Menurut Anda Bagaimana Kaitan Antara Renaisans Dan Modernisme

Fatih.co.id

Menurut Anda Bagaimana Kaitan Antara Renaisans Dan Modernisme
Menurut Anda Bagaimana Kaitan Antara Renaisans Dan Modernisme

Kaitan antara renaisans dan modernisme

1. Kaitan antara renaisans dan modernisme

kaitannya adalah karena mereka tinggal di dunia yg sama

2. Bagaimana kaitan antara renaisans dan modernisme

terjadinya modernitas, dengan adanya pada masa Renaisans terobosan pemikiran,

penemuan, dan ilmu pengetahuan yang mengubah hal-hal yang sebelumnya diyakini

pada masa Abad Pertengahan.

 

Misalnya Nikolas Kopernikus dan Galileo Galillei menemukan

prinsip Heliosenteisme yang menyatakan bahwa matahari adalah pusat alam

semesta, menggantikan paham Geosentrisme yang menyatakan bahwa bumi adalah

pusat alam semesta.

3. Jelaskan kaitan renaisans dan modernisme

Reinaissance adalah dimana Eropa bangkit dari keterpurukan politik ekonomi militer dan khususnya kebudayaan.Ketika itu banyak tokoh tokoh di Eropa yang bersinar dan kembali membangun Eropa.Dari para tokoh tokoh itu mereka juga menciptakan berbagai teknologi teknologi untuk menyaingi bangsa Timur yang saat itu di kuasai oleh Islam.Islam juga saat ini menjadi patokan berbagai Ilmu pengetahuan yang menginspirasi para penemu Di Eropa yang membuat eropa memoderenisasi perekonomian budaya dan politik mereka

4. jelaskan kaitan antara renaisans dan modernitas

mohon maaf kalau salah!

5. Jelaska kaitan antara renaisans dan modernitas

Renaisans adalah suatu periode sejarah yang mencapai titik puncaknya kurang lebih pada tahun 1500. Perkataan “renaisans” berasal dari Bahasa Perancis yaitu renaissance yang artinya adalah “lahir kembali” atau “kelahiran kembali”. Yang dimaksudkan biasanya adalah kelahiran kembali budaya klasik terutama budaya Yunani Kuno dan budaya Romawi Kuno. Namun, zaman sekarang hal ini bisa menyangkut segala hal.

Renaisans merupakan zaman yang panjang, dan dikatakan merupakan awal mula dari modernitas (zaman di mana semua telah berubah akibat modernisasi).

6. Jelaskan pengertian renaisans menurut harfiah dan menurut istilah atau bahasa!

Renaissance berasal dari bahasa latin “renaitre” yang berarti “hidup kembali”. Renaissance adalah hidupnya kembali kebudayaan klasik yunani dan romawi dalam kehidupan masyarakat Eropa.

7. Apa kaitannya Abad Pertengahan, Renaisans dan Merkantilisme? ​

Jawaban:

m Si Hebat

Keterkaitan antara renaisans dengan merkantilisme adalah perdagangan antara eropa mencari cara lain untuk mencari kebutuhan di luas konstatinopel. Bangsa Eropa perlahan mulai berkembang dan maju karena adanya renaisans, mereka berlomba lomba mencari kekayaan dan kejayaan dengan mencari wilayah lain yang kemudian nantinya akan dijajah. Inilah yang dinamakan merkantilisme, antara kerajaan kerajaan di Eropa berlomba lomba untuk memperkaya diri dengan mengeksploitasi daerah jajahannya. Jadi renaisans menyebabkan munculnya merkantilisme.

maaf kalo salah

8. kaitan antara abad pertengahan, renaisans, reformasi, dan pencerahan?

Abad pertengahan sering disebut sebagai abad gerejawi, dimana perananan gereja dan dogma mereka menjadi tolok ukur perikehidupan (satu-satunya sumber kebenaran). peran rasionalitas atau pengetahuan yang sifatnya empiris justru dianggap bid’ah. lalu muncul abad kritis atas peranan geraja itu, yaitu renaisans. dalam masa ini kritik muncul dari dari kalangan internal gereja. masa ini adalah embrio rasionalitas itu yang kemudian memuncak pada masa reformasi dan mengalami kejayaan pada abad pencerahan. pencerahan diidentikkan dengan abad ilmu pengetahuan, rasionalitas dan empirisme. pendek kata, empat masa menandadi suatu masyarakat dogmatis yang beralih ke masyarakat rasionalis.

Semoga bermanfaat abad pertengahan sering disebut sebagai abad gerejawi, dimana perananan gereja dan dogma mereka menjadi tolok ukur perikehidupan (satu-satunya sumber kebenaran). peran rasionalitas atau pengetahuan yang sifatnya empiris justru dianggap bid’ah. lalu muncul abad kritis atas peranan geraja itu, yaitu renaisans. dalam masa ini kritik muncul dari dari kalangan internal gereja. masa ini adalah embrio rasionalitas itu yang kemudian memuncak pada masa reformasi dan mengalami kejayaan pada abad pencerahan. pencerahan diidentikkan dengan abad ilmu pengetahuan, rasionalitas dan empirisme. pendek kata, empat masa menandadi suatu masyarakat dogmatis yang beralih ke masyarakat rasionalis.

9. Jelaskan kaitan antara renaisans dan modernitas

Kelas: XI

Mata pelajaran: Sejarah

Materi: Renaisans

Kata kunci: Renaisans dan Modernitas

 

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

 

Jawaban pendek:

 

Kaitan antara Renaisans dan modernitas adalah Renaisans memulai terjadinya modernitas, dengan adanya pada masa Renaisans terobosan pemikiran, penemuan, dan ilmu pengetahuan yang mengubah hal-hal yang sebelumnya diyakini pada masa Abad Pertengahan.

 

Misalnya Nikolas Kopernikus dan Galileo Galillei menemukan prinsip Heliosenteisme yang menyatakan bahwa matahari adalah pusat alam semesta, menggantikan paham Geosentrisme yang menyatakan bahwa bumi adalah pusat alam semesta.

 

Jawaban panjang:

 

Renaisans adalah masa kebangkitan ilmu pengetahuan, seni dan budaya di Eropa yang terjadi pada akhir abad ke 15 dan awal abad ke 16 M. Renaisans berawal dari negara-negara kota di semenanjung Italia, terutama kota Florence (Firenze), dan kemudian menyebar ke penjuru benua Eropa.

 

Dalam masa ini terjadi banyak penemuan dan persebaran pemikiran baru yang menentang dan menggantikan paham yang dipercaya sebelumnya. Ini membuka cakrawala baru yang memungkinkan modernitas berkembang.

 

Selain penemuan konsep heliosentrisme oleh Nikolas Kopernikus, perkembangan lain yang revolusioner di masa renaisans adalah penemuan benua Amerika oleh Christofer Colombus dan penemuan rute ke India oleh Vasco da Gama, serta penemuan mesin cetak oleh Guttenberg yang memungkinkan penyebaran pemikiran secara luas dengan buku cetak.

Pada masa Renaisans, kalangan terpelajar Eropa mulai terbuka terhadap pemikiran dari Yunani Kuno dan Timur tengah, dan juga dari aliran pemikiran baru seperti Humanisme.

 

Dengan banyaknya minat pada filusuf Yunani dan Timur Tengah, buku-buku tentang filosofi ini menjadi sering diperbanyak dan mudah didapatkan. Demikian juga aliran pemikiran baru sperti Humanisme menjadi mudah diterima pada masa Renaisans.

 

Hal ini membuat masuknya pemikiran dan cara pandang terhadap kehidupan baru yang berbeda dengan yang selama ini diajarkan Gereja Katolik.

 

Dampak dari modernitas ini adalah berkembangnya faham humanitas yang mengagungkan pemikiran manusia dan metode ilmiah yang membantu menganalisa permasalahan dan menemukan teori ilmiah baru.

 

Perkembangan modernitas akan membawa Eropa mengalami peristiwa Reformasi Gereja, yang memprotes pelanggaran yang terjadi di Gereja Katolik Roma dan menuntut adanya perubahan terhadap kehidupan gereja dan ajaran Kristen. Modernitas juga membawa ke masa berikutnya, yaitu Abad Pencerahan atau Aufklarung.

10. Abad pertengahan, Renaisans, Reformasi, dan Pencerahan merupakan periode-periode dalam sejarah manusia yang saling berkaitan. Jelaskan kaitannya

Jawaban:

dari peristiwa penting ini lahirlah sebuah perbaikan terutama dibidang hak asasi manusia untuk masyarakat Eropa,namun tidak untuk rakyat Indonesia , karena dari ke 4 peristiwa penting ini lahirlah istilah kolonialisme dan imprealisme yg menjadi titik awal penjajahan terhadap bangsa Indonesia

11. Apa menurut anda jika anda hidup pada zaman pertengahan ( renaisans )

Jawaban:

sebuah gerakan budaya yang berkembang pada priode kira kira dari abad 14sampai abad 17

12. apa kaitannya renaisans dengan moderenitas ?

Renaisans berasal dari bahasa latin yaitu kata re memiliki arti kembali dan naitre berarti lahir. Secara bebas istilah Renaisans dapat di artikan sebagai  masa peralihan antara abad  pertengahan ke abad modern yg ditandai denga muncul nya bergagai inovasi yg di adabtasi oleh kebudayaan Eropa klasik (Yunani dan Romawi)terhadap karya seni klasik.Berkembangnya seni baru, dan tumbuhnya Ilmu Pengetahuan Modern.

Moderenitas berasal dari kata “modern” dan makna umum dari kata modern adalah segala sesuatu yg bersangkutan dengan kehidupan masa kini, jadi Moderenitas adalah pandangan yg dianut untuk menghadapi masa kini.    

maah jika ada
yg salah

13. Jelaskan kaitan antara renaisans dan modernitas

Renaisans berasal dari bahasa Latin yaitu kata re memiliki arti kembali dan naitre berarti lahir. Secara bebas istilah Renaisans dapat diartikan sebagai masa peralihan antara abad pertengahan ke abad modern yang ditandai dengan munculnya berbagai inovasi yang diadaptasi oleh kebudayaan Eropa Klasik (Yunani dan Romawi) terhadap karya seni klasik, berkembangnya seni baru, dan tumbuhnya ilmu pengetahuan modern.

Modernitas berasal dari kata “Modern” dan makna umum dari kata modern adalah segalah sesuatu yang bersangkutan dengan kehidupan masa kini, jadi modernitas adalah pandangan yang dianut untuk menghadapi masa kini.

14. Jelaskan pengertian renaisans menurut harfiah dan menurut istilah atau bahasa!

renaissance adalah kelahiran kembali budaya Yunani dan Romawi

15. Kemunculan renaisans berkaitan erat dengan kebudayaan Yunani Kuno dan Romawi Kuno. Mengapa demikian

1. keterkaitan ini sebab pada saat zaman renaisans, kebudayaan yunani kuno dan romawi kuno kembali diangkat dan dihidupkan kembali. sebelumnya yaitu pada abad kegelapan, kebudayaan ini sudah dikubur, sehingga yang berlaku adalah dogma gereja. hidupnya kembali kebudayaan romawi dan yunani kuno membuat ilmu pengetahuan di eropa berkembang pesat. ini menyebabkan ditinggalkannya dogma-dogma gereja yang mengikat.

semoga terbantu ya, semangat belajarnya!

internasional ataujaman purba

17. abad pertengahan renaisans,reformasi,dan pencerahan merupakan periode periode dalam sejarah manusia yang saling berkaitan,jelaskan kaitannya

Abad Pertengahan, Renaisans, Reformasi Gereja, dan Abad Pencerahan merupakan periode-periode dalam sejarah manusia di Eropa yang saling berkaitan. Renaisans dan Reformasi gereja sering dikatakan sebagai masa transisi antara Abad Pertengahan dan Abad Pencerahan.

Pembahasan

Abad Pertengahan

Abad Pertengahan (Middle Age), atau yang sering juga disebut sebagai Abad Kegelapan (Dark Age), merupakan suatu istilah yang digunakan para ahli sejarah untuk menyebut suatu era sekitar tahun 500 M sampai 1500 M. Masa ini diperkirakan dimulai sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat pada sekitar tahun 476 M sampai dimulainya gerakan Renaisans pada akhir abad ke-15. Setelah runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat, Eropa pecah menjadi banyak kerajaan-kerajaan kecil dengan tatanan masyarakat yang feodal dan pengaruh Gereja Katolik yang sangat besar. Pada masa ini di Eropa terjadi banyak pergolakan dan kehidupan bangsa Eropa sangat memprihatinkan dengan kemiskinan dan kemelaratan yang terjadi di mana-mana. Ilmu pengetahuan dan kebudayaan Romawi dan Yunani yang pernah dominan di Eropa tidak lagi diperhatikan, dan hilangnya kebudayaan klasik ini bahkan menyebabkan banyak raja dan bangsawan yang buta huruf. Dikatakan oleh William Manchester bahwa Eropa di masa kegelapan penuh dengan peperangan, korupsi, hukum rimba, mitos-mitos aneh dan kebodohan yang tidak terkatakan. Karena kelemahan dan kebodohan para raja dan penguasa ini, peran gereja menjadi sangat kuat di masyarakat, dan akhirnya malah menghambat berkembangnya ilmu pengetahuan klasik, ditunjukkan misalnya dengan dihukumnya Galileo Galilei yang mengatakan bahwa matahari adalah pusat tata surya. Singkatnya, budaya klasik Romawi dan Yunani yang pernah memajukan Eropa di masa Kekaisaran Romawi Barat, stagnan dan tenggelam di abad pertengahan.

Gerakan Renaisans

Setelah sekian lama hidup dalam kebodohan, akhirnya di Eropa muncul gerakan untuk membangkitkan kembali kebudayaan dan ilmu pengetahuan klasik Yunani dan Romawi, yang dianggap dimulai dari Florence, Italia, pada akhir abad ke-15. Gerakan ini membangkitkan kembali ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang berasal dari Yunani dan Romawi, yang dikembangkan dalam bidang filsafat, seni, sastra, musik, politik, ilmu pengetahuan, agama, dan aspek intelektual lain. Renaisans juga dikatakan didorong oleh masuknya pengetahuan Yunani, Romawi, Persia dan lainnya yang telah diterjemahkan oleh bangsa Arab, dan juga ajaran dari para pendeta dan kaum terpelajar yang dulu hidup di Kekaisaran Romawi Timur (Bizantium), yang pindah ke Eropa Barat setelah Bizantium ditaklukkan oleh Kesultanan Ottoman di tahun 1453.

Reformasi Gereja

Bersamaan dengan gerakan renaisans, terjadi pula Reformasi Gereja atau yang sering juga disebut dengan Reformasi Protestan yang dipicu oleh penjualan surat pengampunan dosa (indulgensi) yang dianggap sebagai puncak dari banyaknya penyimpangan yang dilakukan Gereja Katolik. Reformasi Gereja ini dianggap dimulai dengan publikasi 95 Tesis oleh Martin Luther sampai berakhirnya perang Tiga Puluh Tahun pada tahun 1648.  

Abad Pencerahan

Abad Pencerahan (Age of Enlightenment) atau yang terkenal dengan sebutan Aufklarung dalam bahasa Jerman, merupakan kelanjutan dari gerakan Renaisans dan Reformasi Gereja. Pada masa ini, terjadi revisi atas kepercayaan-kepercayaan tradisional dan pemisahan pengaruh agama dari pemerintahan. Abad pencerahan berlangsung mulai tahun 1687 M sampai 1789 M, dan merupakan masa-masa yang produktif dalam sejarah ilmu pengetahuan dan kebudayaan barat, ditandai dengan ditemukannya bubuk mesiu, kompas, dan mesin cetak yang telah mempengaruhi dunia hingga saat ini.

Pelajari lebih lanjut Materi tentang Abad Pertengahan. https://brainly.co.id/tugas/8256103 Materi tentang perbedaan Renaisans dengan Aufklarung (Abad Pencerahan). https://brainly.co.id/tugas/12104461 Materi Tentang Reformasi Gereja. https://brainly.co.id/tugas/7972218

—————————–

Detil Jawaban

Kelas : 9 SMP

Mapel : IPS

Bab : Negara Maju dan Negara Berkembang

Kode : 9.10.1

Kata Kunci: Abad Pertengahan, Renaisans, Reformasi Gereja, Abad Pencerahan

renaisans telah menciptakan masyarakat yang lebih menghargai rasio bakat dirinya seperti dalam seni atau berkehidupan bangsa,sehingga tercipta pemikiran moder,misal pembentukan negara

19. jelaskan kaitan renaisance dengan modernisme

renaisans merupakan zaman peralihan dari zaman pertengahan ke zaman modern, sehingga zaman Renaisans mempengaruhi paham modernisasi dalam bidang IPTEK dan seni

20. apa kaitan antara renaisans dengan merkantilisme

Keterkaitan antara renaisans dengan merkantilisme adalah perdagangan antara eropa mencari cara lain untuk mencari kebutuhan di luas konstatinopel. Bangsa Eropa perlahan mulai berkembang dan maju karena adanya renaisans, mereka berlomba lomba mencari kekayaan dan kejayaan dengan mencari wilayah lain yang kemudian nantinya akan dijajah. Inilah yang dinamakan merkantilisme, antara kerajaan kerajaan di Eropa berlomba lomba untuk memperkaya diri dengan mengeksploitasi daerah jajahannya. Jadi renaisans menyebabkan munculnya merkantilisme.

Pembahasan

Hallo teman-teman BrainlyLovers!!!

Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama mencoba menjawab pertanyaan pelajaran Sekolah Menengah Atas Geografi tentang pengertia
n renaisans dan merkantilisme.

Semangatt belajar yaaaa adik-adik Semoga sukses

Untuk menambah wawasan dengan tema pengertian renaisans dan merkantilisme, lihat penjelasan dibawah ini ya Adik adik

Renaissance adalah sebuah gerakan budaya yang berkembang pada periode kira kira dari aba ke-14 sampai abad ke-17, dimulai di Italia pada Abad Pertengahan Akhir dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa. Meskipun pemakaian kertas dan penemuan barang metal mempercepat penyebaran ide idenya dari abad ke-15 dan seterusnya, perubahan renaissance tidak terjadi secara bersama maupun dapat dirasakan di seluruh Eropa.

Merkantilisme adalah sistem ekonomi untuk menyatukan dan meningkatkan kekayaan keuangan suatu bangsa dengan pengaturan seluruh ekonomi nasional oleh pemerintah dengan kebijakan yang bertujuan untuk mengumpulkan cadangan emas, memperoleh neraca perdagangan yang baik, mengembangkan pertanian dan industri.

Mungkin itu dulu penjelasan dari saya tentang materi sejarah, semoga dapat membantu Adik-adik dalam belajar yaa

Pelajari Lebih Lanjut:

Adik-adik semua masih kepingin belajar materi sejarah kan? Yuk adik-adik cek link di bawah ini yaa!!! Semoga dapat membantu adik-adik dalam belajar dan semoga membantu ya  

1.Materi tentang bentuk – bentuk akulturasi kebudayaan Islam di nusantara,cek link berikut ini https://brainly.co.id/tugas/125431

2.Materi tentang sifat teladan abu dzhar al ghafari, cek link berikut ini https://brainly.co.id/tugas/10831917#

3.Kajian tentang peran mesir terhadap pengakuan kemerdekaan Indonesia,cek link berikut ini ya https://brainly.co.id/tugas/16654459

Detail Jawaban

Kelas: 11

Mapel: Sejarah  

Bab : Bab Bangsa Eropa di Indonesia

Kode : 11.3.2001

Kata Kunci: keterkaitan antara renaisans dengan merkantilisme, pengertian renaisans, pengertian merkantilisme

Video Terkait

Bagikan: