Pemeran Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Fatih.co.id

Pemeran Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Pemeran Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Tema tenggelamnya kapal van der wijck Alur tenggelam nya kapal van der wijck Tokoh tenggelamnya kapal van der wijck Penokohan tenggelamnya kapal van der wijck Latar,,latar tempat,,latar waktu,,latar suasana tenggelam nya kapal van der wijck Sudut pandang kapal van der wijck Amanat tenggelammya kapal van der wijck

Daftar Isi

1. Tema tenggelamnya kapal van der wijck Alur tenggelam nya kapal van der wijck Tokoh tenggelamnya kapal van der wijck Penokohan tenggelamnya kapal van der wijck Latar,,latar tempat,,latar waktu,,latar suasana tenggelam nya kapal van der wijck Sudut pandang kapal van der wijck Amanat tenggelammya kapal van der wijck

Jawaban:

dek maaf soalnya yg mana ya

Penjelasan:

terus kelas berapa

2. Penulisan judul buku yang tepat di bawah ini adalah …. a. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck b. Tenggelamnya Kapal van Der Wijck c. Tenggelamya kapal van Der Wijck d. Tenggelamnya Kapal: Van Der Wijck

a. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck semoga membantuPenulisan judul yg tepat ialah a) Tenggelam nya Kapal Van Der Wijck .

3. mengapa kapal van der wijck bisa tenggelam??

Karena ditembak oleh pasukan Indonesia

4. perbedaan film dengan novel tenggelamnya kapal van der wijck​

Jawaban:

adanya aspek penciutan, penambahan, maupun perubahan bervariasi pada alur, tokoh dan penokohan, serta latar. Aspek penciutan terjadi dikarenakan adanya keterbatasan teknik dari film yang tidak memungkinkan semua unsur intrinsik pada novel dapat dimasukkan ke dalam film. Aspek penambahan terjadi jika karenakan adanya penafsiran dan proses kreatif dari sutradara yang ikutdimasukkan selama pembuatan film. Aspek perubahan bervariasi terjadidikarenakan adanya media yang berbeda antara novel dan film, sehinggamemungkinkan adanya penambahan bervariasi yang dilakukan saat ceritadiadaptasi ke dalam film.

5. resensi novel tenggelamnya kapal van der wijck

Mapel : B. Indonesia
Tingkat : SMP
Materi : Resensi

Judul : Tenggelamnya Kapal Van der Wjick
Penulis : Hamka
Penerbit : Bulan Bintang
Tahun Terbit : 2012
Tebal : 236 halaman

Isi Cerita
Diawali dengan kisah percintaan Zainuddin dan Hayati yang penuh drama. Namun, hubungan mereka tidak disetujui oleh ibu Hayati, dengan alasan Zainuddin berbeda adat dengan mereka. 

Hayati akhirnya menikah dengan Azis dan ibunya sepakat menerima Azis dan menolak lamaran Zainuddin. Azis anak orang berada yang masih sesuku dan terikat kerabat walaupun jauh dengan ibu Hayati. Awal pernikahan Hayati dan Azis sangat bahagia karena Azis pandai mengambil dan menyenangkan hati Hayati. Namun tanpa sepengetahuan Hayati, Azis adalah tipe pemuda yang suka menghamburkan uang, berjudi, mabuk-mabukkan dan suka bermain perempuan.

Mendengar pernikahan Hayati dan penolakan atas pinangannya, Zainuddin pun jatuh sakit, ia seperti orang tidak waras yang selalu memanggil nama Hayati. Atas permintaan dokter dan izin dari Azis suaminya akhirnya Hayati pun menjenguk Zainuddin. Dengan sekejap sakitnya langsung sembuh. Setelah sembuh dari sakit Zainuddin menjadi penulis yang terkenal di tanah Jawa. Seiring berjalannya waktu juga akhirnya Azis bangkrut kemudian rela menceraikan Hayati demi Zainuddin yang telah banyak membantunya saat itu dan bunuh diri di sebuah hotel. Tetapi Zainuddin menolak untuk menerima Hayati demi membalas dendamnya terhadap Hayati atas pengkhianatan yang dilakukan Hayati.

Hayati bertolak pulang dengan perasaan sedih menaiki kapal Van Der Wijck. Kapal tersebut tenggelam dalam perjalanan tetapi Hayati berhasil diselamatkan. Dia meninggal setelah Zainuddin mengajarkannya mengucap kalimat syahadah. Zainuddin juga meninggal tidak lama kemudian karena menanggung penyesalan yang tidak berkesudahan.

