Mengapa Di Jalan Raya Sering Terjadi Kecelakaan

Fatih.co.id

Mengapa Di Jalan Raya Sering Terjadi Kecelakaan
Mengapa Di Jalan Raya Sering Terjadi Kecelakaan

Mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan?

1. Mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan?

Penyebab terjadinya kecelakaan :
1. Karena adanya jalan yang rusak atau licin
2. renovasi kendaraan yang salah
3. Kurangnya pemahaman tentang lalu lintas
4. kecepatannya melampaui kecepatan rata2 yaitu sekitar 40-50 km/jam
5. kendaraan tidak pernah diserviceKarenaa banyakk masyarakat yg sering melanggar aturan lalu lintas, jalan yg berlubang , jalan yg berliku atau menanjak… sehingga membuat kendaraan susah untuk melewati jalan tersebut.. dan terjadilah kecelakaan..

2. buat lah pertanyaan mengapa pada jalan raya contoh:mengapa sering terjadi kecelakaan di jalan raya​

Jawaban:

mengapa jalan raya ramai orang lewat?mengapa jalan raya sering macet?

mengapa jalan raya sering terjadi kecelakaan?

Jawaban:

buat lah pertanyaan mengapa pada jalan raya?

1.mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan?

2.mengapa di jalan raya bannyak sekali kendaraan yang melanggar aturan ?

3.mengapa kendaraan bermotor/mobil sering terjadi kecelakaan?

4.mengapa kita harus memakai helm saat mengendarai motor ?

5.mengapa kita harus memakai sabuk pengaman saat mengendarai mobil ?

6.mengapa di jalan raya banyak sekali polusi ?

itu jawaban nya makasih semoga membantu yah

@JADIKAN JAWABAN TERCERDAS YAHH MAKASIH

3. Mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan

karena kurang kewaspadaan dalam mengemudi dan banyak yang melanggar rambu lalulintas te
rmasuk dengan lampu lalulintas sehingga sering terjadi kecelakaan 🙂 karena para pengendara tidak berhati-hati,karena para pengendara berkendara dengan kecepatan yang tinggi dan karena pengendara tidak memperhatikan sekitarmya.

4. Jelaskan kenapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan

Jawaban:

banyaknya Pengendara jalan yg mengabaikan dan tidak mau mematuhi dan menaati aturan pengguna jalan sehingga menyebabkan dampak buruk baik diri sendiri maupun orang lain

5. Jelaskan mengapa dijalan raya sering terjadi kecelakaan​

Jawaban:

Sebab banyak orang yang melanggar peraturan lalulintas sehingga banyak terjadi kecelakaan

Penjelasan:

Taati peraturan lalulintas agar tidak ada kecelakaan lagi

Semoga bermanfaat

Jawaban:

karena banyak yang melanggar aturan seperti tidak memakai helm,bersepeda motor bonceng 3

Penjelasan:

semoga membantu dan maaf kalo salah 😀

6. jelaskan mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan

Karena kadang kadang orang tidak mentaati lalu lintaskarena pengguna jalan tersebut kemungkinan awalnya tidak mematuhi peraturan lalu lintas,bisa terjadi karena perjalanan jauh, pengemudinya ngantuk,kurang disiplin terhadap peraturan lalu lintas.

7. Jelaskan mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan

karena tidak ada rambu pembataskarena kemacetan, karena tata tertib peraturan lalu lintas kurang di perketat, dan karena banyak pengendara yang melanggar aturan lalu lintas

8. Contoh:jelaskan mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan

Jawaban:

karena orang2 yang menggunakan kendaraan di jalan raya pasti akan menambah kecepatan dan kurang berhati2 jadi timbullah kecelakaan

9. Jelaskan mengapa dijalan raya sering terjadi kecelakaan?​

1. Pengemudi kehilangan konsentrasi

Faktor ini menempati urutan pertama, karena hasil penelitian menyebut faktor ini memiliki persentase menyebabkan kecelakaan hingga 55 persen.

Pengemudi tidak fokus ke kondisi jalan saat mereka menelepon atau menerima telepon di saat mengemudi. Penyebab lainnya, karena pengemudi membaca dokumen, membaca pesan pendek, melihat kejadian di sekeliling jalan dalam waktu lama, mengatur peranti audio.

Selain itu, stres karena masalah pribadi, panik karena ulah pengendara lain, hingga terburu-buru karena ada persoalan penting yang harus segera diselesaikan juga menjadi penyebab buyarnya konsentrasi di jalan.

2. Lelah dan mengantuk

Penyebab kedua yang menjadi pemicu terjadinya kecelakaan adalah kelelahan dan mengantuk. Keduanya memiliki persentase menyebabkan kecelakaan hingga 45 persen.

Disebutkan, saraf sensorik dan motorik orang yang sangat lelah dan mengantuk menurun kepekaannya. Sehingga, selain menyebabkan tidak konsentrasi lelah dan mengantuk juga menyebabkan tingkat refleks seseorang berkurang.

Kondisi badan yang kelelahan dan mengantuk memiliki kemiripan dengan orang yang menenggak minuman beralkohol atau obat-obatan. Perbedaannya, orang yang kelelahan masih memiliki kesadaran yang sewaktu-waktu masih dikontrol dan distimulasi hingga kembali ke kesadaran penuh.

3. Pengaruh alkohol dan obat

Kondisi mabuk yang diakibatkan oleh minuman beralkohol atau obat-obatan memiliki tingkat persentase menyebabkan kecelakaan hingga 30 persen.

Menenggak alkohol atau mengkonsumsi obat-obatan (atau bahkan obat yang direkomendasi dokter) berpotensi menghilangkan kemampuan kontrol otak. Sehingga selain kesadaran hilang atau berkurang, kemampuan refleks juga merosot drastis.

Pengemudi yang mabuk cenderung kehilangan kemampuan memperhitungkan manuver, kepekaan dalam merasakan kecepatan mobil, hingga ketidakakuratan pandangan.

4. Kecepatan melebihi batas

Faktor lain yang juga kerap menjadi penyebab kecelakaan adalah pengemudi menggeber mobil dengan kecepatan yang melebihi standar yang diizinkan di jalan. Pengemudi akan kesulitan melakukan manuver dengan aman saat kondisi jalan tak memungkinkan.

Terlebih bila mobil bermasalah, seperti ban pecah atau satu di antara komponen mengalami kerusakan. Kendati produsen mobil mengatakan telah melengkapi mobil produksinya dengan seabrek peranti penunjang keselamatan, jangan pernah berspekulasi.

Pasalnya, kondisi tersebut berasumsi pada saat jalanan dalam kondisi ideal. Selain itu kondisi yang tak terduga dan dialami oleh pengemudi juga berbeda saat mobil pertama kali diuji coba oleh pabrikan.

Faktor kecepatan ini memiliki persentase menyebabkan kecelakaan hingga 30 persen. Faktor kecepatan ini juga termasuk perilaku pengemudi yang agresif dalam mengemudikan kendaraannya.

Jangan menggeber mobil dalam kecepatan tinggi dan mengabaikan tanda-tanda atau rambu lalu lintas.

5. Cuaca

Meski terlihat sepele, namun cuaca hujan deras, angin ribut, berkabut, hingga udara kering yang menyebabkan jalanan berdebu juga tercatat sebagai penyebab kecelakaan. Persentasenya mencapai 13 persen.

Guyuran air hujan selain menyebabkan keterbatasan pandangan juga menjadikan kemampuan ban untuk mencengkeram lintasan juga berkurang. Terlebih bila kendaraan yang berada di depan atau belakang tidak memiliki kewaspadaan yang tinggi atau bermasalah.

Di negara-negara tropis seperti Indonesia, faktor cuaca seperti hujan memiliki tingkat potensi tinggi memicu terjadinya kecelakaan.

6. Komponen tak beres

Faktor ini kerap tidak disadari oleh pemilik atau pengguna mobil. Terlebih bila pemilik atau pengguna mobil tidak memiliki kepekaan untuk mendeteksi ada tidaknya permasalahan di satu komponen mobil.

Padahal, faktor ini memiliki persentase menyebabkan kecelakaan hingga 10 – 14 persen. Beberapa kerusakan komponen yang paling sering terjadi adalah kanvas rem yang sudah tidak berfungsi maksimal, power steering yang terganjal sehingga kontrol kemudi tak terkendali dengan baik.

Selain itu ban pecah, sistem kontrol elektronik untuk menjaga kestabilan mobil yang rusak, hingga kabel sistem kelistrikan yang berpotensi korsleting.

Hasil penelitian NHTSA juga menunjukkan, selama ini para pemilik atau pengguna mobil jarang yang memperhatikan kondisi komponen mobil mereka. Sebagian besar di antara mereka akan membawa kendaraannya saat ada gejala yang benar-benar dirasakan atau setelah terjadi peristiwa kecelakaan.

Jawaban:

karena kelalaian para pengemudi dalam berkendara dan tidak menaati peraturan berlalu lintas dan juga takdir(naas) dari yang maha esa

Penjelasan:

semoga membantu dan diberi bintang lima ya

10. jelaskan mengapa dijalan raya sering terjadi kecelakaan

Alasan mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan ada beragam, antara lain karena pengendara tidak mematuhi peraturan lalu lintas yang ada, karena alasan teknis (kendaraan) di luar perkiraan, adanya kondisi tertentu seperti cuaca, fasilitas jalan yang tidak memadai (jalanan berlubang) dan lain sebagainya. Kecelakaan lalu lintas bisa kita kurangi dengan bersikap disiplin dan patuh pada aturan lalu lintas demi untuk keselamatan bersama.

Pembahasan

Kecelakaan yang terjadi di jalan raya per tahunnya bisa m
encapai hitungan ratusan. Nyawa yang melayang per tahunya karena kecelakaan ini bisa mencapai ribuah jiwa. Tentu angka ini sangat memprihatikan sehingga perlu untuk dikaji secara khusus agar pencegahan dan penanganan yang tepat bisa diambil. Menurut salah satu sumber, terdapat 4 penyebab spesifik utama yang menyebabkan kecelakaan di jalan raya, yakni:

Pengemudi atau pengendara mengantuk.Kendaraan mengalami kerusakan tidak terduga (rem blong misalnya).Kondisi jalan yang tidak mendukung.Kondisi alam seperti cuaca, banjir dan lain-lain.

Kecelakaan di jalan raya bisa diminimalisir jika masing-masing pengguna jalan raya memiliki kepatuhan tinggi atas peraturan berkendara yang ada. Kecelakaan juga bisa dihindari jika kewaspadaan dalam berkendara bisa dijaga.

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang manfaat dari jalan raya bagi masyarakat https://brainly.co.id/tugas/956466Materi tentang Apakah yang dapat digunakan untuk menghias Jalan Raya​ https://brainly.co.id/tugas/36227224Materi tentang Manfaat pembangunan jalan raya untuk masyarakat https://brainly.co.id/tugas/1458824

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Detail Jawaban

Kelas      : SMP

Mapel    : PPKN

Bab        : Hak dan Kewajiban

Kode      : –

#AyoBelajar

#SPJ2

11. jelaskan mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan??

kecelakaan sering terjadi di jalan raya disebabkan oleh faktor sebagai berikut:
1. orang biasanya mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi di jalan raya
2. orang sedang terburu-buru sehingga tidak hati-hati
3. orang tidak mematuhi rambu lalu lintas✔ Masyarakat yang belum sadar bahwa pentingnya mematuhi rambu – rambu lalu lintas

✔ Belum memberikan sanksi yang tegas bagi pelanggar

#Twin2121

12. jelaskan mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan

karena banyak pengendara yang suka ngebut dan tidak taat berlalu lintaskrn d jln rya,orng2 bxk d mmtuhi prturn llu lints

13. jelaskan kenapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan?​

Jawaban:

karena banyaknya kendaraan ,dan tidak hati hati juga ketika sedang berkendara:

Jawaban:

karena biasanya ada orang yang nyeberang mobil/motor ngak mau berhenti jadinya ada kecelakaan, bisa juga kecelakaan terjadi di jalan raya karena mobil/motor kenceng kenceng dijalan raya tabrakan terus terjadi kecelakaan.

Penjelasan:

semoga membantu ,maaf kalau salah

14. mengapa di jalan raya selalu terjadi kecelakaan

karena pengendara yg tidak menaati pertauran dan akhir ny terjadi kecelakaankondisi jalan buruk
ugal ugalan
terburu buru
kecapean
ngantuk
tidak menaati lampu merah
cuaca buruk
dan masih banyak lagi

15. jelaskan mengapa dijalan raya sering terjadi kecelakaan​

Jawaban:

karna melangar peraturan lalu lintas

Penjelasan:

maaf kalo salah

karena adanya pelanggaran aturan oleh pengguna kendaraan baik motor,mobil ataupun kelalaian dalam berkendara yang dapat merugikan pihak sendiri dan orang lain misalnya kecelakaan.

16. Mengapa dijalan raya sering terjadi kecelakaan ?? #selly

karena jalanan yg curam, atau kesalahan para pengguna jalan yg tidak bertanggung jawab
maaf kalo salah :’)

Menurutku sih.. 1.kondisi jalan rusak 2.cuaca buruk 3.mengantuk 4.kecapean 5.rem blong 6.tidak konsentrasi 7.melanggar lampu lalu lintas 8.melewati batas kecepatan 9.ugal-ugalan terburu-buru

17. jelaskan mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan?

karena dia sebelum naik kendaraan gak baca do’a dulu jadi gak selamet
pengendara kurang berhati-hati
kondisi jalan yg rusak
memang udah takdir 😀

18. jelaskan mengapa dijalan raya sering terjadi kecelakaan

– karena banyak orang tidak berhati-hati saat berkendaraan
– saat menyebrang tidak melihat jalan (langsung nyebrang)

19. apa solusi dari mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan

kurang disiplin dalam Lalu lintas..
hehehe afwan jika salah ya…solusi:tidak saling kebut kebutan.
karena pengguna jalan kurang disiplin

20. jelaskan mengapa di jalan raya sering terjadi kecelakaan

karena mengebut, tidak mentaati peraturan lalu lintas, ceroboh, tergesah gesah…..dan masih banyak lagi…..ada berbagai faktor yg memengaruhi
dr pribadi msing” yg krng waspada
dan kondisi jalan raya sekitarnya yg krng memungkinkan

Video Terkait

Bagikan: