Mengapa Senam Harus Dilakukan Secara Rutin

Fatih.co.id

Mengapa Senam Harus Dilakukan Secara Rutin
Mengapa Senam Harus Dilakukan Secara Rutin

Mengapa senam harus dilakukan secara rutin?

Daftar Isi

1. Mengapa senam harus dilakukan secara rutin?

> supaya kita sehat
> supaya tidak ada kesalahan pada tubuh

2. mengapa kita harus melakukan senam irama secara rutin?

agar tubuh Kita selalu sehatagar tubuh selalu sehat dan bugar

3. Mengapakah senam harus dilakukan secara rutin?

1. Untuk mengaja kebugaran tubuh

2. Menurunkan berat badan

3. Meningkatkan Kelenturan dan kebugaran

4. Membalikan serta meningkatkan daya tahan tubuh

5. Tidak mudah terserang penyakit

Untuk menjaga kesehatan Tubuh kita

4. Senam sangat bermanfaat jika dilakukan secara rutin dan benar.Alat yang biasa digunakan dalam senam
menggunakan alat adalah ….​

Jawaban:

tali atau pita, gada, simpai, bola, tongkat, bahkan bisa juga menggunakan topi.

5. Jelaskan bagaimana pelaksanaan olahraga senam ketangkasan ini jika di lakukan secara masal atau rutin

Jawaban:

Penjelasan:sangat buat kesehatan

6. Tolong bantuannya untuk pertanyaan ini, Apa manfaat jika kita secara rutin melakukan senam

Kelas: 7
Mapel: Penjaskes
Kategori: Aktivitas senam
Kata Kunci: senam
Kode: 7.22.6

Gerakan dalam senam adalah gerakan-gerakan melatih otot dan jantung jadi tidaklah mengherankan jika setelah melakukan gerakan-gerakan senam kita akan merasakan lebih bersemangat dan segar. Jika di lakukan secara teratur, maka senam ketangkasan akan meningkatkan daya tahan tubuh, melatih otot, menghindarkan kita dari lelah yang berlebihan dan membuat kita merasa lebih bugar. Tidak hanya itu, jika kita mempelajari gerakannya secara benar, makan munculah sikap disiplin dalam diri dan sikat tidak mengenal putus asa dalam diri.

soal-soal lain untuk belajar: https://brainly.co.id/tugas/14378792

7. Mengapa senam irama sebaiknya dilakukan secara rutin

Jawaban:

agar terjalin kehidupan yang sehat dan jasmani terhadap tubuh yang melakukan senam rutin itu

Penjelasan:

semoga membantu

Senam irama sebaiknya dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan secara psikis maupun fisik. Senam irama merupakan solusi untuk mengembalikan kelenturan tubuh dan otak. Tujuan senam adalah membentuk keindahan, kebugaran dan kekuatan tubuh.

Penjelasan

Senam irama disebut juga senam ritmik. Senam irama dilakukan dengan irama musik. Senam irama dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau tanpa menggunakan alat. Beberapa alat yang dapat digunakan dalam senam irama adalah ganda, simpai, tongkat, bola, pita dan topi.

Pelajari lebih lanjut materi tentang contoh senam irama pada brainly.co.id/tugas/15241107

#BelajarBersamaBrainly

8. senam merupakan olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh siapa saja jika dilakukan secara rutin senam akan dapat….badan​

Jawaban:

menyehatkan badan…

maaf kalau salah ❌

P e r s i a p a n

Lantai datar dilapisi karpet atau tikar berukuran lebih kurang 2 X 3 meter. Di tempat tidurpun bisa dilakukan.

Posisi tidur telentang, kedua tangan di samping badan, dalam keadaan rileks (santai)

gambar1

Gambar 1. Posisi rileks tidur telentang

G e r a k a n P a d a P o s i s i T i d u r T e l e n t a n g

Angkat kedua kaki tegak lurus sejajar, getarkan kedua kaki bersamaan atau bergantian, sehingga kaki terasa bergetar

Tekuk kedua kaki dengan menekuk lutut secara bersamaan atau bergantian, perlahan-lahan seenaknya (rileks)

Luruskan lagi kedua kaki, getarkan lagi kedua kaki bersamaan atau bergantian sampai terasa kaki bergetar seperti gerakan no 1.

Tekuk lagi kedua kaki seperti gerakan no 2, diulang-ulang sampai merasakan perkenaan tumit pada pantat dengan mudah (rileks)

Luruskan lagi kedua kaki seperti gerakan no 3

Tekuk lagi kedua kaki seperti gerakan no 4,gambar2

Gambar 2. Gerakan-gerakan pada posisi tidur telentang

Begitu seterusnya gerakan diulang-ulang sampai otot-otot betis dan paha terasa lentur dan sendi-sendi pada kedua kaki dapat berfungsi dengan baik.

G e r a k a n P a d aP o s i s i D u d u k :

Setelah gerakan pada posisi tidur telentang dilakukan, dilanjutkan gerakan pada posisi duduk tegak dengan kedua kaki telunjur rileks dan kedua tangan di samping badan.

1. Putarlah kepala dengan sempurna (diikuti pandangan kedua mata), ke arah kiri bawah, kiri atas, kanan atas, kanan bawah, kiri bawah beberapa kali, kemudian bergantian arah, dan seterusnya, sehingga betul-betul terasa kepala ini berputar dengan nyaman (enak).

2. Selanjutnya, getarkan kedua pergelangan tangan dengan rileks, baik dalam posisi tangan tengadah maupun tangan telungkup,

3. Gerakkan otot-otot persendian bahu dan siku dengan rileks

gambar 3Gambar 3. Gerakan-gerakan pada posisi duduk

G e r a k a n P a d a P o s i s i B e r d i r i

1. Dalam posisi berdiri ini dapat dilakukan gerakan lari-lari kecil disertai angkat paha di tempat, dan tetap mengikuti prinsip gerakan rileks sambil menggetar-getarkan persendian.

2. Ayunkan kedua lengan kiri kanan secara bergantian sebagaimana gerakan lari dengan memungsikan sendi bahu dan lutut dengan maksimal.

gambar4Gambar 4. Gerakan pada posisi berdiri

Demikianlah gerakan dimulai pada posisi tidur telentang, posisi duduk,dan posisi berdiri dilakukan berulang-ulang secukupnya sampai sendi-sendi terasa lentur dan badan berkeringat Gerakan ini bisa dilakukan di mana dan kapan saja tergantung pada kesempatan kita masing-masing. Jika dilakukan secara rutin, tentu (insyaAllah) hasilnya badan menjadi segar, sehat, dan murah, tanpa biaya kan?.

P e r n a p a s a n

Setelah latihan dilakukan, satu komponen penting yang membuat badan sehat adalah faktor “Pernapasan”. Pernapasan ini adalah proses pengambilan Oxigen (O2) yang masuk bersama udara (napas) melalui hidung ke paru-paru untuk pembakaran (oksidasi) di dalam sel-sel tubuh. Apabila kebutuhan Oksigen untuk sel-sel tubuh ini terpenuhi, maka oksidasi menjadi lancar serta badan menjadi sehat.

Untuk memenuhi kebutuhan Oksigen ini, ikutilah cara pernapasan berikut:

Biasakanlah menarik napas (menghirup udara) dengan hidung secara panjang (dalam/lama), tahan (tekan), dan sisanya keluarkan secara perlahan-lahan melalui hidung atau mulut kembali (prinsip pernapasan segi tiga sama sisi).

Lakukan kegiatan bernapas pada no 1 di atas kapan saja dan di mana saja teringat. Akan lebih baik bila dilakukan secara teratur.

P e n u t u p

Demikianlah tip bagi mereka yang memerlukan dan silahkan menyoba! Perlu dijelaskan di sini, bahwa dosis (beban) latihan adalah tergantung pada kemampuan (kondisi) badan masing-masing, hanya tentu harus mengikuti prinsip beban meningkat. Artinya, beban latihan dari pertama, kedua, ketiga dan seterusnya diharapkan selalu ditambah bobotnya,mulai dari sedikit demi sedikit. Satu catatan penting yang perlu diingat adalah bahwa efek menjadi sehat/segar dari latihan ini sangat tergantung pada rutinitasnya latihan.

semoga membantu:)

9. senam irama yang dilakukan secara rutin dapat membantu menjaga ….tubuh kita​

Jawaban:

menjaga keseimbangantubuhkita

Jawaban:

Imunitas Tubuh

Kesegaran Tubuh

Kebugaran Tubuh

Maaf Kalau Salah ya(≡^∇^≡)

10. Jelaskan bagaimana Jika pelaksanaan olahraga senam ketangkasan dilakukan secara r
utin?

tubuh kita akan sehat.

11. Dian melakukan senam secara rutin apa manfaat yg didapatkan din?

Jawaban:

tubuh menjadi sehat

Penjelasan:

karna salalu ber ah raga

12. yang bukan manfaat melakukan senam irama secara rutin adalah​

Jawaban:

Yang bukan manfaat senam irama adalah badan menjadi lemah, daya tahan tubuh tidak stabil, jantung jadi lemah.

Penjelasan:

semoga membantu!!

13. Mengapa senam harus dilakukan secara rutin =Apakah tujuan gerakan pemanasan =Mengapa senam sebaiknya dilakukan secara massal =Apakah tujuan dilakukan SKJ usia SD =​

1.agar badan kita sehat

2.agar tidak keram

Jawaban:

1. Sama seperti jenis olahraga lainnya, melakukan senam sehat secara rutin dapat membuat otot- otot jadi lebih lentur dan kuat. Otot yang lentur dan kuat akan meningkatkan jangkauan gerak tubuh, mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat

2. Tujuan utama melakukan pemanasan sebelum olahraga adalah agar tubuh tidak kaget saat melakukan aktivitas fisik yang berat. Coba bayangkan, otot yang masih dalam kondisi dingin dan rileks, tiba-tiba digunakan untuk berlari kencang. Hal ini meningkatkan risiko mengalami cedera ringan atau kram saat berolahraga.

3. Senam massal biasanya dilakukan rutin pada event-event tertentu seperti peringatan hari jadi, peringatan hari olahraga, perigatan hari kesehatan dan lain sebagainya yang semua itu dilakukan supaya masyarakat atau pelaku senam massal memiliki tingkat kebugaran yang lebih baik. dan agar lebih bersemangat melakukan senam

4. Siswa – siswi yang tidak memiliki kebugaran jasmani yang baik, maka tidak akan dapat belajar dengan baik, karena kurangnya semangat di dalam belajar, pusing dan mengantuk atau kendala lainnya. Masa usia sekolah dasar (SD) merupakan masa kanak-kanak yang berlangsung dari usia enam tahun, karakteristik utama siswa SD adalah mereka menampilkan perbedaan-perbedaan individual dalam banyak segi dan bidang

SKJ atau senam kebugaran jasmani adalah salah satu jenis senam irama karena dilakukan dengan iringan irama berupa musik. Senam ini juga dilakukan dalam kelompok bukannya sendiri-sendiri. Dengan demikian, melakukan senam SKJ, bukan hanya menyehatakan, tapi juga memberikan rasa bahagia kepada orang yang melakukannya. Terlebih, gerakan dalam senam SKJ tidak terlalu sulit sehingga cocok untuk usia anak SD.

14. manfaat yang dapat kamu peroleh apabila melakukan senam irama secara rutin adalah​

Jawaban:

sehat

segar bugar

Penjelasan:

semoga membantu

-badan menjadi sehat dan bugar

-meningkatkan imun tubuh

-menghindari dari penyakit

-tidak mudah sakit

Semoga membantu yaa

15. Latihan senam ritmik yang secara rutin dan teratur dilakukan dapat meningkatkan

Jawaban:

otot tubuh…………

16. Senam irama yang dilakukan secara rutin sangat penting dalam

Jawaban:

Kesehatan tubuh

Penjelasan:

Semoga membantu!

Jawaban:

kesehatan

Penjelasan:

mohon maaf klo salah

17. Sebutkan manfaat-manfaat senam lantai Jika dilakukan dengan benar secara rutin​

Jawaban:

1. meningkatkan daya tahan tubuh

2. meningkatkan kekuatan otot

3. mengurangi depresi

4. meningkatkan fleksibilitas

5. menurunkan beray badan

6. membuat tidur berkualitas terutama untuk ibu hamis

7. memperbaiki postur tubuh

18. tiga manfaat melakukan senam irama secara rutin ​

Jawaban:

Manfaat senam irama

Menguatkan otot. Memperbaiki bentuk fisik. Memperbaiki keseimbangan fisik.

Penjelasan:

Maaf ya kak kalau salah :*)

Jawaban:

manfaat senam irama :

1. Menguatkan Otot

Manfaat senam irama bagi tubuh yang pertama adalah menguatkan jaringan otot pada tubuh. Sama seperti jenis olahraga lainnya, melakukan senam irama secara otomatis mampu membuat otot-otot jadi lebih lentur dan kuat.

Otot yang lentur dan kuat akan meningkatkan jangkauan gerak tubuh, pun mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

2. Memperbaiki Bentuk Fisik

Senam irama berfungsi untuk mengencangkan otot tubuh, terutama di bagian lengan, perut pinggul, dan paha. Hal ini lantas menghasilkan bentuk fisik tubuh yang proporsional dan bagus.

3. Memperbaiki Keseimbangan Fisik

Selain bentuk fisik, manfaat senam irama adalah memperbaiki keseimbangan fisik. Setiap gerakan yang diciptakan untuk cabang senam ini memiliki struktur yang konsisten, di mana berefek pada peningkatan keseimbangan tubuh.

4. Merawat Kesehatan Tulang

Saat melakukan gerakan senam irama, Anda akan bertumpu sendiri guna menopang beban tubuh. Secara tak langung, hal ini melatih kekuatan dan kesehatan tulang yang kemudian berdampak pada kecilnya kemungkinan tulang mengalami sejumlah masalah pada tulang, seperti osteoporosis.

5. Menyehatkan Jantung

Senam irama dilakukan dengan mengikuti alunan musik yang mengiringinya. Ada kalanya lagu berada dalam tempo lambat, maka gerakan senam ikut melambat dan mengandalkan keluwesan tubuh. Sebaliknya, saat musik berada pada irama yang cepat, gerakan senam pun menjadi cepat dan mengandalkan kelincahan.

6. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Otak yang sehat dan berfungsi baik akan meningkatkan daya ingat dan fokus, pun mencegah timbulnya penyakit-penyakit kognitif seperti Alzheimer.

7. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang kini tengah menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, selain menjaga pola makan, melakukan senam irama adalah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses pembakaran lemak sehingga berat badan otomatis akan menurun.

#Senam irama adalah senam yang dilakukan secara berkelompok, bisa hanya 5 (lima) orang saja, atau dalam jumlah peserta yang sangat banyak. Lagi-lagi, hal ini secara tidak langsung menghasilkan manfaat senam irama lainnya yaitu membangun interaksi sosial di antara pesertanya.

12. Menghilangkan Stres

Stres adalah kondisi alamiah yang bisa menimbulkan komplikasi serius bagi kesehatan tubuh. Namun sayangnya, stres tidak bisa dihindari. Semua orang pasti pernah mengalami stres, entah itu karena urusan pekerjaan, keluarga, asmara, dan sebagainya.

19. senam irama yang dilakukan secara rutin sangat penting dalam​

Jawaban:

Rutin melakukan senam irama, bisa membantu menurunkan kadar hormon epineprin dan kortisol, yang merupakan penyebab timbulnya stres. Jika fungsi otak berkembang optimal, maka a
kan terhindar dari penyakit-penyakit kognitif seperti Alzheimer.

Penjelasan:

semoga bermanfaat

Penjelasan:

maaf klau slah

semoga membantu

20. Senam irama yang dilakukan secara rutin sangat penting dalam….

Jawaban:

Senam irama yang dilakukan secara rutin sangat penting dalam pembentukan dan kesehatan pada tubuh

Pendahuluan:

Senam Ritmik atau senam irama adalah senam yang diiringi oleh musik ataupun tanpa musik baik dari gerakan senam maupun gerakan bebas.

Senam Irama dapat dilakukan dengan menggunakan alat dan tanpa alat:1). Menggunakan alat:Bola.Pita.Topi.Tongkat.Ganda.Simpai.Tali.hula hop.

2). Tanpa menggunakan alat:Tepuk tangan.Hentakan kaki.

Senam irama yang dilakukan secara rutin sangat penting dalam pembentukan dan kesehatan pada tubuh Karena dapat meningkatkan imunitas pada tubuh dan mengurangi pencegah terjadinya. penyakit yang mematikan.

Video Terkait

Bagikan: