Mengapa Air Termasuk Zat Tunggal

Fatih.co.id

Mengapa Air Termasuk Zat Tunggal

mengapa air termasuk zat tunggal?

1. mengapa air termasuk zat tunggal?

karena h2o adalah elemen yang tidak dapat diuraikan

karena air termasuk zat murni dan bukan merupakan campuran,sehingga disebut zat tunggal
maaf kalo salah

2. kenapa air termasuk zat tunggal?

Air merupakan zat tunggal karena hanya terdiri dari materi air H₂O saja tidak ada kandungan mineral seperti pada air laut atau air sungai. Air laut atau air sungai merupakan campuran karena terkandung beberapa materi didalamnya selain air.

Pembahasan

Penggolongan Materi

Materi adalah sesuatu seperti benda, objek, atau bahan yang dapat menempati ruang sehingga memiliki massa dan volume. Contoh materi yang ada disekitar kita adalah mobil, kursi, motor, meja, sepatu, batu dan lain-lain.

Penggolongan materi dibagi menjadi zat tunggal dan campuran. Zat tunggal masih dibagi dua menjadi unsur dan senyawa.

Zat tunggal

Zat tunggal dibedakan menjadi dua yaitu unsur dan senyawa. Unsur dan senyawa merupakan zat tunggal karena keduanya tidak dapat dipisahkan dengan cara fisik karena memiliki komposisi yang tetap sehingga untuk mengubah jenis dan sifatnya melalui reaksi kimia. Jika senyawa terdiri dari beberapa jenis atom, unsur hanya terdiri dari satu jenis atom saja.

Campuran

Campuran adalah penggabungan dua zat atau lebih yang sifat zat penyusunnya tidak akan berubah dan terjadi tanpa melalui reaksi kimia. Campuran dibagi menjadi dua yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

Pelajari lebih lanjut

Wujud materi brainly.co.id/tugas/8231218#Perubahan materi brainly.co.id
/tugas/30521146Penggolongan materi brainly.co.id/tugas/12611744

              [tex]\boxed{\green{\spadesuit}}\boxed{\bold{\green{Semoga~Membantu}}}\boxed{\green{\spadesuit}}[/tex]            

            [tex]\boxed{\green{\spadesuit}}\boxed{\bold{\green{Chemistry~ionkovalen}}}\boxed{\green{\spadesuit}}[/tex]

Detil Jawaban

Mapel : Kimia

Bab : Hakikat Ilmu Kimia

Kelas : X

Semester : 1

Kode : 10.7.1

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ6

3. air mineral termasuk zat tunggal yang berupa zat​

Jawaban:

cair

Penjelasan:

Jawaban:

Unsur dan senyawa

semoga bermanfaat

4. air mineral termasuk zat tunggal yang berupa ​

Jawaban:

unsur dan senyawa.

maaf kalau salah.

semoga membantu dan bermanfaat.

jangan lupa follow ya…..

5. Air garam dan sirop apakah termasuk zat tunggal

Jawaban:

tidak

dia termasuk zat campuran

Walupun rasanya sedikit asin

Maaf kalo salah

Jawaban:

tidak

Penjelasan:

karena air garam dicampur dengan air dan garam dan sirop juga tercampur dari dua benda atau lain

6. apakah air teh termasuk zat tunggal

jawabannya adalah tidak jawabanya adalah tidak

7. jelaskan mengapa emas murni termasuk zat tunggal berupa unsur dan mengapa air termasuk zat tunggal berupa senyawa​

Jawaban:

Karena rumus dari emas murni adalah Ag, dan juga ‘Ag’ ini berdiri sendiri tanpa ditemani oleh unsur lain, makanya disebut dengan Zat Tunggal

Sedangkan rumus air adalah H2O, ‘H2’ ditemani oleh ‘O’ makanya dia bukan disebut zat tunggal lagi, sekarang dia disebut Senyawa

Penjelasan:

Zat tunggal adalah zat yang hanya terdiri dari satu unsur atau satu senyawa. Pengertian lain dari zat tunggal adalah zat yang hanya terdiri dari satu jenis partikel dan memiliki struktur tetap atau konstan.