6. kapan anti klimaks dari film tenggelamnya kapal van der wijck

ketika bang aziz memutuskan untuk menyerahkan hayati kepada zainuddin, tetapi zainudin menolak permintaan bang aziz

7. sinopsis cerita tenggelamnya kapal van der wijck

Dari tanah kelahirannya Makasar, Zainuddin berlayar menuju tanah kelahiran ayahnya di Batipuh, Padang Panjang. Di antara keindahan ranah negeri Minangkabau ia bertemu Hayati, gadis cantik jelita, bunga di persukuannya.

Kedua muda mudi itu jatuh cinta. Apa daya adat dan istiadat yang kuat meruntuhkan cinta suci mereka berdua. Zainuddin hanya seorang melarat tak berbangsa, sementara Hayati perempuan Minang keturunan bangsawan.

Lamaran Zainuddin ditolak keluarga Hayati. Hayati dipaksa menikah dengan Aziz, laki-laki kaya berbangsa yang ingin menyuntingnya.

Perkawinan harta dan kecantikan mematahkan cinta suci anak manusia. Zainuddin pun memutuskan untuk berjuang, pergi dari ranah minang dan merantau ke tanah Jawa demi bangkit melawan keterpurukan cintanya.

Zainudin bekerja keras membuka lembaran baru hidupnya. Sampai akhirnya ia menjadi penulis terkenal dengan karya-karya mashyur dan diterima masyarakat seluruh Nusantara.

Tetapi sebuah kenyataan kembali datang kepada diri seorang Zainuddin, di tengah gelimang harta dan kemashyurannya.

Dalam sebuah pertunjukan opera, Zainuddin kembali bertemu Hayati, kali ini bersama Aziz, suaminya. Perkawinan harta dan kecantikan bertemu dengan cinta suci yang tak lekang waktu.

Pada akhirnya kisah cinta Zainuddin dan Hayati menemui ujian terberatnya, dalam sebuah tragedi pelayaran kapal Van Der Wijck.

Dari Makasar, Zainuddin berlayar menuju tanah kelahiran ayahnya di Padang Panjang. Hatinya terpikat pada seorang gadis jelita bangsawan, Hayati. Namun apa daya, adat istiadat menghalangi cinta mereka.

8. tenggelamnya kapal Van der Wijck sebuah novel karya​

Jawaban:

haji abdul malik karim amrullah

atau yg biasa di knl dgn hamka

Jawaban: Tenggelamnja Kapal van der Wijck adalah sebuah novel yang ditulis oleh Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama Hamka.

Penjelasan:

9. kapan tenggelamnya kapal van der wijck

Kapal Van Der Wijck tenggelam pada tanggal 20 Oktober 1936
.
Semoga bermanfaat
Lala ❤Tenggelamnya kapal Van Der Wujck pada tgl 20-10-1936

10. Apa keunggulan dari novel tenggelamnya kapal van der wijck

Jawaban:

Kelebihan: roman ini sangat menantang hati pembacanya. Banyak diskusi banyak hal. Salah satunya adalah untuk selalu sabar.

Kekurangan: roman ini terlalu banyak menerbitkan tentang surat Hayati dan Zainuddin jadi membuat sedikit pembaca untuk membaca tulisan surat-surat mereka itu.

11. struktur teks tenggelamnya kapal van der wijck

Berikut ini merupakan struktur teks tenggelamnya kapal van der wijck:

a. Orientasi :

Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini adalah merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah novel populer karya Buya Hamka yang juga berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk. Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini dibintangi oleh beberapa artis muda berbakat seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan juga Reza Rahadian. Film ini dirilis pada tahun 2013, dan film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck besutan sutradara Sunil Soraya ini termasuk film yang sukses di pasaran. Terbukti pemutaran film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck di berbagai bioskop di tanah air selalu menarik banyak penggemar film untuk berbondong-bondong menyaksikan

b. Tafsiran :

Kisah film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck adalah bermula ketika seorang pemuda yang bernama Zainudin yang diperankan oleh Harjunot Ali pada tahun 1930 berlayar dari kelahirannya Makassar menuju ke Batipuh, Padang Panjang. Batipuh Padang Panjang ini adalah tempat kelahiran dari Ayah Zainudin sendiri. Singkat cerita, Zainudin bertemu dengan Hayati yang dimainkan oleh Pevita Pearce yang menjadi bunga persukuan di Minangkabau. Zainuddin pun kemudian jatuh hati kepada Hayati yang kemudian memberikan kata-kata indah nan mempesona yang bisa membuai setiap wanita yang membacanya.

Dari sini kemudian para penikmat film akan disajikan keromantisan yang begitu menyentuh. Setelah masuk memalui romantisme klasik yang menggetarkan, maka kemud
ian penonton akan digiring untuk menikmati konflik-konflik yang mulai dimunculkan. Salah satunya misalnya adalah konflik ketika hubungan kedua pecinta tersebut tidak mendapatkan restu dari ninik-mamak dan juga para tetua suku karena alasan Zainuddin belum mampan dan tak punya darah minang.

Pada saat menjelang perpisahannya, kedua kekasih tersebut kemudian menuliskan ikrar janji setia akan menjalani hidup bersama suatau hari nanti. Namun keadaan kemudian menjadi lebih dramatis ketika Zainuddin menyaksikan dalam sebuah pertunjukan opera, ia bertemu dengan Hayati yang datang bersama suaminya yaitu Aziz. Kisah cinta mereka berdua kemudian menjadi semakin pelik.

c. Evaluasi :

Untuk evaluasi dari film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, secara kesluruhan sudah bisa dikatakan sebuah film yang luar biasa. Ada sedikit kekurangan yang mungkin bisa dijadikan pelajaran adalah pada penggunaan properti yang memang banyak menggunakan latar pada tahun 1930an. Sayangnya adalah penggunaan properti tersebut kurang bisa menggiring dan meyakinkan penonton bahwa peristiwa tersebut memang terjadi pada masa 1930an. Selain itu, alur cerita juga terkesan seadanya sehingga membuat konflik yang terjadi kurang begitu menggigit. Kemudian yang kentara lagi adalah penggunaan backsound lagu Nidji yang notabene adalah band modern dengan penggemar anak muda masa kini. Penggunaan lagu ini terasa kurang klop saja untuk film yang bersetting pada tahun 1930an.

Dan terakhir adalah, penggunaan special effect yang kurang menggigit. Special effect di film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini terkesan dipaksakan yang sama sekali tidak membuat film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck memiliki nilai lebih.

d. Rangkuman :

Rangkuman atau kesimpulan dari film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini, dengan mengesampingkan beberapa kekurangannya, film ini sangat bagus dan layak ditonton dan bisa menarik penonton banyak berdatangan ke bioskop. Bahkan film ini bisa dikatakan sebagai salah satu film terbaik pada tahun 2013 yang lalu dengan penggunaan kata yang tepat dan pemilihan kostum yang apik dari Sammuel Wattimena. Kekuatan dari film ini yang lain adalah penggunaan kalimat yang puitis bisa menjadi kelebihan yang jarang ditemukan untuk film Indonesia saat ini.

Pembahasan

Teks ulasan atau yang disebut juga review text yaitu merupakan teks yang berisi tinjauan dan penilaian suatu karya baik berupa film, buku, karya sastra, dan lain-lain. Sementara itu, ulasan berdasarkan KBBI yaitu berarti kupasan, tafsiran, atau komentar. Maka dari itu, teks ulasan yang umumnya ditulis dalam bentuk dari artikel yang biasanya berisi informasi tentang suatu karya beserta kelebihan dan kekurangannya.

Pelajari lebih lanjutMateri penjelasan tentang teks ulasan terdapat pada link https://brainly.co.id/tugas/608671Materi penjelasan tentang contoh teks ulasan terdapat pada link https://brainly.co.id/tugas/2236265Materi penjelasan tentang tujuan teks ulasan yaitu terdapat pada link https://brainly.co.id/tugas/1720760Detil jawaban

Kelas  : SD/SMP

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab     : –

Kode  : –

#AyoBelajar

#SPJ2

12. Fakta sejarah novel tenggelamnya kapal van der wijck adalah …..

Jawaban:

Kapal van der Wijck adalah sebuah kapal mewah yang dibuat pada tahun 1921 yang dinamai menurut Gubernur Jenderal Hindia Belanda Carel Herman Aart van der Wijck. Kapal ini tenggelam pada tahun 1936 di Laut Jawa dan melatarbelakangi penulisan novel Tenggelamnya Kapal van der Wijck oleh Hamka. Novel tersebut diangkat menjadi sebuah film pada tahun 2013.

Kapal van der Wijck pada tahun 1925.

Nama Van der Wijck berasal dari nama Gubermur Jendela Hindia yang memerintah tahun 1839 hingga 1899. Gubernur tersebut bernama Jonkheer Carel Herman Aart Van Der Wijck. Kapal Van de Wijck adalah kapal penumpang yang mewah dan indah. Carel Herman merupakan seorang Belanda yang lahir di Ambon pada 29 Maret 1840 dan meninggal di Baarn, 8 Juli 1914.Semasa hidupnya, Carel Herman pernah melaksanakan tugas dan operasi “Pengendalian Lombok” di bawah perintah Ratu Emma van Waldeck-Pymont.

Kapal Van der Wijck memiliki panjang sekitar 97.5 meter dengan lebar 13.4 meter dan tinggi 8.5 meter.Kapal ini terbagi menjadi tiga kelas, yakni kelas pertama dengan kapasitas 60 penumpang, kelas dua sebanyak 34 penumpang, dan geladak dengan daya tampung 999 penumpang.Kapal Van der Wijck adalah kapal uap milik Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM) dibuat oleh Maatschappij Fijenoord, Rotterdam tahun 1921. Tahun 1921, kapal tersebut berlayar dari Feyenoord, Rotterdam menuju Indonesia.

Saat itu kapal melayani rute kawasan perairan di Hindia Belanda dan merupakan cikal bakal pelayaran nasional Indonesia (Pelni). Saat tenggelam, kapal tersebut dinahkodai oleh B.C. Akkerman, nahkoda senior dengan pengalaman selama 25 tahun. Selain penumpang, kapal ini pun membawa muatan kayu besi yang rencananya akan dibongkar di pelabuhan Tanjung Priok dan dibawa ke Afrika.Pada 20 Oktober 1936, Kapal Van Der Wijck tenggelam saat berlayar dari Bali menuju Semarang dan akan singgah di Surabaya.Setiba di Surabaya, kapal tercatat membawa muatan 150 ton besi dan 5 buah konsedor dengan masing-masing seberat 3 ton. Pelayaran kapal mewah tersebut berakhir di Perairan Lamongan, Jawa Timur tepatnya di 12 mil dari Pantati Brondong, Lamongan. Diduga, kapal-kapal tersebut membawa barang-barang berharga. Tercatat 153 penumpang selamat, 58 penumpang tewas, dan 42 lainnya hilang seperti di tulis oleh de Telegraaf pada 22 Oktober 1936.

Namun, sebenarnya tidak ada angka pasti karena pencatatan tidak sesuai. Diperkirakan ada 250 orang yang ada di dalam kapal tersebut.Catatan lain menyebutkan jika jumlah penumpang pada saat itu adalah 187 warga pribumi dan 39 warga Eropa. Jumlah awak kapalnya terdiri dari seorang kapten, 11 perwira, seorang telegrafis, seorang steward, 5 pembantu kapal dan 80 ABK dari pribumi.

Surat kabar Australia, The Queenslander yang terbit Kamis 22 Oktober 1936 turut memberitakan tenggelamnya Van der Wijck. Koran tersebut menyebut jika kapal sekonyong-konyong miring saat berada 64 kilometer barat daya Surabaya.Setelah itu hanya butuh enam menit hingga seluruh badan kapal tenggelam. The Queenslander juga menuliskan soal proses evakuasi yang melibatkan banyak orang, dari nelayan, pilot pesawat terbang, hingga kapal Angkatan Laut Belanda.

Saat operasi penyelamatan, pemerintah Hindia Belanda sempat mengerahkan delapan pesawat udara Dornier dikirim untuk menyelamatkan penumpang. Termasuk kapal bantuan dan perahu nelayan setempat turut membantu mengevakuasi korban. Sayangnya, bantuan itu tak dapat menyelamatkan penumpang kapal Sebanyak 75 penumpang dinyatakan hilang. Namun sang nahkoda, Kapten Akkerman justru selamat dari peristiwa itu.Saat kapal tersebut tenggelam, warga yang tinggal di pesisir Pantai Brondong berusaha menyelamatkan para penumpang Kapal Van der Wijck.

Sebagai ucapan terimakasih kepada warga dan untuk mengenang tenggelamnya kapal mewah tersebut, Pemerintah Hindia Belanda mendirikan Monuman Van der Wijck. Monumen berdiri kokoh di kawasan pantai berbentuk seperti pos pemantau setinggi 15 meter berwarna kuning dan biru. Terdapat dua prasasti di dinding barat dan timur monumen. Prasasti terbuat dari pelat besi bertuliskan dalam bahasa Belanda dan Indonesia. Monumen tersebut letaknya dekat dari Jalan raya baik yang menuju ke pelabuhan TPI Brondong atau jalan raya pantai utara tidak jauh dari kawasan Wisata Bahari Lamongan.

Penjelasan:

ini yang dek / kak jawabannya makasih udah percaya sama aku thanks and arigatou

13. jelaskan tentang tenggelam nya kapal Van der wijck

Kapal Van der wijck tenggelam karena mengalami musibah

14. amanat dalam novel tenggelamnya kapal van der wijck?​

Jawaban:

Novel ini memberi banyak pelajaran dan amanat bagi pembacanya. Diantaranya, jangan menilai segala sesuatu dengan materi karena materi tidak menjanjikan kebahagiaan, seperti saat Hayati menikahi Azis yang berasal dari keluarga kaya, ia tak merasa bahagia karena Azis ternyata seorang pemuda yang tak bertanggung jawab.

15. Tuliskan rekomendasi cerita tenggelamnya kapal Van Der Wijck

Jawaban:

Diterbitkan sebagai novel pada tahun 1939, Tenggelamnya Kapal van der Wijck terus mengalami pencetakan ulang sampai sekarang. Novel ini juga diterbitkan dalam bahasa Melayu sejak tahun 1963 dan telah menjadi bahan bacaan wajib bagi siswa sekolah di Indonesia dan Malaysia

16. siapa saja tokoh dalam film tenggelamnya kapal van der wijck?

pevita pearce = hayatiPevita Pearce sebagai “Rangkayo” HayatiHerjunot Ali sebagai ZainuddinReza Rahadian sebagai AzizRandy Danistha sebagai MulukArzetti Bilbina sebagai Ibu MulukKevin Andrean sebagai SophianJajang C. Noer sebagai Mande JamilahNiniek L. Karim sebagai Mak BaseMusra Dahrizal Katik Rajo Mangkuto sebagai Datuk HayatiGesya Shandy sebagai KhadijahFemmy PretyDewi Agustin

17. struktur novel tenggelamnya kapal van der wijck

Di wilayah Mengkasar, di tepi pantai, di antara Kampung Baru dan Kampung Mariso berdiri sebuah rumah bentuk Mengkasar. Di sanalah hidup seorang pemuda berumur 19 tahun. Pemuda itu bernama Zainuddin. Saat ia termenung, ia teringat pesan ayahnya ketika akan meninggal. Ayahnya mengatakan bahwa negeri aslinya bukanlah Mengkasar.

18. review film tenggelamnya kapal van der wijck

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck is one of Indonesian movie released in 2013 on the theme of love and cultural conflict in 1930’s. The story begin when a young man of Minang descent who lives and grows in Makassar, Zainuddin (Herjunot Ali) go to Batipuh, Tanah Datar, West Sumatra, in order to know the birthplace of his father and deepen his religious knowledge. Zainuddin’s arrival was not well received by the villagers because of the history of the Zainuddin’s descendant─whose father comes from Minang marry his mother who comes from Bugis. At that time, the structure of Minang people manage the ancestry from maternal lineage. However, Zainuddin strengthens his heart to remain in Batipuh, especially when he met a beautiful girl named Hayati (Pevita Pearce). After that they fall in love and Zainuddin’s descendant was again being the obstacle of their romance. Zainuddin was forced to leave Batipuh because their relationship deemed unfit. However,  Zainuddin and Hayati promised to love each other .

The problems get bigger when Hayati proposed by a wealth man of pure Minang descent, Aziz (Reza Rahadian). Forces by her family, Hayati accepts the proposal and breaks her relationship with Zainuddin. Zainuddin choose to leave Minang island and ventured to Java island after his heart had been broken by Hayati. With his talent as a writer, Zainuddin managed to gain fame as well as material happiness. Meanwhile, the destiny between Zainuddin and Hayati  did not necessarily stop. Inadvertently, Zainuddin again met with Hayati who has now become the wife of Aziz. As might be expected, theri turbulent love then started burning again.

This movie is remarkable because each part of the story is described so smoothly. The characters of this movie successfully deliver a deep emotional to audience. As usual, Reza Rahadian plays impeccably. When Herjunot Ali and Pearce Pevita still seen trying hard to turn their character, Reza Rahadian appears so easy in the figure of Aziz. Pevita Pearce also successfully demonstrated with good acting skills. Although the character of Hayati still feels not so ripe, but Pevita capable of displaying the figure of the girl who lived in the 1930’s with the problem of conflict between tradition and her romance with a performance that will be able heartbreaking. However, the strongest performance inTenggelamnya Kapal Van Der Wijck clearly comes from Herjunot Ali. Herjunot managed to give a pretty deep emotional touch to his character, reciting poetic dialogues given to his character well and makes the character Zainuddin was so easy to get the sympathy from the audience. Other acting appearances were quite a surprise present from Randy Nidji who recently made ​​his acting debut though, but managed to give the appearance that is so convincing.

I recommend this movie because of its epic classy romance which is so hard to find in Indonesian’s movie in recent years. I give four stars to this movie. You have to watch this!

19. kenapa kapal van der wijck tenggelam

Pelayaran terakhir kapal Van Der Wijck diketahui berlayar dari Bali menuju semarang setelah sebelum singgah di Surabaya. Kemudian pelayaran dilanjutkan, tapi ketika sampai di sekitar wilayah perairan Lamongan, tepatnya jarak sekitar 12 mil dari pantai Grondong kapal mengalami musibah dan tenggelam

Peristiwa itu terjadi pada tanggal 10-10-1936 dan menewaskan 4 orang penumpang dan 49 lainnya dinyatakan hilang. Jumlah keseluruhan penumpang berjumlah 187 orang, 39 orang berkebangsaan Eropa dan sisanya 80 orang yang tercatat sebagai ABK warga pribumi serta seorang Kapten dan 11 perwira beserta lima orang pembantu kapal.

Untuk mengenang peristiwa itu kemudian pemerintah Belanda mendirikan sebuah monumen dengan tinggi kurang lebih 15 meter yang terletak di kantor pelabuhan Lamongan tepatnya di pelabuhan Brondong.

Adapun peneyebab tenggelamnya kapal Van Der Wijck hingga saat ini memang belum ditemukan catatan pasti, bisa jadi karena adanya kerusakan pada mesin kapa bertenaga uap tersebut.

20. sinopsis film tenggelamnya kapal van der wijck

Berlatar tahun 1930-an, dari tanah kelahirannya Makassar, Zainuddin berlayar menuju kampung halaman ayahnya di Batipuh,Padang Panjang. Di sana, ia bertemu dengan Hayati seorang gadis cantik jelita yang menjadi bunga di persukuannya. Kedua muda-mudi itu jatuh cinta. Namun, adat dan istiadat yang kuat meruntuhkan cinta mereka berdua. Zainuddin hanya seorang melarat yang tak bersuku; karena ibunya berdarah Bugis dan ayah berdarah Minang, statusnya dalam masyarakat
Minang yang bernasabkan garis keturunan ibu tidak diakui. Oleh sebab itu, ia dianggap tidak memiliki pertalian darah lagi dengan keluarganya diMinangkabau. Sedangkan Hayati adalah perempuan Minangsantun keturunan bangsawan.Pada akhirnya, lamaran Zainuddin ditolak keluarga Hayati. Hayati dipaksa menikah dengan Aziz laki-laki kaya terpandang yang lebih disukai keluarga Hayati daripada Zainuddin. Kecewa, Zainuddin pun memutuskan untuk berjuang, pergi dari ranah Minang dan merantau ke tanahJawa demi bangkit melawan keterpurukan cintanya. Zainudin bekerja keras membuka lembaran baru hidupnya. Sampai akhirnya ia menjadi penulis terkenal dengan karya-karya masyhur dan diterima masyarakat seluruh Nusantara.Tetapi sebuah peristiwa tak diduga kembali menghampiri Zainuddin. Di tengah gelimang harta dan kemasyhurannya, dalam sebuah pertunjukan opera, Zainuddin kembali bertemu Hayati, kali ini bersama Aziz, suaminya. Pada akhirnya, kisah cinta Zainuddin dan Hayati menemui ujian terberatnya; Hayati pulang ke kampung halamannya dengan menaiki kapal Van der Wijck. Di tengah-tengah perjalanan, kapal yang dinaiki Hayati tenggelam. Sebelum kapal tenggelam, Zainuddin men
getahui bahwa Hayati sebetulnya masih mencintainya.
Di film pemainnya yaitu Zainudin = Herjunot Ali.
Hayati = Pevita Pearce
Aziz = Reza Rahardian

Video Terkait

Bagikan: