Mencari Informasi Tentang Penerapan Sistem Pemerintah Di Negara Lain

Fatih.co.id

Mencari Informasi Tentang Penerapan Sistem Pemerintah Di Negara Lain
Mencari Informasi Tentang Penerapan Sistem Pemerintah Di Negara Lain

Mencari Informasi tentang Penerapan Sistem Pemerintahan Di Negara lain??

Daftar Isi

1. Mencari Informasi tentang Penerapan Sistem Pemerintahan Di Negara lain??

Jawaban:

Salah satu informasi tentang penerapan sistem pemerintahan di negara lain adalah penerapan sistem monarki parlementer di Inggris.

Pada sistem ini, kepala negara tetap berasal dari raja atau ratu. Sementara kepala pemerintahan berasal dari dan dipilih dari kalangan parlemen.

Penjelasan:

Sistem pemerintahan adalah sistem yang digunakan untuk menjalankan pemerintahan di sebuah negara. Selain monarki parlementer, terdapat pula sistem pemerintahan lain seperti presidensial. Pada sistem ini, baik kepala negara maupun kepala pemerintahan dijabat oleh presiden dan dipilih langsung oleh rakyat.

Pelajari lebih lanjut tentang materi sistem pemerintahan pada https://brainly.co.id/tugas/10608467

#BelajarBersamaBrainly

2. mencari informasi tentang pe
nerapan sistem pemerintah di negara lain​

Jawaban:

Mencari informasi tetang penerapan sistem pemerintahan di negara lain

Jawab :

Berikut adalah beberapa contoh penerapan sistem pemerintahan di negara lain :

1. Presidensial

Sistem presidensial atau yang dimana biasa disebut dengan sistem pemerintahan presidensiil adalh sebuah merupakan sebuah sistem kongresional yang dimana adalah sebuah sistem dari pemerintahan dari sebuah negara republik yang dimana dalam pemilihan dari pelaksana dalam kekuasaan eksekutif kemudian dipilih dengan cara melalui pemilihan umum dan melkaukan kegiatan yang dimana terpisah dengan sebuah kekuasaan legislatif. Untuk melaksanakan sebuah kegiatan sistem presidensial, maka sebuah pemerintahan mimiliki tiga macam unsur yang dimana merupakan :

a. Sebuah Presiden atau kepala negara adalah pihak eksekutif yang dimana dipilih oleh rakyat itu sendiri.

d. Sebuah Preisden atau kepala negara secara bersamaan memiliki jabatan yang dimana sebagai sebuah kepala negara dan juga sebuah kepala pemerintahan yang dimana dalam batannya dapat melakukan pengangkatan terhadap berbagai macam pejabat dan juga pelaksana dari sebuah pemerintahan yang terkait.

c. Sebuah Presiden atau kepala negara memiliki jaminan terhadap kewenangan dan juga adanya legilatif yang dimana terdapat dalam UUD dan juga konstitusi.

2. Persemakmuran

Negara persemakmuran adalah sebuah bentuk dari suatu dari persatuan yang dimana didalam hal ini secara sukarela hal tersbeut melibatkan berbagai negara yang dimana kemudian berdaulat yang dimana dalam hal ini pernah dilakukan penjajahan oleh negara yang dimana berada dalam jajahan dari pemerintah Inggris. Kemudian, tetapi tidak semua anggota dari negara persemakmuran ini secar sukarela bahwa Ratu Inggris yaitu Elizabeth II adalah seorang kepala negara. Kemudian, negara yang dimana kemudian diambil sebagai kepala negara kemudian dikenal sebagai sebuah kerajaan persemakmuran. Dalam hal ini, kebanyakan dari negara persemakmuran adalah sebuah negara Republik dan juga sebagian dari negara persemakmuran memiliki monarkinya sendiri. Tetapi tetap dalam hal ini seluruh anggota dari persemakmuran kemudian memberikan anggapan bahwa Ratu Elizabeth II adalah sebagai seorang ketua dari persemakmuran di dunia.

3. Monarki / Kerajaan

Monarki adalah sebuah sistem pemerintahan yang dimana tertua yang ada di dunia. Dalam sebuah sistem pemerintahan monarki, pemimpin hanya berada pada satu orang penguasa monarki itu sendiri.