Sedangkan senyawa adalah gabungan antara 2 atau lebih daripada unsur-unsur.

8. mengapa air dan gula termasuk dalam zat tunggal ? Jelaskan !​

Jawaban:

Karena air dan gula adalah materi sejenis atau bersifat satu. Kalau sudah dicampur dengan materi lainnya, maka air dan gula tersebut bukan zat tunggal lagi, melainkan zat campuran.

Contoh zat tunggal lainnya : garam, emas 24 karat, dll.

#semoga membantu

Jawaban:

karena, air & gula merupakan zat yang terdiri atas 1 jenis materi

Maaf klo salah

9. 1. gula pasir termasuk zat tunggal atau campuran2. air santan termasuk zat tunggal atau campuran3. perak termasuk zat tunggal atau campuran ​

Jawaban:

1.campuran

2.tunggal

3.campuran

Penjelasan:

Semoga bermanfaat

Maaf klo slah

Jawaban:

1 campuran

2 tunggal

3 campura

10. Jelaskan jika suatu air dianggap tidak termasuk zat murni atau zat tunggal​

Jawaban:

Air tersusun atas zat tunggal lain yaitu atom hidrogen (H) dan atom oksigen (O). namun kombinasi kedua zat tersebut membentuk kesatuan yang baru dan sifat yang baru yang tidak dipengaruhi zat penusunnya. Oleh karena itu senyawa air adalah zat tunggal

Jawaban:

Air merupakanzat tunggaldari golongansenyawa.Air tersusunatas zat tunggal lain yaitu atom hidrogen(H)dan atom oksigen (O),namun kombinasikedua zat tersebutmembentukkesatuanyang barudam sifatyang baruyang tidakdipengaruhizat penyusunnya.Oleh karena ituzatairadalahsenyawatunggal

11. air merupakan zat tunggal yang termasuk senyawa dari​

Jawaban:

H (hidrogen) dan O (oksigen)

12. jelaskan jika suatu air dianggap tidak termasuk zat murni atau zat tunggal​

Air merupakan zat tunggal dari golongan senyawa. Air tersusun atas zat tunggal lain yaitu atom hidrogen (H) dan atom oksigen (O). namun kombinasi kedua zat tersebut membentuk kesatuan yang baru dan sifat yang baru yang tidak dipengaruhi zat penusunnya. Oleh karena itu senyawa air adalah zat tunggal.

Pembahasan

Campuran adalah kombinasi dari beberapa zat tunggal dimana unsur-unsur zat tunggal tersebut saling bernteraksi satu sama lain. Campuran dibedakan menjadi 2 macam yaitu:

Campuran Homogen yaitu campuran antara beberapa zat tunggal yang tercampur merata satu sama lain sehingga zat-zat penyusunnya suda tidak dapat dibedakan lagi. Larutan adalah jenis campuran homogen misalnya larutan air dan gula. Gula adalah zat terlarut dan air adalah pelarut karena fraksinya lebih besar. gula dan air sudah tidak bisa dibedakan dalam larutan gulaCampuran Heterogen yaitu campuran antara beberapa zat tunggal yang tidak tercampur merata sehingga zat tunggal penyusunnya masih dapat dibedakan satu sama lain, misalnya campuran antara air dan pasir. pasir tidak dapat larut dalam air sehingga antara air dan pasir masih dapat dibedakan.

Sistem koloid merupakan suatu bentuk campuran (sistem dispersi) dua atau lebih zat yang bersifat homogen namun memiliki ukuran partikel terdispersi yang cukup besar (1 – 1000 nm), sehingga mengalami Efek Tyndall. Bersifat homogen berarti partikel terdispersi tidak terpengaruh oleh gaya gravitasi atau gaya lain yang dikenakan kepadanya; sehingga tidak terjadi pengendapan. Koloid memiliki homogenitas antara
larutan dan supsensi. Koloid bersifat heterogen dan larutan bersifat homogen. Sedangkan koloid bersifat homogen dan suspensi bersifat heterogen

Koloid memiliki bentuk bermacam-macam, tergantung dari fase zat pendispersi dan zat terdispersinya. Beberapa jenis koloid:

Aerosol yang memiliki zat pendispersi berupa gas. Aerosol yang memiliki zat terdispersi cair disebut aerosol cair, contoh: kabut dan awan. sedangkan yang memiliki zat terdispersi padat disebut aerosol padat, contoh: asap dan debu dalam udara.Sol : Sistem koloid dari partikel padat yang terdispersi dalam zat cair, contoh: Air sungai, sol sabun, sol detergen, cat dan tinta.Emulsi : Sistem koloid dari zat cair yang terdispersi dalam zat cair lain, namun kedua zat cair itu tidak saling melarutkan, contoh: santan, susu, mayonaise, dan minyak ikan.Buih : Sistem Koloid dari gas yang terdispersi dalam zat cair, contoh: pada pengolahan bijih logam, alat pemadam kebakaran, beberapa jenis kosmetik, dan lainnya. Ada pula buih padat yang merupakan gas yang terdispersi dalam padat, contoh: Styrofoam, batu apung, spons, marshmallow.Gel : sistem koloid kaku atau setengah padat dan setengah cair, contoh: agar-agar, Lem.

Berikut ini adalah beberapa sifat koloid:

Adsorpsi adalah penyerapan oleh suatu permukaan partikel koloid.Elektroforesis: Partikel koloid bergerak berdasarkan medan listrik. Partikel koloid memiliki muatan, partikel koloid dengan muatan berbeda cenderung berdekatan dan membentuk gumpalan yang lebih besar sehingga terjadi koagulasiGerak brown adalah gerak acak oleh partikel koloi. partikel koloid bergerak dengan kecepatan tertentu sehingga tidak berdampak oleh grafitasiEfek Tydall (penghanmburan cahaya) : Koloid menghamburkan cahaya yang datang. misalnya cahaya matahari pada saat senja dibiaskan oleh partikel koloid di atmosfer

Pelajari lebih lanjutSistem sol di link brainly.co.id/tugas/2744113Sistem Gel di link brainly.co.id/tugas/15464159Emulsi di link brainly.co.id/tugas/6087865Detail Tambahan

Kelas : XI SMA

Mapel : Kimia

Materi : Sistem Koloid

Kode : 11.7.11

Kata Kunci : Sistem koloid, sol, gel, emulsi, aerosol

13. Kalo air susu termasuk zat tunggal??

Campuran, karena susu sudah di masukan gula

14. air termasuk zat campuran atau zat tunggal ? jelaskan​

Air termasuk sebagai Zat Tunggal

Penjelasan:

Sebelum masuk ke pembahasan tentang air, maka kita bahas terlebih dahulu tentang Campuran.

Campuran adalah suatu kondisi yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih dan masih memiliki sifat-sifat zat asalnya. Campuran dapat tersusun atas beberapa zat baik itu unsur ataupun senyawa. Adapun Komponen-komponen penyusun suatu campuran tersebut dapat dipisahkan berdasarkan sifat fisika zat penyusunnya.

Secara umum campuran terdiri dari 2 jenis, yaitu:

Campuran Homogen

merupakan suatu materi/zat yang terjadi atas dua zat atau lebih dengan partikel-partikel penyusun yang sulit atau tidak bisa dibedakan lagi. Pada campuran homogen ini juga biasa disebut sebagai larutan.

Contohnya adalah ketika kita membuat larutan gula dengan mencampur butiran gula ke dalam air, ketika diaduk secara terus menerus maka butiran gula akan terlarut dalam air dan tak tampak lagi bentuknya karena sudah menyatuk dengan bentuk materi air.

Campuran Heterogen

merupakan suatu zat/materi yang terjadi atas dua macam zat atau lebih dengan partikel-partikel penyusunnya masih dapat dibedakan satu dengan lainnya.

Contohnya adalah ketika kita membuat campuran air dan kerikil dengan mencampur kerikil kedalam air, walaupun kita aduk-aduk lama selayaknya membuat larutan gula diatas, kerikil tidak akan berubah bentuknya dan tetap akan tampak dengan jelas bentuk kerikil di dalam air.

Secara umum suatu campuran memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

Terdapat lebih dari satu zat tunggal atau lebihIsi dan Komposisinya dinamisTidak menghilangkan zat asalnya

Zat Tunggal adalah suatu zat atau senyawa yang memiliki atau terdiri dari identital tunggal atau sifat dan karakteristik yang bersifat tunggal.

contohnya adalah Emas, Perak, Besi

Berdasarkan pada penjelasan diatas, Air (H₂O) merupakan suatu zat yang bersifat satu kesatuan dengan sifat tunggal sebagai air sehingga Air digolongkan sebagai Zat Tunggal.

Beda kasus ketika kita tambahkan garam, gula, atau kopi kedalamnya maka statusnya akan berubah menjadi Campuran.

Demikian penjelasannya, semoga membantu.

Pelajari soal-soal Materi lainnya melalui link berikut:

Identifikasi Zat yang tergolong Campuran

https://brainly.co.id/tugas/28485341

Pengertian Campuran

https://brainly.co.id/tugas/28214430

Menghitung Kadar Campuran

https://brainly.co.id/tugas/10559182

Selamat Belajar dan tetap Semangat!!!

#AyoBelajar

———————————————————————————————–

Detail Jawaban:

Kelas     : X

Mapel    : KIMIA

BAB       : Materi

Kode      : 10.7.1.

————————————————————————————————

15. Apakah air gula termasuk contoh zat tunggal​

iya gula adalah zat tunggal

ya!

karena Zat murni (zat tunggal) adalah zat yang memiliki komposisi konstan (homogen) dan memiliki sifat yang sama (konsisten) di seluruh bagiannya.

16. apakah air termasuk zat tunggal? jelaskan!​

Jawaban:

Air adalah termasuk dalam golongan Zat tunggal.

Pembahasan:

(1). Zat tunggal adalah zat murni. dikatakan Zat tunggal karcna zat ini hanya terdiri atas tidak lebih dari 1 zat yang dapat diartikan sebagai Tunggal.

Contohnya:

1. air.

2. garam.

3. gula.

4. kayu.

5. oksigen.

6. besi.

7. emas.

8. kapur.

17. mengapa air mineral dalam kemasan bukan termasuk zat tunggal?​

karana air nya tawar

maaf kalau salah

Molekul penyusun daru Air mineral adalah senyawa H2O. H2O sendiri tersusun dari 2 Hidrogen dan 1 Oksigen, maka dari itu H2O itu senyawa bukan sebuah zat tunggal (unsur).

Semoga Membantu 🙂

18. Mengapa air teh bukan termasuk zat tunggal​

Jawaban:

Karena air teh adalah pencampuran teh dan air

Penjelasan:

semoga bermanfaat

maaf kalau salah

Karena Air teh Terdiri lebih dari satu zat,Sehingga air teh tidak dapat dikatakan zat tunggal,melainkan Zat Campuran,Zat campuran adalah gabungan daribeberapa zat tunggal.

Catatan:Air teh Merupakan Zat campuranHomogen.

19. air teh termasuk zat campuran atau zat tunggal

termasuk zat campuran
semoga membantu.. Termasuk zat campuran karena tersusun dari beberapa zat.

Untuk lebih jelasnya termasuk zat campuran homogen karena zat penyusunnya tidak dapat dibedakan, segala sesuatu yang berbentuk larutan maka termasuk zat campuran homogen

20. Air mineral termasuk zat tunggal yang berupa?

Air mineral termasuk zat tunggal yang berupa Senyawa

Air disebut senyawa dikarenakan air terbentuk hidrogen dan oksigen

Hidrogen = unsur

Oksigen = unsur

Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur

Video Terkait

Bagikan: