bisa dipelajari oleh penonton, khususnya anak-anak. Dengan akting para pemain yang memukau, serta rangkaian adegan yang juga penuh kelucuan dan pelajaran, film ini cukup bagus untuk dinikmati. Film ini juga menjadi warna tersendiri bagi dunia perfilman Indonesia karena saat ini penonton sudah jarang melihat tontonan keluarga yang mendidik.14. Berdasarkan isinya, kutipan teks tersebut dapat diklasifikasikan sebagai teks ulasan karya berupa ….A. filmB. sastraC. teaterD. musik15. Bukti tekstual yang menunjukkan sikap penulis ulasan yang sangat mengapresiasi film 5 elang adalah …A. Banyak adegan dalam film tersebut yang kurang layak dijadikan sebagai contoh bagi anak-anak dan pelajar.B. Beberapa adegan kurang disiplin dan kurang sopan, seperti mengenai pemakaian atribut sekolah yang kurang rapi.C. Film ini dibintangi oleh anggota grup vokal remaja, yaitu Coboy Junior yang sudah banyak berkiprah di dunia perfilman.D. Film 5 Elang tetap layak untuk ditonton karena banyak pesan moral yang bisa dipelajari oleh penonton, khususnya anak-anak.16. Penafsiran dan simpulan penulis ulasan dalam teks tersebut diungkapkan pada paragraf nomor ….A. (1) dan (2)B. (1) dan (3)C. (2) dan (3)D. (3) dan (4)17. Pernyataan yang mendukung keunggulan akting pemain berdasarkan teks tersebut adalah …A. Selain pandai menyanyi, kepandaian berakting anggota Coboy Junior juga terlihat dalam film anak berjudul 5 Elang.B. Peran tokoh yang dimainkan oleh anggota coboy Junior ini sesuai dengan usia mereka yang masih anak-anak.C. Kelima tokoh dalam film ini berperan sebagai anggota Pramuka yang sedang mengikuti perkemahan.D. Tokoh yang diperankan oleh anggota Coboy Junior dalam film ini adalah Rusdi, Anton, dan Aldi.18. Teks yang isinya berupa penilaian terhadap kualitas suatu karya baik dari kelebihan maupun kekurangan disebut teks ….A. UlasanB. Cerita ulangC. EksplanasiD. Persuasi19. Bagian identitas pada ulasan film terdiri atas ….A. nama film, pengarang, dan penerbitB. judul film, sutradara, dan nama produser filmC. judul film, pemain, dan harga tiketD. durasi, tahun produksi, dan jumlah penonton
Jawaban:
maap klo salah
14. a
15. d
16. d
17. b
18. a
19. c
9. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sesuai dengan materi yang telah kamu pelajari!PPKn (3.3) Skor 201. Bacalah teks bacaan berikut untuk mengerjakan soal nomor 1!Kisah Nur Maliyanti Berkreasi Dengan Limbah KardusMenjalani bisnis memang tidak ada yang pernah menduga sebelumnya. Pengalaman ini terjadi padaNur Maliyanti. Demi memenuhi keinginan anak berperan menjadi robot, di tahun 2014, Nur berupayamembuatkan karakter Iron Man dari kardus berkas. Tak disangka, putra sulungnya langsung girang. Darisitulah wanita yang berjuluk Ibu Kardus asal Bandung ini mulai ketagihan membuat mainan dari kardus”Saya belajar sendiri, melihat contoh di internet,” ujar Nur kepada KONTAN.Salah satu sumber inspirasi Nur dari Pinterest. Berbagai contoh karya di aplikasi tersebut iakombinasikan dengan ide pribadi hingga tercipta karya yang unik.Salah satu karya apik yang pernah ia buat adalah topeng kardus karakter dinosaurus, lengkap dengan gigitajam dan sirip di bagian punggung. Setelah membuat karya itu, rekan Nur mulai menawar untuk mengisiworkshop kerajinan kardus bagi anak-anak pada 2015.Sejak saat itu, Nur rutin memberikan pelatihan cara membuat kerajinan kardus di berbagai kotaAwalnya pelatihan diberikan hanya untuk anak-anak. Lambat laun, pelatihan juga diberikan untuk orangtua.Tuliskan sikap positif seorang wirausahawan yang bisa kita teladani dari sosok Ibu Nur Maliyanti!,, jawab dong kaa
Jawaban:
SIKAP POSITIF NUR MALIYANTI:
mempunyai imajinasi yang kuat
dapat mendaur ulang limbah barang menjadi barang yang bermanfaat bagi semua orang
Penjelasan:
kita harus mencontoh sikap positif Nur maliyanti
10. Pasien Lupa Orang Tua karena Kecanduan Ponsel Kamis, 17 Okt 2019 Selain di Bandung Barat, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr. Arif Zainudin Surakarta juga menerima pasien kecanduan ponsel. Tahun ini, jumlah pasien tersebut semakin meningkat. Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Anak Remaja RSJD dr. Arif Zainudin Surakarta, Aliyah Himawati, mengatakan fenomena tersebut sudah terjadi sejak tiga tahun lalu. Namun belakangan, fenomena tersebut memang makin marak. “Tiga tahun lalu ada tapi sedikit. Sejak tahun ajaran baru ini ada sekitar 35 anak remaja. Sehari ada 1-2 anak yang berobat,” kata Aliyah, Kamis (17/10/2019). Kondisi gangguan kejiwaan mereka berbeda-beda. Pasien dengan kondisi yang sangat parah bahkan tidak mengakui dan menganiaya orang tuanya. “Orang tuanya tidak dianggap. Dia bilang kalau dia itu turun dari langit. Isi pikirannya itu yang ada di gim itu, bahasanya bahasa di gim itu,” ujarnya. Kebanyakan pasien tersebut kecanduan gim ekstrem. Mereka tidak mau makan hingga tak mau sekolah. Kalaupun sekolah, mereka ingin segera pulang untuk bermain gim. “Ada yang niat ke sekolah itu untuk main gim. Karena di sekolah ada wifi gratis. Sedangkan di rumah sudah diputus orang tuanya,” kata Aliyah. Penanganan pasien kecanduan ponsel ini dilakukan sesuai dengan gejalanya. Pertama, pasien harus mengakui jika dirinya kecanduan ponsel. Setelah itu, pasien diberi obat. “Kondisi kecanduan ini membuat cairan otak atau kerja saraf tidak seimbang. Langkah farmakoterapi atau pemberian obat ini yang paling cepat bisa menyeimbangkan,” ujar dia. Kemudian pasien akan menjalani terapi perilaku. Secara berangsur, dosis obat juga diturunkan. “Untuk pasien rawat jalan, kita evaluasi dua minggu sekali. Mereka kita beri kontrak kegiatan. Sehari ngapain saja. Sehari pegang ponsel itu hanya dua jam,” katanya. Sebagai langkah pencegahan, dia mengimbau kepada orang tua agar menjauhkan ponsel dari anak sejak dini. Saat ini banyak orang tua yang mengenalkan ponsel terlalu dini. Pertanyaan Kaidah kebahasaan yang ada dalam teks diatas.
Teks dalam pertanyaan tersebut termasuk ke dalam teks berita. maka kaidah kebahasaannya adalah :
Fokus terhadap peristiwa Menggunakan verba pewartaMenggunakan verba transitifMenggunakan kalimat langsung dan tidak langsungTerdapat keterangan waktu dan tempat kejadian.
< p>Penjelasan:
Teks berita adalah teks yang melaporkan peristiwa yang sedang terjadi.
Struktur yang terdapat dalam teks berita adalah :
Judul (Headline)Teras (Lead)Tubuh (Body)
Baca materi terkait di https://brainly.co.id/tugas/10526077
#BelajarBersamaBrainly
11. A} MENULIS IKLANtuliskan iklan baris sesuai dengan ilustrasi berikut !!1. sebuah perusahaan kain membutuhkan seorang sopir dengan ketentuan sebagai berikut :- ijazah minimal SMP- usia maksimal 24 tahun- bisa mengemudi mobil- memiliki SIM A umum- tidak buta warna yang berminat harap mengirimkan lamaran lengkap dan dikirim ke PT Murahjaya Jalan Sudirman 22 Malang paling lambat Lina hari setelah iklan ini dimuat.2. Untuk biaya Rumah Sakit anaknya, Ismail akan menjual sepeda motor Satria F miliknya melalui iklan baris. sepeda motor berwarna putih tersebut buatan tahun 2014. ditawarkan dengan harga Rp 15.5 juta. yang berminat supaya menghubungi nomor telepon 081 000 111.3. bimbingan belajar ANAK HEBAT membutuhkan guru les mata pelajaran bahasa Inggris untuk SMP. tentor yang dibutuhkan minimal sarjana bahasa Inggris dan memiliki etos kerja tinggi. yang berminat harap mengirimkan lamaran ke bimble ANAK HEBAT Jalan Patimura 34 SurabayaB} MENULIS SLOGAN Tulislah slogan berdasarkan ilustrasi berikut !1. sekolah akan mengadakan lomba kebersihan dan keindahan antar kelas. sementara anak-anak dikelasmu masih banyak yang membuang sampah sembarangan. untuk itu kamu menulis slogan yang kamu pasang di dinding kelasmu2. Meskipun sering diadakan operasi tertib pakaian, masih banyak anak yang tidak tertib berpakaian. masih banyak anak yang tidak memakai atribut lengkap. untuk itu sekolah memasang slogan agar anak-anak sadar akan pentingnya tertib berpakaian.3. Di desa Masihmundur masih banyak anak usia sekolah yang belum bersekolah. mereka lebih senang bermain-main atau membantu orangtua daripada sekolah. kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anaknya masih sangat rendah. berkait dengan hal tersebut pemerintah daerah memasang slogan di desa tersebut agar masyarakat sadar masyarakat sadar akan pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya.C} MENULIS POSTER Tulislah Poster sesuai dengan ilustrasi berikut !1. akhir-akhir ini sering terjadi banjir. hal itu disebabkan adanya penebangan hutan di daerah pegunungan secara liar. pemerintah berusaha untuk menyadarkan warga agar ikut melestarikan hutan. untuk itu pemerintah memasang poster dibeberapa tempat.2. berdasarkan penelitian, pelajar yang merokok semakin meningkat. anak-anak sekolah dasarpun ada sebagian yang sudah mengkonsumsi rokok. untuk itu tiap sekolah diharapkan memasang poster anti rokok.3. warga desa Hastina yang terkena demam berdarah semakin bertambah. setelah diadakan kunjungan, ternyata warga desa kurang memperhatikan kebersihan lingkungan. sampah berserakan dimana-mana. untuk itu pemerintah memasang poster agar warga desa sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan
Jawaban:
panjang banget…………
12. kutukan sepelelekutukan sering digambarkan mengerikan akan tetapi kutukan yang tidak menakutkan kadang justru membawa dampak besar membuat kita harus mengorbankan sesuatu yang berharga anak perempuan yang Sangat gemar bermain games Setiap hari dia bermain game setidaknya 5 jam sekitar 4 tahun yang lalu seorang peramal datang ke rumah Aleta peramal itu memberitahu sesuatu kepada Pak Budi ayah anak bapak terkena kutukan kata Paranormal itu tapi bagaimana mungkin kutukan apa tanya Pak Budi jika anak bapak bermain game yang akan terjatuh beberapa jam setelah ia selesai bermain kutukan ini dimulai 3 tahun Lagi kata peramal itu apa ada yang bisa dilakukan untuk mencegahnya Untuk sekarang saya belum bisa membantu sekitar 3 tahun lagi saya akan datang dengan solusi untuk mencegah kutukan itu setiap si peramal Baiklah terima kasih Kata Pak Budi dengan nada sedikit tiga tahun kemudian peramal itu datang kembali dengan solusi Bagaimana dengan air mata sendiri sekolah Namanya hampir selalu di ranking bawah sering dimarahi dan dihukum guru karena tidak serius dan sukar melamar saat pelajaran game favoritnya adalah Adventure to Paris semakin lama waktu yang dihabiskan untuk bermain semakin banyak seiring dengan itu nilai yang diperoleh semakin buruk jika dulu kita mampu memperoleh nilai terendah 70 kadang-kadang 85 beruntung sekarang hanya mampu memperoleh nilai tertinggi 50 bahkan ada dua ulangan matematika dan 1 ulangan IPS yang sama sekali tidak dikerjakan dan berakhir dengan Dimarahi guru kembali peramal tiba peramal itu bilang kalau ada dua cara menghentikan kutukan tersebut sudah menderita selama 6 bulan karena kutukan tersebut menderita Ndak nya 7 atau 8 kali jatuh hari lebih parah lagi jatuhnya bukan di tempat empuk seperti biasa melainkan juga di tempat keras seperti di jalanan depan rumah yang belum diaspal cara yang ditawarkan oleh promotor tersebut cukup sulit untuk dilakukan adalah cara pertama adalah tidak boleh bermain game selama 1 tahun jika melanggar dampaknya ada bisa terjauh 15 kali jelas menolaknya Yang kedua juga tak kalah sulit harus dapat nilai 80 ujian PKN IPS Bahasa Indonesia serta 75 di ujian IPA dan 90 guru matematika semakin lama ku tuh kan itu bertambah parah jumlah jadi bertambah dua kali lipat maksudnya pak Budi tak punya pilihan lagi setiap pulang sekolah tadi kurung di kamar ini tampak Game apapun 1 tahun berlalu dan tersebut Akhirnya lepas yang ditabung terlepas dari kutukan mengurangi waktu game dan jadi dia belajar kini nama dan selalu bisa ditemukan di ranking top 5.pertanyaan1. orientasi pada cerita fantasi di atas terdapat pada paragraf a 2 b 3 c 4 d 5
Jawaban:
A. 1
maaf kalo salah soalnya biasanya orientasi terletak oada awal kalimat:-)
13. 1. Konrad Lorenz memberikan istilah _____ untuk menggambarkan sebuah pembelajaran yang terjadi secara cepat dan mengandung unsur bawaan (innate) tentang kelekatan atau attachment yang terjadi terhadap sebuah objek yang bergerak yang pertama dilihat a. conditioning b. imprinting c. internalizing d. impressing 2. Dalam perspektif Konrad Lorenz, imprinting perlu terjadi dalam sebuah periode yang khusus dan sangat awal dalam hidup binatang, atau kalau sudah melewati periode tersebut, imprinting tidak akan terjadi sama sekali. Periode yang dimaksud disebut ____. a. receptive period b. sensitive period c. critical period d. bonding period 3. John Bowlby memberikan gambaran tentang aplikasi penting dari pandangan etologi tentang perkembangan manusia dimana beliau menekankan bahwa kelekatan atau attachment dengan pengasuh _____ memiliki konsekuensi yang penting di sepanjang kehidupan. a. dalam 2 tahun pertama kehidupan b. dalam paruh pertama dalam hidup c. selama masa kanak-kanak d. dalam 1 tahun pertama kehidupan 4.Ketika ketrampilan motorik anak-anak berkembang, mereka menemukan affordances yang baru. a. Benar b. Salah 5.Anak mampu memberikan fokus yang berbeda saat ingin menyeberang jalan, mencari cemilan favoritnya waktu di supermarket, main sepakbola dan membaca buku. Hal ini menggambarkan perkembangan dalam menyesuaikan kebutuhan untuk memberikan perhatian (attention) dengan keadaan berdasarkan pengalaman yang baik (berhasil menghindar tertabrak kursi) dan yang kurang baik (tertabrak kursi). a. Benar b. Salah
a benar maaf kalo salah
Penjelasan:
maaf kalo salah
14. Putri keempat Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan GKR Hemas ini sejak kecil akrab dengan teknologi. Tugasnya sebagai Penghageng di Tepas Tandha Yekti, Keraton Yogyakarta mempunyai misi untuk menjaga kekayaan tradisi melalui pemanfaatan teknologi. GKR Hayu kecil senang bermain puzzle, Lego, video games, dan permainan merakit. Hingga saat ini pun, bermain games masih menjadi salah satu hobi yang digemarinya. Dalam beberapa kesempatan, Gusti Hayu memuji ayahandanya yang tidak pernah membatasi jenis permainan yang hanya boleh dilakukan oleh anak perempuan. Bahkan Sri Sultan sangat mendukung Jeng Abra (nama panggilan GKR Hayu kecil) untuk belajar komputer. Setelah menamatkan pendidikan dasar di Yogyakarta, Jeng Abra menimba ilmu di Brisbane Adventist College, Australia. Sempat mengenyam pendidikan selama satu tahun di SMA Negeri 3 Yogyakarta, beliau akhirnya melanjutkan sekolah menengah di International School of Singapore. Sejak kecil hingga remaja, selain bermain komputer ia lebih suka mengikuti perlombaan terbuka yang tidak dinilai oleh juri. Beliau tidak ingin mendapatkan perlakuan istimewa karena sikap orang cenderung berubah apabila mengetahui bahwa dirinya adalah putri Sultan Yogyakarta. Alhasil, kegiatan berkuda dan sepatu roda menjadi pilihannya. Yang terakhir bahkan pernah mengantarkannya menjadi juara dalam Kejuaraan Nasional Sepatu Roda tahun 1992 untuk kategori speed skating. Dari Singapura pilihan menempuh studi berikutnya jatuh ke Amerika Serikat. GKR Hayu remaja sempat menjalani studi S1 di jurusan Computer Science, Stevens Institute of Technology, New Jersey, AS. Karena merasa tidak begitu menguasai bidang pemrograman, beliau akhirnya pindah ke ke jurusan Information System Management di Bournemouth University, Inggris. Pada tahun 2007, Jeng Abra sempat magang di Microsoft Indonesia sebagai syarat menamatkan studi sarjana. Setelah lulus setahun kemudian, bekerja di sebuah perusahaan perangkat lunak pengembang aplikasi perbankan sebagai Project Manager. Selain itu, beliau juga tercatat pernah bekerja di salah satu perusahaan pembuat games di Indonesia. Suka duka dalam dunia pekerjaan pernah ia rasakan. Termasuk harus mengikuti kemauan client yang tidak mudah, berjibaku dengan tenggat waktu, hingga perlakuan yang kadang tidak memihak kepada perempuan yang masuk dalam industri teknologi yang masih sangat didominasi oleh laki-laki. Pada tahun 2012 GKR Hayu didapuk sebagai pemimpin divisi IT dan dokumentasi di keraton yang berjuluk Tepas Tandha Yekti. Divisi ini bertugas mendokumentasikan seluruh kekayaan budaya keraton agar terus lestari, dapat dinikmati dan dipelajari melalui jalur-jalur yang lebih bisa diterima oleh generasi muda. Ke depan, GKR Hayu ingin lebih mendekatkan apa yang ada di keraton kepada masyarakat. Misalnya belajar menari, menulis jawa, dan lainnya dengan media teknologi seperti online tutorial. GKR Hayu berharap semoga budaya jawa hidup dengan versi modern tanpa meninggalkan filosofi aslinya. 1. Apakah kamu setuju dengan sikap GKR Hayu dalam memodernisasi keraton Jogja? Jelaskan pendapatmu 2. Hal-hal positif apa yang bisa kamu contoh dari kisah pada artikel di atas? Boleh ada yang bantu ga? JANGAN ASAL ASALAN!! JANGAN ASAL ASALAN
Jawaban:
1.Setuju,karena walau dia suka bermain game dia mempelajarinya lebih mendalam dan bekerja di perusahaan perangkat lunak pengembang aplikasi perbankan sebagai Project Manager dan juga menjadi salah satu perusahaan pembuat games di Indonesia
2.Walau dia seorang putri dari sri sultan hamengku buwono X dia tidak sombong
Penjelasan:
15. Please Cepat Di Jawab Pada saat pukul 10.40, jarum panjang menunjuk angka . . . . (A) 7 (B) 8 (C) 9 (D) 10 Dua puluh menit setelah pukul 09.50 adalah pukul . . . . (A) 10.40 (B) 10.30 (C) 10.20 (D) 10.10 Jumlah hari dalam dua minggu ada . . . hari 6 bulan = . . . minggu (A) 27 (B) 26 (C) 25 (D) 24 1 tahun + 10 bulan = . . . bulan (A) 24 (B) 23 (C) 22 (D) 21 3 hari + 6 jam = . . . jam (A) 77 (B) 78 (C) 79 (D) 80 Dani belajar selama 1 jam 40 menit. Dani belajar selama . . . menit (A) 80 (B) 90 (C) 100 (D) 110 Marina membantu ibu memasak di dapur. Ibu mulai masak pukul 09.20. Pukul 10.10 masakan itu matang. Waktu yang diperlukan untuk memasak adalah . . . menit. (A) 55 (B) 50 (C) 45 (D)40 Miranda mengerjakan tugas dari sekolah selama 1 jam 25 menit mulai pukul 17.30. Miranda selesai mengerjakan tugas pada pukul . . . . (A) 21.55 (B) 20.55 (C) 19.55 (D) 18.55 Ranti bersepeda menuju rumah temannya pukul 16.00. Setelah bersepeda selama 30 menit, Ranti beristirahat selama 15 menit. Ranti melanjutkan perjalanan kembali selama 20 menit sampai di rumah temannya. Ranti tiba di rumah temannya pukul . . . . (A) 17.00 (B) 17.05 (C) 17.10 (D) 17.15 Dina berkunjung ke taman bermain bersama teman-temannya. Perjalanan ditempuh dalam waktu 45 menit. Jika berangkat pukul 08.30, ia sampai ke tempat tujuan pada pukul . . . . (A) 09.15 (B) 09.20 (C) 09.25 (D) 09.30 Gracia berangkat ke sekolah pukul 06.30. Butuh waktu 25 menit untuk sampai di sekolah. Gracia tiba di sekolah pukul . . . . (A) 06.45 (B) 06.50 (C) 06.55 (D) 07.00 Ibu Duma gemar olah raga jalan pagi di taman. Setelah 15 menit melakukan pemanasan ia lanjut berjalan selama 1 jam. Ibu Duma melakukan kegiatan olah raga di taman selama . . . menit (A) 70 (B) 75 (C) 80 (D) 85 Hari ini anak-anak mulai libur. Jodi akan bermain ke rumah temannya. Jodi berangkat pukul 09.00. Lama perjalanan ke rumah temannya 45 menit. Ia bermain selama 2 jam. Jodi pulang dari rumah temannya untuk kembali ke rumah pada pukul . . . . (A) 11.15 (B) 11.25 (C) 11.35 (D) 11.45 Yang bener jangan asal report
Jawaban:
1. b. 8
2. d. 10.10
3. 14 hari
4. b. 26 minggu
5. c. 22 bulan
6. b. 78 jam
7. c. 100 menit
8. b. 50 menit
9. d. 18.55
10. b. 17.05
11. a. 09.15
12. c. 06.55
13. b. 75 menit
14. d. 11.45
semoga membantu:)
16. Ekstrakulikuler atau pelajaran tambahanSaat ini banyak sekolah yang menerapkan jam- jam tambahan kegiatan di sekolah, seperti ekstrakulikuler dan les. Jam-jam tambahan tersebut memang memiliki dampak positif dan negatifnya sendiri-sendiri. Lalu, manakah yang lebih penting untuk menunjang prestasi siswa? Ekstrakuliuer atau pelajaran tambahan.Ada yang berpikiran bahwa sebaiknya jam tambahan siswa diisi dengan kegiatan ekstrakulikuler. Salah satu wadah pembinaan siswa disekolah adalah kegiatan ekstrakulikuler. Melalui kegiatan ekstrakulikuler siswa dapat mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya.Kegiatan ekstrakulikuler dapat meningkatkan kecerdasan. Melalui kegiatan ekstrakulikuler siswa dapat bertambah wawasan mengenai mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pelajaran diruang kelas , dan biasanya yang membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler adalah guru bidang studi yang bersangkutan. Melalui kegiatan ekstrakulikuler juga siswa dapat menyalurkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki. Biasanya siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler akan terampil dalam berorganisasi, mengelola, memecahkan masalah sesuai karakteristik ekstrakulikuler yang digeluti.Pendapat yang disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Penambahan jam belajar dinilai positif. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memutuskan penambahan jam belajar siswa pada tahun ajaran baru 2014/2015.Anak-anak yang sekolah
full day, kegiatannya lebih terkontrol daripada yang setengah hari. Apalagi, lingkungan saat ini sudah berubah daripada lingkungan zaman dulu. Tambahan jam belajar itu tidak akan membebani siswa. Contohnya anak yang bersekolah setengah hari, saat pulang ke rumah ayah dan ibunya tidak ada karena masih sibuk bekerja, akibatnya anak tak ada yang mengawasi. Dengan demikian, mereka terkadang memilih bermain di luar rumah dan tidak terkontrol. Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa tambahan jam belajar di skolah leebih menguntungkan bagi siswa terutma untuk menunjang prestasi .akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secara akademis. Banyak juga dampak psitif yang diterima siswa jika mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang sesuai bakat mereka.Untukitu perlu adanya pengontrolan yang baik bagi para siswa dalam mengikuti ekstrakulikuler agar tidak menganggu proses pembelajaran yang lain. Dan untuk siswa itu sendiri sebaiknya membagi agar semunya bisa berjalan dengan baik.1. agar kegiatan ekstrakulikuler tidak mengganggu kegiatan belajar, apa yang perlu dilakukan2. apa yang harus dilakukan oleh siswa untuk menyeimbangkan antara kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler
Jawaban:
1.Sebaiknyasiswamembagiwaktuagarsemuanyabisaberjalandgnlancar
2.membagiwaktu
Penjelasan:
semoga membantumaaf klo salah
1.kegiatan ekstrakulikuler dilakukan pada sore hari
2.siswa harus pandai mengatur waktu
Penjelasan:
semoga bermanfaat
17. A.Tulislah iklan baris sesuai dengan ilustrasi berikut!!1. sebuah perusahaan kain membutuhkan seorang sopir dengan ketentuan sebagai berikut ;- ijazah minimal SMP -usia maksimal 24 tahun -bisa mengemudikan mobil -memiliki SIM A umum -tidak buta warna 2.untuk biaya rumah sakit anaknya, Ismail akan menjual sepeda motor Satria F miliknya melalui iklan baris. sepeda motor berwarna putih tersebut buatan tahun 2014. ditawarkan dengan harga Rp 15,5 juta. yang berminat supaya menghubungi nomor telepon 081 000 1113.bimbingan belajar ANAK HEBAT membutuhkan guru les mata pelajaran bahasa Inggris untuk SMP. yang dibutuhkan minimal sarjana bahasa Inggris dan memiliki etos kerja tinggi. yang berminat harap mengirimkan lamaran ke bimbel ANAK HEBAT Jalan Patimura 34 Surabaya.B.Tulislah slogan berdasarkan ilustrasi berikut!1.Sekolah akan mengadakan lomba kebersihan dan keindahan antar kelas sementara anak-anak di kelasmu masih banyak yang membuang sampah sembarangan untuk itu kamu menulis slogan yang kamu pasang di dinding kelasmu.2.meskipun sering diadakan operasi tertib Pakaian, masih banyak anak yang tidak tertib berpakaian. masih banyak anak yang tidak memakai atribut lengkap. untuk itu sekolah memasang slogan agar anak-anak sadar akan pentingnya tertib berpakaian.3. di desa masihmundur masih banyak anak usia sekolah yang belum bersekolah.mereka lebih senang bermain-main atau membantu orang tua daripada sekolah.kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anaknya masih sangat rendah. berkait dengan hal tersebut pemerintah daerah memasang slogan di daerah tersebut agar masyarakat sadar akan pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya.C.Tulislah poster sesuai dengan ilustrasi berikut !1.akhir-akhir ini sering terjadi banjir. hal itu disebabkan adanya penebangan hutan di daerah pegunungan secara liar. pemerintah berusaha untuk menyadarkan warga agar ikut Melestarikan hutan untuk itu pemerintah memasang poster di beberapa tempat.2.berdasarkan penelitian, pelajar yang merokok semakin meningkat. anak-anak Sekolah Dasar pun ada sebagian yang sudah mengkonsumsi rokok. untuk itu tiap sekolah diharapkan memasang poster anti rokok.3.warga desa hastina yang terkena demam berdarah semakin bertambah. setelah diadakan kunjungan, ternyata warga desa kurang memperhatikan kebersihan lingkungan. sampah berserakan dimana-mana. untuk itu pemerintah memasang poster agar warga desa sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.
bagian C
1.Lestarikanlah Hutan Dan Tidak Menebang Pohon Sembarangan
2.Berhentilah Merokok Sekarang Juga
3.Buanglah Sampah Pada Tempatnya Agar Tidak Menyebarkan Penyakit
18. Bacalah teks biografi berikut! Dewi Sartika dilahirkan dari keluarga priyayi Sunda, Nyi Raden Rajapermas dengan Raden Somanagara. Meskipun bertentangan dengan adat waktu itu, ayah-ibunya bersikukuh menyekolahkan Dewi Sartika di sekolah Belanda. Setelah ayahnya wafat, Dewi Sartika diasuh oleh pamannya (kakak ibunya) yang menjadi patih di Cicalengka. Oleh pamannya itu, ia mendapatkan pengetahuan mengenai kebudayaan Sunda, sementara wawasan kebudayaan Barat didapatkannya dari seorang nyonya Asisten Residen berkebangsaan Belanda. Sedari kecil, Dewi Sartika sudah menunjukkan bakat pendidik dan kegigihan untuk meraih kemajuan. Sambil bermain di belakang gedung kepatihan, ia sering memperagakan praktik di sekolah, belajar baca-tulis, dan bahasa Belanda, kepada anak-anak pembantu di kepatihan. Papan bilik kandang kereta, arang, dan pecahan genting dijadikannya alat bantu belajar. Waktu itu, Dewi Sartika baru berumur sekitar sepuluh tahun, ketika Cicalengka digemparkan oleh kemampuan baca-tulis dan beberapa patah kata dalam bahasa Belanda yang ditunjukkan oleh anak-anak pembantu kepatihan. Gempar, karena waktu itu belum ada anak (apalagi anak rakyat jelata) yang memiliki kemampuan seperti itu, dan diajarkan oleh seorang anak perempuan. Setelah remaja, Dewi Sartika kembali lagi kepada ibunya di Bandung. Jiwanya yang telah dewasa semakin menggiringnya untuk mewujudkan cita-citanya. Hal ini didorong pula oleh pamannya, Bupati Martanagara, yang memang memiliki keinginan yang sama. Tetapi, meski keinginan yang sama dimiliki oleh pamannya, tidak menjadikannya serta merta dapat mewujudkan cita-citanya. Adat yang mengekang kaum wanita pada waktu itu, membuat pamannya mengalami kesulitan dan khawatir. Namun karena kegigihan semangatnya yang tak pernah surut, akhirnya Dewi Sartika bisa meyakinkan pamannya dan diizinkan mendirikan sekolah untuk perempuan. Tahun 1906, Dewi Sartika menikah dengan Raden Kanduruan Agah Suriawinata, dari pernikahannya itu ia memiliki putra bernama R. Atot, yang merupakan Ketua Umum BIVB, sebuah klub sepak bola yang merupakan cikal bakal dari Persib Bandung.[butuh rujukan] Suami dari Dewi Sartika memiliki visi dan cita-cita yang sama dengan Dewi Sartika, guru di sekolah Karang Pamulang, yang saat itu merupakan sekolah Latihan Guru. Sejak 1902, Dewi Sartika sudah merintis pendidikan bagi kaum perempuan. Di sebuah ruangan kecil, di belakang rumah ibunya di Bandung, Dewi Sartika mengajar di hadapan anggota keluarganya yang perempuan. Merenda, memasak, jahit-menjahit, membaca, menulis dan sebagainya, menjadi materi pelajaran saat itu Usai berkonsultasi dengan Bupati R.A. Martenagara, pada 16 Januari 1904, Dewi Sartika membuka Sakola Istri (Sekolah Perempuan) pertama se-Hindia-Belanda
. Tenaga pengajarnya tiga orang : Dewi Sartika dibantu dua saudara misannya, Ny. Poerwa dan Nyi. Oewid. Murid-murid angkatan pertamanya terdiri dari 20 orang, menggunakan ruangan pendopo kabupaten Bandung. Setahun kemudian, 1905, sekolahnya menambah kelas, sehingga kemudian pindah ke Jalan Ciguriang, Kebon Cau. Lokasi baru ini dibeli Dewi Sartika dengan uang tabungan pribadinya, serta bantuan dana pribadi dari Bupati Bandung. Lulusan pertama keluar pada tahun 1909, bahasa sundabisa lebih mememenuhi syarat kelengkapan sekolah formal. Pada tahun-tahun berikutnya di beberapa wilayah Pasundan bermunculan beberapa Sakola Istri, terutama yang dikelola oleh perempuan-perempuan Sunda yang memiliki cita-cita yang sama dengan Dewi Sartika. Pada tahun 1912 sudah berdiri sembilan Sakola Istri di kota-kota kabupaten (setengah dari seluruh kota kabupaten se-Pasundan). Memasuki usia ke-sepuluh, tahun 1914, nama sekolahnya diganti menjadi Sakola Kautamaan Istri (Sekolah Keutamaan Perempuan). Kota-kota kabupaten wilayah Pasundan yang belum memiliki Sakola Kautamaan Istri tinggal tiga/empat, semangat ini menyeberang ke Bukittinggi, di mana Sakola Kautamaan Istri didirikan oleh Encik Rama Saleh. Seluruh wilayah Pasundan lengkap memiliki Sakola Kautamaan Istri di tiap kota kabupatennya pada tahun 1920, ditambah beberapa yang berdiri di kota kewedanaan. Bulan September 1929, Dewi Sartika mengadakan peringatan pendirian sekolahnya yang telah berumur 25 tahun, yang kemudian berganti nama menjadi “Sakola Raden Déwi”. Atas jasanya dalam bidang ini, Dewi Sartika dianugerahi bintang jasa oleh pemerintah Hindia-Belanda. Dewi Sartika meninggal 11 September 1947 di Tasikmalaya, dan dimakamkan dengan suatu upacara pemakaman sederhana di pemakaman Cigagadon-Desa Rahayu Kecamatan Cineam. Tiga tahun kemudian dimakamkan kembali di kompleks Pemakaman Bupati Bandung di Jalan Karang Anyar, Kabupaten Bandung. pertanyaan 1. Apa gaya penulisan teks biografi tersebut? 2.Apa fokus penceritaannya?
a.urutan waktu
b. cerita bakat dewi sartika dan pendidikan yg ditempuh1 . latar waktu yg teratur
2. biografi atau biodata dewi sartika
#smoga mmbantu
#jgn lupa jawaban trcdrdas.x
19. Pilihlah salah satu jawaban yang benar ! 1. Sebagai ungkapkan rasa syukur kita atas segala ni’mat dan karunia Allah maka kita buktikan dengan cara … A. Banyak bermain hp. B. Malas belajar C. Banyak nonton YouTube. D. Selalu mengawali segala pekerjaan dengan membaca basmalah dan mengakhirinya dg kalimat hamdalah. 2. Perhitungan tahun (kalender) yang ditetapkan sejak dilahirkannya nabi Isa Al-Masih dikenal dengan tahun Masehi , sedangkan perhitungan tahun yang ditetapkan sejak hijrahnya nabi Muhammad dari kota Mekkah ke kota Madinah disebut…. A. Kalender jawa B. Kalender Masehi C. Kalender Hijriyah D. Kalender saka. 3. Bulan Muharram adalah bulan yang dimuliakan, dan dibulan ini ada suatu hari yang sangat Allah muliakan karena hampir semua para nabi/ Rasul mendapatkan pertolongan Allah bertepatan pada hari ke 10 di bulan Muharram. Hari kesepuluh di bulan Muharram disebut dg istilah… A. Hari Muharram B. Hari ‘asyuuro C. Hari tasyrik D. Hari ‘arofah. 4. Pada hari Asyura nabi Adam as diterima taubatnya, nabi Musa terbebas dari kejaran Fir’aun, dan nabi Ibrahim ….. A. Sembuh dari penyakit kulit. B. Tongkatnya dapat membelah lautan. C. Selamat dari kobaran api. D. Keluar dari perut ikan. 5. Ketika dalam perjalanan hijrah ke Madinah nabi Muhammad menemui dua orang anak yatim yang tidak memiliki tempat tinggal, maka ketika itu oleh Baginda nabi anak yatim itu dibuatkan rumah, n peristiwa itu terjadi pada tanggal 10 bulan Muharram. Oleh sebab itu maka setiap hari Asyura banyak orang yang menjadikannya sebagai hari…. A. Bersejarah B. Kemenangan C. Kebahagiaan D. Lebaran yatim
Jawaban:
1.d
2.c
3.a
4.c
4.A atau d
Penjelasan:
maaf kalo salah
jadiin paling cerdas ya kalo bisa
20. 1. Beruang kutub sangat bergantung pada es. Mereka hidup di atas es hampir sepanjang tahun. Lapisan es mereka gunakan sebagai pijakan untuk mencari makan dan membesarkan anaknya.Apa ide pokok dari teks bacaan tersebut ?2. Cermati kedua teks berikutTeks 1Buku merupakan salah satu sumber belajar yang sangat diperlukan siswa. Saat inibanyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan buku. Jika siswa tidak mampumembeli buku karena harganya mahal, siswa dapat memfotocopy dan menjilid nyaTeks 2Saat ini harga buku sangat mahal. Padahal buku adalah sarana yang sangat pentingbagi siswa namun siswa tidak perlu khawatir melalui internet siswa dapat mengunduhbuku yang diinginkannya.Tuliskan perbedaan isi ke-2 teks tersebut! 3. Cermati kalimat-kalimat acak berikut1. Liburan minggu depan kami akan mulai mengerjakannya2. Tak ada satu pohon pun tumbuh di sana.3. Kami ingin melakukan penghijauan4. Halaman rumah kami terlihat gersangSusunlah kalimat acak tersebut menjadi paragraf narasi yang tepat !4. Cermati paragraf berikutTaman safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Keunikan tempat Pariwisata ini adalah pengunjungnya dapat berkeliling ke berbagai tempat dengan mobil pribadi atau naik bus yang sudah disediakan. Hewan-hewan tersebut memberi makanan berinteraksi langsung pengunjung juga bisa dengan cara.Susunlah kembali kalimat yang bergaris bawah sehingga menjadi kalimat yang benar ! 5. ayah mengajak dodi dan anjani jalan-jalan ke pantai balekambang di malang. Tulislah kembali kalimat tersebut dengan ejaan yang benar !6. Pelangi merupakan salah satu peristiwa alam yang indah. Pada abad ke-17 ilmuwan Inggris Isaac Newton (1642-1727), menemukan bahwa cahaya putih matahari sebenarnya adalah campuran dari cahaya berbagai warna. Setelah mencermati bacaan tersebut di atas, Buatlah satu kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya siapa.7. Bacalah teks berikutSekolah merupakan tempat belajar dan bermain. Saat belajar sebaiknya bersungguh-sungguh belajar. Saat waktunya bermain bermainlah sepuasnya di sekolah. Belajar dan bermain yang seimbang membuat kita bahagia.Tulislah kesimpulan paragraf tersebut !8. Cermati penggalan teks pidato berikutMarilah kita ucapkan (. . .), Sehingga kita dapat berkumpul bersama di acara ini dalam keadaan sehat walafiatTuliskan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut9. Cermati paragraf berikutRani seorang anak yang rajin dan tekun. Rani selalu bersemangat dalam mengikuti pelajaran yang ada di sekolah. tidak hanya belajar di sekolah, Rani pun selalu belajar setiap malam hari di rumahnya. Orang tua Rani sangat bangga, karena Rani bisa mempertahankan ketekunannya dan selalu menjadi juara kelas.Hal apa yang akan terjadi jika Rani malas belajar ?10. Cermati cerita berikutHari ini, aku dan teman-teman mengikuti pelajaran olahraga. Kami dipandu oleh pak guru melakukan senam. Setelah selesai melakukan senam aku merasakan tubuhku sehat dan bugar. Aku menceritakan yang kurasakan kepada pak guru. Pak guru pun menjelaskan bahwa itulah manfaat melakukan senam. Tuliskan amanat yang terkandung dalam cerita tersebut!
Jawaban:
1.Beruang kutub berkembang biak dan hidup di atas lapisan es
2.Teks 1=menyarankan siswa untuk memfotocopy dan menjilid dari pada harus membeli dengan harga yang sangat mahal
Teks 2=menyarankan siswa untuk mengunduh materi dari Hp anroid masing2 untuk belajar
3.4-3-2-1 (Urutin sendiri ya kalimatnya)
4. (maaf di situ ga ada garis bawahnya)
5.Ayah mengajak Dodi dan Anjani jalan2 ke pantai Balekambang di Malang
6.Siapa ilmuan Inggris yg menemukan bahwa cahaya p
utih matahari mengandung campuran cahaya berbagai warna
7.-Ada waktu untuk bermain di sekolah
-Ada waktu untuk berlajar bersungguh sungguh
8.Hamdallah (Alhamdulillah)
9.-Rani tidak dapat menjadi juara kelas
-Orang tua Rani kecewa karena Rani malas untuk belajar
10.Jika ingin mendapat tubuh yg sehat dan bugar maka harus melakukan senam dengan sungguh2
Itu yg dapat saya bantu
Kalau ada yg salah saya minta maaf