4. Kesultanan

Kesultanan adalah sebuah bentuk yang dimana mirip dengan monarki, tetapi pemerintahan berbasis Islam

Lainnya tentang sistem pemerintahan :

brainly.co.id/tugas/9572213

brainly.co.id/tugas/952833

brainly.co.id/tugas/938546

Kelas : 9

Pelajaran : PPKN

Kategori : Sistem Pemerintahan

Kata Kunci : Presidensial, Persemakmuran, Monarki

3. mencari informasi tentang penerapan sistem pemerintah di negara lain

Jawaban:

semoga membantu

Penjelasan:

maaf kalau salah

4. CARIKAN informasi tentang penerapan sistem pemerintah DPD. klarifikasikan negara mana saja yang menerapkan sistem pemerintahan parlementer, semiparlementer, dan presidensial. Lakukan lah analisis terhadap DPDtolong please​

Jawaban:

menghendaki sistem pemerintahan negara yang dia nut

adalah sistem presidensial wakil presiden adalah sederajan dengan perlemen (DPR)

Penjelasan:

maaf ya kalo salah

5. kalian sudah tahu mempelajari sistem pemerintahan yang pernah terjadi di Indonesia. untuk hari ini penerapan sistem pemerintahan di negara lain yang berlaku saat ini, lakukanlah kerja kelompok untuk;1. mencari informasi tentang penerapan sistem pemerintah di negara lain;2. klasifikasi negara mana saja yang menerapkan sistem pemerintah parlementer, semi parlementer, dan presidensial;3. pilih salah satu negara yang menerapkan sistem pemerintah parlementer, semi parlementer,dan presidensial;4. lakukanlah analisis terhadap masing-masing negara tersebut, dilihat dari tugas pokok lembaga-lembaga negara serta hubungan antar lembaga negara;5. buatlah laporan secara tertulis, kemudian presentasikan di depan kelas;​

Jawaban:

Sistem pemerintahan di dunia:

1. Presidensial

Dalam sistem pemerintahan ini, presiden menjabat sebagai kepala pemerintahan sekaligus kepala negara.

Contoh: Argentina, Brasil

2. Parlementer

Pada negara lain, ada pula yang menggunakan sistem parlementer dimana presiden hanya menjadi kepala negara. Sehingga menggunakan bentuk kabinet parlementer dimana Presiden akan menunjuk PM dari parlemen.

Contoh: Inggris, Swiss

3. Semi parlementer

Ciri:

• Menteri diangkat presiden

• Perdana menteri diintervensi (dicampurtangani) oleh presiden

• Kabinet dibentuk oleh presiden

• Menteri menteri secara perorangan dan keseluruhan bertanggung jawab kepada parlemen

• Presiden berkedudukan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

contoh: Armenia, Republik Demokrasi Kongo

6. Ayo, bacalah teks berikut dengan saksama! (Penerapan Sistem Taman Paksa pada Masa Pemerintahan Kolonial Belanda) Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, Gubernur Van den Bosch memperkenalkan sistem taman paksa. Sistem tanan paksa pertama kali diperkenalkan di Jawa dan dikembangkan di daerah-daerah lain di luar Jawa. Sistem tanam paksa atau cultuurstelser adalah sebuah aturan yang mewajibkan setiap desa menyisihkan tanahnya untuk dilanami tanaman wajib. Tanaman wajib adalah tanaman perdagangan yang laku di dunia internasional, seperti kopi, teh, lada, kina, dan tembakau. Rakyat dipaksa untuk bekerja dan menanam tanaman wajib tanpa mendapat imbatan… Tujuan sistem tanam paksa adalah memperoleh pendapatan sebanyak mungkin dalam waktu relatif singkat untuk mengisi kekosongan kas Belanda yang pada saat itu terkuras habis akibat perang. Ciri utama dari pelaksanaan sistem tanam paksa adalah keharusan bagi rakyat untuk membayar pajak dalam bentuk pajak in natura, yaitu dalam bentuk hasil- hasil pertanian mereka. Ketentuan-ketentuan sistem tanam paksa, terdapat dalam staatsblad (lembaran negara) No. 22 tahun 1834. Ketentuan-ketentuan tentang
tanam paksa ternyata hanya tertulis di atas kertas saja. Dalam kenyataannya, pelaksanaan tanam paksa (cultuurstelsel) banyak terjadi penyimpangan karena berorientasi pada kepentingan imperialis. Tanam paksa yang diterapkan Belanda di Indonesia ternyata mengakibatkan aksi penentangan. Berkat adanya kecaman dari berbagai pihak, akhirnya pemerintah Belanda menghapus tanam paksa secara bertahap. Salah satu tokoh Belanda yang menentang sistem tanam paksa adalah Douwes Dekker dengan nama samaran Multatuli. Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepat! 1. Apa informasi penting yang kalian dapatkan dari teks di atas? 2. Apa yang kalian ketahui tentang sistem taman paksa? 3. Siapa yang menerapkan sistem taman paksa? 4. Mengapa diterapkan sistem taman paksa di Indonesia? 5. Carilah kosakata baru yang sebelumnya belum pernah kalian temui! Kemudian, carilah arti kosakata tersebut di KBBI!​

Jawaban:

1.Dari teks di atas, kita dapat mengetahui bahwa sistem taman paksa atau cultuurstelser adalah sebuah aturan yang diterapkan pada masa pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia. Sistem ini memaksa setiap desa untuk menyisihkan tanahnya untuk tanaman wajib seperti kopi, teh, dll. Tanaman wajib ini harus ditanam oleh rakyat dan hasilnya harus digunakan untuk membayar pajak in natura. Sistem taman paksa diterapkan untuk memperoleh pendapatan sebanyak mungkin untuk mengisi kekosongan kas Belanda akibat perang.

2.Sistem taman paksa adalah sebuah aturan yang mewajibkan setiap desa menyisihkan tanahnya untuk dilanami tanaman wajib. Tanaman wajib adalah tanaman perdagangan yang laku di dunia internasional. Rakyat dipaksa untuk bekerja dan menanam tanaman wajib tanpa imbalan dan membayar pajak dalam bentuk pajak in natura.

3.Sistem taman paksa diterapkan oleh pemerintah Belanda pada masa pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia. Gubernur Van den Bosch memperkenalkan sistem ini pertama kali di Jawa dan kemudian dikembangkan di daerah-daerah lain di luar Jawa.

4.Sistem taman paksa diterapkan di Indonesia untuk memperoleh pendapatan sebanyak mungkin dalam waktu relatif singkat untuk mengisi kekosongan kas Belanda yang pada saat itu terkuras habis akibat perang.

5.Kosakata baru yang belum pernah kita temui adalah:

•cultuurstelser

•in natura

•staatsblad

Arti kosakata tersebut di KBBI:

•cultuurstelser: sistem tanam paksa

•in natura: dalam bentuk bahan asli

•staatsblad: lembaran negara.

7. mencari informasi tentang penerapan sistem pemerintah dinegara lain?minta tolong jawab dengan komplit dan beda dari yang lain jawabanya​

Jawaban:

-presidensial

-persemakmuran

-monarki atau kerajaan

-kesultanan

Penjelasan:

semaga bermanfaat

8. Tugas Kelompok 3.2Kalian sudah mempelajari sistem pemerintahan yang pernah terjadidi Indonesia. Untuk membandingkan penerapan sistem pemerintahan dinegara lainyang berlaku saat ini, lakukanlah kerja kelompok untuk:1. mencari informasi tentang penerapan sistem pemerintah di negara lain;2. klasifikasikan negara mana saja yang menerapkan sistem pemerintahanparlementer, semiparlementer, dan presidensial;3. pilih salah satu negara yang menerapkan sistem pemerintahanparlementer, semiparlementer, dan presidensial;4. lakukanlah analisis terhadap masing-masing negara tersebut,dilihat dari tugas pokok lembaga-lembaga negara serta hubunganantarlembaga negara;5. buatlah laporan secara tertulis, kemudian presentasikan di depan kelas!Mohon di bantu kk!​

Jawaban:

pemerintahan neraga indonesia

9. carikan informasi tentang penerapan sistem pemerintah DPD. klarifikasikan negara mana saja yang menerapkan sistem pemerintahan parlementer, semiparlementer, dan presidensial. Lakukan lah analisis terhadap DPD TOLONG CARIKAN UNTUK DPD SJA!​

Jawaban:

Negara yang menerapkan sistem pemerintahan presidensial adalah Indonesia, Amerika Serikat, Swiss, Cina, Filipina, Brazil, Argentina.

Penjelasan:

semoga membantu ^_^

10. Mencari informasi tetang penerapan sistem pemerintahan di negara lain

Mencari informasi tetang penerapan sistem pemerintahan di negara lain

Jawab :

Berikut adalah beberapa contoh penerapan sistem pemerintahan di negara lain :

1. Presidensial

Sistem presidensial atau yang dimana biasa disebut dengan sistem pemerintahan presidensiil adalh sebuah merupakan sebuah sistem kongresional yang dimana adalah sebuah sistem dari pemerintahan dari sebuah negara republik yang dimana dalam pemilihan dari pelaksana dalam kekuasaan eksekutif kemudian dipilih dengan cara melalui pemilihan umum dan melkaukan kegiatan yang dimana terpisah dengan sebuah kekuasaan legislatif. Untuk melaksanakan sebuah kegiatan sistem presidensial, maka sebuah pemerintahan mimiliki tiga macam unsur yang dimana merupakan :

a. Sebuah Presiden atau kepala negara adalah pihak eksekutif yang dimana dipilih oleh rakyat itu sendiri.

d. Sebuah Preisden atau kepala negara secara bersamaan memiliki jabatan yang dimana sebagai sebuah kepala negara dan juga sebuah kepala pemerintahan yang dimana dalam batannya dapat melakukan pengangkatan terhadap berbagai macam pejabat dan juga pelaksana dari sebuah pemerintahan yang terkait.

c. Sebuah Presiden atau kepala negara memiliki jaminan terhadap kewenangan dan juga adanya legilatif yang dimana terdapat dalam UUD dan juga konstitusi.

2. Persemakmuran

Negara persemakmuran adalah sebuah bentuk dari suatu dari persatuan yang dimana didalam hal ini secara sukarela hal tersbeut melibatkan berbagai negara yang dimana kemudian berdaulat yang dimana dalam hal ini pernah dilakukan penjajahan oleh negara yang dimana berada dalam jajahan dari pemerintah Inggris. Kemudian, tetapi tidak semua anggota dari negara persemakmuran ini secar sukarela bahwa Ratu Inggris yaitu Elizabeth II adalah seorang kepala negara. Kemudian, negara yang dimana kemudian diambil sebagai kepala negara kemudian dikenal sebagai sebuah kerajaan persemakmuran. Dalam hal ini, kebanyakan dari negara persemakmuran adalah sebuah negara Republik dan juga sebagian dari negara persemakmuran memiliki monarkinya sendiri. Tetapi tetap dalam hal ini seluruh anggota dari persemakmuran kemudian memberikan anggapan bahwa Ratu Elizabeth II adalah sebagai seorang ketua dari persemakmuran di dunia.

3. Monarki / Kerajaan

Monarki adalah sebuah sistem pemerintahan yang dimana tertua yang ada di dunia. Dalam sebuah sistem pemerintahan monarki, pemimpin hanya berada pada satu orang penguasa monarki itu sendiri.

4. Kesultanan

Kesultanan adalah sebuah bentuk yang dimana mirip dengan monarki, tetapi pemerintahan berbasis Islam

Lainnya tentang sistem pemerintahan :

https://brainly.co.id/tugas/9572213

https://brainly.co.id/tugas/952833

https://brainly.co.id/tugas/938546

Kelas : 9

Pelajaran : PPKN

Kategori : Sistem Pemerintahan

Kata Kunci : Presidensial, Persemakmuran, Monarki

11. Tugas Kelompok 3.2 Kalian sudah mempelajari sistem pemerintahan yang pernah terjadi di Indonesia. Untuk membandingkan penerapan sistem pemerintahan di negara lain yang berlaku saat ini, lakukanlah kerja kelompok untuk: 1. mencari informasi tentang penerapan sistem pemerintah di negara lain; 2. klasifikasikan negara mana saja yang menerapkan sistem pemerintahan parlementer, semiparlementer, dan presidensial; 3. pilih salah satu negara yang menerapkan sistem pemerintahan parlementer, semiparlementer, dan presidensial; 4. lakukanlah analisis terhadap masing-masing negara tersebut, dilihat dari tugas pokok lembaga-lembaga negara serta hubungan antarlembaga negara; 5. buatlah laporan secara tertulis, kemudian presentasikan di depan kelas!​

Jawaban:

iya saya sudah pernah kerja kelompok

12. 1. pada masa order baru pemerintah berhasil menekan tingginya infalsi dari 560% menjadi 15% selahun melakui penerapan kebijakan,diantaranya adalah…A. stabilitas dan regabilitas ekonomiB. memperbesar pinjaman keluar negeriC. pelaksanaan pembangunan jangka panjangD. meningkatkan mutu pendidikan dan supremasi hukum2. upaya pemerintah order baru untuk menciptakan stabilitas politik luar negeri adalah…A. perbaikan ekonomiB. pembentukan ASEANC. pembersihan kabinet dari PKID. pembubaran patrai komunis indonesia3. perhatikan beberapa pernyataan berikut!1) setibanya dijakarta soekarno dan muhammad hatta segera melakukan pertemuan dengan anggota PPKI2) soekarno dan muhammad hatta kembali ke jakarta setelah mendengar pernyataan ahmad subarjo3) golongan muda terus mendesak untuk segera melaksanakan kemardekaan4) golongan muda mengamankan soekarno dan muhammad hatta ke rengas dengklok.urutasn peristiwa rengas dengklok berdasarkan beberapa pernyataan diatas adalah…A. 1)-2)-3)-4)-5)B. 2)-3)-4)-5)-1)C. 3)-4)-5)-2)-1)D. 4)-5)-3)-2)-1)4. Tujuan utama diberlakukannya MEA adalah…A. meminimalisir hambatan dalam hubungan ekonomi antarnegaraB. menghapuskan bea masuk dalam perdagangan antarnegaraC. menghapuskan hambatan dalam perdagangan antarnegaraD. memantau penyelenggaraan perdagangan antarnegara5. pasar bebas membuka kesempatan bagi negara-negara produsen untuk melakukan kerja sama. sebaliknya, bagi negara berkembang berfungsi sebagai…A. peluang kebebasan penuh bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi B. penyedia bahan baku dan merangsang penggunaan barang serta faktor produksiC. penyedia informasi secara lebih terperinci mengenai harga dan jumlah barangD. pemberi insentif bagi pengusaha untuk mengembangkan bisnis6. perdagangan bebas dilakukan dengan menerapkan beberapa kebijakan, antara lain…A. akses kepasar dibuat aturan bersamaB. informasi pasar sangat teratur dan terarahC. menggunakan mata uang bersama dan pajak rendahD. perdagangan barang dan/atau jasa tanpa pajak termasuk tarif7. pusat-pusat keunggulan diindonesia memberi pengaruh besar dalam berbagai bidang kehidupan, diantaranya adalah bidang pendidikan. upaya yang dilakukan pemerintah terkait dengan masalah tersebut adalah…A. mengganti kurikulum pendidikan secara periodikB. memberikan pekerjaan yang layak kepada lulusan perguruan tinggiC. menyempurnakan kurikulum sesuai dengan perkembangan zaman D. membangun sarana dan prasarana pendidikan yang modern ke seluruh pelosok daerah8. perhatikan beberapa pernyataan berikut!(1) memiliki hampir semua faktor produksi(2) terdapat taman laut nasional bunaken(3) dijuluki pulau seribu sungai sebagai objek wisata(4) mengandalkan bidang pariwisata(5) memiliki beberapa daerah penghasil batik(6) sektor perkebunan kakao merupakan komoditas utama.Berdasarkan beberapa pernyataan tersebut, merupakan ciri keunggulan wilayah pulau jawa-kalimantan ditunjukkan angka…A. (1),(2)dan (3)B. (1),(3) dan (5)C. (2),(4) dan (6)D. (4),(5) dan (6)9. perhatikan keterangan berikut!(1) menonjolkan keunggulan produk(2) menawarkan harga yang bersaing(3) menciptakan produk yang berbeda(4) mencari kejelekan produk negara pesaing(5) mencontoh hasil produk negara lain yang lebih unggul(6) menawarkan harga jual dengan serendah-rendahnya.Upaya yang dapat dilakukan untuk menghadapi persaingan dalam perdagangan internasional adalah…A. (1),(2) dan (3)B. (1),(3) dan (5)C. (2),(4) dan (6)D. (4),(5) dan (6)10. teori keunggulan komparatif yang dikemukan oleh David Ricardo menyatakan bahwa suatu negara dapat memproduksi produk tertentu secara…A. lebih cepat dan murahB. lebih murah dan efisienC. cepat dan tepatD. baik dan benar11. terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif, pemerintah memiliki peranan penting untuk menunjang sistem ekonomi yang berbasis pada ekonomi kerakyatan. peranan pemerintah tersebut diatur dalam UUD 1945 pasal…A. 23 ayat (1)B. 33 ayat (1)C. 33 ayat (2)D. 33 ayat (3)12. pernyataan yang tepat tentang konsep ekonomi kreatif adalah…A. sistem ekonomi baru sebagai satu-satunya alternatif masa kini dalam meningkatkan perekonomianB. perekonomian yang berbasis pada sumber daya manusia dengan memunculkan ide inovatifC. sistem ekonomi yang berfungsi menumbuh kembangkan jiwa patriotisme dan kerja kerasD. kegiatan ekonomi yang hanya memanfaatkan teknologi sebagai sumber informasi​

Jawaban:

1.d

2.b

3.c

4. D

5.b

6.a

7.c

8.b

9.b

10.d

11.a

12.c

Penjelasan:

Maaf kalo salah

13. mencari informasi tentang penerapan sistem pemerintah di negara lain?Tolong jwb ya teman2

melalui buku ‘internet

14. carikan informasi tentang penerapan sistem pemerintah DPD. klarifikasikan negara mana saja yang menerapkan sistem pemerintahan parlementer, semiparlementer, dan presidensial. Lakukan lah analisis terhadap DPD​

Jawaban:

SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA

1. Sistem Pemerintahan Indonesia Menurut UUD 1945

Pembukaan UUD 1945 Alinea IV menyatakan bahwa kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu disusun dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat. Berdasarkan Pasal 1 Ayat 1 UUD 1945, Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa bentuk negara Indonesia adalah kesatuan, sedangkan bentuk pemerintahannya adalah republik.

Selain bentuk negara kesatuan dan bentuk pemerintahan republik, Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan sebagai kepala negara dan sekaligus kepala pemerintahan. Hal itu didasarkan pada Pasal 4 Ayat 1 yang berbunyi, “Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang Dasar.” Dengan demikian, sistem pemerintahan di Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensial.

2. Pengertian Sistem Pemerintahan

Istilah sistem pemerintahan berasal dari gabungan dua kata system dan pemerintahan. Kata system merupakan terjemahan dari kata system (bahasa Inggris) yang berarti susunan, tatanan, jaringan, atau cara. Sedangkan Pemerintahan berasal dari kata pemerintah, dan yang berasal dari kata perintah. kata-kata itu berarti:

a. Perintah adalah perkataan yang bermakna menyuruh melakukan sesuatau

b. Pemerintah adalah kekuasaan yang memerintah suatu wilayah, daerah, atau, Negara.

c. Pemerintahan adalaha perbuatan, cara, hal, urusa
n dalam memerintah

Maka dalam arti yang luas, pemerintahan adalah perbuatan memerintah yang dilakukan oleh badan-badan legislative, eksekutif, dan yudikatif di suatu Negara dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan negara. Dalam arti yang sempit, pemerintaha adalah perbuatan memerintah yang dilakukan oleh badan eksekutif beserta jajarannya dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan negara. Sistem pemerintahan diartikan sebagai suatu tatanan utuh yang terdiri atas berbagai komponen pemerintahan yang bekerja saling bergantungan dan memengaruhi dalam mencapaian tujuan dan fungsi pemerintahan.

Kekuasaan dalam suatu Negara menurut Montesquieu diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu Kekuasaan Eksekutif yang berarti kekuasaan menjalankan undang-undang atau kekuasaan menjalankan pemerintahan; Kekuasaan Legislatif yang berati kekuasaan membentuk undang-undang; Dan Kekuasaan Yudikatif yang berati kekuasaan mengadili terhadap pelanggaran atas undang-undang. Komponen-komponen tersebut secara garis besar meliputi lembaga eksekutif, legislative dan yudikatif.

Jadi, system pemerintahan negara menggambarkan adanya lembaga-lembaga negara, hubungan antar lembaga negara, dan bekerjanya lembaga negara dalam mencapai tujuan pemerintahan negara yang bersangkutan.

Tujuan pemerintahan negara pada umumnya didasarkan pada cita-cita atau tujuan negara. Misalnya, tujuan pemerintahan negara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social. Lembaga-lembaga yang berada dalam satu system pemerintahan Indonesia bekerja secara bersama dan saling menunjang untuk terwujudnya tujuan dari pemerintahan di negara Indonesia.

Dalam suatu negara yang bentuk pemerintahannya republik, presiden adalah kepala negaranya dan berkewajiban membentuk departemen-departemen yang akan melaksakan kekuasaan eksekutif dan melaksakan undang-undang. Setiap departemen akan dipimpin oleh seorang menteri. Apabila semua menteri yang ada tersebut dikoordinir oleh seorang perdana menteri maka dapat disebut dewan menteri/cabinet. Kabinet dapat berbentuk presidensial, dan kabinet ministrial.

Penjelasan:

semoga membantu ^_^

Video Terkait

Bagikan: